MENGENAL STURMEY ARCHER 3 SPEED

Salam buat mas Alexs….

Saya mengirimken sedikit tentang presneling sturmey archer 3 speed. Bagaimana sistem kerja, apa aja isinya berada di dalam, dan kira-kira apa saja kerusakan pada umumnya yang terjadi……
Mungkin ini bisa menambah gambaran bagi pandemen tentang sturmey archer 3 speed.

bagian2.png

  1. Mur. Selain sebagai penguat roda belakang dengan supitan juga sebagai tempat rante presneling.
  2. Ring pengikat mur pada no 3.
  3. Mur. Supaya  no 4 dan 5 tertekan ke dalam.
  4. Gotri.
  5. Per. Sebagai penekan no 8,9 dan 10. Per ini juga berfungsi mengatur tarikan pada rante presneling.

bearing.jpg

  1. Gear belakang. Selain sebagai penggerak roda belakang juga sebagai presneling netralnya (klo pada stigger bertuliskan N ).
  2. Gotri dan pengunci selongsong no 12.
  3. Gear ringan. Untuk jalan kondisi tanjakan, jika dikayuh terasa ringan.

daleman.jpg

  1. Ring pengait pen no 18. Selain pengait, juga berguna pengunci agar pen tidak bergerak saat rante 19 dimasukan.
  2. ring silang 4. Ring ini salah satu bagian terpenting karena berguna menggerakkan gear 12, gaer 8. Ring ini juga biasanya yang menjadi masalah karena aus.
  3. Ring rumah pen 18.
  4. Gear berat. Untuk jalan cepat, jika dikayuh terasa berat. Terdiri dari 4 buah gear kecil yang mengenai gear as no 17.

rumah-bos.png

  1. selongsong gear. Tempatnya semua gear2 berkumpul, tertera merk, tahun pembuatan.
  2. Gotri
  3. Pones
  4. Ring pengunci pones. Selain pengunci juga berfungsi sebagai kontra mur.
  5. Mur. Penguat roda belakang dengan supitan belakang.

gigi.jpg
Gear berat. Karena ketika di kayuh  terasa berat, tapi putaran lebih cepat.

bearing2.jpg

gear ringan. Karena ketika di kayuh terasa ringan, biasanya digunakan saat tanjakan.

Panah menunjukan pen yang biasanya mengeluarkan bunyi cik..cik…cik…

as-tengah.jpg

Beberapa kerusakan biasanya terjadi pada komponen no 1, 2, 3.

Lobang pada no 1 biasanya sudah membesar atau beberapa kasus sampai pecah.

Ring silang 4 no 2 biasanya juga aus pada tiap sudut-sudutnya.

Pen no 3 biasanya bengkong atau beberapa kasus sampai patah.

stutan.jpg

Stigger sturmey archer 3 speed. Ini berfungsi sebagai alat pemindah gigi presnelingnya.

Sebenarnya ada beberapa model stigger.

 

Saran saya bagi teman-teman pengguna presneling strumey archer, untuk mengecek lagi kondisi sekarang. Yang dikhawatirkan ada beberapa pecahan gotri atau patahan pada per.

Tetapi jangan khawatir bagi temen-temen yang mengalami kerusakan pada presneling. Paling kerusakannya pada bagian yg saya sebutkan di atas. Bisa di perbaiki sendiri dengan las lalu di haluskan (kerusakan ringan).

Sedangkan pada pada kerusakan berat (harus mengganti salah satu onderdil)  perlu di cek beberapa bagian lain, biasanya pasti ada yg juga terkena satu dengan yang lain (aus).

 

Setelah di buka sebaiknya diberi pelumas baru. Presneling di bongkar total dan di bersihkan dengan minyak tanah, sehingga pelumas lama yang sudah mengendap jadi kotoran tidak menambah kerusakan pada pada komponen presneling.

 

 

Salam ontel

Hardi

 

57 thoughts on “MENGENAL STURMEY ARCHER 3 SPEED

  1. waduh ternyata jeroannya sturmey ribet juga ya, kita mah taunya oper gigi perseneleng aja. kemaren baru beli sturmey bekas kalo rusak gimana betulinnya yaaa….?

  2. Klo beli sebaiknya ditawarkan sebuah jaminan..apalagi klo dengan harga mahal. Jika rusak harus mau dikembalikan….

    Terutama ketika hunting di pasar2 dengan orang2 yang baru kita kenal….

