Sepeda NSU

nsuBuat mas andyt, nino. ivanka, bang WC, semua ontelis di nusantara…..

Sesuai janjiku yang kemarin ini akau tampilin gambar sepeda NSU punyaku…tapi aku masih ragu apa ini bener merknya NSU atau bukan, …karena aku masih belum menguasai ilmu ontel. Makanya dengan aku liatin gambarnya aku minta tolong temen2 ontelis untuk bersama2 mengidentifikasi.

Sebelumnya sekedar informasi yang akau denger sepeda NSU itu dulu diberikan sebagai fasilitas karyawan pabrik di malang yang pembayarannya di cicil maka dimalang sepeda NSU sering disebut NSU ( Numpak Sepeda Utang..)

Selamat menikmati

alex@prompt-research.com

Gir depan setampah - Speda NSU

Gir depan setampah – Speda NSU

Kunci Hopmi

Kunci Hopmi

Model stang, lampu dan rem sepeda NSU

Model stang, lampu dan rem sepeda NSU

pose belakang

pose belakang

pose dari depan

pose dari depan

Sepeda NSU in action

Sepeda NSU in action

Tampak dari atas

Tampak dari atas

Tampak samping - NSU

Tampak samping – NSU – jadi inget sepedanya Mbak Didi, ruji belakang mirip ini 🙂

Mas,

Ngrepoti numpang jalur untuk dimuat ke situs NSU gabung sama sepedanya mas Alex, sekalian juga foto kunci Hopmi yang seperiode dengan NSU.

Matur nuwun, sedulur…

andrian@peter.petra.ac.id

1916.gif

1923.gif

hop-log-1916.jpg

scannen0009.jpg

scannen0021.jpg

scannen0027.jpg

scannen0028.jpg

108 thoughts on “Sepeda NSU

  1. waaaa…. tjantik nian itoe rijwielen..

    rotel tampah itu ciri khas jerman ya..
    tapi dhalangannya mengingatkan saya pada sama sepeda swedia.. cresent.

    stang nya kayak sepeda apa nya.. belanda punya model gitu..

    kayaknya jerman punya ya..

    kurang rokok, kopi sama gedhang goreng tok ini.. 😛

  2. mas Alex…
    Bravo….Sepedanya cantiik banget. Klasik dan orisinil. Tuas rem seperti itu menunjukkan sepeda buatan sebelum tahun 1910-an. Sayang kunci Hopminya buatan yang tahun 1950, jadi kurang cocok. Carilah Hopmi yang pakai jarum atau’ jomplangan’, itu buatan tahun 1910-1920an. Saya kirimi via mas Bah, iklan NSU tahun 1903 dan 1906. Mohon dijadikan satu dengan sepeda mas Alex ini, ya mas Bah. Matur nuwun.

    ok, tunggu sebentar yaa 🙂

  3. Thanks banget mas andyt atas infonya….aku jd tau status sepdaku…ngomong2 mas andy kan menyarankan aku pake kunci hopmi yg model jarum ato jomplangan, berhubung nyarinya susah mas andyt punya ga? menawi gadah kulo ganteni……..pripun mas andyt..he..he

  4. pagi temen 2 ontelis aku kemaren izin engak masuk kerja gitu. untuk bank alexs sepertinya sepeda NSU nya pernah dibawa ke HI . yang parkir dekat jembatan kan. boeh juga itu geer nye kalau ada tutup setengkasnya bagaimana bentuknya hee heee. salam

  5. mas Alexs,

    Seribu maaf, saya nggak punya lagi kunci model gitu, punya hanya dua nempel semua di sepeda Simplex ku (Cycloide Kruisframe, dan di Cycloide Luxe 680mm). Yang Luxe 680mm ini kapan-kapan kutampilin fotonya. Seandainya ada Ontelist yang punya dan dilego sekarang tentu sangat mahal. Dua tahun lalu di Surabaya harganya (yang ada bulatan tiga disamping maupun diatas 300rb, yang pakai tutup malah 700ribu. Tapi kayak gitu nggak usah terburu-buru, asal rajin ke loak-loak atau pasar sepeda, atau kontak-kontak dengan alamat-alamat temen-temen di Jogja dan Bojonegoro (lihat di bagian belakang buku ‘Piet Onthel’ yang fotonya ada di Sepeda Bunderan HI), pasti nemu pandangan. Hobby sepeda kuno itu asyiknya justeru di hunting, prepare, repair dan setting. Kalau udah lengkap semua malah terasanya kurang menarik lagi, cenderung cepet bosan, dan bawaannya pengin nyari, dan nyari lagi.

