Protes terhadap pemberitaan Bom Kalimalang dengan redaksional “Sepeda Onthel”

Protes terhadap pemberitaan Bom Kalimalang dengan redaksional “Sepeda Onthel”

“Pelaku menggunakan sepeda ontel melintas di belakang AKP Heri (Kanit Gaktur Lantas Resta Bekasi Kota) yang sedang mengatur lalu lintas, lalu tiba-tiba bom rakitan yang dibawa pelaku meledak,” kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ito Sumardi pada detikcom, Kamis (30/9/2010).

Mungkin, dengan release pemberiataan yang dikatakan Kabareskim Mabes Polri Bapak Komjen Polisi Ito Sumardi inilah berawal redaksional “Sepeda Onthel” dikutip oleh semua media, padahal nyatanya Sepeda yang digunakan oleh Korban adalah sepeda berjenis road bike berjenis MTB. Adapun berkaitan dengan pemberitaan di Media Massa yang begitu gencar, kami selaku penggemar hobby bersepeda onthel yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) merasa keberatan terhadap deskripsi citra yang di berikan dari Media, sebab “Sepeda Onthel” mengandung arti sepeda lama/tua/klasik yang memang kini kami sedang mengkampanyekan gemar bersepeda . karena semakin hari, kesadaran orang akan seriusnya ancaman perubahan iklim yang dipicu oleh pemanasan global semakin besar. Dalam situasi ini, tanggungjawab harus ada pada setiap negara, setiap pihak, bahkan setiap orang. Semua harus berjuang keras secara simultan untuk mengurangi dampaknya yang semakin nyata.

Sehubungan dengan masalah ini, kami atas nama KOSTI tidak merasakan adanya support positif dari media atas pemberitaan kejadian yang memprihatinkan ini, memang kenyataan yang terjadi dilapakan obyek yang dijadikan pembawa bom adalah sepeda, namun bukan berarti harus mendeskripsikan bahwa sepeda yang digunakan adalah “Sepeda Onthel”

Dalam pandangan kami, pemberitaan ini hanya melakukan pendekatan sepihak dan menafikan sisi positif bersepeda, terutama dalam kaitan perjuangan mengantisipasi dampak global warming yang semestinya menjadi tanggung jawab kita bersama. Atas penayangan dan pemberitaan mengenai “Sepeda Onthel” tersebut, dengan ini kami menyatakan keberatan sekaligus menyampaikan himbauan untuk menghentikan redeksional “Sepeda Onthel” dalam pemberitaan Bom Kalimalang, karena akan sangat kontraproduktif bagi perjuangan kami menyelamatkan lingkungan hidup dengan kembali bersepeda.

Sebagai sesama penghuni bumi ini, marilah kita bekerjasama, bahu-membahu demi menjaga lingkungan agar tetap kondusif sebagai tempat kita tinggal hingga generasi anak-cucu kelak.

Terima Kasih

Regards
Fahmi Saimima
Sekretaris Jendral

Komunitas Sepeda Tua Indonesia

Foto tersangka yg

79 thoughts on “Protes terhadap pemberitaan Bom Kalimalang dengan redaksional “Sepeda Onthel”

  1. lega rasanya…ternyata MTB…..
    Takut juga denger onthel kok ngebom….jadi gak enak neh d kantor……
    jelas lah semuanya….

  2. Setuju, supaya jelas orang onthel tidak punya pikiran untuk ngebom…. yang ada cuma ngontel.

  3. Ane juga di kantor sempat di bilangin ” yang ngebon temen lo kali tuh…” Untung aja bukan onthelis ..Sempet juga sebel sih..

  4. Semoga orang-2 yg keliru itu cepat sadar, bagaimana melaksanakan jihad yang benar menurut Agama, Alhamdullilah tersangka bukan dari Komunitas Ontelis.

    Tadi jg sdh ane respon di Tvone.com bahwa itu bukan sepeda ontel, tuk rekan-2 coba update di infotainment-2 yg lain, agar pemberitaan itu bisa kita counter.

    Salam. 🙂

  5. Assalamualaikum Wr Wb

    Terimakasi atas pencerahan dari Wong cilik suwun Kang
    atas poto sepeda MTB yg diduga digunakan si Tersangka di Kalimalang Jakarta.
    Semoga yang memberitakan keliru sadar dan ga malu untuk meralatnya, yang memberitakan keliru pasti ga ngerti mana O n t h e l mana yang sepeda M T B.

