RUDGE BY76110

Saya baru dalam per-onthelan di jagad raya ini, oleh karena itu saya dengan rendah hati memohon pencerahan dari RUDGE yang saya beli. Menurut penjualnya Rudge ini tahun 1955. Karena saya gak ngerti jadi iya iya aja waktu beli, ya Wallahualam deh. Tapi bolehkan minta saran dan pencerahan dari para senior mengenai sepeda ini, keterangan seperti gambar terlampir ya…
Thanks buat admin yang mau postingin pertanyaan sata juga rekan-rekan yang mau kasih komentarnya, saya tidak dapat mebalas kebaikan admin dan rekan sekalian tapi saya yakin Tuhan pasti balas segala budi baik Anda sekali, trima kasih

– SALAM ONTHEL –

Lutfie

Logo depan                               nomer seri BY76110

raleigh industri                        perseneleng brampton

dinamo Bosch                              SA 55-11

68 thoughts on “RUDGE BY76110

  1. Perasaan saya pernah liat nih sepedah, tapi dimana? Inggris ya? Top dah..Thanks buat admint yang nampilin kembali england.

  2. Iya mas, coba di lengkapi foto yang lebih detail buat logo di stang, boncengan, palek, standar, rem depan, kunci, pompa. Udah diganti/belum, apa mungkin dah disensor admin..?, tp yang penting digenjot mas.., biar sehat..piss..ah..

  3. Thanx buat smua yg udah kasih komen, sebenarnya sy pengen attachment lebih detail lagi tapi sayang jadi berat dan lama banget loadingnya, terpaksa deh seadanya aja. pada dasarnya sepeda ini dalam kondisi :
    1. Stang “Raleigh Industri”
    2. Boncengan tanpa merk
    3. Pelk depan “Dunlop”, belakang tanpa merk
    4. Standar tanpa merk
    5. Rem depan tromol “Sturmey Archer”
    6. Pompa kelihatannya dah diganti
    6. Logo adanya seperti itu, tapi suda ta’ buatkan yang dari kuningan
    7. Lampu “Bosch Germany”
    8. Pedal sulit dikenali lagi
    9. Spakboard kelihatannya “Phoenix”
    10. Sadel merknya sudah terhapus tapi ada 2 per panjang dibelakang
    11. Fork model pangkat diatas
    dari kondisi demikian, bagaimakah keaslian sepeda saya?, apakah yang harus diganti? supaya mencapai tingkat keorisinilan yang lebih tinggi dan yang paling penting ber gak ya itu tahun 1955?, bagaimana cara mengidentifikasinya?. Mohon kembali kiranya para onthelis yang sudi berbagi kepada saya untuk mengathui lebih jelas dan baik mengenai pendamping saya yang baru ini, kasihan juga kan kalau gak dibuatkan kue ulang tahunnya cuma karena gak tahu umurnya berapa. Trimaksih sekali lagi

    -SALAM ONTHEL-

  4. salam kenal bapak lutfie….
    Kenapa press logonya di ganti…klo memang bawaan nya dr aluminium kenapa di ganti…sayang lo…klo liat sepintas kelihatannya masih utuh pak…
    Mengenai selebor kelihatannya punya phonix, coba di cek aja ama selebor phonix…klo lebih sempit dari selbor phonix…berarti aslinya pak….
    Jangan terlalu terburu di ganti-ganti…coba sowan ke kawan2 yg punya onthel england…biar lebih mantab nya…
    Tapi klo gak salah katengkasnya punya phonix yah….maap klo salah

    salam ontel pak

  5. Trims Om Hardi…..
    Logo yang asli almunium nda’ ta’ ganti, saya biarkan aja disitu tapi sy coba-coba bikin dari kuningan, kliatannya lebih klasik tapi nda ta’ pasang di batang stang, ta’ pasang di slebor depan buat hiasan aja…hehehe.
    Yang sy maksud phoenix itu adalah katengkas maaf bukan spakboard, berarti tepat sekali penerawangan mas hardi tapi kalo spakborad mah masih asli (kliatannya..hikhikhik), soalnya warnanya senada ma batangannya alias gak ada catnya. Soal tahunya gimana ya? apakah ada onthelis yang bisa menerwang lebih jauh lagi atau lebih dalam lagi? Mohon….

    -Salam Onthel-

  6. Saya dibekasi mas….jangan panggil aku bapak ah..jadi tua rasanya…tapi muda juga nggak seh. Saya pengen gabung sih tapi nda tau harus berbuat apa, sudah ta’ email Mas Fajar POC Bekasi tapi kurang jelas info untuk isi formulirnya, hehehe…jadi masih bingung neh. Ta’ usahakan sebeleum November segala sesuatunya sudah beres dan diakui sebagai anggota onthelis apapun. Makasih mas hardi atas infonya dan dukungannya. Salam.

