SAATNYA SEPEDA ENGLAND Eps : RALEIGH

Karena banyak pertanyaan dari onthelis ” Kenapa kok WIWINAKED  jarang mengulas sepeda England ?..

Sebenarnya kami sering juga kok menampilkan sepeda-sepeda england, mungkin temen-temen malas untuk mencari di postingan-postingan lama..he..he

Masukan temen-temen  kami tampung dan mungkin  ini saatnya  kami untuk menampilkan kiriman email foto sepeda koleksi dari temen-temen khususnya buatan negerinya David Beckham.

Jadi  jangan kaget kalau  postingan  di WIWINAKED untuk  beberap hari kedepan akan sedikit banyak menampilkan sepeda england. Salah satunya koleksi dari onthelis Sumatra selatan yg mempunyai koleksi raleigh keluaran tahun tua.

51 thoughts on “SAATNYA SEPEDA ENGLAND Eps : RALEIGH

  1. Hidup ENGLAND….
    Hehehe..

    Mas ini raleigh gondel yang lansiran tahun tua. mau tanya mas ni model merk nya pake stempel (plat) atau stiker transfer merk ? karena kayaknya gak ada bekas stempel atau stiker transfer merk nya ya..
    wahhh coba kalo bagian fork atasnya masih ada bekas sisa krom yang terlihat pasti lebih gagah..(spt gazelle seri tua gitu)

    but, 4 all..sepedahnya kuereen mas…
    Bravoo England……
    SALAM

  2. Para Pakar, Bakul, Makelar, Onthelis/Ta, Kithikers, Kolektor, & End user yang terhormat……..

    Dimohon untuk bisa mengulas, membahas, review, dan membedah onthel merek ‘RALEIGH’ ini secara lebih mendalam baik di tread ini ato tread2 berikutnya karena merk raleigh memiliki poplasi yang cukup banyak di negeri ini..
    Ingat..Raleigh merupakan salah satu kekuatan yang malang melintang di industri sepeda dunia karena mampu mengakuisisi dan me-merger banyak pabrikan sepeda dunia yang lebih dulu kesohor, bahkan sparepart dan accesories ikutannya…
    Mengingat keberlanjutannya hingga kini,..saya rasa ada ‘KEISTIMEWAAN’ ynag terpendam yang belum mampu kita singkap berkaitan dengan onthel merk ini…

    Monggo kita bedah bersama..mungkin bisa diawali menurut ‘MITOS’ kelebihan seri-nya semisal : DX,DW,AA…dsb. ato bisa juga menurut wilayah perakitan, ada ‘RALEIGH (BACA=RELY)’ Singapore dan ada ada juga yang Malaysia. Bisa juga dibedah menurut varian : ada Rely Tourist yang pake ‘JALU’, Rely ‘KOLONG’ yang dipipa lengkung dilandasi sebentuk cincin, ato Rely pipa lengkung ga ada landasan sama sekali, , ato bisa juga rely yang bentuk Jengki..dsb..dsb silahkan dipikir lebih lanjut!!
    Mungkinp ernah jumpa dijalan, rely punya pak kyai atau pak kaji, atau justru gadahane mbah kakung…silahkan anada amati dan curahkan perasaan anda disini…Mumpung saya lagi semangat di dunia petronthelan…saya takut jika sudah punya HARLY DAPID-SONS ato kijang jingkrak ,..eh kuda jingkrak deng….sya lupa asal komunitas saya dan maunya kumpul sama pejabat2 atau polisi2 itu…HEHHE…*BECANDA*…

    MONGGO…MONGGO…DISEKECAKKE INGKANG PRAYOGI….

    VIVA ONTHEL…KEEP HEALTHY AND GREEN LIVING
    SALAM TAKZIM…..

    MONGGO

  3. Raleigh punya sejarah yang sangat panjang sebagai fabrikan sepeda yang handal sekaligus nyaman dan….cik..cik..ciknya yang melegenda. Inggris punya sejarah tentang sepeda lebih tua dibanding Belanda ( meskipun budaya bersepedanya kalah oleh belanda), ratusan merk sepeda dinisbatkan sebagai sepeda Made In England,Birmingham, nottingham juga Conventry sebagai kota Industri menjadi pusat industri sepeda, sejajar dengan Bielfeld juga frankfurt sebagai kota industri di Jerman. Sepeda Inggris antara lain, speed,ray,hercules,rambler,humber,bsa,sunbeam,sun,royal enfield,Ruud van nistelroy…dan buaaanyak lagi yang lainnya telah dieksport hampir ke seluruh dunia( mengingat inggris adalah negara kolonial nomor satu di dunia), reliable,comfortable..itulah kondisi yang akan anda dapat dengan mengendarai sepeda Made In England… meskipun saya sekarang tidak punya sepeda Inggris hehehehe… well come to the UK!

