MOHON PETUNJUK

ย turangga.jpg

kang tolong di review sepeda ini….saya di tawarin sepeda mereknya turangga ?…
1. Kira2 tahun berapa sepeda turangga pertama kali di buat ?…
2. Apa bener made in jepang ?
3. harganya kira – kira berapa ya..heheheh ?
4. kalo ada temen2 yang tahu spek dan sejarahnya tolong di kasih tahu

suwun…..

tampak-samping.jpg

Sepedanya sama yang punya digantung

asia-bike-a0s.jpg

Tulisan yang ada di bawah bos tengah

ban.jpg

Ban merk Double Coin…kayaknya dah jaarang ya

kunci-ganda.jpg

kunci

lampu-belakang.jpg

lampu belakang.

46 thoughts on “MOHON PETUNJUK

  1. wah koyo ne apik kie … oiyo turangga = sebutan di jawa turonggo gak yah ?… soal nya jaman masih sekolah ada orang nyebut sepeda turonggo….. ayo dibantu kang alek supaya acara meminang turangga nya kesampaian.

  2. bang lex, sepertinya memang sepedah buatan jepun, soale dah jelas ada ketokan asia bike…heheh..tapi kalau dilihat dari emblem..kok kayak buatan kita ya..atau memang built up ? jadi si turangga cuma masang merek doang sementara batangan dari negeri sakura sono… nah kalau topinya sih biasanya buatan surabaia ya..eheheheh sekedar mengeluarkan pendapat bang..gratis kan nggak bayar ๐Ÿ˜€ mohon dimaklum

  3. konon katanya sakitnya karna diguna-gunnna … eh …maaf….konon katanya dulu ada sepeda2 yg masuk ke indonesia ngga dipakein merk…jadi agen/pedagang lokal di sini bisa kasih merk sesuai keinginan/kepentingan nya….maaf kalo salah …

  4. sepeda jepang dengan merk indonesia memang banyak ,yang pernah saya lihat turangga itu, gadjah, banteng,dwiwarna,djempol(nederland),maras(batavia nv.rijwielen), dll. Kenapa harus dengan merk bahasa Indonesia, wah hal ini perlu di kaji bersama. Mungkin dahulu negara kita memang pasar yang empuk untuk pabrik sepeda…

  5. Bener Turangga … boso Jawi same like Turonggo, seinget saya dulu pas beli sepede di blatik sapi tulung agung kwitansinya ditulis ..sepeda jenis turonggo ..he….he, bisa jadi itu memang sepeda yg dibuat di indonesia dengan teknologi jepang.

    Kalo inisia KPN nya mungkin singkatan KARYA PRODUKSI NASIONAL ….he….he tuambah ngawur (maaf yaaa …guyon lho). Seandainya itu produksi lokal … kita wajib bangga … mas dengan embel khas yg tiada duanya

  6. cem macem saja tuh sepeda, aku baru dengar dan liat ada sepeda merak turangga. mungkin itu sepeda buatan lokal cuma di ketok bawahnya asia bike supaya lebih keren gitu lho…… kan orang kita kebanyakan lebih suka cap luar dari pada cap lokal……meskipun kwalitasnya ga kalah seperti sepatu buatan cibaduyut yang di ekpor ke singapura balik lagi ke indonesia menggunakan cap luar negeri dengan harga beberapa kali lipat dari harga lokal he he he sanesssss kitu mr. t?????

  7. kalo ane sih pasti seneng punya sepeda merek lokal apalagi sepedanye juga bener2 asli buatan lokal, tinggal nyari tahu aja tahun produksinye tahun berapa…

  8. mau turangga atau turonggo kita patut bangga karena dahulu sudah ada ksadaran dari masyarakat kita yang peduli akan karya anak bangsa atau dikarenakan faktor ekonomi, kita tahu harga sepeda yang didatangkan dari belanda langsung harganya sangat mahal, sehingga timbul inisiatif pedagang2 besar dengan mendatangkan sepeda dalam bentuk terurai yg mana harganya lebih murah dibandingkan dengan mendatangkan sepeda dalam bentuk utuh.

    Dari banyaknya frame2 sepeda dan aksesoris masuk ke indonesia yg notabene tidak hanya buatan belanda, inggris, amerika tapi juga jepang dan china dimana harganya lebih murah maka timbulah industri2 perakitan sepeda rumahan yg menggunakan frame2 luar dengan merk2 lokal sehingga harganya lebih terjangkau. tidak beda seperti motor2 sekarang mesinnya dari china tapi merknya lokal.

    Makanya jangan heran kalo di Indonesia banyak sepeda bermacam2 merk. sekarang semua kembali ke kita masing2…..

