FONGERS H 60

Mohon bantuan untuk diteliti oleh para pakar onthel sejagad…..

sepeda ini ditemukan apa adanya berkarat….

tutup rantai ada tulisan merdeka, di tube depan ada tulisan H 60

terima kasih sebelumnya….

salam onthel

= emen =

Fongers H 60

bel di garpu dan dinamo rieman

kunci model jam dan lampu stopan belakang

Lampu National

peneng toko : avis riejwil handel surabaija

gir depan

tutup rantai “merdeka ”

frame no : 38121-15

sadel dan boncengan

setang Fongers …penuh karat

74 thoughts on “FONGERS H 60

  1. An old Fongers H 60 from 1938.
    The “pakjesdrager”, luggage-carrier on the back is a rare original one from Holland, you can see that on the 4 small strips on the underside of it, where lether belts could secure the luggage from falling of. Typical “pakjesdrager” from Holland from before 1940.

    The rest of the bicycle looks also OK, the frontlamp I have never seen, brakes could be original, if the saddle is a Lepper it is from Holland, it could also be a Brooks Hammoc, that was made in England, but it can also be an imitation from Portugal (Tabor) or India.
    The small Backlight looks original.

  2. Mas Emen, sudah jelas itu Fongers H60 (setara 24″) keluaran tahun 1938 yang keren.

    Gir depan model obat nyamuk khas Fongers yang utuh, juga fork depan melengkung seperti pedang dengan bahu/tutup yang langsing, bagi saya itu menggetarkan. Hehe… Boncengannya keren juga, mana sudah diakui profesor kita bahwa itu made in Holland. Malah jadi pengin bikin itu cantolan tas belakangnya (boleh tahu, ditempelnya pakai keling atau patri Mas?) Lampu bathok National berbahan kuningan yang dikrom, cukup bagus. Kalau mau bau Eropanya lebih kental ya diganti Bosch bathok (beberapa teman suka menggunakan lampu besar untuk sepeda ukuran 60). Tutup ketting merdeka itu saya belum pernah lihat. Atau mungkin tutupnya waktu itu pernah diganti? soalnya dari catnya juga nggak sama. Tapi nggak masalah Mas. Antik.

    Kalau mau menonjolkan kemewahan desain Fongers, sadel celeng kecil itu mungkin masih agak terlalu besar. Misalnya bisa diganti sadel Vasad. Tapi kalau yang lama itu sudah membuat Anda nyaman ya nggak apa-apa. Lalu, biar semakin antik, ancer/ tangkai sadelnya bisa dicarikan yang model L seperti biasa dipakai sepeda tahun-tahun itu. Standar dobel, bisa diganti standar Fongers lama yang simpel dan kokoh. Atau pakai Koba juga cukup bagus. Tambahan pernik kecil seperti hand pad untuk tangkai rem juga akan membuatnya semakin mewah.

    Itu kalau menurut selera saya lho Mas. Mas Emen tentu punya selera sendiri. Selamat Mas. Anda dapet sepeda keren!

  3. Mas Emen, coba diteliti, apakah velgnya masih kron prinz? Biasanya Fongers pakai itu, meskipun saya punya Fongers velgnya juga menggunakan merk Fongers. Tq.

  4. Uuuaaapik tenan pite!Klo aq sich seneng apa adanya, karatan juga gak papa yang penting ORIGINAL!Selamat ya Mas Emen dapat speda bagus n pertahankan!

  5. to wongeres terima kasih atas infonya…..kalau tutup rantainya (ketting merdeka itu asli bawaannya) catnya dominan disekitar tutupnya dan ketingkas bagian bawah. untuk cantolan tas itu terpatri langsung mas! Tq
    ===salam onthelis===

  6. VIVA FONGERS : Memang Fongers ga ada matinye, Mas Emen Kalau boleh tau bagai mana sejarahnya sampai akhirnya sepeda keren itu ada sm mas emen ? He he (Salam Kompak Selalu)

  7. sodara”..sy mau tanya, klo sepeda merk “apollo”, apa masih ada hubungan dengan raleigh?, sebab stang, kayuhan, gir depan ada logo raleigh, juga ada persneling SA nya, mohon infonya (takutnya klo sepeda jadi”an hehe..) terimakasih..

