JUNKER HEREN

Penulis : Ekwandoko

Alamat : Banyuwangi

Mas admin, mohon ijin saya mau sharing tentang onthel saya ini, merk nya JUNCKER heren ukuran 55 torpedo.

Ceritanya sepeda ini baru saya dapatkan sekitar sebulan yang lalu punya seorang penjual kerupuk dan peternak kambing di sebelah desa saya. Sebenarnya sudah lama sepeda ini saya idamkan mengingat bentuknya yg unik dan baru kali ini melihatnya.

Berawal informasi dari abah saya yang sengaja memanggil ketika yang empunya lewat dengan sepedanya sambil membonceng rumput buat kambingnya. Dari sebuah obrolan tersebut terucaplah kata sepedanya mau dilepas dengan harga yang pantas. Menurut kabarnya banyak sudah yang berkali kali ingin melamar sepeda tersebut tp akhirnya semua tertolak. Menurut saya harga yang mahal tentunya.

Nah berawal dari obrolan itu akhirnya 3 hari kemudian bersama abah saya cari rumahnya dan ketemulah. Lokasi rumah yang sulit dijangkau dan susah sinyal tentunya. Akhirnya saya pun bisa mengamati lebih dekat. Sangat susah untuk meyakinkan empunya sepeda, terlihat pada mimik wajahnya yang sangat berat melepas sepeda punyanya itu, bahkan hari itu pun belum terucap kata “deal”. Hari berikutnya dengan sedikit obrolan “ngalor ngidul” akhirnya sepeda itu berhasil saya lamar. Berikut ini foto-foto sepeda tersebut :

Tampak utuh setelah dibersihkan

Tampak utuh setelah dibersihkan

Ada plat merk belakng “ JUNCKER” JCR

Ada tulisan pada emblem “JUNCKER Nederl. Fabrikaat APELDOORN”

Stang torpedo dan emblem

Cagak slebor yang unik

Ada cenilan pada supitan belakang, buat apa ya?

Bracket dan as

Piringan model K keling

No seri sepeda ada di sebelah kanan di bawah sadel

Cagak sadel model lawas

Velg mentul 36 – 36

35 thoughts on “JUNKER HEREN

  1. Wahhhhh,,, sempurna sekali Ini sepeda,,sangat mirip sekali dgn JUNCKER wandu kepunyaan saya,,, hanya emblem nya yang beda,, si wandu masih pake Stiker,,mantapssss

  2. Rawat jangan sampai lepas sepeda yang langka….. kalo tidak salah juncker adalah sepeda yang di buat dari limbah sepeda sepeda yang tidak terpakai di Belanda sana…. yang di jadikan satu menjadi sepeda yang layak pakai….( maaf kalo salah )

  3. Saudaranya ada di Prabumulih Sum-sel neng omahku,Jungker ukuran 60 masih Ori, sepeda langka karena jumlahnya yang sedikit, tetap rawat, jangan sampai pindah ketangan yang tidak ber hak (akeh sing pingin ndueni), sehat, hemat dan bersahabat ……….

  4. @pak mul : thanks apresiansinya..salam kring2
    @pak odi : thanks apresiansinya..salam kring2
    @pak muhdi : thanks apresiansinya..salam kring2

    @pak andi: baik pak ternyata dibuat di kota tua Apledoorn di belanda sana..
    @pak imam : wah ada kembarannyya ya pak..hehe.email bapak apa? mohon ijin share pak
    email saya ekwandoko@gmail.com.

    salam gowes

  5. Juncker yang masuk ke Indonesia tahun 50-60, sebelum bergabung dengan pabrikan Gazelle. Sepeda dg cat hitam dan meni merah adalah yang dijual umum di pasaran dg dua tipe rem tromol atau Torpedo. Satu lagi Juncker untuk spd inventaris militer dg warna hijau mendekati abu-abu dg model rem tromol depan ruji 36 dan belakang torpedo merk Beckson. Cenilan dibawah dekat supitan adalah jalur kabel utk lampu belakang. Silakan dirawat semua sepeda yang ada di Indonesia pasti ada cerita sejarahnya masing-masing

  6. @ mas Bagus, tksninfonya, kebetulan sy dpt tinggalan dari saudara jauh pensiunan tentara sebuah Juncker Army hijau luntur.. dlm kondisi orisinil.. sayang ukurannya 22 jadi hanya pantas utk pajangan..hehehe..

  7. Seringkali saya melihat dan memperhatikan sepeda-sepeda yg beredar dan masih exsis di bumi indonesia ini yg masih banyak dimilki para kolektor serta dirawat dgn baik , sungguh membanggakan , apa lagi bila sepeda – sepeda tsb adalah sepeda yg termasuk langka dan jarang di temukan keberadaannya lagi di negeri Belanda dan hanya ada di negara kita yg masih terlihat dgn kondisi yg terawat ……adalah sungguh anugrah yg luar biasa yg patut kita banggakan sebagai bangsa Indonesia yg khazanah persepedaannya boleh diacungi jempol , mengingat di negara asalnya sudah tidak terlihat lagi …….contohnya sepeda yg di tampilkan saat ini merupakan speciment sebelum perang dunia kedua …….dari pengalaman berburu sepeda di belanda sana sy tidak melihat sepeda jenis ini pernah terlihat , kebanyakan juncker yg sy temui berkisar 1952 keatas .
    seperti yg kita ketahui perusahaan sepeda juncker di dirikan pd thn 1898 bersamaan dgn berdirinya perusahaan merk lain seperti Durabo , Pon , Gruno dan bari pd tahun 1924 mulai memproduksi sepeda mereka secara keseluruhan samapai pd tahun 1968 bersamaan dgn locomotief dan Simplex perusahaan ini akhirnya terjual dan di ambil alih perusahaan Gazelle . Dari beberapa type yg paling populer dari model sepeda merk Juncker ini seperti model palang gapitnya yg sangat mirip dgn Simplex palang gapit dgn perpedaan pd bentuk keni di leher yg bentuknya mirip sepeda Inggeris sedangkan Simplex hanya model lurus seperti pd keni milik sepeda gazelle maupun Fongers …….namun pd beberapa model seperti type Progress masih memakai model klasik , sama seperti yg terlihat pd sepeda yg diposting saat ini , namun pd model berikutnya seperti Quickrun , Starfighter , flaying jet , paramount , newyorker dll selain simbol /plaat merk depan sudah berubah dgn memakai hurup J saja , sangat berbeda dgn yg di posting saat ini , selain itu juga salah satu ciri khas sepeda juncker yg lain adalah model cagak slebor yg menonjol keluar seperti pd model Fongers PFG maupun gruno thn 1958 keatas .

