Gazelle terlupakan / Forgotten Gazelle

Dear Ontelis …

Salam Kenal … saya Akbar, berlokasi di Jakarta…..
Sangat tidak tau tentang sepeda ontel… tapi sangat ingin bergabung dan menimba ilmu tentang sepeda ini, emang dasar rejeki ternyata setelah diinget inget ada sebuah sepeda ontel yang pernah dibeli oleh eyang saya yang ada di matesih jawa tengah sewaktu muda….. karena sudah tidak terpakai ternyata sepeda itu diberikan ke ayah saya…. tapi sangat disayangkan pada saat pengiriman bagian bagian sepeda di lepas lepas…. sesampainya di sini kita gak tau bentuk asli dan cara pemasangan yang benar pada sepeda ini…. hiks cerita punya cerita ternyata sepeda terlupakan di dalam gudang…. dengan semangat ngubrak abrik akhir keluarlah sepeda ini dengan kondisi yang hiks..menyedihkan…..
Teman teman dan senior boleh minta info and sharing tentang sepeda ini….

1. Apakah sepeda ini benar asli?
2. Seri berapakah ini, dan tahunnya?
3. Apa yang harus saya lakukan dengan sepeda ini agar tampil joss…..
4. Apakah masih ada spare part nya ya ?

bila ada masukan juga boleh via japri di : akbar@id-bb.com
sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih….

Hormat saya dan salam Ontel…..

Kalau lihat gazelle seperti ini siapa yang tega…?

No rangka 543636

Gir ciri khas gazelle

Keitengkast dengan rantai persneleng yg menjulur

Tromol dan velk belakang

Emblem gazelle

90 thoughts on “Gazelle terlupakan / Forgotten Gazelle

  1. Kasian sekali sepedany pak akbar…Saya dl pnh dapet dr gudang tionghoa kondisiny mirip spt ini.Setelah dlengkapi aksesoris jd gagah banget…
    Kl menurut saya,krn catny msh bgs..Tidak prl dcat ulang..
    Sepeda yg bagus…

  2. Saya mau tanya pada para pendemen Gazelle…
    Apa ada Gazelle yang berlager/bearing pada as kayuhannya?
    Kata teman saya kalau as-nya (keroncong kecil) berarti isinya gotri dan mangkokan, sedang as keroncong besar isinya bearing. Apa betul?
    Terimakasih atas penjelasannya

  3. para pencinta sepeda onta or penggemar ontel
    apapun merk sepeda itu hanya sebuah nama or
    logo pabrik pembuatan sepeda kl mou tau ada mbah yg udah tua ngontel pakai merk phonik
    sy tanya mbah ontel merk apa ….gazelle…sy tanya 5x jwbnya sama eh gak taunya mbah pikun…..teman2…….ha….ha…..ah …..lucu ..ah
    yg penting ngontel…ya…gak2…!

  4. warisan yang terlupakan, and akhirnya keluar juga dari gudang. lengkapi mas asesorisnya pasti gazellenya akan tampak gagah.

    selamat atas penemuan harta karunnya dan salam kenal.

  5. Wah terimaksih semua masukannya teman teman….. Alhamdullilah kalau memang ini Gazalle asli….
    koreksi dikit saya cek di sepedanya no serinya sepertinya 543636… tahun berapa ya?

    Nah sekarang lagi coba cari bengkel yang bisa bantu perbaiki sepeda ini di sekitar Jakarta Timur… hehe, mungkin ada yang punya referensi ? terimakasih banyak.

    salam Onthel……

  6. Mas Susanto,

    Kapan bisa barengan cari klithikan lagi, weleh-weleh mborong terus……
    Ada acara pulang kampung, kapan dan rencana acara nostalgia penggemar Bung Leo Kristi kapan, ojo lali dikhabari

    Salam

  7. maaf keluar dari topik gazelle seri 5
    sy mau tanya mengenai “rantai merk gazelle”
    sy perna liat dan di tawari rantai gazelle, katanya mempengaruhi kenyamanan gazelle itu? apa betul?
    mohon pencerahan dari para pakar
    mumpung lg bahas gazelle
    thanks

  8. BUAT NO 19

    menurut sy jelas pengaruh, karna memang desain rante gazelle di desain sesuai dengan gear yag di keluarkan gazelle, sehingga posisi antara rante dan gear menjadi kesatuan yang indah, dan dapat pula mereduce getaran, alhasil sangat yaman sekali..

