HERCULES FLYING DUTCHMAN

Mas laexs……

Maaf saya orang baru dalm persepedaan kebetulan saya punya sepeda model cowok ukurannya sepertinya lebih tinggi dari sepeda abang2 tukang siomay sampai2  saya aja harus jinjit kalau naik,  yang bikin saya binggung di sepeda ada tulisan merek Flying Dutchman guarateed by Hercules made in England…itu maksudnya apa ya? sepeda ini buatan inggris apa belanda ya, kok namanya pake embel2 flying Dutchman?

Ini saya emailkan gambar sepedanya, maaf kalau kurang jelas gambarnya.

Thanks

Setiawan

image046.jpg

Transfer stiker FLYING DUTCHMAN made in England

image047.jpg

Ini transfer stiker Guaranted 100 % by Hercules England , maksudnya apa ya?

image055.jpg

Nomor rangka IS 3333 , Ada yang tau maksudnya?

image045.jpg

Stang Hercules n Bel Lucas

image048.jpg

Ketengkas dan Pedal Hercules

image051.jpg

Fork dan transmisi

image054.jpg

Sadel merk Favourite england

image053.jpg

Persneleng 2 speed type 1 by Hercules

image050.jpg

Tampak belakang, lampu HC

image057.jpg

As tengah

image044.jpg

Inilah si Hercules

70 thoughts on “HERCULES FLYING DUTCHMAN

  1. Maaf saya orang baru….

    Maksudnya baru memasukan salah satu koleksinya….
    Keliatnnya kurang pas dengan ketinggian yang naik mas…
    Bisa dong klo udah mulai cape naiknya, di hibahken ke saya..hehehe…

    salam ontel

  2. Beautiful Bicycle, I know Hercules bicycles from Germany, never heard of Hercules from England, and than the type “flying Dutchman”, very rare !
    Does it has a 2-speed gear ? the shifter is a 3 speed S.A. as far as I can see. Isn’t it a Sturmey Archer 3-speed hub ?

    Looks like a bicycle for very tall Indonesian’s, must be at least a 66 cm frame !

  3. Apik tenan, kalau saya sarankan supaya as pegangan pedalnya ditinggiin biar ukuran ukuran saya bisa ngegoesnya, hahahahahahah

    Sepedanya mantap …….

  4. Bang Andre keliru tuh,

    terang aja rare banget….
    seperti juga Phoenix (satu RRC satu Belande) demikian pula ada dua jenis merek bernama ‘Hercules’ pada sepeda yang berbeda dan tidak berhubungan satu dengan yang lainnya. Hercules di Belanda terkenal namun sepertinya tidak masuk kemari, sementara yang kita kenal sebagai Hercules adalah buatan Inggris Raya. Coba tanyain Phoenix RRC ke orang Belanda, hampir pasti nggak akrab, mereka tahunya Phoenix yang buatan Belanda, dan ketika melihat konstruksi Phoenix RRC pasti akan teriak ‘Ini Inggris banget!’

    Kebetulan beberapa temen punya Hercules Inggris. Dilihat dari sudut frame, gaya sock pada pipa, lalu bentuk slebor keliatan kalau setipe ama Humber, Raleigh, dan BSA. Betul kan mas Hardi? Sampeyan yang nyembah Inggris masak juga nggak bisa membedakan…

    Menurut saya, sepeda di atas ini sangat langka karena:
    1. Varian Flying Dutchman.
    2. Ukuran 68 atau 72-nya
    3. Asesoris yang melekat (terutama transmisi versneling
    berbentuk kipas),
    4. Kondisi yang bagus dengan tansfer merek yang masih jelas terbaca, ini sekaligus memperkuat dugaan argumen saya bahwa cat sepeda Inggris memang lebih bagus daripada punya Belanda. Lebih awet, gitu.

  5. Aku ki jane naksir jee..Om…..
    Malah sampeyan ngono….wah ra sini kecekel iki….
    Saya juga binun kadang meneer Holland koment nya berdasarkan pengalaman ontel dari negerinya sendiri kali yah…

    Tapi gak papa…..yang penting hidup England….
    Hercules ini istimewa…dari model stangnya bentuk T nya tidak lebar seperti kebanyakan england ya, tapi memang ada stang dari england yang T nya di lebar. Bahkan sepeda Germany ada yang T nya sangat lebar(lebih lebar dari england).
    saya pernah punya transmisi 3 speed hercules, tapi udah dibeli temen…Abis nunggu dapet hercules kaya punya mas wawan gak dapet-dapet….