  6. bukannya japri nih bang nino…sebenarnya dah aku kirimin ke mas bah tp blm di upload jd ya mohon maaf……semoga mas bah membaca pesen ini..he..he

  7. lihat di bawah tag-line wira wiri disitu ada bab awal dan berbagi, baca yang di berbagi..disitu ada email2 kontributor yg bisa bantuin untuk masukin artikel n foto ke blog ini…begitu bung laexs…

  8. Monarknya keren…cuman saya agak ragu dengan kayuhannya, kok mirip MTB ya? atao memang gitu kalee. Gue juga nggak ngeh dengan Monark yang asli. Cuman dari sisi kerangka, nggak rugi beli harga segitu. Tinggal dikerok, ganti cat, selesai..

    Coba search di internet, bentuk Monark yang asli seperti apa, lalu bangunlah sepeda itu persis yang diinternet…

  9. yah es tebu lagi…..kalo ada nyang berhubungan dengan jual beli pasti ES tebu..es tebu..lagi.
    Sayang kemaren minggu kita ga lewat es tebu ya mas WC..Glekk..jadi pengen….

  10. nanti kalo mas andyt yang beli aku tar ga iso turu….Mas andyt kenapa aku nanya sepeda itu antik atau langka kenapa? krn aku inget perkataan mas andyt kalo ngumpulin sepeda bakal ga ada habisnya, kalo mas kan koleksi simplex, makanya aku ambil kesimpulan aku pengen punya sepeda2 yg langka dan jarang orang yang punya.

  11. waduh bagus banget sepedanya. ini mah jauh banget sama punyaku mas Bah. yang mirip cuma warna bannya doang.. 🙂 *benar kan mas?*

    iy mbak, setidaknya menambah panduan kita untuk merenovasi sepeda … tambah perbandingan dan pertimbangan gitu 🙂

  12. Lex, malam minggu main kerumah Abu yuk….trus minggunya pulang dari HI makan nasi padang lagi didepan rumah aku ya.he..he.. Oh iya Lex koleksi aku nambah satu lagi nih mereknya RIVEL.

  13. akhirnya chandra kecil telah lahir…..he..he.. boleh tuh mlm minggu di saung tempat abu sambil bakar ikan enak banget…..mas WC mo ikut ga?

  14. Mas alex di malang tinggal dimana? aku jg dimalang. dimalang selatan lagi rame sepeda ontel. mas alex kalo nongkrong dimana, hari apa? siapa tau bisa sowan sekalian kenalan.

  15. sorry mas painhi sekedar meluruskan…aku ga tinggal dimalang tp dijakarta tp kebetulan aku dapat sepeda itu punya orang daerah batu malang..

  16. mas painhi klo mobil dari jakarta ada di malang pasti hormati ya……tapi klo mobil malang di jakarta kok malaha ditangkep polisi ya…….

  17. hallo……….selamat sorry NSU…………eh…keliru………………A Bang yang punya sepeda NSU, anda di Malang di mana alamatnya? telp nya??? ( Hp n telp rumah ) aku di Kediri khan dekat…..siapa tau kapan – kapan main ke Malang bisa mampir dan lihat langsung NSU nya……….tq

  18. Hallo Bang NSU……………… punya sepeda apa lagi selain NSU nya…… barangkali masih ada beberapa lagi yang bayangannya + asesorisnya uantikkkk………..githu looh……….. siapa tau boleh dilamar……….he he he………….

  19. Bung pria punya selera yang punya mas alex anak KOBA di Jakarta dulu dapat di Batu waktu ke malang. bung pria punya selera yang di malang itu saya, salam kenal dari GOSAR kalau kemalang main aja ke tempat kami, telp 0341 7644745

  20. woalaaaa..dadi mbulet ra karowan…sing Jakarta oleh onthel Malang..sing Malang golek nang Kediri, sing Kediri malah golek nang Jakarta…

    ini seninya onthel….
    bocor campur deg-degan.