  9. rantai asli/ ori yang jelas pasti lebih kuat dari imitasi, karena komposisi materialnya beda,
    jelas terasa rantai yang tidak ngegigit pada gear tentu kurang enak sewaktu di go’es
    yang pasti kalo ngegigit dimana-mana biasanya selalu enak…..

  10. mungkin ga satu pabrikan memproduksi keseluruhan part 100%?,
    misalnya fongers pake tromol SA, religh pake bramton, atau simplex pake terpedo KnL
    tapi gazelle..tiap part memang bermek gazelle, sampai ban aja merk gaZelle, jangan2 ban dalem jg merk gazelle!

  11. mohon dengan sangat kepada pakar2 yang kebetulan mempunyai part gazelle yang ga umum, misalnya standar, rantai,bel dll segera di buka di forum sehingga kita bisa lebih pintar

    mr.t : ini pak bel nya… Bel Gazelle

  12. kalo mas akbar menginginkan saran dan coment sesungguhnya, mohon di berikan foto detail tromol dpn blakang, marking gazelle di stang, posisi ketingkas pada braketb yang menempel di frame?
    jd kita bisa analisa, bagian mana yang ori, atau kita bisa liat part yang menempel itu se era ga ma spedanya
    thanks

  13. No 30, sepeda Gazelle di negeri kita memang menjadi barang langka, antik dan mahal. Tetapi baik frame, stang, slebor dan kelengkapannya banyak yang pada di tiru semisal standar (jagrak) sadel, gambar kijang didepan yang aksesoris tersebut sifatnya agak memaksakan diri. Nah jadi yang mana palsu dan mana yang aseli itu kadang bikin bingung saya yang awam ini. Uhuk…3x. Tetapi beberapa pakar onthel ada yang bilang Gazelle hanya membikin ya sepedanya itu kalau aksesoris yang lain hanya tren yang mengikuti. Maaf kalo salah…uhuk…3x

  14. buat bahan diskusi..kalo salah ya maap

    ada indikasi, part atau gazelle di buat atau di maklon pabrikan yang lebih spesifik
    misalnya, sy perna menemui lampu gazelle yang sangat persis lampu union, dynamo serupa simplex( sy nda tau pabrikan mana yang buat), sadel serupa leper ( jenis marking, jenis kulit, lapisan akhir/ finising serupa), na untuk yang lain sy nda tau lg
    maaf kalo salah

  15. The “No rangka 84333” is not correct, sombody changed the number, this is clear because this would mean the bicycle is from 1914 or so, and it is not that old.
    Gazelle started putting the name GAZELLE in the front of the frame since 1924, the chainwheel with the springing gazelles is from 1939/40 and the drumbrakes are from 1930 or newer.
    I think there was a “5” in front of the framenumber, this “5” has disappeared….

    Last week I found a Gazelle from 1915, I will send you some pictures soon, so you can see the difference.
    Bicycles from beforen 1920 realy look different, you will see.

    Andre

  16. Mbah Roko, mau nanya kalau boleh tau apakah peniruan frame, stang, slebor dan kelengkapannya Gazelle itu memang sudah dilakukan dari dulu atau baru baru ini saja, maksudnya setelah trend penggemar dan virus sepeda kuno semakin banyak menyebar dimana mana…… suwun Mbah ojo marah lho…

  17. Apapun kondisinya, asal Gazelle lebih baik dirawat saja dan sparepart yang gak ada dicarikan aslinya meskipun sulit. Percaya deh nantinya kalau sudah lengkap pasti keren……dan nikmat untuk dikayuh…… Sabar ya mas Akbar !

  18. Nak Bakri, tiruan Gazelle menurut penerawangan saya sudah dari jaman dulu, sekitar tahun 50an di daerah kulon progo sudah ada, kemudian di Jombang juga ada. Tetapi pada era itu pembuatannya cenderung kasar dan asal asalan karena hanya meniru dari sebuah tren saat itu. Tetapi kalo saat ini karena sudah menjadi sebuah barang seni (bukan cuma Gazelle) pengkloningan,peniruan bahkan pemalsuan sudah semakin mirip karena dengan harapan akan bernilai jual tinggi dan mengurangi faktor ketahuan. Misal saat ini untuk membuat gazelle X Frame bisa dengan mengorbankan g yang udah rusak, beda dengan jaman dulu kalo naik gazelle akan menjadi pusat perhatian karena jaman itu sepeda adalah barang mewah dan kena pajak. Uhuk….3x maaf kalo salah lagi

  19. #32 maenKeGunungBatu : sebenarnya saya punya foto detail tromol, dll…. saya posting ke mana ya? email ke mas Alex ya… mas minta tolong yang sebesar besarnya ya…, maaf saya terus merepotkan…….

