GAZELLE PEGAWAI RUMAH SAKIT

salam kenal buat om bahtiar dkk
saya agung di jogja
pendatang baru di sepeda onthel
kebetulan beberapa waktu lalu
saya dapat limpahan onthe dari eyang
yang sudah tidak ada…
dulu pegawai rumah sakit jaman kemerdekaan, sekitar tahun 1949-an,
sejak sekitar 1975, setelah eyang meninggal
sepeda tidak pernah dipakai
lantas saya ambil dan cuma ganti ban
bisa jalan lagi..enak banget, angler…
tp saya tidak cukup mengerti seri
dll soal sepeda yang mereknya gazelle ini
semua masih seperti apa adanya ketika
saya ambil dari gudang eyang di solo
saya kirimkan beberapa foto
mohon komentar dan pencerahannya
masih ada satu lagu the humber
punya bapak yang baru saja saya ambil dari gudang
foto menyusul karena belum saya bersihkan
terima kasih atas pencerahannya…
salam
agung ( agung_pewe@yahoo.com )

Gazelle

Rem torpedo

Chain chase gazelle

Lampu belakang kaca bintik

Siapa aja pasti mau kalo dapat warisannya kaya gini

Nih gambar emblemnya……jgn ribut lagi ye

Nah ini no serinya..plototin dah

As kayuhan…lubang olinya sebelah kiri

123 thoughts on “GAZELLE PEGAWAI RUMAH SAKIT

  1. kalo ontel bisa ngomong…. ngomong..
    psti dy takkan pernah boong…

    hehheee. satu lg saksi bisu sejarah yg terkuak….
    mauuuuuuu….!!!!!!

  2. Mas Agung aku mau dong jadi dokternya rumah sakit,biarrrrrr aku bisa memiliki sepeda lawas GAZELLE nya He he he.salam

  3. Soal No 1 :
    Hayo seri 2,3,4 atau 5.
    Jawaban :
    A. kalo 2,3,4 benar
    B. kalo 2,4 benar
    C. kalo 3,5 benar
    D. Kalo salah satu benar (…….)
    E. jika semua salah

    Soal No 2 :
    Gambar sepeda tersebut adalah sepeda Gazelle
    Sebab
    Ada tulisan Gazelle
    Jawaban :
    A. Kedua pernyataan benar dan ada hubungan
    B. Kedua pernyataan benar tetapi tidak ada hubungan
    C. Salah satu pernyataan benar
    D. Kedua pernyataan salah
    E. Kedua pernyataan salah dan yang benar adalah……

    Uhuk…..3x, musim Unas (Ujian Nasional Agak Serius) jadi ingat ngajarin cucu nih…..

  4. Gazelle nya bagus sekali mas Agung, gambar sepeda ini sangat menyejukkan, prinsip ini mungkin yang menggambarkan apapun sepedanya yang penting pemiliknya senang dan enak dipakai.

  5. mungkin juga no 14 tidak terlihat gaya spackbor ciri has gazellenya,memang jari jari belakang tak hitung memang 36 dan yang depan sepertinya 32.tul engak teman temen.tapi ndak apa apa yang pasti bisa di GOES.

  6. Nah disinilah forum dimana kita bisa belajar, agar kita sama2 bisa lebih mendalami persepedatuaan.
    Akan semakin asyik apabila kita bisa mendalaminya

  7. maaf mas meizir..sy ga menilai dari spakboard, sy liat radius dan diameter pipa speda ini mas, terlihat bukan gazelle buanget, diameter pipa terlalu besar,
    hehehehehehe,daripada kita berdebat,coba kita minta mas agus menambahkan foto framenumer, as tengah, soket depan yang ada marking gazelle, stang,gear tengah, selengkap2nya deh,biar kita bisa sama2 memecahkan mistery harta karun ini

  8. ga papa mas tampilin foto yang lebih detail, biar temen2 lebih puas dan tidak ada lagi komen yang nmemojokan, sekalipun ini speda bukan gazelle, yang penting enak di pake, dan lebih penting lg kita bisa mengetahui sebenarnya speda ini

    thanks

  9. Wis.. Mbah Roko Sare ajalah ntar kumat watuke malah ngrepoti cucu-cucu apalagi ntar muntah.pasti lebih repot lagi kalo muntahnya Gazelle seri….11 jadi rebutan,sungkem kagem mbah kakung.

