BATAVUS 123002

Pameran sepeda Indische Fietsen 2010 yang digelar oleh Podjok di Bentara Budaya Yogyakarta beberapa hari lalu sepertinya memang tidak bisa menampung semua sepeda2 klasik dan unik yang ada di Yogyakarta. Sepeda2 yang dibawa teman onthelis ke acara pameran tidak kalah menarik dengan sepeda yang dipamerkan di dalam gedung, salah satunya adalah Batavus ini :

batavus gapit ban 26"

Meski batavus gapit ini berukuran ban 26″ tapi kalau dinaiki akan sama dengan sepeda ban 28″ karena pipa yang berada di bawah sadel ukurannya lumayan panjang, jadi untuk onthelis berbadan dibawah 170cm kakinya tidak akan  bisa menapak ditanah dengan pas  jika duduk di sepeda ini. Keunikan lainnya adalah model sadel yang tidak umum, bentuknya bundar dan tidak ada bagian yang menjorok ke depan seperti model2 sadel lain.

sadel dari belakang

sadel dari depan, dengan dua pegas juga ada di bagian depan

boncengan belakang tanpa baut dilas langsung ke frame

dudukan boncengan dgn model di las dan nomer rangka yg letaknya dekat as roda belakang

emblem

setang

terpal untuk tutup roda dan rantai

karet handgrip

bagian ujung atas spakbor depan

pemiliknya : Pak kardi...sambil udad udud 😀

Menurut info terkini, sepeda ini sekarang sudah beralih kepemilikan dari pak Kardi kepada seorang kolektor Yogyakarta yang konon punya prinsip untuk  mempertahankan keberadaan sepeda onthel klasik dan unik tetap berada di kota gudeg , jadi beliau tidak rela seandainya ada teman2 onthelis Yogya menjual sepeda yang punya nilai tinggi kepada kolektor dari luar kota…. 😉  he he he lanjutkan pak…..

67 thoughts on “BATAVUS 123002

  1. merk sadelnya Lemet, model skirt sadlle, kayaknya dirancang khusus buat wanita2 bersepeda yg menggunaan rok , kalao pake yg sadel model umum biasanya suka nyangkut dan ribet kali ya… 😀

  2. Saya cukup ragu bila sepeda ini sesungguhnya bermerek Batavus…karena di Belanda sendiri, tipe kruisframe seperti ini lebih banyak ditemui dengan merek Locomotieve…

  3. @ Wong cilik .

    Gak usah tanya ke belanda ke Andre Koopmans mas ,disini juga banyak pakar koq …….ha….ha….ha….
    Untuk sepeda yg di tampilkan ini positif merk Locomotif type nya super de luxe yg di produksi dari tahun 1936 – 1955 , sedangkan sepeda batavus hanya mengeluarkan crossframe yg sama bentuknya seperti magnet atau Empo dengan ukuran ban 28 , cross frame ukuran ban 26 hanya ada 3 merk yaitu Gruno dan Durabo , namun saya pribadi sudah 2 kali ini melihat sepeda cross merk locomotif seperti ini yg di pasang merk batavus , satunya beberapa tahun yg lalu , barangnya ex perbatasan Purwokerto . apakah ini kesalahan yg di ulang-ulang oleh pemilik sepeda sebelumnya yg salah kaprah sehingga tetap di teruskan ? kemungkinan seperti itu.
    sedangkan sepeda ini sendiri secara pasti dapat dikatakan sepeda bagus dengan keoriginalan yg hampir utuh , kecuali merknya yg keliru .
    selamat buat pemiliknya , ini koleksi item yg bisa di lestarikan.

    salam

    YUDI

    he he he sengaja untuk menyindir para pakar lokal pak Yudi,

    terimakasih utk informasi berharganya, mudah2an berguna utk rekan2 onthelis untuk tidak hanya berpatokan pada sebuah emblem untuk menilai keaslian sebuah sepeda, ternyata masih banyak unsur2 lain yg perlu diperhatiken.

