SOLINGEN – JERMAN

SOLINGEN - JERMAN

Mas Admin Yth,

Tolong foto Solingen ini dimuat situs kita (Wira-Wiri). Sepeda ini saya lungsur dari teman yang kolektor. Beruntung saya, karena kata orang sepeda Jerman ini cukup tua dan masih orisinil.

Terima kasih, mas
Didi – didisumarsidi@yahoo.com

solingen

SOLINGEN - JERMAN

SOLINGEN - JERMAN

72 thoughts on “SOLINGEN – JERMAN

  1. ane punya sepeda mirip banget ama sepeda diatas, gear sama, cuma beda velg, ane punya velg warne item ade tonjolan agak tinggi dipas jari2, jari2 32 ame 40, mirip velg inggris, ame di spakboar belakang nggak ada lampunye polos aje, ame rem deh kalo ane punya remnya nyang nyatok di velg, body sih jgn tanya udah warne besi dari stang, batangan ampe rem-rem nya, yang jadi masaleh sepeda ane penengnya udeh kagak ade, terus ditempelim peneng mirip philips.
    Waktu pertame dapet ane pikir sepeda philips cuma kok beda penengnya, pas ane balikin tuh sepeda dibaweh as tengah ada tulisan GERMANY ama kode produksinye.
    makanya dari situ ane tau kalo sepeda ane buatan german cume merk nya aje ane nggak tahu. Malah ade yang bilang mereknye zeppline

  2. jadi memang..rata2 bikinan jerman ga kliatan kni sambungan rangka besi nya yah….

    pa memang ciri khas..onthel jerman kali
    …HIDUP JERMAN

  3. P.Didi, selamat yach……….dan saya senang sekali Bpk. mau postingkan foto sepeda – sepeda koleksi P.Didi, dan sepeda merk “solingen” ini memang langka lho dan saya secara pribadi belum pernah lihat & menjumpai.

  4. P.Didi, saya dulu pernah punya tapi hanya GER DEPAN saja merk solingen ( sisa toko lama ) ada beberapa buah, tapi sekarang habis sama sekali, banyak di pakai / di barter ama teman.

  5. ini warisan mr. van the cook….yg bikin itu sepeda WonK Cilik..(nggak nyangke ane kang Heru bisa bikin sepeda…atau cuma bikin emblem doank…eh mirip doank…)

  6. no 12. mas OP untuk perlengkapan armada perang misal radio satelit dan lain 2 bisa hub bank yus gede. sering kongkow di gg mess. sip kan mas OP .salam

  7. oke bang chandra itu bang georgius norman teman ane waktu sekolah, dari dari dulu emang udah gede badannye, kalo tawuran sama fakultas laen dia paling depan.. he…he..he.. salam kembali.

  8. – untuk mas bah : thanks a lot,

    – untuk mas w.c. dan mas ppp : makasih mas, lain kali saya kirim foto lagi

    – untuk mas Chandra Koba : salam kenal juga.

    Keteng model apa ya aslinya, atau model apa yang cocog? Kalau gak ada aslinya, maksud saya sih mau dipasang keteng lain asal gak jauh jauh amat modelnya. Biar gak ngotorin celana kalau dionthel….

  9. pak Didi,
    salut ama sepedanya…cantik dan vintage abiss….ngiler ON!!

    Solingen model itu termasuk lama, kalau gak keliru dibawah tahun 1930, apalagi di Indonesia hampir nggak ada orang yang punya. Apalagi ukuran 22! Rata-rata sepeda Jerman minimal ukuran 24. Tapi bukan potongan karena tanpa sock.
    Justeru karena tanpa sock itu maka banyak yang gampang patah. Sehingga membuat Solingen ini makin langka saja.

    Ketengkas? dibiarkan saja begitu, nggak usah ditambahin apa-apa, soalnya kalau sebelum tahun 1930-an emang nggak pakai ketengkas.

  10. Betul mas didi info mas Andyt ,kalau ketengkas mau dipasang dirumah saya saja mas sekalian sepedanya.he he ehee.salam

  11. MO NANYA JUJUR …..YAAAA… KIRA2 yang model ginian berapa duit…..he……he…..he

    kereeeeeeeeeeeen bangetttt …

    sama supra fit ane…. mahalan mana …ehm…ehm…kalo mo barter…ehm…ane ehm….hi…hi

  12. salam kenal juga mas Painhi. Waktu Malang kembali saya kesana lho…. tp gak sempat ketemu.

    mas agung bayu,
    sabaaar… nanti kan dapat yg cocog; smoga dapat yg lebih bagus.