  10. Mas Agung,
    Very nice absolutely Dutch Vintage Bicycle!
    Ukurannya 620mm ya? Kelihatan dari tube depan yang cukup jangkung. Jadi inget punya kang Tatank yang tube depannya jangkung. Serinya kok nggak dicantumin mas? Kalau dilihat dari slebor (seandainya itu bawaannya orisinil) sepertinya seri 7 kebawah. Seandainya salah juga maklum, bukan ahli Gazelle soalnya.. 😛

    Ukuran braket nggak tampak jelas apakah termasuk keroncong besar atau kecil.

    Rawat baik-baik mas Agung! Tidak semua sepeda antik sebagus ini, dan tidak semua sepeda antik yang bagus menjadi memorabilia keluarga.

  11. fotonya kurang lengkap, agar tidak terjadi perdebatan dan agar menjadi pelajaran buat para onthelis.. tolong dilengkapi fotonya ya mas agung..
    (1) plat gazelle
    (2) breket
    (3) gear
    (4) frame number
    (5) stang
    (6) dll..
    tp spedanya classic buanget..

  12. Kalau tidak salah gazelle seri 7. Kebetulan saya pernah punya dapat dari asli orang rumahan dan memang stangnya khusus untuk sepeda torpedo. Saya dapat gazelle seri 7 full torpedo juga di solo. Selamat menikmati.Maturnuwun.

  13. Pa andyt, pa mul, mas sahid..apa kabar..?
    Mas Agung, saran saya sepedanya dirawat yang baik jangan sampai pindah tangan, ntar kuwalat sama yang ngasih warisan,.

  14. LUMAYAN DAPET PENCERAHAN NI MAS AGUNG, SAATNYA MAS AGUNG BERKOMENTAR DAN SEKALIGUS ADA PERTANYAAN YANG BLUM BISA TERJAWAB SEHUBUNGAN DENGAN SPEDA MAS AGUNG, MUMPUNG ADA PAKAR2 YANG BISA BANTU
    DI TUNGGU KOMEN MAS AGUNG

  15. maaf mas agung, menurut pendapat sy sejatinya framenumer gazelle ada di sebelah kiri kita pada saat kita naek speda, mohon masukan teman teman yang lain

  16. masalah posisi framenumer, sejauh sy tau, tidak ada pabrikan yang merubah selain fongers, itu pun perubahan dari soket di bawah jok ke leher depan, untuk pabrikan yang lain saya rasa blum perna ada yang memindahkan dari samping kanan ke kiri,
    itu masukan dari sy
    benar salah ga ada yang bisa jamin
    harap di maklumi

  17. sy rasa kita jangan terburu2 mengidentifikasi speda dikarenakan ada emblem yang menempel di sepeda itu, kita harus bisa lebih detail melihat, karena kadang2 dan sering sekali emblem hanya tempelan semata

  18. Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada mendiang leluhur kita yang telah memperjuangkan repoblik ini mati2an
    saya harus mengatakan
    INI BUKAN GAZELLE

    maaf beribu maaf

  19. ayo saudara saudara sekalian jangan berebut argumen……ntar mas agung bingung trus onthelnya dikasih kan saya malah rame ntar….hehehehe…

    kang Konsim purworejo nemu apalagi yaa……?????

    tunggu info lebih lanjut…….

    ..to be continued….

  20. Mas Andyt,
    banyak sekali yang menandakan Gazelle diatas
    bukan original Gazelle.
    Satu hal diantaranya Frame Number terletak disebelah kiri
    pengendara sepeda.

  21. Apapun minumannya….eh salah ! Apapun sepedanya, ori atau tidak, bagus atau jelek, heren atau dames, dll….. yang penting dionthel dan dinaiki menimbulkan kenikmatan dan kesenangan bagi pengendaranya. Lha wong kabeh dipancal tho !!!!

