Gazelle seri9

From: Eddy Susanto <edsusanto@btn.co.id>
To: dimas_nino@yahoo.com
Sent: Wednesday, February 14, 2007 1:40:49 PM

Mas saya punya sepeda gazelle serie 9 perempuan seperti di foto ini – kayaknya masih full original cat, strip2 kuningnya masih utuh – semua pernik2nya ( sadel, lampu, dinamo, pedal , standart ) masih original dan merk gazelle kabeh – kuncinya union pake tutup mika merah – malah lampu belakangnya masih hidup dan utuh – terus terang saya nggak ngerti apa sepeda peninggalan eyang saya ( almarhum ) ini antik tenan apa nggak ? apa cat2nya bener masih original nggak ya ? tolong dong kasih komentar yang konstruktif biar marem klo memang bagus & antik tapi.. ? kalau nggak …..ya saya gudangkan ke dompet alias dilego saja .

gazelle9

83 thoughts on “Gazelle seri9

  1. aduuuh… suory mas – fotonya kena semua, untung sing duwe nggak kefoto sekalian ……kagem wong cilik…tenan mas aku nggak ngerti, makanya mohon coments temen2 – sekalian saya sambil belajar –

  2. Pit ini yg pasti bersejarah sekali karena peninggalan eyang mas santo…jd saya kira terlepas antik/orisinil atau ngga…jangan dijual deh mas…peninggalan eyang …

  3. wah lo masih ngarep aja van…..

    mas sus klo menurut ane betul jg yg dbilang mas WC, mungkin mas kurang suka sepeda tp sekali2 cobalah di kendarai dan menuju ke HI mungkin mas akan tahu betapa bangganya mas punya sepeda tersebut..karena belum tentu semua orang bisa memiliki sepeda tersebut. terlepas antik atau tdk itu sepeda yang pasti sepeda tersebut punyai nilai sejarah dan kenangan….tp klo repot ngerawatnya jg ya ..saya jg ga menolak dsuruh ngerawat..he..he ( belakangnya ngarep jg)

  4. wah………sayangnya foto agak jauh………..jadi agak sulit lihat catnya asli atau tidak…………tapi………tapi…………mengandung sejarah lho……………..mestinya dirawat aje…………tapi kalau mau di tukarkan dgn yg bisa dimasukkan di dompet aye juga mau lho………..he he he………..sama khan ama teman – teman semuanya…………..he he he……….

  5. Sama aja tujuan semua men temen aku di seantero jagad, kalau bisa mas santo jangan di lepas namanya juga peninggalan sejarah tidak bisa di ukur dengan Rupiah,yang pasti eman 2 lho mas. aku aja ngedukung mas santo untuk memepertahankannya. merdeka salam dari aku penggemar pit. salam

  6. he he he……….kita semuanya sama ya………………….ternyata maniac sepeda onthel sejati…………..he he he……………..kurang Bung Vanka ada ” belakang, depan, samping kiri, samping kanan ” aku di atas aja ya he he he……………….

  7. aku boleh mbonceng ga om ppp? 😀 ,
    om santo, gazellenya palsu tuh om… 😀 , tipu…, istimewa banget tuh om, menurut saya semua onderdil spedanya asli, termasuk pedalnya (kalo ga salah ada serat kainnya ya?), mungkin dinamonya yg saya agak ragu ky “elephant” (baca: made ini china), memang banyak sepeda2 mahal jaman dulu yang jarang/tidak dipakai sama sekali oleh pemiliknya, karena fungsi utamanya seringkali bukan sebagai alat transportasi, melainkan sebagai alat pembayaran,
    sebagai contoh untuk membeli tanah atau hasil panen…, untuk humber aja dulu bisa ditukar dengan 40 kwintal gabah…, wow…

  8. he he he………..memang betul Om Pittuwo……….jaman dulu itu sepeda bisa digadaikan, ditukar barang / apa saja ghitu……….

