Ceritaku

foto : Mark Hanusz (KRETEK)

Terkadang dibutuhkan sebuah perjalanan panjang dan melelahkan  untuk membawa pujaan hati menjadi bagian  dalam keluarga…

setelah menjadi bagian dalam hidup,  apakah dia  hanya menjadi penunggu rumah yang setia atau dialah yang selalu setia menemani setiap perjalanan hidup ini….

bagaimana kisah kasih anda dengan sang pujaan hati …romantis…dramatis atau bahkan  tragis kah ?

ikuti serial cerita2 dibalik ontel sang pujaan hati…

Klik judul2 di bawah ini untuk cerita lengkapnya….

62 thoughts on “Ceritaku

  1. maaf halaman ini tampilan masih butuh penyempurnaan….

    ditunggu kiriman2 cerita lainnya…

    kalo gak salah ada cerita wira wiri pak sekjen dengan sepedanya….

    juga cerita pak Naruto yg merintis komunitas ontel di Kalimantan sampai2 suatu hari “rela” mencium pantat angkot…. 😦

    ditunggu…….. 😀

  2. Sepedah Mbah

    Dulu mbahku suka anterin aku naek sepeda ke sekolah
    sepeda kumbang warna ijo tua,
    Kalo liat sepeda kumbang sekarang jadi suka inget mbahku, tapi sayang sepedahnya gak tau ke mana juga Zundapp merah bata yang di sebut motor uduk, karena suaranya yang uduk…uduk…uduk… pake pedal lagi,kayak sepedah yang pake mesin.
    Kucari-cari ehhh.. katanya d jual k rongsok sama paklik ku duhhh sayang sekaliii, aku jadi sedih.Apalagi Mbah ku udah gak ada lagi, udah istirahat tenang d sana.
    Mbah maaf ya aku gak bisa nyimpen sepedah-sepedah mbah,
    Coba kalo dulu aku udah gedhe kayak gini,udah ku bawa semua sepedah mbah, pasti kuurus deh sampe sekarang.
    Ku cari-cari juga Foto sepedahnya,gak tau d mana juga…

    Kenangan …
    terlupakan
    d makan jaman
    istirahat tenang
    d dasar malam
    kelam
    seperti sepedah kumbang
    onthel nama lainnya

    BUat semua pecinta sepedah tua, salam kenangan.

  3. ingin rasa hati untuk dapat sekedar mengais ilmu dan tampilkan sepeda ku, namun apadaya….. entah bagaimana caranya, tak adakah seseorang yang dapat membantu. sudah kucoba ikuti berberapa langkah dalam kolom berbagi tapi ah…….. ternyata…. tak tertampilkan juga……. nasibkah….!!!???

  4. MUNGKIN INI YANG NAMANYA KUALAT,…!!???
    (sungguh-sungguh terjadi)

    Pertengahan Mei 2008 ada pak haji mencari seng bekas dengan sepeda onthel jenis betina, aku sangat tidak paham tentang sepeda dan sangat tidak berminat, iseng aku tawar sepedanya, pak haji kebingungan karena satu2nya kendaraan untuk mencari nafkah yang selalu digoes puluhan kilo meter setiap hari demi mencukupi kebutuhan keluarga. Horeee… akhirnya do’i tergiur dengan mas kawin 225.000 yang sengaja ku tukar dalam pecahan 20 ribu dan 10 ribuan kumal agar terlihat buaanyaaak. Singkat kata…, singkat cerita… jadilah kepanjangan kaki pak haji berpindah tangan kepadaku. Sepeda lusuh dan berkarat yang memprihatinkan, hemm…. merk sepeda sudah tiada, stang sudah patri, spakbor renyah sekali di emut juga patah, sistem pengereman pake torpedo, sereemm.. kalo dijual lagi siapa yang mau beli?? kubongkar sepedanya, ku cat ulang pake pilox hitam dop, ku belikan spakbor baru harga 20 ribu, sepasang velg 70 ribu dan ruji yang paling murah. Alhasil tampilannya agak kerenan dikitlah, seminggu setelah renovasi, kucoba pake pagi2 sekali awalnya terasa nikmat walau jadi bahan tertawaaan isteri ku, di perjalanan kubunyikan bel ting…tong… aku kaget serta merta ada ibu gembrot berlari kecil keluar pagar meneriaki ku dari … mas!!!… tahu…. !!! (sialan….!!) sampe rumah langsung kucopot bel nya. Dan sepeda tak pernah kusentuh lagi.

