GAZELLE VARIAN A, P & L

Sebagai persiapan bahan diskusi menjelang acara Klinik Sepeda Podjok 22 November 2008. Ada teman Belanda yang berbaik hati membagi 3 gambar Gazelle produksi tahun 1939. Saya kemudian menjadi paham bahwa ada juga varian Gazelle berbasis kode huruf, yakni A, P dan L. Bila mengacu pada keterangan gambar, dijelaskan bahwa Gazelle tipe L adalah sepeda gazelle yang dibuat dengan bahan material terbaik.Fakta ini juga terlihat pada harga Gazelle L yang jauh lebih mahal daripada Gazelle type P.gaz1939-16

Gazelle type ” L “


gaz1939-08

Gazelle type ” P “

gaz1939-06 Gazelle seri ” A”

Sedangkan Gazelle P relatif lebih mahal sedikit daripada Gazelle A.Nah kenyataan ini mungkin akan merubah peta perburuan Gazelle seri lama di Indonesia, kalau kita bisa menemukan varian Gazelle L tentu saja menarik sekali untuk dikoleksi. Mudah-mudahan Meneer Andree Kopmaans atau sahabat onthelis yang paham mengenai sepeda Gazelle berkenan memberi pencerahan. Nuwun.

Sahid Nugroho

111 thoughts on “GAZELLE VARIAN A, P & L

  1. bentuk dari kepedulian yang sangat mulia sebagai acuan tambahan ilmu peronthelan ini,baik yang sdh faham baget ttg si gazelle maupun pemula yang segera akan tentukan arah.

    semoga bermanfaat bagi kita semua.
    terimakasih bapak sahid

    salam indonesia

    towiil

  2. Ternyata sepeda tua yang sering kita pakai ada Grade-nya juga yah…!

    Terimakasih pencerahannya pak Sahid,
    Saya tunggu pencerahan tentang ” Hercules” Made in Birmingham Britania.
    Salam.

  3. Oom Sahid, letak nomor seri rangka gazelle varian huruf ada disebelah mana, ya?

    Saya pernah ada yang nawarin gazelle type A, tapi kok nomor seri rangkanya di bawah sadel sebelah kiri (dari bawah ke atas) dan bukan sebelah kanan (dari atas ke bawah) seperti kebanyakan gazelle varian numerik.

    ‘tur nuwun!

  4. Mbah Roko, iya, bisa-bisa kelak akan ada kata-kata seperti:
    “Orangnya naik Gazelle, yaa meskipun cuma seri A sih…” 😀

    Pak Sahid, informasi bagus. Sayangnya gambar yang diupload teksnya kecil sekali. Saya perbesar pun pecah. Seandainya ada yang resolusinya lebih tinggi/gambar lebih besar…

  5. Tambah lagi wawasan tentang Gazelle : selain nomor serie, ada varian yang terkini dengan code A, P, L dst.nya.

    Pengetahuan yang baik bagi penggemar Gazelle agar lebih tahu in detail sepeda yang sudah dimilikinya masing- masing, termasuk varian apa sepedanya.

    Silahkan check and recheck.

  6. barusan sya cek fisik Gazelle seri 5 dames, tp yg spakbornya pake rangkaian tali2 ikatan. Itu jenis gazelle apa p’Sahid? soalnya sya baru liat, mohon pencerahannya. ( Cibubur )

  7. Ternyata varian gazelle APL mengilhami konglomerat sofyan wanandi mendirikan distributor obat2 farmasi dgn nama Anugrah Pharmindo Lestari disingkat APL masih nggak percaya tanya aja temen2 yg kerja difarmasi ada nggak PBF yg namanya APL. Suwun

  8. @Winleo

    Benar Pak, semua Gazelle Dames produksi tahun 1939 (seri 5), jasbeschermers-nya menggunakan model tali rendra, sebagai pengaman agar rok panjang si pengendara tidak masuk ke ruji. Tali rendra orisinil tersebut kadang-kadang masih dijual di klithikan Belanda dengan kondisi siap pakai lengkap dengan paku-paku yang menempel ke spatbord.