    selanjutnya dari dua komen diatas :

    @ Andi Konsep ………., setahu sy sepeda Juncker tidak pernah memakai sepeda limbah utk dijadikan sepeda , mereka punya pabrik sendiri dan membuat sepeda secara utuh …….kalau anda melihat dan mengambil difinisi kata Juncker di asosiasikan dgn kata bhs Inggeris JUNK yg artinya sampah / rosokan juga tidak mengena karena Juncker utk merk sepeda ini ditulis dlm bhs Belanda ……kemungkinan nama pendirinya …..Otto Juncker ???

    @Bagus Kurniawan …….setahu sy utk sepeda militer yg dipakai oleh serdadu belanda adalah Fongers dan tidak pernah menemukan literatur yg menyebutkan merk Juncker pernah dipakai oleh militer belanda ataupun negera eropa lainnya .
    demikian yg bisa sy sampaikan sementara ini .

    salam

    YUDI

  8. tambahan ……. sejarah sepeda Juncker dimulai sejak tahun 1840 dgn memproduksi perlengkapan kereta kuda termasuk pelana dll nya setelah Industri sepeda mulai berkembang di negeri belanda , mereka memulai bisnis baru utk memproduksi onderdel dan alat alat utk perlengkapan sepeda dgn memakai merk LIvingstone , hal itu berjalan beberapa tahun hingga tahun 1898 barulah mereka mulai membuat sepeda sendiri yg di beri nama merk Juncker , merk itu sendiri diambil dari kata yg berasal dari dari nama keluarga mereka / nama famili atau semacam marga pd org batak atau manado , ada dua bentuk merk juncker yg dipakai , yg pertama utk plaat merk Juncker sebelum perang dunia ke dua memakai dua titik di atas hurup U nya namun pd tahun 1932 akibat pengaruh Hitler yg mulai menguat dan kecenderungan org di negeri belanda tidak menyukai nama yg berbau German maka pada saat perang dunia kedua karena alasan politik dan utk menghindari hal yg berbahaya karena Hitler menguasai Eropa maka agar tidak dianggap simpatisan nya Hitler yg mana saat itu tentara German juga telah menjajah negeri belanda , sehingga oleh pemilik perusahaan diputuskan agar tulisan Juncker di ganti dgn menulis TANPA titik dua / apostrop diatas hurup U nya sehingga bacaannya bukan jungker tapi Yengker dlm bahasa belanda ……. namun sampai tahun 1950 an keatas plat merknya akhirnya berubah dgn Hurup J saja pd tengah -tengahnya dan tulisan juncker kecil diatasnya .
    demikian yg bisa saya infokan sebagai pelengkap utk bahasan sepeda yg diposting saat ini , semoga memberi masukan utk kita pelajari bersama.

    salam
    YUDI

  9. @marcopolo : wah terima ksih pencerahanya pak..salam kenal, ketika saya menemukan sepeda ini hanya satu motivasi saya yaitu antik dan unik…salah satu sepeda favorit di kampung saya dan mujurnya saya bisa melamarnya diantara bapak2 blantik yg tentunya sudah lama mengincarnya….alhamdulilah ini rezeki saya..

    Yang masih belum jelas dan belum ketemu, juncker saya ini varian apa ya pak? jenis yang bagaimana…saya cari literatur atau gambar2 nya pun di internet masih belum ketemu. Mungkin bapak yudi dan rekan2 bisa membantu..

    terima kasih..salam kring.kring

  10. @Pak Yudi Marcopolo : yg saya maksud bukan sepeda inventaris militer tentara KNIL Belanda tapi TNI setelah tahun 50-an, beberapa yg saya temu di Akmil Magelang dan yg saya punyai baik Heren warnanya hijau agak abu-abu mblawus dan yg dames hitam ada meni merah. Matur nuwun

  11. @pak imam :..monggo pak segera diposting saya juga pengen lihat hehe.
    @pak yudi dan pak bagus : kira2 sepeda sya ini juncker type/jenis apa ya..kok saya cari literatur di google belum ketemu..mohon pencerahanya…
    maturnuwun

    salam kring2…

  12. waduh benar-benar mantap.walaupun saya baru belajar tentang sepeda kuno. saya sekarang mempunyai 5 speda kuno semuanya masih lusuh, saya temukan dibeberapa desa yang ada di sumenep madura. hubungi saya (Badrul/ 087850005977)

  13. wow…
    ternyata kalo masih utuh dan bagus tu kaya gitu to aslinya..
    ni saya baru mulai menyelamatkan Juncker bapak saya, sdh 10 tahun tidak dipake dan tidak terawat.. karatan di hampir semua permukaan..
    komponen yang ori juga tinggal rangka, porok, dan slebor…
    mohon bimbingannya… 🙂

  14. Ping balik: Jual Pajangan Holland - Tips Barang Rumah dan Hadiah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s