  21. he he….trimakasih P.Painhi gosar & P.Andyt……………memang sepeda itu bikin orang penasaran untuk cari yang baik dan lebih baik dan istimewa dan istimewawawa… seterusnya he he he…… untuk P.Painhi Gosar ntar kalau ke malang aku kontak n mampir tempat anda. ngomong – ngomong di jalan apa no berapa masuk kecamatan apa?? ( kayag petugas sensus aje… he he )

  22. Bung Laeks………….aku juga punya lho NSU………tapi belum aku tampilkan disini………….karena no urutannya……………masih ada beberapa lagi…………..he he he…………..ntar kapan – kapan pasti aku tampilkan NSU ku okrek???? pokoknya untuk lebih meramaikan suasana ghitu………………..

  23. speda NSU??
    aku kira NSU hanya ngeluarin motor antik tok…..
    ternyata….nyata….ter…..ada spdnya jg to……???
    kereeeeeeeeeeeeeen……ren…..ren…..ren……….
    pagi yang indah……………..
    budal ngopi………………….
    bawa duit……………………
    “selera pria punya” si saku………………
    siapa yg brani bilang………………………
    “INdOsia lG suSah”…………………?????????????
    aku rasa yg brani bilang “Lg bIngUng”…..

  24. Ya Astagahhhhh! Gir depan-nya! Giginya berapa mas? Ini memang untuk 2 orang pakainya satu di pedal kanan, temanya di kiri!

  25. dari nsu ato naek sepeda utang..ada juga BSA ( Bedil Senapan Angin) & PSK (PEDAGANG SEPEDA KOLOT)POKOKNYA SUKSES slalu nyari trus barang aneh Keep JUST ROCK N ROLL yang penting SALJU (ASAL MAJU)

  26. P.Laeks………….koleksinya sudah buanyak ……………masih mau nambah lagi??? he he he………..bercanda lho………….bagianku mana??? he he he…………..

  27. wah aku duwe siji mas mas. Tapi kondisinya masih harus dibangun lagi. biar sama ciamiknya sama yang diposting. Aku dapet dari seorang tukang tempe cuma dua ratus rebu.. Wah gak kebayang kalo ternyata mereknya NSU.

  28. pak naruto saya bisa hub. bapak di mana ? hp ? email ? atau apapun yg bisa ” mempertemukan ” kita dalam silaturochmi untuk memperpanjang dan memperbanyak koleksi ……….

  29. Nah kalau yg NSU ini baru top of the top. Sy sdh lihat sendiri dan memang antik. Daripada Pathfinder yg Amerika mending ini yg Jerman (jejere Kauman).

    Pertanyaan sy cuma satu, kapan bosennya? Kalau sudah bosen boleh saja dibalik nama. Ha ha ha.

  30. Kang Hero :

    Ga sia2 kan walaupun disambut macet2an sampe 1 jam akhirnya bisa ngusap2 si NSU …he..he sampe ga bawa baju ganti lg..ha..ha .

    Bang Madi : Ha..ha.kan kemaren dah dapat sepeda dan aksesorisnya..

  31. Bisa aja bang Alex nih…….soal baju jangan dibawa2x…….:)…..pesen saya kalau jalan sama bang alex bawa kamus bahasa jawa sama senter…..asik lho toko aksesorisnya harus pakai senter mencarinya………..biar bisa nawar murah:):):)…..Hidup!!!!!!!!!! Pemalang,ngak ada matinya…

  32. Kalau sepeda yg itu lain lagi, wong sampai sekarang juga belum diambil … maklum lupa .. kayaknya sdh sampai di Senen ya?? Kalau yg NSU lain cerita.. eee siapa tahu sdh bosen??