  7. Wakakaka…enak juga kali ya sowan dapet teh sama roti sumbu tapi sy gak tahu rumahnya mas….tapi ta’ samperin tempat kongkownya juga gak pernah ada…jadi nunggu aja dehh…kali aja ketemu rombongan onthelis lewat dijalan mau ta’ cegat aja…langsung minta form-nya dan langsung tawar sepedanya yang lain, buat nambah soalnya lagi ketagihan sepeda nih, juga buat kado cewek-ku…dia seneng juga onthel…hehehe.
    Buat onthelis bekasi…mohon dong saya dibantu untuk bisa gabung…salam.

  8. Salam Lutfi-Aponx…

    Bagi menjawab persoalan anda mengenai sepeda Rudge yang baru anda miliki,sila beri alamat email anda kepada saya, saya akan attach kan katalog Rudge untuk tatapan anda,semoga ia membantu anda dalam melengkapi sepeda nya. Email saya di chegu_korn@yahoo.com

    Semoga ia sedikit sebanyak dapat membantu anda dalam melestarikan sepeda Rudge/ ” Cap Tangan”. Tahniah!

  9. Mas Lutfie yang lagi berbahagia, dengan segala keterbatasan wawasan saya, bolehlah saya ikutan komentar.

    Sepintas, kalau dari sisi function maupun fashion, sepeda Anda sudah ok. Penampilan bagus dan dikayuhnya nyaman. Dengan ini saja Anda sudah beruntung Mas.

    Tapi kalau menghendaki masukan “supaya mencapai tingkat keorisinilan yang lebih tinggi” (saya suka sekali bahasa Anda ini), paling cuma perlu cari kettingkast yang asli dan khas Raleigh industry (England, bukan Jepang). Spatbor sepertinya asli, tapi tentu kalau ada foto lebih detail akan lebih mantap mengidentifikasinya. Handle persnelling biar sama ya carilah ganti yang ada tulisan Sturmey Archer. Sudah.

    Rudge, Humber, dan Raleigh, meskipun masing-masing punya logo sendiri, tetapi ketiganya dibikin oleh satu pabrik “Raleigh industry” (setahu saya Humber diakuisisi th 1932, Rudge th 1943) sehingga jika tangkai pedal, stang, cantolan lampu depan, lampu belakang, dsb ada tulisan Raleigh industry, sebenarnya sudah afdol. Tetapi beberapa orang ada juga yang maunya sesuai mereknya.

    Perkiraan tahun pembuatan 1955 (mungkin tidak tepat benar) itu didasarkan pada angka yang tertera pada hub Sturmey Archer itu. Dengan catatan, kalau hub itu bawaan sejak saat belinya.

    Begitu Mas Lutfie. Seperti kata Mas Hardi, bawa saja sepedanya ngonthel bareng, lalu tanyakan pada para pakar dan onthelist, semoga mau berbagi komentar. Nuwun.

  10. mas lutfie, selamat anda mendapat tangan, sepeda rudge sangat nyaman di kendarai apalagi jalan yang kurang halus ( maaf kalau salah ini pengalaman pribadi ) yang penting yang ada di rawat baik baik sambil jalan dan bertambahnya pengatahuan tentang sepeda bisa di usahakan untuk melengkapinya.

  11. Raleigh group memang mantap untuk jalanan naik-turun. Lah kan ada persnellingnya. Hehe…
    (24) Ada tuh triceratops. Burgersnya masih kok. Kebab juga banyak! :-))

  12. wah mas wongeres ini sepertinya memahami betul tentang sepeda ya expert gt…kalau saya liat bukan hanya produk Belanda yang dipahami tapi Inggris juga sangat hafal…saya jadi pengen ketemu dengan mas wongeres diskusi sepeda, yang punya Fongers Dino itu yach..he..he..he..nanti pas Ultah Podjok saya pengen ketemu mas, kalau ndak salah mas wongeres ini dari potorono ya mas..??maaf kalau salah…

  13. (26) jadi pengin malu 🙂 kami di Jogja memang suka ngobrol intens. Apalagi di wiwinaked ini juga padat informasi. Jadinya sedikit banyak mestinya adalah akumulasi pengetahuan. Meskipun ya jangan (pernah) dibandingkan para pakar di sini…