  9. temen2 matur nuwun sanget masukan dan saranya – khusus kagem mas pittuwo ( dan mas nino ) salam hormat dan trims berat commentnya menambah mantep saya u/ dilestarikan di kamar tidur – dinamo tulisannya gazelle mas (Insya Allah asli bawaannya ) – salam hormat dan trim’s –

  10. Mas Susanto emangnya udah kehabisan uang ya??????? Kok sepeda warisan mo dijual, klo emang ga suka sepeda ya disimpan aja, siapa tau nanti anak atau cucu mas ada yang suka. SEPEDA GA MINTA MAKAN ini !!!!!!!!

  11. Iya mas..sepeda minta digenjot doang jgn disimpen..ntar pada kempes dong 🙂 …kan kalau digenjot badan kita sehat sepeda jg seneng….hehehehhe… 😉 sepedah kan bahan bakarnya paling irit…. ya istilahnya irit bensin boros nasi..gitu… 😀 😀 😀 :p

  12. he he he…………..bener……bener……….bener…………….sepeda itu tiak minta apa – apa……………..paling – paling minta di pompa ghitu…………..( cit..cit…cit……selesai )…………..he he he………………tapi kalau bosan………..ya disimpan dulu……………..nanti – nanti pasti kepingin naiki……………..ghitu lho P.Susanto……….

  13. Ass. wr. wb
    Salam kenal untuk semua penggemar sepeda ontel, aku asli orang kota gudeg pasnya bekas kerajaan mataram / kotagede. Sudah lama ingin kenalan sama rekan-rekan sekalian untuk ‘ ngangsu kaweruh ttg pit lawas ‘. Dirumah aku hanya punya sedikit koleksi yang mungkin tidak se-orisinil dan se-bagus milik kolektor. Pit lawas koleksiku antara lain :
    1. Triumph goventry lady crossframe.
    2. Sepeda ” S ” tidak tahu merknya ( tetapi sambungan antar pipanya tdk pake keni )
    3. Gazelle ” wandu ” ( spt jengki tapi lingkar roda 28 ” )
    4. Fongers ” wandu ” ( persis jengki fongers tapi ban 28 ” )

    Hanya itu yang kupunya besok kulampirkan fotonya satu per satu dan mohon tanggapan rakan-rekan sesama pelestari pit lawas. Sampai disini dulu besok aku sambung lagi…

    Wass.wr.wb.

  14. he he………Mr “T’ dan wong – cilik……betul – betul dech………………tapi…………tapi……………eh lebih baik tunggu foto – foto dari Mas Muller……………cepetan dech postingnya…………….aye udah nggak sabar ngeliat nich…………….

  15. kalo kakek ane lain lagi….beliau beli sepeda buat beli beras, ..maksudnya mo kewarung depan jalan kaki jauh jd naek sepeda deh….he..he

  16. Mas2 semua kalo lagi mampir ke daerah taman mini jangan lupa main ketempat ku yaaaaaa. Bantalan amunusi konsumsi tak jamin deh …..he…..hee

    nanti sama2 kita road to taman mini

    aku tunggu yaaaa

  17. salam kenal!

    saya amos dari tangerang (asli semarang) melihat foto speda mas Edi ini pertama saya meski akui sampeyan orang yg beruntung, karena dapet warisan speda ‘klas’ (omong-omong di warisi arloji juga nggak he…he..) GAZELLE bagi penggemar sepeda merupakan masterpiece (sama halnya NORTON bagi anak MACI) atau ROLEX untuk arloji beberapa ciri orisinal GAZELLE adalah (tolong dikoreksi kalau salah):
    1. Velg dengan jumlah spoke/ruji depan belakang 36
    2. velg pada umumnya bermerk LEPPER (ada juga yg td mema-
    kai merek )
    3. Cat orisinal hitamnya tebal (tidak mudah dihapus walau –
    pakai tinner super sekalipun)
    4. striping (difoto kurang jelas) sepintas kelihatan ori namun –
    kok mulus skale! menitik usianya bisa jadi +/- th 50-60an
    ini skedar pendapat saya mungkin saja salah maklum bukan ahli speda tapi kalau ada yg maunanya soal arloji klik saja web saya http://www.arlojiku.wordpress.com

    salut buat WIRA-WIRI kalo ada yg minat saya punya TRIKE buat anak england ori (cat ulang warna merah & putih) bisa call saya di 08561165465.