    BULE
    Wassalam Keluarga Besar
    OCT 215 Tangerang

  6. Sebaiknya harus diklarifikasi dulu, kalo memang itu bukan sepeda onthel.
    Mungkin wartawannya blm bisa membedakan mana yg disebut sepeda onthel, mana yg mrpkn sepeda jenis MTB.
    Atau mungkin mendefinisikan semua jenis sepeda dgn sebutan “sepeda onthel”.
    Yg jelas kita mengutuk berat pelakunya kalo memang yg dibawa adlh bom rakitan.

  7. 1. ” Onthel ” artinya kayuh jadi di onthel artinya dikayuh ( kamus bahasa jawa ).

    2. Apakah kata “onthel ” sudah dibakukan dalam kamus bahas Indonesia sbg satu kesatuan dengan kata sepeda yg artinya (selama ini ) dipresepsikan sbg sepeda tua seperti merk gazelle,simplek dsb.

    3.Jika ada pemberitaan yg tidak sesuai fakta dan atau dianggap menyimpang dari kaidah2 yg lazim – maka ada ruang komplain yg dinamakan hak jawab.

    4. Jadi, mudah2an Kita ( termasuk saya ) penggemar sepeda “Onthel” ( sebutan dari sepeda tua ) tidak salah dalam melakukan tindakan yg justru akan menurunkan “citra” komunitas Onthel yg selama ini sdh kita perjuangkan melalui kegiatan positip seperti dibentuknya KOSTI .

    Mudah2an sharing ini bermanfaat adanya. – Salam ONTHEL –

  8. Too Kang Waro Ponorogo sing Ganteng

    Memang belum dibakukan namun Ingat
    kalo Onthel ya di identi dengan SEPEDA TUA bukan MTB

    Utk Kang Waro Ponoroga
    Salam sejahtera serta kedamaian selalu di Alam ini

    Wassalam Bule OCT 215 Tangerang

  9. ‎@ dulur jurnalis …
    klu ONTHEL.. iku pasti SEPEDA sing jadul/antik,…tapi klu SEPEDA belom tentu ONTHEL …
    Mugi2 bisa jadi PENCERAH dulur jurnalis bakwa ontheL/.onthelis.. merupakan simbul masyakat yg cinta kedamaian dan silaturrahim….
    boeat dulur ONTHELIS… ngak usa risau n gunda dgn apa yg terjadi…Ijin dari pelindung Onthelis( Kang Kepolisian ) kota surabaya UDAH di tangan PANITYA MUNAS&SILATNAS 16-17 0KTB ’10 koe toenggoe kehadiranmoe

    wass: H. Imam Wiyoeng/ Humas Panitya

  10. semua permasalahan bs d bereskan dgn damai, memungkinkan kta lbh gencar mengkampanyekan tentang sepeda onthel mulai dari merk, tipe, jenis dan keluarannya tahun berapa. Bravo sepeda tua, tetap semangat gowesnya

  11. Hanya sebuah kesalahan yang tak perlu dibesar-besarkan. Namun harus dan wajib ada klarifikasi. Kang Sekjen sudah berbuat sesuatu . . . Salut !!!

  12. Cam macam saja…tuh pake istilah…HP ane ga berenti di konfirmasi sama onthelis sa jabar,untung aja sekjen tanggap..ane juga dah kontak Ketua KOSTI Pusat…kalo bisa ada konfrensi pers dari KOSTI.

    Onthel emang artinya kayuh alias Gowes,bisa aja kita tenang dengan berita tersebut. Tapi orang se Indonesia sudah kadung mengistilahkan sepeda tua/awas/antik adalah sepeda onthel. Jadi ya mesti diluruskan se..lurus-lurusnya..jangan sampe saat kita lagi ngonyhel diperiksa Densus 88…he..he

  13. Mr GB PROTES
    jika ada orang salahkan sepeda lama

    wartawan yang membuat berita tu kita perlu jemput ke aktiviti sepeda.supaya dia tahu berfikir sebelum menulis.. apa apa pun bagi peminat sepeda lama permasalahan bergini amat kecil bagi kita semua.
    apa yang kita perlukan sekarang,kita buktikan kita kukuh sama seperti kukuh nya sepeda lama.kita tak akan goyang dengan berita-berita bergini.

