“BIAR JELEK TAPI LUMAYAN”

Ontel ini di dapat dari Kota cepu, setelah seharian berputar-putar dan tanya sana sini, akhirnya ketemulah semuah rumah.
Dari situ saya mendapat sebuah gazelle heren seri 375243 dalam kondisi yg lumayan utuh, tapi dgn model rem karet (transmisi remnya tidak asli).
Setelah bernego dengan pemilik (seorang haji), mulai dari jam 3 siang ampe jam 9 malem…akhirnya baru bisa tertangkap sepeda ini….lega bercampur senang, sedikit deg-degan….Betulkan…terlalu malam..akhirnya saya tidur di trotoar di temani kawan saya, baru setelah pukul 5 pagi ada bis menuju surabaya…lega rasanya.
Sampai di surabaya baru saya bongkar total, sedikit demi sedikit di pasang kembali…..wiiiihhh ternyata sungguh anggun.
Perjalanan pertama saya ikutkan dalam acara temu kangen sekalian halal bihalal kawan rewin/kosti jatim…..ueeenak tenan…

g04

Biar jelek tapi Gazelle 375243

g01

Tampak depan…mantap

g07

Ciri khas GIR Gazelle keluaran tahun awal

g06

Bel kodok…krok..krok…

g08

Tiang boncengan model shock

g101

g11

Nomor rangka

g14

206 thoughts on ““BIAR JELEK TAPI LUMAYAN”

  1. Hayo ngaku…?
    Ini sepeda cantik mas Laexs atau selingkuhane kang Hardi?

    Soalnya ane juga ikut acara halal bihalal-nya Pakar Rewwin (kan ane anggota ‘gerombolan kurowo’ pimpinan pak Sugeng itu). Setahuku yang pake Gazelle seri 3 itu cuman kang Hardi doank, dia bersepeda disebelahku terus, dan sepanjang jalan aku olok-olok yang intinya ‘ngakunya hanya Raleigh seorang, namun bergendak juga dengan Gazelle’.

    Untungnya dia nggak marah. Soalnya dia kan seniman yang rendah hati dan hanya bisa senyam-senyum, saja.

    Dua hari lalu, sepeda ini sudah berketengkas plengker yang opsinya memang untuk Gazelle seri kuno. Malah aku juga yang bantu masang ketengkasnya. Terus boncengan sudah dilepas, sebab kata pak Koopmans, Gazelle sebelum tahun 1940 tidak ada yang memakai boncengan.

    Namun bisa juga fatamorgana,
    ini bukan sepeda kang Hardi…. Sepeda siapapun, Gazelle ini tetep cuantiik.. 😛

  2. mantap sepedanya kang…,gak sia-sia perjuangan sampeyan hingga tidur di trotoar… untung gak di garuk di sangka preman.. hehehe

  3. Muantabbbb Mas…..

    Jelex to bagus tu tergantung dari sudut pandang seseorang!
    Seniman2x kayak kita disini toh hanya iso menikmati, sisa2x peradaban jaman yg sudah liwat…
    dan melestarikannya tentunya…

    Koyo sampean ikiy…..

  4. O…O..OOOOOOO kamu ketahuan, pacaran lagi (Matta Band) dengan onthel Belanda, kapan hari dengan Jerman. Sampeyane kan idolanya onthel England, he….. he….. he……..
    Tul Cak hardi, Biar jelek tapi lumayan,……………. lumayan buat dikirim ke aku, he… he ….

  5. saya juga punya lho gazelle seri 3 persis punya cak laexs rencana mau tak lego cepat soalnya garasi udah gak muat hayo siapa yg minat bisa hub saya di 0816.4249.212 siapa cepat pasti dpt. lokasi dimagelang

  6. ojo ngono pro andyt…..moso selingkuhann karo ontel…yo sekali-sekali numpak holland….hehehe…

    Saya lega loh…sampe ketengkas plengker aja prof andyt turun tangan…la gimana, biasa tangan buat pegang pensil, malah di suruh masang sendiri….yang seneng lagi sudah langsung di coba prof andyt dengan lepas tangan…..

    6 jam itu ya pake minum, makan…lirik kanan-lirik kiri…anake pak haji ayu je…hehehe….kan saya ngaku dtang dr jauh…jadi besok kalau maen ke dalemnya pak pur..saya juga ngaku jauh lo pak…..

  7. tidur di trotoar terpaksa kang…duitnya abis buat ambil ontel…lagian di cepu binun cari atm…ditawarin ojek ampe bojonegoro 30 ribu, takut kalau malem2 pulng malah di perkosa…hehehe…

    Maksudnya gini kang mr t…waktu dapet neh saya liat ontel jelek amat ya (fisiknya, cat udah gak ada)….tapi ya pelan2 di semir…lama-lama besinya jadi keitem-iteman dikit lah…jd lumayan

    oh iya kang….lupa postingkan posisi klem selebornya…jadi ini sepeda posisi klemnya selebor tidak kanan kiri, melainkan atas/bawah…dan klemnya tidak bergambar gazelle, melainkan kepala gazelle (bahan kuningan)

  8. hidup england to pak Joko…..piye to…..
    sepeda jerman masih dalam proses pak joko….mudah2 an..tahun depan bisa di postingkan, atau malah onderdilnya hilang semua…wakakaka…ini salah satu kelemahan saya, sering lupa naruh onderdil….

    Kapan kita ngontel bareng pak Joko…saya tiap sabtu pagi ngontel muter2 ma temen2 ….

    Satu lagi, kondisi selebor belakang tidak ada lobangnya buat naruh lampu, juga d tambah saran prof andyt: “jangan sampe di lobangi”. Akhirnya cuma di pasanglah lampu stopan samping.

