GAZELLE MAROON

Warna hitam sudah identik dengan warna asli dari sepeda tua bermerk Gazelle. Banyak penggemar sepeda tua  di Indonesia yang tidak mengetahui bahwa sepeda Gazelle di negeri asalnya sebenarnya mempunyai beberapa varian warna selain hitam, ada hijau , abu-abu dan merah marun. Namun karena sepeda Gazelle pada jaman dulu yang masuk ke Indonseia selalu berwarna hitam jadi kalau ada sepeda Gazelle berwarna selain hitam akan menjadi bahan pembicaraan yang kurang menyenangkan.

Seorang kolektor sepeda tua asal negeri Belgia telah merostasi sepeda Gazelle type frame silang buatan tahun 1956 menjadi berwarna merah maroon, salah satu warna resmi dari sepeda Gazelle. Lebih jelasnya silahkan lihat beberapa foto di bawah ini :

4 pilihan warna selain hitam

4 pilihan warna selain hitam

kondisi sebelumnya, yang sebenarnya gak jelek2 amat ya…

mulai restorasi

dipanasi untuk melepaskan selongsong as kayuh

lepas sudah… 😀

dipisahkan bagian perbagian dan cat yang lama sudah hilang

 

spare part, asesoris yang masih bisa terpakai dipisahkan

no seri

frame yg sudah diberi cat dasar

cat lama sudah bersih

cat lapis pertama

cat lapis terakhir sebelum diberi list

kontruksi rem depan unik dan jarang ditemui

frame sudah di beri list warna emas

wow…sudah hampir lengkap terpasang

this is it…

samping kanan

samping kiri

puas rasanya dengan restorasi total dan serius

 

Ada yang tertarik mau mencobanya ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19 thoughts on “GAZELLE MAROON

  1. Restorasi yg patut di acungi jempol , rata-rata pencinta sepeda antik di luar negeri punya motto utk kembali se original mungkin ketika mereka merestorasi barang – barang lama dan terkesan tidak asal-asalan , bicara soal type warna gazelle selain option hitam , sangatlah jarang ada di indonesia sehingga sering kali publik yg kurang mendalami soal sepeda gazelle termasuk sejarahnya secara keseluruhan seing kali mengira bahwa sepeda gazelle yg berwarna Hijau daun nangka , merah maroon , abu-abu , maupun coklat kehijauan dianggap bukan cat original , bahkan seringkali menjadi perdebatan yg panjang lebar , baik dgn pencinta maupun pengemar dari generasi baru maupun generasi sebelumnya , semua berpulang dari pengalaman dan pengetahuan masing-masing , namun berdasar pengalaman saya selama bergelut dlm jual beli sepeda gazelle dan telah menjual semua warna pilihan yg pernah di produksi gazelle , ada satu hal yg perlu di ingat ketika mau merestorasi sepeda gazelle yg anda miliki dgn warna selain hitam tadi adalah type gazelle yg anda miliki , sepengetahuan saya gazelle model no. 1 seperti yg banyak beredar di Indonesia dgn ciri khas rumas ass tengah ukuran besar dgn model kroncong , umumnya optin warna yg dijual dan diproduksi hanya warna Hitam , sedangkan sepeda yg mempunyai warna pilihan selain hitam kebanyakan adalah gazelle type A atau no.8 dgn ciri khas ass tengah kecil model draat seperti yg ditampilkan di foto-foto diatas , ciri utama yg membedakannya ada pada model garpu yg ramping dgn dudukan dinamo yg permanen pd bagian kiri garpu serta adanya hidung hiasan memanjang diatas spakbor depan baik yg rem tromol maupun rem tusuk dan type rem torpedo ……….jadi ketika melakukan pilihan warna selain hitam utk merestorasi , harap jangan asal restorasi dgn warna lain tsb sebelum memastikan type/model gazelle yg anda miliki . agar semua tetap di jalur yg benar sesuai tinggkat ke originalan yg berdasarkan standar yg di keluarkan pihak pabrik gazelle sebelumnya ………namun bila ingin di buat sebagai pilihan free style ……itu soal lain lagi !!! . sepeda yg di tampilkan disini adalah sepeda gazelle kruisframe type no.8 , sayang tulisan transfer merk yg ditampilkan tertutup tulisan wordpress com sehingga tidak jelas terlihat typenya . namun utk sepeda type gazelle sport baik yg roda ukuran 28 x 1 5/8 maupun yg 26 x 1 3/8 dan 26x 1 1/2 , rata-rata dijual dgn pilihan 5 warna tsb . semoga memberi masukan bagi yg mau merestorasi ataupun memiliki sepeda gazelle dgn warna lain diluar warna hitam .
    salam
    YUDI

  2. saya punya gazelle heren 22 no rangka 20xxxxx
    warnanya hijau, ada yang bilang gazelle irian
    tapi 2 kali ke irian (papua dan papua barat)
    enggak ketemu sepeda gazelle

  3. Gazelle made bicycles in other colours than black almost from the beginning.
    You had to pay (much) extra if you wanted an other colour before WW2.
    before 1940 99,9 % of the Gazelles were black.
    Most people did not want to pay a lot of money extra for a different colour and just ordered the common black clour, but some people did order a different colour.
    Later, after the war, colours gor more common and the price of all colours were the same. In the beginning these other colours were not too shiny, mostly dark green, gray and later dark red;

    I have a very rare old original colour Green 1915 Gazelle;
    Gazelle 1915
    1915 Gazelle

    Gray original 1964 Gazelle 72 cm cross-frame;
    1964 Gazelle No.1   72 cm Crossframe

    Gray original 1963 Gazelle 66 cm cross-frame;
    1963 Gazelle crossframe

    And ofcause the Gazelle kwikstep;
    1964 Gazelle Kwikstep 1 folding-bicycle
    1964 Gazelle Kwikstep 1 folding-bicycle

  4. # fajar Aga Fiets ,
    Utk Gazelle KwikStep , memang betul warna yg di pasarkan mayoritas Hijau daun nangka dan hampir tidak pernah terlihat option di luar warna tsb .

