HUMBER DALAM PASUNGAN

Pada postingan sebelumnya diceritakan tentang kesuksesan ontelis Yogya yang merekondisi Fongers penuh karat menjadi Fongers setara (Lebih ?) emas 24 karat, namun di belahan kota lain ternyata ada peristiwa yang tak kalah mengharukan, seperti yang diceritakan pengirim berita kepada rekan Nino :

mas nino dan ontelist semuanya,
Saya punya foto sepeda humber kepunyaan alm. kakek teman saya di boyolali, sayang sepeninggalan empunya sepeda, si humber ini cuma digantung di gudang pengap 2x3m.
Kalo saya liat2 humber ini sangat istimewa, hampir semua part msih bawaan aslinya; velg dunlop, stang&piringan raleigh industry, Sturmey Archer 3 speed, boncengan hopmy, gembok made in germany, lampu dan dinamo bosch.(maaf saya lupa ambil gbr nomor serinya) Kelemahan si humber ini sudah sekali dicat ulang, pompa sudah hilang, kulit sadel sudah diganti baru.
Sayang sepeda ini tidak dijual, alasannya buat koleksi, padahal gak pernah dijamah sama sekali…kebangetan bukan?!
Yang mau saya tanyakan sepeda ini kalo ditaksir harganya berapa? sapa tau kalo harganya cocok ahli warisnya mau jual..( saya sudah ‘nyambi’ mbujuk tmn saya buat embat aja tuh sepeda, biar tau rasa si nenek yang udah ‘nyiksa’ si humber ini..hi2..)

Salam kenal dari Semarang
Zakeus

dunlop-made-in-england.jpg

pelek Dunlop

emblem-merk.jpg

Emblem merek

emblem-toko.jpg

Emblem toko Sin Hwa dari kota Solo

garpu-depan-kunci-leher.jpg

Garpu depan dan kunci leher

tromol-depannn.jpg

tromol depan

piringan.jpg

cover gear depan

sa-3-speed.jpg

SA 3 speed

sturmey-archer-three-speed.jpg

Sturmey Archer

tampak-kiri.jpg

Lihat aku…tergantung….terpasung…tak berdaya

begitulah ceritanya, mungkin si nenek ngga mau melepas sepeda yang penuh kenangan indah sewaktu bersama dengan almarhum Kakek, mungkin dengan memandang sepeda yang tergantung bisa membawanya kembali pada masa-masa ceria, masa penuh canda tawa, berboncengan berdua menyusuri  jalan-jalan desa diiringi suara merdu cik cik cik cik  …..membuat iri yang melihatnya serasa dunia milik mereka berdua…..

Kesempurnaan hanya milik Tuhan….kekurangan milik Dorce….

jangan kemana-mana tetap di Dorce show…show…show ….

50 thoughts on “HUMBER DALAM PASUNGAN

  1. Permisi semua, ikutan nimbrung donk.

    Kasian si nene, jangan digangguin kang mas. klo udah ada yang kebelet dengan Humber spesifikasi yang dimaksud, datang aja ke sekretariat koba rawamangun.
    Terimakasih.

  2. mas,
    Kalau dilihat dari bentuk kerangka, ukuran 55 dan jenis transmisi, sepertinya seri C atau paling tua B. Tahun 1940-1955. Kalau dari jenis varian sebenarnya jenis ini nggak langka-langka amat. Jumlahnya cukup banyak, artinya kalau sudah tak bisa ditahan, dan nenek tak mau kompromi, jangan kuatir..tinggalkan saja. Bisa-bisa hanya itu kenangan nenek pada indahnya masa lalu dulu. Respeklah dikit pada sesepuh kita, mas.

    Kecuali kalau jenis yang ukurannya 650 cm, nah silakan ditungguin, kalau perlu berkemah didepan rumah nenek kayak demonstran lumpur Lapindo, hahaha. Saya setuju dengan mas Teddy, di KOBA ontel seperti ini bejibun.

