Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘raleigh’ Category

13178836_1001113069982013_5626491389354490031_n

Entah siapa yang memulai menyebut raliegh “ gondel” sebagai raliegh tourist ? Gondel sendiri disematkan untuk sepeda yang memiliki kunci stir di tube.

(lebih…)

Read Full Post »

13151962_995258033900850_1592494525891841606_n

Menarik untuk diperbincangkan , karena banyak yang bertanya dan bingung dengan berbagai info yang saling bertentangan .

hal ini terkait pemakian GIR depan / Chainwhell pada raliegh , ada yang menggunakan kepala buruh dan hanya lingkaran saja .

(lebih…)

Read Full Post »

Dari jauh Sedulur onthel akan menebak dengan cepat jika melihat stang dalam album ini , stang dengan kontruksi handle rem yang menusuk pada tabung stang . Tebakan yang muncul akan bilang ini stang simplex , atau kalau tidak terperangkap belanda dan inggris akan bilang stang bianchi .
memang tidak salah tebakan tersebut , lumrah dan faktual. karena sering kali pengetahuan kita , sebatas mata memandang .
Ternyata raleigh , lebih dulu menggunakan model stang “menusuk ” tersebut dari pada simplex,
dalam foto album sangat jelas, katalog 1916 , model stang yang handle nya menusuk dalam tabung mereka tulis “…Concealed inthe handle bar..”tersembunyi/ menusuk tabung.

 

13096169_992656667494320_4600307797482865021_n (lebih…)

Read Full Post »

Salam Onthel….

Stang dengan kontruksi tuas rem masuk kedalam batang stang seperti biasa kita lihat di sepeda simplex cycloide, sepeda germany dan sepeda italia ternyata pabrikan england pun membuatnya.

Pabrikan  sepeda tersebut adalah  Raleigh Industries mereka memproduksi varian sepeda Raleigh dengan kontruksi rem seperti itu..

Yang jadi pertanyaan adalah siapakah negara  yang pertama kali menggunakan tehnologi sistem rem sepeda tersebut ,England, holland atau Italia ?

Sebagai referensi, berikut ini sepeda koleksi dari temen di thailand.

(lebih…)

Read Full Post »

Epsd : RALEIGH GENT 65

Salam Onthel buat semua…

Om Admin, saya mau sedikit berbagi dengan teman-teman di WIWINAKED tentang sepeda Raleigh 65 saya ini. Ada sedikit cerita mengenai sepeda ini, karena dalam proses  mendapatkan sepedanya tidak sengaja. Pada suatu pagi, hari selasa pas bertepatan tanggal merah saya kok tiba2 terbesit keinginan  utk pergi ke Mall rongsok / tukang loak dekat rumah , niatan  dlm hati sih barangkali nemu barang2 yg aneh…setelah pilah-pilih barang ternyata hanya satu yg menarik perhatian saya adalah 1 mesin mazda 600 cc tp setelah tanya harga terlalu mahal….akhirnya sy pulang.

Dalam perjalanan pulang tiba-tiba mata saya tertuju pada bapak2 yg sedang membersihkan sepedanya…secara kasat mata dari penampakannya sudah mengoda keinginan saya untuk putar balik dan menanyakannya. Setelah melakukan basa basi sedikit.. akhirnya terkuaklah status sepeda tsb. Ternyata sepeda tersebut milik Pak haji pemilik  tempat /tanah si bapak,  karena penasaran saya tanya ” Di jual ga pak sepedanya “? ga tau mas coba tanya ke pak Haji langsung aja. ..tanpa di minta si bpk memberikan no tlp pak haji..Akhirnya sy tlp tanya ttg sepeda tersebut , “apa sepeda itu mau di jual pak haji.? di sebrang tlp pak haji bilang kalau sepeda itu sebenarnya hanya mau di bersihkan saja karena sudah 10 tahun dongkrok di gudang tapi ..( nah ini yg di tunggu ada tapinya)..kalau ada yg mau dan harganya cocok saya jual..”AHA….ada kesempatan pikir saya.