    Semoga pas ultah Podjok banyak teman di sini bisa pada dateng ya, biar kami bisa kenal langsung sedulur-sedulur onthelist seantero nusantara. Salam dari potoronotomo 🙂

  14. Trimakasih buat rekan-rekan yang sudi meluangkan waktunya guna mengomentari dan memberikan semangat kayuh yang sangat besar buat saya.
    Memang soal katengkas merk phoenix sangat mengganggu fikiran maupun perasaan saya baik saat sedang dipandangi maupun sedang mengayuh sepeda tersebut. Mau cari katengkas Rudge gak tau kemana, mau cari katengkas raleigh tambah gak tau, pusyiiiiing jadinya, tapi jujur semua perasaan gundah dan tidak nyaman terhapus sudah oleh nyamannya “mengenjot” sepeda tersebut. Jalan rusak nda membuat “sesak”, jalan mulus “mlaju terus”, oh nikmatnya.
    Ingin rasanya terus mengayuh sepeda itu namun apadaya hanya seorang diri, soale belum tergabung dengan paguyuban onthel, tentunya lebih seru jika berbarengan dengan yang lain, menikmati kebersamaan bersepeda.
    Originaly saya hanya tahu sedikit tentang Rudge dari internet, jadi saya bingung nda bingung dengan sepeda ini. Kalo memang prosentase keasliannya diatas 90% buat saya yang pemula ya sudah amat cukup, kekurangannya tinggal mencari pelan-pelan segala kekurangannya, syukur-syukur bukan cuma part Rudge yang saya dapt tapi juga Rudge model dames, hikhikhikhik.
    sekali lagi trimakasih buat rekan-rekan senior yang telah memberikan masukan, terima kasih lagi apabila ada yang mau mengirimkan katengkas orisinil Rudge, saya pasti seneng deh…hehehehe. Salam Onthel.

  15. gak usah binun…santai saja mas lutfi…besok kan ada acr di jkt dtg aja…pasti banyak penampakan di klitikan-klitikan…
    Yang penting tuh sepeda di service yg ok…klo bisa rangka di kembalikan pada posisi stabil, karna cirinya pake presneling, ya presnelingnya di cek nricek aja…ganti pelumas, klo udah lama gak pernh di service….manstab….
    Palagi buat ngontel puluhan kilo, gak kroso kesel….tapi yo ngelak..wong panas…

    apakabr mbah roko…kangen dalem kalih panjenengan….sampun dangu panjenangn mboten traktir kula nasgor…besok acara nopember saya di traktir nasgor yah..hehehe

  16. Rudge ini sudah ta’ kuasai kurang lebih 2 minggu, aku cuma tarik sedikit tali persnelengnya, semua berjalan baik, baik H N ataupun L, enak sekali, tanjakan tarik terus, jalan rata manteb cuma jalan turunan rada-rada ngeri soale remnya gak terlalu pakem, aku belum cek kanvasnya, mau ta’ cek takut salah pasang lagi, gawat deh.
    BTW mas hardi posisi dimana ya….ada info nda klitikan di Bekasi atau Jakarta?. Trims.

  17. rudge bagus…raleigh…bagus…gazelle…bagus….yang penting guyub…..memang originalitas melambangkan satus pemilik…..pelan-pelan hal itu bisa dipenuhi…ulet..tekun dan dengan pengorbanan uang tentunya hehehehe……..sing penting guyub ok….

  18. Buat Om-om, akang-akang, abang-abang, mas-mas, bapak-bapak semua, tengkyu ya info dan pencerahannya, hanya saja pencerahan itu bikin saya jadi mumet, mumetnya jadi pengen sepeda yang laen juga. Saya ada sih sepeda SUPER CYCLES yang udah di kirim ke admin tapi belom diposting di blog ini. Nanti kalo dah di posting mohon pencerahan lagi ya, soale identitasnya belom jelas juga.
    Sekali lagi bravo juga buat sepeda-sepada lawas Inggris, Belanda, Jerman, Amerika, Jepang, China dan negara-negara lain…..GENJOT TERUS.

  19. saya posisi di sby…..