  3. untuk ngecek bahwa sturmey archer masih berfungsi dengan baik caranya gimana yah? beberapa kali mau beli di klitikan g berani, takute begitu dipasang malah g fungsi. Tq

  4. Mas wawan…coba gear besar nya di putar…jika putaran normal dan terasa ada pelumasnya. Brati “MUNGKIN MASIH BAGUS”….
    Trus klo ada rante nya..coba gear di putar dikit trus di tarik rantenya…(nyantol gak).
    Klo Rante nya gak ada…bisa pake jeruji yg kecil (dratnya sama).

  5. mas hardi – saya punya kok sering loos ( seperti pada posisi nol ) ya ? semakin ditekan untuk menambah kecepatan sepeda semakin besar terjadinya loos – kenapa kira2 ya mas ??? terus kalau service yang pengalaman dimana ?? untuk konsul selanjutnya boleh dong minta japrinya mas.

  6. Hallo Salam Kenal Mas Hardi, Kula Saking Djogja
    Wah-wah-wah, Mas Hardi ini lho tlaten, cermat bin hebat. Tentunya tak cuma itu saja, yang lebih penting adalah bersedia mewartakan pengetahuan dan pengalamannya kepada orang lain, SALUT DEH.
    Baru-baru ini, ada sepeda jenis “MTB” (merk Polygon) mengeluarkan type transmisi jenis persneling. Apakah kondisi di dalamnya persis sama dengan Sturmey Archer?
    Terima Kasih

  7. Mas Hardi, kalau ingin membeli onderdilnya, sekarang apakah masih ada ya?,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,Barang kali Mas Hardi juga bisa memberikan PETUNJUK, bengkel2 mana yang mumpuni dapat menyervis persneling jenis ini?Thanks

  8. Wah….wah…..wah…….
    memang hebat mas Hardi, pakar sepeda england tenan!
    sampai nglothok jeroannya, dalem-dalemnya gitu!!???

  9. Saya mo minta sedikit pencerahan
    Sebaiknya sepeda yang memakai presneling ini pada waktu diparkir pada posisi paling atas, no2 atau no 3.
    Tq

  10. Kalo yang kayak gini mestinya ada kursus… pesertanya perwakilan dari masing2 klub daerah… jadi kelestarian ontel bisa terbagi merata… gimana bro!

  11. nah itu salah seorang pencinta ontel… dia ga pelit tuk menularkan ilmunya tuk orang lain demi kelestarian ontel di seantero nusantara. hidup bang harti… jangan bosan2 tuk membagi elmunya buat kita2 yang aus akan informasi tentang onderdil ontel…

  12. WAH, MBOK YA JANGAN TAKABUR DULU, MAS. DI SEANTERO NUSANTARA INI, BANYAK YANG KATANYA BISA REPARASI PERSNELING (BUKAN PRESNILENG) CUMA PERSOALANNYA, MASALAHNYA DAPAT TERATASI APA NDAK?
    JADI TIDAK HANYA MENGATASI MASALAH TANPA MASALAH SAJA MAS?

  13. Pak Mulyadi alias gandrung yang ada di sukodono
    apa mas gandrung punya cadangan untuk spart part Gigi payung seperti no 2 atau gigi persegi empat tolong kasih info

  14. untuk mas susanto jika loos terus itu masalah ada pada gigi persegi empat tidak mengenah pada as sun pinion ( gear yang berjumlah empat) sudah aus , untuk mengatasi ini coba bawah ke tukang las tapi umpannya harus pakai yang baja

  15. untuk mas oemar onderdil yang ada sekarang ini banyak yang bikinan jepang ato nyontoh yang asli di bawah ke bengkel untuk membuat

  16. Mas Hardi,

    Kapan2 kalau ada waktu ke Betawi silakan mampir dirumahku lalu bikin kursus kilat montir sepeda onthel ya. Kalau sy sdh pensiun-penuh mau buka bengkel sepeda sambil buka warung bandrek-bajigur. Ditunggu ya.

  17. Mas Susanto….betul kaya mas bodong…jika los kembali ke normal..biasanya ring silang 4 nya udah aus…di las aja, trus di ratain…karna aus…kecenderungan ring silang 4 nya melompat ke depan dan yg terjadi gear jadi normal….