  13. Apa Betul Mas Bactiar…
    Klo Speda Merk Solingen Itu Buatan Jerman???
    soalnya Temen Klub sepeda Saya Juga Punya Solingen Perempuan Tpi Dia Nggak Tau Buatan mNA???
    Yg Ia tau PokoknyA dRi Almarhum ORANG tUAnya!!!

    Beruntung Skali dah Mas Bactiar mengungkapin tntang speda solingen

    >

  14. Mas Rizal,
    Memang Solingen buatan Jerman, hanya Jerman sebelum pecah jadi dua (barat dan timur). Waktu itu disebut Republik Weimar. Dugaan saya huruf W pada emblem WKC kependekan dari ‘Weimar’. Daerah Solingen juga merupakan kota industri penghasil baja yang jempolan, sama seperti baja Toledo, Spanyol (?). Beberapa pisau dan peralatan makan mahal yang dijual di Indonesia berasal dari sana.

  15. bukan mas….GR ih..ek ek ek…itu pinjem (duh jadi ketahuan deh dapet pinjem) disesuaikan dengan baju..kalau ngayuh ane pake topi yg putih abisnya banyak nilai sejarahnya…bwahahahah …

  16. SOLINGEN…..
    Sepeda itu buatan Jerman dari pabrik> WKC (Weyersberg, Kirschbaum & Cie, pabrik baja yang hingga kini masih terus memproduksi di kota SOLINGEN.
    Awal sejarahnya> Pendiri pabrik Solingen adalah dua orang yakni mayor SOLINGEN dan WILHELM WEYERSBERG (seniman) tahun 1573, dengan nama pabrikan WKC yang saat itu memproduksi pedang dan pisau. Usahanya makin maju hingga revolusi Industri. Dari waktu ke waktu “Solingen” dikendalikan oleh keluarga Weyersberg.
    Tahun 1900, pekerjanya sudah 1.200 orang.
    Tahun 1922 – 1933, usaha pedangnya melebar ke alat-alat rumah tangga, sepeda, dan Motor. Tak hanya itu, Solingen juga memproduksi telepon.
    Tahun 1933 – 1940, Solingen mengalami krisis keuangan, usahanya diambil-alih oleh konglomerat “Siegen Solinger Gussstahlverein”
    Tahun 1940 – 1945, Solingen yang merajai pasaran pisau dan persenjataan angkatan perang jerman, pabriknya dihancurkan oleh sekutu (perang Dunia II).
    Tahun 1955, Kebangkitan Solingen dengan usaha pedang dan pisau dikembangkan dengan usaha senjata oleh Hans Kolping, yang merupakan penduduk asli Solingen. Usahanya merambah daratan Eropa dan Amerika ketika pesanan impor barangnya makin melebar tatkala Angkatan perang AS dan Inggris menjadi pemasok ekspor Solingen.
    Tahun 1980, Solingen makin melebarkan sayap bisnisnya ke daratan pedalaman amerika dan eropa timur
    Tahun 1990 – Sekarang…
    Solingen memiliki lebih dari 20 cabang yang tersebar di dunia seperti Inggris, Spanyol, Perancis, Portugal, Belanda, dan Eropa Timur.

    Jadi bicara tentang sepeda solingen yang dimiliki Didi, kemungkinan barang itu dibawa oleh kompeni orang belanda yang dateng ke sini sekitar tahun 1922-1933.
    nahhh, untuk lebih jelas lagi mesti dicari data2 yang mendukung seperti tahun pabrikan yang ada di batangan sepeda itu… mbah belum lacak nomor pabrikan Solingen, maap sekali…

    Ada satu yang masih diliat lagi, gir depan (genjotan yang jelas, itu bukan miliknya solingen yang asli. Mohon di cari lagi mudah2an mbah bisa bantu…tapi nanti2…

    salam ngonthel dari mbah kuncen

  17. wah…mbah kuncen..klitatanya pernah jadi tawanan perang nazi neh…..
    paham banget…ampe jumlah pekerja nya…

    trimakasih untuk informasnya mbah….

    la klo sepeda jerman..merknya WEIL frankfrut….apa mbah kronologinya….barangkali..mbah kuncen bisa membantu saya…

    salam onthel mbah ….

  18. mbah kuncen,

    salam kenal dan salam hormat. terimakasih sekali atas informasinya. Memang benar kata sementara orang, ilmu sepeda memang menarik dan kayaknya gak ada habisnya, walaupun itu sepeda kuno. Selalu ada saya yang bisa menambah ini-itu.
    Kalau tidak keberatan, boleh tahu alamat mbah kuncen? Paling tidak alamat email, agar dapat berkomunikasi lebih lancar.

