SERTIFIKASI

sertifikat

Program sertifikasi sepeda onthel ini sangat cemerlang dan menguntungkan bagi pemilik sepeda tua. Sebuah klub sepeda tua yang kesohor dari kota Bandung Jawa Barat telah memulainya. Penulis sendiri tidak mengetahui apakah program serupa sudah dilakukan oleh komunitas sepeda tua lain.

Tentang program ini bisa dibaca lebih lanjut di :

“SERTIFIKASI SEPEDA ONTHEL”

 

…….

gambar diambil dr : sini 

56 thoughts on “SERTIFIKASI

  1. Terobosan yang bagus.
    lalu bagaimana dengan bukti-bukti sejarah, sejauh apa klelengkapan yg di miliki badan sertifikasi, bagaimana dengan sepeda buatan indonesia yang meniru buatan eropa ato pabriknya, beranikah badan sertifikasi menulis bahwa ini sepeda lokal “copy”.

    Ato malah dengan badan ini banyak muncul sepeda2 lokal “copy” yang tiba2 di jadikan sepeda yg bersertifikat eropa (alias asli pabrikan).

    Sebaliknya perlu kewaspadaan yang tinggi , selain pencurian juga banyak penipuan sepeda, Kosti sendiri belum mampu memberikan data yg bener2 akurat, bagaimana dengan PSB bandung.

    Buktinya sampai sekarang banyak sepeda2 buatan diatas tahun 70 an dan sepeda lokalan yg di modifikasi menjadi tua, tetep aja bisa pameran di ajang sepeda tua. sejauh apa selektifitas mereka.

    Semoga dengan ide ini, PSB bandung bisa menjadi klub yang lebih mampu memberikan keamanan dan kenyamanan setiap penggemar dan kolektor sepeda di tanah air.

    salam ontel
    – Hardi-

  2. @ Hardi : nilai historis tentunya tidak akan hilang ( bagi yang lengkap historisnya),dan team nantinya akan sekuat tenaga dengan segala kemampuanya untuk mengidentifikasi sepeda onthel yang akan diberikan sertifikat,kita akan menggunakan berbagai sumber dan mencari rujukan se akurat mungkin. nuhun.

  3. faj.ada dipakai pak Rudi dia neneknya sama neneknya marhaen sama-sama nenek-nenek.dia doang sekarang kakek-kakek yg getol nge-piet.hehehe.kita yg muda-muda kalau nafas bro….

  4. tuh kan ide ane kepake juga, coba juga kosti mau melakukan registrasi kepemilikan sepeda onthel di seluruh indonesia, kan ade mamfaatnya juga contoh kalo ade sepeda onthel yg hilang kalo sudah di registrasi kepemilikannya mudah dilacak apabila sepeda hilang. apalagi kosti punya data base siapa saja pemilik sepeda tua, istilahnya BPKB Onthel gitu loh…!

  5. Ide ini cukup bagus, namun sangat diperlukan ketelitian dlm hal historis pemilik, asal-usul sepeda, keorisinalitas dan kelengkapan aksesorisnya.
    Karena akhir-akhir ini sangat banyak sepeda gado-gado maupun replika yg dibuat sedemikian rupa shg mirip sepeda tua. Dan bagaimana penilaian thd impor sepeda tua yg akhir-akhir ini bnyk dilakukan oleh bbrp onthelis.
    Semoga ide ini bisa terwujud dan bisa disikapi secara positip… Bravo onthel…

  6. klo gw ngedukung ajadah!!
    Asal slh satu ngk ada yg d rugikan,malah bermang pa’at bagi si pemilik.

    Itu bikin surat pake duit kan?!
    trus klo brng nya d jual Nnt bikin surat pindah tangan ngak?
    Klo mesti bkn berapa persen kah yng harus d bayarkan!

  7. klo gw ngedukung ajadah!!
    Asal slh satu ngk ada yg d rugikan,malah bermang pa’at bagi si pemilik.