    Oh ya coba cek lagi setelan stiggernya…pada rante juga…saya punya raleigh kadang los..masalah kabel kurang narik aja…soalnya klem kabelnya posisi kurang pas…

    MAs susanto tinggal dimana?liat alamat bengkel aja, di milis ini…klo ngaku bengkel ontel..pasti bisa perbaiki presneling. Pokoknya..musti tau kerusakannya, jangan mau suruh bayar aja, ktnya ada yg diganti. ternyata cuma di las..keluar duit 5 ribu….ngakunya ganti onderdil yg harganya puluhan/ratusan ribu…

    salam

    • mas hardi,
      lha kok mirip ya problem saya :

      “……..Oh ya coba cek lagi setelan stiggernya…pada rante juga…saya punya raleigh kadang los..masalah kabel kurang narik aja…soalnya klem kabelnya posisi kurang pas…”

      kabel sing mana ya mas…blas saya hanya penikmat onthel yg bunyi sturmy thick thickthick…tapi bodo di masalah teknisnya he he he

      matur nuwun..
      Bondan

      • salam onthelist
        SUDAH ONLINE SAMA MAS HARDI…..luar biasa baik dan saya dituntun via phone (saat nyasar mencari alamat dokter Salamun he he he) specialist sturmy acher.

        skarang humber wadon saya sudah nyaring gigi 1,2, dan 3 nya..he he he..skalian cek rem depan belakang dan pedalnya..

        matur nuwun pak salamun dan especially kakang mas hardi di jkt.

        salam onthelist semua..
        Bondan

  18. Terima kasih untuk Mas Hardi atas info detail tentang “Sturmey Archer 3 speed”sungguh sangat berharga buat rekan-rekan terutama para pendemen sepeda tua yang masih menggunakan persneling SA.dan sebagai informasi tambahan apabila ada rekan-rekan yang perlu spare parts atau mau service persneling di ciledug ada 2 orang yang bisa dan faham banget tapi memang biaya agak mahal .

  19. Bapak Yuli Hananto..maap…saya belom bongkar presneling MTB…Klo punya bapak bersedia saya bongkar ya gpp…hehehe.

    Mungkin bisa ditanyakan ke agen resmi polygon pasti tau deh pak…trimaksih

    Bpk Oemar bakri..klo onderdil (jeruan dalem) bapak musti hunting deh…ato tanya temen d milis ini..barang kali ada…onderdil mana yg dibutuhkan..ato cari di bengkel pad milis ini, yg terdekat dengan kota bapak…

    MAs XK…bebas mo posisi apa..cuma klo pas jalan posisi mindah jangan sambil di kayuh ya…trus untuk lebih aman, klo berhenti tromolnya sampeyan copot aja..hehehe…mesti wis nemu ontel lagi neh

    Mbah Roko…nuwun sewu..ilmu saya dibanding kotoran kuku jari kelingking sampeyan gak ada apa2 nya jee….mohon pencerahan mbah…

    Pak loebis sudah bersedia…mungkin temen ada yg berminat, klo gak salah posisi d sidoarjo ya pak…Pak loebis juga termasuk ontelis yg berpengalaman…salam pak

    Pak bodong…mungkin klo prapatannya aja..kan bisa dilas..(klo lom parah), asalkan gear belakang no6 masih press, gak kocak…saya kira dilas aman kok pak

  20. Betul Pak bodong…onderdil ada beberapa yg bikinan jepang dan taiwan…misal untuk rante (yg di foto juga bikinan baru), stiggernya juga ada yg produk baru (biasanya tanpa tulisan sturmey)…sah-sah aja..sambil jalan cari yg sturmey, klo gak gitu ……….kapan ngonteleee…

    Pak madi pensiun gak mungkin buka bengkel….PAsti buka museum ontel….ntar saya ikut bantu2 ya pak…hehehe

    Pak bambang juga menawarkan service di daerah ciledug…trimakasih pak bambang…

  21. Satu lagi..buat temen-temen..mur no 1 dan no 17….tolong di jaga baik2…iku yo angel goleane lo…

    Selamat ber sturmey archer…salam

  22. Mas Hardi, aku punya mirip sturmey archer, merknya Torpedo dreigang 3 speed (germany) punya 2. rantai untuk nariknya nggak ada tapi pennya masih ada . kalo melihat sekilas kayaknya itu rantai bisa di modif untuk sepedaku. belinya dimana??

