BELANDA – JERMAN

Salam kenal untuk para penggemar sepeda ontel dimanapun berada… Saya adalah penggemar baru sepeda ontel.. saya punya dua sepeda ontel tua. Satu merk AVIA AMSTERDAM buatan Nederland dan satu lagi sepeda pakrat merk TORPEDO buatan Germany. Saya ingin tahu tanggapan para ONTELIS tentang sepeda saya, soalnya terus terang saya masih awam soal sepeda.

salam,Hardoko

Avia Amsterdam

Plat Merk

gir original

nomer seri

bos as pantek

bagian depan Avia

Torpedo Germany

dari depan

nomer seri

tulisan merk Torpedo

68 thoughts on “BELANDA – JERMAN

  1. Fahrrad Germany ini seperti milik kawan saya. Persis di bawah sadel bagian kanan ada tertulis torpedo (bentuk latin).
    Sesuai ciri fahrrah germany menggunakan sambungan rangka menerus (atau T dalam).
    Di samping leher setang sebelah kanan ada lobang buat setelan stangnya…

    Klo di teman saya merk nya weil frankfrut…ini sepeda langka.
    bisa di lihat di
    http://pitantik.wordpress.com/2008/09/28/weil-fahrrad/weil-frankfurt01/
    atau blognya pemiliknya langsung
    http://adiwiyono.multiply.com

    cuma punya kawan sudah di cat ulang

    salam ontel

  2. Sepeda Torpedonya exs Nazi kali ya, Tinggi Jangkung, Stangnya memang agak kebelakang ya mas, Selamat deh apik-2 dijaga ke-original-nya Mas Handoko.

  3. Sepeda German memiliki banyak ciri salah satunya seperti yang dijelaskan oleh mas Hardi. Kebanyakan sepeda German banyak yg menyerupai sepeda buatan Holland.

  4. 16, Bang Lemann

    sy masih bingung dengan ini bang :
    Beberapa waktu lalu saya ketemu 2 buah fahrrad kondisi hampir sama persis. kedua duanya mau dijual, yang satu merk WKC Solingen yang satu lagi merk durkoff, yang WKC minta 2,5 jt tetapi yang durkoff mintanya 6,5 jt. dengan kondisi yang hampir sama kenapa harga sangat jauh perbedaannya? barang kali abang bisa memberi arahan karena bang Lemann kan paham sekali mengenai German Family..
    Regards,

  5. Dear Mas Hardoko dan salam kenal buat semua onthelis,

    Saya juga masih pemula dalam per-onthel-an.
    Kedua sepedanya bagus sekali.

    Sayang gambar yg merk Torpedo masih kurang, seperti gear, fork, dan tangkai pedalnya.

    Oh ya, buat pakar2x sepeda, minta tolong diulas lebih banyak lagi utk merk sepeda dari Germany, biar bisa menambah wawasan kita…

    Salam onthel…
    den Bagus Podjok

  6. Buat no.17 aMK; Pertama masalah harga memang relatif bila kita mendapatkan langsung sepedanya dari orang yang kurang mengerti akan hal sepeda, jadi itu namanya rezeki yang tak terduga. Yang ke dua bila kita membeli sepeda dari orang yang memang sudah mengerti tentang sepeda dan harga pasarannya maka harganya akan jadi berpariasi sesuai dgn nama, kondisi dan kelengkapan. Untuk sepeda German memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan sepeda buatan England dan Holland. Ini disebabkan karena pajak yang ditetapkan oleh pemerintah masa orde lama lebih tinggi pajak sepeda German baru menyusul sepeda Holland dan England diperingkat ke 3. Kita sdh tahu kalau sepeda buatan Holland merek Gazelle itu lebih mahal dibandingkan dgn sepeda merek yang lain, begitu juga sepeda England merek Raleigh terhadap merek yang lain. Begitu juga halnya dgn sepeda buatan German merek Durkoff itu lebih mahal bila dibandingkan dgn sepeda WKC Solingen. Dibawah ini saya senaraikan beberapa nama sepeda German yang saya ketahui sbb; ANKER,KARKHOF, DIAMANT, DURKOFF, WINORA, NSU, GORICKE, ADLER, BRENNABOR, EXPRESS, OPEL, PUCH, RANDOM, WANDERER, NORDWACHT, JUNIOR, ASSMANN, WEIL, RABENEICK, SOLINGEN, ZEPPLIN, GRITZNER, FIAQ, RIXE, TRIUMPH, STAIGER, SEKO, BARUAN, REX, dan banyak lagi nama-nama sepeda German yang ngak mungkin disebutkan satu persatu. Tk.

