SEPEDA GARDAN

gardan

Pandemen semua,

Sugeng siang …. untuk mengisi waktu luang, dan sebagai bahan diskusi, berikut saya kirimkan sepeda garden, merk-nya lupa tapi yang jelas bukan gazelle. Gambar itu saya ambil dari Pameran Sepeda Onthel di Pusat Budaya Jawa, Tembi, Bantul, Yogyakarta akhir Juli lalu. Kalau nggak salah, sepeda itu kepunyaan dr. Didi, Yogyakarta. Nuwun.

Agus Supriyanto – agus@kerjasama.ugm.ac.id

gardan

gardan

gardan

gardan

gardan

gardan

Note, buat Mr. T semoga bisa dilihat pic ini … saya hosting di http://tinypic.com/

80 thoughts on “SEPEDA GARDAN

  1. temen saya baru aja kehilangan sepeda gardan tapi sejenis MTB, dia beli waktu ada pemeran sepeda di jogya dulu kalo nggak salah mereknya walens warna biru….(inggris punya)

  2. Mas Agus, jumpa lagi nih.

    Berdasarkan apa yang saya ketahui mengenai pemilik sepeda onthel model gardan (tetapi merk Gazelle), Kalau di daerah Jogjakarta adalah Mbah Selamet. Beliau adalah seorang abdi dalem Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Dan tinggalnya di daerah ………………………………………….? Barangkali Mas Agus lebih paham lagi mengenai hal itu.
    Menawi ingkang kagungan asmo Dr. Didi itu piyantun saking pundi?

  3. Hiks..ane pernah liat neh model sepeda ini di yogya pinggiran gak ke pake di taruh di gudang deket tumpukan gabah..hiks mau nawar gak berani

  4. Very rare, a cardan-bicycle, what brand is it ? I only know belgium “FN” bicycles with cardan, but this one looks different, is it Japanese ?

  5. mas bah, kalau ditempat saya untuk web2 bergambar seperti photobucket, utube, dll pasti dblok karena diindikasikan berbau..hmm..tahu sendiri la.. 😀 terima kasih atas usahanya 🙂

  6. ane pernah ditawarin..yg produk jepang.cuma nggak ada gigi belakangnya… 🙂 tapi keren juga seperti sepeda dengan rantai maya..alias ghoib ..hehehe..mana nih si maya ya.. 😉

  7. sugeng enjang sedoyo kemawon,

    om WC, sepeda itu masih fungsi siap di onthel…

    Dab Oemar Bakrie, betul pemilik gazelle gardan, itu namanya mbah Slamet, daleme diaerah barat RS Sardjito. Kalau yang ini menurut lembar info yang digantung disepeda, pemiliknya dr. didi (teman-teman PODJOK saya rasa lebih tahu ya…, monggo rekan PODJOK…diinfokan lebih lengkap).

    Mas Andre & Mr. Hardi…..(hehehe), I don’t remember the brand of its bike, but If I’m not mistaken Columbia or Marcopolo????!!! I am not very sure. But for sure, it is not Japanese. Perhaps, like what mr. Sodiq, said it is Germany. Do you have any idea about Columbia or Marcopolo?

    Mas Hardi dan Kang Sodiq, iya mas aku lupa-lupa ingat, seingatku merk-nya Columbia/Marcopolo??! Nah dari pada digeguyu kalau keliru mending tak persilahkan rekan-rekan untuk mendiskusikannya…Gitoe….

    salam onthel!

  8. Mas patub-jogja,

    I don’t know th brands Columbia or Marcopolo, maybe it is a German bicycle, the rearbrake is a “Torpedo” as far as I can see, that is from Germany, and the bicycle looks also a bit “German”. But I am not shore.

    salam onthel
    Andre

  9. mas sodik, ya kelihatannya merk columbia, karena seingatku namanya mirip-mirip penjelajah tempo dulu. Waktu lihat sepeda itu pertama kali, saya langsung teringat pelajaran waktu smp, tentang orang yang hobinya berlayar untuk menemukan daerah baru…ya saya pikir columbia karena merk marcopolo khan nggak ada ya…

    mas andre, according to mas sodik, based on his experience it is columbia and its made from usa.

    salam onthel always,
    -patub-

  10. memang sepeda GARDAN ini agak jarang saya tenui, saya sich sampai sekarang juga belum punya sepeda GARDAN ( kalau lihat…..pernah punya kawan ). saya pribadi juga suka dengan sepeda GARDAN.

  11. kawan kawan semua,

    wah maaf, saya lama tidak sempat mengunjungi internet. iya, benar, sepeda ini saya punya.

    Merknya Columbia, masih berfungsi dengan baik. Setahu saya orisinil, kecuali boncengan dan sadelnya. Diproduksi di Boston, Massachusets, USA sekitar tahun 1905 sampai 1912.