  9. Mas Wongeres sebelum di save klik dulu foto brosur Gazelle nya, setelah keluar gambar yang besar nya baru di save.. Pasti gak pecah deh gambar nya karena yang kita save byte gambar yang besar. Selamat mencoba…

  10. Ping balik: Wahana Transportasi Sepeda « Wahana Baru Membuka Cakrawala

  11. salam ontelis.
    menagapi perbedaan antara serry P dan L memang banyak perbedaan memang bahanya lebih besar berkualitas yang janis L( limite) dan yang jenis P lebih murah P(produktion) karena di produksi secara besar,yang jenis gazelle L biasanya di body tengah selalu tertempel seri limite berbahan perak dan tidak lebih dari 200 sepeda dan bisa kurang,dan masih di produksi sampai sekarang ,baik itu ban luar,dll, asesorisnya jauh lebih bagus.sekarang ,yang model P sekitar 600-700 euros dan yang seri L sekitar1400-2000 euros sangat jauh sekali bedanya itu saya ketahui selama kerja di toko sepeda di prancis (PARIS) jadi mas-mas ,om-om,mbak-mbak,simbah-simbah yang punya sepeda gazelle di body tengah ada simbul perak kotak bertuliskan L limite gazelle …..no serie itu yang jenis L.

  12. @azharuly
    Terimakasih. Saya tahu kesalahan saya sekarang. Gambar yang saya simpan tentu sudah yang besar, tapi saya print pakai corelDraw pecah (mungkin harus dibikin bmp dulu). Begitu juga pakai ACD See. Ketika saya print dari Photoshop baru deh bisa bagus. Meskipun, untuk teks berbahasa Belanda, segitu itu masih saja terasa kecil untuk mata Jawa ini 😀

  13. Mas Marko,
    Saya membayangkan Sampeyan seperti sedang mengibarkan bendera di sebuah lomba bernama “perburuan Gazelle”, lalu Sampeyan berteriak: “bersedia… Siaaap… Yak!”

    Rrrreguduuuugggg…. Seerbuuuuu!!!! 🙂

  14. Para pendemenan ontel, saya mau tanya mengenai Gazelle milik saya yang terdapat huruf LL di body tengah apakah termasuk seri yang bagaimana?
    Harap pencerahannya dari para pakar yang lebih terang dari saya.
    Tks

  15. sepertinya..untuk membedakan serinya bisa dilihat sudut kemiringan pipa vertikal di bawah sadel..
    secara kasat mata liat celah antara pipa dan spakboard..
    anta L dan P, lebih rapet yang P!
    benerkan…hehehehehe..
    kayanya yang P lebih yaman deh

  16. wah kalau aku cuma punya gazelle seri 94…. je, kondisi masih bagus banger,cat asli, kunci antik, lengkap n yang pasti menceling banget, heee..harga jual umum milikku itu kira@ berapa ya??? sorry kalau aku nyalahinaturan

  17. buat mas GAZELLEMANIAC gazelle dengan seri LL atau yangada hurufnya setauku banyak org menyebutny adengan nama gazelle paris/populer. yang seri 56 mas, cumaitu yang aku tahu,mungkinyang lain ad yang lebih tahu,

  18. salam ontelis
    ciri-ciri gazelle seri 5 pembuatan di atas tahun 40 an simbul merek gazelle lebih kecil memanjang dan piringan gear depan bertuliskan gazelle melingkar menggunakan penutup rantai berbahan kulit sapi ,dan setang lebih lebar itu yang saya lihat di moesium di belanda .

  19. gazelle lagi gazelle lagi yang lain dong yang dibahas seperti merk batavus dan sejarahnya atau raleigh,ada apakah dengan gazelle.monggo cek blog sayahttp://sepedaonthelpribumi050.wordpress.com/

  20. Haha, what a confusion…..

    The type L is very rare, it is also called “sport”, in 1939 almost nobody bought these “light” bicycles, since a few weeks I have one in my collection, I have send photo’s of it to Andrian. The type L from before the war you almost never find, because they were hardly sold.
    These bicycles are very different to all other types.