  7. Buat no.17 aMK; Pertama masalah harga memang relatif bila kita mendapatkan langsung sepedanya dari orang yang kurang mengerti akan hal sepeda, jadi itu namanya rezeki yang tak terduga. Yang ke dua bila kita membeli sepeda dari orang yang memang sudah mengerti tentang sepeda dan harga pasarannya maka harganya akan jadi berpariasi sesuai dgn nama, kondisi dan kelengkapan. Untuk sepeda German memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan sepeda buatan England dan Holland. Ini disebabkan karena pajak yang ditetapkan oleh pemerintah masa orde lama lebih tinggi pajak sepeda German baru menyusul sepeda Holland dan England diperingkat ke 3. Kita sdh tahu kalau sepeda buatan Holland merek Gazelle itu lebih mahal dibandingkan dgn sepeda merek yang lain, begitu juga sepeda England merek Raleigh terhadap merek yang lain. Begitu juga halnya dgn sepeda buatan German merek Durkoff itu lebih mahal bila dibandingkan dgn sepeda WKC Solingen. Dibawah ini saya senaraikan beberapa nama sepeda German yang saya ketahui sbb; ANKER,KARKHOF, DIAMANT, DURKOFF, WINORA, SCHLEPER, NSU, GORICKE, ADLER, BRENNABOR, EXPRESS, OPEL, PUCH, RANDOM, WANDERER, NORDWACHT, JUNIOR, ASSMANN, WEIL, RABENEICK, SOLINGEN, ZEPPLIN, GRITZNER, FIAQ, RIXE, ZUNDAPP, VALUEIS, TRIUMPH, STAIGER, SEKO, BARUAN, REX, dan banyak lagi nama-nama sepeda German yang ngak mungkin disebutkan satu persatu. Tk.

  8. Buat no.17 aMK; Pertama masalah harga memang relatif bila kita mendapatkan langsung sepedanya dari orang yang kurang mengerti akan hal sepeda, jadi itu namanya rezeki yang tak terduga. Yang ke dua bila kita membeli sepeda dari orang yang memang sudah mengerti tentang sepeda dan harga pasarannya maka harganya akan jadi berpariasi sesuai dgn nama, kondisi dan kelengkapan. Untuk sepeda German memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan sepeda buatan England dan Holland. Ini disebabkan karena pajak yang ditetapkan oleh pemerintah masa orde lama lebih tinggi pajak sepeda German baru menyusul sepeda Holland dan England diperingkat ke 3. Kita sdh tahu kalau sepeda buatan Holland merek Gazelle itu lebih mahal dibandingkan dgn sepeda merek yang lain, begitu juga sepeda England merek Raleigh terhadap merek yang lain. Begitu juga halnya dgn sepeda buatan German merek Durkoff itu lebih mahal bila dibandingkan dgn sepeda WKC Solingen. Dibawah ini saya senaraikan beberapa nama sepeda German yang saya ketahui sbb; ANKER,KARKHOF, DIAMANT, DURKOFF, WINORA, SCHLEPER, NSU, GORICKE, ADLER, BRENNABOR, EXPRESS, OPEL, PUCH, RANDOM, WANDERER, NORDWACHT, JUNIOR, ASSMANN, WEIL, RABENEICK, SOLINGEN, ZEPPLIN, GRITZNER, FIAQ, RIXE, ZUNDAPP, VALUEIS, TRIUMPH, STAIGER, SEKO, BARUAN, REX, dan banyak lagi nama-nama sepeda German yang ngak mungkin disebutkan satu persatu. Tk.

