Gazelle seri 9

sepedaOntelist,

Berikut ini foto sepeda Gazelle seri 9 (999363) buatan tahun 1954 milik mas Dektisa di Deltasari Waru. Sepeda ini ukuran 24/580mm, cat masih orisinil. Pelek Lepper Stainless depan-belakang dengan transmisi Sturmey Archer 3 speed spak 36. Ini adalah varian Sturmey untuk sepeda produksi Belanda, sebab biasanya produsen transmisi asal Inggris itu menyatu di sepeda-sepeda produksi Inggris yang jumlah spaknya 40 (Raleigh,Humber, Rudge, Philips, Ray, BSA, Vestings,.dll).

Kunci memakai Hopmi ‘kreek’ tahun 1953, dan bagasi/boncengan juga Hopmi Slotten Fabriek. Sadel (ketika foto ini dibuat tahun 2004 lalu) memakai Terry England. Namun saat rally ultah Paskas November 2006 kemarin, sudah ganti Lepper Holland. Sepeda ini dulunya milik pak haji yang punya pondok pesantren di desa Bener, Kabupaten Purworejo, lalu dibeli mas Suharto, desa bandung, Kutoarjo. Pindah ke Waru tahun 2002, dan menjadi salah satu aset klub ‘Gila Ontel’ yang dikomandoi oleh Edwin Wijayanto.

Karena belum jatuh ke tangan blantik/makelar/pedagang sepeda, maka keorisinalannya terjaga betul. Beruntung Dektisa bisa meminangnya seharga 3 juta, ditahun 2002. Foto-foto sepeda ini ada di http://groups.yahoo.com/group/Onthel/. Silakan disimak lengkapnya.

andyt dyoda – andrian@peter.petra.ac.id

tampak depan

tampak depan

sexynya bokong Gazelle

sexynya bokong Gazelle

rally ultah Semen Gresik 2003

rally ultah Semen Gresik 2003

bertamu di Malang Ontel Club 2004

bertamu di Malang Ontel Club 2004

159 thoughts on “Gazelle seri 9

  1. wowowo mantep sepeda nya, mas kalo boleh tanya kalo gazelle di lampu belakang itu ada angka 03 tandan nya itu seri berapa ?… dan kalo boleh tau juga gazelle itu seri rangka nya ada berapa digit?… kasih contoh nya dong kalo seri 1 s/d 11

  2. mas Sonny,
    tanda apapun di lampu belakang tak ada hubungannya dengan seri sepeda. Biasanya itu nomer patent lampu (misalnya rijk keur 24536). Gazelle mengeluarkan type lampu belakang yang menyatu dgn slebor (seperti foto diatas), dan yang lampunya optional (bisa rijk keur, philips, arko, bahkan lentera kecil.. dll). Gazelle yang dieksport ke Indonesia adalah jenis Toerfietsen, dengan label Gazelle no.1 (dari seri 1******-11*****) sejak tahun 1930-1960 an. Ada beberapa seri diatasnya itu (20-25..dst, misalnya) yang masuk ke Indonesia dengan cara khusus (beli/oleh-oleh/membawa dari Malaysia,Singapura,Thailand) yang beredar dari tahun 1965 an sampai 1980an.
    Ada juga tipe Gazelle sportfietsen, jengki, bahkan mini, balap, dan hybrid (sejenis MTB) dengan transmisi buatan Shimano. Lengkapnya silakan cari situs Gazelle via http://www.rijwiel.net.

  3. minggu depan kutampilkan foto-foto Gazelle koleksi teman-teman Gila Ontel dan Paskas dengan 3 perbedaan lampu belakang dan jenis tutup garpu buat tambahan wawasan. Semoga mas Bach nggak keberatan. Soalnye aye termasuk gaptek dengan bolg-blog-an. Jadi tetep aja bingung.

    he he he … dengan senang hati … 🙂

  4. mas andyt sekalian kasih foto no seri nya heheeh, dan kalo boleh tanya sedikit untuk lampu gazelle 9 yg ada do foto itu apa lampu aslinya atau optional. Kalo ada ada contoh lampu bawaan gazelle juga boleh diposting mas. jaluk ane kok akeh meh yo… semoga mas andyt tidak keberatan.