  8. @ 20 ..sejarahnya……..waktu buka situs internet di kantor lihat2 sepeda2 tua, tiba2 teman/ atasanku bilang kalau beliau punya sepeda tua tapi karatan semua dan tidak tau merk apa….yang dia tau ada bel digarpunya…pokoknya sudah karatan semua dan cuma ada tulisan dispakbornya AVIS ridjwil handel soerabaija ! Lgs aja sy menawarkan diri utk membeli spd tsb…. 2 minggu kemudian ketika sy dinas di daerah bogor dia telpon…”men ! mau lihat sepeda nggak sy tadi izin jam 10 kalau mau sepeda sy tunggu jam 16 dirumah”!!….Ok bos, dan sy pun meluncur dari daerah bogor. Sampai dirumahnya dan sy lihat sepedanya…..ala maaaaak dalam hati : “ini dia sepeda yg benar2 ori yg baru sy lihat dan impikan” dan syukur alhamdulillah kalau si bos memberi harga cetiaw (1 jt) aja 🙂 ……dalam hati senangnya bukan kepalang sepeda ori th 38 1 jt…he he he masih sy tawar 500 rb…750 rb tp tdk dikasih tetap 1jt dan ternyata……semua itu ada jodohnya…nggak perlu kita cari tapi kadang datang sendiri….begitu juga dgn sepeda. ….apapun sepedanya yg penting budaya bersepeda utk kesehatan kita bersama, Sehat jasmani, rohani dan banyak teman…..salam onthel==

    • Aduh kang Emen, saya ingin punya pengalaman seperti kang Emen mendapatkan FONGERS. Doain ya, sekarang gimana kabarnya? boleh foto bareng sama FONGERSnya, sama kang Emen juga. 08179180218

      • Dan sore ini aku lagi deg degan. Si Manzo temanku lagi pulang kampung ke Kudus dan aku nitip Fongers. Dan pagi ini dia ngabarin lewat sms dan fb, “Kang, fongers udah ketemu, blm liat barangnya..Malam ini saya liat. Thn 60 seri H. Harga dibawah 1jt. Jika beminat nanti saya panjer dulu. Secepatnyaaaaa saya kirim. Manzo.
        Kuharap ini suatu kekeliruan karena ketidaktahuan, bukan tahun 60, tapi semoga saja itu fongers seri H 60, tahun 1938, seperti pengalaman kang emen. Wait and see!

  9. Ini baru fongers, jarang sy ketemu Fonger selengkap ini, waah harta karun banget.
    masi bisa nemuin FONGER seperti ini ga ya?
    mohon info kalo ada yang mau jual ontel yang merk FONGERS , model laki2 boleh, atau perempuan sy lebih suka
    djaludjatmiko@yahoo.com

  10. Sepertinya kisah perburuan mas emen pada Fongers H60 ini makin menegaskan bahwa pasangan hidup, rumah, dan sepeda kuno itu pulung (jodoh) yang KADANG jika diburu malah menjauh, namun didiamkan saja kok malah menghampiri.

    Mengingat kisah-kisah perburuan sepeda yang sangat unik dan menarik untuk dibagikan, saya usul mas Bachtiar (El Presidente au Onthel Forume :P), mas Laexs, kang T, atau mas Heru untuk dibuatkan lagi kolom yang khusus tentang cerita perburuan onthel. Pasti menarik banget! betul kan temen-temen?

  11. @ 25 (Mas Andyt) Salam Kenal :
    Saya dukung usulnya Mas, hal tersebut dianggap penting karena kita mau dengar perjuangan seseorang yang mendambakan/memiliki sepeda onthel dengan perjuangan versi yang berbeda, Pastinya ada : Seru, Seram, Suka, Duka, Menantang Adrenaline kita dll. (Semoga usulnya disetujui) OK Salam kompak Selalu

  12. prinsipnya sih setuju dengan usulan mas andyt,

    tolong disiapkan kiriman cerita bagimana sepeda yg tadinya “penggangu tidur” akhirnya bisa sampai di rumah menemani tidur……

  13. salam ontelish..

    Fongers yang bagus dengan cerita yang lucu,
    suatu kesatuan yang baik, dengan kondisi yang sangat baik pula.
    Sangat beruntung bung emen mendapatkan fongers ini, apakah sadel celeng memng bawaannya mas?
    maksudnya sadel celengnya jg merk fongers?
    bisa di zoom atau di infokan?
    krna sejauh sy tau sadel fongers jarang yang model celeng, kalo gazelle celeng sy perna liat.

  14. Membaca komentar dari para Onthelis buat Fongersnya Mas emen jadi ikut merindiiiiiing ! selamat buat mas emen punya barang uuaaaapik !
    Mas emen, tolong Fongersnya digowes ke Bintaro ya Setelah lebaran.

  15. waduh mas emen..semalam mimipi apa mas dapat sepeda yag keeeereeeeeen bgt!!!klo pepatah bilang, “gak dapet 500rb, 1 jt pun jadi…”hahaha…..
    sepeda itu tinggal dipoles dikit udah bgs coy..tp kira2 boleh di nego gak…??haha…..