    Itu bikin surat pake duit kan?!
    trus klo brng nya d jual Nnt bikin surat pindah tangan ngak?
    Klo mesti bkn berapa persen kah yng harus d bayarkan!
    (sorry nm keren gw ketinggalan)

  8. @ Nontot Leho…bisa-bisa aja hehehe..jangan kuatir yang ahli acuk baheula juga bisa menilai kostum team penilai..hihihi..!

    PSB pasti punya team yang bercompetency tinggi.
    Juga semoga mutilasi berkurang drastis hehehe…semoga standarnya ,frame,fork,spatbord,steer, aman….!

  9. Salam onthelis, Sampurasun,

    Kepada seluruh penggemar sepeda onthel dan yang telah memberikan komentarnya di atas saya ucapkan terima kasih , saya mewakili ketua PSB Bandung Kang Aboy ingin meluruskan bahwa tujuan dari sertifikasi onthel yang dicanangkkan oleh PSB Bandung dan KOSTI JABAR ini untuk :

    1. Menambah pengetahuan tentang sepedah onthel yang kita miliki / koleksi, tentang kelengkapan dan apa saja bagian original dari sepeda kita berdasarkan penelitian dari tim PSB , buku buku sejarah sepedah yang dimiliki PSB, website seluruh merk onthel di dunia baik yang masih aktif atau sudah jadi museum, serta para rekan kita sesama penggemar di luar negri sana. yang kita rangkum dalam satu sertifikat berbentuk buku kecil seperti BPKB kendaraan umumnya.

    2. Menjaga keamanan para pemilik sepedah onthel, dengan mencatat no rangka pada sepedah yang telah disertifikasi yang akan dimasukkan dalam database PSB Bandung. sehingga siapapun yang membeli sepedah onthel bisa memeriksa sepedah tersebut apakah pernah disertifikasi oleh PSB Bandung sehingga dapat mengetahui asal usul dari sepeda tersebut.

    3. Walaupun usaha kita dalam membuat sertifikasi ini masih dalam tahap awal , PSB Bandung sangat mendukung masukan dan saran bagaimana cara pengecekan sepedah yang baik sehingga kita dapat berbagi ilmu diantara sesama penggemar sepedah tua ini.

    4. Semoga dengan sertifikasi ini nilai sejarah dan keunikan dari sepedah onthel kita dapat terjaga dan lestari, serta dapat mengurangi kerugian dari rekan kita yang membeli sepedah onthel ASPAL (Asli tapi Palsu), karena banyak di kalangan anggota PSB Bandung yang sepedah onthelnya ternyata masih memiliki bukti bukti otentik semasa pembelian atau pada saat shipping dari pabrikan asal hingga tiba di Indonesia.

    Kegiatan baik ini sekiranya dapat di dukung oleh seluruh onthelis dan onthelista di Indonesia , karena sepedah Onthel sudah bukan barang rongsokan lagi tapi sebuah saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

    Hatur Nuhun

    NB : untuk Data Base dan Persyaratan akan diumumkan secepatnya

  10. Trobosan jitu nih,,,, bijimane neh dengan daerah lain…. kang WC..???
    harus dilanjutken dan dikembangken….. Pemrakarsa serifikasi ini…!!! ke komunitas Onthel di Indonesia….

  11. GILAAAAAAAA
    SETUJU BANGET!

    EMANG BARUDAK PSB MAH KREATIP PISAN EUY!!!!!

    TAPI……
    SY MENGINGATKAN BUAT SEMUA, TERUTAMA YANG AKAN MENGIKRARKAN SERTIFIKASI INI,,,

    SERTIFIKASI INI GA MUDAH
    PERLU PERSYARATAN YANG SANGAT KETAT, DI LIHAT PERUNTUKANYA
    1.SEKEDAR PENDATAAN DAN PENOMERAN, DAN KELAYAKAN
    2. PENDATAAN PENOMERAN, IDENTIVIKASI, KELAYAKAN

    YANG NO 1 SY ANGGAP BISA DI JALANIN TANPA ADA PERSIAPAN YANG TERLALU

    YANG NO 2……KUSUSNYA IDENTIVIKASI….BERAAAAAAT
    WONG KITA SEMUA MASI BEGO KO MAU IDENTIVIKASI???SEPEDA YANG VARIASI MERK DAN TYPE JUTAAN JUMLAHNYA???

