Sepeda ini saya dapatkan sekitar setahun yang lalu dengan bantuan seorang teman baik yang kenal ama pemilik sepeda sebelumnya. Untuk mendapatkannya tidak semudah membalik telapak tangan karena butuh waktu hamper 1 tahun sejak pertama kali melihat dan mencobanya pada saat ada event sepeda di Malang Tempoe Doloe tahun 2007 sampe akhirnya di berikan dengan harga yang tdk berubah sejak penawaran saya yang pertama (mungkin pemiliknya kasihan sebab setiap bulan dia selalu saya kontak untuk sekedar menanyakan apakah sepedanya msh sering di naiki sampai ke pertanyaan udah di beri aksesoris atau belum karena mulai lihat sampai akhirnya pindah hak milik ke saya tidak satupun aksesoris nempel kecuali standar samping dan persneleng kipas)
Namun secara specific ada part2 tertentu yang membuat saya bener2 kesengsem sama sepeda satu ini :
- Ukurannya
- Peleg depan lubang 36 belakang 40 dengan merk kron prinz ned oct….
- Standar samping yang juga ada Ned octroi….
- Kunci leher sebagai penanda fongers tua yang masih sangat baik
- Cat yang msh ada strip hijau di beberapa bagian (sblmnya gak kelihatan krn banyak bekas semir dan jarang di bersihkan)
Semenjak pindah tangan langsung saya rawat sebaik mungkin spy bs lebih terlihat keasliannya plus sedikit tambahan alokasi anggaran untuk membuat dia semakin gagah dan tampan.
Ini semua msh jauh dr sempurna klo ada rekan2 yang mau kasih masukan dan saran sangat ditunggu nuwun
salam,
Wahyu Widodo
Fongers BB memang menawan…selamat atas koleksi yang indah ini.
Bikin ngiler…..mas
Isoh nggambang ora isoh nyuling
Isoh nyawang ora isoh nyanding
Asesoris di stang terlalu ramai mas.
Ngiler lagi ah……
ori pake sinil euy
Selamat atas kesabarannya, sepedanya memang bikin iri, apakah sudah ada bel ? kalau belum mungkin bisa ditambahkan, salam
mmmhhhhhhhhhhhhhhh!,,pull ampulan,,lieeuuuuuuurrrr!,
ini sepeda apa kuda hitam,,,?
kren banget
Sepeda yg sangat sangat bagus Mas..buatan thn 1922 atau 1902 yg kalau nmr serinya seperti itu?
Mas Tomo aku jg gak ngerti apa th 1902 ato 1922 mungkin kita tunggu aja komentar dari para pakar…
P Sahid nuwun attensinya……
Masmet makasih masukannya y
NB : Makasih buat Pak Sekjen dan Wong Cilik yang sudah mau Up Load foto onthelku ini
fongers…..bb………ehm….
Salam kenal mas Wahyu,
uapik ker adepese sampeyan, sebanding dengan masa penantian untuk meminangnya.
Tentunya tinggi badan anda diatas 180cm untuk bisa menikmati kenyamanan sepeda ini he he……
Salam
11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11
sayang bgt tinggiku gk smp 180cm, cb klo sampai pasti dah aq gendong bawa pulang.
Sepedanya apik tenan pak… klo boleh tahu penantian sampeyan selama 1 thanu sampe pemilik lamanya melepas sepeda tersebut dengan harga berapa jt??
Trus ngomong2 dapetnya di kota Malang dimana tepatnya?
Fongres yang Gagah, kalau boleh kasih masukan kabel lampunya cari yang kecil dan model anyaman mas biar ngak ngeganggu indahnya leher fongres. suwun
standart nya yang bikin ngileeeer…!!!
koleksi yang sungguh mahall, tapi puas kalo ud dapat .hi…hi…hi
ISTIMEWA
Keren…,bikin ngiler….
Selamat atas sepeda bagusnya,temuan dengan segala kesabaran ternyata menghasilkan barang yang luar biasa, sekedar sharing untuk velg mestinya kan harus berjumlah 72. Jadi kalau 36 belakang depan juga 36 jadi jumlahnya 72. Dan kalau belakang 40 mestinya depan 32 bukan 36. Sory siapa tahu sya yang salah. Salam kenal
Paling tdk BB65 milik Mas Wahyu yg apa adanya akan menambah pengetahuan kita tentang Fongers…. Selamat mas
Fongers numero uno
Fongers BB sepeda kedua yang paling saya kagumi setelah The Golden Sunbeam, sayang kedua duanya saya tidak memilikinya….ha ha ha
Setidaknya BB65 milik Mas Wahyu yg apa adanya sdh memberikan pengetahuan tentang salah satu varian FONGERS…. konstruksi rem n kunci pada leher masih bawaannya ya mas..?