  18. Beautifull nice and original Gazelle, keep it in good shape, even in Holland you don’t see them in this good shape very often !

  19. Gazelle itu banyak yang berbeda2 ciri. Maklum dari zaman pabrik2 sepeda berdiri sampe bangkrut, Gazelle gak pernah bangkrut2… Pabriknya pun sampai skrg masih ada dan memproduksi sepeda2 baru (2007). Sepeda gunung pun sekarang banyak yang dibuat oleh Gazelle sejak tahun 1998. Adapun perbedaan2 itu, Misalnya:

    1. Merek tulisan “GAZELLE”nya ada yang terletak di depan (centre) batangan ada juga yang agak ke samping (arah kanan).
    2. Merek tulisan “GAZELLE” pada huruf “G”nya, yang betul adalah kotak tapi agak lonjong kurus. Kalo jenis huruf adalah “Helvetica Condens”. Bukan kotak, atau tajam. Bisa dilihat pada tulisan “GAZELLE” di besi stang.
    3. Ada yang tidak pakai merek “GAZELLE” di depan batangannya. Terutama pada era2 sebelum taun 1940an
    4. Ada yang pake lampu Berko (infonya sebelum Gazelle bikin lampu sendiri)
    5. Ada yang pake persneling dan ada juga yg nggak pake persneling.
    6. Ada yang gak ada Merek “GAZELLE”nya sama sekali pada batangannya, tapi dibawah bongkol poros genjotan (bawah body) jika sepeda itu didirikan terbalik akan ada poin angka. (zaman dulu melihat series number sepeda Gazelle dari sini, bukan dari number rangka yang ada di batangan. Karena number series di bongkol genjotan pada batangan itu hanya mencantumkan satu angka series. Nahh kalo ada yang punya sepeda seperti ini biasanya, “merek”nya (GAZELLE) di depan batangan adalah terbuat dari kuningan bukan pernekel. Dan rata2 type ini berjenis perempuan. Yang laki2 ada namun diproduksi lebih sedikit dari yang model perempuan.
    7. Ada Gazelle yang memakai “garpu” milik Simplex berupa dua garis (tanda “sama dengan”) pada bonggol garpunya.>> setelah diusut2 emang perusahaan gazelle adalah perusahaan yang mengambil alih saham simplex setelah simplex mengalami krisis keuangan.
    8. Ada Gazelle yang menggunakan keranjang rotan (periode 1950an) namun hanya diproduksi beberapa ribu unit, karena di pasar kurang laku. (kalo ada yang masih nyimpen keranjangnya beruntung banget nih)
    9. Ada juga perbedaan lambang di besi onggrokan lampu depan. Di besi onggrokan (jikrakan) tempat “lampu depan” Ada yang bertanda “SEGITIGA” (bolong), bukan lambang kijang seperti biasanya. Infonya, Gazelle dulu mereknya pake lambang segitiga, bukan KIJANG. (Ini juga kalo ada yg punya bersyukur banget!) Ini langka banget lho.
    10 Batangan ada yang kuningan, besi, dan pernekel. Nekel digunakan setelah balap sepeda merajai eropa taun (1850-1930). Gazelle memproduksi ini hanya beberapa Unit.
    11. Sadel genjotan ada yang menggunakan Lambang Kijang, ada yang polos tapi pada ujung besinya ada gambar kijang.

    Ada info2 menarik tentang gazelle singapura, gazelle malaysia, Gazelle Inggris, dan Gazelle india. Sejak dulu mbah mencari data2 tentang Gazelle yang dibuat negara2 itu adalah “TIDAK PERNAH ADA” jadi bagi yang punya perusahaan2 gazelle di negara2 tersebut, aku minta datanya. Kemungkinan besar perusahaan itu adalah importir. Bukan produksi.