    Dua bulan kemudian aku jalan2 ke sebuah pedesan jauh dari kota ku, tanpa sengaja bertemu dengan tukang revarasi sepeda, dipekarangan ada beberapa sepeda onthel yang sudah berkarat kehujanan, lagi2 ku tipu tu bapak yang gak bisa bahasa indonesia itu, aku bilang mau beli salah satu sepedanya seharga 200.000 buat kerja karna aku gak punya kendaraan dan gaji hanya pas buat makan, bapak itu prihatin dan sepeda disiapkan untuk ku, (jenis laki, kondisi berkarat, merk gak ada, sistem rem torpedo). Sampai rumah aku bingung kenapa aku beli sepeda??? (menyesal..!!!)

    Aku berusaha untuk menikmati, sesekali sepedanya kupake. Dan pura2 bangga,lah… dasarrr…. botakkkk……

    Setelah empat bulan punya sepeda dua biji yang hanya ku taruh begitu saja dihalaman kehujanan dan kepanasan, tidak sengaja aku browsing gratisan dan ketemu milis onthel, wuihh… ternyata onthel banyak penggemarnya, perlahan tapi pasti aku mulai tahu spesifikasi dan kriteria sepeda lawas komplit.

    Pada bulan oktober aku dapat informasi ada kakek-kakek (tapi gak berjenggot) yang mau jual sepeda merk raleigh jenis perempuan pake porseling 3 speed (kelengkapan pas dengan informasi yang kudapat dari internet) seharga 900.000. aku bayar, sekali lagi aku menyesal beli sepeda yang tidak kebutuhanku. Dua jam kemudian setelah sampai rumah aku kembalikan dengan berbohong ada keluarga yang mendadak butuh uang, jadi transaksi dibatalkan, do’i sangat kecewa walau tidak terucapkan mungkin uang hasil penjualan sepeda itu sangat berguna bagi beliau.

    Sialan kenapa aku ditarik ulur oleh sepeda???
    Seminggu kemudian aku dapat info lagi ada yang mau jual sepeda “ngecik” (istilah di mataram untuk sepeda pake porseling) lagi2 aku di “gendam” oleh sepeda, ku lacak informasinya, alhasil sepedanya ku lamar seharga 1,2 juta tu….naiiii…, merk valuas-holland, seri S1 5 009 (ada spasi nya) bel double dome, lampu+dinamo bosch, pake kunci leher, velg dunlop-england, boncengan dan standar koba, porseling dan tromol depan sturmey archer, sadel terry-england, lampu belakang kayak punya gazelle ada tulisan valuas-holland, ban sudah lengket dengan velg. Waktu dapat kondisinya lusuh walau cat masih ada 70% sisanya sudah tampak cat dasar warna merah tembaga,

    Kali ini isteri ku marah. Dan aku kembali menyesal……ya, nasib……
    Esoknya harinya aku bolos kerja sengaja buat membersihkan sepeda agar sedikit terhibur, seharian aku sibuk sendirian dengan sepeda, ku mandikan (tapi gak pake kembang tujuh rupa…), ban kuganti baru warna putih yang crom ku gosok. Masya Allah setelah kuperhatikan di seluruh badan sepeda yang ada cat seperti ada lilinnya sepeda sangat mengkilap dan kucoba goes porseling dan rem nya berfungsi dengan baik. kring…. kring… goess…goess…