  9. Buat no.17 aMK; Pertama masalah harga memang relatif bila kita mendapatkan langsung sepedanya dari orang yang kurang mengerti akan hal sepeda, jadi itu namanya rezeki yang tak terduga. Yang ke dua bila kita membeli sepeda dari orang yang memang sudah mengerti tentang sepeda dan harga pasarannya maka harganya akan jadi berpariasi sesuai dgn nama, kondisi dan kelengkapan. Untuk sepeda German memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan sepeda buatan England dan Holland. Ini disebabkan karena pajak yang ditetapkan oleh pemerintah masa orde lama lebih tinggi pajak sepeda German baru menyusul sepeda Holland dan England diperingkat ke 3. Kita sdh tahu kalau sepeda buatan Holland merek Gazelle itu lebih mahal dibandingkan dgn sepeda merek yang lain, begitu juga sepeda England merek Raleigh terhadap merek yang lain. Begitu juga halnya dgn sepeda buatan German merek Durkoff itu lebih mahal bila dibandingkan dgn sepeda WKC Solingen. Dibawah ini saya senaraikan beberapa nama sepeda German yang saya ketahui sbb; ANKER,KARKHOF, DIAMANT, DURKOFF, WINORA, SCHLEPER, NSU, GORICKE, ADLER, BRENNABOR, EXPRESS, OPEL, PUCH, RANDOM, WANDERER, NORDWACHT, JUNIOR, ASSMANN, WEIL, RABENEICK, SOLINGEN, ZEPPLIN, GRITZNER, FIAQ, RIXE, ZUNDAPP, VALUEIS, TRIUMPH, STAIGER, SEKO, BARUAN, REX, dan banyak lagi nama-nama sepeda German yang ngak mungkin disebutkan satu persatu. Tk.

  10. Buat no.17 aMK; Pertama masalah harga memang relatif bila kita mendapatkan langsung sepedanya dari orang yang kurang mengerti akan hal sepeda, jadi itu namanya rezeki yang tak terduga. Yang ke dua bila kita membeli sepeda dari orang yang memang sudah mengerti tentang sepeda dan harga pasarannya maka harganya akan jadi berpariasi sesuai dgn nama, kondisi dan kelengkapan. Untuk sepeda German memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan sepeda buatan England dan Holland. Ini disebabkan karena pajak yang ditetapkan oleh pemerintah masa orde lama lebih tinggi pajak sepeda German baru menyusul sepeda Holland dan England diperingkat ke 3. Kita sdh tahu kalau sepeda buatan Holland merek Gazelle itu lebih mahal dibandingkan dgn sepeda merek yang lain, begitu juga sepeda England merek Raleigh terhadap merek yang lain. Begitu juga halnya dgn sepeda buatan German merek Durkoff itu lebih mahal bila dibandingkan dgn sepeda WKC Solingen. Dibawah ini saya senaraikan beberapa nama sepeda German yang saya ketahui sbb; ANKER,KARKHOF, DIAMANT, DURKOFF, WINORA, SCHLEPER, NSU, GORICKE, ADLER, BRENNABOR, EXPRESS, OPEL, PUCH, RANDOM, WANDERER, NORDWACHT, JUNIOR, ASSMANN, WEIL, RABENEICK, SOLINGEN, ZEPPLIN, GRITZNER, FIAQ, RIXE, ZUNDAPP, VALUEIS, TRIUMPH, STAIGER, SEKO, BARUAN, REX, dan banyak lagi nama-nama sepeda German yang ngak mungkin disebutkan satu persatu. Tk.