    Here you can also see there is not much different between the type “A” and type “P”.
    The frames of all these types (also the type “1” and “8”) are almost the same, only the parts were different.
    And even than you could choose from a hole list of parts, so you could order for example a Gazelle “A” (cheap type) with the same part-list as a Gazelle “P” (Populair), and then you had almost the same bicycles.
    Only small things like single or double biezen would be the difference…

    Because of these very small differences and many options for every type, Gazelle made less and less types over the years.
    At the end of the 50’s there were only a few types left.

    The “series”, where I see a lot of writing about in Indonesia, do not exist…..
    The framenumber (or serienumber or whatever you call it) is just the following number of every bicycle that Gazelle made.

    for exampel; framenumber 1 is the oldest Gazelle there is, framenumber 1000 is newer, framenumber 10000 is newer etc. etc. the higher the number, the newer the Gazelle-bicyle you have, always !
    On the Gazelle-framenumber-list (also on the wira-wiri naek sepeda-site) you can find how old your Gazelle is.

    From the framnumberlist you can also see a lot of other facts, for example;
    Gazelle-factory started with framenumber ( or serienumber) 1, the second bicycle was number 2 the third was number 3 etc. etc.
    In the list you can see Gazelle made about 15000 bicycles between 1903 and 1905.
    In the list you can also see Gazelle made about 10.000 bicycles per year until 1920
    Between 1920 and 1930 the production increased to about 25000 bicycles per year

    Nice that you also have some old Gazelle-brochures with photo’s or drawings, on these you can see how our old Gazelle’s looked like when they were new !

    Greetings,
    Andre

  21. Hallo Mr. Koopmans, i will try to translate what you say into bahasa indonesia.

    Iseng nerjemahin perkataan Mr. Koopmans, mohon maap ye klo ada salah nerjemahin 🙂

    Tipe “L” sangatlah langka, tipe ini juga disebut “sport”,
    pada tahun 1939 hampir tidak ada orang yang membeli
    sepeda “kelas bulu” ini 🙂
    Sudah beberapa minggu ini Mr. Koopmans berhasil memiliki sepeda ini untuk koleksinya.
    Tipe “L” yang diproduksi sebelum perang (mungkin perang dunia ke 2, entah klo maksudnya perang dunia 1) hampir tidak pernah ditemukan, karena susah sekali terjual. Sepeda tipe “L” ini sangatlah berbeda dengan tipe2 yang lain.

    Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa tidak banyak
    perbedaan antara tipe “A” dengan tipe “P”.
    Rangka sepeda Gazelle untuk semua tipe (juga termasuk tipe “1” dan “8”) hampir sama, hanya aksesoris/spare part saja yang berbeda.
    Dan bahkan, pembeli dapat memilih spare part yang
    diinginkannya dari keseluruhan daftar spare part yang
    ada, sehingga pembeli dapat memesan, sebagai contoh Gazelle “A” (tipe yang standar/paling murah) tetapi dengan spare part untuk Gazelle “P” (Populair), maka pembeli memiliki sepeda yang hampir amat sangat mirip 🙂 dengan tipe “P”. Perbedaannya hanyalah pada strip di rangka (Single atau Double Biezen). Mungkin kalo di indonesia kayak seri honda grand, legenda dll gitulah hehe. dalemannya sama aja, cuma beda tampang.

    Dikarenakan perbedaan yang sangat kecil ini dan banyaknya pilihan yang tersedia untuk berbagai tipe/model, maka Gazelle memproduksi tipe/model yang semakin sedikit (tipe/model nya yang sedikit, sepedanya tetap aja banyak hehe) setiap tahun berjalan. Pada tahun 1950an hanya tersisa pembagian
    dalam beberapa tipe/model saja.

    Penggunaan seri yang diamati oleh Mr. Koopmans sebagai pembagian tipe/model di Indonesia merupakan fenomena tersendiri yang hanya ditemui di Indonesia. Nomor rangka atau nomor seri hanyalah urutan nomor yang berkelanjutan untuk setiap sepeda yang diproduksi oleh Gazelle. Tidak lebih dan tidak kurang.