  23. Nak Hardi isoae.
    Sedikit nambahi nak, posisi parkir yang memakan waktu lumayan lama (mungkin sepeda hanya dipakai sekali seminggu) usahakan pada posisi yang tanpa tarikan sehingga per yang stanby akan bisa tidur dengan tenang, menuruk ku lo….
    Yang perlu dihati hati juga As roda yang bolong tengahnya serta kawat tarikan dan rante kecil kalo mencari yang ori juga susah hanya saja pengganti dari keduanya mudah didapat.
    Stigger/tuas juga rawan rusak apalagi posisinya di stang jadi rawan jika sampe ambruk atau jatuh.
    Kalo tahun yang ada di SA mungkin tahun pembikinan tapi belum temtu sama dengan tahun pembikinan sepedanya, okeh….
    Nak Yuli, yang dipoligon katnya sih hampir sama tetapi onderdilnya lebih simpel dan daya tahannya yang jelas belum tau dan yang pasti lagi kalo dipasang di ontho bentuke lucu (kalo sa sudah 50 th masih bisa mbah pake je….).
    Untuk nak Arif wicaksana, kita harus tetep arif dan wicaksono dalam mensikapi semuanya. Kalo bengkel bilang bisa kalo menurutku itu bukan takabur tapi karena itu sudah profesi seorang bengkel yang harus memperbaiki ya itulah bengkel terlepas bisa jadi dengan sempurna atau tidak tetapi mereka sudah mencoba. Tetapi kalo mau yang sempurna ya beli aja yang baru yang lamakirim aja ke saya (rusak ora opo opo sithiksitik lan alon alon didandane. Maaf…..
    Nuwun kalo ada yang salah maapkan.

  24. Pengalaman saya di sekitaran rumah saya dan sekitaran kalimalang,yg namanya bengkel sepeda semua sudah angkat tangan semua kalau lihat Sturmey,baru lihat saja sudah ngak sanggup,apalagi bongkar,ada yg katanya ahli tapi mau bongkarnya ragu.

    pertanyaan saya untuk melumasinya yg bagus pakai apa ya?

  25. MATURSUWUN MBAH ROKO, PANJENENGAN MENIKA NGREMENAKEN LAN HOBBY HUMOR NJIH . . . . !!

    KULA NJIH SAMI-SAMI NYUWUN PANGAPUNTEN.

  26. betul pak hardi untuk no 17 emang angel carine tapi untuk no 1 sie gak report bisa di akali dengan bikin sendiri pakek tap m10.1 emang ini drat spesial umumnya kan m10.2
    untuk pak hero pelumasan yang baik pake campuran minyak goreng dan minyak tanah ( istilah jowo arane GEMUK) itu sangat baik karena selama ini yang aku pakai dan hasilnya tidak pernah revel lan ..tik..tik terus emang Sturmey Archer….

  27. Untuk pak @zis emang banyak sejenis pesneling seperti Sturmey Archer misal Brampston,hercules,gazele tapi prinsipnya sama, pak @zis kan masih ada pen yang bentuk seperti T ini tinggal buat rantenya bisa didapat mudah apa buatan jepang ato taiwan seperti saran pak Hardi ato bikin sendiri pakai plat 1mm tinggal kita bentuk rante beres kan … selamt ber tik tik

  28. tuh khan pokoke konsultasi karo Cak Hardi soal persneling……

    tombo ngantuk………….

    hayoooo pokoke tak ingetin trus lho cik cik cik nya Cak…..he he

  29. Mas hardi, kalo ban lagi muter sewajarnya tuas gear ikut keputer nda ya?
    saya baru niy punya sepeda pake sturmey archer, di selongsong gearnya tertulis 54 6, nah waktu dipake meluncur di jalanan turun kan nda digoes, tapi di pedal kerasa derudut derudut, kedorong ma putaran gir belakang, walaupun nda ikut muter… apakah normal?
    mohon petunjuknya..
    hatur nuhun..

  30. Mas Hardi salam kenal.

    Saya dapat Raleigh 3 bl yang lalu, skr ada masalah dgn persnelingnya, yaitu kadang2 suka Loss begitu, kalo pas digoes.
    Saya sdh bawa ke beberapa bengkel yg ada di daerah Depok, tapi rata2 mereka ga sanggup.