    btw,Kapan bisa foto2 sepeda ex PON nya ? he he he

  4. Sepeda cruisframe memang sangat fenomenal… bila kita tidak hati2x dan tdk punya referensi yg akurat, bisa ‘keblondrok’… Bbrp thn yg lalu bnyk onthelis yg beli cross-frame bermerk Simplex & Gazelle, gak taunya ‘repro’…
    Mudah2xan sepeda ini bisa teridentifikasi dgn jelas sesuai merk & type-nya…

    sampe sekarang jg masih banyak sepeda silang repro yg beredar, hukum penawaran dan permintaan pasar masih berlaku… 😀

  5. @ Wong Cilik

    Memang disengaja Pak…tidak semua sepeda simpanan Kerabat Podjok dipamerkan di Indische Fietsen 2010…supaya tetap ada rasa penasaran untuk mengunjungi event pameran berikutnya…he..he..he..

    percaya pak sahid, wong yg datang ke pameran aja sepedanya bagus2, apalagi yg disimpan dirumah ya…he he he

  6. mas heru sepeda ini yg sampai malam kita lirik di pameran smbil diskusi dg seorang kolektor, ternyata diambil juga heheheheeh3 semoga lestari dan terawat

    Yakin lestari dan terawat lah kalau sepedanya di tangan pemilik yg sekarang….

    ngomong2,bisa dikirrimkan foto2 HIMA polisinya ? banyak permintaan nih utk Hima polisi he he he apalagi ini bener2 peninggalan leluhur

    thx b4

  7. @wong cilik
    nanti kita sampaikan ke yg punya sepeda HIMA polisi mas..malah mas billy podjok nitip spedanya di rmh,ngebak-ngebaki omah..kpn dijupuk mas billy?? 🙂

  8. maaf sodara2..semoga merk tidak diperdebatkan, karena saya pernah menemukan model tsb di atas bermerk RAMBLER, dan dari keilmuan saya itu asli. Kemudian sepeda tersebut dibeli builder semarang dan dipasang merk locomotive.Tujuannya jelas untuk menyamai keoriginalan salah satu milik kolektor Semarang supaya harga jual bisa naik.Dilihat dari bentuk dan ukuran memang sama,tapi di part pendukung seperti fork+komnya,inner bottom bracket tetap berbeda. Semoga bermanfaat..salam dari kompi 7 kbmn

  9. @mas heru,hahahahahah3 sepeda saya msih jelek,saya malu, ntaraj kl restorasi dah beres sy kirim buat urun2 rembuk sambil blajar smtmn2 pakar heheheeh3, Alhamdulilah kmrin dpt boncengan hima utk lengkap2 heheh3
    @yoyok, sebagai mobil derek dr kunchen smntara aku nitip sepeda ya hahahah3

  10. yah, disini banyak pakarnya onthel, termasuk “pakar ngapusi”sekedar biar tambah uang dg kepakarannya
    halo Semarang…..puaskah anda menjadi “pakar ngapusi” he he he he he

  11. hayo gimana Mas Kompi 7…? Sepeda merk Rambler (asli) terus di Semarang diganti dg merk (emblem?) Locomotive apa itu bukan apus apusan Yo Mas Kompi?
    Piye iki, ngapusi opo mesti pake kode etik barang to mas…..he he he he
    @kode etik ngapusi yang baik, kalau aku sih yo durung pernah kapusan, lha yang kapusan yo yang beli sepeda apus apusan itu lho mas……nuwun