    Sebagai contoh, nomor rangka 1 adalah sepeda Gazelle tertua, nomor rangka 1000 lebih muda, dan nomor rangka 10000 pastilah lebih muda lagi dan begitu seterusnya. Semakin besar nomor rangka sepeda yang Anda miliki,pasti semakin baru sepeda yang anda miliki. Di situs ini anda juga dapat melihat seberapa tua umur sepeda Gaezelle anda, melalui daftar nomor rangka Gazelle :
    https://sepeda.wordpress.com/2008/10/14/gazelle-list/

    Melalui daftar nomor rangka ini, kita dapat memperoleh
    banyak fakta, sebagai contoh:
    1. Pabrik Gazelle memulai dengan nomor rangka 1 untuk sepeda yang pertama kali diproduksi (siapa yang punya ya 🙂 ), sepeda ke dua dengan nomor rangka 2, ke tiga dengan nomor rangka 3, dan begitu seterusnya.
    2. Pada daftar, dapat dilihat Gazelle memproduksi sekitar 15000 sepeda pada tahun 1903 sampai 1905.
    3. Juga dapat dilihat, Gazelle memproduksi sekitar 10000 sepeda pertahun hingga tahun 1920.
    4. Diantara tahun 1920-1930, produksi sepeda meningkat menjadi 25000 sepeda pertahun.

    Mr. Koopmans sangat senang bahwa kita memiliki beberapa brosur Gazelle tua dengan foto2 atau gambar (hayo ngaku, siapa ini yang punya hehe), sehingga kita dapat melihat bagaimana sepeda Gazelle tua pada saat masih baru alias kinyis2 🙂

    Salam,
    Andre

  22. wah susah juga cari gzl yg murah dan bagus……………..mana mungkin…alo sedulur ..saya lag butuh klinthingan gzl/bel ,kalu ada yg punya banyak boleh mundhut setunggal ya..salam.

  23. Menurut pengalaman saya pribadi dalam menungganggi, gazelle no produksi (noprod) 10+5 digit adalah desain yang berada di tengah-tengah, jika dibandingkan gazelle noprod 9+5 digit yang cenderung lebih berat kayuhannya dan gazelle noprod 11+5 digit yang relatif lebih ringan kayuhannya. Gazelle noprod 11+5 digit memang sangat populer, karena selain merupakan model frame klasik yang terakhir (noprod selanjutnya menggunakan frame model sport), tunggangannya mak nyuss, juga ada mitos bahwa didalam frame-nya bila beruntung, kadang-kadang bisa ditemui perhiasan emas. Dalam Klinik Sepeda Podjok kemarin, Prof. Andyt menjelaskan bahwa pada tahun 50-an ketika terjadi gelombang nasionalisasi di Indonesia, banyak orang-orang keturunan china yang terpaksa kembali ke negerinya dengan membawa sepeda Gazelle yang sekaligus digunakan sebagai brankas harta emas keluarga. Nuwun.

  24. fenomena yang bredar para pejabat di jawa barat, krawang subang dan sekitarnya berlomba2 untuk memiliki GAZELLE..
    ini fakta yang terjadi..

    ad kerabat seoarang pejabat PU, tepatnya kepala dinas PU
    baru membeli gazelle,,,
    skrng mengalami kecelakaan pada saat mencoba gazelle pertama kali..
    terpaksa kakinya di gibs..

    hihihihihihiihi..

  25. Memang asyik punya Gazelle, sudah punya satu pengen nambah pula perburuannya, selain kayuhannya mak nyus, orang yang menaikinyapun juga punya nilai tersendiri. Pokoknya hidup Gazelle dech……! Thxs juga atas perkenalan dengan P’Sahid and Keluarga, walau diacara Podjok saya cuma sehari hadirnya tp oleh2nya, sya malah mendapatkan Gazelle seri 10 dan 11 untuk dibawa pulang. Thxs Jogja….salam kenal, Winanto ( Onthelis Cibubur ).