    !!!!!!!!!! HIDOEP ONTHEL !!!!!!!

  16. mohon maaf
    salam ngos-ngosan sebelumnya,
    abang2 mas2 kang2 aa semua!!
    saya mau nanya kalo gear depan fongers, itu hanya model “obat nyamuk” atau ada yang pakai “YY”??
    sebab waktu saya browsing buat ngebangun fongers “H” seri paling bawah “1st e soort e” punya saya ada gambar fongers “double dekker” memakai gear “YY” mohon titik terangnya??apakah fongers memang memakai dua macam gear??
    terus “biezen ” atau garis pada seri H itu warnanya apa??dan bentuknya bagaimana??
    MOHON BANTUANYA mungkin profesor andyt dan dokter niko yang specialis fongers bisa membantu??
    kebetulan rencana ngebangun yang 55 dan 60 semuanya seri H.

    terima kasih

    regard. Fath4ngonthel be a fongers mania

  17. Mas Emen salam kenal nich.Aku H.Is dari Onthel Community (ONCOM) Bogor punya saran nich.Kalau bisa sepeda itu jgn dipakai alias dipajang di rumah aja.Tapi jgn dibakarin menyan ya takut nanti ada penghuninya.Kapan ke Bogor nich hub. 08128374637.Matur nuwuuun ya mas emen

  18. mas Patria, ini FG yg dikaucritain di tambun kemarin to…wah ini bener FG, cakep banget mas, pesenku hanya satu.tolong kalau dirumah udah kepenuhan biar di kostkan di karawang aja ya..dijamin si usap2 teyus deh.hehehe..salam onthel..

  19. Salam onthel….permisi sy pendatang baru mhn ijin gabung, nama Ery dr Jogja. Ada referensi kpd sapa sy bs minta info ttg sepeda onthel,soalnya sy punya 3 frame tp kurang jelas keasliannya,salagh satunya Fongers 24, ada juga yg 26 tp gak ada merknya. Mohon petunjuk? maturnuwun

  20. Pak Toto Suci, jangan banyak-banyak sepadanya, entar yang lain gak kebagian, ini juga berlaku buat pak Godam, juga pak Rendra no exception….he..he..he..entek kabeh, aku lagi nabung belum cukup.

  21. Pak Rendra itu, ibarat kita makan: nasinya masih, ambil lauknya. Lauknya masih, tambah nasinya.

    Ada frame diambil, biar besok nyari forknya. Ada gir obat nyamuk diburu juga, biar besok nyari frame fongersnya. Gak akan ada habisnya. Lha, terbukti kan kekhawatiran Cak Branjang: saya nggak kebagian. Hahaha… ampun Pak…!

  22. Mas Wong, saya mau bener-bener nrimo ing pandum wae lah, mugo-mugo kebagiannya yang lumayan sinilan dan …tentu saja murah, yang terakhir dapet G3, sampe gemeter meh semaput( istilahnya mr. Zadel-red), harganya murah sekali,gear tulisan,stang bangkrung taunya ada tulisan G, meskipun saya tahu, belum tentu terulang lagi, kalau terulang lagi, saya insyaalloh mau sekali ( syukur2 cyclo..ho..hoo)

  23. trims…semua hidup fongers….to Branjangkawat
    boleh dong dikirim gambar fongers yang ada tuliasan ato mati he he……

  24. mas Wong….. iso wae loh…kemarin sy kepotorono yo golek gir tp gak entuk je……… mas Branjang penjenengan yg ojo akeh2 ntar bingung lho kapan numpakinya…… tp nek G3 nya wis jeleh yo tak openane mas..salam tklim

  25. sore tadi dapet H 60 heren, no frame W 4563, rem karet! Siapa yang bisa nebak tahun berapa, pasti jagoan! biasanya ####-## kan ? Wah Denmas Rendra biasanya kan yang buagus saja, kalo ngonthel G3 saya dijamin mabuukkkkk, lha odong-odong bos!

    salam taklim.

    durmogati.

  26. wah mas emen sangat beruntung sekali mendapatkan fongers yg ori,,,,,,,,,,,,,,,!!! klo bisa di rawat dan di jaga keaslian nya……………biar si mbh ya seneng,,,,hehehhe

  27. Barangkali ada yang cari Pongers H-60, tromol preesneling SA, no. frame 3650-2, peleg belakang kronz print 40, pedal made in jerman lengkap dengan karetnya, dinamo rieman, lampu boch, stang fongers. info foto wa 085732189019

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s