    Sehabis sholat magrib aku duduk diteras memperhatikan sepeda sampai jam tiga malam…. Weleh… wewlwelehh… Esok harinya kucoba pake kekantor, teman2 semua tertawa, tapi aku merasakan kenikmatan tiada tara, sumpah seumur hidup baru kali ini aku merasakan “hidup” esoknya ku pake lagi dan kupake lagi, tak terasa sudah 3 bulan aku setiap hari kemana2 pake sepeda dan akan terus bersepeda, aku benar2 lupa bahwa aku punya mio soul dan mobil sedan (ini benar2 terjadi, aku harus beli aki baru karena tiga bulan mobil tidak pernah dihidupkan, kalo motor sering dipake isteri ku) dan yang anehnya setiap malam sampai detik tulisan ini kubuat aku tak pernah berhenti mengagumi sepeda valuas kesayangan ku (mungkin aku sudah gila atau kualat, entahlah…). Beberapa kali ditawarkan sepeda humber, raleigh, bahkan batavus dengan kondisi lengkap istimewa dengan harga amat sangat murah, tapi anehnya aku tak pernah tertarik lagi. Valuas ku pernah ditawar 3,5 juta dan aku “teguh” akan kuwariskan untuk anak laki-laki pertama ku (Andrian Vaio Raja Tasti) , semoga valuas ku berguna bagi bangsa, negara. Rencana ulang tahun ku ke 34 bulan pebruari akan ku goes valuas ku dari mataram ke bali,… biar vuassss… mohon do’a restu.

    Mataram, 16 januari 2008

  5. om,…. bantu dong pic onthel kami di mataram bisa di tampilkan di sini…. nanti picnya kita siapkan, aku dah coba2 buat blog onthelmataram.wordpress.com.. trims banget

  6. mas Tomi mataram mana nich…. di Lombok ya… aku juga punya Valuas tapi nggak ngerti mana saja onderdil yang asli atau tidaknya….kalau di mataram Lombok, aku pernah sekolah disana selama 5 th.. kemana saya bisa kumunikasi dg mas tomi… demi Valuas yang asing……

  7. @om satya,
    saya yakin banyak sekali pemilik valuas yang kangen untuk mengenal kelengkapan originalitas dan asal usul tentang valuas, namun datanya sangat-sangat minim, paling2 valuas beredar didaratan sumatera (aceh) titik. padahal di lombok ada bebarapa valuas yang masih dimiliki dari kalangan konglomerat jadul dan dapat diyakini dibeli oleh tangan pertama, rata2 yang sekarang masih dipegang oleh generasi ketiga keluarga tersebut namun saya masih meraba spesifikasinya walau beberapa valuas-valuas tersebut dimilki oleh orang dan waktu yang sangat berbeda, yang unik kelengkapannya hampir 80% sama. dalam waktu dekat saya akan coba upload gambar beberapa valuas itu, dan saya yakin banyak teman onthelis yang tertawa renyah, mungkin sebagai bahan awal emblem valuas ternyata ada dua jenis yang pertama “valuas-venlo holland” dan yang kedua “valuas model holland”. bahan dasar emblem berbeda walau frame dan spakbor sama (khas sepeda belanda dengan lenkung diujung spakbor) tapi pada valuas model holland seri terdapat pada frame vertikal dengan tata letak abjad yang unik sedangkan valuas-venlo terdapat di bawah sadel dengan kode seperti kebanyakan sepeda jadul. baik inggris, belanda india dsb.

    bisa kontak saya di 08175712174
    semoga dengan komunikasi di milis dan bantuan semua ontheler ini valuas ontheler dapat mengobati demamnya. trim’s

