Gazelle pengen dicat ulang

Mohon ulasan dari teman2 pecinta sepeda tua khusunya maniak Gazelle untuk sepeda dibawah ini :

……

saya punya gazelle
tertulis serinya 113226
lampu dan dinamo sudah tidak ori
mau nanya pak, ini gazelle seri berapa ?
dan mohon direview sebelum saya cat ulang

gazelle

emblem

nomernya

kijang muter-muter 😀

pangkal pedal

sadel

logo di sadel

spakbor & lampu belakang

salam,

Setyawan

51 thoughts on “Gazelle pengen dicat ulang

  1. Ini Gazelle Seri-1 pembuatan thn 1915, sudah langka pula. Tapi sepertinya sdh ada beberapa bagian di restorasi, tp bisa dimaklumi krn keterbatasan sparepart.

    Terlihat juga tdk spt “awalnya” sepeda ini jika dilihat dari kepunyaan mas Andre Koopmans. Spt spakbornya itu punya gazelle seri baru, utk gazelle seri-1 spakbor belakang aslinya lampu tdk bercorong. Utk gir depan juga seri baru, Gazelle seri lama gir depan bertulisan “GAZELLE”.

    Juga utk emblem / peneng / headbadge pada seri ini tdk spt yg skrng, gazelle seri ini font tulisan miring dan lbh classic. Jok sadel juga yg versi lama yg pisah kanan-kiri dan rata, spt merk Hygia. Handpad juga terbuat dari kayu, bukan plastik. Sistim rem jepit, bukan sistim tromol, apalagi pake versneleng. Dan biasanya fork depan utk masuknya as depan tdk bersupit, namun berlubang. Dan masih banyak lagi ciri² classic nya

    Ringkasnya, jika ingin dibuat spt “orisinil” jgn menambah²kan spt Gazelle seri baru, seri-1 amat sederhana dan istilah lucunya “agak primitif”, namun sangat susah bahkan tak mungkin mencari part yg orisinil, hehehe…

    Menurut saya catnya sudah re-paint, tapi lbh baik tdk perlu dicat lagi, begitu saja justru jauh lbh cantik. Apalagi jika pada frame blm ada las-lasan, malah bisa “unjuk gigi” menambah kesan “orisinil” pada framenya.

    Saya punya seri-1 thn 1915, tapi frame sdh amburadul las-lasan semuanya. Dan utk “menambal” kesan itu (walau jika diraba tetap terasa juga) saya mencatnya. Tapi malah terjadi kesalahan pd saat las dan painting. Tapi jika spd ini ingin di cat sekalian yg rapi sangat, lengkap dgn striping emasnya.

    Ini saudaranya seri-1 juga tapi lbh uda, thn 1916:
    http://GazelleDames.wordpress.com

    Sekian saja dari saya.
    Salam Gazelle…

    • kalo di semir doank msh kliatan karatnya gmn gan?
      kasih pendapat n saran donk, biar sepeda jadul tuh tanpa cat tp kliatan mengkilap…
      kalo gag item kyk’a gmn bgt hehehe….
      thx.

  2. @Gazelle dames ,

    Semua gazelle seri tua frame dgn angka 5 digit maupun seri 1 dan 2 bercirikan seperti sepeda Inggeris tahun awal-awal ( sebelum 1920 an ) cirinya bila dames adalah pipa yg berbentuk lengkung bentuknya tidak lengkung seperempat lingkaran ( huru C ) tapi lebih mirip hurup L persisnya seperti sepeda dames Phillips tua atau BSA tua .