  26. Pak sahid..mohon maaf kira2 kapan acara yang di Jogja kemarin bisa diupload disini..wah pasti keren banget pak…salut untuk acara Jogja kembali bersepeda…!!!
    -bejo-

  27. mas sahid, musik angklung nya asik juga…walaupun sempet gerimis , saya tetap goyang di depan panggung, mantap ….. trimakasih podjok….sukses selalu…

  28. @ Mas orang pinggiran,

    Asal jangan jadi nazi ….fuhrer beneran nanti jangan2 punya motto :…Gazelle uber alles…..he..he…he.

    Salam kenal dari Sby.

  29. @Al Gasim
    Salam kenal dari Jogja. Benar dugaan Bapak he..he..he.. Gazelle Uber Alles memang karakteristik sebagian besar onthelis Jogja. Mengenai kostum, di komunitas Podjok sementara ini bisa dikenali ada 8 varian kostum jadoel: Demang, Meneer Belanda, Kraton Mataram, Jerman, Veteran, Jepang, Petani, Inggris.

    • Selamat siang pak sahid, perkenalkan saya pemain ontel baru, ‘klo boleh mau tanya untuk harga gazelle standard yg bagus smp berapa ? Karena saya beli seri 21, 70-80 % orisinil, harganya 17,5 jt, katanya kemahalan, tapi dinaiki rasanya enak sekali jika dibanding seri2 lain yg pernah ditawarkan orang lain (ada seri 11, 10, 9), ‘klo berkenan mohon penjelasannya pak ! Maturnuwun.

  30. achtung eenstelogate, her Sahid..
    Ich bin Andyt, hahaha

    Saya sekedar nambahi tentang kenyamanan Gazelle juga sangat ditentukan oleh faktor pemasangan unit pengayuh dengan baik dan presisi (misalnya jumlah gotri, faktor pelumasan yang baik) juga faktor rasio antara gear depan dengan belakang yang sudah dijelaskan pak Yudi di Klinik Onthel lalu, juga sangat berperanan pada kenyamanan dan kenikmatan sepeda Gazelle. Kalau saya faktor subjektif juga berperan sangat dominan, sebagai contoh, saya hanya mengganti dinamo Bosch biasa dengan Arko botol, dan ban swallow dengan Schwalbe Marathon di Gazelle nomer urut 999362 saya, kok jadi RUAR BIASA enaknya, padahal tetangga saya bilang tak ada bedanya dengan sebelum ganti, hahaha…

    Hier habe Ich gedach, but
    Ich glaubenich genau..yet (campuran antara Hitler dengan Churchill)

  31. You are welcome Mr. Koopmans 🙂
    Just try help other to undestand what you say.
    It’s a lot of information and i thank to you for that.

    @ alun :maksudnya bedain apanya mas? kan lumayan penjelasan dari Mr. Koopmans tentang perbedaan tipe2 Gazelle di atas.

  32. Saya pernah memiliki sepeda merek Gazelle yang bermacam-macam. Ada mangkok as dayung tengah yang kecil, ada yang besar, sepakbor belakang yang lampu lepas, ada yang menyatu, ada sepakbor yg tepinya ada lubang-lubang, ada batang yg posisinya terlalu berdiri, ada yg terlalu condong, ada yg pakai terpal katengkasnya, ada yg pakai plat, ada setang otomatis tarikannya, ada yang tarik dua, ada as gear tengah yang menyatu, ada yang lepas, ada lambang kijang gear as dayungan, ada bacaan GAZELLE, dan lain-lain. Semua jenis sudah saya jual habis yang tersisa hanya sepeda buatan German yang pakaiannya dipakai sama pak Sahid he…he…he… sampai saat ini saya belum dapat penilaian yang istimewa tentang sepeda Gazelle. Kalau sepeda Fongers kita sdh sama tahu kelas yg terbaik seri BB, selain tua juga memiliki konstruksi batang yang berbeda jadi bila dibandingkan dgn sepeda Fongers PFG maka harganya cukup jauh sekali. Terbalik dgn sepeda Gazelle seri 11 thn 50-an malah harganya cukup mahal bila dibandingkan dgn sepeda Gazelle seri 3 dst. Padahal lebih tua dan langka. Maka sejujurnya kita mau cari yg tua dan classic atau yang muda dan cantik. Sebab club-club sepeda yg dibentuk kebanyakan berdasarkan classic dan antiq.