    You are right Andre, it looks like common old German “Fahrrad” which was popular in the old time by the name of “PAKRAD”( according to Indonesian tongue), because it has no ‘knees’ in the junctions. But if we observe carefully, then it is different. It is Columbia.

  12. Pak Didi,

    Met pagi, wah senang juga akhirnya ikut nimbrung meramaikan forum ini, tadi malam saya ketemu mas Dono bahwa pesan saya tentang permohonan ijin untuk memuat foto sepeda sampeyan sudah disampaikan. Makasih Pak, gimana masih suka kumpulan sama teman-teman Podjok?

    salam onthel,
    -agus-

  13. Maaf nimbrung nich!Tu speda emang merkny “Colombia” dulu kepunyaan Noufa “kucing” anak magelang. Aq dulu perlu di tawari tu barang tapi gak punya duit jadi ku tolak!NYESEL!

  14. Dab Patub, Kalo penjelajah dunia abad ke-15 doeloe, itu namanya Columbus (penemu Benua Amerika) bukan Columbia, kalo Columbia itu nama jenis makanan,,,,,,,,,,,,,,,,,eeeee maaf salah Lompia!!

  15. Onthel merk Batavus termasuk product dari Eropa, buatan Belanda. Lebih jelas periksa Hermanu, 2004, Pit Onthel, Jogjakarta: Bentara Budaya., op.cit., Andre Gaastra., hlm. 234.

  16. Mas Bagong, buku tersebut dapatnya dimana ya kalo di Jakarta, apa ada di Gunung Agung atawa Gramedia ? Bagus buat nambah referensi per-onthel-an.

  17. Ohh, saya kurang tahu kalau tentang buku itu, apakah dijual di toko2 buku di jakarta. Lebih efektifnya Mas Azra hunting aja ke teman2 onthel KOBA, yang sering nongkrong2 di sekitar bundaran HI. Biasanya disana bisa didapatkan.
    Kalau suatu saat sampeyan main ke Jogja, bisa langsung saja ke penerbit Bentara Budaya di jalan suroto kota baru. murah mas azra harganya hanya 15 ribu rupiah.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ini bukan promosi lho!

  18. untuk buku pits onthel coba tanya fahmi alias mbetmen koba, soale saya pernah liat buku itu sama dia, makasih kpd mas azka dhoblank yg udah dtang buka puasa bareng di mess koba.

  19. pengen rasanya seperti mereka,punya banyak sepeda onthel nan tua,tapi apa daya..ku hanya pnya sebuah besi tua yang bercap HERO,warisan orang tua pula..

    salam onthel

    (pengguna onthel setia)

  20. Para sobat onthel jgn pd bingung, tu spd gardan Merk Columbia buatan Uncle Bush dudukan lampunya ada tulisannya The City, Terpedo burung pake gardan. standart saya pasang bikinan home industri Bantul tempo dulu. Gak sombong nih, kenalin saya yg pny sebelum Dr. Didi. Saya jual dgn terpaksa krn buat tambahan bangun rmh yg baru saya tempati. Thank atas simpatinya tmn Onthel semua kpd JANDA saya yg disunting Dr. Didi……

  21. Om Trial Tracker,

    Kebetulan saya punya sepeda gardan juga, tetapi yg model MTB. Dan hub blakangnya pake yg inner gear hub.
    Merk-nya Walens dan gear blakangnya udah ggak bisa pindah gigi lagi lantaran kabel utk pemindah giginya putus.
    Adakah yg bisa memperbaikinya?
    Rumah saya di Pamulang, Jakarta Selatan.

    FYI: Sepeda MTB Walens itu bikinan Taiwan

  22. temen2 onthelist semua ada yg punya info sepeda gardan buatan jepang merknya apa aj gak?
    soalnya saya dpt rangka dan garpu beserta ban belakang sepeda dgn sistem gardan, sayangnya d rangkanya sdh tdk ada identitas merk sepeda, mungkin sepeda ini pake transfer merk, dan yg tersisa cuma nmr rangka saja. speknya sbb:
    – ban ukuran 26.
    – besi batangan tempat jok bentuknya melengkung k belakang.
    – tempat gear gardan depan kotak/kubus, tdk seperti sepeda yg d posting d atas.
    – gear belakang tertutup (tdk terbuka seperti sepeda d atas).
    – rem belakang memakai sistem kabel seperti sepeda mini atau jengki.
    Menurut pewaris sepeda ini sebelumnya, sepeda ini dulu d beli kakeknya d kapal ( apa mungkin dulu sepeda ini masuknya secara tdk resmi/ilegal ), menurut sang kakek sepeda ini buatan jepang, tp sang cucu jg kurang yakin apa memang buatan jepang. karna berhubung sepeda ini sdh sangat lama tidak terurus dan terbengkalai d gantung d gudang,akhirnya sepeda ini saya beli dr sang cucu.
    menurut teman2 cocoknya sepeda ini memakai setang jenis apa berhubung body sepedanya yg kecil mirip sepeda jengki? dan sadelnya cocok pake sadel yg bagaimana?
    terima kasih sebelumnya…