  12. HARUS ADA DUKUNGUNGAN DATA2 YANG BENER BENER VALID!

    TOLONG JANGAN BERANI2 MENGELUARKAN SERTIPIKAT YANG DASARNYA GA JELAS

    MASALAH SERTIPIKASI ITU GA MAEN2

    SY SEBAGAI ORANG AWAM MENYARANKAN HANYA KITA MENGELUARKAN SURAT BERUPA DATA YANG MENERANGKAN KONDISI SEPEDA SAJA.. CUKUP

    DAN YANG LEBIH PENTING LG…DI NIATKAN INI UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA!

    ARTINYA..SEMUA HARUS TRANSPARAN, APA LG MASALAH HEPENG

    GA PERLU PAKE PAJAK!

    UANG YANG DI KELUARKAN JG…HANYA UNTUK MENGGANTI KERTAS SAJA!!!

    JANGAN JADIKAN BISNIS!

    SEKIAN MUDAH2AN JD BAHAN RENUNGAN KITA SEMUA

    PISS AAAAAH…

  13. sampurasun…..

    terima kasih atas saran dan masukannya usulan sertifikasi ini masih kita sosialisasikan karena kita masih membutuhkan saran dan pro kontra nya dari wacana sertifikasi ini.

    Untuk sertifikasi sepedah onthel awalnya hanya untuk anggota PSB Bandung tapi ternyata banyak respon dan dukungan dari berbagai onthelis di indonesia mungkin nanti kita akan usulkan kepada KOSTI pusat untuk mengkoordinir

    Kita tidak mengharuskan semua sepeda onthel untuk di sertifikasi untuk sementara terbatas pada sepeda yang dianggap para pemiliknya sebagai jagoan diantara koleksi mereka ataupun semua sepedah yang dimilikinya itu terserah dari pemiliknya.

    pada dasarnya memang sertifikasi ini untuk menjelaskan keberadaan sepeda tersebut dan siapa pemiliknya sehingga bila terjadi kehilangan kita dapat melaporkan kepada yang berwajib atas dasar surat sertifikasi tersebut

    biaya yang timbul memang digunakan untuk biaya pembuatan buku sertifikasi, data base, internet connection, peneng, sticker dll

    kami tunggu segala masukannya semoga hobi kita ini menjadi hobi yang lebih tertib dan membanggakan

    hatur nuhun….
    salam onthelis indonesia………

  14. @moody blues:
    Kita amati dl perkembangan nya bos!! klo sama2 tdk ada yng d rugikan kenapa tdk…….

    @panitia sertifikasi:
    Untuk pembikinan surat Memang sebenarnya susah2 gampang lagian nama/jenis sepeda itu ribuan macam, klo msh ada enlim yg msh utuh/data2 yg akurat tntng spd itu…
    oke kita msh bs d pertanggung jawabkan….
    Yg hrs d perhatikan perkanibalan emblim ke preem d jaman sekarang apa seh yng ngak bs d tiru tentang merk sepeda sampai pemasangan emblim!

    Pokok utama yng paling gampang dalam catatan bahan adalah
    1,jenis/model sepeda.
    2,nmr seri.
    Klo so’al kelengkapan asesoris walaupun sepedanya jagoan tp kadang2 siapa tau berubah rubah dari mulai lampu,kunci,bell,mungkin pelg jg siapa tau…bs jadi kaaan?!!

  15. saran dari ambo, bagi himpunan atau paguyuban sepeda tua masing-masing daerah yang sudah mendaftarkan pada kosti akanlah bermanfaat jika program ini kalau nantinya di lempar pada kosti, Kostinya ada saldo kah? karena saya pernah liat di wiwinaked keadaan kosti masih bersaldo ‘0’ jangan nantinya ‘biduk bocor pendayung patah’
    mantapkanlah kosti ini terlebih dahulu.. sekedar saran, semoga Kosti dan anggota selalu menjadi motor penggerak peronthelan di Nusantara.. amien..