  9. Mas Hardi……….P.Andyt………………..lama nian nich nggak ketemu, ntar minggu depan ke acara Sby atau ke acara Jogja??
    memang sekarang banyak tuh….teman – teman yang nyari gazelle serinya yang tua…………..he he he……………..tapi……..kalau nyari bini tetap maunya yang muda……………..muda…….he he he………………

  10. pak har tau aja selera itu……sesuai nick nya PPP…..
    Paling pak Har nggak dateng juga….hayo….brani dateng nggak….hehehe

    nggak usah di quick’quick…..nti hasilnya nggak cocok…datengin mahkamah konstitusi…hehehe

  11. pak flora..kalau cuma mecicil ya gak bisa dapet…mungkin kalau ngangsur …temen2 ada yg berkenan…pasti bisa dapet kok pak…mungkin dengan semangat dan doa…..

  12. Amien..mohon info kalo ada temen2 yang mau lepas gazelle dengan pembayaran di ansur..
    biar gazelle gado2 jg ga papa..
    trimakasi temen2 yang mau membantu mewujudkan cita2ku..

  13. hardi: ‘pak flora..kalau cuma mecicil ya gak bisa dapet…” <—- setuju… dan perlu dokter mata. ehehe..
    mungkin kalau ngasur … <— ?
    :)-

  14. Pola angsuran Gazelle-nya misalnya gini:
    Harga tunai: Rp6jt
    Harga kalau diangsur 3x: Rp6.6Jt
    (kalau ngangsur kan harganya memang akan lebih tinggi)

    Cara mengangsur
    Angsuran I: Rp6jt
    Angsuran II: Rp300rb
    Angsuran III: Rp300rb
    Total: Rp6.6jt.

    Ada yang berminat? 😀

  15. mungkin diantara temen2 pakar2 gazelle bisa menjawab beberapa pertanyaan saya 1. sampai seri berapakah gir rantai orisinil yg modelnya ada tulisannya gazelle ? seperti punya cak laexs. nb : gazelle seri 5 punya saya msh pke model gir yg ada tulisannya gazelle. 2. mulai seri berapakah lampu slebor gazelle memakai lampu model potongan lontong. 3. mulai seri berapakah gazelle pke sturmey acher ? mohon jawaban n tanggapan pakar2 gazelle moga jawabannya bisa menambah wawasan kita semua para onthelis sejati. suwun

  16. Saya sungguh tergugah dengan semangat yang telah dilakukan untuk mendapatkan sepeda tersebut, luar biasa. Namun sekedar saran dan dalam rangka menyelematkan onthel-onthel yang ber-merk lain ataupun yang tidak ber-merk sekalipun, alangkah lebih bijaksana dan elegant jika judul yang diposting diatas dapat sedikit diperhalus. Kalimat tersebut terlalu monohok terhadap merk-merk lain selain Gazelle. Boleh dibayangkan jika kalimat tersebut berbunyi “Biar Jelek Yang Penting Phoenix”, masihkah berarti “kejelekan” yang dimiliki Phoenix ? atau merk-merk lain. Jelek adalah jelek juga bagus adalah bagus. Janganlah terlalau Brand Minded dalam menilai suatu keindahan dan kesahajaan sebuah onthel, keindahan dan kesahajaan onthel selalu melekat didalamnya, bahkan dari onthel yang tidak bermek sekalipun. Ayo selamatkan onthel jangan karena merk-nya. Salam.

  17. Djkrta msih banyak ko merk gazelle,simplex,burgers yg msih liar & ga dirawat..,gmana cara kita ngedapetin trus ngerawatny yg pentng sih kita bisa lebih inget sejarah dng cara hoby ngöntel.Thanks..!

  18. Mas Niko sebenarnya itu namanya bukan bel kodok, mungkin karna bunyinya kaya kodok..orang2 sebur bel kodok, kan ada tulisannya “Breveto Compalneclax”….Jika ingin melihat bell kodok, lain waktu saya postingkan khusus bel aja di blog ini mungkin bisa menambah info bagi kawan2….

  19. buat Mr dieng….
    mengenai Gear depan bertuliskan Gazelle setahu saya ada pada gazelle berseri 1*****,2*****,3*****, sedangkan untuk berseri 4 (saya kurang yakin), 5 – keatas sudah berbentuk kijang. Mengenai gear memiliki diameter yg beragam, sedangkan mengenai gear yg berbentuk kijang/gazelle memiliki bentuk yg beragam, tergantung tahun pengeluaran.

    untuk seri 5 gear depan berbentuk kijang/gazelle tapi pada bibir gear bagian dalam ada bibir platnya (orang bilang gear ada rel nya), begitu juga kijangnya berbeda jika mau mengukurnya dengan seri muda diatas seri 8 ( juga pada tanduknya).

    Untuk selebor gazelle seri 1-6 selebor tidak menggunakan lampu model moncong. baru seri 8- keatas menggunakan lampu selebor belakang bermoncong. ( untuk seri 7 saya belum yakin)..

    khusus untuk selebor…tiap seri mengalami perubahan yg tidak terlalu menyolok, Mr Dieng bisa merasakan bentuk khasnya dengan memegang. Tapi kalau melihat seri 1-3 lalu melihat seri 11…perbedaan bentuk selebor terlihat menyolok..

    salam ontel

  20. oh ya mau menambahkan mengenai gear depan, biasanya ada tulisan Gazelle pada tangkai pedalnya.
    Untuk seri 1-6 bertuliskan “Gazelle” sedangkan seri 7 ( saya belum yakin), sedangkan seri 8- keatas bertuliskan “GAZELLE”
    Jadi ada perbedaan font pada tulisan di tangkai pedal nya

  21. kalo boleh menambahkan untuk lampu yang menyatu dengan spakbor belakang mulai seri 5 (kata mr. koopmans) kalo gear model tulisan seri 3 kebawah

  22. kalo boleh menambahkan untuk lampu yang menyatu dengan spakbor belakang mulai seri 5 (kata mr. koopmans) kalo gear model tulisan seri 3 kebawah kalo ada yang punya stang gazelle torpedo mohon hub 0282 550

  23. Saya juga binun mengenai posisi lampu pada selebor gazelle seri 5 – seri keatas….Beberapa kali saya jumpai banyak seri 5 tidak menggunakan lampu menyatu dengan selebor.