    (HIDUP SEPEDA)
    TAK AKAN SEPEDA,HILANG DI DUNIA

  14. KOSTI segera klarifikasi melalui press confernce… dampakna cukup signifikan di daerah..hari ini puluhan sms mampir di hp akibat pernyataan bodoh.. di press tsb, gak semua masyarakat INDONESIA buka wara wiri… onthelis negeri..so must go on…

  15. yang penting tanggal 16, kami onthelis dari sumenep sudah bersiap2 menyusun pasukan yang akan berangkat ke kota pahlawan.

  16. klo mnurut saya . tdk prlu mbsar2kan mslh trsbt ,
    krna bhwasanya memang sbgian besar msyrakat indonesia mnybut spd angin dgn kta spd onthel . . alangkah naifnya kita klo dgn smpai hati mnghujat n mngeluarkan kata2 yg tdk pntas trhdap mereka . smentara mereka sndri tdk sadar klo mereka salah . .

    lbh baik kjdian tsb dpt kita jdkan pljran brsama n lbh memasyarakatkan sbutan “sepeda onthel” hnya untuk sepeda tua saja . . .

    itu hnya opini dari saya slaku orng yg masih awam d bidang per onthelan , apabila krng brknan saya mhon maaf .
    salam kenal bwt semua , ,

  17. Sabar – sabar masih suasana syawal, kepala boleh panas tapi hati tetep ayem, walau bagaimanapun memang sewot juga klw yg ngebom di beritain pake sepeda onthel, apa lagi tiap ketemu orang dirumah en di kantor bilang yg ngebom pake onthel…..Salut buat kang sekjen dan admin atas sikap protes kita dan ternyata responsif jiwa onthel nusantara masih bersatu, walaupun disana sini ada kerusuhan yg membawa nama organisasi,etnis dan koboi (Preman) tapi ingat ONTHEL tetep ada di jiwa ONTHELIS, BRAVO ONTHELIS NUSATARA .

  18. Alhamdulilah Bukan Sepeda ontel ,.hanya kesalahaan wartawan saja .Ontel Memang pakaian macam macam ,ada yang bawa pestol ,peluru Dsb ,.Tetapi itu sesuai dengan Pakaian Perjuangan ..
    Terima Kasih Kepada KOSTI atas Sikap nya .
    Hidup Ontel…………….

  19. ambil positifnya aja, berarti sepeda yang ada di bayangannya kabareskrim itu adalah onthel, secara tidak sengaja beliau menyebutkan onthel berarti onthel sudah mulai memvirus jajaran kepolisian.. semoga polisi2 kembali bersepeda.. seperti jaman polisi dinas dengan sepeda BSA rem torpedo dengan sirine engkol siap mengamankan lalulintas.. hehe

    damai sajo lah hendaknyo dunsanak ambo.. 🙂

  20. Sepeda UMAR BAKRI Kog jadi TUMBAL BOM…….apa tidak salah lihat tuh yang bikin Berita?…..!!!!!kasian deh kalau yang bikin berita sampai Rabun Siang Penglihatannya.
    Dan buat para Onthelis mari kita bersabar semoga berita ini bisa kita ambil hikmahnya. Sepeda ONTEL tetap jaya serta banyak keluarga.

  21. Cukup mengagetkan juga ketika saya membaca berita tentang Bom Kalimalang di situs detik.com.
    Rasa tak percaya itu ada ketika disebutkan bahwa kendaraan yang digunakan oleh sang pelaku bom kalimalang adalah “Sepeda Onthel”. Namun sekarang terjawab sudah ketika saya melihat foto sepeda yang digunakan pelaku adalah bukan “Sepeda Onthel” seperti yang diberitakan.
    .
    Kata “ONTHEL” memang berarti “kayuh/gowes” namun ketika kata “ONTHEL” digunakan mengikuti kata “SEPEDA” (Sepeda Onthel) maka saya yakin bahwa hampir semua masyarakat Indonesia akan berpendapat sama bahwa “SEPEDA ONTHEL” identik dengan “SEPEDA TUA”
    .
    Tul gak siiiyyyy

  22. Bravo Onthelist……..!!

    Ikutan ndukung Protesnya Pak Sekjen.

    Kata “sepeda onthel” pada saat sekarang menujuk pada arti sepeda tua/antik.
    jadi akan sangat berbeda jika jenis sepeda yang lain ikut disebut sebagai sepeda onthel. para penggemar sepeda lain seperti low rider, mtb, dll. dengan alasan gengsi mereka akan segera meralat jika sepeda mereka disebut sebagai sepeda onthel.