    #38 Andre Koopmans : Yes thats right, my Gazelle’s frame number is not 84333, but if i’m not mistaken frame number is 543636….. is there any gazelle with that “nomer rangka”? thanks in advance.

  20. Sungguh beruntung buat sdr Akbar, anda mendapatkan gazelle nomer awalan 5, dengan ukuran yang nda umum 24′
    ukuran ini jarang di jumpai loh

  21. kita seharusnya ga perlu kawatir terhadap barang tiruan, yang penting kita sudah di bekali ilmu dari para pakar2 gazelle di forum ini,
    sy yakin antara yang asli dan palsu pasti ada pebedaan.
    monggo para pakar berbagi ilmunya, keluarkan ilmunya jangan setengah2

  22. beuu..godam…bangun tidur langsung koment…cuci muka dulu gih..bwahahah..

    -60- itu kata org lewat kan yg ngomong….kl dapat harga segitu bersyukur aja hoki…lain orang lain rejekinya…

  23. Sepedah jengkiku, Oh Sepedah jengkiku, Apa kabar Dikau Di Kampung Sana ? maafkan Daku Karena Lebaran Ini Tidak Menjengukmu, Karena, Daku Ndak Mudik Dulu, Dilarang Sama Ortu..

  24. Bila kita beruntung, kadang-kadang kita bisa mendapatkan gazelle dengan harga maksimal 1/3 dari harga pasarannya. Saat ini harga Gazelle seri 10 dan 11 sudah dalam range 10-20 juta. Gazelle seri 9 sudah dalam range 3,5-4,5 juta. Populasi sepeda gazelle yang dijual masih relatif lumayan jumlahnya, tetapi mungkin 1-2 tahun mendatang sudah akan habis diborong onthelis-onthelis generasi baru.

  25. @Columbia
    Kalau di kawasan DIY dan sekitarnya, survei dalam 2 bulan terakhir ini, kebanyakan populasi stok gazelle seri 10-11 yang ditawarkan adalah tipe dames. Harga penawaran rata-rata sudah tidak impresif lagi yakni di atas 10 juta (terlalu mahal untuk saya yang PNS), sedangkan kondisinya lumayan biasa. Tapi bagi onthelis yang sudah pengin banget, mungkin harga segituan no problem. Nuwun.

  26. Wah, derasnya permintaan pasar biasanya akan memicu kreativitas pemenuhannya. Kira-kira apa ya yang bakal menafkahi kehausan onthelist akan sepeda senyaman dan seprestise Gazelle seri 11? Jangan-jangan Pak Sahid sudah punya solusi bisnisnya.

    Kalau menimbun onthel dan menjual lagi dengan harga tinggi, sebenarnya kan kurang memberi solusi secara merata. Meskipun dalam kasus onthel, istilah “menimbun” tidaklah sesederhana menimbun sembako. Di dalamnya ada proses perburuan, resiko, pengkanibalan sparepart (sehingga dua-tiga onthel kadang cuma menghasilkan sebuah onthel yang fit), dsb. Tetapi harga yang kemudian menjadi selangit sebagai sebagian akibat dari itu semua tetap saja kurang memberi solusi bagi sebagian besar onthelist.

    Kalau manfaat onthel, baik individual maupun global terbukti bisa memperbaiki kualitas hidup dan kualitas hunian, bukankah layak diprioritaskan untuk mencari solusinya?

    Tapi bukankah bukan cuma Gazelle seri 11 yang bisa menyehatkan kita dan lingkungan? Iya sih, cuma, mengonthelkan masyarakat kadang juga butuh trigger, sesuatu yang mampu memberi stimulus. Misalnya ya prestise tadi. Hehe…

    Sekiranya ada solusi yang benar-benar berguna bagi kemaslahatan kita bersama….

  27. semelangnya itu bahwa makin ada jarak antara ontelis yang pakai sepeda mahal dengan yang pingin joint lataran satu visi untuk save our planet, itu yang kadang perlu kita luruskan agar apa yang kita awali ini tidak cepat terakhiri hanya karena merk dan harga sepeda, sehingga tujuan teman teman yang mulai sedikit tergesser oleh gaya dan status.