  11. beberapa kawan pernah bercerita dan ada penampakan beberapa fahrrad (tentang solingen), tapi saya tidak punya data apa ini satu pabrik apa nggak….
    Bahwa: merk Wkc, Wkc Solingen, dan Solingen ada fisiknya dan pernah ditemui.
    German salah satu pembuat sepeda terbesar di dunia juga salah satu tertua, hal ini juga di yakini salah satu prof ontel :om andyt(kebetulan td pagi kami ngontel bareng…hehehe).
    Banyak banget merk yg di keluarkan german selain yg sudah di sebutkan banyak macam oleh pak sulaiman, untuk variant ontelnya, bahkan ada buku yg mengatakan sepeda2 amerika pun yg mengarsiteki juga orang german

    bagaimanapun german salah satu pembuat ontel yg sangat variant dari bentuk dan teknologinya….

    hidup england….eh maap hidup german juga…..hehehe

  12. Mas Hardi, karena Mas Hardi kembali meneriakkan yel Hidup England (meskipun sudah dikoreksi. Hehe…), dan karena Mas Hardi cerita barusan ngonthel bareng Mas Andyt, sekali lagi bolehkah saya diberi alamat e-mail Panjenengan? Nuwun.

    wongeres@yahoo.com

  13. Buat 32
    Kayaknya maksa juga tuh. Aku saja nomor antriku barusan dipanggil je, lalu Mas Wongeres dapat nomor antri berapa sih ? Kayaknya pasiennya Cak Hardi banyak juga, bener2 idola onthel England. Kalo boleh ngasih bantuan (nyuwun sewu Cak Hardi) kalo pingin alamat e-mail Cak Hardi coba dibuka Wiwinaked – Merk Sepeda – Raleigh – Raleigh Jemursari Surabaya (pasti ketemu). Kapan2 kalo ada acara ngonthel hari Minggu pagi akunya di ajak dong Cak Hardi.

  14. Buat No. 20. Apa njenengan Mas Bagus yg pernah ktemu sy di tempat Mas Erwin Tamsis ya???
    Kepada para ontelis semua,
    Terima kasih banyak atas masukan dan saran dr anda semua…

  15. wah ane juga anak bawang (alias kelas pemula) di onthel sekarang tinggal di bintaro, sepeda saya di depan ada merk yang tulisannya “christophorus ………”, mohon infonya apa ini salah satu merek sepeda ? kalau iya buiatan mana ya jerman, belande atawa ciseeng, makasih atas infonya, mas handoko sepeda yahut beeng

  16. salam buat pak joko…..setelah mendengar suaranya..saya jadi minder neh……pasti ada yg spesial di dalam ruangan khusus ontelnya…kapan bisa nambah ilmu ontel k sana pak…

  17. Terima Kasih Bang Lemann Pencerahannya banyak memberi saya ilmu dan masukan mengenai sepeda Germany dan menumbuhkan kecintaan saya terhadap sepeda Germany pula,Terima kasih..

  18. Mungkin sebagai tambahan ada pula sepeda ada tulisannya
    FANDT made in Germany, beberapa diantaranya berupa sepeda Gardan. Mohon bisa dijelaskan lebih lanjut tentang sepeda jerman FANDT. Maturnuwun.

  19. Buat para ahli yang tahu peredaran jenis sepeda dan di daerah mana aja, bisa dong bagi”info, misal fongers banyak di pekalongan/batang (mungkin lo..), Raleigh di Boyolali (mungkin jg..), plis infonya…

  20. Selamat siang Mas2 pakar sepeda…saya Andri…saya sedang mencoba u/ restorasi sepeda GORICKE, saya agak kesulitan karena tidak tahu sepeda ini komplitnya seperti apa, barangkali ada yang bisa membantu, yang mempunyai foto sepeda GORICKE laki2 yang utuh, agar dapat saya gunakan sebagai panduan??? Atau alamat website yang memuat foto sepeda GORICKE ini
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  21. saya punya rangka sepeda onthel mirip dengan sepeda simplek.merknya tidak diketahui sampai saat ini.logo trbuat dari kuningan meip dengan philips kuningan.logo berupa gambar tak jelas ada tulisan ashford england.Tapi bukan ramler.Rangka besi kokoh dan tebal. merek asli bukan buatan /palsu.ditmukan diringsokkan besi tua.dicari di internet tidak ada info.rekan onthelis mungkin ada yang tahu?
    salam knal dari toc (tabalong onthel club)tanjung kalsel

  22. to: pak Sulaeman Medan

    Makasih SEKO disebut, jadi agak PD saya he..he..besok dipakai ngonthel ahhh….