    Mengenai pengertian seri 5, di holland lebih pada no rangka 5 *****, sedangkan seri adalah A, P, I, dan lainnya….

    Menurut pengalaman saya pribadi tipikal sepeda sebenarnya…bisa di ikuti dan kita bisa tarik kesimpulan.

    Karna tidak selalu benar argumen yang di utarakan kawan kita dari belanda, karna saya membuktikan herbert kurner juga salah menganalisa ontel saya. Setelah saya buktikan dengan beberapa argumen dan kesimpulan saya, beliau malah membenarkan pendapat saya.
    Tapi hal itu tidak menjadi masalah.

    Mengenai masalah selebor…mungkin pak wong awam..bisa mengecek bentuk dari seri 2, seri 3, seri 4, seri 5, seri 6, seri 7, dan seri seterusnya….jika di amati maka akan ketahuan posisi perubahan tersebut. Dari sini kita bisa tahu, dan menyimpulkan….kalau tidak percaya di pegang pelan2,dirasakan, dan dicelupin…hehehe (becanda pak)….

    Saya masih berpegang pada kesimpulan saya pribadi kalau seri 1-6 selebor tidak memakai lampu menempel dgn selebor. Oh ya seri 6 saya waktu dapet ada lampunya nempel selebor, ternyata gak asli, saya copot, tapi catnya ikut terkelupas…Khusus dames seri 5 dan 6 saya model nya berlobang-lobang (tempat anyaman, biar rok cewek gak masuk jeruji).

    Barangkali pak wong awam bisa membantu kami terutama kawan2 di wiwinaked tentang keberadaan gambar brosur resmi gazelle seri 1 – 11….seperti yang sudah dilakukan prof andyt dengan simplex forumnya. Sangat membantu sekali

  24. untuk gear depan, dari seri awal sampai seri-3 memakai tulisan GAZELLE, mulai seri-3 akhir-akhir/39xxxx
    gear depan sudah pakai bentuk kijang.

  25. Mas kalo gazelle seri 20 gimana……terutama lampu blakangnya…apakah pake lampu moncong (sejenis vasad holland) sedangkan seri apa aja yang pake rem karet…ato tromol, saya ada nemu seri 5 yang sistem remnya pisah, ada yang jadi satu (rem bersamaan)….yang mana yang bisa dijadikan acuan, sebagai tambahan informasi…saya ga bisa dan ngak ngerti bahasa belanda, tapi kalo Indonesia, Jawa…bolehlah…inggris dikit-dikit ngerti…hehehe, mohon petunjuk para pakar

  26. Kyk gini kok lumayan..
    Lha wong,aku aja smp ngiler kok..
    Kpn aku punya yang kyk gni ya..Hehehe.

    Keren bgt mas sepedanya..Slamat ya,bisa mendapatkanya..

  27. mas lutfi-aponx…inilah dinamika onthel mas…rame, banyak pikiran dan masukan, banyak fenomena……jangan dipikirin mas….yang penting asik….asieeekkkkk…..lagi pula menurut saya wajar kalo orang bangga dengan miliknya…tinggal kita mensikapinya saja…gampang tooohhh…
    ma`af lo kalo tulisan saya ini bikin rekan-rekan ada yang tersinggung…mksud saya kan supaya hobby ini tetap nyaman dan guyub…ga ada rasa iri…hehehehehe….

  28. harap bersiap melawan para pemburu gazele!
    sy mendapatkan info bahwa ada beberapa klompok kolektor yang akan memborong speda yang berjudul gazele di setiap penjuru nusantara..
    dikabarkan dari kelompok etnis tertentu, yang bercirikan mata aga sipit..

    siap2 untuk kita pasang harga mahal!

    mreka punya misi akan mensapu bersih habitat gazelle di seluruh nusantara!

    hati-hati!

  29. hahahahahaha…
    sori mas har sy punya pendapat lain
    sy punya data bahwa masalah tipe lampu stopan dan slebor ga musti di pengaruhi era taun pembuatan

    yang paling bener untuk mengetahui jenis lampu stopan dan slebor untuk gazelle adalah kita mengetahui “TYPE”nya
    BUKAN TAUN PEMBUATAN
    percaya nda?

    ada seri 11 dan beberapa seri 20 yang type gazelle yang memunyai lampu stopan terpisah

    coba liat foto gazelle koleksi andree lebih detail…
    detailnya lumayan buat kita blajar

    hahahahahaha..gara disini kita pake acuan no seri jadi aja salah kaprah!
    dianggap seri …cuma ngeluarin 1 type

  30. Kapan aku tok kek i gazelle to cak hardi, trus aku saiki nek takon raleigh isih ngerti opo ora (sedih tetan aku….).
    Mas wongeres, ada ngak ya yang pola angsurannya lebih ringan dari itu kalo ada aku minat banget loh….(misal dengan sistem angsuran bunga thok pokok belakangan ato piye lah, serius nih…)
    hati -hati, kalo raleigh masih aman to, minta infonya juga kalo sudah di buru orang ya….(karena mung duwe siji….)