    Crankcase tempat ass tengah besar , ada lubang olie , umumnya di kanan , selain itu dibagian bawah tanpa ada cenilan tempat tuas kawat rem tromol , ini harga mati , karena semua seri 1 dan 2 memakai rem karet umumnya , rem tromol dipakai pada seri 3 keatas dengan ciri paku kelingan tromol berjumlah 3 dan yg lebih muda 6 ( seri 5 – 11 ) , yg sangat muda tanpa paku sama sekali .

    pipa penahan garpu belakang berbentuk lurus dengan ujung membulat , setelah seri 5 keatas berbentuk paha ayam , besar diatas dan mengecil kebawah , ujung pipa yg di bautkan dibawah sadel berbentuk seperti mata panah tidak membulat ( ada kroakan kiri kanan )

    Balhof bawah ( keni dibawah plat merk ) tanpa tulisan gazelle yg di ketok , semuanya polos , tulisan yg diketok pada balhop bawah muncul setelah tahun 1924.

    plat merk berbentuk kepala kijang , bahan seng yg paling awal sebelum 1912 , dan seterusnya tembaga dan kemudian kuningan dgn gambar kijang melompat dan seterusnya alluminium .

    sebelum tahun 1912 , gir tengah motifnya seperti kacang merah ( ginjal ) baru kemudian motif tulisan sampai tahun 1930 an setelah itu baru memakai gir dgn motif kijang ( gir model ada relnya )

    penentuan tahun pembuatan sebuah sepeda gazelle tidak bisa… HANYA….dengan berpatokan nomer seri , tetapi tetap ciri-ciri fisik dan ciri khas lainnya juga di perhatikan , ketokan nomer frame bisa di ketok ulang , hilang , terpotong , terhapus dll. Hati hati dengan ini , bahkan sepeda yg di import juga bisa terdapat kesalahan informasi karena sang penjual bukan ahli / paham sepeda ( karena …penjual usianya masih muda kurang pengetahuan , tidak tertarik dgn dunia onthel sehingga sekena nya memberikan data , sekalipun dari belanda tidak ada jaminan penjualnya paham dg yg di jual , cek dan re-cek berulang-ulang harus tetap dilakukan )

    Untuk jelasnya silahkan buka file2 lama di wiwinaked ini , bahasan nya sudah buaaaanyak sekali tentang gazelle tua .

    Sedangkan untuk sepeda yg ditampilkan disini positif seri 5 keatas , bukan seri 1 !!! untuk di cat ulang maupun tetap di pertahankan apa adanya , semua nya OKE saja , tapi patokan beberapa orang , bila cat kurang dari 40 % yg tersisa biasanya tidak masalah kalau mau di cat ulang , tapi sebagian orang tetap cenderung mempertahankan apa adanya , sedangkan saya pribadi karena alasan agar gampang di jual tetap mempertahankan apa adanya ( terpaksa buka rahasia bisnis dikit )

    sementara demikian dulu dari saya semoga membantu , silahkan para pakar lainnya memberikan komentar , karena selama ini terlalu lama wiwinaked menampilkan tulisan acara ceremonial dll , dan jarang menampilkan diskusi dan bahasan tentang dunia sepeda .

    wassalam
    YUDI

  3. yak apa yg dibilang mas Yudi betul, bhw gazelle seri satu spt yg dibilang, TDK ADA ketrikan gazele pada balhof bawah ( garpu / keni dibawah plat merk ) dan sebelum tahun 1912 , gir tengah motifnya seperti ginjal, semuany masih sangat sederhana. Dan memang sebenarnya seri awal gazelle di Indonesia pasti sdh binasa, kl adapun pasti meragukan, persis spt sepeda saya, namun krn catnya sangat rapi, jd sayang jika di nganggurin apalagi dibuang, jd krn framenyalah maka dibangun ulang.

    Juga di Indonesia pake istilah “seri” pada nomer rangkanya yg hanya utk menggolongkan “urutan pembuatan kesekian”. Nomer rangka pada gazelle (bukan yg terbaru) sbnrnya adalah “nomer urut” pembuatan saja, sama spt nomer absen kelas saat di sekolah dulu.

    Memeng banyak sekali artikel di blog ini semenjak dulu, jd hrs oprek2 ke halaman blakang, hehehehe… btw terimakasih Pak 🙂

    salam ^_^

  4. saya pemilik sepeda tersebut diatas

    terimakasih rekan rekan semua , dan terimakasih buat moderator yang sudah mereviw sepeda milik saya seri 113226. Saya jadi lebih semakin paham tentang gazelle.
    wah ternyata masih butuh biaya banyak untuk melengkapi sepeda ini yha ….

  5. @.Gazelle dames , thanks infonya .