Fongers ini termasuk langka kalau melihat ukuran yang tinggi 26 inchi atau 65 Cm – sepeda ini keterangan nya sbb : di buat tahun 1922 – produksi urutan ke 1 – ini sepeda yang ke 28 , untuk pelek yang lubang ruji 40 , ada kemungkinanan menyesuaikan lubang ruji yang ada pada perseneling bumbung nya yang type Inggris , bila mengikuti perseneling bumbung aslinya tetap lubang ruji yang 36 , untuk pelek Kroon prinz ( german ) dan juga schothorst , mereka sama – sama mengeluarkan tipe pelek 32-40 dan 36-36 , tetapi semua nya di serahkan pada ketersedian barang pada saat itu dan ini OK – OK saja untuk di negara kita yang ada variasi standar ke originalan.
Lampu dan dinamo model yang dipasang model tua – sekitar tahun 1930 an – tapi bukan bawaan fonger .
Wasalam
YUDI
Salam fongres.. Sam Wahyu selamat ya anda juaranya BB 65. Mungkin speda anda bisa buat panduan utk yg punya fongres BB tp blm lengkap ! Ngomong2 Ada kembarannya ga ya ? Mimpi kali ye.. Salam onthel..
nah…ini dia…manteb koleksinya pak….hehehe….
masalah velk…juga ada loh gazelle tua jumlah jerujinya 32-40…hehehe
salam ontel
BB = bikin bingung,
sepeda ini variant terbaik untuk merk fongers pada zaman itu.
velg variant ini banyak di pasangkan pada sepeda fongers di tempat daerah Mr.Andre Koopmans tinggal, memang disana kebanyakan fongers tua pake ukuran dan jumlah ruji 36-40,
mantab pak wahyu, salam…
Selamat atas keberuntungan anda mendapatkan sepeda Fongers BB, yg merupakan impian para kolektor onthelis.
Jarang sekalai memperoleh sepeda ini dgn kondisi yg sperti ini. Luar biasa, salam kenal dari Jogja…
Terimakasih kawan onthelis semua yang sudah mau mamberikan masukan untuk fongers saya ini, salam kenal juga buat yang belum kenal.
untuk pak yudi terimakasih atas masukannya tentang tahun pembuatan dan memang pinginnya semua mulai bel, lampu, dinamo etc semua berbunyi fongers tapi kayaknya saat ini yang paling saya butuhkan pedal fongersnya bos he he…
Untuk P Joyo terimaksh jg untuk sharing pengetahuan khususnya untuk jumlah lubang peleg yang cukup aneh 36 40 walaupun dua2nya ada tanda dan tulisan Ned Oct
heggh…BB lagi
Pak Hyit konstruksi rem ama kunci lehernya insya Allah masih orisinil, mas hardi & mas Iwan hatta maturnuwun attensinya
Seseungguhnya yang membuat sepeda itu menjadi mahal dan antik adalah sejarah mendapatkannya, keaslian & apa adanya (Ori), Selamat mas tinggal dirawat, mudah-2an kita bisa ngontel bareng Fongers-mu. Salam
BB ga dapet-dapet..BB (bikin BT )..kang
Sip! Top! mantap!
@ Beh Diar
saya punya BB,,tapi B nya kelebihan satu,,jadi BBB,,( bedak bau badan ),,,mo,,mo,,mo,,?
@ Sunurawa,
Kakang Mas ne,,lg gila england tuh,,wakakakakaakak
Bahasa kami BB ini adalah,…Tegesssssssssss……jos…jos…jos…
Tinggi, Tua, Original…
hampir semua FONGERS sebelum 1940 originalnya pakai velg 36-40. hanya sedikit ada 32-40. Setelah 1940 baru 36-40 dan 36-36. tahun 50an 36-36 semua.
siiipppppp
Kalo pake yang seukuran ini biar aman dan nyaman tinggi badan kita minimal berapa ya?
Selamat Mas…cuma satu kata : APIK TENAN….
mantap bisa jadi acuan dalam berburu sepeda : kesabaran !
apik lan menawan ….tambah ilmu ku karena sepeda mu
fongers jenis ini banyak yang mencari lohh banyak yang puyeng karena besi tua jenis ini…guud luck and sukses
kan ku cari jenis ini.
BB 65 tmbh pusing py BB 55 aj msh psg cr stang apa lagi yg ky gni…haduh…haduh…
Iwan hatta: mz yg dgudang bs pdah garasi gak biar ak yg ngelengkapin he..he…
Fongers BB merupakan sepeda yang benar-benar mewah.
sepeda yang cantik.
salam kenal dari yudha.
malang di mana, aku sering ke malang lho….
variant BB, klo djaman doeloe, disebut BAEK BETOEL….!!!