    Mbah ni pura2 terus ma cucunya….sampeyan kan bli nasgor gak pake penyedap rasa to….hehehe

    wah saya gak bisa datang acara 26 mbah…panjenangan rawoh gak…

  20. Jangan tebak tebak buah manggis nak hardi, kebetulan aku jarang makan nasgor (kapan ya….). Kemaren aku ndak dateng karena ada acara di bandung, katanya sampean juga ndak dateng karena ada sodara yang hajatan di semarang ya….Pas halal bi halal di rewin itu malah aku dateng tapi karena sampean terlalu asyik dengan nak Andyt aku ra wani ngganggu. Salam uhuk….3x

  21. wah bagus dan selamat onthel
    klo soal england touu kang hardi jagonya
    boleh kasih saran kalo bisa persenelengnya yang sturmey Archer ( SA ) biar lebih siiip

    Paskung Sukodono

  22. waduh….taseh seger ngoten…kok sampun pikun to mbahe niki pripun…
    menawi mboten purun trantir dalem njih mboten menapa…..mangke dalem trantir napa pripun….paling njih sampeyan isin malih……hehehe

  23. Untuk No 36.
    Jan…..ramein kita kalau minggu dong.bangun pagi2x biar bisa ngonthel bareng.dari pasar rebo yg jauhan aja ikut……

    Faj.sepeda ente sudah saya masukin kartu keluarga saya tuh…hehehehe.

  24. bagi ane kalau mau cari /dapat yang 100 % keorginal ntu sepede harus kembali jaman dulu baru deh bisa dapat yang original semuanye, yan seperti film the matrik gitu cing. yang penting kita sudah melestarikan trasportasi jadul and yg terpenting lagi bisa digenjot sampai ngos..ngosan, slamat yang cing dirawat tuh kalau perlu tidur seranjang. hik..

  25. BUat mas Iwan….betul sekali bahwa originalitas bisa tercapai pada jamannya saja, hanya saja kekurangan sepeda saya sekarang membuat saya semakin penasaran seperti apa ya bentuk aslinya?….itu saja. Soal genjotan? jangan ditanya…uenae puollllll. Kalo soal seranjang sih belom…dia cuma ngintip aku dari jendela…soale baru bisa ta’ simpen di ruang keluarga…kamarku dah sempit….ntar malah jadi nyesek deh kalo sekamar lagian juga bukan mukhrimnya…hehehehe. Makasih ya Bang Iwan….

  26. Maaf ya mas ikut komen dikit kan boleh, sewaktu saya masih sekolah di smp negeri Lakbok sono, didaerah banjar selatan th 1967 s/d 1970 ceritanya kawan saya punya sepeda RUDGE cewek pakai presneling pokoke hebatlah pakai sepeda macam itu. Karuan aja dasar anaks yang lain pada merengek2 sama bpknya termasuk saya minta sepeda ngecek.. cek.. cek.. dan alhamdulillah bpk saya membelikan saya sepeda RELAIGH dan kawan saya lainnyapun dibelikan bpknya sepeda HUMBER yang bisa ngecek.. cek.. dan lainnya lagi ada yang pakai GAZELLE dll. Alhasil sehabis sekolah suka puter-puter jalan kampung Kecamatan Lakbok dan kalau hujan rame2 cuci sepeda dikolam. Saat itulah kami sering pemperhatikan merk2 onderdil sepeda masing2 dan ternyata utk merk RALAIGH, HUMBER DAN RUDGE pada stang, batang pedal dan pedalnya bermerk Relaigh intustries. Demikian utk referensi dan mohon maaf tks.

  27. Waduh mas Hardi bikin saya jadi tambah pede nih.Jadi memang demikian adanya ya, stang, pedal dan batangnya bertuliskan “Raleigh Industries”, wah berarti sepeda saya makin mendekati orisinil dong. Wah, makasih banget ya mas Hardi, seneng sekali saya. Btw sepeda mas Hardi masih adakah?bagaimana kondisinya?semoga baik-baik saja ya begitu juga orangnya, baik-baik juga. Trimakasih ya mas atas infonya. Salam.

  28. Waduh mas Hardi bikin saya jadi tambah pede nih.Jadi memang demikian adanya ya, stang, pedal dan batangnya bertuliskan “Raleigh Industries”, wah berarti sepeda saya makin mendekati orisinil dong. Wah, makasih banget ya mas Hardi, seneng sekali saya. Btw sepeda mas Hardi masih adakah?bagaimana kondisinya?semoga baik-baik saja ya begitu juga orangnya, baik-baik juga. Trimakasih ya mas atas infonya. Salam.

  29. Emang orizinilnya begitu mas Lutfi, soklah lihat punya kawan yang punya humber ori kan tetep aja pakai raleigh industries jaminlah aslinya begitu. Gak pelu mumet2 lagi tinggal dirawat baiks da RUDGE mah pada jamannya dulu, sepeda yang paling nyaman… tentunya… tentunya… setelah RALEIGH yang aku punya ha.. ha.. ha.. aku punya masih kenyes-kenyes lho..

