Sepeda Jerman bergaya

Artikel berikut khusus untuk penggila sepeda buatan Jerman. Koleksi milik mas Marko, seorang anak bangsa yang sedang mengarungi hidup di belahan dunia bagian Eropa.

Sepeda NSU de Luxs dan ADLER Fahrrad produksi  tahun 1930 , kondisi masih utuh !! nggak ada perubaahan bagian partnya !! produksi jerman banyak yang juga kelas , tetapi karena kalah perang dan mempunyai kesalahan (manajemen pabrik) , produksi pasar sepeda tertekan oleh negara barat !!

 

jambul NSU

ADLER FAHRRAD :

 

3 speed

 

iklan Fahrrad yg legendaris

 

25 thoughts on “Sepeda Jerman bergaya

  1. @mas Bagus memang kalau di indo banyak sepeda yang model swan ,NSU ,yang bisa di bilang besinya lebih kuat karena masih menggunakan JJS besi pilihan produk jerman ,juga kadang menggunakan mesin JLO kecil ,sepeda yang di pakai suster tempo dhulu di indo ,kalau Farhhad ,memang banyak yang ukuran 22 karena sepeda pembawa beban ,yang biasa kita bilang pakrat sepeda tanpa keni ,juga termasuk golongan sepeda lumayan kuat yang di pakai tentara jerman waktu perang dunia 2 ,di bawa belanda di pakai oleh sebagian tentara knil belanda !, buat menambah wawasan tentang sepeda buat teman2 ontelis di tanah air!!
    terimaasih buat mas Heru !!salam ontelis

  2. di Indo terdapat banyak sepeda swan frame namun hanya sedikit yang bermerk NSU, sayangnya sebagian besar orang sudah terlanjur “melihat” sepeda swan frame sebagai NSU, . Hal ini menimbulkan referensi yang terbatasi, padahal setau saya banyak perusahaan sepeda lain yang mengeluarkan tipe serupa ada Rixe dll..
    Ya semoga saja nanti ada trend sepeda jerman sehingga banyak merk-merk yang blom nah di denger bermunculan..

    salam
    didi wilhemmina

  3. O..gitu crita pit jerman, krn kalah perang & salah manajemen. Pantesan para manula di sktr t4ku cuma knal Simplex ama Batavus. Ada jg sdikit yg tau pongeres (fongers) dan bikres (burgers). Pdhal pit jerman nggak kalah sm pit londo.

  4. @ Mas Marko.
    Mas mau tanya, ni sepeda NSU dua2nya sama atau beda jenis / model? soalnya dari segi plat merek modelnya berbeda. Trus juga yang paling penting adalah letak gondel atau kunci stire yang berbeda posisi antara yang atas dan yang bawah berbeda. karena setau saya untuk sepeda germani letak posisi gondel yang umum adalah sebelah kanan.
    apa mungkin model yang berbeda dari satu merek itu sangat mempengaruhi detail yang umum digunakan dalam produksi sepeda satu negara?
    Mohon tanggapan dari yang lebih paham tentang Fahraad diatas..
    SALAM

  5. @Mas Riyad
    salam ontelis saya lupa tulis ke mas Heru ,
    Sepeda yang fotos atas merk NSU de Luxs
    yang bawah ADLER FARHHAD ,
    jadi memang beda merk juga pabrik tetapi sama bikinan JERMAN
    kebanyakan kalau produksi eropa tetap bertahan ngak berubah bentuk dan standart produksi tiap pabrik ,mengutamakan kwalitas dan khas sepeda dalam jangka yang cukup lama ,hanya dalam asesoris ada perubahan sedikit ,yang sering baerubah hanya sepeda balap !!

  6. Bukan main. Torpedo ‘Burung’ dan lampu/dinamo Radsonne kalau terpasang di sepeda Jerman ternyata auranya jadi lain. Jerman banget. Hehe…

    Pak Marko, ini pertanyaan menyimpang: kok mereknya Radsonne itu kira-kira apakah dimaksudkan sebagai matahari (yang menerangi) roda (sepeda), atau memang itu nama pemilik mereknya ya?

    Salam hangat untuk negeri dingin 🙂

  7. @Pak Wongeres ,Rodsonne ,artinya penerangan jalan pak ,memang dinamo banyak pabriknya baik yang belanda menggunakan produk jerman ,demikian juga yang jerman ,tetapi mereka mengambil dari kwalitas tertentu yang baik buat mencipta sebuah sepeda yang bener kwalitas nyaman di kendarai dan Luxs ,jaman keemasan eropa !!

  8. kira-kira yang ADLER itu sama nggak yah sama pabrikan Motor Adler yang Produksi Jerman Juga? motor Adler terkenal sebagai motor balap untuk kelas motor CC 125-250, yang punya chasis mumpuni. Salam Onthel!

  9. NSU&ADLER Motorcycle namabaiknya dah trsohor sejak PD. smua varian merk2 trsbt colect item dunia. Germany Bicycle: jgn lupakn WANDERER,DIAMANT,DKW. Dan juga austria-germany: STYER. holland-england: SPARTA. Yg penting swan nya jgn made in mbok berek.

  10. Banyak memnag produk fahrrad (sepeda) lawas Jerman, dan rata2 memang kualitas steelnya baik. Merk2 lawas lainnya yg terkenal selain NSU dan Adler adalah Diamant, Miele, Bismarck, Torpedo, Neckermann, Dürkopp, dll
    Tapi sepeda2 buatan Belanda juga menjadi favorit di German termasuk Gazelle, Simplex dll. Sepeda2 Belanda ini di Jerman sering disebut Holland Rad.
    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s