Pokoke MANGSTABH pite…..!!!!
selamat mas!
Akhire sepedahe metu nggone wiwinaked.
hidup bonek.
sugeng dalu pak wahyu
akhinya ikut nimbrung juga hehe
mantap pak tambah siiippp ae……
Salam ontelis.
Wah ,ini dia Istimewa,sepedanya governoor van Java,BB65,ngak salah lagi sepeda ini salah satu sepeda yang di pakai gubernor belanda pada era keemasanya di Hindia belanda, sebelum jepang masuk ,masih komplit, ngak ada kata-kata lagi TOOOOOOOOP!!!!!!
@ Mas Wahyu W.
Sepeda tsb. saat ini masih di kota Malang atau sudah pindah ke kota Semarang (ikut mutasi) ?? …he…he…
Insyaallah nanti bisa disandingkan dgn BB ku dgn ukuran 60, masih di Malang juga.
Salam.-
P Dhiar ….asal sabar pasti dapat kok
Kang Towil… selamat searching y kang moga2 dpt sesuai dgn keinginanmu y aku melu ndongakno
Mas Yudha……malang ku di sukarno hatta tp skr nyari makannnya msh di semarang
BS & BPS …..Yok opo khabare konco2 sby
Country …..semoga kita bs ketemu pada event onthel selanjutnya bos nuwun
Niko…Tx beratz infonya
mantapp
kereeeeen
konco-konco podho sehat mas.
wis padha siap kabeh gawe mojokerto – suroboyo.
hidup bonek.
langung ngiler…
Buat yg blm dpt..musti sabar.. Karna org sabar disayang Tuhan. Yg dsayang Tuhan akan mdapat apa yg dicita2kan
Amieeeeen….
He2…
sepedanya mantaaappp….
tuiiiiiingggiiiii n yang terpenting orisinilll abis
koleksinya tambah keren aja pak wahyu…
very cool onthel brada!
top..markotop….
lampu ama triger kipasnya hmmm…….
top pak w.
@winoto
pakabrnya mas….panjenengan juga punya koleksi yang mateb lo…kapan di postingken lagi….
salam
Bener mas Hardi Mas Win ini harusnya juga mau sharing koleksinya biar nambah wawasan kita semua nuwun
kapan aku punya sepeda kayak ini??Mau tukeran dengan gazelle serie 5??hehehehe
Salam kenal, Mas Wahyu. Baru sekilas saya liat foto sepeda Anda, saya langsung tahu kekurangannya. Yaitu: nggak cocok ditinggal di tempat umum! Hahaha… semoga percaya.
@Adit kota
Kalau bicara soal tinggi badan, rasanya sia-sia, meskipun melibatkan orthopedi segala. Mending kita bicara soal ketebalan sol sepatu kita aja, gimana Mas? Praktis dan lebih mudah penanganannya. Hehe…
Wongeres….salam kenal juga bos kapan2 saya pingin sowan ke tempat pejenengan potorono
Mas adit………….bener sampean mas dengan tinggi hanya 170 aku selalu pake supatu yang solnya agak tebal baru agak nyaman naik BB ini ha ha……..
siippp bangg…….
mantap kaaang…..
mantab… tab…. tab….
@ Kang Hardi
alhamdulillah kang suehat meski skarang jarang ngonthel lg hehe
Insya Allah nanti klo ada kesempatan mo posting posting lg ya ditunggu aja tanggal maennya hohohoho….
@ Pak Wahyu
ak setuju sama wongeres jangan di tinggal sembarangan apalagi ditempat umum yang sepiiiii sangat amat berbahaya klo gak ada yang jaga saya mau pak jagain syukur syukur klo permanen hehehe….
Okidikerawang,
Pingin England Bos..he..he..he…bty Fongers diatas semlehoi…HIMA malang juga buaaaguuussss…,aku pingin nyobain enaknya England, tapi memang enak pak Oki, hidup fish and chips ha..ha..ha…
salam hormat.
suiiip deh……..,ya opo kabare…… mas ono turahan rem senggot sing iso dilungsurake ta, gawe lengkapi BB 60 punya POM malang, ben ono rem-e…he..he….he
ya opo carane supoyo iso posting gazelle pastur 65 perempuan,, suwun
wah terlambat buka wira wiri nih… mas Wahyu sy ucapkan selamat atas koleksi langkanya, harap dirwat baik baik..sy sependapat dengan mas Wong, kelemahan sepeda itu cuma satu..yaitu jangan ditaruh ditempat umum krn bisa menguap disambar alap alap>> salam
saran saya he he he gimana kalo dioper ke saya he he monggo kerso…
@Wongeres
setuju pak…ditambah harus tau posisi tiang listrik terdekat ya…hua..ha..ha..