    @Setyawan ,

    Sepeda yg anda miliki sebenarnya sudah bagus dan tidak perlu di restorasi ulang karena sepeda ini tampil sangat bersahaja dan apa adanya dan terlihat cantik sebagai bagian sejarah , tinggal di kompliti saja yg masih kurang seperti tutup ketengkas kalo tidak ada , juga stoplamp belakang .

    Saya menanggapi tampilan sepeda ini karena adanya predikat sebagai gazelle dengan nomer frame 113226 atau disebut “seri 1 ” sehingga kesannya sepeda ini adalah buatan tahun 1915 , padahal dari ciri fisik sepeda ini tidak demikian , hampir dapat dipastikan sepeda ini seri 5 atau seri diatasnya .
    Jadi semua part yg ada , sudah pada tempatnya dan tidak perlu di ganti dengan part seri 1.
    SUMBER KERANCUAN ada pada nomer seri yg kemungkinan besar sudah di rubah /direvisi agar jadi seri 11 yg harga jualnya lebih tinggi , namun yg merubah lupa bahwa seri 11 terdiri 7 digit angka ( 113226x )

    Mohon maaf kepada pemilik sepeda karena Hal ini perlu di luruskan agar supaya tidak melahirkan kerancuan dan pendapat yg keliru sehingga bagi para pemula atau yg ingin belajar tentang sepeda gazelle mendapat info yg salah , mengingat wiwinaked yg kita cintai ini adalah situs sepeda onthel yg pertama dan sebagai salah satu barometer informasi peronthelan Indonesia , jadi ada tanggung jawab moral yg mesti kita jalankan , agar jadi sumber info yg benar .

    Ada baiknya para pakar yg mengerti seluk beluk sepeda Gazelle untuk memberikan tanggapannya atas postingan ini agar tidak berat sebelah dan terkesan saya membenarkan diri sendiri .

    wassalam
    YUDI

  6. @marcopolo

    terimakasih pak atas infonya, pendapat dan masukan apapun akan saya terima sebagai ilmu tambahan bagi saya dan mungkin juga bagi rekan – rekan semua. maksud saya meminta review disini memang juga ingin tahu sejarah sepeda ini.
    kalo yang saya pelajari dari web ini , seri sepeda gazelle dimulai dari tahun 1905 dengan lima digit dan seterusnya yang menyatakan jumlah produksinya.
    memang masih butuh biaya banyak untuk merestorasi sepeda ini supaya nampak lebih anggun, seperti yang rekan marcopolo katakan misalnya tutup lampu belakang dan katengkasnya, kalo tutup katengkasnya sebenarnya masih ada namun sengaja saya lepas untuk di foto.
    Untuk saat ini saya sudah mantap memakai gazelle saya satunya model cowok yang berseri 55XXXX, karena bagi saya lebih mantap dipakai untuk jalan jalan … wuuusss wuuuus .. pokoke makkk nyuuus lah .
    Biarlah sepeda dengan seri 113226 menjadi penghuni gudang tua dan menjadi bagian dari sejarah .

  7. design frame sepeda tua dan muda memang beda,jangan terpaku dengan nomor seri ketrikan itu. Nomor seri 7 digit dengan 2 digit awal 11###### memang legendaris, makanya akan selalu jadi target pemalsuan, ketika beberapa ciri fisik seri 11 terpenuhi oleh sepeda tertentu. ngomong -ngomong masalah cat, dicat juga boleh kalau lebih menyenangkan hati pemiliknya. Silahkan..dilanjut!

    • terimakasih atas masukannya

      sebenarnya saya lebih berharap ulasan tentang sepeda yang saya maksud yaitu seri 113226 bisa dibilang 11XXXX atau 1XXXXX, bagi saya tidak terlalu penting itu seri 1 maupun 11, karena saya juga kurang paham mengenai seri, setahu saya dari katalog sejak produksi tahun 1905 ada yang gazelle dengan seri 5digit(XXXXX) 6digit(XXXXXX) 7digit(XXXXXXX). Saya lebih menyukai usia tuanya daripada sekedar seri 11 yang dianggap rekan rekan istimewa. Mungkin rekan lain ada yang menyukai seri yang disebut 5 atau 8 dll. Inilah keistimewan kita sebagai hobies sepeda .