  9. he he he……………memang merk sepeda itu macam nya buanyak…nyak…sekali, tapi yang penting khan faedahnya……….memang merk Turangga ini aneh kedengarannya, tapi khan berfaedah ( bisa dibuat mejeng & jalan – jalan )

  10. Saya juga pernah ditawarin sepeda turangga kata yang punya speda turangganya bekas sepeda pos setelah pensiun dikasih sama pt pos giro, betul itu made in jepang hanya taun gak tau

  11. merk turanga keren kaya kuda terbang kaya merk cat kuda terbang! mas ontel saya aje saya cat kuda terbang mengkilat abis…….bisa terbang lg he..he

  12. Temen-temen,

    Turangga itu berasal dari bhs Jawa yang artinya ‘kendaraan’ tapi juga diartikan sebagai ‘kuda’. Ini mengacu pada konsep ideal lelaki Jawa yang dikatakan hidupnya lengkap apabila ia memiliki: Kedudukan, Wanita, Kendaraan, dan Kukila (burung, tapi juga disebut hobby). Nama Turangga juga dipakai PT Kereta Api Indonesia untuk salah satu kereta ekspres eksekutif jurusan Bandung Surabaya pp.

    Kembali ke sepeda di atas, saya belum pernah tahu/menemukan sepeda spt ini, namun bila dilihat dari konstruksi sudut dan desain frame, maka mengacu model Inggris yang kemudian dijiplak RRC India dan Jepang serta beredar di banyak negara di Asia. Sekitar tahun 1950-1970 Jepang dan RRC dikenal sebagai negara penjiplak desain-desain barang-barang produksi Eropa. Kemudian pada model ujung tepi bracket menggunakan bentuk yang melebar,ciri ini juga ditemui pada beberapa sepeda Jepang. Bentuk desain ini lebih mudah dimodifikasi dengan bearing.

    Kesimpulan saya, kemungkinan sepeda ini adalah:
    1. Sepeda rakitan lokal dengan frame import dari Jepang, RRC, atau India, Sama seperti merek Madjid Asnoen Cycle Soerabaja.
    2. Sepeda built-up dari Jepang dengan dibuat khusus untuk pasar Indonesia.

    Diluar harga, saya lebih melihat kelangkaan sepeda ini. Nilai tambah akan terjadi apabila sepeda ini enak dikayuhnya.

  13. tambahan…khusus untuk mas Laexs,

    Kalau sekedar dikoleksi sih nggak apa-apa, hanya beberapa komponen kayaknya ‘nggak sesuai dengan seharusnya’ misalnya piringan gear (terlalu baru), kaca reflektor (lampu belakang) itu potongan dari kaca mika sekarang, begitu pula sadel.

    Kalau untuk dinaiki mas Laexs kayaknya kurang sesuai, artinya bentuk ukuran frame sepeda kurang proporsional dibandingkan postur tubuh tinggi pengendara. ๐Ÿ˜›

  14. Mas andyt : Sedikit koreksi…bukan saya yang mau beli sepeda ini mas tp temen yang ditawarin trus dia minta pendapat saya, karena saya kurang paham mengenai sepeda tersebut akhirnya saya putuskan upload foto sepeda ini ke forum mungkin banyak temen2 yang pernah tau atau mengerti sedikit tentang sepeda turangga tersebut ternyata perkiraan saya tidak salah karena mas andyt dan temen2 yang lain bisa memberikan pencerahan, semoga temen ane bisa mendapatkan masukan2 mengenai sepeda tersebut.

    Thanks

  15. Turangga boso jowone Turonggo ………….Bahasa Indonesiane KUDA. jadi mungkin itu sepeda keluaran dr pabrik Mitsubishi……………….

  16. maaf kalo salah turonggo setahu saya buata n lokal sekitar taon 60an keatas tepatnya di produksi di daerah tolongagong sono .yaitu saja yang bisa saya komentarkan Kamto_Onthel Malang 081615694734.

  17. Waktu tahun ’70 an di perkebunan di daerah Jawa Tengah sana, karyawannya dapat kreditan sepeda Turangga. Mirip Phoenix, lampunya kecil, ada kunci stangnya. Kalau nggak salah rakitan mBandung (dulu waktu gencar2nya Pak Harto menggalakkan produk dalam negeri). Ada juga yang frame mendatarnya double.