    Untuk temen2 yang sudah dapat info menarik tentang GAZELLE bisa cerita2 banyak juga di sini biar mbah bisa melengkapi datanya.

    “Pemalsuan GAZELLE”
    Bagi rekan2 di milis dan di luar, sekarang Gazelle semakin banyak dipalsukan. Mulai dari “ketrikan” di batangan sampai stang, genjotan, sadel hingga lampu dan bel dengan lambang kijang. Harga perunit sudah bisa mencapai jutaan rupiah, dan penjualannya dilakukan secara dua unit per dua unit.
    Dengan harga patokan minimum 3,5 – 4 juta per unitnya, mereka sudah mengambil untung 3 juta. karena untuk merenovasi batangan jadian (menggunakan Batangan sepeda “HIMA” yang 90 persen mirip).

    Jadi untuk pembelian sepeda GAZELLE yang bener2 mengkilat dan mulus, kita mesti berpikir dua kali lipat mencari keasliannya. Kalo dapet yang ancur dan berkarat, ini justru lebih bagus. karena penyelidikan gazelle yang asli akan lebih mudah.

    salam ngonthel dari mbah

  20. Can somebody please make a short translation in English of what “mbah” is writing.
    If I have to translate this in word by word I am busy until next week……

    Thanks in advance,
    Andre

  21. Andre, i try my best hehe…

    Gazelle itu banyak yang berbeda2 ciri. Maklum dari zaman pabrik2 sepeda berdiri sampe bangkrut, Gazelle gak pernah bangkrut2… Pabriknya pun sampai skrg masih ada dan memproduksi sepeda2 baru (2007). Sepeda gunung pun sekarang banyak yang dibuat oleh Gazelle sejak tahun 1998. Adapun perbedaan2 itu, Misalnya:
    (Gazelle has different types of bike because they still making bicycles until now. It still produce many tipe of bikes, including mountain bikes since 1998. The differences are like this..)

    1. Merek tulisan “GAZELLE”nya ada yang terletak di depan (centre) batangan ada juga yang agak ke samping (arah kanan).
    —some Gazelle logo are put in the centre of the frame, the others are more to the right side

    2. Merek tulisan “GAZELLE” pada huruf “G”nya, yang betul adalah kotak tapi agak lonjong kurus. Kalo jenis huruf adalah “Helvetica Condens”. Bukan kotak, atau tajam. Bisa dilihat pada tulisan “GAZELLE” di besi stang.
    —— The font of gazelle. The right type for “g” is not square but rather oval and straight. The font is helvetica condens. We can look it at the frame.

    3. Ada yang tidak pakai merek “GAZELLE” di depan batangannya. Terutama pada era2 sebelum taun 1940an
    — some type didnt use gazelle brand at the frame, especially bikes that produced before the 40’s

    4. Ada yang pake lampu Berko (infonya sebelum Gazelle bikin lampu sendiri)
    — some use ‘berko’ lamps (this is before gazelle made its own lamps)

    5. Ada yang pake persneling dan ada juga yg nggak pake persneling.
    —- some use persneling (perseneling bahasa inggrisnya apa yak)
    some isnt

    6. Ada yang gak ada Merek “GAZELLE”nya sama sekali pada batangannya, tapi dibawah bongkol poros genjotan (bawah body) jika sepeda itu didirikan terbalik akan ada poin angka. (zaman dulu melihat series number sepeda Gazelle dari sini, bukan dari number rangka yang ada di batangan. Karena number series di bongkol genjotan pada batangan itu hanya mencantumkan satu angka series. Nahh kalo ada yang punya sepeda seperti ini biasanya, “merek”nya (GAZELLE) di depan batangan adalah terbuat dari kuningan bukan pernekel. Dan rata2 type ini berjenis perempuan. Yang laki2 ada namun diproduksi lebih sedikit dari yang model perempuan.
    ——- sometimes gazelle brand are not put at the frame, but below the body. If we put the bike upside down, we can see the numbers. Here in the old time people usually look for the production series, not at the frame. Number at the body only has one number series.
    If you have this kind of bike, usually the brand is made from ‘kuningan’ (kuningan apaan yak). and this bike usually made for ladies.
    There are some made for men but not as many as made for women