  5. permintaan yang masih bisa dipenuhi,kok.Untuk lampu juga optional. Jaman Gazelle dijual baru dulu, orang beli hanya glundungan saja (kerangka, garpu, spatbor,dan setang). Lampu, dinamo, pedal,bel, sadel, ban (ada tahun-tahun tertentu saat impor karet dari Indonesia macet karena perang, Gazelle jual sepeda tanpa ban) beli sesuai kemampuan dan ketersediaan barang.

    Biasanya Gazelle seri 8 keatas pakai lampu Bosch. Bosch yang biasa dipakai jenis biasa, ada kok foto lampu jenis itu di foto sepeda Humber punya rekan dari Bandung yang ditawarkan (bukan jenis batok). Kebetulan yang difoto Gazelle 9 atas ini, pakai yang model batok.

    Minggu depan foto lampu kubawakan.

  6. mas, sepedaku juga ada lampunya, tapi nggak bisa nyala ini. gimana caranya ya? padahal asik juga kan kalau bisa nyala. jadi nggak cuma sekedar aksesoris thok..

    kagem pandemen sedoyo, tolong diberi tahap2pan menyalakan lampu, kemaren saya + mas endik nge-cek dinam udah ok, bohlam ok, tapi tetep aja mati lampune … pls

  7. di ganti LEMBIRU biru aja mbak..lempar yg lama beli yang baru..he..he, sebenere mas ndik iku iso mbeneke tapi dekne maless…yo mas ngaku wae lah

  8. buat Didiandri,
    Coba cari bengkel sepeda yang mekaniknya cukup tua (usia 50an tahun ke atas). Biasanya bisa kok. Kalau nggak ya bawa aja ke Kutoarjo (dipasar sepedanya ada jagoan urut dinamo dan lampu), atau ke pak Ngatidjo Jogja, atau ke mekaniknya Paskas. Sekalian roadshow, biar tambah sedulur dan pengalaman.

  9. Buat mas andyt : aku punya sepeda gazelle serie 8 model perempuan, yang aku pengen tanyain emang ga semua gazelle ada lambang kijang jingkrak di depannya ya..soalnya punyaku ga ada.

  10. Lambang kijang njingkrak itu buatan lokal. Asli dari Belanda sono nggak ada lambang seperti itu, kecuali beberapa varian Gazelle Sportfietsen, tapi kijangnya beda banget. Gazelle yang spakbor depan belum dilobangi malah itu orsinya untuk seri 8. Coba lihat emblem Gazellenya (yang nempel di pipa depan), kalau serie 8 dari plat putih, bukan kuningan! Juga lihat lampu reflektor di spakbor belakang, kalau menyatu berarti varian ‘Gazelle No.1’. Sebab varian Gazelle Toerfietsen yang masuk di Indonesia ada seri P, seri H, dan seri 8-V. Seri 1-26 yang banyak kita kenal adalah varian ‘Gazelle No.1’

  11. tambahan….

    Gazelle punya mas Dektisa yang fotonya diatas ini, kijang njingkraknya buatan mas Sigit, alumni FSRD ISI Jogja, jurusan Kriya Logam. Makanya ciamiik sekaleee.

  12. mas andyt kalo gazelle ada kunci di garpunya gak soalnya aku dapat gazelle ada kunci di garpu depannya kaya religh dan platnya warna putih bukan dari kuningan. makasih sebelumnya

  13. mbak Didi klo mau lampunya nyala, beliin aja lampu buatan china merek elephant. Tapi yang diambil cuma dinamonya aja,murah kok dari pada gulung dinamo yang lama belum tentu terang nyalanya. Klo lampu kan cuma asesoris jadi bukan asli bawaan sepedanya(ada juga sih yang bawaannya kya spd philips).

  14. mas..mas ..kijang jigkrak biasanya buatan dari bekas gir depan (piringan). Kan ada tuh 4 biji,baru dipotongin atu-atu,trus bikin baut di tukang las,jadi deh. Makanya bekas piringan gazelle gundul pun masih mahal,karena bisa bikin 4 biji. Kalau perbijinya dijual 20.000,kan jadi duit. Itu yang biasa dilakukan di kebumen.

  15. mas yan,

    gue belum pernah tahu kalau ada Gazelle yang pake kunci di garpunya. Mungkin juga ada. Tolong difoto yang jelas atau tanyakan aja ke site Gazelle.

  16. van pikiran lo ga jauh dari daleman..he..he.

