Berbagi

NULISSitus ini dibuat untuk mewadahi apresiasi penggemar sepeda di seluruh jagad maya. Siapapun anda dapat berpartisipasi dalam situs ini, dengan :

    1. menulis dan mem-foto sepeda anda, kirim ke
      • laexs@yahoo.com
      • dimas_nino@yahoo.com
      • tigadekade@yahoo.com
      • kang_tatank@yahoo.com
      • bahtiar@gmail.com

Atau

  1. Gratis daftar di www.blogspot.com
  2. Gratis pula daftar di http://wordpress.com/ maka anda akan punya situs dan mempublikasikan sepeda anda dengan sendirinya, bila belum tercantum silahkan tulis di form komen di bawah ini :

565 thoughts on “Berbagi

  1. mau tanya…. Ontel club Tangerang udah ada web nya blom..no telp yang ada disitu ga nyambung..
    aku mau gabung..tapi ontel ku bukan buatan eropa..soalnya kalo aku liat club ontel semua pake pabrikan eropa..gimana kalo buatan china..(Flying Piogeon).
    apa diterima untuk gabung…
    makasih…

  2. mas Adi, sepeda merek apapun nggak masalah selama masih bisa dikayuh..hanya perbedaanya bukan masalah eropa dan tidaknya tapi untuk sebagian orang barang lama itu punya daya tarik tersendiri, kebetulan barang lama kebanyakan buatan eropa (kebanyakan dari Belanda, Jerman dan Inggris) kalau yg sekarang-sekarang kan pabrikan china dan lokalan itu sendiri. dan itu mudah didapat nah disini seninya barang lama yang sukar didapat apalagi yang kondisinya ‘lengkap'(red:sirinilan).

  3. Betul kata mr,t mas adi ga usah minder kalo mau gabung ke komunitas, banyak kok temen2 di komunitas yg pake sepeda buatan china. Justru temen2 yang baru gabung itu kadang bisa lebih gila dari temen2 yang lama. sebagai contoh ada salah satu anggota komunitas yang pertama kali datang mengunakan sepeda buatan china lama kelamaan dia belajar seluk beluk tentang sepeda sekarang sepedanya sudah 26 buah..jadi intinya ga usah minder dan malu untuk bergabung.

  4. betul, setuju sama om2 no. 7 & 8
    salam kenal sebelumnya buat mas2 semua
    agak tersentil juga nih, kalo kita perhatiin sepeda2 yg ditampilin oleh mas2 admin di blog ini oleh pemiliknya biasanya adalah sepeda yg masuk kategori mahal dan collector item…sedikit banyak ini berpengaruh buat teman2 lain yg baru mo coba menggemari sepeda, karena harga sepeda yg mahal mungkin jadi halangan.
    PADAHAL, ngga semua sepeda ontel itu mahal, karena ada juga yg harganya relatif murah (dengan kondisi tertentu), dan itu ngga ngurangi beberapa teman yg punya “sepeda murah” untuk bergabung dengan komunitas.
    contohnya adalah saya sendiri,saya baru gabung dgn komunitas baru beberapa bulan ini sepeda yg saya punya sepeda biasa2 aja, harganya (maaf) ngga mahal (di bawah 500rb), tp cueks aja tuh kumpul sama teman2 di penggemar ontel.
    Para pengurus dan senior klub juga tdk menjaga jarak dengan yuniornya hanya berdasarkan anak lama atau anak baru atau sepeda mahal sepeda murah atau sepeda eropa sepeda china…yg penting bagaimana kita bisa membawa diri dengan teman2 di komunitas, alhamdulillah saya bisa bergabung dengan salah satu komunitas di kota saya yg kondisinya memang seperti itu (tdk ada diskriminasi).
    mungkin mas2 di admin nanti bisa nampilin sepeda yg lebih “merakyat”
    rahmat

    Thanks mas atas sarannya. Mengenai sepeda yg kita upload di blog, ini adalah berdasarkan email yang masuk ke kita, tapi sebenarnya tidak semua sepeda yang kita upload adalah sepeda mahal seperti contoh ada di ( sini). mungkin kebetulan belakangan ini email yang masuk ke kita adalah sepeda2 yang mempunyai harga sedikit lebih mahal. Untuk itu bagi teman2 yang mempunyai sepeda kesayangan ( Ga perlu sepeda mahal) atau gambar yang berhubungan dengan sepeda silahkan kirim ke sini.thanks

  5. mas rahmat… tidak semua sepeda yang tampil di blog ini mahal dan masuk kategori Collector item. contohnya sepeda saya, Noni cuma saya beli dengan harga 300rb (itupun masih ditambah bonus onderdil vespa yg kalo dihitung setengah dari harga tsb), dan istri saya pun memakai sepeda oleh2 dari pangandaran yang cuma seharga 150rb dan dipakai tiap minggu ke bunderan HI
    jadi ga perlu minder lhaaaa 😉

  6. setuju, bahkan ada orang yang saking ngebetnya punya sepeda jenis tertentu tapi nggak kesampaian, akhirnya membuat sendiri. Itulah fenomena unik, mas Rahmat…

    salam kenal,
    Andyt (yang juga pernah membuat sendiri sepedanya)

  7. no 12.wakakka…pengalaman pribadih, dan satu lagi mas Adi tidak setiap orang mempunyai rejeki yang sama dalam mendapatkan sesuatu…kembali ke garis rejekine….

  8. mas rahmat, disitulah seninya kalau dapat yg murah..hmm adem banget apalagi lengkap….itu rejeki nomplok namanye…kalau dapat yg mahal ya itu mah ketiban durian runtuh ama pohon-pohonya..jadi aga-aga pegihmana geeetu…wakakakak

  9. Saya Acep,saya berdosili di Tambun-Bekasi,saya dan beberapa kawan di perumahan Tridaya Tambun,suka dan memiliki sepeda ontel,saya sudah beberapa kali datang ke H I,
    saya salut sekali sama teman-teman di KOBA begitu ramah dan penuh persaudaraan menerima kami di H I, apa lagi sambutan Bang Jhon,Pa Chandra dan teman teman di KOBA lainnya.Dalam kesempatan ini saya mau tanya :Apa Persyaratan menjadi anggota KOBA ?
    Saya dan teman teman ditambun juga mau mendirikan CONTRY
    ( Community Ontel Tridaya) saya mohon saran- saran dari teman -teman di KOBA, Terima kasih sebelumnya Salam Persaudaraan dari kami.

  10. Kemarin ada wacana peringatan HUT KOBA ke-2,yang dikemukakan oleh teman teman di monas,itu sangat baik sekali dan harus kita sukseskan bersama.Saya dan teman2 di CONTRY (Kommunity Ontel Tridaya – Tambun)ingin sekali membantu mensukseskan acara HUT KOBA ke-2.
    Selamat buat KOBA semoga kompak selalu,tuk mencapai tujuan.

    Salam

    Acep Suganda

  11. terima kasih perhatian & kerjasamanya kang Acep dan temen temen CONTRY (Kommunity Ontel Tridaya – Tambun yang sampai kemarin masih tetap konsisten menjadikan sepeda lawas ( pit ontel ) sebagai alat pemersatu antar kumunitas persepedaan di Indonesia. Atas nama pengurus,anggota dan temen 2 KOBA sangat senang atas kedatangan Kommunity Ontel Tridaya – Tambun dalam rangka memper erat silatuhrahmi sesama ONTELIS.
    Syarat 2 untuk menjadi Anggota :
    – Mempunyai Sepeda pit lawas (ontel)
    – mengisi Formulir ke anggotaan
    – Di usahakan untuk bisa hadir di Plaza Indonesia / HI
    – berani pakai baju jadul / daerah/ bocor / rembes dikit.

    Terima kasih banyak bantuan kami senang mendengarnya dalam rangka mensukseskan HUT KOBA. salam Ontelis

  12. Cing Rahmat hebat banget deh, punya telepati yah kok dah tau isi komentar no.7 (om Andyt) & no.8 (om mr.T), padahal dia kan masih dikoment. no.5…huahahaha….hiks.. cal….
    Mr.T punya telepati juga yah, baru no.8 kok dah bisa koment. no.12 huahahaha………hiks lagi….cal…

  13. Mas, saya punya sepeda PHILLIPS dgn nomor rangka 160665, kira2 dibikin tahun berapa ya? apa tgl 16 bulan 06 tahun 65? trims

  14. salam kenal karo sedulure kabeh yoo…
    mohon maap dingapunten, maaf sebesarnya, kalo mbah lancang masyuuk mari tanpa permisi dan memperkenalken diri…

    karena sudah mohon maap, yooo gak memperkenalken diri yo gak popo tho?

    seng penting intine mbah akan membantu, menolong, dan lainnya, wis sa’ karepe kowe, kalo mbah bisa akan tetep menjaga, membagi ilmu, dan membuat milis iki lebih semarak dengan opini dan silang pendapat dengan wong-wong seng peduli akan kelestarian sepeda.

    Sekali lagi, mbah mohon maap hanya bisa di belakang layar saja.

    nyuwunsewu…

    nek ra iso, nyuwun sa’njuto….

    salam ngonthel

    mbah kuncen

  15. Saya anggota baru dan sudah pernah ikut ke HI sekali, dan rasanya edaan mo….jadi orang aneh di Jakarta ternyata asyik. Saya saran alangkah baiknya kalau ngonthel bareng2 dari satu tempat ke tempat lain ada kawalan dari Pak Polisi. Gimane Pak Candra …? setuju kah ?

  16. “Salam Damai.”
    Perkenalkan, saya penggemar baru sepeda tua.
    Saya sangat salut terhadap usaha kakak untuk melestarikan sepeda tua di INDONESIA.

    Saat ini sedang mencari sebuah sepeda yg kira-kira cocok buat saya.
    Beberapa hari lalu, saya sempat menjumpai sebuah sepeda merek “HUMBER.”
    (setidaknya, begitu yang tertulis pada merek dari plat logam di bagian depan, walaupun saya tidak mengetahui secara pasti apakah rangka dan semua onderdilnya memang benar-benar HUMBER).
    Kata yang punya sepeda, keluaran 1957.
    Mohon maaf, saya tidak bisa menyertakan foto, karena saat itu tidak bawa kamera (domisili saya cukup jauh untuk kembali ke sana).

    Sekilas saya perhatikan (saya masih sangat awam mengenai sepeda tua), saya dapati bahwa:
    1. Sepeda jenis laki.
    2. Rangka sudah dicat ulang (hitam).
    3. Garpu depan “dobel.”
    4. Komstir depan tidak terlalu panjang (biasa-biasa saja).
    5. Boncengan dicat ulang (hitam).
    6. Standar samping (merek nggak jelas).
    7. Spakbor depan belakang masih ada.
    8. Lampu depan “BOSCH,” reflektor (mata kucing) di spakbor belakang kayaknya diganti baru.
    9. Dinamo “BOSCH”
    10. Persneling “STURMEY ARCHER”, masih berfungsi.
    11. Rem sistem tuas (tidak pakai kabel), kayaknya rem tromol.
    12. Bel agak besar di pegangan vertikal setang (merek, saya tidak perhatikan).
    13. Jok, kayaknya dari kulit.
    14. Ban luar depan belakang, kayaknya sudah baru (putih polos).
    15. Ada pompa ban.
    16. Pedal tidak saya perhatikan.
    17. Nomor rangka juga belum sempat saya perhatikan.

    Saya menyadari bahwa informasi yg saya berikan sangat sedikit. Mohon maaf yang sebesar-besarnya.
    Namun demikian, saya sangat mengharapkan masukan dari kakak.
    Setidak-tidaknya informasi2 mengenai sepeda HUMBER (nomor rangka yang biasanya terpatri di bawah jok, onderdil2 yg biasanya menyertai, ciri2 spesifik/khas sepeda HUMBER), agar dapat membantu saya dalam mencari sepeda (kepingin juga punya sepeda seperti kakak).

    Mudah-mudahan saja sepeda ini masih asli (bukan rakitan ulang, alias “aspal”).
    Tapi menurut saya pribadi, nggak mungkin sengaja meng-“aspal”-kan sepeda itu, mengingat harga yang ditawarkan (di bawah 2 juta, mahal nggak ya…? // sekali lagi saya sangat awam mengenai sepeda tua).

    Oh ya, kalau dibandingkan (pada kondisi relatif sama), mana yang lebih mahal, HUMBER, RALEIGH atau RUDGE?

    Intinya, saya ingin masukan yang sebanyak-banyaknya mengenai sepeda HUMBER. Serta pertimbangan2 sebelum memilih sepeda tua.
    Saya ucapkan banyak terimakasih atas masukan dari kakak.
    Semoga cita-cita kakak melestarikan sepeda tua di INDONESIA dapat terwujud.
    Mungkin saya hanya dapat membantu sekemampuan saya, mungkin hanya dengan punya 1 sepeda, bantu saya ya… :).

    “Salam Damai….”

  17. bli Putu,
    Salam Kenal. Banyak pertimbangan dalam memilih sepeda untuk pemula, saran saya, coba jelajahi situs ini, simak baik-baik di komentar-komentar pada setiap judul artikel, terutama yg mengulas tentang sebua merek sepeda. Setelah itu silakan tanya lagi kalau masih belum jelas. Atau alternatifnya, hubungi kontak-kontak person yg ada juga di situs ini untuk temu darat. Lebih afdol menganalisa sepda kalau ada fotonya (meminimalisir salah persepsi)..

    semoga menjawab,

  18. Salam Kenal juga, Bli Andyt.
    (Bli=Kakak laki2, Mbok=Kakak perempuan, Adi=Adik; red).

    “Salam Damai.”
    Terimakasih untuk masukannya.
    Semoga saya bisa tambah mengerti seluk beluk per-sepeda tua-an.

    Mari kita berandai-andai…
    Andaikata sepeda HUMBER yg saya maksud di atas adalah asli (tapi tidak orisinil sekali), ya setidak-tidaknya rangka+garpu, spakbor, ketengkas, boncengan, lampu, dinamo, persneling, stang, transmisi rem adalah asli….
    harga di bawah 2 juta itu termasuk mahal nggak, ya…?

    Mohon saran&masukan dari Bli Andyt.
    Kalau saya punya 1 sepeda tua, kan bisa membantu Bli & Mbok dalam melestarikan sepeda tua di Indonesia.

    “Salam Damai…”

  19. Bung Admin,
    Ane sih pengen tau aje kenape sepeda dengan merek lokal kok nggak pernah ditongolin.
    Padahal sepeda dengan merek lokal kan banyak, tampilin dong gambarnya kalo ada yang punye, ane yakin pasti menarik untuk kupas….

    Terima kasih atas masukannya, sebenarnya yg kita up load adalah foto2 yang masuk ke email kita yang merupakan kiriman dari rekan2 sekalian. Jadi bagi rekan – rekan ontelis yang punya foto2 sepeda made in lokal silahkan kirim ke kami

  20. bung t&n, sementara disini yang kita posting adalah hasil kiriman dari teman2 penggemar sepeda dan sebagian mungkin dari gogling di internet , kalo bung t&n atau teman2 punya gambar sepeda lokal silahkan kirim ke alamat diatas
    salam… 😀

  21. Om asfiandi,
    Sebagai pemula emang sangat riskan langsung terjun ke pasar dan beli sepeda, saran saya om asfiandi bisa datang ke bengkel pak Ngatijo, Prapatan wirobrajan ke arah gamping, stelah melewati tanjakan bayeman permai, sebelah kiri jalan…,

    karena di situ beliau juga jual beberapa sepeda, lebih terjamin dan beliau sendiri adalah pengurus PODJOK…

    selamat mencari…

  22. “Salam Damai…”
    Gimana caranya lihat semua foto-foto sepeda yang ada di sepeda.wordpress.com?
    Apakah arsipnya harus dibuka satu persatu?
    Saya ingin lihat semua foto sepeda yang ada di sini.
    Pasti sangat menarik.

    Karena, kalau harus dibuka satu persatu, kan lumayan lama.
    (note: di rumah tak ada internet, so hanya mengandalkan sisihan uang saku untuk pergi ke warnet; masih mending kalau sudah bekerja di kantoran yang bisa pakai komputer kantor buat internet gratis; saya hanyalah mahasiswa yang budgetnya pas-pasan).

    Terimakasih banyak.
    “Salam Damai…”

  23. Bli Putu,

    Harga segitu cukup murah dan masuk akal. Humber dihargai tinggi setara dengan sepeda Belanda di daerah-daerah seperti Klaten, Sukoharjo, Bojonegoro. Dalam medan yang berbatuan, Humber lebih nyaman dikendarai dibanding Simplex, karena lebih empuk (padahal juga nggak pakai pegas atau konstruksi per)…aneh ya? Coba buktikan di jalan makadam… (jalan yang terbuat hanya dari batu yang ditata dan ada tanahnya).

    salam,

  24. “Salam Damai…”

    Salam kenal buat Bli Laexs.
    Kalau “kesabaran” udah saya bawa pas nge-net…
    Tapi lagi-lagi masalah budget yang buat saya nggak “sabar” untuk segera disconect dari warnet.
    He, he, he juga…

    Bli Andyt,…
    Suksma (terimakasih) untuk masukannya, Bli…
    Ya, ntar kalau sudah ada fotonya, mungkin akan segera posting ke web ini (mudah-mudahan ada budget, he, he, he…)
    Ya, kalau sudah ada mungkin akan saya coba kendarai di jalan aspal yang halus mulus.
    Soale, kalau di jalan makadam, mungkin akan saya gotong tuh sepeda…
    Cukup sudah penderitaan sepeda tua selama 5 dekade terakhir ini (he, he, he lagi…)
    Oh ya, kalau dibandingkan (pada kondisi relatif sama), mana yang lebih mahal, HUMBER, RALEIGH atau RUDGE?

    (Salam kenal juga, buat kakak sekalian yang selalu join di web ini. Mohon juga masukannya, ya… Terimakasih)

    “Salam Damai…”

  25. bli Putu,
    justeru kalau dibiarkan tidak diminyaki, dipompa ban, serta dinaiki dalam waktu lama, itu malah merusak sepeda…
    Sepeda makin sering dinaiki makin enak, makin mapan unit-unit sparepart yang bergesekan/bersinggungan. Sebagai contoh, saya punya Fongers PFG 1955, yang saya beli dari sopir. Sejak 1982 sepeda itu dipakai tiap hari dari rumah ke tempat kerjanya (16 km pp). Alhasil ketika sepeda itu saya lamar tahun 2002, naikannya sangat enak karena kondisi sepeda yang ‘capek’.

  26. “Salam Damai…”

    Ok, deh…
    Ntar kalo saya sudah punya sepeda, akan rajin saya minyaki, pompa ban & dinaiki. Bila perlu, buat ngangkut beras sekarung.
    Gimana…?

    Oh ya, pertanyaan yang satu itu, gimana (sudah dua kali saya posting).
    Kalau dibandingkan (pada kondisi relatif sama), mana yang lebih mahal, HUMBER, RALEIGH atau RUDGE?

    Sepertinya harga sepeda itu, tergantung tiap daerah ya…
    Misalnya seperti yang Bli Andyt bilang, HUMBER lumayan mahal di Klaten, Sukoharjo, Bojonegoro.
    Ya, walaupun begitu, secara umum kan masih bisa diurutkan yang mana yang mahal-murah.

    “Salam Damai…”

  27. Bli Putu..ini pendapat pribadi saya ya…kalo di suruh bandingin harga antara Humber, Raleigh dan Rudge yang pertama adalah Raleigh, Humber, Rudge , semoga bisa menjawab pertanyaan bli …

  28. “Salam Damai…”

    Boleh saya tanya lagi…?
    Lagi-lagi tentang HUMBER…

    Apa sih bedanya antara HUMBER yang ada di link-link berikut ini?

    https://sepeda.wordpress.com/2006/12/21/humber-locomotif-burgers-lady/
    https://sepeda.wordpress.com/2007/06/06/humber-37-jt/
    https://sepeda.wordpress.com/2006/12/08/humber-cd-ukuran-65026-mm/

    Kalau sekilas saya perhatikan, nyata terlihat pada foto perbedaan panjang pipa vertikal di depan (di bawah setang; di atas garpu “duplex”). Ukuran berapa saja itu? (Apanya yang diukur?//Masih awam&bingung nih…).
    Perbedaan panjang pipa vertikal di bawah sadel tidak terlalu jelas, dari foto.
    Selain itu, apa saja yang membedakan?

    Apa yang dimaksud dengan HUMBER tipe AB, CD, FA?
    Menurut Bli, tipe HUMBER apa saja yang beredar?

    Nah, kalau bisa ditebak, berapa kisaran harga (minimum & maksimum) yang masih masuk akal untuk sepeda-sepeda tersebut (dalam kondisi relatif sama, andaikan seperti keadaan Humber-Yos-4 di link humber-locomotif-burgers-lady)?
    Bagaimana dgn komentar nomor 6(Rp850rb), 13(Rp1,25jt), 16(Rp4,5jt), 36(Rp1,9jt), di link humber-3,7-jt?

    Terimakasih banyak sebelumnya, atas semua saran & masukannya.

    “Salam Damai…”

  29. “Salam Damai…”

    Ya deh…, RALEIGH memang top bgt, Bli Hardi…
    Komentari juga dong comment nomor 46…
    Terimakasih.

    “Salam Damai…”

  30. klo menurut omongan dari orang2 tua yg mainan sepeda..klo jenis ontel raleigh ato humber…yg ga ada loba konci..n pantek untuk pompa tangan….katanya jenis tua….

    karna untuk raleigh yg ada lobang konci, ato jenis raleigh robinson…ada yg bilang buatan singapura….leher pada rangka depan lebih pendek..n rangka memang di sesuaikan untuk ukuran orang indonesia…

    karna memang pada taon-taon itu…katanya seh….baru trend jenis raleigh, humber…yg pake persneling..cek..cek..cek…
    jadi pabrik kluarin rangka yg agak pendekan (tapi ada jg yg mendekin sendri)…

    klo raleigh yg rangka tinggi/leher rangka depan…memang dulunya konsumsi eropa (terlihat lagi untuk ontel cewek)…

    maap klo ada kekeliruan…wong aq yo..ngonthel-ngonthelan thok….

  31. “Salam Damai…”

    Berarti secara umum, Raleigh atau Humber yang leher pada rangka depan lebih pendek, berisi lubang kunci, berisi tempat pompa tangan; LEBIH MUDA DARI PADA ;Raleigh atau Humber yang leher pada rangka depan lebih panjang, tanpa lubang kunci, tanpa tempat pompa tangan.

    Bagaimana dengan RUDGE?
    Mumpung satu pabrikan, ceritain juga dong…
    Terimakasih…

    “Salam Damai…”

  32. klo yang saya jumpai…jenis raleigh n humber pake konci..bli putu akan banyak di jumpai daerah boyolali….kuakehe polll….

    sampe2 orang-orang sono merasa klo udh naik tuh ontel kaya orang pling top di desanya…coba aja pegang ontelnya..ntar kan di marahi….aneh kan…(wong demok thok, koq diseneni)…

    yah memang…benar kata beberapa master ontel di sini kaya pak andyt…di jawa tengahan..orang lebih suka raleigh ma humber, bahkan beberapa waktu yg lalu naik gazelle di kudus/jepara..ya disebut aja..naik raleigh……hehehe

  33. oh ya….klo cerita rudge gak tau….klo mo cari rudge…banyak juga seh…terutama…waktu saya ke sumenep….banyak bgt..tuh

  34. Saya punya sepeda onta laki-laki,name plate tidak ada. Nomor serinya L 77502. Mohon bantuannya, sepeda saya ini mereknya apa?
    Terima kasih

  35. Ontel RELEIGH emang TOP Buanget dah …….
    Sepedanya jangkung, empuk dan cek cek cek cek ………
    dari Bunderan HI ke Ciledug kaya naik Motor aza enggak terasa …… cek ……. cek …….. cek ……..
    promosi neeh …….

    Best Regards

    021 – 71111257 (Wisnu)

  36. mas irman….di foto aja..trus kirim ke sini…ntar pasti banyak yg bisa kasih tau…merk apakah sepeda mas irman….

    ditunggu foto2 nya….

    wah…mas alex….hunting ampe indonesia timur neh…..dapet apa aja….koq gak sekalian minggu maen di gresik…

    padahal ada bbrap temen silang monas yg dateng….ma teman2 dr makasar…

  37. BUNG PUTU yang terhormat.

    Aku mau kasih masukan tentang harga sepeda. Dan anda masih muda, banyak keinginan, banyak kemauan, tapi untuk menikmati sebuah seni, ANDA masih mesti BANYAK BELAJAR.

