RUDGE Rp 6000;

Permisi, saya mau sharing sepeda Rudge seri  AT 65785. Sepeda ini saya dapat dari daerah Tangerang dengan kondisi cat ulang dengan strip. Kuitansi sepeda masih ada, dibeli bekas tanggal 3 Maret tahun 1961 seharga Rp. 6000,-. Seluruh body sepeda masih orisinil, kecuali aksesorisnya seperti lampu belakang, karet pegangan stang, dll. Triggernya merk Brampton, dan Sturmey-Archer buatan tahun ’48 masih asli bawaan sepeda. Gearnya kecil, tapi katanya masih orisinil bawaan sepeda. Velk merek Dunlop depen belakang, list spakbor masih asli “R” buatan Jerman(stainless), sadel Brooks, dinamo & lampu merek National dengan switch lampu jarak dekat/jauh. Kira-kira sepeda ini buatan tahun berapa ya?

brampton-speedy-switch

Velk Dunlop

Gear case

Rudge tampak belakang

Rudge

Tromol sturmey

71 thoughts on “RUDGE Rp 6000;

  1. wah..dulu aq jg punya tuh rudge.. full orisinil kecuali velg blakang & ban yang tdk orisinil.
    syang tuh sepda dah pindah tangan..
    hiks..hiks.. :`(

  2. bagus spedanya pak, kalau mau tanya harga speda yang ditampilkan, tanya ma siapa ya.?, kalau di forum ini katanya ndak boleh ya..?, biar klo ketemu speda yang mirip dijalan, belinya ndak kemahalan.

  3. Brarti sepedanya buatan sebelum tahun 1961 tapi setelah tahun 1948 (berdasar kwitansi dan SA yang tertera 1948). Asalkan kwitansinya pembeliannya dalam kondisi baru saat itu. Apa arti sebuah tahun, yang penting klenyer-klenyer…..Tul ndak uhuk….3x

  4. gitu donk.dinksanak……………Banjarbaru Gebyarkan/virus onthelnya………salam ama Ucok d tmn2 lainnya sbanua borneo. (Dayax Martapura d perantauan banua Banten)

  5. buat RUDGE Rp 6000
    biar tambah yahuut foto ke 3
    stut rem kebelakang bisa diganti.. soalnya masih banyak koq bengkel2 yang nyimpen..
    btw dpt di tangerang mana ?

  6. Pertahankan terus semangatnya memiliki sepeda tua.jangan cemas temen kita semua mendukung dari belakang.Dorong kali,salam

  7. Buat Oppie, trims sarannya, tapi stut remnya beserta pernya masih aslinya, kalau masih bisa nggak knp-knp. Pada foto tromol sturmey archer ada ciri khasnya yaitu nggak ada drat untuk menyetel rem tromolnya, jadi langsung seperti model klem. Juga ada per dibelakang ketengkas tujuannya biar lebih main rem belakangnya(jadi kalau ngerem pasti balik lagi, nggak nyangkut yang biasanya terjadi pada sepeda yang per pada stangnya putus).

  8. wow keren tuh …. pokok nya jangan malu naik onthel heheheeh ayo jalur kali malang – cawang hari kamis jumat naik onthel heheeh udah ada 2 orang tuh ….( O2W )

  9. sampai sekarang ane juga belum ketemu serial number chart nya rudge, tapi normalnya tahun di hub SA nya menunjukkan tahun pembuatan sepeda (kalo bener bawaannya). Kalo 48 berarti mungkin tahun pembuatan sepedanya ya tahun 1948. Gimana England mania? apakah ane salah?

  10. Salam….
    Kebiasaanya, tahun yang tertulis/terpahat pada hub merupakan tahun hub itu dibuat dan bukannya sepedanya…Seperti contoh…gerek tua Raleigh mempunyai siri no mengikut tahun buatannya…Ini kerana Raleigh aku mempunyai siri no 556894 AV bermakna tahun buatan speda itu pada tahun 1940an dan dilengkapi dengan hub yang orisinal pada tahun 1948.Kalu salah tolong betul kan ya?

    Tetapi kemungkinan besar sepeda Rudge ini merupakan buatan tahun 40an kerana hub yang terpasang pada rangkanya pun tahun 1948.Tahniah….Sepeda Mania…

    salam dari Malaya..