    LEbih keren klo ketingkas di ganti plengker, boncengan di lepas, sadelnya di ganti yang kereng..kaya sedel yang nempel cycloide seri 1…punyanya orang deltasari..hehehe

  6. hmhmhm…

    FLYING DUTCHMAN itu adalah hantu bajak laut yang terkenal (fiksi lah pastinya), jadi gak terlalu berhubungan sama Belanda. Well, mungkin dia hantu orang belanda.

    jadi, yah, gak berhubungan sama siapa pembuatnya. Udah jelas kan kalo made in England? Btw, jangan mikirin Hercules, karena Hercules ini asalnya dari Yunani. Sepeda ini buatan Inggris loh, bukan Yunani.

    /me numpang naro komentar…-_-;

  7. Mas alex…flying dutchman menurut saya jenis varian…ato mung uni2 setiker..hehehe…soalnya saya ada gambar Batavus dengan setiker nempel di rangka bertuliskan flying dutchman…
    di Pirates of the Caribbean juga ada setikernya flying dutchman….hehehe…

  8. Flying Dutchman menurut wikipedia :

    Menurut cerita dongeng, The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi “tujuh lautan” selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari jauh, kadang-kadang disinari dengan cahaya hantu.

    Banyak versi dari cerita ini. Menurut beberapa, cerita ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel “The Phantom Ship” (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda “Het Vliegend Schip” (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Römer. Versi lainnya termasuk opera oleh Richard Wagner (1841) dan “The Flying Dutchman on Tappan Sea” oleh Washington Irving (1855).

    Berdasarkan dari beberapa sumber, Kapten Belanda pada abad ke 17 Bernard Fokke adalah contoh dari kapten kapal hantu tersebut. Fokke mendapatkan kemasyhuran atas perjalan dari Belanda ke Jawa dengan kecepatan yang luar biasa dan dicurigai mempunyai ikatan dengan Iblis untuk meningkatkan kecepatannya. Berdasarkan dari beberapa sumber, kapten tersebut dipanggil dengan Falkenburg didalam cerita versi Belanda. Dia dipanggil dengan “Van der Decken” (artinya off the deck|Diatas Geladak) dalam versi Marryat’s dan “Ramhout van Dam” dalam versi Irving’s. Sumber tidak setuju bahwa “Flying Dutchman” adalah nama dari kapal atau nama panggilan untuk sang kapten.

    Menurut banyak versi, sang kapten berjanji bahwa dia tidak akan mundur pada saat badai, tapi akan melanjutkan usahanya untuk mencari Cape of Good Hope walaupun sampai hari kiamat. Menurut beberapa versi, kejahatan yang mengerikan telah terjadi, atau awak kapalnya telah tertular oleh wabah penyakit pes dan tidak diijinkan untuk berlabuh di seluruh pelabuhan. Sejak itu, kapal dan awaknya dihukum untuk selalu berlayar, tidak pernah kedarat. Menurut beberapa versi, ini terjadi pada tahun 1641, yang lain menebak tahun 1680 atau 1729.

    Banyak catatan persamaan dari Flying Dutchman dengan kisah umat Kristen The Wandering Jew.

    Terneuzen (Belanda) disebut sebagai rumah sang legenda Flying Dutchman, Van der Decken, seorang kapten yang mengutuk Tuhan dan telah dihukum untuk mengarungi lautan selamanya, telah diceritakan dalam novel karya Frederick Marryat – The Phantom Ship dan Richard Wagner opera.

  9. dikutuk bini nggak apa-apa sekarang lagi musimnya punya idaman lain (the second opinion for the pleasure things). Nggak dapet jatah dari bini kan bisa ngen###..eh ngenjot tuh onthel, hehehe….