  31. sturmey archer sebenarnya cuma aksesoris saja pak dan itu banyak dipakai pada sepeda buatan england dan kalo ada di gazelle ya cuma buat aksesori biar kalo lewat kedengaran he.he. maaf kalo salah

  32. ada kok gazelle yang make SA, tetapi aku juga pernah liat presneling Gazelle kira kira bener ada atau hanya rekayasa belaka ya…..Uhuk…3x

  33. Mas Xk,
    kalau bayar bunga thok, pokok belakangan, biasanya barang diserahkan setelah… lunas! Hehehe… Ah, seperti kata Mas Joko, Panjenengan ini kan pakar dalam memberi solusi soal beginian. Ayo Mas, pas ke Jogja nanti main lagi ke tempat Pak Sahid. Siapa tahu ada solusi bersama 🙂

  34. Maaf tanggal 22 besok ndak bisa pulang kampung ke Jogja mas Wongeres karena Mojokerto jadi tuan rumah je, salam aja buat temen temen semuanya. Tapi tanggal 15 kemaren saya sempet mampir di mbah wir tapi cuman sebentar thok karena takut kehabisan sangu, he…3x

  35. mas Hardi,

    saya punya buku tentang produk-produk Gazelle buatan tahun 1935-an, kiriman dari pak Otto Beujon tahun 2002 lalu. Mungkin bisa menjawab semua diskusi tentang Gazelle yang membingungkan itu. Yang jelas di buku itu menampilkan banyak varian Gazelle (misalnya, seri A, H, L, P, No.1, No.10, 11, 12, 8K, 8V, Gazelle Dienst, Kruis, Jongens, Miesjes,..dll) yang jelas pasti bikin pusing sebab TAK ADA YANG SAMA antara satu dengan yang lainnya. Silakan datang kerumah saja, setelah dari Jogja ya mas…

    NB: kalau main kerumah bawa seri 3-mu, nanti kusandingkan dengan seri 1 (No.1) dan 2 (8K) yang kukeloni selama ini, terus kita foto bersama ya…..nanti dimasukkan ke Oudefiets dengan tulisan ‘Both of them were ‘gek op Gazelle fietsen’ hahaha… 😛

  36. Betul kata mas XK, tanpa disadari kelihatannya (mungkin aku yang baru tahu) acara Sepeda Juang Mojokerto – Suroboyo adalah tuan rumahnya = tuan rumah bersama (melibatkan 2 kota), jadi bukan hanya (istilah) juara saja yang bersama. Mas XK, rombongan sepeda nantinya (turunnya rombongan) di kumpulkan di Pasomo dulu untuk di registrasi atau langsung di lokasi start (alun2) ? Mohon infonya.

  37. khusus buat mas Hardi saja, kok.
    Saya menjaga perasaan temen-temen di Oudefiets, sebab mereka yang membuat buku dengan catatan copyright. Jangan sampai niat baik jadi hal yang tidak baik, kang God.

  38. setiap merk speda biasanya punya varian dan type bermacem2 jadi perlu waktu yang ga dikit buat mempelajarinya..apa lagi cuma berdasarkan pengalaman saja, bisa2 mandek..hehehehehe

    jadi kalo ada refrensi buku atau pakar yang punya dasar kuat bisa menjadi jalan pintas buat kita2 yang awam..

    maaf ya cuma usul..hehehehe

    hatur nuhun mas..mas..

  39. Terimakasih atas pengertiannya, kang God.

    Biar kang Hardi saja yang mempelajari Gazelle dan akhirnya jadi pakar bin jago Gazelle,
    aku tetap memfokuskan diri ke Simplex saja.
    Satu merek ini saja kadang bikin nggak bisa tidur, apalagi ditambahi Gazelle..

    just the one and only, Simplex fietsen 😛

  40. Alasan saya begini, kang Godam

    Pernah beberapa tahun lalu ketika Kuner meminta saya mengirimkan buku ‘Piet Onthel’ hasil susunan mas Hermanu, Bentara Budaya. Kuner tahu karena dia diceritain oleh temen sesama Belanda yang mengunjungi Jogja, melihat buku itu, namun tidak kesampaian untuk membelinya.

    Saya menolak permintaan Kuner dengan berbagai alasan, untung dia juga lupa nagih, dan tidak lagi muncul request itu di surat-suratnya kemudian. Sebenarnya saya menolak cuman satu hal. Di buku itu banyak sekali gambar dan artikel yang dicomot dari situs http://www.rijwiel.net, namun tanpa menyebutkan sumber gambar dan artikel, padahal di situs itu tertera copyright oleh Kuner.

    Saya nggak mau Kuner dan teman-temannya di Oudefiets ‘memboikot’ penggemar sepeda kuno Indonesia hanya gara-gara persoalan membajak hak cipta mereka, di buku yang beredar di sisi. Mengalami pembajakan itu rasanya sakit banget lho. Kayak foto koleksi sepeda saya yang saya masukkan ke situs Simplexforum, ternyata diam-diam dipakai sebagai gambar kaos tanpa ijin dari saya oleh sebuah perusahaan terkenal, dan ironisnya, bahkan saya harus beli dengan harga yang tertera di kaos itu. Tanpa potongan harga sama sekali. Kesalahan saya adalah tidak menampilkan kata ‘copyright’ sehingga orang bebas mengunduh gambar sepeda saya itu.

  41. ehm..ehm..yg baru dapat kopellager 8k uhuy…, iya mas andyt kebanyakan sepedanya jadi nggak bisa tidur..bingung mo pake yang mana..soalnya ni’meh semua..termasuk yang dikirim ke sini..serasa naik kijang liar…hiihihihihihih…

  42. jadi temenku asistensi dan tanya2 desain dengan sy..
    dia tanya bagus ga desainya (sebelum naek cetak)
    sy kasi beberapa komen sama temenku itu tanpa menyadari itu speda siapa…
    waktu itu prosesnya cepet banget krna si bos om…mau nyiapin buat acara jogja taun kemarin
    setelah dia pulang dari jogja cerita sama sy..ada yang beli sambil komentar “itukan foto speda sy!

    hehehehehe..lalu sy perhatikan lg foto yang ada di kaos itu..

    hahahahahaha..inikan simplex mas andyt

  43. Hahahaha….
    kompensasi dari Tuhan saja yang kunantikan…

    Setahun telah berlalu, tiada habisnya keberuntungan (kuyakin itu sebagai berkah) dari Tuhan dibidang ontel tua ini.. ya nggak Mr. T?

  44. iya mas kompensasi kan nggak selalu berbentuk uang…rejeki nggak akan ketuker…buktinya datang terus sepeda-sepeda yang tidak mudah mendapatkannya…ini datang dg sendirinya..lager..lager..lager..siap2 diposting dong mas…

  45. berarti ga kreatip dong kang…..

