Fongers H atau S ?

gbr 1

Assalamualaikum. wr. wb
Salam onthel,
nama saya Andik, saya pengemar sepeda onthel baru yang masih awam dan takut ketipu hehehe…..setahun yang lalu saya mendapatkan sepeda fongers tapi bingung serinya H60 ato S65, terus saya browser di situs milik Herbert kuner (kalo g salah), sepeda tsb buatan th1939. Tapi setelah saya cek di situs milik pak Sahid Nugroho dengan input no seri H60 spd tsb buatan thn 1951, dan saya cek lagi pake no seri S65 eee…. lha koq buatan thn 1952. trus spd tsb buatan thn berapa???? mungkin bisa dilihat dari model framenya

gbr 2

Keterangan tambahan :

  1. Fongers ukuran 60
  2. Stang dongkrok warna hitam cat uda hilang tinggal dikit tinggal warna besi, ori ato gak ya? soale gak ada ketrikan fongers seperti   umumnya.
  3. Piringan ori apa gak?  setau saya yang ori model obt nyamuk ama bintang 5 yg seri pfg
  4. Katengkas menthul gak tau buatan mana???
  5. Kunci gawang victory
  6. Di spakbor belakang ada embelm kuningan tulisan AVIS (setau saya nama toko jaman dulu di sby
  7. Seri bawah sadel S65, pake sadel terry
  8. Hub-pelk dpan 36 (hubnya ori apa g ya??) pelk belakang 36 hub torpedo burung
  9. Nomor seri di pipa depan bawaah stang H60
  10. Garpu depan & embelm depan made in pasuruan saya tempelin sendiri pake lem

H 60

emblem made in Pasuruan 😉

pelek dan hub roda depan

S 65

kunci gawang Victory

cap toko AVIS

Logo katengkas (maaf gak jelas)

coba perhatikan girnya

Demikian yang dapat saya tampilkan, mohon komentarnya dari para Profesor  Doktor Onthel seluruh Indonesia

Wassalam…..

 

37 thoughts on “Fongers H atau S ?

  1. Wahhh….
    Baaggguuuuusssss mas sepedahnya….

    Maaf, Mau Koment sedikit Secara Keseluruhan Sepedanya udah Komplet Tinggal Di Komplitin dikit – dikit lagi..

    He..he..hee..

    Salam Onthel.

  2. @ Andik, salam kenal dari Jogja…
    Biasanya kalau stang forngers selalu ada tulisan ‘fongers’, dan untuk gir-nya obat nyamuk susun 3. Saya agak bingung dgn no frame yg dibawah sadel, karena biasanya hanya 5-6 digit…. Tapi ini sepedanya keren kok…

  3. @ Pak Andik, spedanya bagus…………
    ini yang saya ketahui & yg saya pahami selama ini utk sepeda Fongers, maaf kalau saya keliru….
    – H60 : menunjukkan speda ini seri H dengan ukuran
    tinggi 60 cm
    – S65 : huruf S menunjukkan tahun pembuatan (1951), 65
    : menunjukkan nomer urut sepeda.
    Jadi artinya adalah : sepeda ini di buat th 1951 dengan nomer urut 65, tipe H dng tinggi 60 cm. Untuk penomoran Fongers mulai th 1940 – 1964 (menggunakan huruf dahulu kemudian baru angka), bisa dilihat di http://www.oudefiets.nl

    Untuk melihat foto2 seri H baik yg torpedo, kem karet maupun yg tromol bisa dilihat di http://www.beeldbankgroningen.nl
    ketik Fongers, pilih opsi 24 foto tiap halaman lalu pilih halaman 62. Bisa juga utk melihat foto2 Fongers seri yg lain……mungkin membantu.

    matur suwun

  4. He..he..he..

    Ya kyaknya seh kurang dinamonya mas..

    Gear depan diganti gear fongers yang model obat nyamuk, tapi yang tanpa patek aja mas biar metching..

    he..he..he..

    Maaf kalo coment nya kurang berkenan

  5. den bagus
    nh itu pak yg bikin aku bingung, soale kata empunya yg pny speda stir am piringan ya bawaan sepeda
    om riyadh
    dinamonya n gear obt nyamuk masih hunting om….. rencana mau dikasi dinamo bosch botol kuningan yg sebelah kiri, kalo gir obt nyamuk kira2 harganya mpe brp ya?. mgkn kalo om riyadh ad, saya dikasi jg g papa koq hehehe….
    pak suga
    maaf pak tapi saya pernah tau fongers h60 dg ukuran 55
    g-spot
    thx

  6. Salam onthel, lam knal mas Andik, btul kt den Bagus, kbtulan Fgr ttgku ada 2 H/D n ke2 stang fgr tsb ada tlsan FONGERS, kecil tbaca jlas n dalam, jd sulit hilang/tkikis d bding Gz or Btvus. Soal ori or not stang n prgan, g soal koq mas, sing pting trus d gowes he…he..yo wes ah…salam gowes.