  22. 58. Setuju! Sepeda yang penting nyaman dikendarai,
    Namun dalam hal pengetahuan kita harus objektif.
    59. Saya tidak tahu ini sepeda apa karena banyak
    sekali merk sepeda yang beredar di Indonesia.
    Mungkin teman-teman lain ada yang tau?

  23. Sy ada info terbaru
    untuk framenumer dengan awalan angka 2 ke bawah, atau seri 2 dan 1 lubang oli ada di sebelah kiri, dan gantungan ketingkas tidak ada, baru seri 3 dan seterusnya, lubang oli ada di sebelah kanan dan ada gantungan atau braket yang nempel permanen pada frame, tapi tetep framenumer ada di sebelah kanan kita, dari awal pembuatan

    Sekian kalo ada salah mohon di maafkan

  24. Disini kita cuma tuker2 pengetahuan dan pengalaman aja, semua sepeda enak dan yaman, kalo di rawat dengan benar,
    masalah ini speda apa, bisa aja diantara kita ada yang salah..
    yang penting kita bisa lebih jeli dan lebih detail melihat speda

  25. Wah pakdhe bejomarto jangan merendah gituloh, ntar dirumah saja tenan pusing loh……He….3x.
    Sepeda memang tidak ada habisnya, semakin lama semakin banyak bermunculan koleksi dari teman teman, tetapi semua tetep sama “harus di genjot”. Yang penting wawasan dan persaudaraan kita kan bertambah dan terus terpupuk, mari kita jaga persatuan dan kesatuan lewat sepeda onthel.
    Berbeda pendapat untuk suatu ilmu dan demi kemajuan boleh, tetapi debat kusir dan gontok gontokan yang ndak boleh, kalo itu sampai terjadi lalu Apa kata dunia, sebaiknya kita harus berpikir secara jernih dan dingin, adem bener……karena sepeda seleraku dan sempurnaaaa…….apapun profesinya yang penting punya sepeda, wes ewes ewes bablas sepedane…..
    Ada hubungan nya ndak ya…itu semua dengan sepeda.
    Kabur……..

  26. Uwis..Uwis..
    Gasile ap dudu sing ptg sepeda bs ditunggangi.
    Tinggal dkasih berko bosch baru yg kinclong udah ayu bgt qan..?

  27. Buat mas eman-eman.
    Kebetulan saya pernah punya sepeda Gazelle seri 7 stangnya asli Gazelle torpedo. Saya peroleh/beli sepeda tersebut digudang milik seorang Tionghoa diMadiun. Kondisi apa adanya full torpedo. Tetapi saya tidak menjustified bahwa semua seri 7 Gazelle adalah jenis torpedo. Maturnuwun.

  28. hehehe…wah saya cari traktiran ah….yang abis lulus….
    cobain ontel muter-muter…trus makan bakso….

    dos pundi om…cocok to…

  29. wah jadi kalo suhu nya pit londo itu mas adhyt, trus pakarnya pit england itu kang hardi ya…

    ati2 mas …. (orang pinggiran), dulu karena saya keenakan sms an sma kang hardi tiba2 rumah tetangga kebakaran….hehehehe….

  30. kang iyung, 2minggu kmren sy ketemu kang komshin,dia punya sepeda kecil tapi ban mati.kalo sampeyan minat….hehehe

  31. Kalau menurut saya, itu adalah sebuah sepeda yang komplit dan apabila dinaiki terasa enak dan baik utk kesehatan.

  32. Menurut saya memeng benar itu sepeda gazelle,dilihat dari pengamatan kaca mata saya sendiri emang sama dengan kepunyaan saya yang masih ada sekarang ini yang punya nomor rangka 54…..5, masih aslinya dari jaman bahula, pelek yang punya ciri has yang tidak ada duanya yang mempunyai jari-jari 36.
    Sumpit belakang agak besar ,dan blok pedal dengan as yang kroncong tanggung dan singkas ada pentolan disamping memang asli gazelle.
    Terpidu hitam memeng jari-jari 36 bagi saya sendiri itu merupakan barang yang langka perlu dirawat dengan baik atau carikan onderdil atau alat-alat yang aslinya hingga mempunyai historis yang sangat membahagiakan,ibarat istri yang cantik,anggun,dan berwibawa membawa masa depan yang harmonis didalam perjalanan atau kehidupan sehari-hari.