  33. Salam kenal, Kebetulan dirumah Ortu saya ada BB yang kondisi mechanical parts dan assesorisnya lumayan, trus seri 11 yang OK juga SEKO KOLLER SEWOSTER yang gak jelek-jelek amat, tapi tungganganya enak semua, jadi menurut saya ketika mechanical partnya ori dan utuh, pemeliharaan sip, maka kenyamanan akan didapat dan appresiasi akan segera mengalir deras pada pabrikannya. Jadi bangga dengan onthelnya tapi gak berlebihan, akan jadi alat persaudaraan. Mas Azis Junior—salam.

  34. Para onthelis,
    kalau yang saya baca semua nya di web ini yang selalu diperhatikan adalah ke-orsinil-an, apakah kita semuanya yang baca disini tidak membeli barang-barang bajakan, spt vcd bajakan, kaset bajakan dll???
    wassalam,
    terima kasih

  35. mas gazelle dames saya serinya RM 396920 vertikal dari atas ke bawah tapi gak miring.
    emang ada hurufnya ya???
    di sebelah kiri bawah saddle, lampu belakang nyatu sama slebor. gazelle ku asli apa palsu ya????
    mohon bantuannya. thanks

  36. @ Mbak/Mas Dian

    Anda betul bahwa yang di bicarakan di sini adalah yang ori-ori. Membeli barang bajakan sebetulnya tidaklah baik karena membantu pembajak/pelanggar hukum untuk menumbuh-kembangkan usaha mereka yang ilegal.

    Namun demikian apa mau dikata barang bajakan harganya jauh lebih murah dan aparat hukum jarang mengdakan razia. Maka yang terjadi adalah seperti sekarang ini.

    Andai kata ada Gazelle bajakan yang wujudnya nyaris sama dengan yang ori, pastilah banyak penggemarnya. Masalahnya adalah bahwa pembajak produk sepeda akan berpikir 1000 kali untuk bisa menutup biaya produksi. Paling yang bisa dibajak hanya parts/aksesorisnya misalnya, emblim, kulit sadel dsb.

    Salam onthel

    ma2n

  37. mas say pernah liat ada gazelle dengan no seri AE7 di bawah sadel sebelah kiri

    APA EMANG BENER ADA YA ? ATO HANYA REKAYASA yang sebearnya bukan gazelle tapi di sulap jadi gazelle?

    ,,,,,,MATURNUWUN INFONYA

  38. Salam ontelist, sya baru dapat sepeda kuno, dari budhe, konon dibelikan oleh mbah buyut sktr taon 60n, sadelnya dari kulit, sisi kiri sadel ada tulisan G**LL*, dbwah sadel sblah kiri ada nomr 71**81, modelx speda perempuan. Apa ini trmasuk gazelle asli? Tipe apa ya? Kr2 buatan taon brp? Thnx…. Yanuar bondowoso

  39. salam pak Sahid dan onthelist seluruh indonesia,mohon pencerahan untuk sepeda gazelle saya,dgn frame number 11478,posisi numbernya kanan sadel,dgn logo gazelle plat putih krom bukan kuningan,belakang spakbor tidak ada plat merk gazelle, tetapi yang sedikit membingungkan adalah penggunaan persneling 3 speed SA,mohon pencerahan dari teman2 semua,best regards

  40. Tanya Dong sama para senior GAZELLE…!!! saya Baru beli Gazelle laki seri 3 dengan no seri 305636 dari seorang teman yg memang seorang kolektor kayu antik dan kebetulan memiliki sepeda gazelle sebagi kendara’an pribadi…karena teman dia rela menjualnya ke saya…! yg mau saya tanyakan adalah tahun berapa Gazelle seri 3 dibuat..?? dan Apa saja Ciri fisik Gazelle seri 3 yg menonjol…??? sebelumnya saya ucapkan terima-kasih…! Salam Goes slalu..! dan salam Ontel!

