SEPEDA “MISTER” KAH ?

Logo "M"

Saya Agus dari Mojokerto, saya termasuk pemula banget (belum ada 2 minggu) jd penggemar sepeda onthel kuno. Ga tau tiba2 kok tertarik sama sepeda punya kenalan baru. Tanpa ba bi bu dan berbekal sedikit ilmu dari mbah google sepeda kenalan baru akhirnya berhasil saya dapatkan.

Kalo sekilas sich merek sepeda ini The Mister. Cuma yang jadi pertanyaan kok logo depan beda banget sama punya teman2. Menurut yg punya sich (katanya) The Mister ini tipe A artinya produksi lebih lawas dibanding The Mister yang pernah diproduksi oleh Miyata Jepang untuk para tenaga kesehatan di Indonesia.  Sumber lain mengatakan, The Mister ini masih produksi satu pabrik sama Fongers, sebelum akhirnya diambil alih oleh Miyata.

Saya sendiri benar2 tidak tahu kebenarannya atau jangan2 ini The Mister palsu??? Mohon masukan dan pendapatnya dari rekan2 semua. Sebelumnya terima kasih. Oh iya saya bermaksud untuk mencat ulang sepeda ini. Dimana tempat yang bagus untuk repaint terutama di Mojokerto, apa saja yg perlu saya tambahkan agar sepeda ini terlihat lebih orisinil ?

Salam kenal.. Trima kasih

 Ciri2:

  • Spakboar depan n blakang ada embos logo M
  • Dudukan lampu berlogo M, lampu merek Bosch, Dinamo SanyoJapan
  • Velg depan 32, Belakang 40, merek Dunlop
  • Setir bertuliskan Trade Mark
  •  Penutup Garpu ada embos logo M, garpu ada tonjolannya 2 garis memanjang dari atas ke bawah
  • Tromol depan belakang SA England
  • Boncengan Miami??
  • Pedal Shima??
  • Batang pengayuh bertuliskan Trade Mark

embos logo "M" di spakbor

dinamo sanyo

tonjolan di garpu memanjang dr atas ke bawah

embos logo M pada tutup garpu depan

logo pada setang

as kayuhan

supitan belakang

tromol

pelek dunlop

batal pedal kayuh

pedal shima

gir depan

nomer rangka

plat merk

boncengan Miami

sepeda mister ??

________________

Melalui postingan ini kami admin “WIRA WIRI NAEK SEPEDA” mengucapkan :

“Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir & Bathin “

selamat berkumpul bersama keluarga dan menikmati libur panjang

30 thoughts on “SEPEDA “MISTER” KAH ?

    • Lha yo mas.. sek bingung ki jane the mister model apa tipe opo se.. wong tak cari2 di google ga ada emblem depannya the mister yang seperti sepeda saya punya?? sopo yo pakare the mister??? kasih komen dunkk biar ga penasaran

  1. Jangan dicet mas agus,byar gt ajah, soalnya itu spda bgsnya krn kuno nya, kalo dicat ulang nilai kunonya ilang. Kecuali spda itu ga jelas sekalian mereknya,atau merek yg mblangkrah
    (banyak banget stok nya), gapapa deh tuh dicat yg baru sekalian. Atau kalo seneng sepeda onthel yg udah dandan rapih, boleh tuh tukeran ama raleigh dames saya,atau humber heren, cetnya duco kinclong pol ! biar deh ga usah tambah,itung2 cari temen………nah kalo mau saya uploadin tuh raleigh /humber nya…jd ga usah kluar biaya ngecet lagi….hehehe….hub aja saya di 081218606748 , atau kasih almt email,biar saya tagin humber/raleigh persneling nya.slamet ngonthel..!