  12. @ mas heri..dua bulan lalu sy beli gazelle no frame 7…., iformasi lewat email , ft2 yg dikirimkan detail termasuk bell asli gazele … dengan keyakinan itu.. barang saya bayar… an lsg sy minta utk kirim ke pakar restorasi di jogja krn kondisi sistem remnya tdk lengkap… ya ampuun mas..setelah sampai di jogja ternyara sepeda tsb bukan sepeda Gazelle.. tapi sepeda buatan jerman…padhal ciri2 yg diinformasikan termasuk emblem,kettingkast dan bahkan bellnya asli … ya udh akhirnya hanya bisa pasrah..
    saran saya jangan pernah beli barang hanya dengan melihat ft bila penjualnya bukan org yg kita kenal reputasinya.. bisa bisa ‘ KAPUSAN.COM…”… salam

  13. Alhamdulillah sae Gus Kaji! Memasyaratkan ngapusi dan Ngapusi Masyarakat, mungkin masih jadi slogan yang cukup ampuh untuk menopang kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin rumit,serumit susunan jari-jari di velg yang sudah kropos!
    Gus Kaji, tolong posting koleksinya dong, biar blog tercinta ini semakain rame dikunjungi penggemar sepedah tua! Jangan-jangan sinyalemen Gazelle jerman jadi bener nih Gus……nuwun Gus Kaji.

  14. @kasinggihan gus Brongot,kapan2 sy kirim ft “gazelle” jermannya… kan dieren udh pindah ke sebelah Berlin…hehehe..
    gus..kadang kadang “ngapusi” demi kebaikan dan ketentraman ya bolah boleh aja to.. kalau Gus Brongot ngaku dengan jujur berapa hrg Gazelle sport warna abu abu yg mak nyuss itu kepada sang istri..apa ya ga terjadi poncokoro dan perang bubat to…hehehehe… jd yg ga boleh adalah saling “ngapusi” diantara sesama ontheleis…hihihi

  15. Saya selalu punya alasan tuker-tukeran Gus Kaji,hehehe memang aman untuk urusan dalam negeri! Urusan Luar negri masih banyak masalah di selat Malaka, mereka bersenjata merk bagus,barang mulus taunya barang up grade-an hehehe..semoga ada kejujuran diantara kitaWis poko’e ra jujur isin bangetlah!
    nuwun Gus Kaji.

  16. @siip Gus Brongot…bener nomer satu ya urusan dalam negeri hrs kondusif dulu baru kita melangkah keluar….wah jan top tenan pemikiran dulurku lanang iki… landhep koyo picis bujel koyo munthu…wuakkkk

  17. wah siapa ya, orang semarang yg pinter ngapusi itu.., mbok disebut aja, biar di “kotakkan” sekalian biar ndak ada korban lainnya.., ndak terima banget klo kesannya smua wong semarang ngapusinan ( dilihat dr komen heri agusti DeFOC:halo Semarang…..puaskah anda menjadi “pakar ngapusi” he he he he he)

  18. @Mas Wage, itu yang tahu betul Mas Kompi 7 lho….tetapi kalau disebut apa juga tidak melanggar kode etik “penyebutan”? Wah orang Semarang banyak yg tersumgging nih….tetapi percayalah “becik ketitik, olo ketoro”gitu lho Mas Wage….salam dari Defoc….jangan merasa bosan untuk “main onthel’…..tetap semangat.

  19. Wahhhh mantabssss Batavus’nya sepertinya langka wlw blm yakin itu asli Batavus apa ndak soalnya klo menurut saya sepeda tua itu asli apa ndak’nya yach klo emblemnya masih asli bukan dipasangi baru dengan paku ripet alumunium…soalnya aslinya rata2 pake kuningan…klo pake paku ripet alumunium yg baru mah saya juga bisa merk Phoenix chinesse dipasangi emblem asli Gazelle or Batavus…

    hehehe yg penting gowes terusss ben sehat jiwo lan rogo setujuuuuuu kawan2…Mantabssss

  20. imam wiyoeng

    Boeat dholor onthelis kabe!!!!
    mantapkan diri ..
    mantapkan onthel…
    mantapkan fulus…