    “ANDA itu sebetulnya PENIKMAT SENI SEPEDA LAWAS atau orang yang mau JUAL SEPEDA?”

    Kalo mas putu PENIKMAT SENI SEPEDA LAWAS, jangan sekali2 bicara dan membanding2kan antara HUMBER, RALEIGH, RUDGE atau lainnya. ITU akan membuat GAP2an dan sekat2 di antara anggota MILIS. Semuah sepeda nggak sama, bung! Anda bukan melihat dari SEPEDA JELEK harganya MURAH, atao SEPEDA BAGUS dihargai MAHAL. ANDA SALAH!

    UKURAN harga bukan menjadi PATOKAN mahal atau murah sebuah barang seni. KALAU mas PUTU sudah melihat barang itu MAHAL, dan nggak sanggup beli, mas PUTU yaa NGGAK USAH BELI. dan, KALO barang itu MURAH, mas PUTU bisa beli, yaa beli aja…

    Untuk mas-mas anggota milis, juga jangan terjebak dengan pertanyaan2 harga dan mutu sepeda (bagus-bagusan). Contoh KASUS di SURABAYA sudah cukup. beberapa anggotanya banyak yang mundur karena anggota onthel yang lain merasa barang (sepeda2) miliknya lebih bagus dari punya yang lainnya, akhirnya timbul gap. dan sekat2an, dan akhirnya kumpul2 jadi minder, males ikutan, terus mundur pelan2.

    SEMUA sepeda bagus, RALEIGH, HUMBER, RUDGE, BATAVUS, FONGERS, SIMPLEX, GAZELLE, dan lainnya. Jangan melihat dari harganya, tapi lihat dari NILAI SENI sebuah sepeda itu. Jika kita melihat SEPEDA JELEK, kalo bagi kita SUDAH BAGUS SEKALI, yaa, beli. INILAH sisi lain dari orang PENIKMAT SENI. PERBEDAAN akan cita rasa seni bukan ngikutin orang2 atau “MEMBEBEK” dna “MENGEKOR”. Contohnya, Orang suka GAZELLE, seluruh jakarta NYARI GAZELLE..orang suka SIMPLEX, lantas nyari puluhan sepeda SIMPLEX kemana-mana. ITU SALAH BUNG!Untuk SENI SEPEDA yang tau, yaa kita2 sendiri, jangan maksain diri untuk menjadi penikmat sepeda onthel kalo dari kita nggak ada citra rasa seni yang tersendiri…

    MAAF AGAK KETUS –
    Masalahnya aku gak suka milihat orang menjadi sombong dengan dirinya, dan merasa bagus dengan sepeda miliknya.

    kalo banyak yang tersinggung yaa mohon maap aja. Ini milis bukan digunakan untuk sombong2an. Kalo milis ini untuk sombong2an, yaaa aku mundur aja.,-

    Salam dari mbah,
    “yang gak pernah punya sepeda bagus”.

  38. loh..mbah…koq contohnya..di surabaya….

    Mang mbah..kenal ma orang-orang di sby….
    ati-ati loh mbah, musti cek n ricek…..hehehe…

    trus mbah sendri domisili di mana….
    memang selama ini mbah sudah pernah naik ontel merek apa aja…tentunya mbah sendiri juga bisa merasakan..ontel yg terenak di naikin mbak..menurut versi mbah….

    saya ga bkal anggep mbah narsis deh…..

  39. “Salam Damai…”

    Sebelumnya saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, karena mungkin selama ini pertanyaan saya telah memiliki banyak kekeliruan.
    Saya mohon maaf apabila saya selalu menanyakan seputaran harga sepeda kuno, semata-mata karena saya memang tidak tahu kalau ternyata pertanyaan tersebut memang sangat riskan untuk ditanyakan.
    Ya, saya memang masih mesti BANYAK BELAJAR.

    Yang jelas saya tahu dari diri saya adalah, saya bukan orang yang mau JUAL SEPEDA. Saya hanyalah seorang mahasiswa yang cukup penat dengan kegiatan studinya di kampus, yang kemudian menjumpai blog sepeda.wordpress.com, dan lalu berupaya mencari sebuah sepeda kuno untuk dimiliki sendiri (mungkinkah..?) dengan keterbatasan finansial yang teramat sangat.
    Awalnya, saya memberanikan diri untuk menanyakan harga sebuah sepeda, karena pernah saya ditawari sebuah sepeda kuno dengan harga yang cukup tinggi (bagi saya), dan saya tidak tahu (karena memang sangat awam sekali, umur saya 21 tahun, tidak pernah menjumpai masa kejayaan sepeda pada masa lalu) apakah harga tersebut pantas untuk sepeda itu.

    Di Bali, pelestarian sepeda kuno (terutama yang diwadahi oleh klub-klub pecinta sepeda kuno) belumlah (ada) semaju di daerah lain.
    Kalaupun ada beberapa orang yang menjadi pecinta sepeda kuno di Bali, biasanya masih perorangan (milik pribadi).
    (Semoga saya salah, dan ternyata sudah ada klub-klub seperti itu).
    Semoga masih terbuka kesempatan bagi saya untuk memajukan pelestarian sepeda kuno di Bali, walaupun memang saya sadari bahwa tidak mungkin bagi saya untuk melakukannya sendiri.
    Untuk itu, saya mohon kesediaan para pecinta sepeda kuno sekalian untuk membantu saya.

    Sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya…

    “Salam Damai…”
    Putu,
    “yang bahkan sampai saat ini belum punya sepeda yang ia (ingin) cintai…”

  40. betul mbah
    kalo dah mulai saling bersaing soal sepeda, alamat cepet bubar
    mbok yao ngumpul ae tanpa membandingkan gw pake ini, si anu pake merek itu…pokoke sama2 onthel wae, beres

  41. ‘bli Putu,

    apa yang ditulis mbah kuncen benar adanya, dan sebagai orang muda, seyogyanya tulisan itu diresapi kemudian dimengerti, nanti kan ada suara dalam hati ‘bli Putu “…oh iya, ya” Gak perlu tersinggung, tapi juga gak perlu minta maaf.

    Disini kan kita saling asah, asuh dan asih.

    Saya baru maklum maksud ‘bli Putu setelah membaca tulisan ‘bli no 58. Sebelumnya, dugaan seperti yang ditulis mbah kuncen mampir juga di benak saya. Apa sih maksudnya bli Putu ini, kok nada bertanyanya seperti itu?

    Tetapi, seandainya saya berada di posisi ‘bli, saya sangat maklum. Masih muda, kocek pas2an (saya anggap setiap mhs spt ini) dan nyaris tidak ada orang sekitar yang bisa ditanya.

    ‘Bli, peliharalah terus rasa kecintaan dan ‘curiousity’ thd sepeda lama. Kita semua yang di milis ini juga punya perasaan spt itu.

    Betul kata mbah kuncen, tanyalah diri kita sendiri; kalau kita sudah sreg dengan sebuah sepeda, ya kita jaga perasaan itu. Ternyata memang tidak ada hubungannya dengan harga. Kita bakal bisa membangun relasi dengan sepeda itu, tahu mana asesori yang tepat untuknya, sebaliknya dia akan memberi kenyamanan kpd kita.

    Sbg penggemar sepeda kuno, saya punya bbrp sepeda, dan diantaranya ada yang agak mahal (ini relatif, kan), tapi yang sering saya pakai (setiap hari saya ngonthel) adalah sepeda perempuan merk “banteng” (maaf, sama sekali gak ada hubungannya dengan partai politik tertentu) buatan indonesia (mestinya) dan sepeda laki laki merk “eagle” buatan inggris. Kenapa saya sayang? Mungkin karena kedua sepeda itu saya beli dalam keadaan ‘lusuh’ dan setelah beberapa lama bersama saya, mulai terasa nyaman dikendarai. Saya beli tahun lalu, dg harga 160 dan 600 ribu.

    ‘Bli Putu di Denpasar? Kebetulan akhir Agustus saya berkunjung ke kota ini. Beri tahu no hp ‘bli, kalau gak ada perubahan acara nanti kita bisa ketemu. Kalau ada sepeda yang sesuai dengan kantong dan rasa nanti kita lihat bersama. Begitu, ‘bli?

    salam onthel,
    didi

  42. ono opo bos bah … kok ribut2 perlu diewangi? nek ono sing nyontleng kowe ngomong aku…thak dupak rai ne….

    balibul,
    sama dengan mbah kuncen ga pernah punya sepeda bagus

  43. * wong cilik :
    mas, saya memang punya beberapa sepeda, tapi bukan berarti tahu banyak apalagi pakar. Kita, para penggemar sepeda kan memang dilatih utk bisa mengapresiasi sepeda kuno, kan? Skr saya lagi bingung, spd raleigh saya gak cocog dg daftar tahun pembuatan. Tentu bukan daftarnya yg salah; jadi mesti ada alasan lain. Nah,… “terpaksa” kita belajar.. he..he..

    Iya, mudah2an kalau nanti ke Jkt, pas hari minggu, jadi bisa ke HI. Inginnya ikutan sepedaan di jalan2 Jkt, kayak apa ya rasanya? Sebetulnya Kamis sore ini saya di Jkt, tp Sabtu pagi harus kembali, ya udah…. , masih ada lain kali.

    *balibul :
    mas balibul, apa ada sepeda kuno yang gak bagus, kecuali yang rusak. Kalau sepeda kuno berhasil bertahan sampai sekarang ya bagus kan namanya. Mungkin maksudnya bukan “sepeda gak bagus” tp sepeda yang tidak/kurang lengkap……… ya mari kita lengkapi (kalau bisa).

    he..he.. gak usah ewang-ewangan, wong memang gak ada yang ribut.

  44. inyong dadi minder…pada galak-galak benar ya..
    mbah minum air putih dulu…apa ceplokke ndok ?..aku pijiti kakinya ya..pakai remason apa minyak kayu putih..sing sareh mbah..piss dong..

  45. BERITA RALAT-

    Mbah nggak marah, dan ngga ada niat esmosi, justru mbah ngomong begitu karena sayang… dan perhatian tentunya…

    yo wis,

    salam muahhhhhhh!

  46. he… he… he… betul kan, ‘bli Putu.. ngomong begitu karena sayang. Itulah kalau jadi yang muda, bahkan mungkin ‘kelompok termuda’, kadang agak dikerasin dikit, tapi juga yang paling disayang. Begitulah dimana-mana…..

    so sweet…jadi terharu…

  47. “Salam Damai…”

    Terimakasih atas semua support-nya…
    Terutama buat komentar nomor 67…
    salam muahhhhhhh juga…!
    Maafkan cucumu ini, Mbah…

    “Salam Damai dari Bali…”
    I Love You, All…

  48. Bli Putu,
    Kalo mau belajar khusus tentang merek-merek tertentu dan supaya jawabannya memuaskan tanpa salah ditafsirkan orang, silahkan langsung saja ke orangnya, misalnya Raleigh atau Gazelle langsung ke mbah Kuncen, Simplex ke Andyt, Humber ke pittuwo, atau Fongers ke Laexs, atau Sodik Bumen, Pria Punya Selera, dan lainnya. Khusus burung juga ada..semua itu ada pakarnya loch..
    bener nggak Mr.T?

    mr.t: bener bangett…emang disini ada pakar burung juga ya …hihihihhii…

  49. setuju mbah Kuncen,
    bahkan kalau menurut inyong, selain sebagai karya seni sepeda itu bagaikan benda (pusaka) yang tak perlu dan tak baik (tidak jadi barokah) kalau dibanding-bandingkan satu sama lain 😛

  50. hi selamat ye buat penggemar sepeda ane liat dr jauh dulu lah ntar gabung ke hi,bawa sepeda doang ya??asik juga ye..
    sekali lagi okay banget!!!

  51. “Salam Damai…”

    Terimakasih atas info nya Bli Sastro Giwang…
    Mohon bantuannya ya…

    Di Bali, ada juga pasar burung…,
    hanya satu jenis yang nggak dijual…

    mr.t: Kalau dijualpun nggak akan laku… 😀 😀

    Dijamin bener khan, Mr. T …?
    bwahahah… (kok jadi ketularan ngebanyol…)

    “Salam Damai…”

  52. “Salam Damai…”

    Ya, seratus buat Bli Sodik Bumen…
    dari nilai total seribu…
    yang sembilratus ada di jawaban yang bener.
    Ada yang mau coba nebak…?

    “Salam Damai…”

  53. wah tambah rame wae …

    apapun merk sepeda kita , sik penting waras & penak di genjot …

    ingat juga sblum di genjot di elus-2 dulu … biar lebih siip waktu di naiki !!!

    salam dr jogja

  54. mas Tolong downk muatin sepeda kuno

    tapi yag ukuran mni skitar ukuran 24& sebagainya lah

    soalnya saya suka sekali dengn sepeda ukuran mini

    mr.t : kok mini ukurannya 24?

  55. wah, senangnya nemu blog pecinta sepeda. saya sendiri ga punya sepeda sih. tapi suka ngeliat orang yang menyukai sepeda kuno, mobil kuno, atau apapun yang kuno-kuno (saya sedang mendalami naskah kuno, agak ngga nyambung ya? hehe). salam kenal dari saya. dan betul, stop penjualan sepeda antik ke luar negeri. 🙂

  56. di surabaya tepatnya di pasar turi, sayangnya pasar turi baru aja kebakaran hebat….
    ngga tau gimana nasibnya tuh pedagang topi, mudah2an sih masih bisa jualan ..
    ….ngga tau di mana….*sedih*

  57. Sugeng pinanggih poro konco2 : nuwun sewu saya mau tanya kembali sepeda merk Cyrus itu buatan mana dan keluaran tahun berapa ya ? karena saya ditawari ada sepeda cyrus, saya baru dengar merk itu. Mohon bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    Saya ucapkan bravo untuk POC yang sukses melaksanakan acara ulang tahun di Bekasi dan saya benar-benar salut kumpul onthel bukan karena merk atau harga sing penting sepeda lawas, tuek, kuno lan antik dan jangan lupa biar katrok dan ndeso tetapi tetap sii i……iiipp, yang penting kompak selalu dan kebersamaan.

    • mas saya mau numpang tanya” nech 🙂
      -kalau onthel the humber spesial seri Mxxxx itu buatan tahun berapa yaa??itu buatan england atau buatan singapura/malaysia yaa??
      -terus kalau sepeda humber seri AO itu buatan tahun berapa yaa??
      -kalau raleigh seri K buatan singapura/malaysia itu buatan tahun berapa yaa??
      mohon pencerahannya yaa…..
      thx.

  58. Mas, gabungin dong situsku di http://sepedakreatif.wordpress.com. Aku pengin banget memasyarakatkan (kembali) sepeda, salah satunya adalah dengan memunculkan ide-ide membuat sepeda kreatif. Aku lagi kuliah, selesai kira2 setahun lagi. Habis kuliah aku pengin ngadain festival sepeda kalau bisa sih tingkat internasional. Moga-moga keinginanku bisa didukung teman2 semua ya. Mari kita bangkitkan kembali semangat bersepeda. Terima kasih ya.

    Wing, Yogya

  59. Saya Selaku Ketua Panitia Fun Bike BSI-STIBA Nusa Mandiri Ciputat mengundang klub Sepeda yang berada pada KOMUNITAS SEPEDA untuk mengikuti kegiatan Fun Bike BSI Ciputat dalam rangka HUT RI Ke-62 pada hari:Minggu/Tanggal 26 Agustus 2007 dengan jarak 12 KM, start dan finish dari BSI Ciputat dengan route sebagai berikut : BSI Ciputat, Jl. Ir.H.Juanda, Jl. Legoso, Jl. Tarumanegara, Pondok Cabe, Jl. Raya Cirendeu, Jl. Kejaksaan, Jl. Bona Raya, Jl. Lebak Bulus, kembali ke Jalan Ir. H.Juanda, Finish BSI Ciputat, apabila rekan2 mau ikut bergabung segera contax telpon/HP : 021-7410437, 021-7410133, Hp:08159805023, biaya pendaftaran per-orang :Rp. 20.000,- mendapatkan (KAOS + VOUCHER), dengan voucher bisa di undi dengan berbagai hadiah menarik : diantaranya” 2 Sepeda Motor + 2 Unit Komputer + 5 Televisi + 10 Handphone + 14 Sepeda Gunung + 16 Beasiswa D3 BSI + 16 Beasiswa Program 1 Tahun + 16 Voucher Kursus” . Bersepeda adalah ikatan persaudaraan dalam bermasyarakat dan refleksi dari perjalanan Bangsa dalam kemerdekaan yang Ke-62. Selamat bergabung

  60. Apakah teman2 pernah melihat sepeda tanpa rantai, tetapi memakai gardan? Bahkan, sepeda tanpa ruji? Silakan lihat gambarnya di http://sepedakreatif.wordpress.com/tanpa-rantai/ ya.

    Wah mas, itu fotoku sing paling ngguanteng je, ya ntar ya tak cari yang gak pakai kaca mata. Malih gak ketok nggantenge ngko 😛

    Maaf ya mas2 yang udah posting, kemarin kelupaan settingnya, jadi gak muncul ostosmastis… sekarang sudah tak benerin tuh.

  61. Salama kenal tuk seluruh pencinta sepeda tua
    aku adalah anak gembala eh aku adalah salah seorang pencinta sepeda ontel dari sekian ratus bahkan ribuan pencinta ontel di tanah air.
    aku mau cerita neh sedikit dan memberi gambaran kepada akanng Panski memang benar di jalan malabar ada yang jualan sepeda ontel mengenai asli tidaknya kita tinggal liat sepedanya menurutku kalau batangnya sih asli kaya locomotif dan batavus cuma tinggal keberanian kita untuk menawarnya.
    Nih sedikit pengalaman waktu saya beli sepeda di jln malabar.
    merek sepedanya hercules tapi kondisinya sangat mengkhawatirkan harganya ditawarkan Rp 450 rebu terus aku tawar Rp 200 rebu dan si penjual ngasih harga Rp 250 rebu.
    Singkat cerita tuh sepeda aku beli dengan catatan bannya harus di pompa dan bisa di pakai tuk di bawa pulang.
    Saking pinginnya sama sepeda ontel saya sampai bolos kerja tuk cari sepeda itu…
    lanjutin ceritanya…. ya..
    sepeda itu dah beres di perbaiki dan dah layak ditunggangi setelah di bayar aku coba naiki meskipun sedikit rasa canggung soalnya baru kali ini saya pake sepeda ontel.
    jarak rumah ke tempat penjual jl sepedaMalabar kira2 ada 8 km. saya pake dan sedikit sedikit bisa beradaptasi dengan sepeda itu., tapi baru kira1/2 km aku naiki rantenya copot dari gir belakang terus saya perbaiki dan terus aku kayuh lagi eh baru juga sampai jalan Riau copot lagi tuh rantai. Terpaksa aku turun dan betulin lagi dah copot lagi. waktu itu kurang lebih jam 1.30 pas lagi panas. terpaksa tuh sepeda aku tuntun melewati jalan pramuka kemudian masuk ke jln cilaki dan masuk gasibu terus naik ke jl di patiukur. nah di jalan di patiukur aku temukan bengkel tempat aku memperbaiki dan nambal sepeda gunungku. kebetulan aku punya sepeda gunung. dan ternyata rantainya putus terpaksa aku ganti.
    dan setelah beres baru tuh sepeda bisa aku genjot sampai kerumah jam 4.30 dan di perjalan aku diteriaki bapak Umar Bakri.
    Aku nya bisa senyum…….
    sampai di rumah sepeda itu aku bongkar dan sampai sekarang belum selesai…
    sekian dulu ceritanya lain kali di sambung lagi

    salam persahabatan kepada semua pencinta onteeeeelll
    rumahku di sekitar jl Dago.

    mr.t: owhh..sepeda yang suka parkir depan gedung PAU itu bukan? pantesan dah lama nggak liat 😀

  62. Mas Alex …ternyata komentarnya bener juga ….

    berawal dari sepeda tua yg seadanya … ternyata teman2.
    berburu lebih ganas

    aku baru saja ngeracunin …. teman2 dikantor dengan virus pit tuwo phobia …he….he, tadinya mereka iseng ngikutin aku ..ternyata sekarang mereka lebih gilaaaaaaaaaa ….sepeda daripada inyong…
    terus buatangannya lebih bagus aksesorisnya juga.

    Awalnya ditengah gegap gembita sepeda anyar bike to work mahal yg parkir, nyelip sebuah sepeda ontel yg nyentrik punya ku , sekarang udah alhamdulliah tambah jadi 2 rencananya makin terus bertambah … sebab Teman2 yg lain sedang menantikan sepeda import yg sedang dalam perjalanan langsung dari tanah leluhurnya he…..he.

    Komunitas sepeda sudah terbentuk perlahan tapi pasti anggotanya bertambah. Terima kasih buat seluruh teman2 pecinta sepeda lawas. Dengan adanya blog ini sangat menambah wawasan kita2 yg ada disini.

    thx Mas Alex, Mas Bactiar…dan sedulur sekayuh sekeringetan ..

  63. mesin sepedah mah kurang bagus, saya kurang suka dengan desain mesin yang menggunakan ruang tengah kerangka sepedah, soalnya itu khan buat tas perkakas, kalo bisa mesinnya dipersimple lagi dan ditaro di deket rante en gear belakang biar keliatan manis, udah gitu yang paling bikin nggak sreg nya, kenapa sih harus pake bahan bakar segala padahal tujuannya naek sepeda khan biar ngirit ongkos dan memperkuat stamina (kesehatan)…kalo pake bensin mah, sama ajah naek motor dong, boros di bensin…coba itu didesain ulang supaya tuh mesin gak pake bahan bakar lagi gimana caranya itu…tolong ya!

    salam kenal, che griphoenea

  64. to : -92- PRBSS
    onthel teha itu memang cirinya ada tanda “wajik” di setiap sambungan rangka, apa betul begitu …….. trus kalo liat ciri2 orsinilnya gimana ?

  65. bapak2 semua yang terhormat yang ada di forum ini, saya mohon info dari bapak2 semua. seminggu yg lalu saya dapat “rezeki”. saya dapat sepeda merk UNION punya bapak teman saya yang sudah sekitar 10 tahunan nongkrong di atas plafon rumah. saya gak mikir tentang haraga dan merknya. pokoknya saya senang aja dapet onthel. kira2 tahun piro ya bapak2 UNION itu dibuat ? kalau teman2 ngiranya sepeda itu merk FONGERS atau SIMPLEX. tapi begitu diliat emblemnya merk UNION. pada kecele semua. kita2 juga baru tau ada merk itu

  66. Thanks mr.t….. logonya pas dengan punya saya cuma tulisan di bwah UNION bunyinya HOLLAND. Sepertinya semua masih srinilan persis seperti digambar yg mr.t posting. cuman palangnya lempeng gak bengkok. sekali TQ berat mr.t atas infonya. Salam dari temen2 onthel di samarinda. kami belum punya wadah kumpul2, cuman saya dan temen2 sekantor lagi giat cari temen2 pemerhati onthel disini. Mohon advisnya dari mr.t, mas bahtiar, mas laex, mas van k. van, dll semuanya yang ada forum ini. kapan2 saya postingkan “KI BEJO” ( Gazelle ) dan “KI MARTO” ( union ) saya. buat temen2 PODJOK met ultah sekali lagi. kami gak hadir walu ingin sekali. cuma saya sudah utus adik saya yang lagi kuliah disana buat ngeliput acara PODJOK. u/ mr.t, domisili dimana ? siapa tau saya bisa mapir kalu kesana

  67. sekali lagi saya minta info dari bapak2 semua di forum ini tentang sepeda RAMBLER. Saya dan teman saya dapt tapi cuma body dan stangnya aja yang bisa diambil. Untungnya emblemnya masih sehingga kami tau merk sepeda tersebut. Mohon kiranya bapak2 memberi info > Terima kasih….