  8. akhirnya.. dapat juga ku lacak para pecinta onthel ber emblem valuas.. fiuh.. tiap nge-net ga bosan2 ku kulik onthel valuas ini.. aku punya 1 valuas dames(betina) warisan nenek.. sepeda ini udah lama ku lihat sedari kecil dulu tiap mudik ke kampung. maklum nenek ku udah merantau sedari 1973 meninggalkan kampung halaman, rumah di kampung hanya kosong dan paling di bersihkan tiap kali mudik lebaran.. kasihan sepeda hanya tergolek berpuluh tahun. tak tega 2008 akhir aku memboyongnya dan di bersihkan.. sungguh takjub sepeda di bersihkan dengan minyak tanah campur minyak mesin jait menjadi kinclong.. cat aslinya masih utuh cuman sayang ban-nya udah hancur dimakan usia.. aku semakin mencintai valuas ku. tak terasa sudah ada 2 sepeda tambahan hasil pencarian ku demi keberadaan sepeda onthel yang semakin langka.. merk relaigh dan valuas lg. tak lebih dari 200rb ku beli..
    “a boy and their toys..”
    selamat kan onthel dari loakan besi tua……

  9. Allow semua salam ontel ya

    Pak numpang tanya dong kepada seluruh master ontelis di jagad raya ini, karena saya orang baru sekaligus awam di bidang ontelis maka saya minta petunjuknya dari para master ontelis …
    dengan segala hormat,
    di rumah ada sepeda humber dengan kode CD 6151 kira2 kapan ya tahun lahirnya?
    Trus velg depan ko mereknya berbau japan ya klo velg yg belakang mah dunlop gtu?
    Semua teromolnya merk Sturmey archer dan yg di belakang ada pindah giginya yang 3 speed, pedalnya merk raleigh apa punyaku masih origin ya?
    dinamo ma lampu depan merek mbah bosch…
    ini sepeda kan turunan dari mbah saya tp kata anak2nya belum ada yang ada di ganti tp ko mereknya bermacam2 ya?
    Tolong mohon bantuannya kepada para master ontelis untuk dapat memberikan pencerahanya…
    Atas segala perhatian dan bantuanya saya ucapkan banyak terima kasih….
    ato hub. di emailku adin_mail@yahoo.com

    salam ontel
    adin

  10. cuy cuy numpang tanya kalo harga speda gold crown rapa ?tmen ku ad yang nawarin kondisinya lumayan,cat orisinal,tdk pakai perseneling,batangan laki,oh y g pake sadel n boncengan belakang

  11. ha…….haaaaaaaaaaaa………………..haaaa…..senangnya dapet teman senasip ….. sebenarnya memang paling enak kalo pagi…naik sepeda keliling taman mini. serasa keliling nusantara. Udah banyak juga kok yg ngumpul disana.

    cuman nasipku tragis setiap mau dorong sepeda minggu pagi …istri udah ngomel protes…lha…gimana engak …kalo jalan2 ketaman mini ..lebih milih ngajak sepedanya ketimbang istrinya he…..he

    Mas Alex Piye….kabareee…sue ora kopi darat ki Mas

    Laexs : InsyaALLAH minggu besok mas ..ketemu di ultah BOS

  12. Cerita haa…haaa dalam onthel
    Setelah 5 th mendekam dipenjara akhirnya bebas…ketika tiba di rumah langsung minta “hem-hem” ke istrinya, istrinya menolak krn lg menstruasi..karena saking sayangnya istrinya ngasih duit 5oo rb utk jajan dengan wanita lain..keesokan harinya itrinya nanya gimana sudah dapet? lalu dia jwb sudah..dengan siapa? siti tetangga kita.tiba2 istrinya marah ..mahal2 amat segitu ,emang iya dikasihkan semua..knapa? sy aja ndak dibayar kalo maen dengan suaminya..hha..haaa—rupanya selama dipenjara istrinya selingkuh dengan suaminnya siti. haaa..haaa..

  13. @ Hi KGB,

    Are you Russian? No problem, you are going to have lots friend in Indonesia and if you visit Indo, you will be surprised to see many old bike communities, we shall welcome you here…

  14. Branjangkawat,I take an interest cross frame bicycle. or not am I have sought it from this place ? , thank for reaching sees [ praise ] ,

  15. @KGB, how many old bicycle do you have? you must be a collector there

    need an advise? ……………(speechless)