      OK dilanjut
      thanks atas semua masukannya

  8. bagi saya tidak ada keinginan untuk memaksakan ini sebagai seri 11, karena jelas jelas yang saya miliki digit 6 angka, berapapun serinya tidak terlalu penting buat saya, mungkin dari sisi historinya yang saya ingin ketahui.

    Setelah terima masukan dari rekan rekan , memang ada benarnya kalo lebih baik tidak saya cat ulang, dan saat ini saya sudah nyaman dengan gazelle saya lainnya yang berseri 55XXXX, mungkin nanti bisa saya sahre buat diulas kalo rekan rekan mau melihatnya

    thanks thanks and thanks

  9. memang para expert akan langsung merespon ciri-ciri fisik dan disesuaikan nomer frame-nya, ketika tidak cocok, maka akan keluar komentar yang “mencerahkan” sehingga akan bermanfaat untuk mengurangi kesalahan hobiis lain dalam PERBURUAN selanjutnya, Ketika photo sepeda diupload disini,kita harus berbesar hati untuk sekedar membaca komen temen-temen kita dan merespon…lanjut!

  10. betul rekan rekan semua

    mungkin gazelle ini gado gado …. but saya tetap terima semua comment dengan besar hati.
    Bagaimanapun kenikmatan adalah saat gazelle yang kita koleksi sudah sempurna meskipun harus mencari part demi partnya dengan susah payah … tapi disitulah letak keindahan dan kenikmatannya bagi kita

  11. Bro Setyawan,

    Thanks telah berbagi, ayo tampilkan lagi sepeda yang lain, biar blog ini selalu rame….. berbagi ilmu,bersepeda…sampek mblenger,serbu Nagari Ngayogjokarto hadiningrat….tanpa paspor tanpa visa(….belum?…hahahahahaaa….)

    • @den Bagus PODJOK

      terimakasih gan, saya sudah mantap pakai gazelle satunya yang seri 55xxxx, kapan kapan saya uploadnya. untuk yang sepeda ini yang seri 113226 saya gudangkan dulu, kemaren saya lelang di kaskus untuk yang minat.

  12. Saya sependapat dengan Mas Yudi Marcopolo, sepeda ini tidak memiliki ciri sepeda seri tua Gazelle (masih 5 angka) seperti yang dijelaskan mas Yudi Marcopolo diatas. dan kalau dilihat perlengkapan lainnya selain frame… ini menunjukkan Gazelle seri 9 keatas. terima kasih.

  13. Salam untuk semua,nama saya ” jan ” dan tergolong masih baru dalam hobi sepeda lawas,dan dgn bahasan diatas saya jadi tertarik untuk melengkapi sepeda yang ada dirumah .Kondisi saat ini hanya ada garpu dan stang yang menempel di frame saat saya beli dari tukang besi tua seharga 60rb,mereknya gazelle ( ada tab diatas garpu ) tapi batang atasnya ada dua ( melintang ) dan nomor seri 2xxxxx (6 digit ),dan ada lobang oli disebelah kiri tolong infonya untuk sepeda tsb agar bisa dikembalikan ke bentuk aslinya.

  14. Nuwun sewu..klo boleh saya gambling alias nebak..Khusnudzon-nya justru sepeda ini bsa jadi seri 11 dan angka 1 no. seri trdepan sdh terhapus mgkn krn cat ulang ato terkelupas cat asliny + kena debu brthun-tahun..harap dketahui bhwa no.trdepan (1) d seri 11 letakny sngat dkat skali dg lubang pipa tmpt pen sadel jd rentan trhapus..Anda bisa liat sepeda2 yg djual yg memperlihatkan no.seriny..pasti kbanyakan digosok ato di-amplas biar klihatan no.seriny..Hal ini krn ketrikan/deko’an no.seriny sgt dangkal/cethek..Jd rentan buram trmakan usia..Sdgkn no.trbelakang d no.seri jarakny agk jauh dr pipa keni tempat baut supitan dg seat tube alias agk ke atas..Jd trhapusny no. trblakang ini agk bsa trminimalisir..