  33. Nice Gazelle, I can not read the framenumber completely, but I think it starts with 1804xxx, so that should be 1963…. but I think this bicycle is older…. strange.
    The old steel Gazelle-kettingkast is beautiful and original, the fenders are not Gazelle, the rest is original as far as I can see.

  34. mr andre..what do yuo think abaut the posisition of framenumber that gazelle? it that corect position?
    i dont think so mr..
    please look more careful..

    hehehehe..

  35. Mr. Andre..,

    I think the bicycle is not a original Gazelle.

    frame located number is left, not as common to Gazelle.

    Merk plate likely is attached x’self.

    Form of pipe connection and fork likely non Gazelle

  36. Haha, you are right, it is on the wrong side, I didn’t notice that ! I am not used to fake-gazelles.
    In Holland I have never seen a fake-bicycle, there is no need for that, but in Indonesia everybody seems to want an original bicycle from Holland, haha !
    The framenumber itself was already very strange.
    The kettingkast is a nice old Gazelle-part, the frame is for shore from Holland.
    The frame has a typical Dutch shape, It could have been a Gazelle for the shape but it was not, you Indonesians are kidding me with your homemade bicycles, hahaha !

    As you probably know it is very easy to see if a frame is a gazelle-frame or not, every frame produced after framenumber 187227 has the name Gazelle stamped in the frame (above the fork-crown)

  37. I will look better the next time….
    But if you have an original, gazelle, a very good craftsman can make an imitation that looks exactely like the real one…
    Than nobody will see it’s a fake.

    But I can understand, a real one is expensive in your country, so you can make good busines with a good imitation….
    As long as people stay honest and don’t sell these bicycles as being real Gazelles, I think it’s no problem.

  38. Mohon ifo kawan2 onthel, saya punya onthel Gazelle dan nmr
    516192 , tahun berapa kira2 di produksi ??
    Makasih atas balasannya. salam onthel !!!

  39. Tuh kan, apa kata Andre Koopmans, yg pakar Gazelle.

    Yg penting kejujuran dan tidak menjual barang palsu sbg yg asli, ya tidak masalah. Tak iya?

    Sdg menurut sy, mau palsu atau dipalsukan, asal yg punya seneng dan enak dipakainya ya EGP. Ha ha ha. Selamat menikmati nikmatnya ngonthel pake sepeda onthel.

    Tarik mang!

  40. pakar gazelle yg saya hormati.

    saya mau tanya kalau gazelle keluaran baru apa masih ada dan di perjual belikan di Indonesia?
    mohon informasinya.

    terima kasih.

    nanok

  41. Menurut saya Gazelle, saya ada frame no 3##### kettingkastnya persis!, varian singer, dibawah th 40an kayaknya sepeda ini, tapi forknya gak kelihatan.

  42. yang penting sepeda onthel, dan paling penting lagi itu barang warisan….!
    boleh….boleh….?
    dan lebih penting lagi saya dapat ilmu tentang onthel disini.
    salam onthelis dari pekalongan.

  43. mas, om, bapak, ibu, adik dan siapa saja…mohon maaf beribu maaf…sepeda saya ini hilang dicuri orang, sudah saya lacak ndak ketemu…kalau ada yg tau mohon bisa meginformasikan ke saya…mohon bantuannya…matur nuwun..terima kasih…

  44. om, mas, teman2 terima kasih sudah memberi banyak masukan….mohon maaf..sepeda saya ini hilang dan sampai sekarang belum ketemu…kalau ada yg melihat, menemukan..saya mohon infonya (bagi yg benar-benar menemukan ada imbalan, serius) matur nuwun…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s