  4. akhirnya mbahnya relight keluar jg.. beberapa sepeda england punya keunikan di gotri (=jawa) dikomstir atas bawah,memakai ukuran terkecil setara dg gotri gir belakang..sehingga terasa ringan disetir. contoh: sunbeam dan BSA,kurang tau klo hal yg sama jg di relight tua ini. sayang kontruksi remnya tidak difoto.. stir dan gondelnya muantep teniiin… klo tidak salah pakai dunlop 36.. biar aura tuanya keluar pakai lampu karbid.. maaf jika kurang berkenan..

  5. Mas alex karo mas heru karo mas fahmi.. Aku punya sepeda merk Comrade buatan Darlaston-England.. Kira-kira boleh ga di upload? Soalnya aku pengen dapet terawangan dari para paranormal sepeda tua (caelaaaahhh….) Mungkin pandemen punya sepeda yg sama jadi bisa share.. Matur nuwun..

  6. Ass.wr.wb
    Saya wahyu dari ciledug.mau tanya dong mas admin.. Klo aku mau posting sepedaku gmn ya caranya?
    Soalnya aku baru punya sepeda onthel ni merk raleigh dames & humber dames. Jd biar aku tau gt mas tetntang seluk beluk sepeda onthel itu.
    Makasih.salam onthel.
    Gowes trussss

  7. hallo semua..

    pas sekali nih sedang membahas raleigh..kebetulan baru seminggu saya memboyong raleigh dames…tpi yg aneh di bodi ada kunci stangnya…dan satu lagi peneng merk nya bukan kuningan akan tetapi alumunium…seri nya 6494700..dan dilihat dari cat warna hijau ga tua tua banget kek nya deh….mohon pencerahan nya buat para suhu semua…

  8. @Kyai Bullring & Kyai Naren

    Mungkin ada pertimbangan tertentu sehingga pemiliknya lebih suka mengandalkan konstruksi rem karet. Sementara untuk mempertahankan sistem presnelingnya dipasanglah model bumbungan (triggernya keren!).

    Adanya bagasi/boncengan dan sadel peniti/celeng memang cukup ribet sehingga penggunaan kunci roda ‘Eeton’ menjadi solusi cerdas sekaligus antik. Hehe…

    Salam hangat buat sahabat onthelis Sumsel.

  9. Sepeda Raleigh tua model tourist buatan sebelum tahun1940 an , sepeda ini dicirikan dengan sistem rem karet yg berbeda dengan sistem rem karet setelahnya di mana bentuk U nya yg berbeda , keni yg lurus tanpa koek kan , tanpa tonjolan tempat pompa , perbedaannya juga ada pada garpu depan bagian dalam ada 2 tonjolan yg dikiri kanan bagian atas garpu sebelah dalam serta model holder sepatu karet rem yg agak memanjang berbeda dengan holder sepatu rem karet pada Raleigh yg setelah tahun 1940 an , spakbord belakang bagian tengah tidak di baut ke bagian koneksi penahan sapit urang belakang seperti umumnya sepeda raleigh yg keluar belakangan , namun sistemnya memakai jepitan dari plat tipis berbentuk U yg sifatnya seperti pegas ….jadi untuk melepas spakbord belakang harus menekan plat tipis berbentuk U tersebut agak kedalam dan mengeluarkan nog nya dari pipa penahan garpu belakang , selain itu Stangnya juga berbeda , perhatikan bentuk holder handel stang yg menyatu dengan body stang yg tidak di baut seperti model berikutnya. Dan yg istimewa adalah adanya tuas kecil di sebelah kanan untuk mengunci stang agar posisinya terkunci mati tidak belok kiri atau kanan pada saat di kendarai dan bisa buat lepas tangan dan tangan di gunakan untuk keperluan lain seperti membidik kan senapan misalnya saat mengejar penjahat atau untuk hal-hal lainnya , atau untuk memarkir sepeda agar posisinya lurus .tuas kecil tersebut menghilang setelah model berikutnya muncul , operan perseneling yg dipasang model tua era tahun 1920 an , pasangan tromol persenelingnya mestinya yg tutupnya bukan plat besi tapi berbahan Dural / alluminium camput timah hitam dan tulisan Sturmey Archernya terpahat dalam . Dari tampilan sepeda yg ditampilkan ini , semuanya kelihatan Original , sadelnya adalah option pemilik ……sah-sah saja .

    salam
    YUDI

  10. @ om hero: yg pya raleigh gondel wasiat uk 24 jd tambah semangat nie…dunia england mulai terbuka…om ayo kita bangkitkan tim kalong lg alias gowes malam hari….tapi maaf rem tromolnya udah beres blum…?????tar nyaut tiang listirk lagi buat ngerem….heheheh

  11. @priyayi onthel sekaliyan:

    mohon kejelasan ‘kelamin’ merek sepeda saya ini : roadstar made in england (nomer seri kanan 21301 -angka duanya horizontal posisinya. jadi kayak gini N1301. sedang nomer seri di sebelah kiri 55).

    penampakan:

    VALUAS and ROADSTAR

    saya ucapkan terimakasih banyak, untuk informasinya.

    tabik
    fandy

  12. MASYA ALLAH apik temenan pit – e . Alhamdulillah, saya punya raleigh dames dan secara tidak sengaja saya diberi oleh ALLAH satu sepeda RAMBLER ashford england dames. Tapi si RAMBLER ternyata isi dalamnya campuran ; velg dunlop, ruji union german, rantai vello, anehnya dibawah dudukan as pedal ( rangka ) tertulis ” as made in japan ” tapi dudukan as pedalnya tertulis ” made in england “, tangkai rem ada gambar burung hantu – saya tidak tahu merek apa, katengkasnya dengan tutup minyak. Foto belum bisa saya tampilkan.