  19. Wah maaf, ada koreksi pada no 39.
    alinea pertama , kalimat terakhir bukan “Selalu ada saya…”, tetapi seharusnya “Selalu ada saja…….”

    Sekali lagi mohon maaf, terutama buat mbah kuncen.

  20. mbah pingin sekali menulis opini tentang:

    “STOP JUAL SEPEDA KUNO KE LUAR NEGERI”

    Mbah sangat setuju dan mendukung usaha dan kemauan sakdulure kabeh untuk tetap melestarikan sepeda kuno di Indonesia.
    Dan, mbah sangat-sangat mengutuk perbuatan itu kalo dilakukan oleh beberapa “kolektor” dan “pemilik sepeda” yang kini mulai banyak mengambil keuntungan dalam skala besar. –maaf bukan pemerhati sepeda kuno, tapi “pemilik sepeda”!. Seorang “pemilik sepeda” belum tentu mempunyai jiwa dan roh pada sepeda yang dimilikinya. Orang yang memiliki roh di sepeda miliknya, dia adalah “pemerhati sepeda”.

    “Pemerhati sepeda” ini harus kita budayakan. Karena mereka ada, maka perkembangan dan kelestarian sepeda kuno akan terus berlangsung hingga ke anak cucu kita.

    Penjualan ke luar negeri
    Penjualan sepeda kuno ke luar negeri menurut mbah sangat setuju bila dilakukan oleh orang atao badan yang berhak memilikinya misalnya Museum atau Kantor kenegaraan/istana. Namun, penjualan hanya dilakukan untuk: 1 (satu) sampai 2(dua) unit sepeda saja. Dengan syarat, setiap kegiatan yang dilakukan museum itu kita dikabarkan dan diinformasikan melalui email atu surat resmi. Tentunya kita akan bahagia dan bangga sekali apabila sepeda kita dipamerkan. Apalagi setelah anak cucu kita tau keberadaan sepeda kita menjadi pajangan di museum luar negeri itu.

    Mbah tidak setuju apabila penjualan dilakukan lebih dari 3 (tiga) unit sepeda sampai berton-ton truk. alasannya adalah, sudah pasti barang tersebut akan menjadi “transaksi penjualan” di luar negeri. sangat kecil kemungkinan sekedar alasan untuk “koleksi” atau alasan pajangan. Alasan lainnya, Apabila orang atau badan sepeda meminta tiga unit sepeda atau lebih, yang ada hanyalh sebuah bisnis dengan mencari keuntungan semata.

    Mbah pernah tau seseorang kolektor yang menjual sepeda kuno sampe dua truk yang dikirim ke belgia dengan alasan bazar pameran. Dan sampai detik ini mbah sudah tak mau kenal lagi dengan kolektor itu walau sudah lama sekali berteman…

    Mbah juga kenal dengan seorang teman dari klaten yang terpaksa menjual sepeda “Burgers Daventer” kepada seorang rekannya, bule belanda. Alasannya si bule belanda itu pada taun 1986 pernah membuang sepeda kakeknya karena dianggap barang usang. si bule itu cuma ingin mengganti dan menyenangkan hati kakeknya yang sekarang sudah sakit-sakitan…

    Hal itu yang membedakan antara sebuah kebutuhan bisnis dan lainya sebuah tujuan yang mulia.

    salam ngonthel

    ps:
    -untuk de’ hardi>
    coba nulis mereknya yang betul po’o, akan lebih bagus kalo ada fotonya walau kecil. mudah2an mbah bisa bantu.

    -untuk pak didi>
    salam kenal juga.
    Untuk pembicaraan yang bersifat informasi akan lebih baik di milis, tujuannya agar semuah rekan bisa belajar dan nggak dibego-begokan sama pasar dan para bule.
    Sedangkan untuk pembicaraan yang serius ke e-mail: s_siouxindian@yahoo.com

    -untuk de’ bahtiar>
    salam kenal dan bangga atas ketulusan dan kerendahan hati sampeyan. Teruskan perjuangan sampeyan dan bagi ilmu kepada rekan-rekan

    -untuk semua rekan di tanah air>
    salam kenal dan salam saluut.

    mbah

  21. Mbah…setelah saya baca dan saya simak…kaget juga lho..ko ada orang yg bisa jual sampe 1 truk..berapa isinya tuh, bisa nyampai seratusan ya ? atau jangan – jangan lebih… ck..ck..ck…kalau masih di jual antar pulau sih mendingan …ada harapan kita bisa memilikinya lagi …tapi kalau dah keluar negeri..hmmmm…mimpi kali ye….