  11. Thanks atas komentar-komentarnya! Tapi ada 1 keanehan dalam Rudge ini. Gearnya kecil dan bermotif garis bukannya motif tangan… Tetapi pemiliknya bilang kalau semua bagian body nggak pernah diganti… Apakah memang ada gear Rudge yang modelnya seperti yang saya bilang? Mohon informasinya!

  12. Brampton is a company that made 3-speed gear in licence of Sturmey Archer.
    The 3-speed hub that belongs to this shifter is, like also the BSA-3-speed, the same as the Sturmey Archer.
    I have a 1953 Brampton 3-speed hub with shifter with my spare-parts, in Holland these Brampton’s are very rare.
    In England, where Brampton was made, you see these hubs more often, like also the BSA-hub’s.

  13. I see, so the Brampton’s 3-speed hub are very rare in Holland… But the one on my Rudge (3-speed hub) is a Sturmey Archer, not a Brampton… I wonder why is the shifter (trigger) is a Brampton but the 3-speed hub is a Sturmey Archer… By the way thanks for your information about the Brampton’s 3-speed hub!

  14. jangan bimbang masalah gear….raleigh tua..malah gearnya gak pake model burung….
    iki jare brosur loh….tenane yo gak eroh..wong durung lahir…

    Rudge nya bagus sayang gak dirawat…coba klo saya….
    hehehehe

    salam ontel

  15. Gak dirawat opo, mas Hardi…. Wong tiap hari aku gosokin sampe kinclong abissssss….. Masalah krom sih memang udah kayak begitu dari tangan ke2-nya. Saking kelamaan disimpen di gudang kata si encek, sampe-sampe velknya dikencingin anjing peliharaannya si encek…… Karatan deh Dunlopnya…..
    he-he-he tapi tenang mas udah digosok sama diamplas lagi n jadilah Dunlopnya kinclong lagi….

  16. Dari dulu sampai sekarang,walau sudah dimakan jaman dan masuk gudang sampai keluar lagi dari gudang onthel memang makin legit.

  17. Salam…
    Dating Your Raleigh 3-speed Bicycle
    If your bicycle has a Sturmey-Archer hub (c1903-1990s),
    it should have on the hub a date of manufacture, which would
    normally also be the cycle’s date of manufacture. It may
    also be possible to date your bicycle from its frame
    number which on early models is usually located underneath
    the seat lug, under the saddle. This only applies to a
    genuine Raleigh, not to other makes. The list below will
    help with dating your Raleigh bicycle from the frame numbers,
    but is not a definitive list, it simply notes occasional
    frame numbers that coincide with certain years of manufacture.

  18. Ok, thank you bluesgeng! But my bicycle isn’t a Raleigh, but actually a Rudge…. I know it’s very similar to Raleigh, but there as a difference between Raleigh and Rudge which is the fork…

  19. tabik..saya jg orang awam mas..ternyata stlh takliat, sepeda bapakku merknya jg Rudge.seri BM 70208..msh bingung nebak-nebak sejarahnya..

  20. maaf mas,sy benar2 msh awam,tp lg mulai pngen blajar.batang/demes tu apaan ya…?hehe..wah jd malu, udik banget y..?tp emblem depan aluminium (rudge withworth established 1869).shifter sturmey archer 3-4 speed,lampu dpan bosch, boncengan belakang ada tulisan propeller, gear depan gambar tangan..sbelumnya makasih banget dah mau bagi ilmu sama pemula kaya saya ini..

  21. Dames=perempuan, batang=laki-laki. Lalu bagaimana dengan kunci batang? Juga bila sepeda perempuan, apakah ada tempat pompa diantara batang?

  22. oo..batang mas,ada kunci batangnya jg..dan ada tempat pompanya jg tuh..maaf, yang di shifter tu ternyata tulisannya 3 or 4 speed..

  23. Wah, kayaknya masih bagus tu sepeda… Kalau pakai kunci batang berarti buatan tahun lebih muda dari Rudge saya.
    Kalau mau tampilin aja di web ini.

    Salam onthel,
    Halley

  24. matur nuwun mas halley dan semuanya aja..ni jg lg berusaha tak foto dl..mudah2an bs taktampilin..buat pencerahan..
    Salam onthel..!!

  25. Hidupkan kota Banjarmasin dg Onthel jangan basupanan itu salah satu sejarah dan saksi hidup perjuangan kai-kai, nini-nini memperjuangkan bangsa Indonesia tercinta. Merdeka…merdeka….