@Pak Rendra
Mas Wahyu sudah tahu kok gelagat kedatangan alap-alap berkumis lebat. Hehe…
@Mas Adit KOTA
Cari aja roda kecil-kecil, dilas di kanan-kiri…
@Pak Winoto
Ck…ck.. Benar-benar bentuk loyalitas tertinggi penggemar sejati, sampai mau jagain secara permanen. Haha.. Salam dari Potorono.
P Rendra terimakasih attensinya, P Wong kita sudah siapkan alternatif nya klo P Rendra Datang beneran Ha ha………
apa gak seharusnya slebor depan ni sepeda separo??ya gak??
@ wah mas Wong ki…. jangan membuat mas Wahyu tambah waspada..hehehehe, btw sy sdh capai ngejar2 stang ga dapat2 ,apalagi pite mas…ampyuun…
@ Mas Wahyu, boleh bagi no hotlinennya mas, saya di 081382747979, sennen saya ke sby, siapa tau bs kabur ke Malang pengen nonton lansung sang maestro BB 65 nya. nuwun.
slamat mlm BANK. AQ ANUNG anak mojokerto/madjapahit ,bank q pnya club speda kumbang . aku baru dapat sepeda namanya fongers serialGRON H60,sampean punya lengkap datanya nggak?
kalau ada buatan taun berapa?
ciri-ciri lampu dan dinamonya tu sprti apa?, GIR ,lampu blakang itu seprti apa dan sadelnya gimana. aku bingung gak dapat data nya tolong kasi ya bank. memang ada gak serial tersebut. MAAF AKU MEMENG AWAM BANGET
weleh weleeeh uapik muanteb banget mas saya juga punya
BB 65 tak bikin torpedo (kurang ragat) penginya melengkapi
onderdilnya sulit didapat .mas minta no hp nya ingin lihat langsung fongers BB 65nya .ini mas no saya 085736353223.
matur suwun
Sepeda lama yang bagus, ditunggu penampakkan koleksinya yang lain dikeluarkan untuk menambah wawasan pecinta sepeda lama semua. Nuwun
wah sang resi akhirnya muncul, apa kabar pak Totok, mhn Juncker 65 nya di posting pak,buat menambah wawasan kami. salam
Pak Rendra dan SW klo mo kontak aku hp ku 0811 36 88 99 up date aja skr sy posisi di semarang bos
Pak Totok kita kan sering ketemu di depan kampus undip he he….
ga brani comment…baca aja d
@sinyo
kalau tidak salah GRON , NED, HOLL dibuat kisaran tahun 1915 sd 1920. tahun2 PD 1 dibuat model sepeda fongers murah…karena krisis ekonomi pada waktu itu akibat perang…
no rangkanya brp pak??
fONGERS emang NGEResep Sanget………..
Wow !! that is a very nice Fongers BB 65, with all the right original parts on it !
This has been a bicycle from a rich man when it was new in 1928.
It looks very original, even the sturmey archer gear ! This Sturmey Archer (persnelling) was almost as expensive as the whole rest of the bicycle, so you had to have a lot of money to buy such a bicycle in those years.
Even the original double green “biezen” end the complete braking are there…I am jalous !
Be careful with this bicycle, this is one of the best.
Greetings from Holland,
Andre
Thank’s for your attention Andre, btw your collection soo inspiring me too Sir
Regards
wahyu
Dirawat lho mas. Kapan2 kita parade sepeda khusus ukuran 65 yo.
@ Kober Semarang=====Siaaaap Komandan
Apik tenan! puolllll! sejarahnya pasti yahud,punya JP Coen dulu ya?
Excellent! body-nya sangat atletis!
apik tenan sepedah iki!
Manni Alus Pisannnnnnnnnnnnnnn..hoyong atuh.
buaguss sekali!damn good!
untuk bro onthelis saya jg mencoba mencari sepeda yang sama,mungkin kalau ada teman2 yang tau infonya tlg dikabari,best regards
BB ( bikin Bingung )
Dulunya biasa sekarang istimewa…
Bb “bikin bangga”….
Saya punya mas,,, tolong jualan ya,, merk fongers buatan Belanda tahun 1925
Sepeda yg sangat bagus dan sangat saya damba-dambakan . Sekarang sepeda ini ada dibali… Mimpi menjadi kenyataan.. makasi