  16. setelah kubaca-baca di forum ini, saya jadi ingin ikut cerita tentang sepeda onthel. salam kenal…, saya dari kota Sukabumi-Jawa Barat ingin memberitahukan bahwa di Kota saya juga ada perkumpulan sepeda onthel, kebetulan saya menjadi salah satu pengurusnya. dikota sukabumi ini baru satu grup sepeda onthel dengan nama SOC ( Soekaboemi Onthel Community ) tolong dong gimana caranya biar group sayah bisa bertahan seperti kalian…? soalnya akhir-akhir ini para anggotaku sedikit kurang konsisten…, mungkin ada trik-trik biar para anggotaku bisa bertahan lama seperti dulu lagi… hatur nuhun sateuacanna.. ( thank’s )

  17. FONGERSKU SAYANG KEKASIHKU MELAYANG

    Berawal dari perjalananku ke sebuah kota d jw barat kala itu aku mengadakan sillaturahmi ke rmh sahabat,disitu aku melihat sebuah sepeda dames merk fongers sedang di tuntun oleh seorang petani,lantas kakiku bergegas lari untuk menghampiri sepeda tersebut,lalun kutanyakan pada si pemilik sepeda tersebut,
    apakah anda akan menjual sepeda tersebut,
    dia menjwb ia,
    berapa anda akan jual
    500 rb
    tanpa pikir panjang langsung kubayar sepeda tersebut&di saat yang sama kekasih ku menelpon untuk dibelikan sesuatu dari perjalananku,bberhubung ung ku sudah habis demi untuk mendapatkan fongers trsbt,setibad jkt kekasih ku menanyakan ap yang tlh dmnta nya,dy marah & dy mmbrkan aku pilihan,pilih aku/sepedamu itu,lalu kupilih sepeda fongers

  18. Sekilas tentang sepeda HUMBER

    HUMBER adalah merk sepeda dari Inggris dibuat oleh pabrik mobil HUMBER sekitar 1880-an Salah satu jenisnya adalah HUMBER Sport 3-speed, salah satu ciri khasnya adalah desain fork yang tidak biasa yang disebut “Duplex” dimana di kedua sisi rodanya terdapat dua besi berbentuk bulat panjang secara terpisah, dan gaya gear depan yang mempunyai bentuk sosok lima orang. Pada tahun 1896 HUMBER & Co. mengeluarkan sepeda berkerangka berbentuk intan (diamond frame) yang pertama dan kelak menjadi standar bagi sepeda-sepeda mendatang. Sekitar tahun 1932 perusahaan ini dijual ke RALEIGH yang selanjutnya meneruskan produksi masih dengan merk HUMBER sampai tahun 1970.

    Saya kebetulan punya sepeda merk HUMBER juga dengan nomer seri BW 94068 hanya sampai sekarang belum tahu tahun pembuatannya. Setahu saya ada 2 model. Model yang pertama biasa tanpa kunci stang, model yang kedua dengan kunci stang yang menyerupai sepeda merk RALEIGH, untuk ciri-ciri yang lain tidak ada sesuatu yang mencolok. Nah dari situ mungkin bisa di simpulkan HUMBER sebelum dan sesudah di beli oleh RALEIGH.

    Saya mohon maaf bila terdapat kekurangan, penambahan informasi tentang sepeda ini akan sangat diharapkan untuk melengkapi pengetahuan tentang sepeda tua terutama merk HUMBER.

    Nb : foto2 bisa di liat di stola07.wordpress.com

  19. Mas2…..aku ntes wae tuku Gazelle….yen menurutku yo muraaaah banget….ga ono 5jt. tapi pedal kro kingkringan ga ori…yo rak popo…tapi aku bingunge ning no. seri-ne…yen ning surat/kwitansi PPS-e…tertulis 126511…trus tak delok ning database-e herbert kuhner….ning kono metu sepedaku gawean tahun 1917….aku rodo rak mantep…sebab sepedaku cat isih ori kondisi mayan apik….tapi jarene sing dodol (kebetulan pak haji isih sedulur), jare sing bener no.seri-ne 7 digit alias dadine 1126511….mergo sing no. siji awal cat-e wis nglotok dadi siji-ne rodo ga ketok…

    aku yo yen tak amati memang koyone 7 digit mergo tak usap emang ono dekoan kyo ongko siji…..trus tak delok ning database herbert kuhner sepedaku gawean tahun 1955….kyone yo iki rodo mantebku….yen bener seri 11….wah yo ketiban pulung tenen aku…seri 11 oleh sak ngisore 5 jt……tapi gelone aku digawekke kuitansi PPs sing anyar no.seri-ne dicatet 126511…nak menurut smpeyan2 pye???