  26. Wah, saya nggak bisa comment, soalnya nggak ada gambaran sepedanya kayak gimana… Kalau bisa, posting aja sepedanya di situs ini, atau sebutin ciri-cirinya, kayak velgnya merek apa, stangnya , dll.

  27. di stang ga ada bolongan buat buat rem, dan stang ga ada merk nya mas. yang saya bingung tu sepeda dpt udah pake rem torpedo, biar tau aje tu aslli kaga, atawa asli nya pake rem biasa. ama pelek nya si udah baru alias biasa.
    trus klo bengkel di jakarta yang ok di mana ya mas

  28. halloooo ….. penggemar sepeda onthel tua..
    Saya juga punya sepeda tua merk RUDGE. Peninggalan almarhum ayah saya. kata ibu saya sepeda itu dipakai ayah saya waktu jaman SMA. sekitar tahun 1948. kondisinya sekarang walaupun sudah berpuluh-puluh tahun tidak terpakai tapi dari segi bodi, pelek, stang, jok dll
    masih komplit. saya mau memperbaiki supaya kondisinya lebih bagus lagi dan laik jalan. klo di Semarang tempat untuk memperbaiki dan alamat komunitas sepeda tua dimana ya? tolong saya kasih kabar.

    Januar Krishna Yoga
    bms_kpg@yahoo.com

  29. Apik mas sepedae….tinggal dirawat dielus & ditunggangi
    …..asyik pusing-pusing kota pakai sepeda kring..kring..kring…ting…tong.

  30. Buat mas Januar, sorry mas, saya nggak tahu soalnya saya tinggal di Jakarta…. BTW Rudge-nya cowok apa cewek???
    Kalau sekitar tahun ’48 berarti belum pake kunci batang kan?

  31. mas mau naya neh saya baru dapat sepeda onthel merknya stoco9 made in japan logo depan tidak ada tapi di setiap as sambungan segitiga semua selalu ada logo begambar roda dan gambar sepeda dan tulisan stoco9 made in japan model perempuan …..sepedanya tinggi banget …mohon infonya ya txs

  32. halley, saya juga ada rudge dames serie BZ apa BJ saya juga lupa, dimana ada tempat pompa di antara batangn, Triggernya merk Brampton, dan Sturmey-Archer, emblenya almunium, Gearnya kecil dan bermotif garis bukannya motif tangan… Tetapi pemiliknya bilang memang sudah dari sananya tidak ada yang diganti. mohon penjelasannya kira tahun berapa rudge saya itu thanks

  33. Cing Iwan,ambil dong Rudge nya bawa ke Koetaboemi biar nanti Rudge punya aku ada kembarannya.Sementara sich dah ada Rudge Herren ,tapi gak mau pulang bareng. dia pulangnya ke Teluk Jakarta (ma’af ya mas Adit) he.he.he

  34. tanya dunk para pakar Rudge, nomor rangka rudge di sebelah mana ya?
    aku pernah lihat rudge hijau dames ditempat penampung besi tua, tapi aku cari2 nomor rangka dibawah sadel kok gak ada ya? trus aku angkat juga bobotnya ringan. jadi bimbang deh… biasanya sepeda ontel tua kan berat…

    ada yang punya daftar nomor rangka/seri, model, tahun untuk onthel england gak? Mas hardi barangkali….

    Thanx.

  35. Para pakar Rudge saya punya Rudge heren seri FA dirangka dekat fork tidak pakai kunci stang yang sy lihat pakai kunci apa memang ada tolong penjelasannya jugatahun pembuatan terima kasih salam onthel selindo

  36. saya punya tuh rudge heren…no seri bk56583…tapi pas beli dulu diaku humber karna fork depan ma emblem diganti yang humber…mau balikin ke fitrahnya nh…ada yang punya fork depan rudge gak??

  37. saya juga punya rudge dames emblem putih aluminium, apa ada yang punya katalog sepeda rudge

    salam onde2 (onthel ndeso onthel ndeso) Purwodadi

  38. Saya juga Punya Rudge baru dapet dari kakek………..Emblem terbuat dari kuningan kaya perunggu tertera tahun pembuatan 1869

  39. mas saya punya ontel rudge batang dan punya kunci stang,geer depan ada cap tangannya,apa benar merk rudge tidak pakai tromol gigi belakang ya mas??itu info dari teman saya,terus tahun berapa ya kira2 punya saya itu,??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s