FONGERS BB65

Sepeda ini saya dapatkan sekitar setahun yang lalu dengan bantuan seorang teman baik yang kenal ama pemilik sepeda sebelumnya. Untuk mendapatkannya tidak semudah membalik telapak tangan karena butuh waktu hamper 1 tahun sejak pertama kali melihat dan mencobanya pada saat ada event sepeda di Malang Tempoe Doloe tahun 2007 sampe akhirnya di berikan dengan harga yang tdk berubah sejak penawaran saya yang pertama (mungkin pemiliknya kasihan sebab setiap bulan dia selalu saya kontak untuk sekedar menanyakan apakah sepedanya msh sering di naiki sampai ke pertanyaan udah di beri aksesoris atau belum karena mulai lihat sampai akhirnya pindah hak milik ke saya tidak satupun aksesoris nempel kecuali standar samping dan persneleng kipas)

Namun secara specific ada part2 tertentu yang membuat saya bener2 kesengsem sama sepeda satu ini :

  • Ukurannya
  • Peleg depan lubang 36 belakang 40 dengan merk kron prinz ned oct….
  • Standar samping yang juga ada Ned octroi….
  • Kunci leher sebagai penanda fongers tua yang masih sangat baik
  • Cat yang msh ada strip hijau di beberapa bagian (sblmnya gak kelihatan krn banyak bekas semir dan jarang di bersihkan)

Semenjak pindah tangan langsung saya rawat sebaik mungkin spy bs lebih terlihat keasliannya plus sedikit tambahan alokasi anggaran untuk membuat dia semakin gagah dan tampan.

11-Sturmey archer kipas

Sturmey Archer model kipas

2-Leher Depan

bagian leher

3-Kunci leher

kunci leher

4-Dinamo Haveo

dinamo haveo

5-Lampu haveo

lampu haveo

6-Konstruksi rem depan

rem depan

7-PB020209

BB 65

8-Hub Depan

hub depan

9-Sadel primus

primus

10-No seri

no seri

12-Rotel

rotel

13-No di bawah bracket

No di bawah bracket

14-Pantek bawah bracket

Pantek bawah bracket

15-arm bawah

arm bawah

16-persneleng Bumbung

persneleng Bumbung

17-Rem belakang

Rem belakang

18-standar samping nedherland

standar samping nedherland

19-PB020222

pelek

20-lampu belakang

lampu belakang

1- Fongers BB65

Fongers BB65

Ini semua msh jauh dr sempurna klo ada rekan2 yang mau kasih masukan dan saran sangat ditunggu nuwun

salam,
Wahyu Widodo

100 thoughts on “FONGERS BB65

  1. Mas Tomo aku jg gak ngerti apa th 1902 ato 1922 mungkin kita tunggu aja komentar dari para pakar…

    P Sahid nuwun attensinya……

    Masmet makasih masukannya y

    NB : Makasih buat Pak Sekjen dan Wong Cilik yang sudah mau Up Load foto onthelku ini

  2. Salam kenal mas Wahyu,
    uapik ker adepese sampeyan, sebanding dengan masa penantian untuk meminangnya.
    Tentunya tinggi badan anda diatas 180cm untuk bisa menikmati kenyamanan sepeda ini he he……
    Salam

  3. 11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11,11
    sayang bgt tinggiku gk smp 180cm, cb klo sampai pasti dah aq gendong bawa pulang.

  4. Sepedanya apik tenan pak… klo boleh tahu penantian sampeyan selama 1 thanu sampe pemilik lamanya melepas sepeda tersebut dengan harga berapa jt??

    Trus ngomong2 dapetnya di kota Malang dimana tepatnya?

  5. Fongres yang Gagah, kalau boleh kasih masukan kabel lampunya cari yang kecil dan model anyaman mas biar ngak ngeganggu indahnya leher fongres. suwun

  6. Selamat atas sepeda bagusnya,temuan dengan segala kesabaran ternyata menghasilkan barang yang luar biasa, sekedar sharing untuk velg mestinya kan harus berjumlah 72. Jadi kalau 36 belakang depan juga 36 jadi jumlahnya 72. Dan kalau belakang 40 mestinya depan 32 bukan 36. Sory siapa tahu sya yang salah. Salam kenal

  7. Setidaknya BB65 milik Mas Wahyu yg apa adanya sdh memberikan pengetahuan tentang salah satu varian FONGERS…. konstruksi rem n kunci pada leher masih bawaannya ya mas..?

  8. Fongers ini termasuk langka kalau melihat ukuran yang tinggi 26 inchi atau 65 Cm – sepeda ini keterangan nya sbb : di buat tahun 1922 – produksi urutan ke 1 – ini sepeda yang ke 28 , untuk pelek yang lubang ruji 40 , ada kemungkinanan menyesuaikan lubang ruji yang ada pada perseneling bumbung nya yang type Inggris , bila mengikuti perseneling bumbung aslinya tetap lubang ruji yang 36 , untuk pelek Kroon prinz ( german ) dan juga schothorst , mereka sama – sama mengeluarkan tipe pelek 32-40 dan 36-36 , tetapi semua nya di serahkan pada ketersedian barang pada saat itu dan ini OK – OK saja untuk di negara kita yang ada variasi standar ke originalan.
    Lampu dan dinamo model yang dipasang model tua – sekitar tahun 1930 an – tapi bukan bawaan fonger .