  41. Buat Prof. Sahid

    Temen saya bilang, bahwa dia pernah jadi murid Bapak di UGM namanya ALIM SUTIONO. Sekarang satu kantor dengan saya di Pegadaian Probolinggo. Sejak sebulan yang lalu saya terus buka-buka info tentang onthel bahkan webnya Pak Sahid selalu jadi langganan. Kebetulan saya baru dapat Gazelle No.seri 111155 – coba tak chek produksi th 1915 tapi saya masih sangsi kalau itu dibilang banyak orang katanya seri 11 bukan apanya soalnya terlanjur tak beli 10,5 juta emankan kalau keblubuk…( tertipu ) Trims saya di Jl.PB Sudirman No.75 Probolinggo – 081339936999

  42. om-om diatas mw tanya..
    saya terpontang-panting masalah merk sepeda onthel sya..
    ..
    Sepeda model oma fiets
    waktu saya lihat di sepedaonthel.com/rangka_sepeda.php ada tiga kemungkinan antara fongers,gazalle or simplex klo merujuk dari no seri..
    ..
    no seri rangka 112018 letaknya dibawah sadel sebelah kiri dan no seri ditulis dari bawah keatas..
    ..
    adakah pencerahan???

  43. Mohon pencerahan ,,,
    Ini saya baru beli omafiets Gazelle A01738 ,,,
    Nomer seri ada di bawah sadel ,, tertulis dari bawah ke atas?
    Ini gazelle asli apa tidak?
    Kalo asli buatan tahun berapa?
    Semoga ada para master2 gazelle yang bisa membantu ,,,
    MATUR SUWUN

  44. terima ksih mas atas info2nya, apalagi tntg gazelle..
    smoga bisa mnjdi masukan buat pecinta onthel yg lainnya,,,

    jaya ontel…

  45. perbedaan yg paling bisa kita liat dari gazelle tipe L P dan A adalah ( yg saya tahu ):

    (1). pada tipe L dan P sadelnya sudah menggunakan sedel bentuk hygia (terutama untuk tipe L) sedangkan tipe A menggunakan sadel tipe biasa heren maupun dames..

    (2). pada tipe L dan P transfernya timbul2/mentul2 bahkan pada transferan di velgnya dan kalo disentuh tangan sangat kerasa sekali, sedangkan tipe A make transfer biasa yg cetakannya bisa hilang setelah termakan waktu..

    (3). cat pada tipe L dan P terdapat 4 warna : hitam, hijau, merah marun, coklat tua-nikel, dan ada juga tipe yg sangat limited lagi yaitu ALL CROME, sedangakan tipe A hitam saja kalo disini…

    (4). beberapa partsnya juga sangat berbeda seperti hanspad, set lampu dinamo stopan, kunci, dll.. salah satunya kalo tipe L dan P hanspadnya ada pilihan warna putih dan krem gading selain hitam, tipe A hitam saja..

    yah itulah cara kita meliat perbedaanya dari berbagai tipe gazelle yg saya ketahui berdasarkan penglihatan saya sendiri yg kebetulan mewarisi semua tipe gazelle tersebut dari kakek saya…smoga bermanfaat..^^

  46. Saya punya gazelle dames nomor seri 752014 terdapat kode tercetak timbul (bukan ketrik) huruf “GB” di bawah as kroncong, dan teman juga punya dengan kode “GA” dan ada yg kode “GC” mohon info apa artinya ya, tks

  47. om tolong dong kasih ilmunya cara membuka/bongkar as tengah sepeda gazelle seri 935000 pada tutup mangkokan kanan/pas piringan itu kalo mau bongkar putarnya kekiri atau kekanan/arah jarum jam? trimakasih banyak sebelumnya master!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s