    Mas andyt :

    Sebenarnya kalau ada foto sampean di samping sepedanya ga jadi soal ya..kan numpang terkenal..he..he

  46. Buat mr gazellemaniac….kalau info dari mr andre…jangan merujuk pada seri seperti di indonesia….

    Pengertian seri di sini sdh salah kaprah…dan rata2 gazelle yg di kirim ke indonesia seri i atau no 1….

    Sedang pengertian ttg lampu stopan nempel di belakang pada seri muda ( ada yg terpisah ), secara logika sangatlah masuk akal, karna awal pembuatan nya juga merujuk pada awal desain selebor gazelle yg tidak terdapat lampu yg model moncong…..
    Pasti hal ini bisa di desain ulang oleh gazelle…( ini merujuk pada seri2 selain seri i atau no 1).

    Saya sangat berterimakasih buat mr gazellemaniac..atas infonya. semoga bisa menambah ilmu bagi kawan2…
    Paling tidak yg liat: ” oh…gitu to…Gazelle”

  47. prof andyt….pokoknya saya di kabari kalau yg 65 terbaru sudah jadi, nanti saya yg pertama nyoba yo…sajaknya muanstab….kan saya juga ikut manggul…hehehe (kapan aku oleh 65?).

    kalau foto bareng dengan ontelnya prof yo mesti seneng no….
    Tapi orangnya ikut ke foto gak prof….hehehe ( narsis)

    Jangan lupa oleh2 gudeg njih, nti sambil nggudeg trus diskusi nyawang ontel…muanteb njih prof….

  48. …..Saya pernah melihat beberapa variant ontel, sebut saja raleigh: setelah di cek…saya menemukan beberapa variant raleigh yg aneh2…bahakan penemuan terakhir raleigh 1913…menunjukan raleigh yg nyleneh: konstruksi rem pada handle rem mirip cycloide ( T lebar ciri raleigh), konstruksi kawat rem belakang malah mirip fonger BB/HZ).

    Prof andyt kadang ngawur….
    itu aja saya gak mudeng je….mau jadi pakar gazelle…mumet sirahe prof…

    sebenarnya banyak pakar2 ontel yg lebih senior yang lebih paham ttg Gazelle…dan yang pasti jangan pernah malu, jika analisa kita salah….kan kita sedang sama2 belajar, selain itu lahirnya ontel eropa bukan berasal dari indonesia, jadi wajar kalau kita musti banyak menimba ilmu.

    Hidup england….
    kang xk..sampeyan ke sby gak mampir lagi yah..mentang2 udah tau bengkel2 ontel d sby…trus gak pernah kontak saya lagi.
    Pak Joko ikut ngontel mojkrto-sby gak….

  49. buat kang alex…mungkin bisa di tambahken di foto2 ini, logo yg nempel di selebor yg bergambar kepala gazelle….suwun

    setuju mbah roko uhukuhuk….kalau tromol presneling bertuliskan gazelle, saya pernah lihat, juga kang sodik (kebumen) pernah menemui…ini menempel pada gazelle jenis sport, atau gazelle impala….
    bahkan kata cak lan (semarang) beliau bilang ada penampakan gazelle sport itu dlm kondisi teremdam rob sampe ancur, tapi tromol presneling “gazelle” bisa di selamatkan, akhirnya tuh ontel di jual terpisah…hehehe

  50. kang hardi,saya ada humber cd peninggalan almarhum pak moro, menurut kang hardi itu pembuatan tahun berapa ? dan apa yang menjadi ciri khas humber cd selain tulisan Cd ,tolong kasih pencerahan ya kang….

  51. I like the nickle handlebar and the “old type” Gazelle-front gear with nice nickle still on it.
    Framenumber 375243 = 1930, so this was the last year this old-type front-gear was used by Gazelle.
    The frame is one of the more expensive types in those years because it already has welded-on pump-holders.
    It is hard to imagine now, but this was still luxerious in the early 1930’s !
    The mudguards (spakborden) look to be original with the old type massif “stangen” to the frame.
    The sadle looks to be old, but the top of the sadle-pen should have a horizontal part, (“T”-shape) this was always done on old bicycles from Holland before the 1950’s.
    The “Tiang boncengan model shock” I did never see before, but if you have to sit on it, It could be a bit more comfortable.
    The carbide lamp is nice, but in 1930 the more expensive bicycles (witch this one was) already had electric lights because this was more modern and if people could afford it they wanted this on their bicycles….
    In 1930 most bicycles had a “kettingkast”, so a nice steel chaincase like a lot of old Indonesian bicycles have, would make this bicycle complete.
    You could leave the frontgear plate away so everybody can see the nice old Gazelle-frontgear, the nicest part of this bicycle in my opinion.

    Andrian, I did try to read the comments, and I still see a lot of comments with “series” this and “series” that….
    Do people in Indonesia believe me or you if they are told that the Gazelle-framenumber just is the counting of all Gazelle’s that were made ? Nothing more….
    It must be hard to let them believe it I think…haha !

    greetings,

    Andre Koopmans
    Belanda

  52. Buat mas andhy..,yg bnar gmana biar pencinta ontel ini smakin meluas..Dtempatku orang baru suka ontel, pake speda cina padahal klo tamasya keluarga bawa jaguar.Yg penting jiwanya mencintai sepeda ontel..,bkan speda bgus/jlek it yg pnting mas…By:anak menteng

  53. betul mas har…kita semua sama2 blajar!

    berarti gazelle yang punya dudukan pompa seri yang mahal???

    “The frame is one of the more expensive types in those years because it already has welded-on pump-holders”

    hhehehehehehehehe

  54. “Andrian, I did try to read the comments, and I still see a lot of comments with “series” this and “series” that”

    waaaaaaks…sori mr andree.. we are stil nndeso0..
    hahahahahaha..