    7. Ada Gazelle yang memakai “garpu” milik Simplex berupa dua garis (tanda “sama dengan”) pada bonggol garpunya.>> setelah diusut2 emang perusahaan gazelle adalah perusahaan yang mengambil alih saham simplex setelah simplex mengalami krisis keuangan.
    — some gazelle bike use “fork” of simplex with the sign of = at the fork. It turned out that gazelle was the company that took over simplex stocks after simplex running out of money

    8. Ada Gazelle yang menggunakan keranjang rotan (periode 1950an) namun hanya diproduksi beberapa ribu unit, karena di pasar kurang laku. (kalo ada yang masih nyimpen keranjangnya beruntung banget nih)
    —— gazelle made some bike with rattan basket (periode of 1950’s)…but this bike wasnt commercially success so it only made for some thousands unit…someone who have this bike are very fortunate….

    9. Ada juga perbedaan lambang di besi onggrokan lampu depan. Di besi onggrokan (jikrakan) tempat “lampu depan” Ada yang bertanda “SEGITIGA” (bolong), bukan lambang kijang seperti biasanya. Infonya, Gazelle dulu mereknya pake lambang segitiga, bukan KIJANG. (Ini juga kalo ada yg punya bersyukur banget!) Ini langka banget lho.
    ——- there also differences about the insignia that put at the front lamp..some wasnt’ use ‘the deer sign’ but a hollow triangle…in the old time gazelle use this hollow triangle sign, so this bike is very rare

    10 Batangan ada yang kuningan, besi, dan pernekel. Nekel digunakan setelah balap sepeda merajai eropa taun (1850-1930). Gazelle memproduksi ini hanya beberapa Unit.
    ——- frame is made from steel, kuningan dan pernekel. Nickel was used after road racing got popular in europe 1850-1930, and gazelle only produce this bike in small quantity

    11. Sadel genjotan ada yang menggunakan Lambang Kijang, ada yang polos tapi pada ujung besinya ada gambar kijang.
    —some saddle use deer sign, some didnt, ……..

    Ada info2 menarik tentang gazelle singapura, gazelle malaysia, Gazelle Inggris, dan Gazelle india. Sejak dulu mbah mencari data2 tentang Gazelle yang dibuat negara2 itu adalah “TIDAK PERNAH ADA” jadi bagi yang punya perusahaan2 gazelle di negara2 tersebut, aku minta datanya. Kemungkinan besar perusahaan itu adalah importir. Bukan produksi.
    —– There are some interesting infos about gazelle singapore, malay, england and india. Mbah have looked for this data but never found it, so if anyone have it please inform mbah. I think companies at those countries were importir and not production companies.

    Untuk temen2 yang sudah dapat info menarik tentang GAZELLE bisa cerita2 banyak juga di sini biar mbah bisa melengkapi datanya.

    “Pemalsuan GAZELLE”
    Bagi rekan2 di milis dan di luar, sekarang Gazelle semakin banyak dipalsukan. Mulai dari “ketrikan” di batangan sampai stang, genjotan, sadel hingga lampu dan bel dengan lambang kijang. Harga perunit sudah bisa mencapai jutaan rupiah, dan penjualannya dilakukan secara dua unit per dua unit.
    Dengan harga patokan minimum 3,5 – 4 juta per unitnya, mereka sudah mengambil untung 3 juta. karena untuk merenovasi batangan jadian (menggunakan Batangan sepeda “HIMA” yang 90 persen mirip).
    ——— gazelle fraud
    some people now made “gazelle” and sold it at high price.
    they tried to copy the design of gazelle, from the frame to saddle and handlebar, bell or the deer sign. Each unit can be sold until millions of rupiah. they sold it by two units.
    with the minimum price of 2 millions rupiahs, they got 3 millions of easy money because the bike was made from more cheaper brand –the frame was from hima brand which look almost the same