    Iya mas andyt emblem gazellenya warna putih, tromol rodanya jg masih ada tulisan gazellenya. mas klo gazelle serie 11 itu ada yang model palang ya, ukuran 24 model torpedo? trus stangnya modelnya sama ama gazelle perempuan ga?

  17. Mas alex dapat di mana lagi nih infonya? yang 24 rodanya apa tinggi komstirnya? aku dadi ngiler, wong aku pernah jual palang phoenix holland nyeselnya sampe sekarang ,padahal udah hampir setahun lalu jualnya.

  18. Mas andyt, aku yg di medan sorry aku sdh email ke emailnya mas andyt. Seri 8***** yang tak bilangin itu emblemnya kuning, itu berarti apa ya?. Sebenarnya aku naksir yang seri 1946812, emblemnya putih, palangnya dobel, tapi rem depan memang kampas yaa itu tahun berapa ya?Yang satunya seri 1150064(seri 11 ya?) mahal banget kenapa seri 11 mahal ya?

  19. *mas Andyt: beberapa hari yang lalu aku ke bengkel sepeda, tetapi langsung ditolak karena sang pemilik melihat yang datang adalah sepeda tua. sepertinya dia ‘tidak sanggup’ menerima service utk sepeda tua. apakah ada bengkel yang khusus untuk pengerjaan sepeda2 tua ya? aku memang butuh utk membuat lampu sepeda itu menyala, karena utk jalan sore2 ternyata butuh juga penerangan, walau hanya sedikit.
    *mas laexs: aku sih mau aja beli yang baru, asal bisa nyala. gimana caranya hayooo? ;p

  20. ….mas klo gazelle serie 11 itu ada yang model palang ya, ukuran 24 model torpedo? trus stangnya modelnya sama ama gazelle perempuan ga…..

    Bung Laexs,
    Setiap varian Gazelle punya seri yang ke-11. Jenis Gazelle palang dan gapit cuman di varian 8V, ukurannya 600-620mm (24), aku punya scan brosur tahun 1936, kalau mau bagi alamat email,
    nanti kukirimkan attachmentnya.

    Buat mbak Didi, emang Jakarta kalau malam gelap? Ada dua cara memperbaiki dinamo dan lampu, yakni dibawa ke mekanik2 di Jogja atau Surabaya, atau nyari keliling Jabotabek, masa sih nggak ada yang bisa? Sabar itu kuncinya!

  21. bung Andhy, Medan…
    Banyak orang keturunan tionghoa yang pulang ke negara asalnya ketika ada peraturan pemerintah tahun 1953-54an(?) tentang kebebasan memilih kewarganegaraan. Banyak dari mereka yang membawa Gazelle seri 11 (sepeda terbaru saat itu). Banyak dari sepeda-sepeda itu yang hilang dan dicuri di pelabuhan, atau di jalan. Kehebohan muncul karena banyak diantara cina-cina itu menyimpan harta benda (emas, uang dan batu permata) kedalam kerangka sepeda Gazelle seri 11. Terus ada juga karena perasaan sentimentil, karena seri 11 adalah seri terakhir yang dapat dibeli secara bebas di toko-toko sepeda di tanah air. Setelah itu harus dengan cara khusus yakni mendatangkan melalui Singapore, Malaya, Irian, Kalimantan, dll.

  22. mas Andyt: Dimana2 kalau malam hari pasti gelaplah, makanya butuh penerangan. dan yg pasti aku nggak akan nggotong2 sepedaku sampai keluar Jakarta. Berat boo.. Kalau ada sih seputar Jakarta Timur aja sudah cukup buatku. Kalau ada yang tau, kasih tau aku yaa.

  23. mbak Di,

    Nggak perlulah nggotong-gotong sepeda, cukup kau bawa dinamo dan lampunya saja, kalau ditukang dinamo bisa nyala, dan ketika dipasang nggak nyala, berarti ada yang salah nyambungnya.

    di Surabaya banyak lampu jalanan yang terang. sehingga ontelist di sana nggak perlu menyalakan lampu dan membiarkan dinamo maupun lampu hanya sekedar hiasan, tanpa perlu memfungsikannya.

  24. Buat bang Laexs, dan bang andry ..nanti saya coba ambil gbr gazellenya mudah2an masih ada itu barang….terima kasih atas advicenya.

