Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘lampu’ Category

LAMPU BIKIN NGILER….

Rekan -rekan Onthel tercinta ,

Sebagai bentuk kepedulian buat rekan rekan , yang selalu ngontak saya dan menanyakan tentang lampu karbite dan lampu minyak .
Ini ada beberapa foto yang bisa saya kirimkan kepada para pencinta onthel , istilah P.Rashid dari negara jiran sebagai ” MENJAMU MATA “
dan bisa sebagai panduan temen-temen dalam hunting barang tua khususnya lampu2 antik.
Sebenarnya saya ada beberapa lampu lagi yang belum sempat saya foto dan dari total lampu yang ada jumlahnya hampir 100 buah , dan sebagian ada yang
kembar dua , tiga , bahkan lebih , bahan bakarnya ada yang karbit , minyak tanah ,lilin , negara pembuatan German , Holland , Prancis , England , USA ,tahun pembuatan nya yang tertua dari 1895 -sampai dengan 1930.

Biasanya bahan dasar lampu terbuat dari plat kuningan yang dilapisi kroom (umumnya ) , tembaga , aluminium ,seng dan kombinasi dari bahan tersebut juga ada.
Lampu tersebut banyak menyebar ke daerah – daerah di seluruh tanah air seperti di Sumatra , Kalimantan selatan ( banyak buatan England -Lucas ) , Jawa ( Mungkin ini paling banyak jumlah populasinya dari yg buatan England, belanda, amerika,belgia,german dll) juga Sulawesi Utara ( Manado ) cukup banyak yang buatan belanda , belgia dan german , barang sebagian besar tidak utuh , tapi banyak yang aneh-aneh bentuknya dan yang menarik ada juga dari Timor timor (kebanyakan lampu Prancis , bahan bakar lilin ), dari Sumatera ( buatan USA , England juga banyak terutama yang bahan bakar minyak tanah merk Miller , Powel & Hummer , selain Joshep Lucas) .

Para peminat lampu-lampu tersebut bukan hanya ontelis saja tapi banyak juga temen-temen dari motor tua dan kolektor barang antik yang memburunya seperti EX kolektor motor tua ,meski gak punya satu sepeda onthel pun tapi sudah ngumpulin lampu sejak tahun 1960 an . Saran saya apabila ingin mempunyai lampu-lampu seperti itu banyak-banyak lah cari informasi ke sesama temen-temen komunitas dan kalau mau yang cepat cara mendapatkannya datang saja ke toko barang antik.

Demikian dulu dari saya, mudah-mudahan bermanfaat

Salam onthel

YUDI
Marcopolo Antique.
081328057396
Yogyakarta

Iklan

Read Full Post »

SIMPLEX 302164

Para pemerhati onthel,

tolong diberikan masukan kepada sepeda simplex saya, khususnya di sektor rem depan, kontruksinya agak unik atau kah terbalik memasangnya ?

copy-of-dscf3793.jpg

dari samping kanan

(lebih…)

Read Full Post »

KOLEKSI LAMPU NARUTO

Yth. Saudaraku para Onthelis

Se Nusantara.

Pada saat saya “mengenal” sepeda (9 bulan yang lalu) saya tidak percaya ada lampu sepeda yang menggunakan lilin, minyak bahkan karbit yang dibuat pada tahun 1900 an, Namun ketika saya buka referensi ternyata memang ada dan saya sangat terkesima dibuatnya, Sejak saat itu dimulailah perburuan saya untuk mendapatkan lampu karbit tersebut disamping sepeda itu sendiri tentunya, Sampai saat ini sudah ada 20 an buah lampu karbit yang saya koleksi diantaranya ada 15 buah lampu berikut ini yang merk atau bentuknya berbeda.

Demikian informasinya mari kita jaga asset bangsa ini untuk diwariskan ke anak cucu kita.

Wasalam.

Dari Sunarto (Naruto_OGB) Palangka Raya

lampu-karbit.jpg

Read Full Post »

COBRA MEMATUK CHUMBERLAIN

 

Temen-temen yang baik,
Saya kemarin menelusuri sebuah kampung di Tulung Agung ( Jatim )
melihat sebuah “Cobra” nangkring di sepeda lawas yg labelnya
CHUMBERLAIN

Teman………,
Bolehkah aku mohon pendapat tentang sepeda ini ??????
Buatan mana……Tahun berapa……dan…………….
Tingkat ke “Original” annya dan peralatan yang menyertainya………….Terima Kasih Teman….

salam
Eddy Susanto <goes_sus@yahoo.com>

 

Read Full Post »

LAMPU ANTIK

LAMPU SEPEDA

Pandemen,

Salam ontel ………….. ini saya ada kirim gambar lampu (karbit / minyak) yang biasa dipakai di sepeda – sepeda yang antik – antik. sementara ini saya pasang di sepedaku simplek cycloid & di sepeda BSA tapi yang ukuran 65 (tinggi sekali). tq
(lebih…)

Read Full Post »

LAMPU MEREM-MELEK

LAMPU MEREM-MELEK

Selamat siang ……

Lampu ini merknya LUCAS, agak aneh / jarang ditemui karena ada tutupnya kaca (bisa dibuka dan ditutup istilah jowone “merem-melek”). Biasanya dipakai sepeda yg merk RUDGE TUA (yg bentuk slebor, katengkasnya aneh, belum pakai las, semuanya serba pakai BAUT )
(lebih…)

Read Full Post »

Lampu antik lagi nih…

lampuuntuk menambah wawasan ditampilin lagi nih lampu minyak merk Lucas Silverking keluaran Birmingham England… selamat menikmati

-nn-

(lebih…)

Read Full Post »

Older Posts »