  28. @ uwong

    Saya pernah ditawari Gazelle seri 3 dengan penawaran Rp 3,5 jt, jadi perkiraan saya Gazelle seri 1-2, harga pasarannya adalah sekitar angka tersebut.

    Memang harga keseimbangan pasar untuk merek Gazelle agak unik, bentuknya seperti kurve normal. Dari sisi kiri harga gazelle seri 1 s.d. 8 relatif murah, kemudian mulai seri 9 meninggi, seri 10 lebih tinggi, seri 11 jauh lebih tinggi, kemudian masuk seri 12 dst harga justru berangsur turun, dan jauh turun lagi untuk seri 20-an.

    Keunikan harga sepeda Gazelle, mestinya kalau barang antik, semakin tua semakin mahal, ternyata tidak, seri 9 ke bawah justru lebih murah. Kemudian kalau mengikuti trend seri 10-11, seharusnya seri 12 dst harganya jauh lebih tinggi, tapi ternyata tidak juga, justru seri 12 dst malah nge-drop. Barangkali persepsi pasar yang cukup baik terhadap seri 10-11, karena dari sisi desain yang masih klasik dan tunggangan yang benar-benar mak nyuss…. Seri 12 dst. tunggangan sebetulnya juga mak nyuss… tapi desainnya memang tampak lebih modern mendekati jengki. Jadi tidak begitu klasik lagi.

  29. pak sahid saya punya gazelle seri 9 dames tapi pada sambungan besi lengkung dengan tube vertikal kok tidak lazimnya gazelle dames tapi mirip mulut bebek

  30. maaf sy kurang sependapat dengan pa nugroho
    tentang harga gazelle.

    harga gazelle ya tergantung varian n tingkat orisinalitas jg,
    dan perlu teman2 ketahui…
    seri yang sering kita jadikan patokan itu HANYA menunjukan taun produksi..bukan menunjukan model, type atau varian..
    misalnya seri 3 atau seri 4 atau pada era tertentu mengeluarkan model yang berbeda, banyak macemnya…
    jadi menurut sy…harga tergantung sama model dan kondisi, sy yakin harga gazelle tua dengan kondisi utuh harganya ga akan terjangkau! yakien!
    kalo kondisinya biasa2 aja ya mungkin 3.5jt, kondisi ini pun bukan makanan kolektor, harga akan lebih dr 10 jt
    tapi kalo good kondisi! makanan kolektor tuh!, 35 jt bahkan lebih..

  31. @ 85, Saya hanya nambahi saja, kalau kondisi memang faktor yang dominan untuk menentukan harga sebuah Gazelle. Akan tetapi kriteria kondisi inipun harus diperjelas lagi , misalnya :
    – Tingkat originalnya.
    – Periode pembuatannya ( semakin tua usia sepeda semakin
    berkesan antik ).
    – Kelengkapan aksesorisnya ( sesuai varian / tahun
    prod.nya)

    Faktor lain yang mempengaruhi harga tinggi barangkali :
    – Semakin banyaknya penggemar Gazelle .
    – Terbatasnya jumlah yang ada ( cenderung berkurang
    karena banyak yg dikanibal untuk memperoleh sepeda yg
    utuh ).

    Memang masih banyak yg beranggapan seri lah yang jadi patokan bukan varian, sebagai misal: orang akan lebih tertarik seri tertentu ( seri:11? ) dari pada varian tertentu. Apakah ini ada hubungannya dengan nilai historis seri tsb. ataupun seri 11 adalah seri yang terakhir diimport pada watu itu ?

    Kepada penggemar Gazelle yg mengerti masalah ini, tolong pencerahannya, demikian juga Gazelle seri 11 dibanding seri 10 dilihat dari segi kwalitas adakah perbedaan yang cukup significant ?

  32. Di daerah saya harga sepeda GAZELLE masih dibawah 2 juta…. cuma saya ngak paham banget soal sepeda GAZELLE tersebut. Yang jantan dan betina harga masih dibawah 2 jutaan… bahkan kalau beruntung ada yang dibawah 1 jutaan…. cuma selain bodi yg masih utuh…. sebagin yg lain sudah ada yg diganti sehubungan barang habis dimakan usia… he… ee

    ADa yang tahu speksifikasi, no seri dan estimasi harga nya yang terbaru ngak ya….

    Salam
    SYUKRI ALI
    Guru SMA Negeri 1 Sakri
    Kab. Pidie NAD
    08126969590

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s