  68. saya mah sering kesana. bobogohan saya ada di sana, di sekitar daerah karawang-purwakarta tepatnya di daerah pabuaran. makanya saya minta alamat mr.t. siapa tau kita bisa kopi darat. klo gak mau disini silahkan di sms di 085654207888. saya juga pernah kontek bp. ICHAN KOBA sm bp. IMAM POC juga. Jangan lupa lho mr.t tentang advisnya tentang wadah kumpul2. gimana baiknya. HATUR NUHUR ABDI HATURAKEN KE AKANG…..

  69. kang jana!!!! mr. t suka merendah memang demikian adanya kalau meninggi mah bukan mr t atuh namanya mt. terbang he he he
    sieun di polototan ku mr t. kabuuuuuuuuuurrrrrrrr

  70. Salam buat Mbah kuncen…
    guru bangsa sepeda tua..yang punya pengalaman ribuan tahun dengan sepeda..

    mbah piye pendapaat mbah karo sepeda Low Rider..
    khususe sing ndisen dewe..
    yen de’e podo ndisen dewe’an piye karo orisinilitasnya, …..
    kalo apresiasi tehadap sepeda sing boleh ndisen sendiri tuh dilihat dari apanya ya??

    maaf, bukan mau bandingin ontel karo LR, tapi jenis sepeda yang paling banyak kemungkinannya untuk disain sendiri ya LR..

    trus penilaian disain sepeda sebenarnya dilihat dari apanya ya..apa sekedar style atau juga pragmatis dan ergonomisnya..

    mohon pendapat dari mbah kuncen dan sedulur se indonesia-dan jagat raya…

    salam bingung…
    Adi Tangerang.

  71. Mas-mas, bapak-bapak, semuanya, sadayana, mana nich liputan Temu Onthelis Nasional di Yogya nya ? saya sudah gak sabar pengen dengar / baca liputannya. Saya tunggu di TV selama 2 hari ini koq gak ada liputannya ?

  72. kayaknya nggak diliput sampai level nasional, walau pas reli hari Minggu di depan benteng Vredeburgh ada van Metro TV yang nyuting cing Fahmi mBetmen lagi jejeran sama mas Heru WC tapi saya ragu kalau bener dimasukin TV. Tapi semoga saja masuk TV. Mungkin MetroTV heran lihat tampilan Fahmi yang berdandan ala pedande goncengin cewek pakai wig blonde…mana tahaan! Temen-temen KOBA pade tampil aneh-aneh….bener kata orang tentang KOBA, komunitas Bocor Abiis…

  73. Buat temen2 ontelis dunia maya, saya mohon maaf karena tidak bisa hadir di temu “ontelis dunia maya” jadi nyesel nih….hiks….hiks

    Terang aja mas heru ma fahmi di shoot sama Metro TV, soalnya kalo ga di shoot kameramennya dipersulit kalo reimburst….he…he

  74. Sing penting ono beritane… soalnya aku jauh mas. makanya ngebet banget liatnya. tapi teman saya ada yang liat katanya di trans tv siang hari minggu. katanya pas pameran sepeda

  75. saya punya sepeda humber jarang dipakai, mau dijual. peminat bisa hubungi saya di 08562706547. saya tinggal di semarang

    mr.t: mas maaf kalau mau jualan lewat japri saja ya…

  76. ass….
    maaf saya penggemar sepada ontel tp masih baru bgt…
    kbeneran saya dapat sepeda merk fongers model dames(cewe) no serina 13190. saya sendri bingung mngenai sepeda ini..
    saya mnta tlong dong referensi dari semua org yg mengetahui keaslian dan leorisinilan sepeda ini…
    stang msh ad tulisan fongers, rem dpn-blkng tromol, jok merk bolck, tp speda ini ad giginya…
    tlong ya tuk semua… klo ad kbr2 bs via email kunyit_kecil@yahoo.co.id

  77. mo tnya dong…. sbenerna sepeda ontel merk fongers tu ad giginya g sich….
    tkutnya salah aliran nich…. soalnya dptnya dah gtu…
    mmmmhhhh sekalian klo pngen masuk anggota “BUITENZORG ONTEL CLUB” gmn??? syaratna???

    tlong saran dan masukan dr para ontelis2 seluruh jagad raya dan akhirat….

  78. Kula nuwun…
    Saya baru saja mendapatkan sepeda BSA, tapi bukan yang seri airborne (bisa dilipat itu). Apakah ada yang mempunyai informasi apa saja tentang sepeda tsb?
    Untuk diketahui, setang sepeda saya itu lebih tinggi daripada sepeda onthel pada umumnya.
    terimakasih

  79. buat kang Rian,

    kalo mo gabung sama BOC silahkan mampir di tempat nongkrong teman2 BOC di depan kantor walikota Bogor (dekat kebon Raya Bogor) setiap hari minggu pagi, bisa ketemu dengan Pak Nasti, Ical ataupun Sapto….

    selamat bergabung..

  80. salam kenal semua,
    saya punya sepeda antik Belanda Merk “UNION” Original, warna coklat metalik muda, Ukuran frame 24, Ukuran Ban 28 x 1 5/8, Feleg Stainles Steel, Tromol Sturmey Archer Frosnelence, ini mau saya jual, kira2 pasaran dapat harga berapa ya ?

  81. Tergantung sama kondisi sepedanya.
    – tingkat orisinalitas
    -merk
    -jenis/seri, misalnya: X-frame lebih mahal dari yang jenis lain.
    -umur
    -tergantung kepada siapa anda menjual
    -dkk.

  82. Mas2 dan bapak2 yg terhormat, gimana caranya postingkan foto sepeda di sepeda.wordpress. saya udah coba berkali-kali tp gak bisa2. Apa sayanya yg gaptek ya ? Pak Narto KST apa kabar ? Sory pak saya sempet hilang berapa waktu ini. ini aja disempet2kan buka. Tolong bantuin posting ya pak !

  83. Salam kenal buat onthelis anyar N’ sesepuh
    saya pencinta baru fiets dari kalimantan (Pontianak), baru saja dapetin Raliegh 1939 model Junior Girls dari pegawai Bluder. mengingat di pontianak pencinta onthel belum marak dan sulit mendapatkan onderdil ontel yang orisinil ” sulit nya minta maaf” namun disini lah tantangan dan seninya mas dan terus hunting terus, dan lagi untuk frems holan agak sulit di dapat ngingat hystoris, Belanda kurang getol ngurusin kalimantan sapatau dapetkan frems holand ,simplex lagi….. perti mas Andyt ( mungkin ndak ya……?!) salam buat Mas Andyt, wong cilik, Mr t, laexs, onthelis kabeh

  84. Mas ateng, salam kenal dari samarinda dengan wahyudi. senang juga ternyata kita di kalimantan ada penggemar onthel. silahkan kenalan dengan bp. Narto KST Raya di palangka. Beliau banyak kasih wejangan sama saya walau cuma via telepon. Thanks ya pak Narto. Kami di samarinda anggap bapak sebagai sesepuh onthel di kalimantan

  85. Dapet sepeda atau frame yang antik itu bukan perkara domisili, mas Ateng. Lihatlah pak Naruto, koleksi sepeda aneh-aneh beliau lebih heboh dari punya saya. Yang terpenting dalam memburu sepeda kuno itu:
    – hati-hati, jangan terburu nafsu kalau nggak yakin betul dengan barang yang ditawarkan/diincar. Pergunakan jalur komunikasi dengan para pakar atau orang yg lebih tahu/pengalaman soal sepeda.
    – sepeda itu sifatnya hoki alias keberuntungan. Kalau udah jodoh, walau lari kemana juga akan balik lagi, tapi kalau nggak jodoh walau diuber setengah mati juga nggak akan kena.

  86. Bener mas andyt, sepeda onthel sekarang termasuk barang kuno, antik dsb. Sifatnya udah jodoh2an seperti keris. kalau gak jodoh gak akan bisa kita dapetin tp kalau jodoh biar kita gak cari nanti datang sendiri. Contohnya saya waktu dptin Gazelle saya. Saya bertiga dengan teman2 dapet info kalau ada yg mau jual Gazelle di daerah tenggarong. padahal saya saat itu gak minat krn pas gak pegang uang. Teman saya yg 2 itu yg bawa uang. tapi penjualnya malah nawarin saya terus dan nyuekin teman saya. terpaksa saya pinjem uang teman saya dan mereka ikhlas juga kalau saya yg dapet sepeda itu ( itu namanya jodoh ). 1 contoh lagi; setelah dapet Gazelle tsb, malemnya saya ingat kakak ipar saya punya onthel karena dia adalah seorang polisi. saya inget betul dia punya. tapi waktu saya tanyakan katnya baru seminggu yang lalu diminta oleh atasannya. itu namaya gak jodoh. padahal gratis tp kalau gak jodoh ya piye ! gimana teman2 ?

  87. Berburu sepeda dengan alat sepeda (khususnya lampu karbit), sama unik dan sama serunya. Walaupun dengan peluru pas-pasan, Setiap “jengkal” tanah di pulau jawa sudah saya jelajahi (Dimulai dari Indramayu/Pamanukan/Patrol, Cirebon/ Pasar minggu palimanan, ciamis/pangandaran, cilacap, kebumen/petanahan, jogja, solo, kediri, terakhir ini ditunggu di bandung bahkan daerah lampung/kotabumi juga sudah mulai saya kontak, Untuk urusan sepeda ini banyak suka dukanya. Kadang kecewa tapi sering juga kegirangan teramat sangat, dibohongin orang juga sering, Masalah harga sebetulnya relatif tapi kalau kita kena bohong wah.. dongkolnya minta ampun. Untung saya gampang melupakan masalah2 sepertia itu dan tidak kapok untuk berburu lagi, Bahkan pegadaian2 di jawa (kampung saya) juga saya jadikan sasaran berburu, tentu yang punya sepeda senang karena sudah gak bisa nebus malah dapat uang. Jujur saya banyak belajar tentang sepeda di internet ini (dengan laptop saya tenteng) saya pakai “nakut-nakuti” orang kampung. he he Allhamdullilah saya banyak dapat penampakan.

    Ulasan-ulasan pak andyt juga banyak saya print untuk bahan referensi, Secara pribadi saya menaruh apresiasi yang sangat tinggi kepada pak andyt dan rekan-rekan lainnya yang SELALU mau berbagi pengetahuan tentang sepeda di forum ini.
    Untuk para onthelis semua selamat menikmati hari2 bersepeda semoga menyenangkan dan selamat berburu semoga berhasil.

    wong cilik :
    “pak Naruto..tolong sisain ya..jangan di boyong ke Borneo semua… 😉

  88. P.Naruto…………selamat malam………….oleh ( P.Yudi – Samarinda ) Bpk mendapat gelar baru dan terhormat lho….katanya sesepuh onthel di Kalimantan………….he he he……………..ok…ok……saya juga mendukung kok…..kalau Bpk ini sesepuh onthel di kalimantan he he he…………

  89. Iya pak PPS. Soalnya seperti cerita P.Naruto sendiri diatas , beliau yang paling getol dan paling giat “JELAJAH NUSANTARA” demi onthel. Saya salut banget. Makanya beliau saya dan teman2 di samarinda anggap beliau ( juga P.Yos ) “MBAHnya” onthel di kalimantan. Tanpa dimintapun beliau selalu memberi wejangan dan pengalaman kepada saya

  90. pak Naruto,

    Begitulah tujuan situs ini didirikan oleh mas Bachtiar Rifai dan teman-teman dulu, mewadahi dan mengakomodir kegemaran tentang onthel, dan saya pribadi punya dendam pada blantik yang menipu dan menjerumuskan saya dulu, agar tidak ada lagi orang yang mengalami nasib serupa saya, untuk itulah saya dengan antusias bergabung dan menjadi kontributor. Saya bersyukur sekali tujuan dan motivasi saya menuai hasil.

    Bagi mereka yang menantikan buku onthel saya, inilah sebenarnya isi dari buku yang sepertinya tidak pernah ada itu.. Soalnya saya pemalas yang terlalu banyak aktivitas, jadinya mendingan membahas di situs ini daripada menulis buku. 😛

  91. mas andyt, kalo “sepertinya tidak pernah ada”, berarti ada dong bukunya, ditunggu loh…
    jangan jadi orang pendendam tidak akan ada habisnya, pengalaman adalah guru yang paling berharga mas, hehehe ….. 😉

  92. dendam kesumat terus menerus tak selamanya jelek, nyatanya banyak orang yang merasakan manfaat dendamku samai sekarang….hehehe, kali ini agak narsis, hahaha

  93. Mas andyt, bagi ilmunya juga donk buat kita yang di samarinda ( ilmu onthel lho mas ! ojo sing liyo ). biar kita tambah ngerti tentang onthel dan kiat-kiat mencarinya

  94. Pak yudi ini ada2 aja… Di Kalimantan banyak yg lebih “sepuh” dari saya lho.. nanti bisa tersinggung he he.
    untuk om PPS disela kesibukan saya untuk kegiatan onthel tetap mendapat tempat yang utama, Saya sangat senang ada teman sesama dari kalimantan yang muncul di blog ini makanya saya sering kontak teman2 di Samarinda. Dengan harapan kalau nanti ada acara di jawa kita ada kawan harapan saya sebetulnya kalsel (Banjarmasin) tapi belum nampak ada kegiatn onthel.
    Untuk wong cilik Luas wilayah kalteng itu 1,5 pulau jawa jadi jangankan cuma sepeda. Seluruh penduduknyapun kami sanggup menampungnya ha ha ha
    Pak Mul saya memang blm pernah ke psr rombengan surabaya, karena kegiatan saya selalu dimulai dari barat (Jakarta) jadi energynya keburu habis, saya juga pernah ngetok rumahnya OM PPS Jam 2 malam/pagi ketika warga kediri lagi bersiap-siap mau Sahur he he Dasar Nekad ya…

    Tapi kalau sepeda menurut saya sebetulnya cuma sarana, yang lebih utama adalah bagaimana bahagianya saya bisa bertemu, berbagi cerita dan bersilahtorahmi dengan teman2 se hoby yang tentu dari latar belakang dan kota yang berbeda.
    Saya sangat bahagia dan begitu menikmatinya.

  95. Salam bikers onthel (salam nya bikers Jogja Onthel Community) / Salam Onthelis (salam komunitas pencinta onthel yg lain)!!!

    Salam kenal buat semua pencinta / penggemar sepeda onthel tua se-Nusantara yg ternyata sampai sekarang masih tetap eksis, dan bahkan punya “ruang” sendiri di dunia maya ini. Salut & proviciat terutama buat para pengelola situs ini. Salut, salut bgt bro!!!

    Sekarang sdh banyak sekali komunitas pencinta sepeda onthel tua. Dari Sabang (bener2) sampai Marauke. Indah, indah sekali melihat mulai lahir kembali nya keinginan masyarakat bersepeda, dan semoga semua ini terus langgeng, bukan jd hoby sesaat.

    Lama sekali saya cari2 situs tempat nongkrong nya penggemar / pencinta sepeda onthel tua. Akhirnya ketemu jg. Kesempatan ini ingin sekali saya mengutarakan pendapat saya pribadi / bahkan beberapa kwn pencinta sepeda onthel tua lainnya yg kebetulan pernah urun rembug dgn saya.

    Menurut saya, sekarang ini adalah saat nya buat semua komunitas pencinta sepeda onthel tua di Nusantara untuk menyamakan konsep / paham dalam dunia komunitas pencinta sepeda onthel tua, bahwa semua onthelis / bikers onthel se-Nusantara adalah sama derajad nya, bergabung bersama dalam satu keluarga besar yg ikatan persaudaraan sdh tdk lg memandang berapa jumlah sepeda yg dimiliki, berapa harga sepeda nya, bagaimana penampilannya, tua-muda, dll hal yg bersifat omong kosong belaka.

    Kenapa hal ini saya utarakan disini??? Demi Tuhan, saya sangat miris dan sedih di beberapa event nasional komunitas pencinta sepeda onthel tua seperti acara Jambore di Surabaya, acara Bandung Lautan Api di Bandung, HUT KOBA di Jakarta, atau yg terbaru Temu Onthel Nasional di Yogya baru2 ini, sangat jelas sekali terlihat bahwa saat ini pecinta sepeda onthel tua sdh dibagi dlm 2 golongan. Yaitu Golongan pecinta sepeda onthel tua ELIT dan pecinta sepeda onthel tua KERE.

    Adakah kwn2 lain merasa hal yg sama dgn yg saya rasa??? Sungguh, ini saya ungkapkan dgn tdk di embel-embeli sesuatu apa pun selain rasa ke-Brotherhood-an yg terusik.

    Sekali lg saya meminta maaf jika pendapat saya ini membuat kurang suka di hati brother2 pecinta sepeda onthel tua lain nya. Saya cuma terlalu cinta dgn komunitas pecinta sepeda onthel tua se-Nusantara, sehingga tdk ingin hal2 bersifat materi seperti diatas jd merusak persaudaraan kita.

    Kapan ya Pertemuan Nasional KOSTI se-Indonesia diadakan?

    Salam buat semua brother2 KOBA, PSB, VOC, PASKAS, serta seluruh Nusantara.

    Ryan JOC

  96. Untuk Mas Ryan perasaan itu muncul menurut saya sangat manusiawi dan di segala bentuk even kegiatan (apalagi skala nasional) pastilah ada semacam kelompok2. Tapi kita berpikir positif saja masalah ini muncul karena untuk alasan yg sangat sederhana yaitu bahwa antar sesama onthelis belum saling-mengenal luar dalam.
    Di acara PODJOK saya buktikan sendiri, teman2 yang sering muncul di forum ini yang didominasi oleh komentar lucu2 kadang juga mengolok-olok padahal kita belum saling mengenal. Tapi kemarin kita berjabat tangan, berangkulan saling bertukar pengalaman dan foto bersama, sekarang justru semakin tambah akrab. Dulu saya ndengar PODJOK aja ngeri mas Anggotanya banyak dan senior2 di sepeda, apalagi sepedanya ada yang dikasih lambang keraton, boro2 menyapa mendekat juga takut atau sungkan, Tapi setelah kenal sekarang saya malah sering kontak dengan mas Towil (ketua) dan anggota PODJOK yang lainnya.
    Maaf ya mas kalau saya salah ini pendapat pribadi, terimakasih.

  97. he he he…………………pokoknya salam kompak selalu untuk semua onthelis dimanapun berada……..nanti kalau sudah pada kenal & bertatap muka langsung saya kira akan menjadikan kita semuanya lebih akrab & guyup…………..dan semakin bersatu………………

  98. Sependapat dgn Mas Ryan,
    Golongan pecinta sepeda onthel tua ELIT dan pecinta sepeda onthel tua KERE,

    Onthelis SEMUANYA!!!

    Harus dihilangkan segera hal-hal yang menjadi potensi GAB!

    JOC sekarang kabarnya gimana?gak terdengar lagi.
    dulu anggotanya kan banyak banget!

  99. Pertama, saya pribadi merasa justeru dengan kekompakan yang dibangun antara lain melalui forum di situs ini akan meniadakan gap-gap (salah satunya) dari faktor strata ekonomi.

    Yang kedua adalah para anggota kelompok sepeda sekarang sudah lebih egaliter dibanding beberapa tahun yang lalu (tahun 2001-an). Hal ini ditandai sekarang banyak muncul perkumpulan-perkumpulan baru akibat ‘perpecahan’ group sepeda. Para penggemar sepeda kemudian juga terbagi kedalam beberapa karakter dasar,
    – ada yang demen sepeda,
    – kolektor sepeda,
    – ada yang suka banyak temen,
    – suka sepeda tapi punya keterbatasan (antara lain faktor finansial).

    Semua itu tumplek-blek di ajang/event-event sepeda, dan menyatu. Contohnya adalah saya, Heru WC, Laexs, Fahmi, Tatank, OP, Bahtiar, Nino, Aris, Iwan Hatta, Ivanka,Hardi, Sodik, pak Har (PPS), pak Mul, pak Naruto, pak Yos, dll para kontributor blog ini mungkin punya motivasi berbeda dalam menghadiri suatu event, namun yang menyatukan kami adalah KEBERSAMAAN sebagai sodara dalam onthel. Sehingga kami tak terlalu memikirkan latar belakang suku, agama, budaya, bahkan politik atau group sepeda.

    mr.t: mantappppp..bnerrr..setujuh

    Yang penting adalah jangan sampai kita mengulang masa lalu yang menjadikan dikotomi antara ontel ‘elit’ dengan ontel ‘bersahaja’. Biarlah itu menjadi urusan para pedagang yang menciptakan kelas-kelas dalam sistem produksi sepeda dan asesorisnya, kita tetap bersama dan bersatu dalam persodaraan ontel Indonesia.

    Gimana bang Fahmi ‘mbetmen’ ? Ayo komentar donk…

  100. benar pak narto eh pak naruto..heheh yang bapak sampaikan, disetiap komunitas apapun pasti ada yang seperti itu tergantung kita menyikapinya, saya banyak bergabung dg berbagai komunitas dan pasti menemukan hal2 yang seperti ini, tapi jangan salah tidak setiap orang yg berpenampilan “wah” itu tidak dekat dengan kita dengan bergabungnya mereka di komunitas kita itu pertanda bahwa mereka bisa menerima kita memang tidak dipungkiri ada jg yang tidak menyukai individunya, ntah cara bicaranya, ntah kelakuannya , egois lah…nah dari individu2 itulah kadang kita menyama ratakan golongan tersebut padahal tidak semua.(pada akhirnya yg sombong akan ditinggalkan mas) walaupun memang mereka mempunyai kelebihan materi. dan saya jg merasakan hal yg seperti mas ryan sampaikan tp itu manusiawi, ada satu hal lagi yang membuat kita jadi ngobrol berkelompok karena pokok bahasan yg sedang dibicarakan tidak sesuai, otomatis org yang tidak mengerti akan menarik diri dari pada bengong 😀 , saya mengerti maksud yg ingin mas ryan sampaikan Kebersamaan yang ingin dicapai. kalau saya sedang berkumpul dengan teman2 ya berbaurlah agar kita saling kenal . pada akhirnya kita akan tahu berbagai macam karakter orang2 disekitar kita…dan mungkin yang sebelumnya kita anggap sombong setelah kenal akan menilai lain…pernah denger kan melihat mangga jangan dari kulitnya..halagh salah jangan menilai orang dari luarnya saja..heheh sekedar berbagi pengalaman mas….mohon maaf kalau saya salah..

  101. Kayuh seribu onthel yang juga pasti ada seribu kepala ha ha, pasti punya pikiran, motivasi dan (mungkin) tujuan yang berbeda.
    Tapi yang namanya sepeda. dari harga 150 rb sampai dengan yang elit2 kalau dipakai ngonthel sama capainya mas..
    Jadi kalau menggolongkan dirinya orang elit saya rasa salah alamat kalau masuk komunitas sepeda.
    Tapi kita harus sadar bahwa masyarakat kita sangat heterogen dan tapi kalau kita kembali ke laptop eh.. maksudku kembali ke sepeda. maka kita akan menjadi satu. Tidak lagi suku, agama dan RAS. Salam Onthel.

  102. Ada guyonan segar di KST/OGB..
    Apapun merknya dan seberapapun mahal harga sepedanyanya tapi kalau sudah 30 Km. mengayuh akhirnya sama capeknya..
    Punya sepeda mahal dan serba ori malah kadang jadi bahan olok2 kan. joke2 segar selalu meluncur menambah renyah suasana minggu pagi. Itulah ditempat kami jadi prinsip. Kita tidak mengenal gap, atau kelompok2.
    Sepeda mahal dengan berbagai atribut julukan yang bermacam2 di KST/OGB fungsinya hanya kita jadikan referensi saja atau penanda pada tahun ini di negara tetangga jauh telah lahir sepeda bentuknya ini tidak kurang tidak lebih, PHOENIX CHINA pun jadilah ikut rombongan kita, setelah finis kitapun sama2 dapat jatah satu gelas teh panas uenakk tenan he he

  103. sepeda phounix dengan sepeda gazelle ditempat tanjakan tidak ada bedanya,yg bisa dilihat hanya kaki dan bunyi dimulut ngos…….ngos…………hhhhhhhhhhhh apa lagi kalau dibawa ke lumpur lapindo pada musim hujan sekarang, sama-sama rodanya tidak bisa diputar.bisa2 sepeda naik orangnya.