  23. bewara saya punya new hudson england, no seri tertera
    P 4722, kira kira buatan tahun berapa? sama mau tanya gear originalnya seperti apa? bls comen nya ya cepat

  24. Boeat Yth.Bapak Dr.Didi
    Salam kenal dari H.Is – Onthel Community (ONCOM) Bogor.Untuk mendapatkan sepeda gardan seperti itu tidak gampang.Dicari susah,tidak dicari datang sendiri.Mohon ijin ceritanya cara mendapatkan sepeda tersebut dan saya yakin sepeda ini koleksi bapak yg sangat langka dan bapak cintai.Kalau ada yg nawar pasti bapak hanya tersenyum.
    Matur sembah nuwun.( H.Is – 08128374637)

  25. kebetulan saya punya sepeda gardan di rumah. Tapi keluaran tahun baru. Kalo ga salah merknya walens. Secara keseluruhan masih baik kondisinya, cuma giginya yang sudah tidak berfungsi. Kurang lebih sama masalahnya dengan Edwin. Jadi lumayan berat kalo di tanjakan. Saya dapat dari seorang teman. Ga tau belinya di mana. Saat ini saya sedang mencari bengkelnya. Tapi belum nemu sampe sekarang. Lokasi saya di Jakarta Barat. Kalo ada yang punya info tolong disampaikan ya…

    thanks

  26. saya ada sepeda gardan fendt cardano, boleh dilihat di:

    rear suspension cardano comfort

    saya baru mau cari bengkel di jogja yang bisa benerin gardan dimana yah…..sedikit ada masalah.

  27. saya punya sepeda china merk walens. 300 sp, tapi rusak axelnya dan crank armnya ( as roda belakang dan stang pedal ) dimana saya bisa beli

  28. wah,..boleh juga tuh,..saya jadi penasaran pengen naikin itu sepeda,..kayak gimana rasanya goesnya,…saya cuma punya dua sepeda Onthel merk Hamber tahun 1940 dan 1943,…pengen juga punya onthel gardan columbia,..apakah ada yang mau jual ?

  29. bagus juga yah…sepeda onthel gardan ini….kira kira ada yang mau jual tidak yah dan berapa harganya ? bisa hub saya

    Jusup bandung

  30. Saya punya sepeda seperti ini, mereknya fendt, dapat dari mertua (alm), masih terawat sampai sekarang.
    Sayangnya sewaktu anak saya coba, pompanya jatuh dan hilang. Sepeda ini saya rawat terus, hampir-hampir istri saya kalah deh…..

    kalo berkenan, bisa kirim foto2nya ke sini :

    tigadekade@yahoo.com

    utk diposting, spy bisa dinikmati bersama di forum ini…
    thanks b4

  31. saya juga punya sepeda pake gardan merk WALLEN jenis mtb, sangat mulus dan sangat layak jalan,banyak yang ingin membelinya tp gak saya jual krn ini koleksi.saya juga lagi cari sliding bike yg pake gardan, ada yg tau?

  32. kapan ya para onthelis punye keisengan merakit di LIPI kek, Lapan kek….. untuk merakit sepeda onthel seperti diatas yaitu sepeda tanpa rantai, mungkin lebih irit dan lebih anthik dan lebih artistik, gito loh. mimpi kaleee yeeeee. Konon kabarnya kita nih, bangsa kita ni, udah pernah bisa bikin motor, mobil, n pesawat dan kapal laut serta kereta api TAPI mane … kok kagak kunjung ada motor buatan Indonesia. apa maunya para pemimpin kita nih. banyak orang pintar dan juara olimpiade tapi kok … kok… kayak ayam berkokok doang dengan hasilnya nol

  33. saya punya yang merk Fendt, sejak tahun 1985-an.
    sayang onderdil dan asesorinya sudah tidak orisinil lagi.
    ada pemilik sepeda yang sama persis dengan Fendt saya itu, asesori dan onderdilnya masih orisinil, sayangnya saya lupa nama beliau.

  34. Dear All, Maaf telat comment….Sepeda onthel model gardan (tetapi merk Gazelle), Kalau di daerah Jogjakarta adalah Mbah Selamet. Beliau adalah seorang abdi dalem Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat / pemberian dari HB VIII, sepedanya sampai sekarang masih ada dijogja.
    Chris Kebo

  35. salam kenal dari saya ircham onthelis gardan Sidoarjo
    aku punya sepeda gardan ukuran 60,dari england,
    jika anda berminat hubungi saya 085648497800

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s