    Ach…tapi rak po2,…sepeda iki arep tak nggo klangenan wae ora arep tak dol…arep tak wariske anak putu….mergo aku nganti nguras tabunganku sampe kentean duit aku….

    eh, yen tak amati ning daerahku emang pit unto/ontel kuno isih rodo murah dibanding daerah pantura liyo kyo pekalongan po semarang opo meneh jogja….lha wong bakul2 pekalongan po daerah liyo wae yen golek barang ning kendal….koncoku sing biasane nyuplai klitikan kuno2…aku ngetes takon gir karo rotel gazelle asli ning pekalongan wae njalue 300-400an…lha kancaku malah pengen didol 200….trus meneh Pit2 apik ning kendal wis rodo longko, do dikose’i bakul2 luar kota…pit2 kuno kendal roto2 mlayune luar kota kabeh….

    wah…wah….khazanah kekayaan budaya dan tradisi era kolonial di kendal sudah mulai habis….suk yen aku dadi Bupati arep gawe Perda anti penjualan barang antik ke luar daerah….ugo arep gawe museum sepeda kuno ning Kendal…..Dongakke wae yo kang…..Salam soko cah kene omahe kono….Kendal…..

  20. Wah jadi kepingin nih sepeda2 tua seperti ini
    sayang mahal2 juga ya

    Salam kenal & selamat nggowes selalu
    Purwadi
    Grosir Sepatu Safety
    grosirsepatusafety.wordpress.com
    0811773163

  21. Yah! ingatanku sampai saat ini tidak akan lupa Bagaimana Bapakku dengan bergaya naik sepeda ngebut sambil lepas tangan sedangkan aku berpegangan kuat – kuat di jok belakangnya. Orang -orang yang melihatnya semakin bersemangat memberikan aplaus kepada Bapak saya dan semakin jadi Bapakku mengayuh sepedanya dengan kencang sambil lepas tangan dan anehnya aku bukannya ketakutan karena begitu kencangnya sepeda di kayuh, eh malah senang banget tidak ada rasa takut jatuh atau sepeda menabrak. Kulihat Bapakku semakin menjadi-jadi begitu mendapat aplaus dan tepukan tangan dari orang-orang yang menontonnya. Hore!!!, lepas tangan lagi dong, begitu teriakan orang yang menonton. Yah! itulah 40 tahun yang lalu ketika akau masih kecil, kenangan itu selalu kuingat di bulan puasa sehabis makan sahur dan setelah sholat subuh Bapakku mengleluarkan sepeda dengan merek phonixnya mengajak aku ngabuburit jalan-jalan dengan sepedanya, tapi kini semua tinggal kenangan yang tak pernah terlupakan karna Bapakku dan sepedanya kini sudah berjalan menuju Tuhannya. Ya, Allah ampunilah dosa-dosanya, lapangkan kuburnya, terimalah amal solehnya, Amin.

  22. hallo sahabat onthel,.,.
    sy lg bingung ne bantuin dong,.,.
    kemarin sy beli onthel master bodi kropos semua,,.pusing ne
    bengkel onthel gk ada, sparepart sulit ,.,.
    pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing,.,.,.,
    harus gmn lg.,.,.,

  23. Om, saya punya sepeda ontel yang sudah tidak ada paneng/merknya. No rangkanya BY 10730, kira-kira produksi negara mana dan tahun berapa ya? Terimakasih informasinya….

  24. Saya dan suami dipindahkan ke jakarta oleh kantor. Dan di hari-hari terakhir di Jogya, kami berniatan mencari sepeda onthel untuk dibawa ke jakarta. Di hari itu, kami mendapatkan 2 sepeda onthel, hercules dames dan phillips heren dari 2 tempat berbeda.