  104. Pokoknya kita harus mempertahankan semangat kita dan bersatu padu dalam rangka pelestarian sepeda ontel di tanah air kita ini agar tidak punah atau dijual ke luar negri . Makanya kita harus pupuk semangat persatuan untuk dapat memiliki, merawat dan melestarikan sepeda tua agar tidak punah dan hilang ditelan zaman.
    Semoga kita dapat terus mengayuh ontel dan dapat dijadikan sebagai warisan bagi generasi kita selanjutnya Amin
    KEEP ONTEL FOREVER MY FRIEND.

  105. begitu saja kok ruueepoot…ini hanya masalah PERASAAN saja…he..he..he..yang penting mari kita sama2 mencintai yang namanya ONTHEL…buat pa loebis ya sekali2 kan ngga apa onthel bonceng kita dan kapan bisa main ke palangka raya?

  106. hmm…too all ontelist,!!!

    sungguh, memang sudah saatnya kita bertanya kedalam benak hati masing2…. saya setuju pandangan tulus darimas Ryan JOC dan saya kira ini juga sesuai pandangan bagi ontelis2 muda yang baru kepincut tuk ngonthel,

    Perlu disadari, sebahagian penggemar memang ada yang menganggap komunitas Onthel adalah komunitas terbuka, siapa aja bisa ngayuh bersama, siapa aja bisa senda gurau bersama.. jalingan brotherhood adalah segalanya… namun, perlu disadari pula ada sebahagian yang mengganggap ontel itu bentuk investasi dan menjaga nilai histori… orisinalitas ontel, jumlah ontel, merk, harga, assesoris dsb dikedepankan sebagai alasan bagi sabahagiaan ontelis ini…

    sungguh… setelah saya alami dan pelajari kondisi seperti ini, ada kenikmatan tersendiri… dibalik dualisme alasan cinta ontel spt diatas, jujur…. saya sendiri sebahagiaan yang menjadi “pemakai”,ontelbagi saya telah jadi idealisme peradaban masa kini..ontel saya jadikan kemanfaat sewaktu pertama kali diciptakan,,TRANSPORTASI!!! setiap hari saya sempatkan tuk mengayuh, tuk ikut merasakan “ngontel” dalam setiap kayuhannya, sambil menikmati kebersahajaan dalam setiap kayuhannya, sambil berdzikirdi setiap kayuhannya, sambil ikut membuat ekonomi smakin Hemat membuat badan sehat dan yang lebih membahagiakan..ikut menjaga agar bumi ini selamat, tanpa polusi tanpa ikut memakan subsidi bbm negara tanpa ikut membeban kemacetan di jalan raya… itulah saya sang “pemakai”…

    tetapi…ketika di komunitas saya bertemu sahabat2 ontelis yang “pecandu” selalu membicarakan sepeda, menceritakan koleksinya, orisinalitasnya, harga dan sebagainya..tapi..sahabat saya ini kadang saya nikmati sebagai sumber pengetahuan tuk lebih mencintai ontel…

    lalu… dalam komunitas saya ketemu juga sahabat ontel para “pengedar”,yang satu ini…wuaahhh..jujur mengedepankan nilai kepentingan ekonomi… tukang berburu barang lalu transaksi jual-beli, dan yang uniknya sahabat “pengedar”yang satu ini sangat supel dan pandai bergaul.. kita bisa mendapatkan barang2 maupun assesoris darinya dengan harga “temen seontelis” coba kalau dkhayalin…mana ada yang mau jualan resmi barang2 sepeda tua, hayoo..? sahabat saya yang satu ini luar biasa dibutuhkan disetiapkomunitas!

    kemudian ada lagi para sahabat saya yang “pemula” baru punyaontel satu…pengen ikut gabung, pengen cari banyak sahabat, cari pengetahuan tentang ontel, pengen ikut bocor, pengen keunikan, pengen lebih tahu…dlll… wah kalou sohib yang satu ini, tinggalmengolah suasana hatinya, ini yang jadi sahabat ngobrol saya… saya berusaha tuk menyebarkan virus,mendoktrin kalou Ontel hanya Alat Transportasi, ga perlu punya banyak, yang jelas..menghidupkan suasana mengontel sudah bagian dari ikut mewarisi nilai sejarah, ibadah, dan..tentunya ikut pula menyelamatkan bumi dari musibah!!!, sedangkan komunitas adalah sebahagian wujud dari nilai-nilai persahabatan….para ontelis dari semua jenis, baik itu pemakai, pecandu, pengedar maupun pemula… disitu sebuah kumpulan bisa terlihat eksis atau tidak dalam menjaga persahabatan..!!!!

    toh bagi saya yang penting..:

    PERBEDAAN ADALAH RAHMAT
    BISA BERBEDA JADI NIKMAT
    INGIN BERBEDA ADALAH MOTIVASI YANG KUAAT
    INSYA ALLAH… DARI PERBEDAAN AKAN JADI MASLAHAT
    UNTUK KEBERSAMAAN YANG KUAT DUNIA AKHIRAT

    ITULAH KENAPA ONTEL MESTI BERSAHABAT

    HidupOntell…!!!

    Ontel berniat
    Badan Sehat
    Ekonomi Hemat
    Bumi Selamat
    Pahala Berlipat..

    Yo opo ra?

  107. ihiks…

    syukur Alhamdulillah..
    terima kasih kpd Allah Swt, Nabi muhammad and sahabatnya…

    buat mama papa dirumah, adik2ku tersayang … I love U alll

    Sebelomnya.. saya ucapkan terimakasih buat para produser…

    hikkss..

    sang sutradara, para crew, dan juga para sahabat-sahabat saya… yang terlibat dalam pembuatan film ini

    terlebih buat para fans saya dimanapun berada…
    I LOVE U….!!!

    hikkss

    ini bagian dari wujud.. penghargaan sebuah maha karya..

    dan piala ini akan saya persembahkan buat ontelist di seluruh dunia

    terimakasih…. Hidup Ngawur

    (Mode : Kata2 dapet Oscar)

    Ihiikss

  108. he he he………..boleh juga nich ..teman kita ..siapa dulu………….kang “Mbetmen” he he he………..pokoknya HIDUP ONTHEL……………..dan semoga bersatu terus dan menjadi lebih besar lagi peminatnya…………….( bertambah club – club nya di setiap kota / kabupaten, bertambah terus anggotanya & dan bertambah terus peminatnya alias anggotya baru……).

  109. hallo…………..teman – teman onthelis semuanya dan dimanapun berada…………………..yang jelas betul…………apa yang telah dikatakan oleh P.Naruto, P.Andy.T, Mr “T”, kang Mbetmen, dan teman – teman lainnya…..pokoknya kita semuanya tidak ada perbedaan apapun……………kita semua adalah “onthelis sejati” he he he………….dan tetap bersatu padu untuk tetap menggalakkan onthel di kota masing – masing…………..biar bertambah terus club dan aggotanya. dan terselenggaranya agenda tahunan ( setahun sekali ada acara, dan kotanya bergantian / giliran ) supaya kita bisa lebih mengenal daerah / kota dimana – mana…………..dan yang lebih penting lagi kita semua nya dapat bertemu langsung / bertatap muka langsung ( di situ bisa saling kenal & ber senda gurau bersama ) SALAM KOMPAK SELALU………………..

  110. salam ontel ane ontelis dari selatan jakarta met gabung ontelis fatmawati kayaknya uda mulai bertambah nih wilayah selatan bang .end jangan pada lupa registrasi boss……..
    MAKASIH PAK KETU

  111. stlah membaca, memperhatikan, menyimak dan akhirnya menyimpulkan..(wih..gaya e rek-rek)..he..he..(guyon).

    Teman2 semua, jujur saja, pada awalnya saya di musuhi oleh para makelar sepeda di P.Raya, kenapa..? sebab saya selalu membagi literatur-2 (s/d sekarang & seterusnya) tentang sepeda kepada kawan-2 KST Raya/OGB dengan maksud supaya jangan sampai dibodohi atau di bohongi oleh para makelar tsb. seperti yang pernah saya alami, sama seperti yang disampaikan oleh Pa Andhyt,..
    Padahal kalo saya ingin mengambil keuntungan pribadi (finasial) saya pikir bisa,..karena saya mempunyai link terlebih dahulu dengan teman-2 kolekdol di P.Jawa dan sekitar, tetapi hal tsb tidak dan semoga tidak a saya lakukan,..semoga..

    Oh ya,..kabarnya akan ada kongres sepeda tua yang I (pertama) ya..? moga-2 bisa terealisasi dan cepat terwujud, saran..kalo hal tsb bisa di realisasikan, club-2 ontehl/sepeda tua se Nusantara harus dalam posisi yang horizontal – sejajar secara organisatoris, bukan vertikal (atas-bawah) demi menjaga kebersamaan dan kekompakan kita semua dan juga unutk menghindari adanya perasaan minder bagi semua club-2/komunitas yang ada di Republik ini,..TQ..(sambil mbungkuk)..

  112. MAS2 SAYA MAU NYARI INFO HARGA UNTUK SEPEDA SAYA.saya punya RELIEGH CHOPPER MK2 th1972 WARNA ORANYE 80% ORISINIL.kalau ada yang tahu kira2 harga jualnya berapa? no HP saya 081904156673.atau hubungi saya di sebelah timur perempatan balai kota jogja jl.KENARI 63 rumah mas andi,disana saya buka bengkel LOWRIDE juga .MATHUR NUWUN

  113. ass….
    hehehe.. akhirna jd juga anggota BOC… mskipun id nya blm jd hehehe…
    maksih ya yg dah mo bntu n ngasih pelajaran n wejangan2 tuk maen onthel….
    terlibih tu Raden Rizal Buitenzorg n H. Koesno…

    mmhh aku juga mo mnta tlong dong tuk para pcinta onthel sedunia n akherat hehehe…
    klo ad yg pnya lmpu blakang fonger (yg kotak) bkn model PFG (cieee gaya yach) berlebih mnta tlong ksh2 kbr ya boleh dsini n via email di kunyit_kecil@yahoo.co.id
    kn lmyan tuk ngelengkapin speda ku… sama satu lg mnta info tentang speda juncker model co.. mkasih ya tuk smua…

    wasalam

  114. Foto yang dijadiin Avatar fotonya siapa sich? Cantik banget 😀

    Kalau saya gemarnya naik sepeda yang pakai mesin hehe, tetep aja pangilanya bikers juga kan ?

    Salam kenal Indobikers,… 😀

    eh foto siapa sich itu ?

  115. Beruntunglah saya yang ada di palangka raya karena banyak senior yang punya banyak sepeda dengan berbagai merek, sehingga saya bisa belajar langsung dari mereka sekaligus melihat barangnya. Jadi walaupun saya baru punya dua sepeda (RALEIGH) rasanya udah cukup karena kalau mau menikmati sepeda merek lain kan bisa pinjam. (Yang penting modal muka tembok cing)

  116. di aceh ga ada klub onthel, tapi kalo sore2 banyak yg pulang nyari rumput buat makan sapi/kambing kaya pawai.
    aku punya 1 handelsmerk – rijwielfabriek – empo -vorden holland no rangka 569402. kira2 buatan tahun berapa ya???
    salam kenal dari aceh.

  117. Salam kenal dari azis – Balaraja – Tangerang
    Saya tertarik ikutan club sepeda tua, tapi sebelumnya saya punya 3 sepeda dari rongsokan di gudang pabrik Austria-Jerman. saya dah kirim fotonya di mas bahtiar & laexs.
    merknya Steyr Waffenrad puch ( aku tunggu komentar teman2 tentang sepedaku ) sebelum memutuskan ikutan club biar gak tengsin. thanks

    mr.t: nggak usah tengsin mas aziz..justru harus bangga masih bisa punya sepeda yang sudah uzur bisa dipake lagi .. 🙂

  118. thanks mr.t
    justru aku belum tahu itu sepeda udah uzurkah??
    tolong mudah-mudahan bisa segera ditampilkan dan aku tunggu comment dari para onthelis. Udah kebelet nich

  119. Kami seluruh kerabat PODJOK (Paguyuban Onthel Djokjakarta) turut berduka cita atas meninggalnya orang tua laki-laki dari Mas Towil, semoga mas Towil dan keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan dan almarhum diterima disisiNYA dengan tenang, amin

    thanks buat infonya…

  120. Masters…
    salam kenal, saya dipasrahi sepeda laki-laki 28″ warna hitam kusam gak ada stikernya, sproket depannya “phoenix” RRC/Taiwan? peninggalan alm mbah, menurut ortu sepeda itu ada saat pindah dari Krapakan ke Karang Malang Yogya ( Hallo Yogya.. pa kabar..??)sekitar tahun ’74
    mo tanya, yg dimaksud sepeda antik itu paling muda keluaran tahun berapa? atau sudah mencapai sekian puluh tahun dari masa sekarang?
    Trus komunitas pit onthel itu apa komunitas sepeda tua atau sepeda laki-laki seperti yg saya dapat tanpa melihat usia sepeda?
    Mohon informasinya
    FYI, saya sekarang domisili di Jakarta

  121. O ya masters, sekalian nanya sepeda lowrider boleh gak, saya juga ada sepeda lowrider dgn stiker “Spool” sn#S7F7747689 itu keluaran mana dan tahun berapa? saya coba browse kemana-mana gak ada hasilnya….
    Maaf kalo salah forumnya…
    makasih

  122. Salam Onthel.
    Saya punya sepeda yang Rangan, Porok, dan Slebornya mirip dengan Fongers, Serinya HH 60 ukuran 24. Kira2 sepeda saya itu benar Fongers atau ngak ya? Kalau ya kira2 rakitan tahun berapa? Mohon bantuan Para Onthelis.
    Trims.

  123. para pencinta sepeda yth,
    saya sebetulnya mau cari sepeda yang bisa dinaiki berdua,sama-2 ngontel, gitu, bisa dibantu….

    salam
    bh

    mr.t: sepeda tandem kali ya yg dimaksud ? 😀

  124. Di rumahku ada sepasang (laki – perempuan) gazelle. aku pengin gazelle itu dinilai originalitasnya oleh para pakar onthelis…, gimana caranya ya…..karena terus terang aku nggak ngerti masalah sepeda onthel gazelle meskipun aku suka lihat keantikannya. aku juga punya picnya….., yg tepat aku menghubungi website apa untuk nunjukin sepeda sekaligus belajar menganalisa originalitas sepeda kuno khususnya gazelle. trmksh. mohon balas ke emailku ya (agguset@yahoo.com)

  125. kulonuwun….mas2 onthelis saya punya sepeda merk the humber, boleh tau ga story or history dari sepeda itu????tyus thu sepeda harga nya berapa ya sekarang klo di jual????Oy,mas sepeda saya thu teyengen na mta ampun mas klo msal tak cat ulang ilangi orisinalitas na ya mas, nurunin harga ga ya???tyus biar teyeng na ilang tanpa di cat ulang gmn crana ya??
    ga mo tak jual c mas,cm pgen biar kliatan kyak baru lg tp dg cara yg alami..hE2
    blz..Coyi tanya na kebanyakan…hE

  126. Tolong info nya dong sy puny sepeda dengan spech sbb:
    Merk : RAY
    Buatan : Nothingham – England
    Sadel/jok : Brook
    Boncengan belakan : Orient
    Bel : King of the road
    karet rem : John Bull
    part number batang sepeda : A05744

    apakah ini termasuk sepeda antik ato bkn ya…..kalo ada yg tau ini buatan tahun berapa ya…..

    Tolong informasi nya saudara-saudara

  127. tolong mohon bantuannya
    saya orang surabaya yang barusan dapat sepeda simplex dari tukang tahuwa alhamdulilah murah cuman 90 rb.saya aja tertawa sampe tiga hari.tapi yang orsi katanya cuma rangkanya sama garpunya saja.yang saya mau tanya apa masih ada onderdilnya yang orsi.trus kalo ada dapetnya dimana.maklom saya masih buta tentang sepeda tua.
    tolong saya dibantu

  128. Sebenernya saya masih pengen nyepeda.
    Tapi sejak sepeda saya hilang 2 tahun lalu, ga punya uang buat beli sepeda. Jadinya terpaksa ke mana-mana naek motor.
    Ada yang mo minjemi sepeda…??

    :p

  129. Mas Bowo, setau saya Ray itu England banget. Sepintas sangat mirip Raleigh. Dipiara baik-baik aja. Sepertinya pemilik sebelumnya sangat perhatian sama sepedanya tuh. Sadel Brooksnya aja sekarang sudah mahal Mas.

    Cucu Chiell, coba hub Mbah Roko, pasti terjawab semua itu…. Uhuk…uhuk… 😀

  130. MAS Wongeres, dinosaurus udah berkembang biak belum? coba cari jodoh di gembiroloko perasaan ada patung dino trus beli susu di sebelah barat perempatan gembiroloko pasti murah!

  131. Salam kenal

    Wah, kepleset ngetik di search engine google, mau nyari wiro sableng end of story,malah dapat ilmu baru, unik juga ini kumpulan sepedanya oemar bakri. Jadi teringat masa lalu, sampe-sampe saya nyari sepeda kakekku. Setelah ku amati di sekitar rumahku,ternyata banyak juga yang masih pakai sepeda tua,seperti; tukang botot,tukang tilam,penjaga sekolah SD, tukang las/patri keliling.tukang jamu keliling, pak ustad penjaga mesjid, mbah pijatku, Mr.Mono guru bahasa inggris kelilling, dll yang rata-rata kutanya umurnya sudah di atas 60 tahun atau warisan dari bapaknya (bayangkan, yang punya saja sudah tua, apalagi bapaknya ya) dan anehnya mereka tidak mau menjual sepedanya dengan berbagai alasan. “Dek, sudah ada yang tanya sama bapak, mau engak sepeda ini diganti dengan yang baru ? saya jawab tidak karena sepeda yang baru tidak enak dikayuh. Kalau di jual mau enggak ? Ya kalau di jual saya kerja pakai apa ? hehehe. Asli ya mereka cinta banget sama sepedanya. Kalau saya lihat mereknya macem-macem, tapi menurut mereka rata-rata buatan belanda. entah apalah uniknya, saya juga engak ngerti. Tapi mereka sangat membutukan transportasi murah ini. Anaknya saja pakai sepeda motor dan malu melihat sepeda tua banget. Maklum di sumatra banyak banget sekarang anak mudanya yang senang sama valentino rossi.
    but away gitu aja ya salam kenalnya, terserah mo di komentari atau tidak. Yang jelas saya kagum sama anak muda yang cinta sepeda tua karena mereka pasti cinta sama lingkungan dan kesehatan.
    Keep Growing ya, jangan putus di tengah jalan perkumpulan sepeda tua ini. Kalau bocor,pompa lagi….hehehehe.

    salam hangat

  132. Mas, Faj.
    Halah. Bul tonggo to Mas? Sungkan Mas, di situ sudah ada yang mbahurekso: Den Mas Wawan. Tar dikirain mau merebut jatah susunya 🙂

  133. bagi tman2 onthelish yang ada di surabaya yang kemarin mengikuti pawai pembukaan ultah surabaya

    tolong donk dimasukkan photo dan video perang2an yang di hotel mojo pahit sby..
    thank (cacak sepeda’an)

  134. salam onthel, mas -mas konco ngeblog mohon bantuannya dong. saya baru belajar ngeblog, dan udah bikin,..azman123wordpress.com. saya mau tampilin kegiatan ngontel di wirw wiri, gimana caranya.? atas bantuanya, terima kasih….

  135. bos, aku di klaten punya tim 30 orang namanya ALL CAPON (Totall Campuran Pit Onthel) berdiri 4 bulan yang lalu, gimana ane isoh gabung di klub ini????

  136. Nak sukron bisa hub admin kayanya ya……Klatenne mana nak…..(kalo ada alamatnya hambok dicantumkan.Selamat buat ALL CAPON ati ati nek numpak pit ojo nganti rintoh atau gigol yo…..

  137. Cah lenang kok Mbah. Ndak apa2 ya Mas Sukron. Lam kenal dan lam kompak. 30 orang itu jumlah yang banyak. Main bal-balan masih turah…

  138. saya punya sepeda Raleigh model balap..original,mau di lepas…ada yg berminat nga? email saya untuk foto dan keterangan lebih lanjut

  139. mas-mas nyang duluan ngobrol daripada saya,ni saya agak bingung sama speda ontel saya, duabulan kmaren saya bli speda PHILLIPS dari pak tani di blitar,trus kata temen2speda di malang kalo speda saya tu palsu, gimana caranya cek speda ontel PHILLIPS nyang aseli ma nyang palsu?sdangkan no.rangkanya ada, lengkap 6angka plus huruf di depan angka yang saya sndiri gak ngarti maksudnya……tolong respon ya!lagi cemas ni….

  140. mas, saya punya phillips no.rangkany J259025, tu tahun brp?trus gmn cara ngliat speda saya ini aseli atau palsu?tolong responnya……………..thnx b4

    -jallu, malang

  141. Untuk Mas Jallu. Kalau tahun sih saya nggak tau cara ngeliatnya. Tapi ciri-ciri Phillips-nya ada nggak? Seperti gear, stang dll ada tulisan Phillips-nya nggak? Kalau masih rem jepit, disamping remnya biasanya ada tulisan Phillipsnya.
    Juga gapit rangka belakang(bwh sadel) tinggi nggak? Kebanyakan Phillips tinggi juga sempit. Kebetulan saya juga punya Phillips.

  142. lam kenal onthelers…
    saya wisnu dr tangerang!!!
    baru 2 hari diwarisi sepeda si mbah merk humber!!
    btw,,mas adi saputra,,tangerangnya dimana..??
    saya jg dr tangerang,tepatnya di perumnas 2!!

    mungkin bs sowan

  143. mpot-mpotan saya dari anak japos,,,pngn tanya di mpot-mpotan ngejual low rider gax..?trus di mpot-mpotan ada anak low rider apa anak” onthel doang….
    bllz sms no ini aja 085694400620 pras.

  144. -buat mas halley (243)

    salam piet onthel sedunia!!!!!!!
    thanks infonya! tapi phillips punya mas halley susunan no.rangkanya sama ya?sepeda saya percis sama apa yang mas halley bilang,speda saya model cowok, tapi di selebor ada lis warna krem sama merah memanjang ngikutin alur slebor,tu ada di depan-belakang selebor….emang gitu ya kalo sepeda cowok?

  145. Kalau list spakbor banyak macamnya tergantung jenis sepeda. Ada yang warnya seperti mas jallu(biasanya untuk sepeda England). Tapi kalau untuk keorisinilan spakbor bukan hanya bisa dilihat dari list saja. Soalnya spakbor baru(merek Phoenix China misal) juga ada list yang sama. Makanya lihat dari kondisi spakbor tsb. Bila di batang ada juga strip yang sama maka bisa saja itu asli. Bisa juga lihat di belakang fork sambungan spakbor biasanya kebanyakan bawaam sepeda ada klem pada spakbornya. Kebetulan Phillips saya model dames, juga saat membeli sepeda tsb sdh tidak ada catnya dan serial number ada, cuma sudah tdk bisa dibaca.

  146. Numpang tanya, kalau sepeda Norton itu buatan England, kan? Tapi saya waktu itu lihat Norton yang logonya sama seperti Norton England, cuma dibawahnya ada tulisan MADE IN INDIA. Apakah memang Norton dibuat India juga?

  147. buat mas halley

    (thanks banget infonya!) setau saya memang gitu! norton ada juga yang dibuat di india,tapi coba di cek kembali sapa tau saya salah….tapi sumpah! bener-bener sumpah deh!setau saya ada tu norton buatan india,kalo ndak salah ada juga raleigh buatan singapur(tapi yang ini agak samar2 info yang saya dapat)……kalo buatan”INDONESIA” juga banyak kan………..hehehehehe

  148. Kicau Ontelis Dihari Kemis

    : “…hari selasa 20 mei kemaren, elu pada dateng enggak ke gedung Stovia, acaranya hidmat penuh nostalgia, wadduh banyak ontel yang dating dengan baju seragam perjoangan tempo dulu..: kata Bang Jali.

    : Sorry Bang Jali…jangan lihat ontel aja Bah, lihat juga lah pameran kebangkitannya didalam gedung, kan sudah lebih 100 tahun ada itu semangat joang buat mensejahterakan bangsa kita…: sergah Risam Sinaga.

    : “ Gua juga tau.. ayo deh kite bangkit….kalo gue bilang sih bangkit itu bangun jangan tidur melulu entar lu males, dan bukannya takut atau malu – malu kucing tapi ngembat jalan terus…: timpal Kong Mus.