    Dari kejadian pemberitaan perihal terjadinya peledakan bom di kalimalang, kita dapat mengetahui jika masih banyak para pemberita media masa yang sebenarnya perbendaharaan katanya masih sangat kurang guna menyampaikan suatu kejadian yang sedang terjadi.

    jadi jangan heran jika berita yang kita konsumsi setiap hari sering kali kurang/tidak mewakili situasi yang sebenarnya.

    Juga jangan heran jika segala jenis sepeda motor dari berbagai jenis dan spesifikasinya akan disebut dengan salah satu merek saja, misalnya “Brompit” atau yang lain……….

  23. Protes di dukung Kang Sekjend,>>>! Gak ada itu onthelis menjadi teroris, kalo onthel menjadi laris buanyaaak……..

  24. Om Fahmi, sebaiknya minta klarifikasi dan menganti kata “sepeda ontel” kepada yang telah menulis di media.. memang sangat gerah mendengarnya.
    waduhhhh

  25. Ngak apa2x semakin tinggi pohon banyak anginnya.
    namanya juga kereta angin.
    semoga dengan kejadian ini MEDIA MASSA Bisa membedakan jenis2x sepeda beserta kriterianya.wartawannya anak kemarin sore jadi mana bisa membedakan jenis2x sepeda.

  26. wartawannya anak kemarin sore.belum bisa membedakan sepeda berdasarkan klasifikasinya.semua sepeda ya di onthel alias di goes
    kalau di gas ya motor namanya.bloon wartawannya

  27. yg diatas ane
    jangan jelekin satu pihak aja bro, kasian kan kalo seandainya ada onthelis yg juga berprofesi sebagai wartawan.. yang pastinya juga tidak nyaman dengan pemberitaan ini, sekali lagi ambil hikmahnya aja, kalaupun sekarang onthel jadi bertambah booming walau bernada negatif, ambil moment-nya aja. sepakat dengan sekjen ‘aksi protes damai’ bom boomingnya onthel di nusantara… tetap semangat kawan

  28. Fitnah lebih kejam dari pada ngebom ” biar difitnah kita lebih ramah” Bravoooo ONTEL

  29. wow ?????? seru juga ternyata ya …………..

    mudah2an ada manfaatnya bagi wartawan ( yg ternyata nggak tahu sepeda onthel walaupun kata nunu masyarakat indonesia sudah tahu bahwa sepeda onthel = sepeda tua ) –

    bermanfaat bagi KOSTI bahwa disediakan hak jawab di media tsb untuk masalah ini ( Kata Tuza Van Metro : Tidak semua masyarakat membuka wabe site ini ) – masalah yg diselesaikan dengan tepat waktu, tepat tempat, dan elegant akan membuahkan citra diri ( KOSTI ) yang elegant juga.

    Saya penggemar onthel khususnya GAZELLE khawatir ” klarifikasi ” yg tidak proporsional justru akan menurunkan citra KOSTI di masyarakat.

    mumpung masih hari raya : saya mengucapkan :
    Minal aidzin wal faidzinmohon maaf lahir & bathin.

  30. Resosialisasi ke semua wartawan apa yang membedakan onthel dengan sepeda jenis lain , PR nih buat KOSTI

  31. Pak Kabareskrim musti belajar lg soal sepeda…jadi bisa ngebedain jenis sepeda… hehehehe

  32. Wahai saudara-saudaraku semua pecinta ” Sepeda Onthel” kekeliruan atas pemberitaan memang harus diklarifikasi kepada khalayak, karena kita pengurus KOSTI punya Hak Jawab atas pemberitaan tsb, dan mewajibkan kepada media yg telah salah mengidentifikasi jenis sepeda yg dipakai oleh OKNUM, untuk melakukan serangkaian tindakan kriminal apapun niat dan maksudnya. Jadi mohon kepada rekan-rekan semua untuk salaing menahan diri, jangan terpancing untuk mengeluarkan statemen yg justru akan merusak citra komunitas kita, tidak usah mengeluarkan kata-kata atau umpatan pada blog kita yg nota-bene hanya akan buang energi. SABAR , SABAR dan TUNGGU…..wasalam!!!