  3. 65 ne sopo sing arep dilepas hehheheheheeh (sambil jlalatan ra karuan…..)
    Ancen nak andyt iku wasis temen. Sepeda itu memang ukuran 55 dan masih banyak dipasaran. Hanya saja pada tahunsekitar 50an harga sepeda tersebut sekitar 800 rupiah (segitu itu buanyak pada saat itu). Dan Nenek tersebut kalo bukan orang yang cukup harus benar2 mngencangkan ikat pinggang alias prihatin untuk dapat sepeda tersebut. Selain itu si Nenek ada kenangan tersendiri sehingga akan mempertahankan sekuat tenaga.
    Tetapi kalo memang ada yang ngebet juga untuk mendapatkan kita juga menghormatinya. Mungkin karena dia juga akan membeli sejarah tersebut (iso ora ya sejarah dituku ?????), atau sudah pulungnya atau pecinta England (hidup nak Hardi).
    Nah….jadi yang paling utama dari pada digantung disuruh ngopeni anak atau cucu wae mbah uti…..

  4. Mas Andyt, saya juga baru dapat Humber dengan seri BRHI disebelah kanan dan AF85157 disebelah kiri, dan untuk kunci dilehernya bukan memakai kunci tapi menggunakan keling yang diputar untuk mengunci setangnya, yang saya mau tanyakan tahun berapakah sepeda tersebut? makasih sebelumnya

  5. Sebenernya saya gak ngiler2 amat, cuma kasian aja liat ni sepeda…bener2 ga tega dah…Kebetulan cucu atopun anaknya gak ada yang suka sepeda tua, ada satu itupun hobinya MTB…
    boro2 ni sepeda dielus2 disentuh ato dilirik pun sama sekali gak pernah,,,berdasarkan inpo yang dapat dipercaya (sudah di-cek &ricek jadi tdk perlu was2) memang si embah agak ‘cethil’,,bahkan anak si embah alias ibu teman saya aja bilang gini…”Halah simbahmu wae kok..wis nek kepingin tenan diirak-iriki ae, ngko nek kelimpe jupuk ae..” bahkan dengan bahasa yg lebih ekstrim si ibu ngendika:”paling2 isane nduweni nek simbahmu wis ora ana…”
    Nah lo kalo gini jadinya siapa yang kebangetan…
    Wis lah aku ra melu2, mengko kualat..

  6. wah mase ki wis kebeket tenan sajake….
    sabar nggih mas…
    sesuatu itu akan indah pada masanya….
    tenang aja, kalo tiba saatnya nanti pasti akan jadi milikmu…
    pinter2 aja PDKT ama mbah uti, hehehe 🙂

  7. tul mas andyt…
    omnya temen saya kemarin dulu bilangnya ‘humber ukuran cilik’..
    mang kalo gak salah seri C tapi saya agak lupa..

    sudahlah mendingan saya ‘ngopeni’ simplex-nya dulu aja,baru dapet piringan gir, torpedo sama stang..belanda masih jauh..

  8. mas andyt ak punya humber FA laki full orisinil seri 24 bagus banget barangya,..langka ga..??
    kalo langka dan mahal ak ga akan jual, tapi kalo pasaran tak jual aja deh..ak perlu uang untuk renov rumah
    mas andyt tlg kasih tau via sms aj ke 0819.100.000.60
    makasih mas..untuk foto ntr ak email aj ke mas andyt

  9. iya mas makasih nanti tak kirimin fotonya, btw tlg kasih alamat emailnya mas…makasih sebenarnya masih ada kunci yang pake jam itu tapi udah rusak.

  10. buat semua saya minta semua informasi tetang ontel dari jenis, nama, merek, cara melihat keaslian dan hal hal yang perlu diperhatikan dalam membeli ontel………..maksih buat mas mas

    slam hangat dari bandung.

  11. mau ikutan nih mas .
    mas . ini humber sekitar tahun 54an .. kalau mau cari jenis kaya gini . terakhir saya ngeliat di daerah parang teritis . di beli om saya cuma 800 ribu .
    70 orisinil .

  12. tapi yang jual anak muda . mungkin dia gak ngerti tentang sepedah ontel . jadi langsung di jual aja .
    itu pula tahun 2004an .
    sekarang sepedanya lagi di incer sama orang inggris .

  13. Kalo no seri BO..kira2 taon piro ya?harga dipasaran berapa?aku ditawarin saudara dikampung minta 2,6 juta.katanya masih ori semua tanpa boncengan.

    mohon infonya dari para senior…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s