  33. Permios..

    Mohon Informasi… ada yang tau lampu model seperti gambar pertama NSU diatas di jual dimana? atau ada yang punya dan mau di jual? dan baiknya sih yang masih berfungsi dengan / cukup baik? 🙂

    Sekian terimakasih, maturnuwun sanget…

    Salam sejahtera…

    PS: email saya : b3nlol@yahoo.com

  34. Bang alex, merek NSU ada sama saya, tapi masih melekat di body sepedanya, gimana ya? Bodynya sama dengan Abang punya. Cuman gear depan kurang besar seperti abang punya. Saya ada dapat sepakbor depan belakang NSU, tadinya saya ngak tahu kalau itu sepakbor NSU punya. Ada teman yang minat, ya jual deh. Akhirnya saya dapat sepeda merek NSU, tapi sepakbornya ngak asli. Bagi teman-teman onthelis yg punya sepakbor NSU tolong dong kabari kita ya? Bang alex, tolong ya? sekalian handle dan tarikan remnya tu. Tq.

  35. Salam Onthel,

    maaf mau tanya sama dewan pakar,

    Apakah swanframe itu mesti NSU, kok pada yakin sepeda diatas NSU? Apakah ada ciri khusus yang langsung bisa memperkuat pendapat kalo sepeda itu NSU? misal emblemnya hilang tapi rivetnya ada tapi dengan jarak tertentu atau ada ciri-ciri lain pendukung no frame ditube tapi agak kebawah, minta infonya ya para Pakar! Soalnya Miele,wanderer dll banyak juga bikin. Ato asal ada sepeda tanpa socket penyambung mesti Jerman, padahal Saint Etient juga ada yang tanpa socket!, juga merk tertentu gak pake socket katanya jerman, padahal kata di merk itu tidak berhubungan dengan jerman, misalnya kecil kemungkinan jerman bikin sepeda dengan merk MOON,SUN atau BLUESKY.

    minta pencerahan, terima kasih admin! ( admin crew maturnuwun sekali, tanpa Gusti Alloh dan anda semua, kita gak bisa berbagi ilmu kayak gini, maturnuwun sekali)

    wassalam.

  36. @ Pak Sunu Rawa Cipondoh,

    Baru liat GAZELLE ALLURE LIMITED EDITION, KAYAK TAMCA 5000 ALLURE-NYA ANTON SUSENO ! Defensif total,chop berat! Warna kaya punya Kreanga tea.

    wassalam.

  37. @ bapak TAMBALWENGKON

    BETUL TUHHH PAKKK GIMANA CARA MEMASTIKAN SEPEDA YANG JENIS SWANFREMNYA……..???

    APAKAH MEREK NSU ATAU YANG LAINNYA?????

    SAYA JUGA BINGUNG

    APAKAH PUNYA CIRI2 KHUSUS…..

    MOHON PENCERAHANNYA SECERAH CERAHNYA

    SALAM KRINGGGGG…………… ONTHEL INDONESIA

  38. ini sepeda swanframe ada saingan lagi jenisny

    SWANFRAME PENGGERAK RANTAI VS SWANFRAME PENGGERAK GARDAN

    WELEH2WELEH …………….

    TUA PENGELUARAN TAHUNNYA TUAAN YANG MANA YAHH MAS MAS SEKALIANNNN????? MOHON PENJELASANNYA….

  39. yud TOC aku sudah dapat sepeda NSU yang lama saya idamkan dari seseorang tapi gir depannya pakai Y (wiliyam keleng 5 Biji ) apa itu asli punya NSU dan Lambang/merk ada masih melekat dirangkanya salam buat semua pencinta sepeda tua alias Onthel………….

  40. Ma,af bwt bung laexs atau kepada suhu2 onthel saya pengen nanya maksud nya rem tusuk depan lobangin spatbor pertanya,an nya bantalan rem jenis apa?terus ban roda pake jenis ban apa? Makasih sebelum nya.

  41. Untuk mengetahui tahun pembuatan onthel NSU bisa dilihat website dibawah ini, walaupun mungkin tidak 100% tepat kalau dilihat dari serial number. Mungkin bisa juga dilihat di hub torpedonya, biasanya ada tulisan thn misal 49 (thn 49)), 56 (th 56) dll, atau juga dari letter A, B, C, D, E masing2 thn. 58, 59, 60, 61 dan 62.
    Cirilain NSU selalu ada emblem NSU di spatboard depan, mirip2 motor2 NSU.

    http://oldbike.wordpress.com/1951-nsu-damenrad/

    Enjoy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s