    Apa velg sepeda jerman 32 dan 40 bos?

    thanks pak Sulaeman for info

  23. to : Okidikarawanggededibandungkerjadiperusahaanjepang.

    Damang Gus Oki? Kumaha Simplex teh? Main ke bandung Bos.
    Dapat sepada baru merknya Megan Fox, ukh…josss mulus, cat ori, lis komplit, Jok celenggg, bagasi yahudd..he..he…diantos dibandung.

  24. u/mat rois
    sayang mas tulisannya tidak lengkap, mungkin lengkapnya
    ” christophorus RONALDO ” kl ini asal portugal
    ” christophorus GONZALES ” kalo ini asal uruguay kl ngga salah ingat, he….he……he……
    maklum mas sm2 pemula di per”onthel”an

  25. maaf, penulisan yang benar mungkin DURKOPP( bukan FF),yang dikemudian hari join dengan ADLER dan bikin mesin jahit dengan merk dagang DURKOPP ADLER dan banyak membuat mesin jahit yang paling mutakhir(pocket welting,button attaching, auto serging, button holing dsb) yang kemudian banyak ditiru oleh fabrikan asia(jepang,juki dan brother)memang banyak manufacture besar yang berganti haluan dengan memproduksi mesin jenis baru untuk menghidupi perusahaan yang mulai menurun turn over-nya( demand menurun), contoh JUKI pabrik senjata menjadi perusahaan mesin jahit, DURKOPP ADLER dari sepeda ke mesin jahit dan juga AMF REECE yang merambah industri lain meskipun pernah menjadi raja EYELETT BUTTONHOLE MACHINE S 100, S 101.
    Banyak pabrikan besar yang harus segera menambah varian produksi atau merubah sekaligus jenis produksi, supaya bertahan dari masalah yang timbul dari berkurangnya daya serap pasar( akhirnya turn over turun) contohnya,GE, SIEMEN, JUKI dst.
    Saya tidak faham apakah masalah seperti ini yang membikin banyak pabrik sepeda yang gulung tikar, artinya tidak cukup respons-nya ketika melihat perubahan jaman( misal S,F,tidak mengira bahwa sepeda akan turun terus demand-nya diganti sepeda mesin dll.) 2 backbones are better than 1,or we have to change our backbone right away when we feel our backbones are not strong enough…. anymore! (business backbone),sugeng enjang mr. Zadel!

    wassalam.

  26. @ guru sahrany toc

    menurut saya sepeda bapak itu seperti sepeda GORICKE….

    sepertinya emblemnya sama dengan sepeda itu yang gearnya seperti rantai bulat2 ….

    emblemnya tebal kuningan juga.. tapi sayang gak kelihatan gambar apapun

  27. salam
    saya mohon pencerahan dari para ahli
    saya pgn tahu lbh dlm soal onthel german merk torpedo.
    krn drmh ada onthel laki tggi 60 dgn emblem TORPEDO (orisinil) bukan pasangan ulang.
    emblemnya oval, warnna putih biru putih.
    tulisan torpedo ditengah (warna biru)
    sementara atas bawahnya yg warna putih ada huruf W.
    supitan dan arm blkg sambung jd 1(cor) mirip cycloide
    stang cungkrung pake seluid hitam, ditengah ada tulisan “made in germany”
    pelg schothorsi dpn 36 tp blkg schothorsi 40
    mohon identifikasi onthel saya ini karna saya pgn berusaha melengkapi atributnya.
    salam dari Malang
    trims

  28. hallo iwan torpedo..
    muncul jg nech sepeda kesayangannya
    ini ada stang merk TORPRDO dgn tulisan latin yg miring
    sayange seluidnya sdh hilang. klo minat segera samperin pakdhe syiran maestro dari selatan

  29. Kayaknya banyak sepeda jerman yang bermunculan di Indonesia tapi spesialis sepeda jerman belum ada ya, kalo nyebutin merk sih guaaaampang ! tapi sejarahnya gelap gulita, kayaknya mesti trace ke kementrian perindustrian jerman ya! any info?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s