    Bersyukurlah yang punya bini juga gila onthel…

  10. Whuaa koq di dunia ini banyak kembaran ya………..
    ada phoenix Holland, ada phoenix RRC………..

    ada hercules jerman, ada hercules inggris……..

    tapi saya pernah mau beli pit ada emblemnya hercules tapi naluri lelaki saya mengatakan bentuknya mengesankan bukan asline…….ya ra sido

    ngomong2 sampeyan2 ada yang punya buku2 tentang yang berkaitan tentang sepeda, dibagilah infonya karena di bentara budaya jogja udah abis…………..

    waktu naik bagaskara (Yogyakarta)
    yg bunyinya
    “pulang ke kotamuuuuu, ada setangkup haru dalam rinduuuuuu, masih seperti duluuuuuuuu, tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa monthel, saya selalu muter lagunya katon aknaaaaaaa………………………

  11. eh salah jeng, ralat ralat…

    maksud saya waktu naik onthel penake sambel muter/nyetel lagune katon bagaskara yang judulnya Yogyakarta……………

  12. Menurut saya sih ( maaf kalao salah……maklum lg blajar jadi dukun onthel )
    mungkin sepeda ini bukan Hercules tapi bener kata bang Hardi, ini adalah Batavus varian Flying Dutchman yang diproduksi sekitar tahun 1940an…kalo ga salah lagi….tapi kalo dilihat dari model framenya ini jenis sepeda tua, mungkin udah jadi kakek buyutnya onthel…….SUSAH NGENALI ONTHEL!!!!!!
    By the way…puuuuuuoooooLLLLLLLLLL….apik’eeee………

  13. Sopo yung..sing ngonek e foto iki batavus….
    Aku muk omong..nak aq yo duwe gambar sepeda batavus tulisane flying dutchman…..hehehe

    Salam kang choirul….

  14. wah podo2 salamkenal kang hardi….aku juga baru ae nglamar dadi dukun onthel……ben iso nyembur2 kalo ada onthel2 aneh……,
    gambar sampean sama kali yaa dengan aku, tapi kan yang edisi “sport” kalo ga salah yang varian Flying Dutchman, atao varian Flying Dutchman edisi “sport”…..
    susah kang di Kalimantan cari onthel…apalagi Tarakan yang bekas jajahannya Jepang…

  15. untuk no 33 Agus klangenan at bjb,

    tak hanya Holland dan Beijing…ada juga Simplex Sidoarjo, bahkan Philips Sidoarjo juga ada..yang terakhir ini malah bikin salah satu maung PSB panas dingin penasaran..hahaha

  16. Untuk Bung Andyt, gimana kalo cari buku pit onthel yg isinya ratusan halaman itu…….di bentara budaya jogja udah abis.

    Dan berhubung kita semua yg hobi mampir ke website ini tau kalo Bung Andyt fasih boso englishe jadi saya usul gimana kalo sampeyan ngimpor sadel, tas sadel dan kelengkapannya seperti yang ada di situs http://www.lepper.nl dan http://www.brookssaddles.co.kr , atau sudah ada yang ngimpor/membuat replikanya

    karena kami semua khususe saya agak kurang familiar dengan urusan demikian. Coba tas sadel harganya 90,000 maksudnya dengan mata uang apa dolar amerika atau mata uang korea, dan kalaupun pake mata uang dolar masa iya harganya 90.000 dolar (1 dolar = Rp 9000an lho)

    hidup Andyt….

  17. waduh mas,,
    saya jga pemain baru di sepeda ontel ni..
    yg saya jga hercules,,tpi semi orisinil,,tpi sedang mencari yg orisinil lg,,keren mas,,

  18. Apik banget sepedahe, mas2 semua kalo, hercules sablon, sayap persis Fongers dan as tengah di pantek 2 vertical , cat ijo seri. 12462 kira2 info apa yang bisa saya dapat, kesuwun.

  19. dear mr. Koopmans,

    I am new comer in this fantastic hobby, collecting old bike. England,Holland and Germany is not that far among others, please share info was there any cooperation among those countries in manufacturing bicycle? for instance i have ever seen the strange varian of hercules which have mud cover look just like FONGERS’s and some parts also very Dutchy!

    Pak Andyt, any info ?

  20. Utk Mas Andyt
    Salam kenal!
    Saya baru bergabung di dunia speda onthel nih!
    mau sharing lebih jauh dgn mas andyt!
    keliatanya expert d dunia onthel!
    boleh tau e mail nya atau mungkin ada facebook?
    Terima kasih!

  21. wah bagus dan barang antik ya???? punya nilai sejarah tuh ya????
    mungkin yang punya tu dulu orang2 kaya / punya jabatan diwilayah tersebut ya??? gmn ceritanya kok punya sepeda antik n bagus ya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s