    : … kalo udah bangkit…ya dibarengin juga dengan semangat dan kerja keras, tapi niat harus tetap jujur atau siddik…: sambung Mas Toto.

    : …hey Bung !!!…bangkit itu ada,mustahil tiada…terus sampaikan yang benaritu benar dan yang keliru dibetulin, dan bilanginnye secara santun dan baik – baik karena ini namnya tabligh, enggak usah pake demo segala…jalanan macet, anak gue enggak sekolah karena gurunya pade enggak dateng, bini gue enggak ke pasar nah tukang jualan pade tutup…semua jadi berabe ….: jawab Wa’Dullah.

    : …sebenernye bangkit itu bukannya marah, karena marah itu sifatnya syeitan atau iblis, mari sama – sama kita teruskan semangat joang serta titipan dari pendahulu kita, mari kita ajak yang belum tahu, dan mari kita raih dan kumpulkan yang ketinggalan dan yang masih berserakan, karena ini amanah yang musti dijaga dan disampaikan.. : kicau Kang Zaenal.

    : Ho..oh..ya Kang ?…bangkit itu kita harus cerdas, cerdik dan cermat, banyak belajar jengan telmi alias telat mikir, kudu pinter serta bijak dalam bergaul jangan sampe kuperpada akhirnya di tolongin orang luar terus, pan udah 100 tahun bangkit..inilah yang namanya fatonah…….kita masih perlu orang banyak seperti ini…: celoteh Wa’Inan.

    : …kalo den punyo solusi kiro – kiro ma ini..: gurau Uda Chando……mari kito ajak semuo tapi indak dipakso, nanti dibilang urang melanggar HAM kepado handai taulan jantan dan betino, ninik mamak serta sodagar dan para pengusaho yang sudah jadi rangkayo, para karyawan partikulir serta tehnokrat di eksekutif, yudikatif dan legislative.….ayo….jangan dakwah bil lisan melulu, sudah pekak telinga ini…mari kito dakwah bil hal dengan contoh yang kongkrit, berani indak ambil sikap begini, gaji kito selama 6 bulan disumbangkan kepada nagari ini,..sedih rasanyo melihat Ibu pertiwi sedang menangis dan air matanyo sudah habis, hasil bumi dikuras amblas, hutan gundul banjir melanda, sekolah ambruk, kelaparan dan gizi buruk, wakil rakyat dan pendemo pada berkelahi, pengamat itu dan pengamat ini lagi berdebat kusir dihulu dan dihilir….kalau ma ini tarus..apo kato dunio.

    : Kang Ikin nyeletuk:”…aku ora wani mas, nanti bojoku pasti ngomel….udah gaji dipotong…eh BLT enggak mampir – mampir….mau makan apa…..tuh makan pastel…eh ontel.

    : “…beta punya pendapat baiknya begini saja :…..sahut Om Charles…terserah kata dunia…biar dengkul ancur…asal ontel tetap meluncur. Huh…..gombal – gambil.

  149. Thx juga buat infonya. Oh ya, spakbor belakang Phillips mas Jallu ada penengnya nggak? Soalnya Phillips saya ada peneng belakangnya. Nah kalau ada bisa dipastikan kalau itu orisinil.

  150. buat mas halley
    kalo spakbor punya saya bukan aselinya tu!ni lagi cari info siapa nyang jual spakbor phillips aseli dgn kondisi cantik…

    • mas saya juga punya sepeda phillip ,,,stang merk phillip,,cangkokan rem merk phillip,,yang bikin saya bingung ada 2 nmr seri kiri &kanan,,yang kanan 2918,,yabg kiri B1141,,emang ada sepeda unto dg 2 nmr tsb,,kira kira buatan tahun berapa?terima kasih atas jwbnnya,,slam knal

  151. malang kapan lagi ada acara?supaya bisa kumpul bareng lagi….jallu(yg samapi saat ini masih menjadi musafir ontel,ndak tau harus kemana)

  152. mohon informasi, tetangga sy pny speda fongers, ktnya smua masih asli, tp di tengah stang ada tulisan fongers (tulisan rapi), biasanya kan tulisan FGP atau apaa…gitu, rem depan ada, tapi besi dari stang untuk rem blakang ndak ada terusannya (rem blakang ndak ada), kayuhan klo digenjot kebalik ngerem sendiri, itu speda asli gitu ndak ya…?, maap masih awam btt (drpd kliru)

  153. onthelis, maaf mau nanya, kalo Sepeda Jengki Phoenix China termasuk ke dalam kategori sepeda apa ya? Phoenix China dimulai tahun brapa ya? Apakah setiap phoenix mempunyai nomor seri? mohon pencerahannya! terima kasih.

  154. mas saya punya sepeda FIAG, buatan negara mana yaa?
    dan cara memasukkan foto-fotonya kewira-wiri naek sepeda onthel gimana yaa?

  155. Salam kenal
    Ane Endang ,.. pendatang baru di dunia Onthel
    Onthel RALIEGH BK1287

    Ngomong2 sekalian mo tanya ni ,. ada yang tau kira2 onthel ane keluaran tahun berapa yaa…

    thx sebelumnya

  156. salam kenal semua
    saya dari banyuwangi punya humber seri fa, hub SA seri AB 54-21, ukuran 57, lampu melas, stir dan pedal raleigh. mohon bantuannya bila ada yag tahu kira-kira buatan tahun berapa?

  157. halo teman ontelis di indonesia perkenalkan nama saya uky dari bandung saya baru dapat sepeda Phillips tapi merek depannya bukan emblem kuningan tapi seperti sablon pokoknya seperti sepeda merk Fongers mohon masukannya 1.klo phillips sablon ini keluaran tahun berapa ya?
    ukurannya 24, trus nomor rangka 110423 tapi angka satu pertamanya lebih tinggi dari yang sebelumnya trus sistem remnya torpedo mereknya sachs german apa itu asli? trus lampu depan merk union german pake saklar apa itu juga asli mohon bantuannya ni sepea soalnya peninggalan buyut saya diberinya tahun kemarin sekali lagi saya mohon tolong dijawab pertanyaan yang saya ajukan salam damai untuk penggemar pecinta dan pelestari sepeda onthel di seluruh jagat nusantara

  158. salam kenal mas nama saya uky dari bandung saya mau tanya
    sepeda saya phillips tapi merek depannya bukan emblem kuningan atau alumunium tapi transfer merek seperti sepeda merek fongers saya mau tanya sepeda ini buatan tahun berapa ya?
    sistem rem torpedo mereknya sachs buatan german apa itu asli?
    girnya dibaliknya ada ketokan huruf N apa itu juga asli?
    lampu depan merek union apa itu juga asli maaf saya minta tolong dijawab ya mas salam damai buat pecinta penggemar sepeda onthel di seluruh jaga nusantara

  159. salam kenal mas nama saya ari jaka dari bandung saya mau kasih komentar buat ontelis indonesia kenapa ya sepeda dengan merek sepeda phoenix kok selalu di nomor duakan meskipun saya sekarang sudah punya sepeda dengan merek phillips, fiag, hercules, fongers, valuas, yungker, magnet, simplex, burger, gazelle, batavus, wincoustin yang semuanya full original namun akhirnya saya memutuskan untuk tidak bergabung maaf buat para ontelis indonesia sepertinya kok malah jadi ajang pamer sepeda mahal padahal kita kan ingin terus melestarikan budaya bersepeda dan mengurangi polusi udara tolonglah jangan sampai ada gap antara sepea buatan china and eropa yang pentingkan kita sama sama pecinta sepeda jenis onthel dan komit buat ngurangin polusi udara. salam damai buat onthelis indonesia

  160. SIP! bener tuh mas ari jaka!
    mnurut saya semwa ontel sama,wong sama-sama punya pedal yang bisa dipancal(kalo pedalnya dak bisa dipancal itu speda motor)….Phoenix juga bagus, yang lain juga…..mnurut saya merk2lawas itu bukan buat pamer2an,merk lawas itu cuma kebetulan……………kebetulan ada yang nawarin ya dibeli……..kalo beli sepeda cuma buat pamer sama aja bohong,lebih baik buat museum sekalian biar anak SD bisa liat sepeda2kuno.kan kita beli sepeda buat dipancal( iyo opo ora?)……..Yaa semwa itu kembali lagi daripada niatnya…..

  161. setuju bang jallu, di sini tempat pembelajaran dan pencerahan, jangan sampe kita tertipu sama blatik2 sepeda onthel,katanya asli ternyata aspal hehhhehe… piss.. ah

  162. tuk kang ari dan bang jallu…

    wacana seperti ini memang sungguh dilematis, satu sisi proses penghargaan “seseorang” terhadap nilai budaya, sejarah dan barang kuno selalu memandang orisinalitas (dan itu sah-sah saja) atau…. dengan pandangan kang ari dan bang jalu pun sah-sah saja, tapi maaf…. bila dilihat pandangan “seseorang” itu menurut saya tidak bisa jadi wacana global terhadap “ontelis nasional” .

    sekedar catatan saya pribadi dalam setiap kunjungan ke klub-klub di daerah, pasti saya selalu mencari karakteristik Ontelist di tingkat paguyuban, komunitas, perkumpulan. dan memang ketika ngmpul dan bersama sama sungguh tidak ada lagi yang membeda-bedakan merk/jenis ontel, kalaupun ontelnya collected item atau phoenix made in china tapi… tetap ketika di goes/pancal capenya pun sama.
    atau mungkin sekedar contoh kecil, coba mampir tiap minggu pagi di bundaran HI tempat ngumpul KOBA (Komunitas Ontel Batavia) ratusan ontel akan parkir sama tinggi dan pengontelnya duduk sama rendah, merk phoenix pun mendominasi, tapi…yang ada canda ria, penuh nuansa silaturahim, kentalnya persaudaraan…dsb

    atau…. nun jauh disana saudara2 ontelist KST Palangkaraya yang pernah memberi video kegiatan, poenix pun eksis ontelan bersama, begitu juga di Jogja temen2 JOC, poenix mendominasi!

    atau… kang ari yang dibandung, coba sekedar melongok kegiatan PSB dan OBSEL, temukan poenix disana…ada!!

    jadi hemat saya, tinggal presepsi seperti ini kembali ke pandangan masing-masing saja, toh saya pribadi yakin….setiap ontelist akan menemukan jati dirinya ketika bersama-sama bersama ontelist lainnya, dan jangan minder…. apapun sepeda ontelnya…. persaudaraan hakikatnya!

  163. Setuju deh ah…… nak sekjen, bahkan gue punya temen mo cari sepeda yang tua (20 tahun keatas) katanya sulit (karena takut tertipu) mendingan dia beli sepeda phonik china baru dan bener bener kinyis kinyis (jelas silsilahnya) dan dipakai setiap kali kumpul kumpul nyatanya juga tetep gayeng, dia bahkan begitu pd berkata ” sepeda gue nih ntar dipake cucu gue pasti udah jadi barang antik” (betul juga loh). Yang jelas semua sepeda pernah baru dan akan menjadi lama dan unik.
    Salam persaudaraan dari mbah yang punya phonik star juga. Uhuk….3x

  164. Memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bila kita bisa merawat barang-barang peninggalan leluhur, yang kemudian secara kebetulan ternyata memiliki harga pasar yang cukup tinggi. Tetapi yang penting kebanggaan tersebut hanya disimpan di dalam hati, tidak untuk kemudian menjadi sebuah kesombongan untuk mencari “wah”. Sejauh pengalaman saya bergaul dengan komunitas onthelis, belum pernah ketemu sahabat onthelis yang bersikap arogan, semuanya bergaul secara bersahaja tidak pernah membawa latarbelakang atau asal usulnya. Di jalanpun, juga tidak pernah atau jarang ada Onthelis yang naik sepeda ngawur, zig-zag, biasanya bawaannya santai. Inilah yang membuat semakin hari semakin banyak orang bergabung ke komunitas Onthelis. Salam Onthelis!

  165. hahaha…..
    buat mas sekjen, mbah roko, mas sahid nugroho….
    SEMUA DAPAT SERATUS!!!!
    Jangan lupa besok ujian PPKN….belajar dirumah masing-masing ya….hehehe………
    ……………………………………………………………………………………….
    ITU BARU PARA ONTHELIST!!!!!

    lang levende oude fietsenminnaars!

  166. sori y slh no hehehehe 085225000469(nangs_hehehe@yahoo.co.id)….maklum gy nulisnya sok cepet..hahaha…kwn2 ontel tw g ciri2 sepeda ontel yang asli th gmn c.kn bnyk th yg paslu….hehehe.tlg di kasetw y.g mw ktipu nh tkutttttt.mklumcr yg sli susususususususah bgt.takut ktipu.hahahaha……..yg pegang nh web..pnyq yh slh no tlg d hps y…kacian yg pny no ntr di gangguin th,hehehe,mav y.trims..

  167. Onok ae cak bejo sitok iki!kakean ngombe banyu mahakam ta?hehehe…..yo lek awakku pinter sopo sing bimbing?(ojo ge’er disik…hehehe)……nagro-nangro….nulis apa itu?smsan sama ceweknya yg di surabaya ya?hehehe…..urus”adik kecilmu”dulu sana

  168. salam kenal sedanten onthelis nusantara
    dalem putra banyuwangi turunan yogya, apa bisa ikut posting di sepeda.wordpress.com, blog saya di diexnotss.wordpress.com. dan punya humber seri FA 30158, sy butuh bantuan pecinta onthel untuk mengetahui sejarahnya

  169. Salam Ontelis…..
    Mas saya sdh bikin blog di WordPress, gimana supaya bisa berrpartisipasi dan ngumpul bareng para pecinta ontel di situs ini?
    Sebelumnya terimakasih atas petunjuknya..mas2 semua…

  170. Salam kenal, , saya micko, saya mau nanya sepeda merk railigh kira-kira bera pa harganya? yang ada kunci leher di garpu dan yang gak ada kunci lehernya, bunyinya cik-cik-cik22.
    murah yang mana?apa sama harga dua-duanya atau beda?

    terimakasih…..

  171. salam…

    maw numpang tanya ne para sesepuh ontel saya baru maw mai di ontel ne klo ontel dengan merek te ha dan hartoge bagus apa tidak harga yang ditawarkan berkisar 700rb

    makasih ya atas infomasinya

  172. Salam kenal dari kami Komunitas Sepeda Onthel di Bogor telah berdiri dengan nama Onthel Community (ONCOM) Bogor.Sekretariat Jl. Mantarena Jembatan Merah No. 16
    No Telp : 08128374637
    Susunan Pengurus :
    Ketua : Drs. Bambang Patmanegara dengan
    sekretaris : H. Iswartono, ST
    Bendahara : Memet Gonzalez
    Humas : 1. Rully X-one
    2. Sahidi
    Atas perhatiannya kami ucapkan Terima Kasih

    ONCOM BOGOR

  173. segenap moderator dr sepeda.wordpress.com
    nama saya danu primanto, seorang penulis & fotografer lepas.
    saya meminta ijin mengambil beberapa materi di dalam konten blog ini, terutama pada bagian tips & trik dan foto utk keperluan penulisan onthel.
    sambil sekalian belajar onthel sapa tau bisa punya jg kelak hehehehe
    onthel bebas plusi & hemat BBM 🙂

    terima kasih

  174. Saudara-saudara yang penting punya sepeda itu bisa dipancal jangan dilihat harganya atau merknya, percuma harganya mahal dan merknya terkenal tapi tidak bisa dipancal. saya beli sepeda murah meriah harganya hanya 350 ribu bisa dipancal dan merknya FIAG. kapan-kapan gambar sepedae tak kirim nang wira-wiri sing lengkap ngak tulisane thok. (soleh Tulungrejo pare Kediri)

  175. Salam kenal buat onthelis se antero nusantara..

    Tabalong Onthel Club (TOC) terbentuk pada 08 Juni 2008
    dengan alamat Sekretariat :

    Jln. Ir. PHM. Noor RT. 1 Pembataan Tanjung Tabalong Kalsel Kode Pos 71571 Telp : 0811501888

    Struktur Organisasi :
    Ketua : Aberani Aberar
    Wakil Ketua : H. Zaenudin
    Sekretaris : Faris Fadhly
    Wakil Sekretaris : Drs.H. Hadir Imanudin,Msi
    Bendahara : Abdi Nusantara, SE
    Wakil Bendahara : Rusdi
    Koord. Sosial : 1. Kusnin
    2. H. Gazali
    Koord. Publikasi/ : 1. Husni
    Dok. 2. Supiatri, S.Sos
    Koord. Dana : 1. H. Iriansyah
    2. Drs. H. Abdul Basit
    Koord. Kesehatan : 1. H. Bahni Kasim
    2. H. Abdul Halim
    Koord. Mekanik : 1. Kastari
    2. Gazali Rahman
    Koord. Perleng- : 1. Tajuddin
    kapan 2. Murhansyah
    Koord. Keamanan : 1. Supadiyanto
    2. RM. Bambang Prihatin

  176. Lagi semangat 45 nich XK ! Dapet rezeki nomplok ya pak ? Buat TOC selamat datang selamat bergabung di dunia “orang gila”. Mari sama-sama sebarkan virus onthel di bumi BORNEO.

    With Love From
    B.O.M Samarinda

  177. iyah maksutnya itu bro,.. hehhee.. maklum newcomer..
    btw,… kira2 Raleigh ku, masih original ga Ya keadaannya? ane minta pendapatnya

    regards,

  178. tanya dong maklum org baru di dunia per onthel an

    maksud nya kalimat ini di bwh ini apa ya ” dipancal”

    soleh2321
    Saudara-saudara yang penting punya sepeda itu bisa dipancal jangan dilihat harganya atau merknya, percuma harganya mahal dan merknya terkenal tapi tidak bisa dipancal. saya beli sepeda murah meriah harganya hanya 350 ribu bisa dipancal dan merknya FIAG. kapan-kapan gambar sepedae tak kirim nang wira-wiri sing lengkap ngak tulisane thok. (soleh Tulungrejo pare Kediri)

  179. Ndak pak Yudi, karena beberapa hari ini ada didepan komputer terus jadi di sempet sempetin nengok wiwinaked terus.
    Biasa laporan semester dan siap siap nyadhong duko kalo sampe bos ndak puas. He….3x

  180. To.298 Najwadaffa…
    Saya sudah lihat sepeda Raleigh jenis betina dan secara keseluruhan sepedanya ok, mantap utk dinaiki/dikayuh. Namun dalam hal ini Najwa meminta onthelis utk menilai sepeda milik Najwa.
    Kalau saya lihat sepeda Najwa tidak memiliki acsessories yang orisinil secara keseluruhan baik itu lonceng, lampu, dinamo,kunci/lock, cagak/standart samping. Acsessories yang selalu dipakai di sepeda jenis Raleigh thn 1950-an adalah;
    -Lonceng merek Roadking, lucas dan miller. Semua made in England.
    -Lampu merek miller, mullard, roadking. Semua made in England. Lampu merek Raleigh dikeluarkan pd thn 1970-an sampai sekarang.
    -Dinamo merek miller dan mullard made in England.
    -kunci/lock merek GB (Greak British).
    -Standart samping/cagak, hampir mirip dengan standart Diamond china cuman bedanya ngak ada locknya dan ujung cagak besinya bengkok sebelah kanan.
    -Untuk boncengan biasanya merek Cartier.
    Biasanya sepeda betina made in England tidak memakai boncengan dan itu merupakan tambahan bila diperlukan namun asalnya tidak ada.
    Selanjutnya gambar yang ditampilkan tidak begitu mendetail jadi saya tidak tahu apakah pedal asli Raleigh made in Englad. Yang asli ada tulisan Raleigh di karet pedalnya dan ada tulisan made in Englang di dekat stik dayungan. Begitu juga dengan sadle Raleigh, biasanya memakai merek TERRY, BROOKS dan BLOCK. Semua made in England. Untuk pompa Raleigh biasanya ada gambar orang dan ada tulisan “R” di badan pompa dan ada tulisan made in England di ujung pegangan pompa. Utk lampu sepakbor belakang biasanya memakai merek LUCAS made in England atau ada huruf “R” made in England. Utk velaq memakai merek DUNLOP made in England yang tertulis di velaqnya. Namun utk sepeda yang dikeluarkan thn 1970-an keatas velaqnya memakai merek Sturmey Archer made in England. Sarung setang ada hurup “R” dan warnanya agak abu-abu tua dan sekarang sdh ada yang dibuat di dlm negeri dgn warna hitam dan warna abu-abu yang terang. Namun kwalitasnya berbeda. Untuk katengkasnya juga saya tidak melihat dari samping sebelah kanan. Yang asli Raleigh memakai baut, ada lobang dibelakang katengkas tepatnya ditengah-tengah katengkas dekat gear belakang.
    Sepeda Raleigh milik Najwa ini di buat pada tahun 1955, itu dapat dilihat dari angka yang ada tertulis di tromol porsnelingnya. Coba lihat kembali karena saya kurang jelas melihatnya. Disitu tertulis angka, bulan dan thnnya.
    Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan… saya merasa banyak kekurangan dalam penyampaian. Utk selanjutnya hub; 081370120130 atau sulaiman.razali@yahoo.com

  181. To.306 soleh;
    Sepeda abang merek FIAG buatan German keluaran thn 1920-an. Dapat dilihat dari lock yang terletak disudut sambungan body di bawah setang, itu salah satu ciri-ciri sepeda German dan fork belakang yang menyatu biasanya dikeluarkan pd thn 1920-an. Tq.

  182. selamat kepada para penggemar ontel dari daerah TABALONG KALSEL Tanjung Telah berdirinya suatu perkumpulan sepeda ontel yang cukup banyak peminatnya….
    semoga rakat mupakat selalu.menjalin rasa persaudaraan diantara penggemar sepeda seluruh INDONESIA……..
    Salam Ontelz;;;;;;;”’

  183. mohon bantuannya para ontelis sejagad….referensi mengenai sepeda merk THE HUNT made in Holland Kruisframe terima kasih atas bantuannya…. salam onthel

  184. ojogh kakean mikir sepeda pakk..
    anak istri juga dipikirin,,,

    anag sama istri mnta di beliin baju katanya gak punya duit.. tapi kalobeli lampu,stir,sepeda duitnya ada,,

  185. dear all…

    pls infonya ttg situs or apa aja artikel ttg dunia per onthelan…
    soalnya saya minat bgt tp..blom punya sepeda…mo cari bingung …ada yg mahal ada yg murah ….
    klo kaya pemula seperti saya harus ngapain ya….

  186. Bung Arry, kita semua kan blajar. Buka diri aja lebar-lebar. Nanti minat bin selera akan ketahuan, kita sukanya sepeda yang macem mana. Trus jadi sempet “menata hati”: motivasi kita beli sepeda itu buat apa. Emang apanya yang bikin minat? desain/model, fungsi, komunitas, peluang bisnis, atau apanya, hayo? 🙂

  187. pertama sih mo beli MTB buat olahraga tiap minggu bareng temen…tp kok ngeliat onthel langsung jatuh cinta nih..
    tp pas liat blog & web nya mahal 2 ya trus kaya susah banget nyarinya….
    dulu waktu sma pernah nganter temen beli onthel …waktu itu blom kena dihati…tp skrng kyanya keren bgt tuh…
    en nyesel juga tuh dulu kakek punya onthel (tau deh jenis nya apa) eh dijual coba diwarisin ke cucunya nih…walah nyeselnya baru skrg.

