Salam kenal GOSAR

Pandemen Sepeda Semua salam kenal saya painhi dari klub onthel GOSAR Malang. ini saya kirimkan foto sepeda hima sama minta saran tentang sepeda tersebut. juga foto ketika kami turing ke waduk bendungan sutami. thqnks

from : NHI PAINHI (nhi_painhi@yahoo.co.id)
date : Jan 30, 2007 4:02 PM

dsc02098.JPG

dsc02100.JPG

dsc02102.JPG

dsc02296.JPG

dsc02298.JPG

34 thoughts on “Salam kenal GOSAR

  1. salam kenal mas dari onthelis bumen. Sepada hima setahu inyong bikinan england .Ada juga hima yang dibuat khusus untuk operasional polisi sehingga di bawah sadel kanan tertulis polisi dan no rangka di kiri. Seperti halnya Juncker pernah juga suplai untuk tentara,sehingga dijuluki juncker tentara.Cirinya depan rem tromol dan belakang rem torpedo. Tuas rem juga asli cuma sebelah. Kalau periode atau tahunnya aku juga awam.

  2. Mas…………..setahuku merk HIMA itu bikinan jepang, sebab kalau jam dinding merk HIMA & SIMA itu bikinan JEPANG………he he he…….NGLANTUR Ya MAS……………………. namanya aja baru bangun tidur sich………pokoknya salam kenal ya aku dari KHEDHIRHIE……….

  3. HIMA merk lisensi dari Belanda, tapi dirakit, dilas dan dijual di sini. Sepeda ini juga menjadi inventaris pegawai departemen tertentu, misalnya pos, kepolisian, dan guru. Di tahun 1960-an onderdil HIMA dibuat dari Jepang dan beredar disini. Beberapa sepeda ini berukuran 650mm, bentuknya mirip model sepeda Inggris (jarak sadel dengan setang cukup lebar). Sepeda ini terkenal sampai ke pelosok-pelosok karena lebih terjangkau dibanding merk-merk build-up lain. Di sepeda HIMA fungsi alat angkut dan transportasi lebih dikedepankan daripada fungsi prestige dan gengsi karena strata tertentu di masyarakat…..menurut guru besar andyt..hiks

  4. hallo sedulur2, ini mr.x, pendatang baru.
    tanya sama mas Andyt, Mas Sepeda kuno yang menjadi inventaris dari pemerintah waktu itu apa saja? selain hima???

  5. salam kenal tuk mas PAINHI [GOSAR] nama qu Sukamto ngendon di jl.Ciamis dalam 21 Malang.Hp 081615694734,sepengetahuanku hima itu berasal dari Inggris,aq punyak masih orsinil tipe cewek,emblem depan belakang masih ada setir.engkol masih hima,mo tak jual kalo mas minat .tenk yau salam tuk teman2 GOSAR.

  6. O,ya saya tambah lagi mas Pain bukanya punyaknya mas itu Bramton Soalnya aq punyak mirip dgn punyak sampean itu tapi ada perbedaan dikit punyaqu berukuran 60 gondel,maaf jika salah tafsir soalnya baru belajar .aq ada berapa koleksi kalo minat.

  7. mas sodik,
    saya mau tanya, untuk sepeda junker, selain handle rem cuma satu, model setangnya gimana, apakah model kalong atau model biasa dan untuk jari2 pada velg depan-belakang jumlahnya 32/40 atau 36/36

    thx.jn

  8. mas painhi.. saya pengen tau beli speda ontel di comboran malang tuh kira kira range harga berapaan ya?? soal na bingung nih nentuin harga… saya sih ndak liat merk. yang penting suka aja ontel tuh…
    saya dari jak.. ga ad kendaraan mau beli onthel aja buat kerja ( saya guru br di di sawjajar ) kali… bisa ngajak anak anak ke sekolah naik sepeda… hehehe
    ni email saya mas. mohon balasanna. kalo saya dah pnya onthel. bisa ikutan komunitasnna ga?:
    palupi.wijayanti@gmail.com

  9. Mlikum mas.. Pie kbare.?
    Sya agak bingung.sya ada speda batang 24 dbwah sadel kanan ad tulisan polisi,no rangka sblah kiri.stangnya ada merk juncker rem nya sblah,blakang remnya torpedo.trus di spatboard depan ada bolong bkas memakai rem yg nonjok ke ban.. Kira2 itu Hima ato Juncker…
    Nuhun sateuacana.. Bls ga pke lama..

  10. Ke Mas Sodik! Terimakasih sedikit info tentang tungganganku dulu, sepeda Juncker. Baru saja pulang kampung melihat Juncker ku kondisinya memprihatinkan. Meski tromol depan ada berfungsi tapi teromol belakang sudah los. Lampu, dinamo dan stengkasnya dah raib serta warna catnya sudah pilok samapai merk Junckernya. Tolong dong info tempat yang dapat membaikinya termasuk pernak-perniknya. Juncker ada di Kebumen. Terimakasih.

  11. tolong dong klo ada aku dikasih gambar utuh sepeda onthel merk “HIMA” yang masih utuh(original) karena saya punya belum utuh, tolong yang punya info ya, thx n salam bwt onthel mania

  12. Salam, setau saya kalau Hima itu ada yang untuk polisi dan untuk rakyat biasa.. Kalau untuk Polisi pakai rem torpedo mas, torpedo super granat.. Kalau untuk biasa mungkin beraneka ragam (sudah pernah liat yang rem cekek biasa)

    Nah, kalau asal dari mana, yang jelas dari Belanda, entah di rakit disini atau bagaimana.. Tambahan kalau Hima Polisi ada ketrikan di bawah sadel “POLISI” dan juga di atas fork sempat liat empat sepeda bertuliskan “PERINTIS” sempat juga lihat yang tidak ada ketrikannya, dan juga pernah liat satu yang bertuliskan “MOBRIG”

    Kalau dari tahun khusus Hima Polisi kelihatannya menurut logika saja di cocok kan dengan ketrikan perintis atau mobrig nya (yaitu kesatuan dalam kepolisian) contohnya Mobrig (Mobile Brigade) di buat tahun 46 sampai tahun 58 (ini sangat bersejarah dalam perjuangan nasional).

    Salam, kalau ada yang salah mohon di koreksi.. Kring kring..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s