  33. saya mengharapkan ketua KOSTI PUSAT agar segera menulis di surat pembaca di KOMPAS agar dibaca semua lapisan masyarakat mengerti dan memahami apa arti SEPEDA ONTHEL sebenarnya. lebih cepat lebih baik broe……….

  34. @ saya kira reaksi sekjen utk masalah pemberitaan tsb sdh sangat cukup, kalau memang ingin menggunakan hak jawab mohon agar dilakukan secara elegan se elegan Gazelle ataupun fongers saat di “onthel” shg tdk menjadi kontraproduktif , sebagai jawaban kita kaum onthelist kepada publik yg terpenting menurut hemat saya adalah marilah kita berbuat sesuatu yg positip dengan onthel kita baik secara individual ataupun secara bersama melalui club . mungkin KOSTI bisa segera merancang “sesuatu” kegiatan yg positip utk mempertahankan citra “onthel” dimata publik.. barangkali event Surabaya nanti bisa disisipin kegiatan tsb.. hiduuuup onthellll…hidup onthelist…

  35. mari kita mulai STOP hujatan, umpatan, kata yang tidak sopan di wabe ini, mari rapatkan barisan berbuat sesuatu sesui SOP yang benar di arena KOSTI surabaya nanti – siapkan konsep yang elegant agar KOSTI lebih disegani di kalangan komunitas sepeda lainnya ( diluar ” onthel ” ) – banyak koseptor2 KOSTI yang belum mau berkomentar untukmaslah ini : Mr Sahid Nugroho, Prof Andyt, Mr Wahyu Arema, dan para pakar lain yang bisa memberikan kontribusi solusi untuk meluruskan istilah ONTHEL ini. Sampai jumpa di Surabaya Insya Allah.

  36. emang kebiasaan wartawan dan media massa, maen tuduh, asal njeplak tapi minta maaf mah ogah.. seolah-olah pekerjaannya suci aja.. saya juga ngerasain dampak pemberitaan itu, tadi pagi berangkat kerja, sepeda saya diliatin sinis dan tatapan penuh curiga..hehehe sabar ajalah, cuma kita mesti tegas, jangan sampe pemberitaan yg ngawur ini bisa terjadi lagi dikemudian hari..

  37. hahahahahahaahahaha
    tenang
    ga ngaruh ko, mau pake apa jg ngebomnya

    yang penting abis ngebom kudu cebok

  38. pemberitaan media yang salah dalam mendiskripsikan jenis sepeda dapat membuat imej masyarakat negatif terhadap penggemar ontel. kiranya para pengurus Komunitas Sepeda ontel dapat meluruskan beritanya kepada masyarakat maupun kepada sesama penggemar sepeda ontel. (… hu…huaa….aaa sedih tenan aku rek )

  39. Adalah tugas kita para Onthelis indonesia secara bersama-sama memberikan informasi ke pejabat & media karena ketidak tahuan mereka thdp onthel…selama ini semua sepeda dianggap onthel.tapi dibalik itu semua kita ambil hikmahnya bahwa yang namanya sepeda Onthel sangat populer…..buktinya sepeda apapun jenisnya disebut Onthel…..terlepas dr positif/negatif ….wk wk wk

  40. BETUL…………….. kalau ada istilah yang mengatakan semakin tinggi semakin banyak angin yang menerpa.
    begitu juga dengan KOSTI muda-mudahan dengan kejadian ini kita akan semakin terasa kebersamaan dan persaudaraan kita para onthelis.

    wassalam
    FOSIL – SOP
    Sepeda Onthel Pasuruan.

  41. Bener kata anda pak Rendra, jangan negative thinking pada wartawan, sehingga berkesan wartawan dimusuhi dimana-mana. Terus luruskan kesalahpahaman ini pak rendara, anda yang kenal dekat wartawan……..(jangan buka rahasia saya pak Rendra hehehe)

  42. Keluarga besar Pagoejoban Sepeda Onthel Canggu ( PASOCA ) Mojokerto, mengutuk atas pemberitaan atas TERÖRIS menggunakan sepeda onthel……! ONTHELIS bukan TERORIS……,,! SUBIANTO Pasoca.

  43. Kami dari pencinta atau penghobi sepeda onthel dari Bali merasa terharu dengan kejadian BOM yang mana pemberitatanya menyangkut sepeda onthel,kami mohon jangan sembarang mengklarifikasi onthel,sebetulnya yang mana disebut sepedada onthel begitu juga yang mana disebut sepeda MTB harus tahu jangan sembarangan mengatakan sepeda onthel.
    Onthelis adalah orang yang mengagumi barang yang
    mempunyai nilai histori yang sangat tinggi.