    Jadi untuk pembelian sepeda GAZELLE yang bener2 mengkilat dan mulus, kita mesti berpikir dua kali lipat mencari keasliannya. Kalo dapet yang ancur dan berkarat, ini justru lebih bagus. karena penyelidikan gazelle yang asli akan lebih mudah.
    ——-so if we like to buy gazelle with pristine condition, we must think twice and ask about its originality. If we got bikes in rusted or broken condition, this is good because we could inspect it more easily…

    salam ngonthel dari mbah
    –happy bicyclyng from mbah

  22. weleh…
    aku mau pesen buat bdarma,

    Untuk laen kali, ada baeknya kita menjaga informasi ini sebaek-baeknyalah. Kita ndak tau sapa nang nyari-nyari info tersebut. Usahain terjemahin cuma sebagian saja.
    Atau beberapa topik secara ringkas.
    Alesannya, kalo dia seorang kolektor, atau bukan orang seni (sepeda), dia akan lebih banyak mencari “harta karun”
    disini. Jangan ngeliat dia bule atau orang nyang berpenampilan keren, tapi kita perlu kenal lebih jauh orang kayak dia. Akan bahaya banget kalo dia orang yang kaya raya dan mengetahui informasi ini, terus dia nyari2 di sini segala merek gazelle, lantas kita dapat apa? sisa2 saja juga susah nyarinya.
    Intinya, semua apa yang diinformasikan temen2 dan rekan2 di milis ini, kita tetap menjaga dan mempertanggungjawabkan. Jangan sampai ke luar negeri.
    Apalagi di negara dia, untuk menemukan satu unit sepeda kuno saja sulitnya bukan main. jadi betapa mahalnya kalo sepeda gazelle di sini sudah banyak ketangan mereka.

    ps> mohon kerahasiaan informasi milis ini tetep dijaga.
    –ditulis usahakan dalam bahasa betawi, jawa, atau preman2 dikit lah biar mereka agak susah untuk nyari2 kata2 yang pas.

    salam dari mbah.

  23. Thank you very much for the translation Bdarma !

    Now I can understand what mbah means.

    There are “strange”things in what he says.
    Gazelle has never produced Bicycles outside of Holland, almost all Gazelles are made in “Dieren” (Holland), Where the factory still is producing Bicycles from 1901 untill now.

    The bikes with the basket, I think Mbah means the “transport-fiets”, are made for a long time in Holland (1905-1960) and some makes even now still make theme.
    These Bicycles were strong and very heavy build for transport of goods in the city’s in Holland and they are still populair for collectors in Holland. I don’t know how many there were exported to Indonesia.

    The “Gazelle” marke in the frame was put in to make immitations more difficult, Gazelle Factory started this marking in the frame in 1924. This was done in ALL gazelle-frames between 1924 and ~1968 !

    The Gazelle-factory never made it’s own lamps, they were made by BALACO (lighting factory in Germany) in the beginning, Gazelle let the names ARKO. PRICO or ELGA put on those lams before 1940.

    Gazelle never used SIMPLEX-forkes, they may look the same, but they are not.
    Gazelle has taken over SIMPLEX after the war, after they have taken over simplex, all simplex-Bicycles were Gazelles with the name Simplex put on theme !
    Simplex was after they were taken over by Gazelle a Gazelle-B-marke.

    I can not be on this forum for a few weeks,
    “see” you later, take good care !
    Andre

  24. Hi Andre

    u right about lamp
    When Dutch bicycle companies had a new problem to face: their German competitors began selling very low priced bicycles on a large scale in Holland because the German mark had devaluated and Dutch guilders were therefore sought-after.
    But nevertheless the Dutch bicycle industry flourished in the post war years. During the war bicycle production in the Netherlands decreased considerably. Spare parts became increasingly difficult to obtain.
    In 1941 a great shortage of bike-tyres began. In this period many bicycle parts became increasingly scare and more and more alternative and innovative ‘crisis products’ were produced such as wooden tyres, grips, pedal blocks, carbide lamps and protective shields for bike lamps. During the last years of the war many machines from bicycle factories were demolished or disassembled by the occupying German forces and transported to Germany.
    After the war it remained difficult to get bicycles and spare parts. Nevertheless the well-known bicycle manufacturers soon started making bicycles again. In order to meet the large demand, parts and bikes were imported in bulk from England, Canada and the USA.
    The clearly, u right and your informations of gazelle here have an important of all.