  55. Cak Hardi, tentunya aku ke Mojokerto, bersama rombongnya (rombongan) -+ 25 orang, budhal Sabtu pagi, sampai ketemu d markase Mas XK kalo sampeyane jadi berangkat

  56. Orak ngono cak Hardi, aku gorong eruh temenan bengkel nok suroboyo, ntar lain waktu tak sowan suhu wis…..Tak tunggu di Mojokerto (sby mokernya- berangkatnya naik sepur aja. Bisa koordinasi dengan mbah Umar di sta semut kalo rombongan isok nyewo kreto barang), he…3x

  57. To Andre Koopmans,

    I will explain that by e-mail in ‘Omrin’, tomorow. Basicly, most of Indonesian old-bicycle lover were confused about number that harmed on bike’s frame. They think a one is series not as number of counting. 😛
    Have you received my lest week mail? I have request a photos of your 1915 Gazelle’s back-brake.

  58. mas Hardi pasti lagi kumat sakitnya…
    dibilang kamu yang lebih memahami Gazelle kok nggak percaya, maksudku itu kalau di Belanda ada pak Koopmans, yang Gazelle expert, maka ‘keponakannya’ (istilah mr.T bagi seseorang yang sedang ngangsu kawruh) adalah mas Hardi. Ngono wae kok sungkan…. 😛

    Awas tak copot plengkere maneh kapok, kon.. wakakaka

  59. Wowwwww ini yang selama ini dirahasiakan kalau tidak salah prosesnya mencapai 6 – 7 bulan, tapi hasilnya ok banget gitu lho. (Hehehe)

    Cak, khan boncengan belakangnya kata Prof Andyt uda dilepas, karena disesuaikan dengan kondisi sepeda sebelum tahun 30 an, dari pada boncengannya hilang atau tercecer kirimnya aja ke ane, khan engak jadi pikiran lagi.

  60. wah la ini Pak Bakri…apakbr…gimana sukses to….sombong sekarang yah….diem2 pak bakri juga kolektor ontel gazelle no seri komplit….ayo di masuken blog….
    Masalah boncengan, kalau nyaman kan yg pingin mbonceng banyak to pak….barang kali ada noni-noni yg cape jalan..ntar saya boncengin…gitu loh….

    ampun prof….

    mas gazellemania ban luar sekarang ampun mahalnya, itu ban sekarang jadi 42 ribu…saya pake yg murah ajalah bannya…sedang ngirit neh….hehehe

  61. ora jelek atau lumayan kok, cak! tapi pancen apik! ning… tak rasak-rasake ketoke akan luwih uapik meneh bila pit onthel kuwi di”wenehke” aku. yoo.. minimal lampune, bell kodok, boncengan, gir, plus rangkane.
    … hihihi ora ndremis lho, tapi cen ngarep-arep tenanan!

  62. siapa yo temen2 önthelist yg udah punya gazelle seri 1 sd 11 mbok tolong diuplod biar temen2 bisa membanding kan dgn koleksinya. apa saja Onderdil yg musti dilengkapi biar penampilannya tambah OK. sayangnya saya baru punya 5 gazelle itupun elek2 je… suwun.

  63. horre… ada kolektor baru khusus sepeda gazelle dr magelang, orangnya ganteng rambutnya cepak org asli semarang tapi jadi boss property dimagelang ooo…. siapa dia ??? berburu terus pak biar koleksine gazelle komplit atau BMW merahnya dilego aja buat moseum onthel dimagelang. he….

  64. betul mas sentul! hebat pa dieng..da punya gazelle 5 biji, trus bmw 2 biji, mantab!….
    pasti gazelle terawat baik!
    kocek pa dieng ga umum sih!

  65. Kabarnya apik cak hardi, ini sepeda
    Bagus
    Apik
    Cukup Kumplit
    Kalau bisa kuncinya diganti dari GEVOV, tapi Kunci sepeda Jomplang Tutup kunci jenis itu biasanya keluaran tahun 30 An.
    sama photo setelah plengker dipasang ditampilin dong biar tampaknya lebih gagah dan bisa dijadiin Desktop Background. Suwun

  66. ini Andyt:

    Kalau di Surabaya, jelas pak Darmingun salah seorang tokoh sesepuh PASKAS yang punya Gazelle lengkap sejak seri 1-11, lalu seri 22-30an. He still going search on and on….

    Seperti yang ditegaskan pak Koopmans berulangkali, bahwa nomer yang orang Indonesia kebanyakan menganggapnya sebagai seri itu sesungguhnya adalah angka urutan pembuatan per pieces-nya (angka urut kacang saat produksi).

    Sedangkan yang dipakai sebagai penanda seri sebenarnya oleh Belanda selaku pemproduksi Gazelle adalah berupa varian model. Gazelle punya banyak model (sekitar 15 jenis), yang paling umum di pakai di Indonesia adalah varian/seri ‘No.1’ lalu varian/seri A, dan yang varian lain muncul satu-dua seperti varian/seri 8V (gapit dengan dua pipa kecil dari ujung atas frame hoogte depan turun mengapit pipa seat post, dan bermuara di ujung bawah supitan belakang), seri/varian yang muncul langka di Indonesia adalah seri 8K (8 Kogellager) seri ini adalah menggunakan bearing di braketnya (kayak Cycloide) dengan model tutup braket berulir dan dijepit ring ulir kayak model braket Raleigh lama. Varian/seri 8K ini ditandai juga dengan ketrikan angka 8 pada braket bawah luar (kelihatan jika sepeda jungkirkan) lalu terdapat juga dibagian setang bagian yang masuk ke komstir.

    Kalau saya sih mengusulkan mas Heru, mas Bah, mr.T, atau mas Laexs untuk menambahkan kolom khusus semacam Simplexforum, namun tentang Gazelle, sehingga tidak lagi muncul kesalahkaprahan tentang seri dan model Gazelle. Banyak rekan-rekan yang tahu tentang Gazelle pasti mau membantu, misalnya pak Koopmans lalu mas Hardi pasti bisa jadi narasumber dan kontributor, sedikit ilmu saya tentang Gazelle juga bisa menambah kontribusi tentang merek ini.