    Hmm..tp buat org yg msih penasaran bsa juga berpikiran su’udzon,..alias bsa jadi ini Gazelle lokal ato jadi2an n si tukang ketrik krg pham no.seri speda kijang ini..mskipun lokal tp krn buatan lama plus dg dtempel komponen2 asli ala gazelle maka akn sulit dbedakan buat Onthelis entry level..Hehe..
    Saat saya melanglang buana k daerah bantul,bnyk saya temui d jalanan speda gazelle & it mmbuat saya trperanjat skaligus berpikir,brati alangkah makmur daerah ini dahulu kala krn bnyk ‘mercy’ bersliweran & artiny dlu bnyk penggede ato tuan tanah yg mampu beli ini ‘mercy’..pkiran saya kemudian terusik lebih lnjut & nekat mghentikan seorang pdagang yg naik kijang ini..Stelah saya teliti kok spertiny bahan besi frameny tdk ‘smantep’ ky puny saya d rmah y..Hehe lg…Jika d-thuthuk dg kuku jari juga bunyi ‘ting..ting’ ny seakan mnandakn intensitas kpadatan besiny kok kurang rigid..
    Tapi ah..mgkn hany malaikat yg tahu (spt kta pak yudi)..Hehehe..Apakah yg sya temui td adlh Gazelle van mangiran..Who knows???

    Tp saya ttp khusnudzon kok mas spd d atas mgkn gazelle seri 11 yg angka 1 dpan d no. seriny trkelupas ato trhapus..
    Saya sarankan JANGAN d cat ulang..Karena survey mmbuktikan lbh bnyk pngagum cat orisinil d klangan onthelis apalagi para pedagang sepeda d pasar2 it mski kondisiny mangkak..kak..kak..
    Skarang kalo dsuruh milih anda pilih cyclo kruisframe yg habis d pilox kuempling apa milih yg asli tp mangkak,hayo?..Hehe

    Dikompliti mas partny yg original,d servis n drawat yg baik..Nanti bisa buat bonceng cwek ato buat properti foto prewedding..Hehe

    VIVA ONTHEL..KEEP HEALTHY & GREENLIVING
    Salam Takzim…

  15. hohon info dari pakar pit, saya punya gazelle tromol dames seri sebelah kanan 10xxxx di sebelah kirinya ada seri B3, Stang dangklung, di bawah emblem ada tulisannya gazelle gak rapi tapi samar/tak terbaca, garpu depan krom, pada pipa ” C ” di bawah stang ada lobang kabelnya tembus pada pipa bagian belakang bawah jok, pada supitan bawah ada cenilan untuk rem tromol tapi lubangnya kecil dan ada tempat kawat remnya unik yaitu lonjong kecil tidak seperti tempat kawat rem tromol pada umumnya yang agak besar. Untuk supitan atas tidak ada kroakan, ujungnya mirip seperti huruf D dan berbentuk seperti kadal meteng ( maaf istilah surabaya ) mengecil ke bawah, gir/rotel ngerel berbentuk kijang jingkrak berputar, tromol belakang kelingan lebih kecil berjumlah enam keling tidak seperti umumnya dan tidak ada tulisannya, lubang untuk baut slebor ada di tengan supitan tidak di plat dst. yang saya tanyakan apakah pit saya ini tergolong seri 1 atau 10 ? beri komentar dong …..

  16. kawan kawan semua…
    ane baru belajar pgn kenal ama sepeda jadul nih.
    mau tanya , emank klo sepeda jadul(gazelle) di cat ulang tuh bisa mengurangi harga jual ya.???
    tp klo gag di cat tuh kliatan buduk bgtt, krg sedep di pandang cz udh pada karatan.
    di kasih minyak biar mengkilap aja hasilnya gag maximal.
    mohon sarannya ya kawan,
    terima kasih.