    1902 has production Gazelle, in Dieren
    1903 Gazelle production for the first time motorcycle but with another company.
    1912 They specialise in the fabrication of complete bicycles. Meanwhile Gazelle’s wholesales activity becomes increasingly important
    1915 The Kollings (company who found Hendrik Kolling, brothr Willem Kolling–the man who the start gazelle company) and their nephew Jan Breuking rename the company to “N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentzen en Kölling”.
    1937: An electric bicycle powered by a 12 V accumulator and designed by Philips, is taken in production with five well-known Dutch bicycle makers. Amongst them, Gazelle is the most important one and they produce 117 of these bicycles. However, they never become very popular. > thats gazelle start made a lamp itself with philips?
    1940 The domestic gazelle outlet as well as the international demand increase.This is also due to the growing market for Gazelle bikes in Indonesia, at that time a Dutch colony. Besides standard bicycles, several kinds of motorised bicycles, delivery bicycles and carrier tricycles were produced for various sectors of industry. > Include the basket for transport fiets begin to export in indonesia. if you are say the basket made since 1905, i just tell of all, someone who have this bike –transport fiets (period 1940-1950) are very fortunate.
    1966, gazelle reintroduces a tandem model.
    1968, gazelle takes over simplex. Include Juncker and Locomotief > Sorry, i never to found to the same a number series in frame among gazelle and simplex, did you know? maybe you can look and send to the milis. So u can to find about different of them.. include a forkes.

    Thanks for ur informations..

    regards

  25. Mbah Kuncen mau nanya nih!
    Klo ciri-ciri locomitive tua gimana(khasnya)?
    saya pernah ditawari sepeda depannya gak ada merknya,tapi katanya locomotive.
    Memangnya locomotive dulu kayak Fongers juga ya pakai stiker?

  26. Buat pak Amos Tangerang.

    Iya harus begitupak, pelan-pelan tapi pasti ilmunya sepeda kuno dikeluarkan pak, untuk
    nambah pengetahuan rekan2 onthelis. Kalau kurang apa perlu nara sumber : mbah Jan, koh Hien,cong Liem, kang Yanto, mas Di dll., Itu semua khan komunitas kita di Semarang, bisa diserap ilmunya berdasarkan pengalaman langsung di lapangan, nanti tinggal dipadukan dengan ilmu referensi/katalog. Jadi nanti bisa klop, jangan seperti dulu namung eyel2an saja tentang keaslian suatu sepeda kuno.
    Untuk sampeyan perlu dikeluarkan ilmunya tentang merk2 Jam yang dikhususkan untuk sepeda atau sepeda motor. Kita Tunggu. Jangan lupa juga ilmunya Simplex dikeluarkan, kalau perlu potonya pak Amos yang naik sepeda Simplex Cycloide dulu yang Umar Bakri dipajang di Internet, untuk menambah keyakinan. He.he.he. Salam hangat dari rekan lama Pak Totok Solo. Kulo enggih gadah Gazelle seri 9 orisinil-nil perempuan.

  27. numpang lewat sambil ngasong nih, bantuin temen yg hendak menjual warisan si mbahnya, karena faktor ekonomi dan punya Gazelle hendak di lego, ttg asli ga nya liat ndiri dan kontak ndiri, ada di SINI

  28. mbah kuncen, saya punya hartog. saya dapatnya dari tukang penjual bebek keliling. nomor serinya paling belakang 58. apa itu menandakan tahunnya?. nyuwun tulung pendapatnya mbah. dari cucunya di JEMBER

  29. buat kang brengos..

    berdasarkan no serinya (993171), Gazelle anda mungkin diproduksi pada tahun 1953-1954

    Mohon koreksi jika keliru..
    Terima kasih…

  30. salam kenal semua.