  13. Sepeda Raleigh tua model tourist buatan sebelum tahun1940 an , sepeda ini dicirikan dengan sistem rem karet yg berbeda dengan sistem rem karet setelahnya di mana bentuk U nya yg berbeda , keni yg lurus tanpa koek kan , tanpa tonjolan tempat pompa , perbedaannya juga ada pada garpu depan bagian dalam ada 2 tonjolan yg dikiri kanan bagian atas garpu sebelah dalam serta model holder sepatu karet rem yg agak memanjang berbeda dengan holder sepatu rem karet pada Raleigh yg setelah tahun 1940 an , spakbord belakang bagian tengah tidak di baut ke bagian koneksi penahan sapit urang belakang seperti umumnya sepeda raleigh yg keluar belakangan , namun sistemnya memakai jepitan dari plat tipis berbentuk U yg sifatnya seperti pegas ….jadi untuk melepas spakbord belakang harus menekan plat tipis berbentuk U tersebut agak kedalam dan mengeluarkan nog nya dari pipa penahan garpu belakang , selain itu Stangnya juga berbeda , perhatikan bentuk holder handel stang yg menyatu dengan body stang yg tidak di baut seperti model berikutnya.

  14. mohon pencerahan..saya newbie dibidang onthel…di tawari sepeda yang di fork depannya ada sistem untuk pegas kata teman itu sunbeam..tetapi kami masih belum yakin…terus mau minta info mengenai sepeda THE HEMBER …bukan THE HUMBER…apakah keduanya ada kesamaan nya…terima kasih sebelumnya…salam onthelis…

  15. saya punya sepeda ontheil releigh yg nomor seri RA 16306, saya mau tanya karena di depan sepeda saya merk sudah hilang tlg di muat contoh merknya dan tahun pembuatannya, terima kasih

  16. saya tahun 70an pernah naik onthel jengki raleigh warna hijau dari Yogya ke Semarang, lewat Salatiga. Wah asyik, waktu itu masih sepi jalannya. setelah bapak meninggal, diwariskanlah ke aku. sampai sekarang masih saya rawat karena bersejarah bagiku, walau jarang dipakai karena ada sepeda yang lain. Religh terasa ringan, tidak capek kalo dipake. salam kenal dengan para onthelis Nusantara.

  17. @nashr ong
    ramblernya nomor rangkanya kalo boleh tau berapa,saya jg punya rambler tp tdk tau dimana letaknyaapa,saya jg punya rambler tp tdk tau dimana letaknya

  18. slm knl tuk semua, sepeda yg sgt unik.. Kbtln sy jg py cr2 sm sepert yg tlh dijabarkan d ats cmn py sy tdk ad tonjolan yg d garpu depan sebelah dalm n sistim rem pk tromol sa.

  19. Salam kenal
    Saya baru dr dunia per-onthelan
    Mau tanya sama rekan2 sekalian, mohon pencerahannya :
    1. Bedanya raleigh, the raleigh n relight itu apa ya, apakah masih satu pabrik raleigh?
    2. Klo Raleigh no. Rangka 25787 itu buatan tahun brp ya?

    Terimakasih atas bantuannya

  20. asslmualaikm,aku punya railegh dames nih mas crita nya. .
    Nomer rangka nya di sebelah kiri rangka,AA35920,Kira2 itu rakitan tahun brapa ya. .??
    Aku agak kurang tau tentang perakitan nomer rangka,TOLONG info nya mas. ??
    Salam ontheL’is. .

  21. saya juga punya seperti itu mas…..kayaknya kakak adik deh (warisan mbah jogja euy)
    foto ada di fb saya

    Agung Hary Prasetyo – PSB Bandung

  22. Sepeda Inggris di Indonesia, jarang di bahas, jarang dilirik, karena Indonesia merupakan negara bekas jajahan Belanda. Sehingga, yang diminati disini sepeda produksi Belanda, yang populasinya sangat banyak. Belum lagi faktor usia, sepeda Inggris produksi tahun tua yang masuk ke Indonesia spertinya sangat sedikit.
    Bila kita melihat dan mempelajari sejarah, banyak teknologi canggih dari sepeda Inggris yang diadopsi sepeda Belanda. Bisa dilihat pada Bal head, sebelum masuk ke abad 19 sepeda-sepeda produksi Inggris sudah memproduksi sepeda menggunakan ball heads untuk mengencangkan setang. Itu baru satu part, masih ada yg lainnya.
    Mari kita ramaikan juga sepeda Inggris di Indonesia.

    BSA ” Perfect in Every Part “

Tinggalkan Balasan ke arief rachmad Batalkan balasan