  25. Aku baru saja ketemu sama sekampung yang hobby mengumpulkan sepada ‘onthel” dia punya 8 koleksi sepeda kuno : 5 sepeda merk Gazelle, 1 merk Ponger dan 2 merk Releigh. Bahkan dia juga punya sepeda yang bentuknya S yang dalam iklannya dinaiki Bintang Film Marlyn Monroe. Wow.

  26. mba di, boleh liat lampu dan dinamo nya? kali aja bisa di utak-atik 🙄
    atau kalo mo cari yang baru bisa cari ke jalan pinang dekat terminal rawamangun 💡
    yang lama buat gue 😉

  27. buat iqbal ( Ball) salam kita dari jakarta perkumpulan sepeda tua/Komunitas Ontel batavia bank Ball ada dimane kah, apa di jakarta apa demen ama sepeda lawas dan gimane gituuu.

  28. kucing satu..kucing satu… disini kucing item.

    Buat bang andyt : mohon kalo punya info sepeda2 antik, aneh, lawas tolong di postin ke milis dong biaar kita bertambah wawasannya. BTW bung andyt jarang ke JKT ta..

  29. Beres, bang Laexs….

    Kebetulan gue lagi restorasi Simplex Luxe gue yang setinggi sepeda mas Sapto..700mm!
    Aku jarang ke Jakarta, maklum jadi kuli nggak bisa gampang kesana-kemari..mana musim kecelakaan lagee….Paling aman emang naek onthel, tul gak cing?

  30. Hati-hati betisnya pecah loe mas Andyt, kemarin aja abis dari HI trus mampir di tukang es tebu, pas pulangnya betis si laexs keliatan dah mo pecah.

  31. maaf ganggu, saya baru punya sepeda merk norton buatan india.cuman ga tau alias bleng banget mengenai profilenya.kira2 ada yang mau bagi2 info mengenai foto atau katalog mengenai norton tsb?makasih sbelumnya

  32. selamat bergabung di milis kang asep…..memang benar speda norton buatan india, klo ga slh masuk k indonesia itu diberikan sebagai bantuan utk pemerintahan…temen sy jg pernah punya. kalo blh tau bentuknya yg mana ?

    mungkin ada temen2 yg py info…silahkan bantu kang asep.
    Tapi jangan lp sering2 berkunjung ke milis ini kang asep ato klo mo gabung dtg lsg aja bawa sepedanya ke HI dengan senag hati kita menyambut kedatangannya..

  33. Salam kenal sama semua pecinta ontel nih, saya juga pecinta sepeda ontel nih temen2 dan saya berdomisili di Padang. Saya punya sepeda humber dan saya banyak belajar dengan mailis ini. Bung laexs aku kirimin juga dong brosurnya, biar nambah pengetahuan. Dan buat temen2 semua saya di Padang butuh bimbingan untuk lebih mengenal ontel. HIDUP ONTELIS SELURUH INDONESIA.

  34. Salam kenal,
    mas Andyt, mo tanya nih,borongan boleh kan,hehe..
    a. Ada ga standar font untuk no. seri Gazelle?
    (krn sy pernah melihat font seri 10 lbh kecil
    daripada font seri 5)
    b. Istimewanya “Gazelle No. 1” apa ya? Serinya
    tidak harus diawali No. 1 kan?misal: angka 3
    c. Yang membedakan Gazelle seri 11 dengan
    lainnya?
    d. Bedanya garpu belakang “kecil-besar-kecil”
    sama yang biasa apa mas?

    tks infonya

  35. bukan jam gadang ontel club…tapi SEDERHANA ONTEL CLUB…( rumah makan kaleeee)..he..he. jangan masukin hati ya bang rucky….

    Agenda anak2 ontel padang apa aja nih….
    Kalo ada acara jangan lupa undang anak KOBA.

    Bang rucky kalo punya foto2 sepedanya yg nyentrik ,unik dan lawas bisa dipostingin kesini biar bisa menambah wawasan semua ontelis …

  36. Uda Rucky di padang yang uku tahu di padang ada komunitas onto padang / Padang Sadel Club yang di motori oleh anak 2 Unand $ Bunk hatta yang di komandoi saya lupa namanya kalau engak salah beliau bekerja di Telkomsel padang. contac person aku Ronny. salam juga dari kita KOBA di jakarta dan wilayah lainnya di Indonesia.Uda rucky bisa hub aku di 0811-983123.