    Mbah kuncen (namanya sangar amat mbah)
    Ilmunya kok ngungkuli londo he he…

    Mbah, saya mau nanya mbah.
    Saya punya Gazelle seri 485486. tapi kata orang-orang (para pakar sepeda tua di blora) palsu karena dibagian depan tidak ada ketrikan Gazelle. Padahal semua rangka dan garpu asli. Cat tadinya hitam repaint tapi saya amplas sampai cat dasar hitam. Lucunya diatas cat hitam itu ada meni merah tua (seperti punya simplex) tapi tetap saya habisi.

    Tadinya saya pikir saya tertipu oleh pemilik asli dulunya. (seorang kyai di daerah sedan Rembang). Tapi karena saya dah kadung tresno dengan sepeda itu, jadi tetap saya elus-elus. Palsu yo biar aja. he he, kadung tresno Je.

    Ahirnya sedikit demi sedikit saya kembalikan ke Pakemnya (terahir saya ketiban pulung dapat rantai bertuliskan Gazelle di setiap mata rantainya mbah). Cuma tinggal slebor aja yang belum dapet sampai sekarang.

    Melihat comment mbah yang pertama tadi, ada gazelle yang tidak ada ketrikan Gazelle di pipa bagian depan, saya jd mak “prinding” kaya dpt wahyu pencerahan.

    Yang Mau saya tanyakan,
    1. Apa sepeda saya seri 486489 ini kemungkinan termasuk yang mbah maksud.

    2. Sepeda saya slebornya sementara tdk terdeteksi punya sepeda merk apa. Bentuknya mirip simplek tapi lengkungan bagian tengah lebih lebar dan bagian tepi yang nyiku lebih kecil. Apa slebor gazelle dari dulu bentuknya sama seperti yang banyak dijumpai sekarang.

    sebagai data pendukung, dibagian kiri atas bracket ada tulisan “2000” angkanya besar besar, trus benar kata mbah tadi, di bawah Bracket pas bagian tengah ada sederet angka.

    Tolong ya mbah, saya mohon saya yang pemula pol polan ini dibantu. biar penasaran saya ilang.

    Saya bisa di hubungi di nmr 08122787982 atau email ke ekojuli.hermanto@cp.co.id atau di facebook ekoblora.

    Jawaban dari Mbah Kuncen sangat saya harapkan.

    BTW
    Matur sembah nuwun sebelumnya

    Salam samin

  31. @riweuh. maksudnya gimana pak?

    nek memang palsu, brarti sy blm punya gazelle dong. harus segera cari gazelle betulan.
    rasanya kalau belum punya walaupun gazelle yang seri paling tdk terkenal kok blm lega, yato yato… he he he

  32. ngiler aku liat pit ontel nya .. soale aku dirumah punya 2 ..
    yang satu Gazelle, jasak (bapak) punya dari taun ’74 .. satunya lagi merek Empo taun’ 80-an ..
    sayangnya yang masih asli cuma rangka, lampu depan tok ..
    udah ga pake rem tangan (kampas), sekarang pake rem kaki.
    Entah kenapa dikeluarga saya pada suka pake rem kaki tuh, kesannya sepeda tuh jadi enteng, tanpa pernak-pernik.
    Btw .. kalo mo liat seri nya tuh sepeda dimana letaknya yah?
    apa yang dibawah as untuk pedal atau dibawah sadel?
    dulu tuh waktu sekolah saya selalu pake ni sepeda (gazelle) dari smp kls 1 sampe lulus sma. Suka banyak yang nawar .. apalagi orang-orang mebel (arab), yang 1 juta, 1,5 jt, skitar taun (92 s/d 98) .. Jasak (bapak) bilang, ora bakalan didol Jun (ga bakalan dijual Jun) .. nanti kapan2 tak upload fotonya .. coz belum diambil gambar nya .. tuh sepeda ada di Tegal.

Tinggalkan Balasan ke van ka van Batalkan balasan