    Buat:Fahmi Saimima

    Selamat berjuang,Salam onthel selalu.

  44. ngga biasa biasanya anak anak ( murid ) pada negor kompakan ternyata nanyain ( nyindir ) pak kemaren ke KALI MALANG YA . TERNYATA. . . . .

  45. Berfikir jernih dan positif adalah kelebihan kita kaum onthelis, mari kita luruskan pemberitaan tersebut dengan protes tanpa caci maki dan hujatan, mungkin Kabareskrim belum tahu, dan kalimat yang diajukannya didasarkan pada konteks cara menjalankan sepeda dengan di onthel, sehingga digeneralisasikan semua sepeda adalah sepeda onthel, itu yang perlu disosialisasikan dan dibakukan saja bahwa ada beberapa jenis sepeda salah satunya “sepeda onthel” yang identik dengan antik/kuno/kebo/onta/dengan konstruksi tertentu yang unik seperti yang sedang kita lestarikan dan kita banggakan ini, sehingga tidak menjadi bumerang terhadap eksistensi kita, mari kita sukseskan sosialisasi ini dengan sumbangan ide/gagasan yang membangun untuk komunitas kita…
    damai onthelis…… maaf lahir batin…
    salam dari Pakumpulan Onthel Purworedjo (PaKoe Wodjo)

  46. Berfikir jernih dan positif adalah kelebihan kita kaum onthelis, mari kita luruskan pemberitaan tersebut dengan protes tanpa caci maki dan hujatan, mungkin Kabareskrim belum tahu, dan kalimat yang diajukannya didasarkan pada konteks cara menjalankan sepeda dengan di onthel, sehingga digeneralisasikan semua sepeda adalah sepeda onthel, itu yang perlu disosialisasikan dan dibakukan saja bahwa ada beberapa jenis sepeda salah satunya “sepeda onthel” yang identik dengan antik/kuno/kebo/onta/dengan konstruksi tertentu yang unik seperti yang sedang kita lestarikan dan kita banggakan ini, sehingga tidak menjadi bumerang terhadap eksistensi kita, mari kita sukseskan sosialisasi ini dengan sumbangan ide/gagasan yang membangun untuk komunitas kita…
    damai onthelis…… maaf lahir batin…
    salam dari Pakumpulan Onthel Purworedjo (PaKoe Wodjo)

  47. untuk teman2 onthelis sebaiknya jangan panik jangan emosi, lebih baik tunjukkan dengan kegiatan nyata seperti yg akan dilakukan oleh teman2 dr PSB Bandung :

    Sampurasun

    info kegiatan PSB Bandoeng

    1. Minggu 10 Oktober 2010
    Pasar Seni ITB bersama PSB Bandoeng
    Bekerjasama dalam pembuatan
    TUMPENG ONTHEL PERTAMA DI INDONESIA DALAM RANGKA MEMERIAHKAN HUT KOTA BANDUNG KE 200

    Tujuan :
    Membudayakan bersepeda
    Mencegah penjualan sepeda tua keluar Indonesia
    Membangun museum Sepeda Tua di Bandung

    untuk para anggota PSBB yang ingin meminjamkan sepedanya ke sekretariat untuk mendukung kegiatan tersebut harap menghubungi :

    Korwil Bandung Tengah dan Timur dikoordinir oleh Bah Ali 022-70345333

    Korwil Bandung Selatan oleh Kang Rodes 022-76808550

    Korwil Bandung Barat oleh Pak Syahroni 022-76721378

    perwakilan klub keseluruhan oleh Kang Ato 022-92691947 dan Mang Jejen 022-70575363

    PENGUMPULAN SEPEDA PALING LAMBAT HARI KAMIS 7 OKTOBER 2010

    TOTAL RENCANA JUMLAH SEPEDA ADALA 200 UNIT SESUAI DENGAN ULTAH KOTA BANDUNG KE 200.
    DAN UKURAN TINGGI 10 MTR
    YANG AKAN DI RESMIKAN PADA TGL 10 – 10 – 2010
    PADA PUKUL 10.10 WIB
    silahkan buka link di bawah ini :

    http://www.facebook.com/album.php?aid=57827&id=100000127950670&saved#!/album.php?aid=57827&id=100000127950670

    seluruh sepeda yang dipinjamkan insyaallah akan ada kompensasi

    Hatur Nuhun

  48. lanjut lagi minggu depannya acara MUNAS ke 1 & Halal Bihalal & Silaturahmi ke 3 KOSTI di Surabaya 16-17 Oktober…

    jadi inget lagu Naek Kereta Api :

    …..