    Wasalam
    YUDI

  9. Salam fongres.. Sam Wahyu selamat ya anda juaranya BB 65. Mungkin speda anda bisa buat panduan utk yg punya fongres BB tp blm lengkap ! Ngomong2 Ada kembarannya ga ya ? Mimpi kali ye.. Salam onthel..

    WC :
    ada kali di “gudang”….he he he…

  10. nah…ini dia…manteb koleksinya pak….hehehe….
    masalah velk…juga ada loh gazelle tua jumlah jerujinya 32-40…hehehe
    salam ontel

  11. BB = bikin bingung,
    sepeda ini variant terbaik untuk merk fongers pada zaman itu.
    velg variant ini banyak di pasangkan pada sepeda fongers di tempat daerah Mr.Andre Koopmans tinggal, memang disana kebanyakan fongers tua pake ukuran dan jumlah ruji 36-40,
    mantab pak wahyu, salam…

  12. Selamat atas keberuntungan anda mendapatkan sepeda Fongers BB, yg merupakan impian para kolektor onthelis.
    Jarang sekalai memperoleh sepeda ini dgn kondisi yg sperti ini. Luar biasa, salam kenal dari Jogja…

  13. Terimakasih kawan onthelis semua yang sudah mau mamberikan masukan untuk fongers saya ini, salam kenal juga buat yang belum kenal.
    untuk pak yudi terimakasih atas masukannya tentang tahun pembuatan dan memang pinginnya semua mulai bel, lampu, dinamo etc semua berbunyi fongers tapi kayaknya saat ini yang paling saya butuhkan pedal fongersnya bos he he…
    Untuk P Joyo terimaksh jg untuk sharing pengetahuan khususnya untuk jumlah lubang peleg yang cukup aneh 36 40 walaupun dua2nya ada tanda dan tulisan Ned Oct

  14. Seseungguhnya yang membuat sepeda itu menjadi mahal dan antik adalah sejarah mendapatkannya, keaslian & apa adanya (Ori), Selamat mas tinggal dirawat, mudah-2an kita bisa ngontel bareng Fongers-mu. Salam

  15. hampir semua FONGERS sebelum 1940 originalnya pakai velg 36-40. hanya sedikit ada 32-40. Setelah 1940 baru 36-40 dan 36-36. tahun 50an 36-36 semua.

  16. apik lan menawan ….tambah ilmu ku karena sepeda mu
    fongers jenis ini banyak yang mencari lohh banyak yang puyeng karena besi tua jenis ini…guud luck and sukses

    kan ku cari jenis ini.

  17. BB 65 tmbh pusing py BB 55 aj msh psg cr stang apa lagi yg ky gni…haduh…haduh…

    Iwan hatta: mz yg dgudang bs pdah garasi gak biar ak yg ngelengkapin he..he…

  18. Fongers BB merupakan sepeda yang benar-benar mewah.
    sepeda yang cantik.
    salam kenal dari yudha.
    malang di mana, aku sering ke malang lho….

  19. Salam ontelis.
    Wah ,ini dia Istimewa,sepedanya governoor van Java,BB65,ngak salah lagi sepeda ini salah satu sepeda yang di pakai gubernor belanda pada era keemasanya di Hindia belanda, sebelum jepang masuk ,masih komplit, ngak ada kata-kata lagi TOOOOOOOOP!!!!!!

  20. @ Mas Wahyu W.

    Sepeda tsb. saat ini masih di kota Malang atau sudah pindah ke kota Semarang (ikut mutasi) ?? …he…he…

    Insyaallah nanti bisa disandingkan dgn BB ku dgn ukuran 60, masih di Malang juga.

    Salam.-

  21. P Dhiar ….asal sabar pasti dapat kok
    Kang Towil… selamat searching y kang moga2 dpt sesuai dgn keinginanmu y aku melu ndongakno
    Mas Yudha……malang ku di sukarno hatta tp skr nyari makannnya msh di semarang
    BS & BPS …..Yok opo khabare konco2 sby

  22. langung ngiler…
    Buat yg blm dpt..musti sabar.. Karna org sabar disayang Tuhan. Yg dsayang Tuhan akan mdapat apa yg dicita2kan
    Amieeeeen….
    He2…

  23. Salam kenal, Mas Wahyu. Baru sekilas saya liat foto sepeda Anda, saya langsung tahu kekurangannya. Yaitu: nggak cocok ditinggal di tempat umum! Hahaha… semoga percaya.