    PUTUSAN TELAH DIBUAT !
    HASIL REMBUK TINGKAT TINGGI tanggal 5 agustus
    DI HOTEL TANJUNG SURABAYA
    DIHADIRI,
    – TOKOH SESEPUH ATO SESENOM JATIM H. BAMBANG W.
    – KOSTI 1 RI
    – SEKJEN
    – KOSTI 1 JATIM
    – KOSTI 1 SRBAYA
    – TOKOH ALIRAN KERAS ONTHELIS SURBAYA
    dan disaksikan pengguni GHOIB hotel tanjung… he he he

    memutuskan dengan bulat totaaal TAMPAH LEKUK2!!!!

    MUNAS KOSTI DAN SILATURRAHIM ONTHELNASIONAL 2010

    DIADAKAN DI SURABAYA TANGGAL 16 – 17 OKTOBER 2010
    DI GEDUNG JUANG 45/ DHD 45

    MOHON DUKUNGAN DAN TUNGGU INFO LEBI LANJUT!!!

    WASS… IMAM WIYOENG

  21. bagus sekali sepedah ontelnya kalau bisa sepedah ontel di gunakan setiap hari.biar indonesia bebas polusi dan kalu bisa sepedah di konteskan tiap-tiap daerah.
    kometator”alik

  22. bagus sekali sepedah ontelnya kalau bisa sepedah ontel di gunakan setiap hari.biar indonesia bebas polusi dan kalu bisa sepedah di konteskan tiap-tiap daerah.
    kometator”alik

  23. Like other people also suggested, this is not a Batavus, it is definately a Locomotief crossframe bicycle.
    Batavus crossframe’s look totaly different, somebody must have put a Batavus badge on the frame….
    Locomotief called these bicycles “unisex”, so for both Man and Woman suitable.
    The typical welded-on carrier (pakjesdrager) is typical for almost all old locomotief bicycles.
    Crossframes are rare, but here in Holland I think this is the best sold crossframe bicycle that has been sold and even now you see one on the streets here every now and then, I owned also one a few years ago, but I sold it because it was much too small for me.
    Some have 28 inch wheels but most have the smaller 26 inch wheels here in Holland.

    The “rok” (skirt) saddle made by Lemet on this bicycle is an old saddle that was often used here in Holland for woman in the 1960’s and “70’s.

    This bicycle looks very original exept for it’s badge, even the weak point-fender (punt-spakbord) is still on it !

    Greetings from Holland,
    Andre

  24. semarang ora tukang ngapusi yo pakD… suk tak gawakke sepeda koyo ngono merk RALEIH ALL STEEL transfer sablon. silakan komentar ditunngu besok acara MUNAS KE II JOGJAKARTA

  25. opo kui sepedane soko kata tunggal alias solo kui soko nggonku yo pak .pas tuku malah njaluk bonus kulit sak lembar ora gumun pak…pak .kui merk union kapten ,nek podo kepingin weruh .ojo do udur … salam ontel

  26. Pak menir2 sedoyo saya mau tanya apa ada yg tahu gak ya batavus seri 83566 klrnya thn brpa trims,info k email ane ya menir2 matur nuwun

  27. Kalo boleh sharing, saya mau tanya onthel saya merknya Apollo birmingham england dgn nmr rangka DD127…(Sebagian hilang), yg jdi pertanyaan kira2 taon berapaan perakitanya, n bener ga tuch merk Apollo? Mohon pencerahan mathur tengkyu..

  28. saya mau tanya apa ada sepeda batavus ukuran ban 28 yang kayak gini
    tetangga saya punya persis kayak gini, emblem ny juga batavus, umur beliau sudah 80an cuma ukuran bannya 28
    tidak ada boncengannya seperti gambar diatas
    mohon pencerahannya
    sepedanya sudah jadi milik saya, cuma saya heran saja karena baru ngelihat pertama kali ini
    0878 9892 5743

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s