Email Mas Alex – KOBA

Tadi pagi saat tiba di kantor, buka komputer, ada email dari Mas Alex yang berisi seperti snapshot di bawah ini :

mas-alex-1

Setelah dibaca-baca dan dimengerti, artinya kurang lebih seperti ini :

” Saya berharap  email ini sampai ke Anda …  Saya minta maaf atas keadaan darurat ini dan untuk tidak memberitahu Anda tentang perjalanan mendesak saya ke Manila, Filipina tapi saya hanya harus membiarkan Anda tahu keadaan saya sekarang. Semuanya baik-baik saja sampai aku diserang dalam perjalanan kembali ke hotel, saya tidak terluka tetapi saya kehilangan uang saya, kartu bank, ponsel dan tas saya dalam perjalanan dari serangan ini …. Saya segera menghubungi bank saya di memerintahkan untuk memblokir kartu saya dan juga membuat laporan di kantor polisi terdekat.

Saya pernah ke kedutaan dan mereka membantu saya dengan dokumentasi saya sehingga saya bisa terbang keluar tapi saya sangat membutuhkan bantuan dari Anda untuk membayar hotel saya tagihan dan tiket penerbangan saya kembali ke rumah … penerbangan kembali pulang dijadwalkan untuk meninggalkan dalam beberapa jam dari sekarang ….. Silahkan saya butuh bantuan Anda

Harapan untuk membaca dari Anda segera.

Ichwan”

Tumben, Mas Alex kirim email ke saya pakai bahasa Inggris, biasane yo nganggo boso jowo … mmm pasti ada yang tidak beres ini …. 🙂
Ini mungkin spam, atau email Mas Alex dibajak oleh penjahat, dan berkirim email ke relasi yang ada di address email Mas Alex, untuk memeras uang teman-teman Mas Alex.

Sampai saya mem-posting ini, saya belum menelpon langsung Mas Alex, tapi saya berharap Mas Alex dan keluarga semua sehat dan baik-baik saja, semoga kita bisa ketemu lagi : salaman  dan ngobrol-ngobrol santai. Kepada teman-teman pembaca setia wiwinaked – sepeda.wordpress.com, semoga posting ini menambah kehati-hatian kita semua bila menerima suatu berita.

Salam gowes,
bahtiar – pondok jagung – tangsel

20 thoughts on “Email Mas Alex – KOBA

  1. Lebih ke pembajakan, dari kontak email, kontak HP (pernah ngalamin, ϑȋ̊ minta duit dari orang yg terkenal ramah ϑȋ̊ kampung, taunya hp beliau raib)

    Salam ongtel liar 😀

  2. Disikapi di cermati, terlebih dahulu beritanya mas, konfirmasi saja lagi kebenaranya saja dulu, takut salah info atau dimanfaatin orang txs_Budi_Onthel_Salemba.

  3. penipuan itu mas… sy jg dulu pernah dpet email dengan hal senada dari teman diklat… tp ternyata itu palsu…. harap hati2…

    rachmat karawaci

  4. oalah,,, sikap kita harus bijaksana jika menghadapi hal kayak gini, jika kita terburu-buru misalnya langsung kita telp/sms untuk mengetahui keadaanya atau bagaimana, pasti kita dengan mudah di tipu oleh pihak yg tdk bertanggung jawab.

  5. Itu email penipuan, jangan dipercaya, masalahnya email address Maz Alex sudah kena bajak, semoga Maz Alex masih simpan data waktu daftar dulu di yahoo sehingga bisa diambil kembali.

  6. Salam.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas atensi kawan-kawan semua dan saya mohon maaf kalau sempat membuat kawan2 khawatir, alhamdullillah saya dalam keadaan baik dan sedang tidak berada di philipina..he..he. Kebetulan email saya memang kena hack/di bajak tapi sekarang sdh saya recovery..kemungkinan ini terjadi karena saya lupa log out dimana waktu itu kantor saya mati lampu..he..he.

    Mudah-mudahan kawan-kawan tidak ada yg menanggapi email tersebut, alhamdullillah banyak kawan-kawan konfirmasi pada saya langsung mengenai hal ini. Dan mudah2an hal ini juga tidak terjadi pada yang lain karena sekarang kejahatan dunia maya sudah menggunakan berbagai cara.

    Sekali lagi terima kasih atas perhatian kawan-kawan semua

  7. Email spt ini pernah sy terima sekitar 2 thn yg lalu… hati2xlah, apalagi bila menyangkut nominal uang dan dlm wkt yg sangat mendadak…. Sudah pasti penipuan… Buat temen2x yg kalo habis menggunakan internet,jgn lupa log-out… Apalagi yg menggunakan komputer dari kantor atau warnet…

Tinggalkan komentar