  17. permisi pak,saya mau tanya..saya punya sepeda the hember..ukuan 24..no seri 388 ..kira2 sepedaku ini buatan negara mana,,dan harga di pasaran sepeda lawas hargany berapa..kondisi lumayan porsneling sturmey archer..semua masih ori kecuali..gir..girnya milik raleigh

  18. Mohon pencerahan ,,,
    Ini saya baru beli omafiets Gazelle A01738 ,,,
    Nomer seri ada di sebelah kiri,, tertulis dari bawah ke atas,,
    Ini gazelle asli apa tidak?
    Kalo asli buatan tahun berapa?
    Semoga ada para master2 gazelle yang bisa membantu ,,,
    MATUR SUWUN

    wong-cilik
    mas Item Silahkan klik :
    https://sepeda.wordpress.com/2008/10/14/gazelle-list/
    Pelajari juga pembahasan2 tentang Gazelle di blog ini untuk memastikan kondisi keaslian sepeda bapak.

    semoga membantu

    salam

    • saya blm berani bilang abal2, tapi sudah banyak pembahasan tentang gazelle di blog ini , silahkan amati gambar2nya seperti posisi nomer seri , arah penulisan nomer, dan ciri2 fisik identik (model lampu, spakbor, setang, gear dan lainnya), diperjelas lagi dgn komentar2 dari para pakar dr nusantara dan Belanda yang bisa dipelajari untuk menambah wawasan tentang sepeda gazelle.

  19. This is not a Gazelle from ~1915 or so, it is much newer, that is easy to see on all parts of the bicycle.
    It must be from 1955 or 1966 I think.
    The frame number MUST have a number extra, so 113226 must have a number in front of these numbers,
    so 1113226 = ~1955
    or 2223226 = ~1966
    or a number behind it, so 113226X, this is also ~1955.

    It is very clearly to see on a lot of parts that it is from this periode (50’s/ 60’s)

    I have 2 Gazelles from the periode 1914/1915, and these look totaly different, sorry….

    Greetings from sunny Belanda, summer here !
    Andre

  20. mohon pencerahan.. saya pernah liat sepedah gazelle dengan no seri 5 angka.. apa itu seri 1? dan no rangka itu ada disebelah kiri sadel..mohon pencerahaannya..nuhun

  21. mohon pencerahan.. saya pernah liat sepedah gazelle dengan no seri 5 angka.. apa itu seri 1? dan no rangka itu ada disebelah kiri sadel..mohon pencerahaannya..hatur nuhun

  22. saya juga punya sepeda gazelle dames no seri 41031 no rangka itu ada disebelah kiri sadel mohon bantuannya untuk mengulasnya….haturnuhun…

  23. Salam perkenalan,
    Nama saya Jani. Saya juga masih pemula, kalau membaca rangkuman diskusi diatas ada perubahan nomor kerangka dari sepeda Gazelle, ternyata sepeda gazelle saya kemungkinan nomornya juga sudah diganti, nomor 110499 jadi mirip dengan nomor sepeda @Setiawan,
    sebetulnya waktu saya beli saya tidak tahu seri-seri nomor sepeda Gazelle dan sayapun tidak mempersoalkan mau seri berapa sepeda saya. Yang jadi persoalan apakah sepeda Gazelle saya asli atau palsu. Mungkin dari kawan-kawan yang merangkum tulisan-tulisan tentang ciri-ciri Gazelle asli atau tidak.

    Terima kasih

    salam
    jani Surjadi

  24. Ketrikan Gazelle di balholf bawah pada seri 1 memang ada. Spt gazelle dames punya saya, namun terus terang jenis huruf dan nomor ketrikan, beda dengan gazelle seri selanjutnya. Sangat halus, lebih gothic. Dan saking halusnya, sering ketutupan cat jika pernah dicat ulang.

  25. Setahu saya, kuncian steer depan bukanlah Gazelle. Itu jika tidak salah, dari aliran Inggris, spt Humber. Ciri pasti Gazelle adlah grafir huruf gazelle di frame depan. Dari bentuk tulisan grafir ini bisa diketahui usia sepedanya (cara paling mudah)

  26. Assalamualaikum wr wb.
    Saya punya sepeda GAZELLE dgn nomer seri 77697 tpi dibawa cap tidak ada ketokan gazelle, apakah itu bener speda gazelle. Klo benar seri berapa? Nama aktiva nomer telfon 08562775955. Matursuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s