  16. sertifikasi menurut saya bentuk pengakuan diri,rekan-rekan dan tim berkopetent atas sejarah yang tercatat,abi ngiringan kang.salam hangat bt onthelis psb dan unthelis se indonesia,dr onhelis ujungberung.

  17. WARNING!!!
    PENYALAH GUNA’AN SERTIFIKASI!!!
    bagi oran tdk jujur……..
    waktu pembikinan brng orizinalan tapi pas dia jual spdnya ternyata ada yg di tkr sm brng bukan ori,
    si penjual yng tdk ju2r dia ngak mungkin jual ke orang yg ngak ngerti
    pastinya dia cari mangsanya ke orang yng belum paham sepeda ontel,dngn cara membodohinya dengan memperlihatkan ke originalan brng dengan bukti SERTIFIKASI!!

    perhatian!!!jangan sekali2 anda menjadikan ide baru buat memperdaya mangsa anda….

  18. Sungguh antusias nian para onthelis penikmat wiwinaked ini..

    Sertifikasi, memang sebuah ide dan wujud kreatifitas yang perlu di sambut baik, ada beberapa hal yang nampaknya perlu di pertimbangkan :

    1. National Bycicle Registry (www.nationalbikeregistry.com), dipopulerkan oleh penikmat sepeda di Canada & USA, maksudnya sangat simple untuk pendataan, keamanan dan perlindungan investasi, disini.. siapapun yang memiliki sepeda boleh mendaftarkan sepedanya untuk regstrasi (mbayar), untuk nantinya akan dimasukkan menjadi database sepeda yang sentralisasi.

    2. Registrasi Sepeda Indonesia (RSI), ide ini muncul tiga bulan terakhir yang pernah direkomendasikan oleh Bikepacker Indonesia & KOSTI untuk menjadi badan/wadah database sepeda, namun formatnya masih dalam tahap pengembangan, rencananya ide RSI akan di gulirkan dan dibedah pada Kongres Sepeda Indonesia. (ini mencangkup semua jenis sepeda)

    3. SERTIFIKASI Onthel yang di prakarsai oleh rekan2 PSB & Kosti Jabar, pada prinsip dan maksudnya adalah sama seperti 2 point diatas, namun.. lebih spesifik lagi setiap Onthel yang di daftarkan akan detail didata mengenai nilai histories, ke-orisinalitas, dan (mungkin) mengarah ke nilai value harga sepeda tersebut. dan bagi saya ini jadi dilematis tersendiri bagi penikmat sepeda onthel.. Sertifikasi dikhawatirkan mengarah kepada penilaian subyektif terhadap orisinalitas sepeda, bukan pada maksud untuk mendata.

    4. perlu diketahui, Sepeda Onthel sangatlah spesifik, beragam merk. beragam parts, beragam model dll. hingga kini pun di Indonesia masih belum punya pribadi2 yang direkomendasikan paham akan seluk beluk onthel itu sendiri (inilah kenapa kontes onthel tidak bisa diREKOMENDASI KOSTI), belum ada sistem penilaian dan penjurian yang valid, di tambah lagi oleh minimnya data & informasi mengenai detail onthel.

    5. Menjadi Dilematis, Sertifikasi/registrasi atau apalah namanya memang sebuah masukkan yang berharga, namun perlu di cermati…. kalau hanya pendataan seputar (Merk, No.Frame, Kepemilikan) itu saya sangat setuju.. bukankah memang identifikasi onthel pada saat pertama di buat di cirikan dengan No.Frame (Kode produksi) ? yang sungguh hal kecil untuk membedakan satu dgn yang laiinnya.. sementara apabila Sertifikasi menyangkut pendataan Merk, Tahun pembuatan, Assesories, parts, dan detail tentang sepeda menurut saya kurang elegan.. karena berada dalam “keghaib-an” siapa yang tau..?