  22. Salam kenal.
    Mohon: alamat web yang mengulas tentang Humber secara lengkap dan terperinci.
    Terimakasih sebelumnya.
    Salam damai, Onthelist…!

  23. wajar tho kalau orang jual sepeda sampai satu truk, namanya juga usaha dagang (kayak dulu saat trend gila lampu gantung -crown lamp- juga gitu). Pasti itu terjadi beberapa tahun yang lalu sebelum orang banyak gila sepeda kayak sekarang. Kini nyari satu truk Phoenix RRC saja sudah sulit. banyakan BMX dan Sankey (jengki kagak mini kagak)

  24. diulas panjang lebar di situs : [ini] silahkan diklik ๐Ÿ™‚

    Buat Mr. T (jadi inget The A Team) : sendiko dawuh ki artine “samikna wa atokna”

    …………………………………………………………

  25. 18 Andyt
    -Klo yang saya sering temukan dan lihat di Jogja justru
    sepeda Jerman yang paling banyak ukuran 22.
    Ukuran 24 jarang.

  26. Wah, konstruksinya sama banget kayak sepeda Diamant…
    Saya pernah liat sepeda Diamant yang sama kayak Solingen (tanpa sock), stang torpedo model kalong dan gear model Batavus, tapi jumlah garis lebih banyak, gear case model satu sisi, fork kecil dan solid. Pabrik Diamant dibuat tahun 1885 di Jerman.

  27. Sabtu (27/12), saya ngebujuk kuli bangunan yang punya sadel gelung. Sepedanya udah gak ada emblem..kondisinya masih oke..saya datangi rumahnya di kawasan Jeruju, Pontianak Kalbar. Setelah berbincang-bincang..dia membawakan juga sepasang teromol yang sudah dicopot dari sepedanya..saya pikir sturmey archer..rupanya…di teromol tertulis Solingen dst…saya bujuk dia tpi gak dapet…dia hanya mo lepas sadel gelung aja Rp 50 ribu…saya masih penasaran dan rencana balik lagi buat nawar tuh tromol..masih bagus banget..lengkap boss….

  28. Utk mbah kuncen punya nggak panjenengan data yg valid ttg sepeda jerman merk SCHLIEPER ? Kalo kebetulan punya tolong sedikit diulas utk SCHLIEPERnya. N buat temen2 onthelist yg punya lampu merk SCHLIEPER bisa hub saya di 0816.4249.212 kulo tumbase. suwun

  29. Hebat mas Didi,
    Saya juga kemarin dapat sepeda Solingen Dames masih orisinil semua kecuali pelk depan, tromol solingen dpn blkng, stempel solingen pada leher dan spatbor blkng, spatbor blkng lobang bekas terpal,
    tapi punya saya kok ada sambungan T tapi berbeda dgn punyaan sambungan sepeda englad atau holland,
    Thanks tlg kl ada rekan yg tahu byk mengenai sepeda ini mohon masukannya.

  30. Ini sepeda seperti punya temenku, aku sama temenku dulu dapet sepeda solingen gini cuma 75.000 rupiah saja… soalnya aku nemu di pengepul besi tua dan untung aja belum di potong-potong jadi langsung ane sikat hehehe….. ini sepeda memang jerman punya and masih orisinil semua.. jangan dijual bro !!
    oh ya nama torpedonya apa ? kalo punya temenku udah ga ke baca, bentuknya besar… pokoknya ga seperti torpedo pada umumnya

  31. mo ngikut juga pak saya juga punya sepeda solingen dames sepeda orisinil, transfer merk, tapi punya saya juga ada sambungan T nya dan yang lainnya lagi slebor belakang sepeda saya ada lubang lubang banyak di tepi kanan kiri mohon pencerahanya kegunaan lubang lubang tersebut. thanks saya Johan (SOC Semarang)

  32. saya penggemar pemula. saya punya ontel dengan plat di leher dari kuningan bergambar burung garuda. ada tulisan DNB tecetak besar di tengahnya. Mohon infonya mas, ontel ini produk negara mana dan tahun berapa. trims.

  33. Ping balik: Sepeda Solingen Made In Germany « mysandaldjepid

  34. mohon maaf sebelumnya ..tapi saya melihat di atas dan bawah peneng ada seperti bekas lubang peneng,,,jangan jangan sepeda ini mereknya opel…

Tinggalkan Balasan ke hardi Batalkan balasan