    Saya mau minta tolong sama Mas Hardi, apa yang hrs saya lakukan, krn Lossnya sdh semakin sering…
    Ini e-mail saya (waluyo@tokai.co.id).

    Terimakasih saya ucapkan sebelumnya.

  31. Klo bisa ditambah cara dan urutan untuk ngrakitnya, klo bongkar sih gampang..hehe.., klo di Semarang bawa aja di Mas Di, pasti beress…sy dah 3x benerin, smpe skrg ok smua.., buat alamatnya tanya aja ke Gagak Rimang/SOC (liat di “alamat”), smoga membantu.

  32. Tuk mas Pung, terimakasih atas info nya & saya sdh liat dan catat alamat Gagak Rimang.
    Sarannnya bagus juga, kalo ditambah cara & urutan ngrakitnya, mungkin saya mau nekad bongkar sendiri. abis kalo pas konvoi, sering ketinggalan sendiri, kan repoott..

  33. kalo ball ring yg no.4 itu dah rusak,gimana cara ngakalinya kalo gak dapat replacement part?,apakah bisa dikasih gotri langsung tanpa rumah/ring nya?..mohon petunjuk soale roda belakang raleigh saya udah oblak dan penyebabnya karena ball ring setnya udah rusak.

  34. Mas, Mbah.. kl bengkel sepeda yang bisa ndandani SA yg ada di jakarta barat dimana ya? sy domisili di kelapa dua, kebonjeruk.
    terima kasih sebelumnya.

  35. Punten, saya mau bertanya mengapa dibeberapa sepeda yang pake STURMEY ARCHER 3 SPEED suara tik tik tik nya tidak terdengar mengapa hal itu terjadi terus saya pernah dengar katanya itu karena per bajanya (seperti panah kuning) sudah lemah, nah kalau sudah begitu bagaimana menguatkannya kembali atau apakah ada yang jual atau ada subtitusinya/ dialaki dengan bahan yang baik, terima kasih atas penjelesan dulur dulur sekalian.

  36. Untuk Mas Sandi, kalau pernya lemah biasanya diganti baru, bengkel bisa bikin dari kawat baja bekas dan biasanya bunyi tik-tiknya bisa distel / diatur nadanya / nyaring tidaknya, demikian semoga bermanfaat, terima kasih

  37. @Sandi
    Suara tik tik hilang bisa jadi per baja untuk pelatuk sudah lemah atao patah…
    untuk kembali bisa fungsi , jika per masih ada di balikin lagi aja, jika sudah patah ya musti di ganti, bisa pakai serabut kawat rem.
    Berbunyi atau tidak sebenarnya tidak masalah, yang jadi masalah ketika patah dan patahannya di dalam bisa merusak bagian lain…
    trimakasih

  38. salam masbro semua…
    saya baru dapat raleigh 3 minggu inidan baru belajar naik sepedha onthel. sepedanya udah saya servis di bengkel, tapi ada masalah di pemindahan gigi, bila masuk ke gigi 2( yang tengah) langsung los, mohon pencerahan untuk mengatasinya.
    kira 2 apanya yang rusak dan perlu diganti?

  39. salam onthelist…

    senengnnya saya nemu temen temen yg baek n mau sharing di sini…
    saya dari jogja tapi sedang mukim di surabaya.

    saya ada humber lawas yg persneling sturmynya, suka loss kalo digenjot. kalo masuk gigi 2 loss alias gak bisa digenjot. masuk gigi 1 kadang bia kdang loss. sering loss. jdi tinggal gigi 3. tapi rata rata tiap 5-10 genjotan pedal, pasti loss dan nanti “masuk” lagih. hampir hampir jatuh dan ditabrak motor saya…

    nyuwun pencerahan apakah itu sturmy harus dibongkar ya? dimana di surabaya? sy sudah keliling dekat rumah saya di klampis-untag-MERR, semua bengkel baru liat onthel saya langsung tanya nopone sing rusak pak> pas saya bilang pernelinge, pada nyeraaaahhh..he he he he..

    matur nuwun atas inponya..
    salam,

    bondan

    prasetyo.bondan@gmail.com

    • @Slamet spd
      lokasi bngkele nang kroya tepate sblah pundi Pak?
      aq lwat situ tp ngga klhtan ada bngkel

      mau service persneleng Sturmey Archer nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s