  67. mas andyt pak darmingun koleksinya gazelle 1 sd 11 komplit yo ntar tak susule tapi aku mau jualan rumah dulu yo… now bunga KPR 17.5% banyak calon könsumen sing ngacir lho. buat rekan2 ONTHELIST yg minat mau beli rumah di magelang buat istri muda ada DISCOUNT khusus lho. harga rumah mulai 200 jt sd 2 milyard n view g.merapi n g.merbabu. suwun

  68. Ada Merapi view yang murah, namun kalau wedhus gembel dateng, tanggung sendiri…. mengko kulitmu tambah ireng mas..

    mr. dieng oleh tuku omah nang perumahahanmu nganggo Gazelle seri 2 ora?

  69. mr. Dieng kalo mau menyusul pak Darmingun sebetulnya gampang kok kalo punya niat jual rumah 2 milyard dpt komisi 5 % udah dpt 100 jt dibeliin gazelle seri 11 udah dpt 5 biji apalagi cuma dibeli in onthel harga 5 jutaan dpt 1 truk tul nggak ?

  70. Utk mas andyt kalo beli rumah ditempat saya boleh kok barter dgn segala merk onthel gak perlu gazelle tapi dikatengkas musti diselipin BG senilai harga rumah he… utk mas eka, dimagelang saya diBUMI PRAYUDAN ESTATE jadi tetangganya nafa urbach critanya he… utk no hp saya bisa lihat komentar saya diatas.

  71. Mas Wongeres, ndak mas kebetulan saya sering ke Magelang kalo pas kulakan bunga, jadi mungkin bisa silaturahmi.

    mr. Dieng, oke trimakasih infonya (aku tuguran kok mas dadi isih tonggo walaupun agak jauh)

  72. mmm… Nafa Urbach ya. Yang matanya bening, bagai kolam. Yang bikin Mas Joko pengin menyelam sambil minum susu… (kalau kolamnya kolam susu)

  73. Cak nardi/mas andyt kalo gazelle seri 1 itu no serinya diawali angka 1 atau 01 n emblem didepan yg dileher stang ada 2 paku atau dilem aja ? soalnya plg kerja td ada temen yg nawari mau nglepas gazelle 1 dgn harga murah meriah. suwun

  74. Kl saya melihat sepeda pasti memperhatikan supitan belakang yg menyatu dengan dudukan sadel, karena tiap-tiap sepeda biasanya membawa ciri khas masing-masing kalau salah ya mohon dimaafkan, nah sampai seri berapakah supitan seperti model diatas atau tergantung typenya? berbeda dengan supitan iniyang hampir mirip supitan fongers atau memang dimulai dari G seri 7 supitan seperti ini? utk garpu depan dimulai seri berapa yg pundaknya melengkung keluar atau agak cekung ada yang bisa menjelaskan? haturnuhun….. 😀

  75. joko.

    Maturnuwun Om atas undangannya, tapi mohon dimaafkan SMG – SBY terlalu jauh apalagi tanggal tua dan kantongnyapun masih bolong dan belum ditambal lagi, sekali lagi nyuwun sewu.

  76. buat kang T,

    hebat euy pengamatannya. Ini suatu fenomena yang berbeda. Kebanyakan orang mengamati frame, model sock, ukuran, opsi sadel, slebor, lampu, piringan gear. Kang T malah supitan. Saya bukan pemerhati Gazelle yang mendalam, namun saya menjawab dari hasil pengamatan. Jika diamati dari berbagai produk Gazelle disekitar saya yang angka terdepan nomer framenya 2, 3, dan 5 bentuk model supitannya sama dengan di atas. Namun pada nomer frame yang dimulai angka 7, 9,10, dan 11, agak sedikit berbeda.

    Dibagian tautan atas (post seat) sekilas mirip model supitan Humber/Raleigh dan bagian bawah modelnya masih mirip gambar di atas alias mirip supitan Simplex yang lama (pasca las cor) tapi sebelum merger dengan Locomotief. Namun yang menjadi pertanyaan saya dan belum nemu jawabannya, apakah varian lain buatan tahun yang sama, misalnya seri no 12, 11, 8K, atau 8V, juga menggunakan bentuk supitan yang sama dengan seri ‘Gazelle no. 1’ yang lazim ditemukan di sini.

  77. buat van alun,

    Seiring dengan sadarnya masayarakat bahwa sepeda kuno yang ternyata SANGAT MAHAL, LANGKA, dan DIBURU dibalik penampakannya yang kumuh dan karatan itu, maka para pelaku kejahatan juga memperhitungkannya sebagai sasaran pencurian. Sehari kemarin (8 Des 2008) terjadi dua kasus pencurian sepeda kuno, satu kasus terjadi di kecamatan Waru (dekat rumah saya), dan satu lagi terjadi di Kediri. Yang di Kediri terliput oleh JTV Surabaya, pencurinya babak belur dihajar massa, untungnya gak mampus (jadi kalau gak bertobat masih bisa nyuri lagi, hehehe.

    Nah loo…waspadalah teman-teman..