  188. Kepada semua para penghuni jagad sepeda ( onthelis )
    Perkenalkan saya warga baru dengan nama JOKO di Surabaya, setelah berlama – lama membaca situs ini akhirnya saya memberanikan diri untuk ikut bergabung dengan yang lain. Saya juga penggemar sepeda kebo / onta, yang kebetulan sampai dengan saat ini saya mempunyai sepeda 3 buah ( laki 1, perempuan 1 dan gudel 1 ), namun ma’af bagi saya sebenarnya nggak berani omongin merk karena saya kuatir akan mengecewakan bagi semua, karena bagi saya yang penting ng ONTHEL. Dan yang penting ( membanggakan bagiku ) lagi pada saat acara di Gresik 27 Juli lalu saya juga ikut ( pakai sepeda perempuan dengan lampu ting (bhs jawa) warna hitam ) walaupun tidak berani ngobrol saya juga tahu (melihat) berdekatan langsung dengan pakar2 sepeda dan sempat pula berdampingan di sekitar Nippon Paint bersama seorang anak memakai sepeda terkecil dengan kepala ( ma’af ) bocor. Sungguh sangat menyenangkan ( kepinginnya sih kenalan namun masih takut2 ragu ). Nah, semoga dengan ini nantinya saya dapat berkenalan dengan pakar sepeda di event berikutnya ( tentunya akan sangat mengasyikan ) dan sebagai tanda perkenalan saya juga kepingin tanya, dimana saya bisa mendapatkan buku referensi mengenai sepeda onta / kebo / pit ontel di Surabaya, lalu juga dengan harapan nanti kapan2 akan saya postingkan sepeda saya walaupun tidak orisinil ndil. Terima kasih semuanya. Dan juga pingin ikut acara XPDC Anjer Panaroekan di Surabaya tanggal 24 Agustus daftarnya dimana ? semoga tulisan ini nggak merepotkan bagi rekan onthelis. Mohon ma’af jikalau saya terlalu nglunjak (bhs jawa) juga bila ada kata2 yang kurang berkenan. Terima kasih. Hidup Ontheeeeeeeellllllllllllllllllllllllll……………………..Nusantara

  189. Pakde joko,
    Mungkin bisa saling tukar kawruh nanti di gedung juang tanggal 9 dan 10 Agustus 2008. Ntar ketemu saya pakde, mungkin bisa sedikit membatu walaupun sebetulnya saya juga masih super junior junior. Tetapi ntar tak kenalin sama om, pakdhe, mbah dll yang pakar pakar. Saya anak kecil yang kepalanya bocor. Tapi kepalaku sudah sembuh lo pakde, habis dari gresik udah dicopot jahitannya. Tapi sepedanya masih disita ayahku, katanya sekarang hanya boleh ngonthel kalo saptu sama minggu pagi. Tapi yang penting aku seneng pakde.

  190. Alhamdulillah, Raqa xkjr.
    Aku seneng aja kamu udah sembuh ( tentunya bisa ngikut acara lagi dong ), kita do’akan semoga sepedanya segera dilepas, kacian juga sepedanya kalau terus terusan dikurung, trus trima kasih mas xk atas responnya. Dan pastinya seneng kalo bisa ketemu dengan pakar2 sepeda. O….ya, akan diusahakan bisa ngikut even ( maunya sih ), mudah2an nggak bentrok dengan kerja, soalnya saya kerja shift.
    Dan saya hanya bisa mengingatkan mas xk bahwa kita sebagai manusia juga harus berperisepedaan karena selama ini sepeda kan selalu dinaiki manusia terus, he…….he……he…….he……………….. terima kasih, sampai ketemu di even

  191. Salam kenal para onthelist se-Nusantara…
    Saya Avo, mau berbagi pengalaman punya onthel pertama kali , begini nih …

    Awalnya cuma dari keinginan bersepeda untuk berolahraga dan melepas kesibukan namun jiwa melankolis ini teringat cerita nostalgia alm. bapak saya yang bangga mengonthel hingga kehilangan sepeda onthelnya persis saat beliau diwisuda dulu dan akibat seringnya diajak nonton film jadul Indonesia; Djanoer Koening, Serangan Oemoem 1 Maret, Kereta Api Terakhir, Doea Tanda Mata, dst…
    Akhirnya terbersit niat cari/beli sepeda onthel tanpa tau bagaimana ragam bentuk, merk apa, umurnya setua apa dan apalagi hal-hal unik lainnya . Katanya sih sepeda begitu banyak di JAWA ….

    Sewaktu Istri tercinta berkunjung ke kakaknya di Semarang saya titip oleh2 sepeda Onthel, … barangkali ada (sambil becanda).
    Dengan dukungan sepenuh hati ……. ceiilaa…. (Full support 100%) , Istri saya telepon dari Semarang di saat saya sedang rapat !
    “Ayah, ada 3 nih, mau yang merk Simplek, Hamber apa Ponger ?”,
    Tanya istri saya menirukan logat si penjual sepeda.
    Kelabakan saya menjawab untuk memilih, maklum baru denger istilah tersebut. Akhirnya dengan lugu saya tentukan pilihan yang komplit aja deh; ada belnya, ada kuncinya, rem tromol, ada standar tegak dan miringnya sekaligus, sadelnya kulit dan yang paling lusuh tapi kuat diantara lainnya. Ternyata sepeda yang dipilih itu merk Simplex berjenis perempuan (Dames – baru belakangan saya tahu istilah itu) bernomor batang 6373 …..??? … dengan logo S di depan dan belakang selebornya.
    Hati saya berbunga2 saat saya suruh istri saya membunyikan bel sepeda itu via Handphone….. Ting Nong… Ting Nong……

    Setelah ditawar & sepakat harganya, Simplex diangkut kereta barang ke Jakarta dan tiba 2 hari kemudian di Stasiun Pasar Senen. Saya jemput dengan hati deg2an.
    Dan Wow ….. betapa terkagum saya dengan onthel Simplex saat dibuka dari kardus mummy nya. Keinginan, angan2 dan harapan tercapai sudah . Puaaaassssss…….
    Setelah bel TingNong, lampu Bosch dan sadel kulitnya (Dibawa istri pulang duluan) dipasang, saya elus sadel kulitnya lalu tunggangi dengan halus dan coba onthel perlahan2 …….. dan ……. emmhhhh…….. nikmat buanget !!!!!!.
    Ting Nong…. Ting….Nong…. Siang itu juga ku onthel ke Bekasi ……… 30 km…

    Terima kasih atas masukan dan spirit dari rekan onthelis semua melalui blog ini. Terimakasih klub se-Bekasi yang memperkenankan saya ikut ngonthel keliling Bekasi bulan Juli lalu.
    Saya belajar banyak, kebersamaan, kesederhanaan, kesetaraan, dan terus ingin ngonthel !

    Hidup Onthelis !

  192. Kagem mas Joko.

    Sampean ga usah enak hati, silahkan saja bila ada pertanyaan atau uneg-uneg mengenai seputar perontelan disini lah tempat berbagi sesama ontelis. Semua rekan-rekan disini masih dalam taraf belajar, belajar mengerti,belajar menghargai dan belajar melestarikan.

    Thanks

  193. Terima kasih bang laexs atas responnya dan mudah2an kita bisa saling membantu. Ternyata seneng punya banyak teman dan pinter, serta mau membagi ilmunya antar sesama.
    Salam buat Pasomo Mojokerto ( terima kasih PIN nya )dan khususnya mas xk serta xkjr (ketemu di Muswil KOSTI Jatim). Wah ….3x benar2 tak kusangka “akhirnya datang juga” ketemuan dengan mas xk yang ternyata juga sama2 dari Koelon. Sip tenan, setelah ngobrol banyak dengan temen2 seneng lho mas bisa ketemu sampean, ya mudah2an kapan2 bisa nyambung lagi. Oh, ya ma’af kalau kemaren jam 11.00 saya pulang duluan, soalnya buat istirahat ( kerja jam 3 sore ). Salam semuanya.

  194. Mas digdo surabaya d mana ? Aku jg di sby lho.
    Sip, bersyukurlah dpt rezeki sepeda dengan harga murah, sering2 lah ngikut even (misal kemarin di Gd. DHD Unpatma Sby) pasti lama – kelamaan dapat ketemu jalannya. Tenang saja bila mau usaha pasti ada solusi, mudah2an segera menemukan, selamat berjuang tp biarpun nggak ori aku rasa gak pa2 yang penting ng ONTHEL, OK

  195. tanya dong simplex dgn no rangka 74712 itu tahun brp ye…
    trus klo merk idea (ideal ??) itu buatan dlm negri ya..sy pernah liat soalnya

  196. Kalau ada pemula penggowes sepeda kuno tapi masih belum ada wadahnya, gabung saja dengan yang sudah ada.

    Dipojok Surabaya bagian Barat sepertinya segera akan ada paguyuban dengan nama : SENO GUSAR, yang artinya Sepeda Kuno Gunung Sari.
    Siapa mau gabung ? Silahkan.

  197. boleh curhat colongan nggak?

    secara orang awam yang baru blajar mencintai ontel aku ngeliat kynya saat ini semakin banyak tumbuh klub-klub ontel di seluruh daerah…..
    tetapi, ada sedikit kejanggalan kutemukan pada klub-klub tersebut yang sepertinya tidak etis kalau disebutkan satu persatu disini…

    banyak penikmat ontel yang spertinya terjebak dengan “eksklusivitas” dari merk ontel itu sendiri. keseragaman yang dipaksakan dalam kelompok (untuk menunjukkan eksistensi dari kelompoknya) bagiku merupakan suatu kejanggalan dimana seharusnya pecinta ontel sejati tidak terjebak dalam penyajian yang “klimis”, bahkan tidak sedikit kuperhatikan sepertinya ada “sutradara” yang mengatur “Flow Kelompoknya” untuk sekedar mencari pengakuan atas “kebangsawanannya” karena ketika kejayaannya pemilik ontel hanyalah golongan kaum priyayi.

    tetapi sekarang seharusnya kita menghormati ontel sebagai warisan sejarah yang perlu direstorasi dan dijaga keberadaannya. contohnya masyarakat urban belanda yang tetap menggunakan sepeda kuno namun diaplikasikan dalam kehidupan yang modern, dibuktikan dengan tidak memaksakan dirinya menjadi boneka jadul yang “match” sama sepedanya yang memang kuno….

    sedikit koreksi untuk milis ini (kalo boleh!!!) tetap fokus pada misi kita mengembalikan masyarakat untuk bersepeda bukan membentuk kelompok “badut antik” yang lebih menonjolkan eksklusivitas dan eksistensinya. memang baik saling memberikan ilmu dan informasi seputar ontel tetapi jangan jadikan milis ini sebagai ajang MENGADU wawasan dan mencari pengakuan untuk menjadi yang PALING….
    sedikit mengingatkan, apakah kawan2 masih ingat dengan isu memfasilitasi pengguna sepeda dengan membuat jalan khusus bagi kaum sepeda di Jakarta? mungkin itulah yang harus kita perjuangkan dengan kebersamaan sebagai bukti memang kita dan masyarakat memang membutuhkannya, dan itu jadi pendorong untuk mengembalikan hasrat masyarakat dalam bersepeda yang mungkin takut pada keserempet dengan mobil dan motor. dan juga adalagi isu yang lebih penting mengeni “lets go green” dan harusnya topik diskusinya mengenai hal2 seperti itu, bukan jadi ajang unjuk kepemilikan, eksistensi, eksklusivitas, apalagi BISNISSS.

    mungkin server dapat lebih menyaring pesan2 yang masuk ke milis ini dan jika tercium adanya hal-hal yang berbau “SELF-LABELLING” coba seyogyanya tolong di buffer agar diskusi dalam milis ini menjadi lebih berkualitas…
    seandainya belum cara untuk membuffer, mungkin dengan tidak meresponnya, menjadi sesuatu yang efektif (tapi kalo nggak bisa nge-buffer, dibisa-bisain dong!). semga ini menjadi renungan yang bermanfaat & semoga berontel tidak “memperkosa” budaya yang seharusnya dibiarkan fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman….

    betapa indahnya bukti peradaban masa lampau dapat menyatu dengan mental bijak peradaban manusia masa kini….

    NB: Salam untuk mbah kuncen, sudah lama tak bersua, aku senang mendengar kritikan yang membangun dari beliau, kita butuh orang-orang seperti mbah kuncen! jangan jadikan mbah kuncen sebagai jenglot yang emosi terus pergi. semoga timbul mbah kuncen2 yang lain, makasih untuk semuanya……………

  198. permisi teman2…
    mau nanya nih sama teman2 yang ngarti banget sama sepeda belanda

    saya baru aja dapet frame ukuran 60&merknya RECORD…..ada yg punya info ttg frame tsb?saya tunggu komentarnya….bisa juga kirim komentar ke rangga.jallu@yahoo.com

    trims

  199. Salam ontel ….

    Kagem para ontelis yg berminat menambah koleksi sepeda bersejarah

    tyo di YOGYAKARTA mau jual sepeda peninggalan Merk Gazelle seri 1069296 …. tyo lepas dgn hrga 7 jt

    kagem ontelis yg brminat hub : 081536319244

  200. assalamualaikum
    saya jga penggemar sepeda ontel, kulo iki manggon neng bontang duwe grup B.O.C (BONTANG ONTEL COMMUNITY)
    Kmi di resmikan pada tanggal 17-agustus-2008 ini peminat sepeda di bontang mencangkup 35 orang. saya mhon silahturahim sepeda ontel di laksanakan sekian dari kmi

  201. Bung annonymous…..

    Selamat datang kawan-kawan di dunia onthel. Salam kenal dari kota tepian. Monggo berbagi pengalaman dengan konco-konco disini.

    Salam onthelis BOM Samarinda.
    CP : 08652187707

  202. Untuk semuanya, salam damai dan kenal dari Pit Onthel JEmber (POJ). Kami baru bikin blog namun belum sempurna. minta kritik dan saran dari teman-teman.
    (pojjember.blogspot.com)

  203. oia, saya lupa, sepeda yg baru saya dapat itu, kursinya disanggah pakai per ayun seperti mobil atau andong. roda depan lebih kecil dibandingkan kedua roda belakangnya. kayuhannya juga berfungsi sebagai kemudi ke roda depan.

  204. salam kenal,

    Ada yang punya Stang Polos (sy nggak tahu istilahnya) yang jelas tanpa tuas untuk rem, ada yang bilang Stang Torpedo.
    benar nggak?
    saya perlu, mungkin ada referensi toko atau apa namanya untuk daerah bandung.

    terima kasih

  205. Salam kenal,

    Halo onthelis saya pemula nih mau tanya soal sepeda yg baru aja dpt warisan dr embah saya…merknya humber BT 8255 tp saya ga tau keluaran tahun berapa, di belakangnya ada boncengan merk wing dan kunci roda belakang spt model jam kiri dan kanan gbrnya spt avatarnya Mr.T. yg mau saya tanya tahun berapa ya sepeda tsb? dan sekarang sepeda tsb terkunci tp nomernya saya ga tau, gmn cara buka kunci tsb?(saya sudah coba berkali2 tp ga berhasil) ada tukang service kunci ga? bisa minta informasinya….btw saya masih baru soal sepeda ini dan ingin mengenal lebih banyak soal sepeda antik. terima kasih.

    salam sepeda,

    yayo

  206. Buat BOC di 285, Salam kenal.
    Udah lama kepingin beli onthel, baru hari minggu kemaren kesampean, biar jelek dan tidak sirinilan yang penting bisa dipancal. Saya di daerah citayam, apakah ada juga komunitas disana. Setahu saya yang suka ada di depan walikota depok. Sekian dulu, mohon ijin untuk bergabung.

  207. untuk yang sepedanya merk record,temen saya juga punya merk tersebut berslebor kotak, rantainya mbulet,kalo dikoes kebelakang sepedanya malah maju antik deh pokoknya

  208. untuk yang punya sepeda record. temen saya punya merk tersebut,berslebor kotak,rantainya mbulet,kalo digoes kebelakang sepedanya malah maju antiklah pokoknya

  209. aq penggemar sepeda onthel, aq punya sepeda stangnya ada tulisannya RAMOLA, asli gak ya, emang ada ya sepeda yang merknya kaya’ gitu, soalnya aq awam soal sepeda kuno, makasih ya.

  210. Perkenalkan nama saya Fanbul

    saya beberapa hari yg lalu membeli sepeda Onthel bermerk Phoenix (lihat dr Gearnya) seharga 750ribu

    Dengan warna hijau tua, dan kondisi 90% Orisinil
    apakah cocok dengan harga segitu?

    dan saya ingin menanyakan beberapa hal

    1.Bagaimana membuat bagian2 yg kusam dan berkarat seperti Stang dan Rem kembali mengkilat?

    2.Apakah jok belakang bila diganti mengurangi kualitas dan mengurangi kesan Orisinilnya?

    3.Apakah spare part yang harus diganti/ditambahkan agar menambah kesan Vintage dan Classic pada onthel? dan berapa harganya?

    Mohon bantuannya para senior, saya bener2 belum ngerti, dan didaerah saya (depok Jawa Barat) jarang sekali bengkel khusus onthel, jadi saya kurang bisa berkonsultasi

    Terima Kasih

    Wassalamualaikum.

  211. salam sejahtera,

    saya pendatang baru disini, saya diberi sepeda onthel oleh kakek saya dan saya berniat untuk membangunnya kembali, namun ada part-part yang sudah diganti diantaranya fork blakang(ga tau namanya bnernya ap?) dan emblem udah ga ada..
    mungkin ada yang tau dimana tempat membeli penggantinya?
    untuk emblem dan fork blakang..
    kebetulan saya berdomisili di bandung..
    thnx b4..
    sangat dibutuhkan informasinya..

  212. Salam onthelist untuk semua….
    ada yang bisa ngasih info tentang onthel jepang merk Fuji ga?
    kmarin saya nemu dan masih ada no serinya. Terima kasih sebelumnya…….

  213. mas fanbul…sekedar tambahan,info dari mertua teman,dulu katanya orang memakai minyak kelapa selain semir sepatu untuk mengkilatkan onthel, caranya dengan dioleskan dan kemudian digosok pake kain sampai mengkilat.

  214. Salam kenal pada para pecinta sepeda tua.
    Sepeda tua mirip batu akik, harganya mulai sangat mahal sampai sangat murah. Nilainya tergantung dari seberapa kuat rasa ‘cinta’ yang kita pasang pada sepeda tua kita, maka akan muncul indahnya saat di pandang, nyaman saat dibelai, auranya muncul makin kuat dan bersatu dg aura empunya saat di kendarai (serasa dunia milik sendiri, yang lain ngontrak). Sungguh ini tak tergantung merk. ‘Fanatisme’ merk muncul karena ‘rasa’ itu. Saya punya teman menaruh sepedanya tidak digarasi, tidak di ruang tamu, tidak didapur, tapi DI KAMAR TIDUR ! Merknya nda jelas. Saya ditawari oleh seorang kolektor di bandung, terserah pilih, tapi yang satu itu jangan & yg jangan itu kelihatannya nda indah sama sekali. Betul2 beda sudut pandang. (Maaf sepeda saya adalah yg paling bagus diseluruh dunia, kata saya)

  215. SALAM KENAL DARI SUBUH (SEPEDA UNTA BUHAN HSS) KANDANGAN – KALSEL. CONTAC PERSONS : ARIF :081349462456 / JL.SINGAKARSA (PANDAI MUKA) RT.1 KANDANGAN – KALSEL

  216. @ Mas Sugiyat,

    Dapatnya sepeda kok mistis bener sih, seperti dapat keris saja.

    Tapi dirawat saja biar enak dionthel, bagus kok sepedanya.

  217. Salam kenal
    Waduh kayaknya seru nih bersepeda dengan sepeda antik. Aku jadi tertarik nih, disamping sebagai salah satu untuk mengurangi polusi si bebek besi tentunya melestarikan benda-benda antik yang salah satunya sepeda.

  218. Oom onthelis tolong dong…..
    sepeda saya masih gelap tuh….
    di frame yg dibawah jok ada nomor 2411 58
    terus di bag bawah frame ada tulisan a8 Made in Japan

    saya bener2 penasaran dgn jenis sepeda tsb…
    please help me….

    ThX from Toni
    kopral_ijo@yahoo.com

  219. Saya tidak mengerti, mau seperti apa kalau orang merasakan gengsi diri berdasar merk onthel tertentu, bukan nikmatnya yang dirasa bersepeda..menghirup udara segar..olahraga nan sehat..gitu..lho..oom..pak de..!!! bersatu kita teguh, bertahan pada gengsi namanya ora weruh..podo..lia-liane.

  220. Rekan Pakar onthelis, aku mohon input dengan : sepeda laki laki aku Merk : Hercules (England), Stang ori ada merk Hercules, tempat lampu depan ada tertulis letter “H”, Gear besar depan ada Merk : Hercules, Logo Hercules, Garpu depan belakang ujung dekat as ada klem (langsung) untuk tempat pegangan slebor atau disebut ” Jalu”, tinggi 60 Cm, cat hitam kondisi 70 % dan garis merah tipis masih kondisi 40 % Pelek belakang (36) depan (32) merk Dunlop (England). yang aku mau tanyakan mungkin rekan rekan ada tahu data pembuatannya thn berapa. trims
    kalo mau lihat foto nanti aku kirim ke admin biar dibuat blog untuk rembugan sepeda tsb. trims admin dan salam kompak selalu.
    iwan burgers – surabaya

  221. Tambahan : rekan rekan onthelis yg tinggal di sekitar Surabaya, Sidoarjo silahkan merapat ke sebelah utara Masjid Agung / Akbar (MAS) dekat stand PKL tiap minggu pagi mulai jam 06.30 ada kumpul kumpul sesama Onthelis dg berbagai merk. Silahkan dukung hal ini semata untuk menambah persahabatan, menambah wawasan sepeda dan reuni. ayo rekan rekan kita olah raga samabil ngilangin Stressssss.
    Slama kompak
    iwan Burgers – Surabaya.

  222. numpang jualan
    kalo teman-teman ada yg cari sparepart buat sepeda inggris….,

    mr.t: Maaf mas postingannya saya hapus…jualannya di sini aja ya..silahkan hubungi adm ybs…terima kasih

  223. Salam Kenal Ontel Mania “KOESUR” ( Koempulan Sepeda Uzur ) Banjarmasin berdiri tanggal 18 Agustus 2008 dengan Alamat Sekretariat Jl. Jend. A.Yani Komplek Veteran Rt.18 Banjarmasin
    dengan pimpinan Mang Engut ( Syahrani Hinu ), dimana pada tanggal 13 Januari tadi telah melakukan jalan bareng mengelilingi kota Banjarmasin bersama ontel Mania Agung dari Amuntai dan Ontel Mania Tanjung ( TOC )

  224. om,,…. saya sangat ingin menampilkan gambar dan spesifikasi sepeda saya guna mendapatkan penyegaran dari eman-teman onthelis… bagaiman caranya???? saya sudah mencoba membuat blog “onthelmatram.wordpress.com” bagaiman saya bisa tampilkan di web. wira-wiri atau apalah yang berbau onthel atau kalo ada yang car gambar sepeda valuas ketemu sepada saya, mohon bantuan toloooonnng…. maklum very-very pemula…

    tomy – mataram

  225. saya pernah kirim e-mail ke kank tatank dan dimas seperti yang diatas tapi kok gak tampil juga sepedaku…. ohhh malang nian nasib sepeda ku..

  226. MUNGKIN INI YANG NAMANYA KUALAT,…!!???
    (sungguh-sungguh terjadi)

    Pertengahan Mei 2008 ada pak haji mencari seng bekas dengan sepeda onthel jenis betina, aku sangat tidak paham tentang sepeda dan sangat tidak berminat, iseng aku tawar sepedanya, pak haji kebingungan karena satu2nya kendaraan untuk mencari nafkah yang selalu digoes puluhan kilo meter setiap hari demi mencukupi kebutuhan keluarga. Horeee… akhirnya do’i tergiur dengan mas kawin 225.000 yang sengaja ku tukar dalam pecahan 20 ribu dan 10 ribuan kumal agar terlihat buaanyaaak. Singkat kata…, singkat cerita… jadilah kepanjangan kaki pak haji berpindah tangan kepadaku. Sepeda lusuh dan berkarat yang memprihatinkan, hemm…. merk sepeda sudah tiada, stang sudah patri, spakbor renyah sekali di emut juga patah, sistem pengereman pake torpedo, sereemm.. kalo dijual lagi siapa yang mau beli?? kubongkar sepedanya, ku cat ulang pake pilox hitam dop, ku belikan spakbor baru harga 20 ribu, sepasang velg 70 ribu dan ruji yang paling murah. Alhasil tampilannya agak kerenan dikitlah, seminggu setelah renovasi, kucoba pake pagi2 sekali awalnya terasa nikmat walau jadi bahan tertawaaan isteri ku, di perjalanan kubunyikan bel ting…tong… aku kaget serta merta ada ibu gembrot berlari kecil keluar pagar meneriaki ku dari … mas!!!… tahu…. !!! (sialan….!!) sampe rumah langsung kucopot bel nya. Dan sepeda tak pernah kusentuh lagi.

