Gazelle Single Rem 1949

Sepeda Gazelle Rem Ban tahun 1949.

Sepeda ini Memiliki keunikan-keunikan tersendiri, dalam dunia per-Gazellean Indonesia, seri nya adalah 7. Gazelle ini jika di kaji dari Ilmu “Indonesia Punya” banyak hal yang terasa membingungkan tetapi inilah Gazelle, selalu ada hal-hal yang mengejutkan ketika kita mau mengenal lebih dalam. :). Secara singkat keunikan itu terletak pada: model Rem yaitu rem ban, dan lebih uniknya inilah rem tunggal di sepeda ini! Biasanya Rem ban depan selalu dipasangkan dengan rem belakang model torpedo, tetapi kali ini sungguh berbeda. As kom juga berukuran besar, selayaknya keluaran tahun 30an atau istilah Indonesia seri 5. Sampai sejauh ini Info yang di dapat Sepeda ini dijual dalam jumlah terbatas, karena alasan tertentu produk ini di hentikan pembuatannya. Saya rasa di Indonesia ada seseorang yang memiliki katalog gazelle yang bisa bercerita lebih banyak. :). semoga..

Untuk set Lampu dan dinamo memakai philidine, kemudian sadel original model kulit, bagasi juga original dengan pipa yang pipih dan ukuran yang sesuai tinggi frame. Kunci memakai Gelria, ini juga original karena memang keluaran dari pabrik Gazelle ( silakan lihat dalam sejarah gazelle), Cat masih Original, Velg model all black dengan list kuning emas yang masih tersambung penuh, Hub depan memakai Union dan Belakang Gazelle. Pedal memakai Union ( inilah satu-satunya yang saya curigai telah mengalami pembaharuan hahaha.,,,, )

Nah, Silakan kita berdiskusi kembali tentang gazelle, sekedar menyegarkan kembali hal-hal yang dulu tidak tahu tetapi sekarang bisa saja lupa 🙂

Temanggung 6 sep 2011

Salam Tanda Tanya ?

“AJ”


25 thoughts on “Gazelle Single Rem 1949

  1. mas Rayat kecil: maseh ada maz, ukuran 3mm.. sebagian ada yg berukuran 4 mm.
    Terimakasih kangmas2 dan pakdhe2, padhe Santo thaks..

  2. Sistem ini digunakan oleh Fongers Gazelle dan beberapa sepeda buatan Inggris seperti trio populer Inggris yakni Humber Raleigh dan Rudge. Walaupun di negara aslinya hampir semua sepeda Belanda Inggris dan Jerman mempunyai ukuran di atas 680 seperti contohnya Gazelle 720mm atau Fongers CCG dengan ukuran 750mm!

  3. mas Panama cor : terimakasih buat sharenya, ya mas betul betul betul untuk ukuran gazelle di eropa rata-rata tinggi, dan ukuran gazelle engga kaya fongers yg genap.

    pa Wahyu: terimakasih pa, Gazelle ijo punya njenengan juga langka kog hehe..

  4. maz Ibnu: hehe.. makaseh mas komentnya, maap ketrikan bagian sebelah mana maz? maap sy lagi belajar juga seh mas, jd mohon pencerahannya 🙂

  5. Kang Mas AJ… eheemm… setelah banyak komen tentang sepeda ini di dunia nyata… obrolan dari para kolektor.. ini merupakan Gazelle yang RUAARRR BIASAA… sampai2 saya berhati2 mau komen.. dan googling selama seharian.. buat cari referensi terlengkap… yang hasilnya ketemu dengan kembarannya secara detail di http://freeimagefinder.com/tag/omefiets.html, namun, Oma fiets yang saya temukan di web tersebut adalah Gazelle A 1959.. memang berbeda dengan Gazelle AJ ini, hampir 10 tahun bertahan dengan model yang eksentrik dan type yang Luxe alias mahal.. saya cuma koreksi satu : kemungkinan tidak di Jual Terbatas.. malah sebaliknya di ‘massal’kan karena logika ekonomi akan dipakai, dalam satu dasawarsa ternyata model ini masih di produksi, plus nilai eksotis sepeda omafiets dames ini kemungkinan juga laris maniss…. hemat saya.. dalam rentan waktu 10 tahun perbedaan itu, model dan komponen tidak berubah.. hanya sistem setopan belakang yang berubah… tapi.. enywey this bicycle is very istimewa.. *meminjam istilah Jos rietveld… beberapa kolektor minta tolong ditanyakan.. dijual nda..?

    semoga berkenan

  6. This 1949 Gazelle looks to be in a good shape, exept for the damaged chainguard maybe.
    Everything also looks very original, in Indonesia I often see bicycles that were put together from different bicycles, this one I think is mostly still like it came from the factory.

    The fact that it has only 1 brake is not so special on old bicycles here in Holland, I have had many bicycles with only 1 (front-)brake, I still have 2 or 3 of them I think.
    In Holland a bicycle must have at least 1 brake, on the frontwheel or on the backwheel is not important.
    In almost all other countries a bicycle MUST have 2 brakes (by law), so Gazelle bicycles that were exported to other countries with that law, always had 2 brakes.

    The old Philips lamps and dynamo were also often used on Gazelles from these buiding-years, I have a completely new, (not restaurated) unused original 1939 Gazelle “A”, that looks a lot like this bicycle in Indonesia.
    It has also almost the same lamp and dynamo and the same braking on only the front wheel.
    The handlebar (stang) I think is beautiful made on these Gazelles and these are rare and not often seen, not even in Holland.

    This bicycle looks to be imported to Indonesia from Holland very recent, the whole bicycle looks like it came from the streets here in Holland yesterday !

    Here a few photo’s from my Gazelle that looks like this one in Indonesia.
    (also a photo of an old Fongers I have with only 1 (front)brake.

    1939 Gazelle “A”, unrestaurated N.O.S., the whole bicycle is still new and original;
    1939 Gazelle "A"
    1939 Gazelle
    1939 Gazelle "A "
    1939 Gazelle "A"
    1939 Gazelle "A"

    I have also a Fongers with only a frontbrake, also a block pressing on the tire.
    1935 Fongers DZ 60

    Greeting from Belanda,
    Andre

  7. haduhhhh lama gag ngikutin ehh uda pada kumpul,, hihihii”

    kang fahmi : untuk sistem remnya memang maseh di produksi, cuma dalam konteks seri 7 (kluaran 1949) itu terbatas. Kalo seri 5 d jogja ada juga yg punya hehehe…

    Kang Sodik Tralala: ta pakai bhasa blanda ya mas : wezz suwe tenan gag ketemu hehehe.. ayoo ojo bertapa ae, kluaran dr padepokan ^?^

    kang Andre Koopmans : bedank, yaa, From the “aura” we know this is taken from the streets haha…

  8. It’s really an old bike and I myself never see before.
    It’s supposed that the owner ( Amsterdam jawa ? ) will take care of this bike n be happy……..ya mas ?

    Salam onthel buat semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s