    6. Sekedar Saran, ide Sertifikasi ini memang layak di kembangkan dengan catatan hanya pendataan menyangkut Merk, No.Frame, Kepemilikan, dll.. untuk nantinya setiap pendaftar akan diberikan Label (stiker) khusus di sepedanya (Seperti peneng pajak daerah untuk sepeda), untuk kemudian pendaftar mendokumentasikan (difoto) detail sepedanya untuk kondisi terakhir, kemudian pendaftar di berikan Sertifikat sebagai tanda bukti kepemilikan.. sementara pembuat sertifikasi harus mempunyai data base yang bisa di update dan diakses dengan mudah.. tentunya ini disinergikan dengan lembaga terkait (seperti Kepolisian.. mengenai ranah hukumnya)

    7. apalagi yaahh…. auk ahh…

    Saluut Buat ide nya PSB Bandung

    Salam
    Sekjen

  19. uiih cing sekjen…kedikitan tuh komentarnya..

    bro, ini geliat kegundahan dari pengguna onthel di daerah dan Kosti jabar…gimana kalo cepat diakomodir sama KOSTI Pusat…sebagai bukti kebermanfaatan KOSTI… karena kalau legilaitas sertifikat juga ditanda tangani dan dicap KOSTI Pusat sertifikat ini semakin afdol… Hidup KOSTI..

  20. Saran :
    Sertifikasi menyangkut pendataan sepeda Merk, Tahun pembuatan,no rangka, Assesories, parts, dan detail tentang sepeda itu sangat bagus dan berguna sekali , tapi menurut saya jika sepeda yang sudah di sertifikasi tidak untuk dijual belikan.jika sudah bosan sertifikasinya harus dikembalikan ( diganti ) dengan pemilik yang baru dan tidak digandakan ( aspal). juga petugas sertifikasi / pihak pencatat jangan bosan-bosan menginformasikan peredaran sepeda tsb disetiap daerah /cabang.sementara pembuat sertifikasi harus mempunyai data base yang bisa di update dan diakses dengan mudah.

    Hebat kang .

  21. @ sekjen….siap lah, LOSTI JABAR kemaren dah Rapat Kerja pengurus di Jatiwangi Majalengka, salah satunya membahas Indramayu…

    @ Twddy…makasih ah…

  22. Setuju dengan pak Sekjen, menentukan orisinalitas sebuah sepeda tua memang susah kecuali kita memiliki katalog ataupun catatan yang lengkap dari pabrik sebagai patokan atau oleh pihak pabrik sendiri dan tidak bisa ditentukan oleh perseorangan atau kelompok tertentu (di blog aja masih berantem…. ya ga?),

    menurut saya lebih baik jika mendata jenis, merk dan serial number sepeda untuk kemudian dijadikan data untuk mengetahui jumlah populasi sepeda tua yang masih ada atau untuk urusan administrasi jika seandainya ada transaksi jual beli.

    Sertifikasi untuk nilai orisinalitas sebuah sepeda dengan tujuan mengetahui nilai historis atau untuk mencegah kriminalitas pemalsuan memang sangat baik menurut saya tapi jangan sampai malah menimbulkan perpecahan, ada teman yang membanggakan sepeda yg didapatkan dengan susah payah yang katanya asli dan saya ga bisa membayangkan perasaannya jika tau itu adalah palsu dari hasil sertifikasi, mungkin dia akan jera mengoleksi onthel dan akhirnya tujuan kita bersama selama ini untuk memasyrakatkan sepeda tua menjadi gagal.
    Mohon untuk direnungkan bersama dan mohon maaf sebelumnya.

  23. udahalah….ga usah pake nyantumin orisinil apa kaga
    biarin apa adanya aja

    yang penting tu sepeda terdaftar… selesai..

    trus…jangan pake nyusahin orang lg…pake biaya gede2an
    cukup buat ganti kertas ama cap aja…selesai

    ga usah ribet dah…

    kalo bisa gtu salut buat PSB, jd pelopor club sepeda yang ok tapi ga nyusahin anggota

    viva ontelll

  24. Sy setuju dengan Mas Memer, Sepeda Onthel harganya mahal karena ada nilai Historis nya dan barangnya langka, sebab apa merk G dengan No frame 11XXXXX mahal kalo bukan di nilai dari historis dan kelangkaannya?