    Dua bulan kemudian aku jalan2 ke sebuah pedesan jauh dari kota ku, tanpa sengaja bertemu dengan tukang revarasi sepeda, dipekarangan ada beberapa sepeda onthel yang sudah berkarat kehujanan, lagi2 ku tipu tu bapak yang gak bisa bahasa indonesia itu, aku bilang mau beli salah satu sepedanya seharga 200.000 buat kerja karna aku gak punya kendaraan dan gaji hanya pas buat makan, bapak itu prihatin dan sepeda disiapkan untuk ku, (jenis laki, kondisi berkarat, merk gak ada, sistem rem torpedo). Sampai rumah aku bingung kenapa aku beli sepeda??? (menyesal..!!!)

    Aku berusaha untuk menikmati, sesekali sepedanya kupake. Dan pura2 bangga,lah… dasarrr…. botakkkk……

    Setelah empat bulan punya sepeda dua biji yang hanya ku taruh begitu saja dihalaman kehujanan dan kepanasan, tidak sengaja aku browsing gratisan dan ketemu milis onthel, wuihh… ternyata onthel banyak penggemarnya, perlahan tapi pasti aku mulai tahu spesifikasi dan kriteria sepeda lawas komplit.

    Pada bulan oktober aku dapat informasi ada kakek-kakek (tapi gak berjenggot) yang mau jual sepeda merk raleigh jenis perempuan pake porseling 3 speed (kelengkapan pas dengan informasi yang kudapat dari internet) seharga 900.000. aku bayar, sekali lagi aku menyesal beli sepeda yang tidak kebutuhanku. Dua jam kemudian setelah sampai rumah aku kembalikan dengan berbohong ada keluarga yang mendadak butuh uang, jadi transaksi dibatalkan, do’i sangat kecewa walau tidak terucapkan mungkin uang hasil penjualan sepeda itu sangat berguna bagi beliau.

    Sialan kenapa aku ditarik ulur oleh sepeda???
    Seminggu kemudian aku dapat info lagi ada yang mau jual sepeda “ngecik” (istilah di mataram untuk sepeda pake porseling) lagi2 aku di “gendam” oleh sepeda, ku lacak informasinya, alhasil sepedanya ku lamar seharga 1,2 juta tu….naiiii…, merk valuas-holland, seri S1 5 009 (ada spasi nya) bel double dome, lampu+dinamo bosch, pake kunci leher, velg dunlop-england, boncengan dan standar koba, porseling dan tromol depan sturmey archer, sadel terry-england, lampu belakang kayak punya gazelle ada tulisan valuas-holland, ban sudah lengket dengan velg. Waktu dapat kondisinya lusuh walau cat masih ada 70% sisanya sudah tampak cat dasar warna merah tembaga,

    Kali ini isteri ku marah. Dan aku kembali menyesal……ya, nasib……
    Esoknya harinya aku bolos kerja sengaja buat membersihkan sepeda agar sedikit terhibur, seharian aku sibuk sendirian dengan sepeda, ku mandikan (tapi gak pake kembang tujuh rupa…), ban kuganti baru warna putih yang crom ku gosok. Masya Allah setelah kuperhatikan di seluruh badan sepeda yang ada cat seperti ada lilinnya sepeda sangat mengkilap dan kucoba goes porseling dan rem nya berfungsi dengan baik. kring…. kring… goess…goess…

    Sehabis sholat magrib aku duduk diteras memperhatikan sepeda sampai jam tiga malam…. Weleh… wewlwelehh… Esok harinya kucoba pake kekantor, teman2 semua tertawa, tapi aku merasakan kenikmatan tiada tara, sumpah seumur hidup baru kali ini aku merasakan “hidup” esoknya ku pake lagi dan kupake lagi, tak terasa sudah 3 bulan aku setiap hari kemana2 pake sepeda dan akan terus bersepeda, aku benar2 lupa bahwa aku punya mio soul dan mobil sedan (ini benar2 terjadi, aku harus beli aki baru karena tiga bulan mobil tidak pernah dihidupkan, kalo motor sering dipake isteri ku) dan yang anehnya setiap malam sampai detik tulisan ini kubuat aku tak pernah berhenti mengagumi sepeda valuas kesayangan ku (mungkin aku sudah gila atau kualat, entahlah…). Beberapa kali ditawarkan sepeda humber, raleigh, bahkan batavus dengan kondisi lengkap istimewa dengan harga amat sangat murah, tapi anehnya aku tak pernah tertarik lagi. Valuas ku pernah ditawar 3,5 juta dan aku “teguh” akan kuwariskan untuk anak laki-laki pertama ku (Andrian Vaio Raja Tasti) , semoga valuas ku berguna bagi bangsa, negara. Rencana ulang tahun ku ke 34 bulan pebruari akan ku goes valuas ku dari mataram ke bali,… biar vuassss… mohon do’a restu.

    Mataram, 16 januari 2008
    (mohon dimaafkan, ini tulisan nekatt,,,,,)

  227. @onthelmataram
    Salut. Kebanyakan teman-teman onthelist saya pada nggak tahu kapan saatnya bilang: “cukup”. Jadi ya akan terus kena gendam menahun 🙂

  228. @wongeres salam kenal om,
    kata teman onthel di rumah “onthel itu lebih dahsyat dari narkoba” canduuuuu….. sekali masuk kedalam hati gak akan bisa lepas….. buktinya…. tanya sama sobat onthelis sedunia..

  229. buat onthelmataram saya salut dengan anda, suer ewer2. bener kata mas2 kalau onthel lebih nyandu dari pada narkoba. tapi beda nya kalau mas onthelmataram bisa mengatakan “stop” untk meminang ontel kalau saya pengen nya meminang terus, untung ada istri yang selalu mengerem keinginan saya.

  230. onthelmataram ternyata anda sudah mabok spd ontel hhahahaha,udah ada satu nagih terus …,semoga virus ontel menyebar di lingkungan anda.. thx

  231. Lam kenal mbah. Asik juga joint d sini.bisa nambah pengetahuan ttg segala unto. Klo bisa bantu saya mbah laexs saya doakan tambah kaya,sehat, n nanti masuk surga. D surga boleh ngotel nggak ya? Saya punya tujuh sepeda yg tak tau merknya yg tersisa hanya no seri. Diawali letter : 1.ph angka 6 dgt.., 2. letter C/P angka 6 digit. Kira kira merk apa ya mbah? Ada satu frame sepeda tepat d bawah bekas logo tdpt ketokan letter gazele. no seri sblh kanan 6 dgt dimulai angka 8. Tanpa tmpt pompa . Apa bner gazele

    • Mungkin Religh,karna saya pernah lihat Religh seri CP 79xxxxx,,tp yang punya ndk mau kasih.ktanya warisan bapaknya,wktu dulu untk dpt sepeda itu ditukar dg seperangkat bendi,,smga membantu

  232. terima kasih atas segala informasinya, semakin hari semakin ter,,,ter,,,,dan ter….
    salam kenal saya baru di dunia perontelan mohon bimbingan, akhirnya saya membuat blog di wordpress juga,( pernah buat di blogspot,tapi kalau komen di sini gak kelihatan avatarnya).

  233. alow mr T,ktemu lagi nich diluar forum simplex! hayo dong tolongin yang punya info lengkap ttg the mister kasih tau aku,coz aku lagi baru mendalami sepeda sendiri(the mister)

  234. Kulo nuwun sedoyo mawon.saya punya sepeda tapi ndak ada merk & nomor rangkanya(mungkin sudah kehapus yg jelas gak ada jejaknya).cirinya frame horisontal/vertikal bawah sadel +/- 60 cm.frame bawah stang 19 cm.dibawah pipa tabung as ger depan terdapat 2 buah baut.ban ukuran 28.rem karet muka belakang.ger depan mirip logo mercy tanpa klem.kira2 sepeda apa yo mas.Tapi tumpakane uenak tenan.Mohon pecerahannya.(maaf fotonya menyusul.kameranya lagi dipinjam teman pulang ke jawa katanya mau hunting sepeda )

  235. asalamualaykum kakang teteh dulur sedanten saya anak ontel banten saya ingin memeprkenalkan kakang teteh dulu sedanten mulay dari ketua COBA ataupun comonyty ontel
    banten sampey dengan pengurusnya diantaranya
    1.ketua dadang
    2.sekertaris koh hari
    3. pengawas kang ono
    4.bandahara kang yadi
    5. anggota anggota diantaranya arjan bebeng hendro panjul iim yaya yeye syukur imam pak lurah pak budi taryo nurul dan lain lain sebenarnya kelompok kami ada 70 orang yang terdiri 30 anak SMA dan 40 ORANG DEWASA. kalu mau tau seketeriatnya dijalan cikepu kelurahan serang kecamatan serang kota serang propinsi BANTEN dengan nomor telepon seketariatnya 0254 207186 atau hp 08881757168-08176622810 untuk ontel bogor khusnya nyomong nyomong kapan ontel bogor mau silaturahmi dengan ontel banten nih yaowes lah konon bae yah kitane arep turu dingin soale owes bengi geh ya kira kira owes jam sewelas 11 hore urip kosti urip kosti urip kosti mugi mugi kosti niki kekal nan abadi biar bisa di lihat oleh anak cucu kita bahwasanya ontel itu memiliki nilay sejarah yang sangat tinggi sekali amin

  236. Gimana caranya biar blog ku bisa di muat di WIWINAKED, biar ada Linknya ke blog ku di MOOCLASS.wordpress.com Tp maaf bila msh acak2an maklum br belajar

  237. Saya mo nanya ma smua reken ontelis seINDONESIA. Sekiranya ada yg tau ga raleigh yg baruku dapat keluaran taon berapa. nomer rangka sebelah kiri bawah jok bertulis RD16968. raleigh ini kudapat tinggal rangkanya aja, part yg laen dah gak ada. tolong ya rekan2 ontelis tolong saya. terima kasih sebelumnya. mohon masukannya

  238. Mas mau tanya? saya baru saja dapat sepeda kuno tapi gak tahu mereknya hanya saja dibagian chasis bawah sadel sepeda ada nomor A 334593 dan pada chasis bagian depan ada logo sepeda tapi bukan emblem kata temen teman merek HIMA ,Hero atau Hartog bagi yang bisa bantu tolong yaaa makasih

  239. halo,saya shabrina yang waktu itu pernah foto-foto sepeda onthel di depan fathahillah tanggal 15 maret,salam kenal ya semua!

  240. Tes sdh diterima rupane rek, siwin yo…rek, poro sedulur-sedulur kabeh aku ikutan gabung di onthel ya. sebelumnya aku, istri dan anak aktif bersepeda juga dengan federal asli astra 2000 sepasang dan united sepasang juga buatan 2008. Ndik dalam hati aku belum ngrasakno puas dengan sepeda2 itu, akhirnya aku dapat humber sepasang dan ternyata uwenak rek dipakainya walau berat tapi mantap dan berkeringat luar biasa.
    Ingin minta pemcerahan sekalian sharing kenapa humber yg cewek perseneling giginya suka loncat sendiri, sebaiknya diganti or diservice dan dimana tempatnya untuk service dan jual onderdil original humber untuk wilayah sekitar cijantung. thanks 4 all n’ God Bless U.

    Best Regard’s
    Cak Markeso with Light and Peace.

  241. saya simak coment2 tentang ontel. . bukan main, saya jd tertarik pengen ngerasain punya onthel, tp duitnya cuma punya gope ceng . . . . kasihanilah daku para dermawan yg punya ontel yg sdh bosan . . . . huk..huk . ..hik..hik…. ajak2 kita lah . . . .

  242. @ Tips agar onthelis tidak bosan dengan sepeda @
    pertama tama jangan sering sepeda dinaiki cukup dengan diraba saja dengan jari kelingking- ke dua jangan sekali kali naek sepeda bannya kempes ato tidak pake pelek- ke tiga sepeda jangan terlalu sering di cuci cukup di lap dan dioles dengan air accu – ke empat cari suasana yang lain dari yang lain seperti naiki sepeda di sungai yang mengalir- ke lima setiap hari selalu ganti ban dan siapkan ban serep yang banyak – selanjutnya bersambung ….

  243. Saya punya burgers Heren dengan No.Seri H 32511, entah tahun berapa..dengan kondisi full ori kecuali ban dan pedal…yang jelas setelah nanti saya bersihkan dan rapikan, pengen berbagi foto dan cerita disini…gimana caranya neh, step by stepnya….Regards

  244. punten kg tatank dan mas andyt
    saya mw nanya tentang simplex silang buatan sidoarjo…
    saya tertarik pengen buat seperti itu…
    kira2 siapin dana berapa…..
    atw ready to gowes nya berapa…
    mohon bantuannya,….

  245. Salam Onthelis,
    Perkenalkan kami dari Onthel 99 club , penggemar dan pecinta sepeda tua / onthel yang berkedudukan di Kec. Sangasanga, Kab. Kutai Kertanegara, Prov. Kalimantan Timur ( 30 km dari kota Samarinda ).
    Club kami baru berdiri tepatnya 26 Januari 2009 dan sekarang mempunyai anggota sekitar 30 anggota.
    Kami harus banyak belajar dari beberapa club sepeda onthel yg duluan berdiri, seperti organisasi dan kegiatan2.
    Untuk itu kami berharap besar sekali sekiranya rekan2 onthelis dan club sepeda onthel yg ada di negeri ini mau memberikan masukan, nasehat dan dukungannya supaya kami dapat berkembang dan tetap eksis dalam mengkampanyekan kegiatan bersepeda ini.
    sebagai informasi kami mempunyai Website ( belum sempuna ) , yaitu :
    http://onthel99club.wordpress.com/
    Harapan kami semoga per onthelan di Indonesia dapat maju dan berkembang serta mendapat tempat yg terhormat di hati masyarakat.
    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
    Salam,
    Onthel 99 Club

  246. kami tim touring PIETS TMII ingin mengucapkan banyak2 terima kasih pd rekan2 onthelis yg da di seluruh Indonesia terutama KOSTI,,KOBA,,PASAK,,dan seluruh onthelis indramayu yg sudi untuk membantu perjalanan kami dgn tjuan jakarta palimanan,,buat pak Samingan terima atas jamuannya sekali lagi dgn kerendahan hati kami menghaturkan banyak terima kasih ada pun ke kurangan dari kami saya mohon maaf.
    wasalam WR.WB

    salam onthelis (jalin silaturahmi antar sesama )

    bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

    merdeka ! ! !

  247. salam onthelis…..

    saya newbie nih di dunia per-onthelan,..
    baru di oleh2-in sepeda onthel merk Atlas dari Pakde di Jogja,..
    pensaran mau tau sedikit asal usulnya,…kira2 ada dari rekan2 yang mengetahui seluk beluk merk Atlas mohon share-nya ya….

    thx

    Arie
    YM : iam_greco
    GTalk : cukat.trengginas

  248. Kpd Yth : Pengelola Wira Wiri Naek Sepeda
    salam onthelis…
    tolong dipublikasikan alamat n club kami…
    kami baru Januari tadi terbentuk…n anggotanya jg baru 6 org yg aktif.
    nama : Balangan Old Cycle Community (BOC Community)
    Alamat : Jl. A. Yani Rt. 1 Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan..
    Telp/HP : 0852 49 44 66 55 (Hendra)
    Terima Kasih

  249. MAS – MAS ak pny spd tp ku ksih onderdil campoer2 coz g ngerti sepeda kuno, trus, nanya sana-sini g da yg tau hrs d ksih onderdil spd apaan. ni awalny dpt rangka ja, trus kubuat asal jadi n bisa d onthel kmn2. tp te2p g sreg….
    TERUS… ak mo nanya MAS2 :
    -mas klu mo nampilin sepeda yg gado2 ini boleh g mas? (sbnrny malu, tp kepaksa!!)
    -trus klu semisal bleh gmn caranya?
    soalny pingin dpt saran dr para onthelis2, yg secara g langsung jd ahli sejarah onthel, biar spdku kebentuk asliny..

  250. buat djojodipoero, namanya ontelis meskipun sepedanya gado-gado gak masalah yg penting menghargai sejarah. salam onthel selalu
    SUTO SAKTI(SEPEDA KUNO MENGANTI) GERSIK- JATIM

  251. Kpd Yth : Pengelola Wira Wiri Naek Sepeda
    salam onthelis…
    tolong dipublikasikan alamat n club kami…

    nama : ROSOK ( bojonegoRO Sepeda Oenthel Kawak)

    Alamat : Jl. KH. Mansyur 38 Ledok,Bojonegoro
    Telp/HP : 081333376144 (H. Yono) President.
    081335760755(Heru) Sekjend.
    (0353) 776 5 777

    Salam Untuk Penggemar Onthelis Seantero Jagad Onthel.

    Terima Kasih

    ROSOK Management

  252. bro & sis…

    gue seneng banget nih nemuin blog yg macem kayak gini …..

    2 the point aja deh …
    saya punya model batangan sepeda choper, rencana mau buat sendiri ada ngga yang tau dimana saya bisa pesan (dibuatkan) batangan sepeda yang saya buat tapi dengan dana yang sedikit saja mengingat bahan yang lain juga kan masih lum terbeli.

    kalo ada yang tau tulung saya di berikan tahu dimana bisa membuatnya, salam – jancoe poetra maninggal.

    hp ku di : 085695647313 atau di e-mailkan juga boleh ko.

    kurang dan lebihnya saya ucapkan terima kasih.

  253. salam kanal.
    maz saya punya sepda milik bapak saya sepada itu lumayan tua tp sekarang da baguzan dikit soalnya q rawat q mw tanya sepeda q di depan ada huruf s(simplex) no serinya 70356 kira2 itu sepda antik g tp d batangan depan gak ada kyak cincinya pdahal sepada cowok tp q lihat di internet ada? kira2 tahun berpa? diwbah ayunan ada tulisan nervex n ad 12 p 11 no gt! kira2 sepada 2 asli p aspal. t
    terimah kasih

  254. Ping balik: TEKNOLOGI - LG Siapkan Mesin Cuci Sepatu - Berita Top Indonesia

  255. Sekilas tentang HUMBER

    HUMBER adalah merk sepeda dari Inggris dibuat oleh pabrik mobil HUMBER sekitar 1880-an Salah satu jenisnya adalah HUMBER Sport 3-speed, salah satu ciri khasnya adalah desain fork yang tidak biasa yang disebut “Duplex” dimana di kedua sisi rodanya terdapat dua besi berbentuk bulat panjang secara terpisah, dan gaya gear depan yang mempunyai bentuk sosok lima orang. Pada tahun 1896 HUMBER & Co. mengeluarkan sepeda berkerangka berbentuk intan (diamond frame) yang pertama dan kelak menjadi standar bagi sepeda-sepeda mendatang. Sekitar tahun 1932 perusahaan ini dijual ke RALEIGH yang selanjutnya meneruskan produksi masih dengan merk HUMBER sampai tahun 1970.

    Saya kebetulan punya sepeda merk HUMBER juga dengan nomer seri BW 94068 hanya sampai sekarang belum tahu tahun pembuatannya. Setahu saya ada 2 model. Model yang pertama biasa tanpa kunci stang, model yang kedua dengan kunci stang yang menyerupai sepeda merk RALEIGH, untuk ciri-ciri yang lain tidak ada sesuatu yang mencolok. Nah dari situ mungkin bisa di simpulkan HUMBER sebelum dan sesudah di beli oleh RALEIGH.

    Saya mohon maaf bila terdapat kekurangan, penambahan informasi tentang sepeda ini akan sangat diharapkan untuk melengkapi pengetahuan tentang sepeda tua terutama merk HUMBER.

  256. Tahun Baru, Sepeda Baru!!!

    Menangkan Sepeda Baru dari Polygon hanya dengan memberi comment untuk review film Avatar di http://www.the-marketeers.com. Komentar yang paling intelektual dan relevan mengacu pada 12C New Wave Marketing dapat langsung membawa pulang sepeda… Ayo cepat!!!

    Sebarkan berita gembira ini kepada teman-teman anda yang juga suka bersepeda!!

  257. Salam Onthelis….

    Bagi para Onthelis senior, kami mohon bantuan dan pencerahan tentang sepeda onthel mini ini..maklum deh baru pengen belajar lebih jauh tentang sepeda onthel. nich ada 3 sepeda onthel mini yang ku pengen tau seberapa unik sepeda yang aq punya hehehe…

    * Philips Birmingham
    * Miller
    * Unknown.

    mohon dilihat & Komentarnya di

    http://sepedahan.wordpress.com

    terimakasih

  258. asslamulaikum pengurus KOBA, Saya mau nanya unuk jadi anggota KOBA gimana sih,saya udah berapa kali ikut speda ontel dibunderan HI juga ikutan konvoi.

    dan saya juga mau usul supaya acara acara KOBA yg akan datang dijadwalkan jadi kalo waktunya ada kita bisa ikutan
    gitu aja usulannya wassalam

  259. dolor putu,

    jangan dengarkan kata2 orang2…apalagi ada comment…kata orang tua…kata orang tua….

    jangan berdasarkan fatkul jare(kata orang)

    coba berfikir logika dolor….

    menurut sy, humber yg lebih baik dan lebih mahal(walaupun saya tdk mencintai sepeda pabrikan inggris)

    sepeda sy, locomotief(amsterdam), gazelle (holland), simlex (amsterdam)
    semuanya dari belanda…knp??

    krn kita dijajah belanda kurang lebih 3oo th…bayangkan….orang belanda paham betul sm bentuk body orang indonesia…makanya sepeda pabrikan belanda lebih enak dinaiki….itu alasan sy gak milih sepeda pabrikan inggris

    humber…
    knp humber???

    coba anda main2 ke surabaya…

    sepeda raleigh itu masih ada yang jual baru…krn raleigh punya pabrikan inggris dan RRTan(alias chinaan)harganya 800rb an….(baru)

    sedangkan humber????

    humber gak ada yg pabrikan china

    humber tu pny tingkat istimewanya…
    1. garpu dpn
    2. goncengan
    3. body/rangka

    lihat juga dari logo depan, gir dpn/piringan

    semuanya bergambarkan orang ngangkat bumi

    sedangkan raleigh????

    anda harus membandingkan dengan cara melihat dua2 nya(dibandingkan langsung)

    justru raleigh,rudge,royal dsb

    design nya niru humber….

    nah sekarang anda bisa menilai sendiri

    peace..

  260. mas admin mau tanya nih aku juga punya batangan gazelle tapi bentuknya aneh ada kunci setangnya (gondok) aku tanya kebengkel sepeda apa aja yang gak asli dia bilang kepala gajah udah gak asli ama pipa tube paling bawah, trus nomerserinya 11xxxx apa memang ada gazele yang pake kuncisetang atau gondok ya mas

  261. mw tnya…ko ga ada info mngenai peran sepeda onthel dlm melestarikan kebudayaan indonesia ya..??? apa saya ga ktemu aj,..artikel atau apa yang berkaitan tentang fungsi,peran atau yang berkaitan dengan latar belakang sepeda onthel…maaf sblumnnya…trims

  262. salam kenal kabeh wae pecinta pit onthel…………………..oke
    aq anak onthel jatinom, karanganom,klaten………pokoke onthel opo wae rasah mikir larang lan murah sing penting iso di genjot………..men tambah sehat awake…….nak yo ngono tow………

  263. TOLONG…………………………………!!!!!!!

    BRO N SIS
    SAYA PUNYA SEPEDA HUMBER WARNA HIJAU KODE RANGKA BK 3513. TYPE APA INI DAN TAHUN BERAPA PEMBUATAN NYA???
    TERIMA KASIH……

  264. RALAT

    SHALOM BRO N SIS…………………
    saya meralat tulisan TANYA terdahulu. saya punya

    HUMBER WARNA HIJAU TUA no rangka BK 95194. saya mohon Bro n Sis yang mengetahui memberikan pengetahuannya pada saya.

    TYPE apakah dan PEMBUATANNYA TAHUN BERAPA?

    terima kasih…………..SHALOM

  265. Assalam’mualaikum,,
    salam kenal nih,, kalian mw tanya ???

    ane punya sepeda Raleigh mw tahu asli tw gga na nih sepeda ???

    tapi gimana cara na nih, biar bisa nonggol di wordpress ini,. untuk selanjutnya tolong kasih pencerahanya biar bisa eksis

    Terima kasihhhhh

  266. Selamat siang
    Nama saya Irman Ariadi
    saya ingin menenyakan berapakah lebar jalur atau lajur sepeda untuk di jalan raya

    1. apakah ada juknis yang bisa dipelajari untuk pembuatan lajur sepeda tersebut..?
    2. adakah peraturan internasional untuk pembuatan jalur sepeda..?
    3. kepada siapakah saya harus menghubungi, jika ingin mengetahui teknis pembuatan lajur sepeda ?