  37. Makasih bang chandra, buat temen2 yang lain kalo ada yahoo mesenger bagi dong biar kita bisa diskusi dan aku mo banyak belajar nih sama abang2 dan mas2 semua terutama buat suhu andyt, laexs, ivanka, bang chandra dan seluruh penggemar ontel .

  38. uda rucky ,ronny aku punya famili di padang kebetulan lagi dinas di Sei Dareh tapi sering pulkam ke padang nama Vendri Hp 08126607836. die ada 2 religh dan dia siap untuk gabung dengan komunitas onto padang. selamat bergabung

  39. makasih atas blsannya mas laexs.maaf baru sy bls lgi& kbetulan sy blum siapin fotonya krn kbtulan spedanya lg ganti kulit untk smntara wktu.:).nanti pasti saya kasih liat fotonya.klo ad info yg mo jual spare partnya tlong ksih tau sy ya..kbetulan sy tnggal di bandung mas, tp kpan2 sy mo maen ke HI.apalagi klo ada yg mo jual spare partnya.mkasih

  40. uda Rucky, makasih udah register namaku di OL Yahoo. Selama ini hanya dengan kang Tatank, OL sambil diskusi masalah onthel yang tak ada habisnya dibahas….

  41. nyuwun tulung……ada yang tau ga tempat nyari onderdilnya sepeda tanpa rantai (pake gardan) 3 porsnelling, merk WALLEN….as roda belakangnya patah….kl ada yang tau tempatnya tolong kasih tau donk……tolong hub. ke zarif2628@yahoo.co.id….tak tunggu bantuan dari sobat semua….makasih sebelumnya…..

  42. hallo uncle bas…

    welcome to Indonesian Old Bicycle Lovers Community..
    hope we can share about old bicycle’s information, coz almost old bicycle in Indonesia came from your country….thank you

  43. …….lumayan cing heheheh…..ups i forget…i very very hapy if you all grazy…..hhhhhhhhhhhhhhh

    grazy…cangkul…arit…obeng…tank…

    maaf cing bejanda..

  44. saya terkejut melihat ada sepeda Gazelle di INdonesia. saat ini saya berada di Ede, Belanda, untuk studi.
    disini saya pakai sepeda Gazelle juga, tapi yang rada kecil, modelnya kayak city bike, gitu. Enak banget memakainya, sampai saya kepikiran kalo kelar studi mo memboyong sepeda ini balik ke Indonesia. selama disini saya sudah coba beberapa merek sepeda, seperti Batavius, Giant, dll, tapi semuanya tidak bisa mengalahkan Gazelle bo!

  45. Hello,

    Pictures from old bicycles can be found in the Yahoo group ‘oudefietsen’, http://groups.yahoo.com/group/oudefietsen
    This is a mailing list with 70 members sharing information about Dutch bikes.

    I saw mr. Laexs already joined our group. Welcome!

    To join, send an e-mail to oudefietsen-subscribe@yahoogroups.com, with subject ‘Subscribe’.
    Follow the instructions in the reply message.

    The pictures can be found here: http://ph.groups.yahoo.com/group/oudefietsen/photos

    Best regards,
    Bas

  46. bung Ansela,
    konon Gazelle adalah mercedesnya sepeda. Gazelle produk sekarang dengan alloy frame, plus all bearings pasti no frictions anymore!!
    Ngomong-omong sudah cobain varian Cycloide Luxe dari Simplex belum? Dijamin image tentang kenyamanan Gazelle akan anda kaji ulang lagi…
    Ada teman yang selesai kuliah di TU Delft nggak mampu bawa sepeda Union yang menemaninya selama studi di sana, biaya kirim kemari amat mahal.

  47. Hallo Andyt,

    You asked for a few pictures of my bikes, please look at the Yahoo-site Bas wrote about, a few of my bikes are there with pictures of “andre koopmans”

    Best regards,
    Andre Koopmans

  48. mas mo tanya nih … ayah saya punya gazelle seri 11 . tapi kok lambang kijangnya nga ada . trus dongkrang belakang yg mirip jackstand nga ada . hanya dongkrak samping doang .. .. emang gitu ya seri 11 ? makasi sebelumnya

  49. Emangnya Bung Andyt sudah pernah membandingkan naik Gazelle dengan
    Simplex Cycloide Luxe?
    Enak mana? Kenapa?
    Klo dari konstruksi kayaknya saya masih lebih yakin nyaman naik gazelle.
    Konstuksi detailnya kokoh banget!
    Pen Pantek Pedalnya aja dibuat khusus lain dari yang lain.