    @Adit kota
    Kalau bicara soal tinggi badan, rasanya sia-sia, meskipun melibatkan orthopedi segala. Mending kita bicara soal ketebalan sol sepatu kita aja, gimana Mas? Praktis dan lebih mudah penanganannya. Hehe…

  24. Wongeres….salam kenal juga bos kapan2 saya pingin sowan ke tempat pejenengan potorono
    Mas adit………….bener sampean mas dengan tinggi hanya 170 aku selalu pake supatu yang solnya agak tebal baru agak nyaman naik BB ini ha ha……..

  25. @ Kang Hardi

    alhamdulillah kang suehat meski skarang jarang ngonthel lg hehe

    Insya Allah nanti klo ada kesempatan mo posting posting lg ya ditunggu aja tanggal maennya hohohoho….

    @ Pak Wahyu

    ak setuju sama wongeres jangan di tinggal sembarangan apalagi ditempat umum yang sepiiiii sangat amat berbahaya klo gak ada yang jaga saya mau pak jagain syukur syukur klo permanen hehehe….

  26. Okidikerawang,

    Pingin England Bos..he..he..he…bty Fongers diatas semlehoi…HIMA malang juga buaaaguuussss…,aku pingin nyobain enaknya England, tapi memang enak pak Oki, hidup fish and chips ha..ha..ha…

    salam hormat.

  27. suiiip deh……..,ya opo kabare…… mas ono turahan rem senggot sing iso dilungsurake ta, gawe lengkapi BB 60 punya POM malang, ben ono rem-e…he..he….he
    ya opo carane supoyo iso posting gazelle pastur 65 perempuan,, suwun

  28. wah terlambat buka wira wiri nih… mas Wahyu sy ucapkan selamat atas koleksi langkanya, harap dirwat baik baik..sy sependapat dengan mas Wong, kelemahan sepeda itu cuma satu..yaitu jangan ditaruh ditempat umum krn bisa menguap disambar alap alap>> salam

  29. @Pak Rendra
    Mas Wahyu sudah tahu kok gelagat kedatangan alap-alap berkumis lebat. Hehe…

    @Mas Adit KOTA
    Cari aja roda kecil-kecil, dilas di kanan-kiri…

    @Pak Winoto
    Ck…ck.. Benar-benar bentuk loyalitas tertinggi penggemar sejati, sampai mau jagain secara permanen. Haha.. Salam dari Potorono.

  30. @ wah mas Wong ki…. jangan membuat mas Wahyu tambah waspada..hehehehe, btw sy sdh capai ngejar2 stang ga dapat2 ,apalagi pite mas…ampyuun…
    @ Mas Wahyu, boleh bagi no hotlinennya mas, saya di 081382747979, sennen saya ke sby, siapa tau bs kabur ke Malang pengen nonton lansung sang maestro BB 65 nya. nuwun.

  31. slamat mlm BANK. AQ ANUNG anak mojokerto/madjapahit ,bank q pnya club speda kumbang . aku baru dapat sepeda namanya fongers serialGRON H60,sampean punya lengkap datanya nggak?
    kalau ada buatan taun berapa?

    ciri-ciri lampu dan dinamonya tu sprti apa?, GIR ,lampu blakang itu seprti apa dan sadelnya gimana. aku bingung gak dapat data nya tolong kasi ya bank. memang ada gak serial tersebut. MAAF AKU MEMENG AWAM BANGET

  32. weleh weleeeh uapik muanteb banget mas saya juga punya
    BB 65 tak bikin torpedo (kurang ragat) penginya melengkapi
    onderdilnya sulit didapat .mas minta no hp nya ingin lihat langsung fongers BB 65nya .ini mas no saya 085736353223.
    matur suwun

  33. Sepeda lama yang bagus, ditunggu penampakkan koleksinya yang lain dikeluarkan untuk menambah wawasan pecinta sepeda lama semua. Nuwun

  34. Pak Rendra dan SW klo mo kontak aku hp ku 0811 36 88 99 up date aja skr sy posisi di semarang bos
    Pak Totok kita kan sering ketemu di depan kampus undip he he….

  35. @sinyo
    kalau tidak salah GRON , NED, HOLL dibuat kisaran tahun 1915 sd 1920. tahun2 PD 1 dibuat model sepeda fongers murah…karena krisis ekonomi pada waktu itu akibat perang…
    no rangkanya brp pak??

  36. Wow !! that is a very nice Fongers BB 65, with all the right original parts on it !
    This has been a bicycle from a rich man when it was new in 1928.
    It looks very original, even the sturmey archer gear ! This Sturmey Archer (persnelling) was almost as expensive as the whole rest of the bicycle, so you had to have a lot of money to buy such a bicycle in those years.
    Even the original double green “biezen” end the complete braking are there…I am jalous !

    Be careful with this bicycle, this is one of the best.

    Greetings from Holland,
    Andre

Tinggalkan Balasan ke Arema Voice Batalkan balasan