    # Gunadi
    Betul sekali pendapat Pak Gunadi , sepertinya pendapat yg mengatakan sepeda gazelle dgn nomer frame 20xxxxx dan setelahnya yg jumlahnya juga tidak banyak , hanya beberapa gelintir saja di P. Jawa , kalau dikatakan berasal dari irian sepertinya agak meragukan karena , gazelle dgn frame kepala 20 dst nya tsb di produksi tahun 1965 keatas dan di perkirakan masuk ke Indonesia atau ke irian setelah 1 -2 tahun kemundian , kelihatan nya berdasarkan waktunya , hal tidak memungkinkan karena SEBELUM tahun 1965 kita sudah berperang dgn Belanda utk merebut Irian barat , ini kutipan sepenggal catatan sejarah nya ,

    TRI Komando Rakyat ( Trikora ) dikumandangkan oleh Presiden Soekarno dalam sebuah Apel Besar di alun-alun utara kota Yogyakarta pada 19 Desember 1961 sebagai reaksi atas sikap Belanda yang secara sepihak telah mendirikan Dewan Papua yang bertugas mempersiapkan pembentukan Negara Papua di bawah bayang-bayang Pemerintahan Belanda. Tri Komando Rakyat yang dicanangkan kepada seluruh Rakyat Indonesia tersebut berbunyi : Satu, gagalkan berdirinya “Negara Papua ; dua, kibarkan bendera Merah Putih di seluruh wilayah Irian Barat; tiga bersiap-siap untuk mobilisasi umum. utk menindak lanjuti hal tsb maka Para pemikir-pemikir AURI saat itu lalu mendesak Menteri Panglima AURI (Menpangau) untuk segera menggunakan pesawat-pesawat Hercules menggantikan tugas-tugas pesawat C-47 Dakota dengan alasan, daya angkut lebih besar, mobilitas tinggi, serta kemampuan terbang tinggi sehingga tidak terkejar oleh pesawat-pesawat buru sergap lawan.
    Operasi infiltrasi udara mencapai puncaknya pada tanggal 13 Agustus 1962 ketika 6 C-130B Hercules yang dibagi dalam 3 flight digerakkan sekaligus dengan sasaran daerah penerjunan yang berbeda. Misi ini berhasil memperlemah kekuatan lawan.(Menpangau) untuk segera menggunakan pesawat-pesawat Hercules menggantikan tugas-tugas pesawat C-47 Dakota dengan alasan, daya angkut lebih besar, mobilitas tinggi, serta kemampuan terbang tinggi sehingga tidak terkejar oleh pesawat-pesawat buru sergap lawan.
    Salah satu kisah heroik dan bersejarah adalah peristiwa pengibaran Sang Saka Merah Putih untuk pertama kali dipancangkan di bumi Cenderawasih, Irian Barat, yang dilakukan oleh anggota PGT AURI. Pada tanggal 19 Mei 1962, sebanyak 81 anggota PGT bertolak dari Pangkalan Udara Pattimura, Ambon, dengan pesawat Hercules menuju sasaran daerah penerjunan sekitar Kota Teminabuan. demikian sepenggal kisah sejarah perebutan Irian barat , dan perhatikan Tahun- tahun yg di kutip tsb .

    salam
    YUDI

  5. restorasi yang sangat bagus.
    gk pake digosok2 lagi biar muncul warna dasarnya.
    soal perdebatan warna,jangankan merah maroon yg warna ijo aja sering jadi minder di sangka abal2

    btw mau numpang tanya. klo memang di restorasi, warna dalam selebor itu dikasi warna apa ya?

  6. saya setuju pendapat meneer Andre,
    karena mkn yg sudah msk ke indonesia ‘dulu’ yakni seri seri di bwh 15 bila melihat no binkai,
    adapun mengenai seri P,L atau apalah paling ngerti nya skrng ketika arus informasi tiada bts,
    lah gmna dulu atau pun skrng kt faham ,
    orang liat seri P,L itu kalau kt melihat setiker nya thok? sedangkan cat nya saja sudah ga ada,
    kemudian alangkah bijak nya andai para pakar tidak hanya mengomentari warna saja ,
    tetepi sekaligus memperjela spec per kelas nya,
    misal seri th berapa? spec nya gmna? mengeluarkan warna apa aja,mkn itu sharing yang lebih memberi pencerahan kepada pemula ,trims

  7. # Puser Bumi ,
    usulan anda itu baik…..namun mengingat tread ini di posting dgn tema yg berkaitan dgn warna ……jadi yg di diskusikan tentu saja focusnya pada masalah warna tersebut agar kita tidak di bilang admin OOT , utk maslah yg di usulkan , coba buka aja file -file lama di blog ini , disana sudah banyak postingan yg membahas hal yg berkaitan dgn yg anda minta .

    Salam

  8. to Mr. Andre Koopman

    help me please. i have an gazelle dames, in the bottom of the logo there is an word gazelle but the serial number is in the left side of the bottom of sadel. that’s the real gazelle or not? if its true gazelle what is the type of it?
    carsita. get_trilogy@yahoo.com

  9. To Mr. Carsita,

    Your bicycle should have the wordt Gazelle written in the lug on the bottom of the front (if it is newer than 1924) and the framenumber should be always on the right side of the saddle-lug (when you are sitting on the bike).
    If the framenumber is on the left side…than I think it very strange.
    Maybe somebody in the past changed something on your bicycle ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s