    0

  2. The Misternya bagus mas… Saya juga punya tp wandhu katanya yg punyaku dulunya pembagian dinas kesehatan makanya bagasinya lebar berlogo “M” spt merk Miyata

    • emang kebanyakan begitu Kang. cuma saya baru nemui the mister dengan emblem yg beda ya yg saya punya itu. saya sempat meragukan kalau the mister ini palsu pa gimana. emblemnya simple banget, ga kayak yg diproduksi miyata

  3. Kemungkinan besar itu memang benar the mister om, no rangkanya mirip sama mister pny saya, tp koq emblemnya unik ya. dari desain logo yg simple bisa jadi itu mister yg lebih tua dari mister yg biasa. selamat om onthel jepang pun tak kalah mantap dengan onthel belanda dan inggris

  4. Setelah mempelajari beberapa foto yg ditampilkan serta nomer seri frame yg di sertakan sepeda ini buatan tahun akhir 1960 an bisa jadi awal thn 1970 an , stang , spakbord , ketengkas , garpu semuanya masih original bawaan sepeda mister , gir tengah bukan aslinya , yg asli gir tengah sepeda mister tetap memakai motif hurup M keliling seperti gir tengah gazelle dgn motif kijang kelilingnya ( ada 4 kijang ) kebanyakan sepeda buatan jepang awal tahun 1950 an sampai 1970 an termasuk Miyata / Mister memakai sistem rem karet bukan tromol , kalaupun memakai tromol biasanya bukan model tarikan kawat seperti sepeda belanda atau Inggeris tapi memakai kabel , sedangkan velg aslinya mister tetap memakai velg yg ada simbol dan tulisan misternya ( M – miyata ) , untuk sepeda ini velg Dunlop bukan bawaan aslinya serta tromol turmey Arher pun bukan bawaan aslinya , namun ini pilihan pemilik sepeda sekarang atau sebelumnya dan itu boleh-boleh saja namun bila ingin di originalkan tetap harus dipakai velg aslinya . secara keseluruhan ini sepeda bagus , tinggal di lengkapi stoplamp belakang aslinya mister yg berbentuk kotak dan boncengan belakang versi jepang yg lebar maka sepeda ini akan tampak original .

    • terima kasih ulasannya.. smakin terang jati diri sepeda ini. jadi dengan begini bisa tahu mana saja yg ori dan harus dikembalikan aslinya. Soal logo (emblem) depan itu gimana ya Kang MArcopolo?? dibiarkan begitu saja atau perlu diganti dengan logo the mister yang umum?? kok bisa beda banget apa alasannya ya??

  5. @ Agus ,
    perbedaan bentuk logo depan karena perpedaan tahun pembuatan sepeda , sedangkan keinginan utk mengantinya , disarankan jangan , biarkan apa adanya .

    sebagai tambahan , Sepeda Mister ini adalah merk dagang yg dipasarkan oleh pabrik Miyata untuk pasar asia , sedangnkan di belanda dan di negara Amerika dipasarkan dgn Nama Koga-Miyata ……….jadi tidak ada kaitan nya dgn perusahaan Fongers .

  6. asslmualaikum.. aku dulu juga nemu di tmpat rosok stange juga ad tulusan the mister gtu, sleborbelakang sama persis punya mase tpai ada bolong2nya,

  7. @ xk

    wah …wah… pak Ketua punya anggota baru kok sampai gak tahu !!!
    Alamatnya Mas Agus di SKB (Sebelah kali Brantas)….ha..ha…

    salam.-

  8. Om Marcopolo……
    Mohon ijin mau nanya. Saya dikirimi sepeda olek kakak saya. Katanya Merk Fiscal, dengan persneling. Di Stang tertulis FISCAL. Di bawah Sadel tertulis HG2557. Di bawah AS pedal tertulis 100-C. Tempelan merk di Frame depan tidak ada. Kalau saya bandingkan dengan gambar sepeda pada tampilan punya rekan-rekan di website, memang mirip-mirip. Mohon ulasan tentang sepeda saya ini. Terima kasih.

  9. I figured out all the serial numbers for Miyata Bicycles Made in Japan Since 1972, according with the first letter on the serial number.
    A 1972 B 1973 C1974 D1975 E1076 F 1977 G 1978 H 1979 I 1980 J 1981 K 1982 L 1983
    M 1984 N 1985 O 1986 P 1987 Q 1998 R 1989 S 1990 T 1991 U 1992 V 1993 W 1994 X 1995
    Y 1996 Z 1997

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s