    Sepeda Phillips heren kami beli dari Toko Mirota, tepat di hari pertama Konferensi KOSTI di Jogya, hari Sabtu pagi 26 feb 2011. Kami sangat beruntung, karena selang 1 jam setelah kami memboyong sepeda tersebut ke Kantor Herona di stasiun Tugu, ketika kami kembali mengunjungi Toko Mirota depan Benteng, ternyata sepeda-sepeda onthel lainnya diborong oleh peserta konferensi KOSTI. Ya maklum karena harganya yang cuman Rp. 700.000.

    Entah bagaimana, ketika malam harinya, saya terus mimpi seram. Dan yang saya ingat, melihat roh berwarna merah yang mengayuh sepeda dari arah kraton ke tempat tinggal saya di jogya. Ketika dilihat dari dekat, roh tersebut menggunakan sepeda onthel dan sekujur tubuhnya menyala spt api. Roh tersebut seperti sedang mencari sepeda onthel yang sudah kami kirimkan ke jakarta. ya maklum, salah satu sepeda onthel yang dibeli, berasal dari Toko Mirota, yang kerap membakar kemenyan.

  25. cerita yang inspiratif, asik lagi kalo cerita ini bisa diteruskan besok pas acara di jombang….mudah mudahan bisa hadir semua ya… biar ketemu scr langsung, sambil cerita dan minum kopi ketenu silaturrahmi …
    slam kenal

  26. salam onthelis…
    Saya punya 2 valuas, satu Dames ( warisan mertua ), satunya Heren ( hasil buruan karena pengin tak jodohkan dengan yang Dames ), keduanya sama2 “Valuas Venlo Holland”. Hanya saja yang Heren ( no. seri C 8058, rem terpedo ) emblemnya terbuat dari bahan kuningan, sedang yang Dames ( rem tromol, as kroncong, no serinya belum kebaca karena ketutup akibat repaint warna hitam, padahal aslinya warna hijau… kata mertua ) emblemnya dari bahan alumunium.
    Kapan diproduksi serta literatur untuk kedua “Valuas Venlo Holland” saya. ( jika berkenan untuk foto detail kedua valuas silahkan kirim ke email saya : simopati46@gmail.com )

    Kepada teman2 onthelis mohon pencerahannya… dan terima kasih sebelumnya…

  27. KOBA OH KOBA
    KOBA sekarang memang agak lain dari kebiasaan dulu waktu masih ada Alm Bang John. Dulu betapa kompaknya anggota KOBA, dengan siapa saja pasti kenal tua maupun muda, waktu itu betapa bangganya menjadi anggota KOBA bahkan siapa saja orang ontel yang belum menjadi anggota KOBA kita anjurkan kalau bisa ikut KOBA. Tapi kini keakraban anggota KOBA hanya untuk segelintir anggota yang aktif atau yang sering ikut aktif pergi ke luar kota. Sekarang saya sudah tidak bangga lagi dengan KOBA, bahkan ada yang ingin gabung degan KOBA saya anjurkan jangan ikut, karena KOBA hanya pilih-pilih orang yang akan ikut serta kegiatan.

  28. Valuas Rijwielfabriek Valuas, Jac. Franssen, Venlo, Belanda Franssen, Jac. Venlo 1906/04/12

    Valuas Rijwielfabriek Valuas, Jac. Franssen & Sons, Venlo, Belanda Franssen & Sons, Jac. Venlo 1926/04/08 1906/04/12

    Valuas Rijwielfabriek Valuas, Jac. Franssen & Sons, Venlo, Belanda Franssen & Sons, Jac. Venlo, Helbeek 26 Straelscheweg 19, 21 dan 2 1946/04/01 1906/04/12

    kalau mau lengkapnya http://archive-nl.com/nl/o/oudefiets.nl/2013-03-04_1546329_4/Vereniging_De_Oude_Fiets/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s