  25. Pemilik : Sultan Agung
    Alamat : Jl. Condro no.324 Jember
    No. telpon : 0789-898989
    merk /type : Fongers/BB
    No Frame : 2728-29
    Ukuran : 60 cm
    Jenis : Heren/sepedah lanang
    Perkiraan tahun pembuatan : 1927
    Negara Pembuat : Belanda
    Ciri-ciri khusus : Ukuran ban,socket???????

    Ketua team sertifikasi Ketua PSB

    Mr. Budak baong Mr. R Jauhari SE.
    08123456789 08987654321

  26. @ lintang kemukus:
    Aq gelar nya baru tingkat santri!! kt serahkan aja kpd para kyai2 ontel….. Trim’s!

    Itu spd BBnya mending d jual aja yah.. Atau tkr ama spd customs hahahaaaa.

  27. copy paste edit dari Kosti Jabar

    Sampurasun,
    Sekadar pendapat:
    keuntungan selain masalah kehilangan (pribadi:”kehilangan onthel tua sekarang ini sangat minim”) juga ini menyangkut “sejarah”, kenapa disebut sejarah, karena tertulis, kalo tidak ada sumber tulisan/dokumen jadinya cerita, legenda, tahayul, fiksi, dugaan, prasejarah, dan sebagainya.
    Maka dari itu pen dokumentasian adalah hal penting dalam sejarah (ceritanya PSB memperpanjang Sejarah Sepeda2tua). Tanpa itu masa depan menjadi makin gelap tentang asal usul sepeda onthel.
    Tetapi yang patut dikhawatirkan, adanya penyelewengan sejarah baik itu sengaja ataupun tidak, contoh sengaja “sepeda bikinan” sedangkan contoh tidak sengaja “HIMA dinamaan Juncker” danlainlain
    Jadi Memang HARUS ADA RISET DAN PENGUMPULAN LITERATUR oleh PSB yang nantinya dipakai acuan untuk penilaian sepeda2 “yang meragukan” sebagai pendamping pengalaman para sesepuh sepeda.
    saran:
    Pendokumentasian juga diikuti pendokumentasian terkomputerisasi dan online jaga2 seperti dokumen produksi simplex yang dimusnahkan, kita2 jadi terkadang menduga dalam menilai simplex. Selain kalau di online memudahkan untuk di backup juga.

    Hatur Nuhun
    Pebrusani Yusuf

  28. Kegunaan dan manfaat sertifikasi sudah jelas! yang jadi masalah adalah, informasi apa saja yang diperlukan untuk selembar surat sertifikasi dan dirasakan cukup informasinya tentang sebuah sepeda! Jadi apa saja informasinya? Apakah contoh diatas belum cukup, tambahan, special story, sepeda ini adalah punya bekas Pangdam di Amsterdam, ato bekas sepeda mr. Hitler tapi harus dengan sumber tambahan yang sangat dipercaya.

  29. @Godam,Lintang,Oki
    WOOOOY…..
    SOK gera bkn wadah heula atUH….
    komunitas pusaka Indonesia(KOPSIA)

    Sabenerna Uing teh kerbingung budak sorangange can d Akteuken ieu teh!
    Jadi….sapedah hela atawa budak helanya!?

  30. sampurasun,

    melihat banyaknya masukan dan saran yang sangat mendukung wacana ini,
    mungkin untuk sementara ini sertifikasi sepeda ontel dan pendataan pemilik akan dilakukan khusus untuk anggota PSB, sebagai pilot project dan percobaan.
    jika berguna untuk para onthelist akan kita lanjutkan jika ternyata tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan. akan ditinjau kembali.

    hatur nuhun

    salam obthelis

Tinggalkan Balasan ke jejen Batalkan balasan