  78. Buat para ontelist janganlah kuatir sepede onthel kita dicuri org prinsipnya cuma satu saja selama kita beli onthel dr duit yg halal saya yakin sepeda kita tidak akan hilang kalopun kita beli dr uang halal sepeda msh jg hilang berarti amal kita msh kurang. maka kalo ke masjid tiap jumat janganlah lupa ngisi kotak amal sesuai dgn kemampuan finansial kita yg sebenarnya. OK ? Suwun

  79. betul sekali…..
    terutama bagi ontelis yang koleksi sepeda per itemnya lebih dari satu, misalnya Fongers BB punya 3, atau Cycloide Kruisframe punya 4, hilang satu nggak ngaruh..apalagi yang hilang buatan Tiongkok, tetep mringis aja 😛

  80. Buat temen2 onthelist yg punya 1. stang gazelle otomatis/torpedo 2. slebor gazelle depan n belakang dlm kondisi baik 3. katengkas gazelle orisinil 4. tromol depan n belakang plus velg gazelle orisinil. saya lagi membutuhkan spare part tsb diatas utk melengkapi beberapa gazelle saya yg kurang cantik. penawaran n harga bisa sms/telp. saya di 0816.4249.212. suwun

  81. Mr. Dieng.
    Betul tuh, hubungi saja Cak Hardi, boleh lewat saya he….. he…. he….. :-))
    Wong Ngaglik.
    Nyuwun pangapunten Pak, saya kira ngaglik (nama sebuah jalan di Surabaya) ha…ha…ha…. tapi gak pa2, salam kenal pak (aku ki yo botjah koelon kok tepatnya cah kudus)

    Waspadalah….waspadalah…. (lihat TV) karena kejahatan terjadi bukan hanya karena niat, ttp karena ada kesempatan, jadi buat para pemilik sepeda onthel disarankan sepedanya diberi kunci tambahan.

  82. -Mas Andyt-

    Bukan pemerhati mas tapi keingin tahuan saya, jadi penasaran dengan perbedaan2 pada bentuk supitan tsb..ya sapa tahu supitan itu sudah ganti jadi bentuknya berbeda..tapi kayaknya jarang yang patah bagian supitan belakang.

    -Mas Hardi-

    Post seat ada cowakannya? maksude ada gambarnya 😀 , setahu saya tiap pos seat pasti ada cowakannya agar baut terkunci dg cenilannya..

    lanjuutt..

  83. Kang Hardi kalo cuma sepeda gazelle saya udah punya beberapa biji sayangnya tiap sepeda pasti ada bagian gak orisinil baik itu cuma tromol, velg, slebor atau cuma bel mau dikanibal juga eman2 mendingan beli aja lho wong ada yg jual kok utk mas Joko kuduse ngendi tah, loram, ndawe, jepang pakis, mlatinorowito or di lereng murio he… saya jg pernah jadi org kudus 10 th mas jadi buruh mbatil he…. kalo bukan org kudus pasti nggak tahu istilah mbatil yo mas joko, kalo ngomong kudus kok kangen sama soto karso karsi n soto bu jatmi n lenthok plus opor ayam bakar sunggingan sing rasane mak nyuuusss….. yo rak mas joko ? suwun

  84. Mr. Dieng.
    Benul 100%, eh betul Pak, he… he… he….. Saya Kudusnya di desa Rendeng bersebelahan dg Desa Burikan (Gudang rokok Djarum) di depannya Pasar Kliwon, mbok yao kalo kepingin nostalgia, saya ada di : surya.joko@yahoo.co.id
    Palangmelayu.
    Sepedannya = Pitantik.
    Orangnya = Wongantik.
    He… he…. he…… (guyon Cak Hardi) :-))

  85. kang T,
    cowakan yang dimaksud cak Hardi bukan dalam lobang baut di post seat, namun ditepi kiri kanan luar ujung yang dibaut dengan post seat. Cowakan itu membentuk model kayak lambang ‘omega’ Yunani yang tengahnya bolong tempat bautnya. Mungkin inikah yang dimaksud cak Hardi?

    Natalan koen ndok endi, cak? ayo nggenjot bareng nang taman surya pas preinan natalan, wingi dijak kaji Munief, bar oleh Gazelle 296252 orisinil. Terus ngejak sepedaan khusus Gazelle tahun 1920-an.

    Piye gabung?

  86. buat pak dieng….
    Saya mau kok mesti gak original….pokoke kalau sehari gak ngelap ontel…rasane gatel kabeh…

    Pak azharul…jangan dulu, masih cinta….

    Buat prof andyt….
    tepat…maksud saya juga begitu….Iya saya dengar informasinya begitu…masih ok semua….natalan tgl berapa, rencan saya cuti, tapi mudik ke kediri dulu lalu ke smg…
    berati seri 2 nya prof udah nglinding ya….wah..seneng neh, bisa pit-pitan bareng pakar ontel.
    padahal mau nyoba 65 nya yg pernah saya panggul kemarin…ketoe penuk…

    tgl 25 katanya ada acra ontel di ponorogo….

  87. mas joko org rendeng tho wah jadi ingat kalo pass mulai ngantingi cucian kena langes semua yo mas kebetulan saya sempat kost dijln diponegoro dkt masjid terakhir 2 bln yg lalu saya ke kudus ee ada nasi bakar enak dirm riung bandung diruko pasar kliwon n mentok goreng didpn pom bensin prambatan. saking cintanya sama kudus mas, sampai saat ini gerobak saya msh plat KB lho mas he… kalo sepeda2 bagus spt gazelle n simplex dikudus banyak sayang yg punya org2 kaya kudus jadi ya gak dijual mas he…..

  88. mas/mbak minta tolong nie,,,,kebetulan saya punya gazelle perempuan serinya ko g salah,..350041…klo boleh saya minta gambar gambar sepeda itu yang lengkap soalnya kondisi sepeda saya sekarang masih agak berantakan,,,…

    trimz

    agung potret metro. lampung

  89. mas-mas mau nanya masalah gazelle sebelum 1930:
    – apakah semua gazelle sebelum tahun 1930 mnggunakan jenis gear yang sama, atau ada opesional gear lainnya?

    – apakah cenilan untuk dudukan kompa juga pasti ada? ataukah ini hanya pada frame jenis tertentu saja.

    – Adakah optional gazelle dengan rem karet? kalau ada dan ada gambar konstruksinya ditunggu di email abdipebrus@yahoo.com

    matur nuwun

  90. Mas-mas mau tanya,

    Katanya Simplex dan Fongers itu sepeda bagus tapi kenapa bangkrut yaa? Biasanya barang bagus pasti demand bagus,harga bagus, enough profit tapi kenapa yaa? Sedangkan Batavus n Gazelle semakin besar…

Tinggalkan Balasan ke Bakri_POL LAMPUNG Batalkan balasan