  30. Bewara, saya punya New Hudson Birminham, seri P – 4722, kira-kira keluaran tahun berapa?apa kelengkapannya masih banyak tersedia?tolong kasih masukan, thx

  31. Salam kenal untuk semua…
    saya mau nanya nih…
    saya dah lama seneng sepeda kuno..
    dulu waktu SMA pernah punya hercules…
    dan pernah nunggang simplex…
    nah sekarang saya di tawarin Rudge cewek…
    sekilas saya liat masih banyak yang ori…
    nah saya mau tanya bagaimana pendapat teman2 mengenai sepeda ini…
    karena saya tidak pernah melihat Rudge cewek maka saya jadi bingung…
    n kalo ada temen temen bisa kasih saya standar harga yang bisa saya gunakan untuk “meminang” sepeda ini..
    terima kasih sebelumnya atas jawabannya…

  32. Om Kresna, Sy Lutfi pemilik sepeda diatas. Setahu saya sepeda saya yang tidak asli hanya katengkas saja, selebihnya adalah ori, nah barangkali bisa buat bahan perbandingan coba saja bandingkan dengan sepeda diatas, mudah2an bisa jadi pencerahan untuk meminang sang pujaan hati tapi kalo ditolak saya juga mau coba-coba meminangnya…tapi kalo mas Kresna gak cemburu…hehehe. Salam 5 Jari.

  33. salam 5jari…keren ya sepeda’a mas lutfi… saya baru saja mendapatkan onthel seperti ini. emang bener2 enteng di tunggai…pokoknya sip deh…salam 5jari….

  34. saya ada rudge dames serie BZ apa BJ saya juga lupa, dimana ada tempat pompa di antara batangn, Triggernya merk Brampton, dan Sturmey-Archer, emblenya almunium, Gearnya kecil dan bermotif garis bukannya motif tangan… Tetapi pemiliknya bilang memang sudah dari sananya tidak ada yang diganti. mohon penjelasannya kira tahun berapa rudge saya itu thanks

  35. Mas iwan sudah pinang dia atau belum, kalo boleh…hehehe…mending kita jodoin aja ma punya saya, biar gak kesepian gitu. Baiknya ada gambar yang bisa me menjelaskan gearnya seperti apa. Kelihatannya part yang lain gak jauh beda ya sama saya punya.

  36. Sobat Onthelers semua,
    Saya pemula dalam hal Sepeda England. Kebetulan saya baru dapat sepeda dengan ciri2 mirip Rudge, tetapi ada perbedaan pada logo depan. Logo Rudge biasanya bergambar tangan dengan 5 jari terbuka,. tetapi punyaku bergambar tangan dengan 2 jari terbuka seperti lambang KB saat Orde Baru.
    Adapun spesifikasinya :
    1. Velg Sturme Archer
    2. Tromol depan SA tahun 1969, belakang persnelling SA tahun 1968
    3. Gir depan berlogo tangan dengan 5 jari terbuka
    4. Onthel (kayuhan pedal) bertuliskan Raleigh Industry
    5. Boncengan RIDER
    6. Lampu dan dinamo BOSCH.
    7. No Rangka BR63794
    8. Bentuk spartboar persis seperti punya RUDGE, HUMBER, RALEIGH.
    Sobat semua, mohon pencerahan, apakah ada RUDGE dengan logo seperti logo KB?

    Salam,
    Dodik PASEKUM
    (Paguyuban Sepeda Kuno Umbulrejo, Jember, Jatim)

  37. Sy baru dapat ongkrokan sepeda onthel rudge ga begitu kelihatan di bawah sadely trtulis 69864 kata mertua saya sepeda ini sdh semenjak sebelum lahir istri sy..istri sy skrg dah usia 30 th..skrg th 2018..berarti dah dipakai mertua semenjak sebelum th 1988an..mau bersih2 byk karaty..mau tau solusi bersihkan pakai apa ya..solar/bensi. /minyak tanah…mohon masukanya yang aman untuk brg yg tak ternilai ini demi sy pecinta onthelis yg baru…suwun

  38. Sy baru dapat ongkrokan sepeda onthel rudge ga begitu kelihatan di bawah sadely trtulis 69864 kata mertua saya sepeda ini sdh semenjak sebelum lahir istri sy..istri sy skrg dah usia 30 th..skrg th 2018..berarti dah dipakai mertua semenjak sebelum th 1988an..mau bersih2 byk karaty..mau tau solusi bersihkan pakai apa ya..solar/bensi. /minyak tanah…mohon masukanya yang aman untuk brg yg tak ternilai ini demi sy pecinta onthelis yg baru…suwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s