    Naik kereta api tut tut tut…

    Siapa hendak turut..

    ke Bandung…Surabaya….

    bolehlah naik dengan percuma…

    …….

  49. sudah menjadi kebiasaan kalau yang diatas khilaf jarang u meminta klarifikasi, u kang sekjen semoga lebih aktif u meluruskan ( di sela-sela kesibukan beliau ), bagaimanapun ini menjadi pelajaran kita sebagai onthelis bahwa : onthel belum identik dengan sepeda tua, mari tmn onthelis u merapatkan barisan meluruskan pemberitaan tentang onthel.mari kita lakukan dengan hati yang tenang, pikiran dingin, niat yang baik tentu akan berhasil.

  50. maaf sdkit melenceng dr topik .

    @mas/pak faj
    tlng dong simplexforum dramekan lg , saya pendemen baru spd simplex nih . stau saya pnjenengan kan trmasuk aktif d forum tsb .

  51. onthel lagi naik daun , semua tahu, para onthelis lebih nasionalis dan patriot sejati gak usah kwatir itu hanya oknum yang ingin numpang ketenaran onthelis

  52. Sahabat2 Onthelis Nusantara, Reaksi Press release diatas adalah jawaban setelah melihat perkembangan media dalam penggunaan redaksional “sepeda Onthel”. saya banyak menerima masukan dan berbagai saran perihal ini.

    Press release diatas sudah kami kirimkan secara responsif satu hari setelah kejadian ke seluruh media via email, namun tidak ada satupun yang menanggapi.

    Mudah2an dengan peristiwa ini bisa berbuah hikmah dan menambah semangat persaudaraan kita.

    Sampai jumpa di MUNAS & SILATNAS KOSTI
    Surabaya 16-17 Oktober 2010

  53. Mudah2an pemberitaan tdk terlalu jauh ……. dan Semoga Onthelis selalu menyatu …….. Salam Onthelis …. Sekali Onthel ttp Onthel …………

  54. Sareh mawon dulur ,lha wong sanes onthelis sepeda
    tua.mboten usah digalih niku teroris sanes onthelis .
    ngapunten sakderenge matur suwun.

  55. betul mas.memang media skrg keterlaluan.masak bom federal dibilang bom onthel. sy sangat tersinggung mas. media bs nya cm manas-manasin suasana. mrk psti gak mau minta maaf. pokoknyo siapa yg bilang bom onthel, org itu pasti KATROK ABISSSS….. GUA SUMPAHIN TU MULUT BIAR DITABRAK TRONTON… POKOKNYA GUA GAK MAU KLO ITU DIBILANG BOM ONTHEL……… Tolong mas mas yg di KOSTI agar brjuang utk mengklarifikasi pemberitaan trsebut & media minta maaf atas pemberitaan GOBLOK seperti itu

  56. Mungkin dari rekan-rekan milist di Komunitas Onthel Milist di sini lebih baik menulis “Protes” di redaksi kompas, Pos Kota, Rakyat Merdeka, pokok nya koran ibu kota dan nasional .

    Kalau bisa di surat pembaca, dan isinya bahwa komunitas Onthel merasa keberatan atas penyebutan sepeda “Onthel”. dalam aksi Pengeboman. Dengan demikain secara moral kita2 komunitas onthel bisa terwakili. Grtis kok nulisnya.

    Horass Onthellll….!

  57. Istilah sepeda onthel,memang berasal dr bahasa Jawa yg artinya sepeda di kayuh atau digowes, katanya sedulur2 di Jkt dan sekitarnya…mungkin org sudah salah kaprah, kalo menyebut semua jenis sepeda dg sepeda onthel, untunglah kang Sekjen segera bertindak cepat, mudah2an hal ini bisa menjadi pelajaran buat org2 yg gak ngerti ttg apa dan bagaimana sepeda….

  58. Mungkin kedepan perlu sosialisasi yang inten terminologi dari kata “onthel” dari para ontelis, agar kesalahan ini tidak terulang lagi

Komentar ditutup.