  18. kaya sepeda punya tetanngga saya tuh…. waktu pertama liat saya juga sempat kaget dan ketawa2 sendiri… tapiiiiiiiiiiiiiiiiii sekali sepeda tetap saja sepeda!!!!! gebjooooooooooooottt terussssssss

    dian_vasthu00

  19. Tuk MR Laexs :

    Mas kalau hobby ngontel & bersepeda ngak usah ragu-2 sama merk “Turangga” krn sepeda itu saya juga punya keluaran thn 1961 saya ambil dari leluhur sy diPurwokerto katanya sih memang produk dalam negeri made in suroboyo/bandung, yang pentingkan bisa ngontel Mas LAexs!

  20. merek sepeda turonggo disemarang masih sering dijumpai dibandingkan merek” terkenal lain, harga juga masih murah. Kalau mau beli, mendingan yang masih lengkap/ asli, misal: lampu, sedel, rem, pelek, soalnya kalau belinya satu-satu, bisa bisa harganya lebih mahal dari sepedanya, kayak motor jepang dikasih aksesoris harley, hehe..

  21. Ditempat saya Martapura , Kalsel . untuk onthel merk Turangga dulu banyak dipakai oleh pegawai kantor pos, tp sekarang sdh tdk lagi, pak pos skrg pake spd mtr, disini ada jg onthel merk Polisi, ada tok Polisi di bawah joknya.

  22. Bagus juga tuh sepedanya. Ini barangkali ada yang baca terus jadi pengen nyari, aku juga punya banyak koleksi sepeda turonggo lho,kalau mau beli boleh

  23. saya kebetulan lagi cari alamat pabrik sepeda turangg, karena istri saya sedang mencari kuburan bapaknya yang dikabarkan meninggal di tanggerang tahun 1984 lalu.
    setelah ditelusuri katanya bapak istri saya adalah karyawan pabrik sepeda turangga, yang ada di tanggerang. apa ada yang bisa membantu???

  24. Dteng aja Ke Komp. IKPN Bintaro Jak-Sel tanya ma warga yg tinggal d sana ..so psti mereka tau Alamat ex Pabrik Sepeda Turangga..d sana msh ada sepuh2 ex peg IKPN yg pernah gawe Di Pabrik Sepeda Turangga..Good Luck..

    nb : IKPN ( INDUK KOPERASI PEGAWAI NEGERI)

  25. Thank mas Laexs atas gambar2nya
    soalnya sepeda saya yang tadinya gelap mulai ada penampakan (hi hi hi).
    sepeda saya mirip banget tapi ga ada penengnya lagi,
    terus di ketokan bawah cuma ada tulisan “A8 Made in Japan”,
    Dan rem belakangnya ga pake baut di frame bawah seperti mas laexs punya.
    Nomor Sasis ada di frame pas dibatang bawah jok. “2411 58”
    Stang Merk Ramolla
    mudah2an ada yg tau informasi sepeda saya, seperti tahun berapa? merk apa? dsb
    thx Onthelis.
    GENJOT TERUS

  26. untuk komunitas onthel di timur jakarta, onthelis di seutar timur, ada komunitas ontel dengan sebutan PIETS TMII. biasa mangkal untuk arena kong-kow,pokoknya apa saja di depan gerbang utama TMII itu loh Taman Mini Indonesia Indah. Tapi disitu bukan hanya yang jadi anggota saja tetap siapa saja,dari komunitas mana saja,dengan bendera apa saja,dengan pakaian apa saja,dengan usia berapa saja pokoknya ada.Semua karena motto ontel untuk silaturahmi dan persaudaraan.

  27. weh… sepeda kuno rame dibicarakan ya…
    saya juga sempet kebingungan nyari identitasnya…. tapi akhirnya bisa dilacak lewat sebuah situs…
    dulu saya sempat menemukan situs luar negeri yang berisi tentang sepeda tua, komplit dari merk, tahun pembuatan, pabriknya, peta lokasi pabriknya, dan sejarah pabriknya… jika pabriknya pindah atau di akuisisi oleh pabrik lain juga ada beritanya… web ini lengkap banget, cuman saya lupa nama web-nya, tapi coba search digoogle pake key word “old bicycle” .. sukses ya..

    “boseh terus sapedahna”

  28. Saya punya merk turangga dames. saya modif abis,dmana2 berada abis dkagumi, nyaman dnaiki.prnah juara 1 speda trheboh.

    • kalau ada yg punya turangga dames msh komplit emblemnya dll, tawarkan ke saya Gogon, 081218606748. yg punya turangga jengki boleh juga tawarkan,pokoknya saya keranjingan sepeda merek turangga

  29. alhamdulillah, awal bulan ini baru dapet turangga heren..
    murah bgt, cuman 3ratus..

    asoy..
    bisa belajar naik pit kebo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s