    *toeloes*

  7. Mas andik !! gak usah repot2 buatan thn berapa yg penting enak di onthel (pancal), pertanyaannya : sepeda tsb dapat dari kota mana ??

    Salam.-

  8. Hahahaaa..
    Aq poko’e PERCOYO klawan nganggo TEMENAN yen kr Om Suga..Pokoe aq wani ‘nyekolahke’ SK yen BB ne oleh ta boyong..Cat2 an anyar rak popo..Hahahaaa

    Lha aq ki wngi ning muntilan ono si ‘albert’ ngene iki uk.24 / 60…No. Seri ning ngisor sadel y diawali huruf ‘S’ trus bbrapa digit ngono (aq ra ngetung)..Part liyane y lumayanlah..Ono sing asli ono sing ora..Njalue mung sharga Lucas Cadet..Tapi kok ning front tube ngisor ra ono ketri’ane babar blas..! Lha iki po fongers ‘hermaprodik’ po pye iki?…
    Kepriye iki Om Suga..?..Ndak ono ‘albert’ sing ra nganggo ketri’an ning pipa ngarep?…

    Ki sakjane yo lumayan nggo pit labrakan..Timbang nggo tuku berko po onderdil..Ki wis iso mlaku leyer2..Stange asli tp handle-ora,slebor asli,velg rigida ngarep mburi,gir YY asli..Lumayan ki nggo onthelis entry level..

    VIVA ONTHEL..KEEP HEALTHY & GREENLIVIN..
    Salam Takzim…

    • @ Gus Pemula,
      lha monggo to Gus ingkang tahun pinten BB nipun? lan ingkang nggangge rem menopo? Ingkang nggangge rem karet (biasa, model U, model botol) menopo tromol utawi torpedo?. Menawi ingkang cat2 an anyar mboten wonten Gus, wontene ingkang sampun neyeng2…….ha..ha..

      Lha menawi onten muntilan kan tipe **G torpedo to Gus? menopo wonten mblabak 65? ha…ha…

      Lha menawi bab mboten wonten ketri’ane, kulo nggih pun nate ngobrol masalah meniko kalih “R Albert” pas kepanggih transit teng JKT….tapi ketiwasan Gus…lha pun ngobrol ngalor ngidul tiwas meniren…jebule “Rene Albert” mantan pelatih Arema…………wkwkwkwk

      Lha ndak papa to Gus, yg penting bisa mlaku leyer2….& tentunya jg tambah sehat dengan bersepeda…….amin.

  9. Bagus……! fongers emang membingungkan, sehingga banyak pakar fongers yang ngambil S3 jurusan Fongers gak lulus-lulus……

    • @ Bang in’s van ros,
      emang bener…Fongers banyak ragamnya….saya sempat bingung waktu dulu mau merakit BB65 torpedo, mau pake gir (obat nyamuk, obat nyamuk keling atau gir model YY ngerel)….ternyata setelah tanya ke “suhu Jos R”, beliau menyarankan saya untuk memakai gir YY ngerel……nah lho…asyik…asyik…asyik…

  10. It is from 1951, I have also a few old Fongers with strange framenumbers(& letters), but the “S” is for shore 1951, the serie can probably be a special series of bicycles, made for a customer on order.
    That is probably why the number is so low (65) and does not have 4 or 5 numbers, like this was on normal production orders.

  11. Numpang tanya, tetangga saya ada yg punya Fongers, nomer seri 166**Z. Fork depan tutupnya ada lambang khas fongers,supitan belakang, coor smua.kayak sepeda jengki. Kira2 sepeda ini fongers tahun berapa ya?mohon bantuanya
    Tks

  12. oalah mas gara gara aku sering baca sepeda sepeda buluk karatan ,aku jadi kepincut sampek sampek cincinku tak sekolahke go tuku simplek ,alhamdulilah virus karatan (teyeng) soyo merasuk neng aku,malah ketambahan gazelle seri 9,batavus dames,burgers lan humber fa, ada 6 biji,terimakasik kawan telah dengan rela menyebarkan virus teyeng he heeee heee. salam kenal kabeh

  13. om suga, kasih pencerahan dong yang masalah nggak ada ketrikan di kene depn,soalnya sepeda saya juga nomor seri di awali huruf S di ikuti 5 digit angka, dan nggak ada ketrikan di kene dpn
    suwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s