Tanpa ada paksaan mau pun tekanan saya minta ketemu pak haji pada sore harinya.  Begitu sore harinya saya ketemu dengan pak haji dan beliau menceritakan pertama kali sepeda ini di beli oleh pak haji pada tahun 2000 di toko antik china di daerah kota jakarta barat dengan kondisi sepedanya di gantung, sebenarnya pak haji beli sepeda dengan terpaksa karena tujuan utama pak haji  mau beli barang antik si Nkoh2 yg punya toko tp si Nkoh  mau melepas barang itu dengan syarat harus beli sepedanya..yah mau ga mau kata pak haji di beli juga sepedanya walaupun bagi dia ukuran sepedanya terlalu tinggi.

Kembali ke tangtop..setelah ngalor ngidul bercerita sampailah pada bembicaraan harga dari harga yg pak haji tawarkan masih terlalu mahal saya mencoba nego berbagai alasan di gunakan, saya bilang sy baru mau punya sepeda onthel, saya juga bilang daripada ga dirawat saya rawatin, sampai menggnakan alasan karena liat onthel jd inget kakek dulu waktu kecil sering di boncengin…tentunya dengan pasang wajah memelas ( Maaf ya pak haji kalau saya berbohong..habis kasih harganya mahal sih..he..he) tp sialnya semua alasan tersebut ga mempan..waduh..pak haji tau kali ya sy ga bisa boong….akhirnya saya keluarkan jurus pamungkas , Saya bilang kalau harganya ga mau kurang saya mau mogok makan ( yg ini boong..he.he) tp akhirnya saya bilang saya mampu hanya sekian kalau ga mau ya berarti blm jodoh sambil pura2 mau pulang..( dalam hati ayo dong dipanggil ) eh..akhirnya pak haji pun luluh dan dapat discont tp pake embel2 lebihin deh sedikit buat bpknya yg bersihin sepeda..yah…ada buntutya.

Alhamdullillah akhirnya sepeda berpindah tangan…Pak Haji berpesan pada saya tolong jangan di cat sepedanya, tolong di rawat ya dan juga jangan di Jual.

Temen-temen onthelis “Mencari sepeda itu dipengaruhi faktor  jodoh-jodohan dan faktor keberuntungan” ..sekedar info bahwa sebelum saya ternyata sudah ada 5 orang yg menanyakan sepeda ini rata2 mereka suka tp dengan alasan ukurannya terlalu tinggi mereka mengurungkan niatnya.

(lebih…)

Read Full Post »

siang om ADMIN…

saya widhi domisili di yogya

sudah satu tahun ini saya dapet raleigh dengan nomor seri “AU 7006” ini …AU ah gelap kali yaa..he..he,Sepeda tersebut seminggu 2 kali saya bawa kantor dan sangat nyaman di gowesnya.

mohon pencerahan dari pakar & teman – teman onthelis apa yang harus saya tambahkan atau yang kurang pantas dari sepeda tersebut sehingga sepeda tersebut sesuai dengan kodratnya. Kira-kira tahun berapa sepeda ini di buat ?

mbah roko ditunggu koment nya…

trima kasih

widoel-ygk

# Berikut foto2 dari sepeda saya, apabi;a kurang lengkap mohon maaf.


Emblem Raleigh
(lebih…)

Read Full Post »

THE RALEIGH MARRIED

kepada yth : mas bahtiar,kang tatang,dan mas laexs

salam sepeda,
ini saya mencoba mengirimkan file berisi cerita tentang sepeda raleigh ku yang sengaja aku “kawinkan” mudah mudahan dapat berguna bagi temen temen sepeda di Indonesia ,sapa tau nanti sepedanya dapat beranak pinak….,he he
tolong di uploadkan di sepeda.wordpress ya mas, biar temen temen bisa kasih tau informasi balik ke aku,thnks.

2.jpg
(lebih…)

Read Full Post »

Older Posts »