  50. mas Andyt, saya yakin pasti sudah pernah dipublish tentang spesifikasi Cycloide Luxe, dimana ya ? atau kalau belum gimana mas spesifikasi Cycloide Luxe ? saya mau coba berburu jenis ini kalau sudah tahu ciri2nya – suwun –

  51. Pak Andyt, Mr. T, Kang Tatankka dan Mr.Laexs,

    Salam kenal….mohon bantuan, saya baru menerima kiriman sepeda (lawas?) tidak bermerk, sedangkan menurut penjualnya (kira-kira) sepeda tersebut bermerk Vesting atau TH. Pertanyaannya; 1. apakah ciri khas sepeda Vesting/TH? 2. Buatan antara tahun berapakah sepeda tersebut? Buatan negara mana? terima kasih atas pencerahannya….

    salam

    adp

  52. Pak Andyt, Mr. T, Kang Tatankka dan Mr.Laexs,

    saya baru aja dapet gazelle galangan dengan nomor seri 993171. yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah sepeda saya juga buatan tahun 1954 juga?
    2. presneling dengan three speed itu memang bawaan asli dari pabrik atau merupakan modifikasi dari pemilik sebelumnya. soalnya saya denger dari beberapa orang katanya biasanya hanya tromol biasa yang pakai presneling kebanyakan merk hamber. demikian mohon keterangannya maturnuwun

  53. Sepeda gazelle saya seri 9 (990346) tapi lampu dan dinamonya bosch.
    Mohon pencerahan ini pedah buatan tahun berapa dan lampunya itu yang asli gazelle yang merek apa.
    Gambarnya di galeryantik.blogspot.com
    Terima kasih

  54. Saya sangat merasakan bagaimana rasanya menaiki sepeda Gazelle seri 9 yang mana dibilang oleh pakar sepeda, memang betul kalau menaiki sepeda gazelle terasa menaiki mobil kelas mewah karna sedikit genjotan seolah-olah terasa ada yang mendorong.
    Sebab saya punya seri 9 yang percis tingginya sama kayak yang ditampilkan, mudah mudahan tidak ada bedanya dengan kepunyaan saya.

  55. aku dapat sepeda lawas kemudian kupakai eh ternyata enak pisan dinaikinya. selanjutnya setiap hari aku pakai sekarang aku ingin memiliki satu spd lagi siapa yang ingin barter dengan mainanku

  56. emang bener wueeenak tenan nompak gazelle
    opo maneh sing tandem jare wonk bali gazelle limosin cukup kanggo wong telu
    groetjes van Nederland
    pancal terus sedere’sedoyo
    Agung tiang alit

  57. mas andyt, mo ngrepotin tanya nih …
    saya punya sepeda gazelle peninggalan kakek, no serinya 551606, kira-kira buatan tahun berapa dan berapa kisaran harganya yaaa??? terima kasih

  58. Nderek nepang aken, kawit alit sekolah numpake pit, wes gede tuo pite gak ono, nywun info menawi wonten ingkan reno bade nyade sepeda koleksinipun kulo nembe pados gazelle dames seri 11 tromol. Sumonggo penawaran email ke cvputrasetya@ymail.com

  59. Saya sangat senang sekali baru melihat gambar Gazelle seri 9 yang sangat gagah dan jantan sekali kelihatannya, yang mana tingginya sangat gagah di banding yang tinggi 55,dimana bayangannya baik dari depan maupun dari samping kelihatan kokoh sekali.
    Mudah mudahan yang saya punya tidak jauh beda dengan yang ada pada gambar disini,yang punya saya beda lampu yang saya pakai lampu bos besar yang ada sekakel hitam diatasnya,dan setir dongkrok otomatis yang sama dengan kepunyaan saya.Dan kebetulan saat ini masih ada sepeda onthel Gazelle empat biji diantaranya :
    seri : 459……
    seri : 968……tinggi 55
    seri : 979……tinggi 60
    Seri : 1125625 cewek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s