    Terima kasih

    Wish You All The Best
    See You Around

    Irman Ariadi
    07°45′ 59.26″S
    110°22′ 40.10″E

    Mobile Phone :+62 81 227 555 850

  267. assalammualaikum….. salam kenal & salam ngonthel slalu,,,ane anggi, ane baru aja punya sepeda onthel type heren dgn emblem gazelle tp nomor serinya ada dibwh sadel sblh kiri, yg ane mo tanyakan kpd temen2 onthelis, apa bnr sepeda trsbt merk gazelle, mohon info dari temen2 onthelis,,,,maklum ane pemula, sblumnya trima kasih…

  268. oya, ane mau gabung dong dngn temen2 onthelis, ane tnggal dijakarta timur tepatnya dipondok kopi,,,,,,,,,dimana yah kita bisa ngonthel bareng…?

  269. saya do’a kan semoga sukses acara di slawi,salam onthelis buat gagakrimang yg slalu dukung dimana acr diadakan dan tetap gagah dengan maskotnya PUNOKAWAN ,,,wah ngomong2 udah bnyk yng boking nich kring…kring gowess…goess naik ontel SEMARANG KALINE BANJIR GAGAK RIMANG BANYAK YANG NAKSIR …sekali lg salam onthel dr lik RULLY

  270. salam kenal..and mau tanya bagi siap yang tahu merk sepedaku.degn ciri knee depan berupa ukiran berbentuk tambah seperti lambang icon cross.kemudian garpu belakang dan bawah mirip gazelle dan garpu depan mirip dengan fongers tapi tipis .Lobang bekas merk Vertikal (atas Bawah).sdh cari di blog tidak ada yang mirip.mungkin kawan onthelis pernah melihat yang sama .

  271. salam kenal.
    saya ilham masi smp uda cinta bgt ma onthel.
    smoga acara2 apapun yg dilaksanakan olh onthelis sllu brhasil

  272. saya mau tanya.. ada ga yg punya tutup katemkas blakangnya philip?
    ma pedal simplex. klw torpedo yg bgs tu merk apa ya?

  273. Salam kenal
    Saya masih awam tentang sepeda onthel..saya mau tanya merk sepeda punya saya ? apa dari nomor serinya bisa keyauan merknya apa? nomor serinya 80729 trus di sebelahnya ada tulisan germany, kira-kira merknya apanya dan tahun berapa dibuatnya? ada yang bisa tolong saya ubtuk informasinya. Makasih

  274. hayo dong temen2 ontel . . . . kita ngadain even penghijauan , kalau mau seru . nanem pohon bakau di pantai , kayaknya seru deh , sambil nyemplung2 lumpur . . . .

  275. salam kenal..saya mau tanya..
    saya punya sepeda gazelle warisan orangtua..
    cek di web http://sepedaonthel.com/rangka_sepeda.php saya liat no.rangka yang di bawah sadel 11253 dan hasilnya adalah “Sepeda Anda
    Diproduksi Tahun 1903″ apakah benar no rangka tersebut untuk gazelle adalah buatan tahun 1903?mohon bimbingannya…..masih belajar ni..
    nanti saya coba upload fotonya..

  276. Salam kenal mas-mas semua yang hobby ngonthel. Saya mau tanya, saya punya sepeda onthel Humber seri FA 50.575. Kira-kira buatan tahun berapa?kalo bisa dikirimi katalognya. Terima kasih

  277. Perkenalken nama saya herman onthelis pemula dari kartosuro.
    Saya punya sepeda onthel merk humber no mer seri CD 3302 yang biasa saya ajak jalan-jalan kalo saya pulang kampung.
    Spesifikasinya :
    1. Body, slebor depan belakang ori
    2. Tromol depan belakang sturmey archer
    3. Persneling 3 kecepatan merk Sturmey archer
    4. Katengkas ori
    5. Gir depan ori
    6. Pedal lama merk standard
    7. Gowesan ada tulisan raleigh industry
    8. Stang ga ada merknya tapi ada ketokan di bawah stangnya
    9. Lampu bosch tapi tidak ada bohlamnya
    10. Dinamo udah gantian merk elephant
    11. Velg depan belakang 28″ merk araya
    12. Ban merk deli warna kuning
    13. Sadel brooks tapi dibungkus ulang

    Mohon komentarnya mengenai sepeda saya, karena saya tidak tahu itu asli atau tidak, dan saya pingin tau kira-kira berapa taun pembuatannya??? terima kasih.
    Salam onthelis.

  278. salam onthel

    salam kenal semuanya, saya nubie di dunia onthel mo bertanya kepada para sesepuh disini:D

    seminggu kmaren saya dapet sepeda dari bapaknya pegawe di rumah dia bilang sepedanya adalah merk fongers yang saya liat memang dari bentuk spakbornya identik dengan fongers yang saya liat di web2

    untuk batangnya gak ada lubang untuk peneng sepertinya pake transfer sticker merk nya

    yang saya mau tanyakan di frame ada nomer 1218KP apakah ini sepeda bener2 fongers dan buatan taun berapa?soalnya saya googling cari gak dapet informasinya 😀

    bapaknya yang jual sih meyakin kan kalo ini memang merk fongers karna beliau dulu beli dari baru dengan harga 1500 rupiah hehe..

    mohon pencerahan dari para sesepuh di sini
    sebelum nya saya ucapkan terima kasih

    regards
    Leo

  279. salam brothel (brother Onthel)

    mas-mas.. saya mo tanya niiihhg…!!!

    dikasi speda onthel ceritanya niih,,..!!! tapi cuma kerangkanya aja sama ban belakang…!! nah specnya kaya gini niih..
    spec :
    – setang ada logo kayak burung yah, terus ada tulisan harm five
    – pegangan setang ada logo R nya warnah abu2
    – gak punya reem di setangnyapun gak ada tuas rem nya.

    – di kerangka kanan tepat dibawah jok, ada tulisan POLRI.

    jadi pertanyaan adalah ;
    1. itu spedah onthel merk apa?? (saya gak tau bro)
    2. tahun berapa ya kira-kira???
    3. emang polisi jaman baheula pake speda onthel gituh???

    Nb : Buat mas2 yg tau tolong doonk, bantu saya buat tau??
    terimakasih BROTHEL

  280. Asswrwb, salam kenal, marhaban ya ramadhan, lebaran sebentar lagi: saya pemula beli onthel Rp 500 rb+ngecat Rp 300rb (maaf kalo kemahalan) cat CARDIAX BLACK, mau service: Rp 80rb, beli gir depan+belakang Rp 50rb (No ori) kurang lebih cetiauw-sa yuto. Nah sekarang saya pengen penjelasan dari pini sepuh peronthelan; Merk? (logo ilang) ada lubang untuk merk dua atas bawah, No rangka sebelah kiri seat posh (jok) 7302437 model dames (cewe) rem V break kanvas, sepedanya agak pendek mungkin size 22? kata tukang angkringan di pemda bogor “mas kok agak kecil ya?, dulu aku pake panjang,tinggi?” aku berani ambil ni onthel:

    1. handeling wenak tenan, no geyal-geyol (dames)
    2. nyaman digowes
    3. bentuk simpel padat

    yah itu saja yg saya tanyakan, dan pendapatnya di nantikan sepeda apakah gerangan? thks bro onthelis

  281. dijual sepeda sunbeam laki 24″, victoria 24″, solingen dames 24″. merk masih penampakan 22″ barang 80% ori dijamin istimewa? barang simpanan jarang dipakai dan siap pakai hub 087832626023 lokasi semarang

  282. RALAT SEJARAH BERDIRINYA PIETS ONTEL TMII
    berdiri pada bulan agustus tahun 2004 dimana tersebut orang2 yg memprakarsai berdiri nya komunitas tsbt,Bp nur,Bp wily prana,Bp totok,dan Bp hanggoro,adapun rekan2 pendukung yg turu membesarkan Bp manen,bp sobari,dan Bp fuji,jadi sebenar nya PIETS bkn ultah yg ke2/3 dmn seama perjaanan berdiriny komunitad ini di bentuklah kepengurusan klub.bp willi sbgy ketua,bp nurhadi sbgy wakil,dan bp totok sbgy bendahara merangkap sekertaris untuk periode pertama lalu di lanjutkan oleh generasi2 muda,mas iwan londo sbgy ketua,nurul dea saputra sbgy wakil,mas pujo suares sekertaris,bp yatno bendahara periode kedua dan pada priode kedua ini lahirlah team gowes taman mini yang di prakarsai oleh 6 orang,mbh apolo,mas iksan,mas yudi,mas lanop mas agus dan mas aris dan sejak itulah piets jadi lebih variatif,setiap ada acara jauh siap mengirimkan personil nya,jadi saya harap teman2 ontelis TMII dapat menghargai apa yang telah mereka perjuangkan tanpa melupakan teman2 ontelis yg lain,ini hanya sebuah sejarah yg patut di ingat agar tidak terjadi kesalahan data tentang klub ini,dan berharap generasi berikut dapat menciptakan inovasi baru2 yg lebih baik,tanpa melupakan jasa2 org pendahulu,,,,,,,,,salam ontelis.PIETS TMII 2006

  283. mo tanya…kalau sepeda onthel ukuran 60.dibawah merk sebelah kiri ada tulisan Mod.Pop. iletak bekas kelingan merk kanan kiri…tu jenis sepeda merk apa ya? soale sy br pny spd onthel..mohon pencerahan dr pr sesepuh onthelis….bs sms k no 02470179532…trims.

  284. Ping balik: humber kah ini ? | djiran

  285. Alhamdulillah , atas dasar kecintaan dan rasa kebersamaan dalam rangka melestarikan sepeda tua (onthel) di lingkungan Pondok Cabe dan sekitanya – wilayah Tangerang Selatan , maka pada hari Minggu tanggal 17 october 2010, telah terbentuk:

    “KONTAS”
    Komunitas Onthel Tangerang Selatan

    Dengan susunan pengurus sebagai berikut :

    Penasehat: : Pak Diyat
    Pak Iyan
    Ketua : Pak H. Endang
    Wakil Ketua : Pak Kholil
    Bendahara : Bang Encek
    Humas : Bang Maman
    Pak Opa Jawa
    Sekretaris : Siswanto.

    Sekretariat :
    Jalan. Gunung Raya No. 3
    Cirendeu, Pondok Cabe
    Phone : 021-742 3402, Hp : 081932920059

  286. Ijin Bang, memang ada 2 Kontas, terkait nama sama berbeda penulisan juga namun Logo dan corak warna berbeda, base camp juga berbeda…yang dimaksud base camp di UT Pondok Cabe…Cirendeu….alamat sekretariat juga berbeda…

    Alhamdulillah , atas dasar kecintaan dan rasa kebersamaan dalam rangka melestarikan sepeda tua (onthel) di lingkungan Pondok Cabe dan sekitanya – wilayah Tangerang Selatan , maka pada hari Minggu tanggal 17 october 2010, telah terbentuk:

    “KONTAS”
    Komunitas Onthel Tangerang Selatan

    Dengan susunan pengurus sebagai berikut :

    Penasehat: : Pak Diyat
    Pak Iyan
    Ketua : Pak H. Endang
    Wakil Ketua : Pak Kholil
    Bendahara : Bang Encek
    Humas : Bang Maman
    Pak Opa Jawa
    Sekretaris : Siswanto.

    Sekretariat :
    Jalan. Gunung Raya No. 3
    Cirendeu, Pondok Cabe
    Phone : 021-742 3402, Hp : 081932920059

  287. PASKAS ( PAGUYUBAN SEPEDA KUNO AREK SUROBOYO ) terdaftar di Pemkot Surabaya dgn nomor : 220/0211/402.5.3/2002 dan terdaftar di notaris Sri Hartini SH nomor : 02 tanggal 10 Nopember 2010. Telah mempunyai sekretariat yang baru di Jl. Karangrejo sawah 3/28 Surabaya telp (031) 3456-6876 atau hub/sms. 081-550-14979, Ketua Hariadi Sastro Darminto atau via E-mail jz13obg@yahoo.com. Dengan demikian alamat sekretariat serta contact person yang lama dinyatakan tidak berlaku lagi. Terimakasih

  288. Om2 semua…mo numpang tanya, apa sih bedanya Humber yang pedalnya tulisan raleigh dibandingkan dengan hunber yg tulisan pedalnya humber….saya punya yg tulisan humber, tapi saya check di internet malah yg banyak yg ada tulisan raleight industries…

  289. Salam Onthelist

    perkenalkan sy salah satu penggemar onthel tp blum terlalu tau tentang seluk beluknya.
    sbelumnya sy baca postingan yg diatas
    dan membaca kalo sebelumnya ada niatan untuk membuat buku onthel. sy ingin bertanya seberapa perlunya jika buku itu benar2 di terbitkan? kalo buat sy itu perlu apalagi buat sy yg msh br mengenal onthel

  290. SEMUD NAKAL (Sekumpulan Anak Muda Penuh Akal) Event Organizer
    Dan
    Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta¬¬
    Jl. Raya Lenteng Agung No. 32 Jakarta Selatan 12610, No tlp : 08561149777/08567121448

    Jakarta, 28 Deseember 2010

    No. : 04/UN/SEMUDNAKAL/XI/2010
    Perihal : Undangan
    Lamp : Poster

    Kepada Yth.
    Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI)
    di
    tempat

    Bersama surat ini, kami mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komunikasi IISIP Jakarta yang tergabung dalam Event Organizer Sekumpulan Anak Muda Penuh Akal
    (SEMUD NAKAL) IISIP Jakarta mengundang Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSYI) dalam acara “Lawan Polusi Dengan Bersepeda…!!” yang akan diselenggarakan pada :

    Hari : Minggu, 9 Januari 2011
    Waktu : 07.00 WIB s/d selesai
    Tempat : Kampus Tercinta IISIP Jakarta, Jl . Raya Lenteng Agung 32
    Jakarta Selatan

    Demikian surat undanagn ini kami buat. Kami mohon kesediaan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) untuk hadir dalam acara ini dengan biaya pendaftaran sebesar Rp.5000/orang. Untuk perhatian dan kebijaksanaan nya kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,

    Ketua Event Organizer Dosen Event Organizer

    Febri Famuandri Drs. Chaerul Tamimi

    Mengetahui,

    REKTOR IISIP JAKARTA

    Drs. Sugeng Astanto, MSi.

  291. salam ontel’ers…….
    bapa’2x..mas’2x..sekalian saya punya sepeda dengan no. seri DC 814 tapi!, saya ngak tau mereknya?.. tolong panduannya bila ada yang mengetahui jenis dan tahunnya , sekali lagi mita tolong….

  292. salam genjot….mohon info dong tentang sepeda teha wajik, ciri2nya…kalo ada yg punya gbrnya boleh deh diimelkan…tankyu sobat onthels…

  293. Mohon Izin dan Perkenalkan kang Admin Nama sukijo Lampung-selatan..
    …. Ontheli,s mania, saya pendatang baru…didunia Onthel..ingin rasanya bertanya namun kepada siapa…dan dengan siapa sering kesulitan…..jika mendapatkan harta karun ONThel…..kiranya yg bisa Online dan komunikasi pada saat itu…seiring dengan banyaknya pegemar..othel kuno di penjuru Nusantara…mari kita berbagi…ilmu,informasi..jual beli khusunya Masalah sepedah-sepedah kuno,kadang kita-kita sering kesulitan untuk shering dan komunikasi, selain komunikasi telpon..Yuk kita…cantumkan ID YM jika kita..ONline atau Sering Online

    Nama Sukijo Hadi: ID YM: sukijohadi@rocketmail.com silakan ADD kita bisa kumpul-di dunia maya dan bisa shering masalah dunia Onthel…. OnThelis ONline…:D

    Nb: Dibutukan ke jujuran dan Loyalitas…dan keterbukaan…monggo!!

  294. -SALAM BONEK ONTHEL-

    saya dari Surabaya, mau nanya, saya ada Batavus Heren No Seri 91669..mungkin temen2 ada yang tau itu buatan tahun berapa???

    Matur Nuwun…

    -SALAM BONEK ONTHEL-

  295. Permisi, saya mau bertanya apakah bentuk garpu (fork) depan untuk sepeda raleigh selalu ada lubang untuk kuncinya?? atau ada bermacam macam model? Bila ada macam-macam bisa tolong kasih penjelasan..
    Kemudian bagaimana mengidentifikasi sepeda tersebut raleigh atau bkn bila hanya dilihat dari bentuk rangkanya saja? apakah ada ciri khususnya?

    Terimakasih.

    • salam kenal mas darudriyo… semoga selalu sejahtera.

      terkait tulisan mas tentang fork raleigh, apakah memang ada ciri khusus ya mas? saya masih berusa mengidentifikasi sepeda saya, karena ga ada “tanda-tanda” sama sekali terkait merk sepeda saya.. mohon share nya ya mas daru..

      matur nuwun sanget mas..

  296. bosss… blajar ngonthel
    mau tanya nih..aku dikasih teman sepeda simplex gak tahu tahun berapa.. dibawah dekat gir depan itu ada tulisan Simplex bwhnya kaya i74 trs distang sadel ada nomor 2531
    itu sepeda type apa n tahun berapa ya bos…mohon bantuan ini lagi blajar ngonthel…
    tq all….

  297. slamat pagi..numpang nimbrung kawan-kawan…saya punya ada simpenan onthel yang sudah lama saya beli (waktu kuliah), seingat saya waktu beli merk nya “raleigh”, hanya saja karena dulu kebutuhan membeli untuk alat transportasi kuliah, jadi tidak terlalu memperhatikan sepeda tersebut..nahh..akhir2 ini mulai jadi merasa penasaran sebenernya merk sepeda saya itu, karena ternyata plat merk “raleigh” tersebut mudah copot dan tidak ada lobang untuk baut, saya jadi curiga..menurut teman2 untuk bisa melihat dari frame sepeda saya itu asli raleigh atau bukan bagaimana ya? mohon sekali pencerahannya.. terimakasih banyak atas atensinya…

  298. Dear rekan-rekan,
    Gara-gara baca situs ini jadi tertarik onthel nih. Mohon masukannya saya dapat info ada bengkel sepeda yg mau jual onthel locomotive sudah restorasi (parts sdh campur) dgn harga 1 jt. Menurut rekan-rekan apakah harga segitu wajar?
    Terima kasih
    Achmad

  299. Terus terang saya udah lama sekali kepingin memiliki sepeda oenthel,dan belum lama ini terwujud berkat kebaikan saudara saya.namun yang jadi pemikiran saya, merk sepeda yang saya dapat itu merk MAGNEET,ada yang tau ngak sepeda tersebut bikinan mana dan keluaran tahun berapa,mohon ke pencerahan kepada para oenthelis.

  300. mau tanya ni mas, akang semuanya,,saya punya frame roadbike,,,baru dapet hunting,,, 🙂 yang jadi permasalahan BB nya diameternya besar dan bentuknya ga pake drat tapi ada dudukan bearing sepintas modelnya kaya head tube lah nah,,,ada yang tau ga BB apa yang pas buat ukuran frame ane,,,panjangnya 75mm,,thanks,,,
    salam gowes,,, 🙂

  301. Halo salam kenal dari saya untuk seluruh onthelis di Indonesia, tetap semangat dan mohon doa restunya bahwa telah lahir komunitas onthel ” BESEK ” (Bekasi Sepeda Kuno) pada tanggal 16 Mei 2011, jumlah personel awal 20 orang
    dengan alamat sekretariat :

    BEKASI SEPEDA KUNO
    ( B E S E K )
    Sekretariat : Jl. Masjid RT 03 – RW 02 No. 2
    Kelurahan Aren Jaya – Bekasi Timur
    atau
    Jl.Dewa Ruci 1 RT 14 – RW 12 No. 15-16 perumahan
    Bekasi Timur Permai (BTP)
    Tilpon : (021) 93812518 – HP. 08161612971

    Nah .. untuk rekan-rekan yang tinggal disekitar perumahan Perumnas 3, Bulak Kapal, Wismajaya, Arenjaya, Taman Juanda, Durenjaya, Bekasi Timur Permai (BTP) , Bumi Sani, Papan Mas, Rawa Kalong, Kampung Bulu, Karang Satria dan sekitarnya
    Marilah kita bergabung dengan BESEK (Bekasi Sepeda Kuno)
    dengan bersepeda kita Selamatkan Bumi dari Polusi Udara

  302. slm kenal para suhu onthel seluruh dunia…,mau tanya kebetulan saya punya onthel tiga,yg dames satu dgn nomer rangka dibawah sedel B S 92432 rem tromol,,,,trus yg cowok uykuran 22 no rangka dibawah sedel 43493,rem torpedo gambar burung velv depan araya,stang hero,dan yg terakhir ukuran 24 inch ….rek karet,no rangka L18567,gear bel;akang mer diamond,gir depan bulet segede bola bekel,,, diantara embelem ada coakan agak dlm mirip humber dan relaigh.,ketiga sepeda ga ada embelmnya jd bingung merk apa,,,sebab mau saya kasih aksesoris yg pas…disayang2 utk kalngenan….mohon pencerahan para suhu dan trimkasih byk..slm onthel mania……..tetap jaya…dan sehat

  303. salam kenal dari saya..
    saya mau tanya om2 para onthelis semua yg pada ngerti sepeda…apakah ada sepeda merknya CAIRNS…kalo memang ada kira2 buatan mana dan tahun berapa,karna sy nemu rangka sepeda heren uk 55 merk CAIRNS…
    mohon di bantu ya om…
    makasih sebelumnya dan jaya terus onthel

  304. salam kenal..masih baru
    sy br dpt sepeda merk RUDGE dgn kondisi:
    1. Karatan ( dpt di gudang, cucunya yg punya spd pertama)
    2. Stang raleigh
    3. Emblem, Slebor, Gir, Tutup rantai,pedal = RUDGE (walau samar2)
    4. Lampu dan dinamo BOSCH
    5. Kunci GEVOV
    6. Sadel BROOKS
    7. Teromol Belakang (Torpedo) VELAMOS
    8. Ada tutup di tangkai pedal
    9. Pelek DUNLOP
    10. Rem depan tidak ada
    11. Nomor rangka BY……

    pertanyaan (tolong dibantu ya)
    1. Tahun berapa sepeda itu ya
    2. Kalo sy nebusnya 6 digit, gmn pendapat rekan2 (dilihat dari kondisi dan kelengkapannya)
    3. Terimakasih bantuannya

  305. mohon pencerahan:
    punya sepeda tidak ada merk ato lainnya, hanya ada no rangka 160556…kira2 sepeda merk apa dan tahun berapa..ada yang bisa bantu.
    suwun

  306. Alhamdulillah thn 2011 PASEKGRES telah berganti Pengurus,

    Pembina : Kodim 0817 Gresik
    Penasihat : Bpk Kusnadi
    Bpk Sumadi
    Bpk Halim
    Ketua : Purnomo S Raharjo
    Wakil : Cak Udin
    Sekretaris 1 : Bayu Petro
    2 : wawan
    Bendahara 1 : Pak Solick
    2 : Budi
    Korodinasi Lap 1 : Pak Mujiono
    2 : Ari

    Sekretariat : Jl Kartini no.54 Gresik 61122-Jatim
    Tlp 085230477637
    085736001998
    08123100152

  307. To Mr T / Mas Andy/ Atau siapa saja yang Lah :
    mau tanya saya punya sepeda burgers wandu dengan ciri2 framenya di sebelah kanan bawah sadel terdapat no serinya tanpa di awlai dengan huruf H/K/C/B….tetapi di depan leher frame ada juga no serinya di awali huruf D……Hub depan atom 36 blakang terpedo velostel 40,gir YY, katengkas Plengker,Stang Palsu…yang saya tanyakan apakah Sepeda saya termasuk sepda Burgers apa Bukan…..Mohon penjelasannya ataou siapa saja yang tau tentang sepeda burgers tersebut ?????????????? thanks

  308. mas saya mau numpang tanya” nech
    -kalau onthel the humber spesial seri Mxxxx itu buatan tahun berapa yaa??itu buatan england atau buatan singapura/malaysia yaa??
    -terus kalau sepeda humber seri AO itu buatan tahun berapa yaa??
    -kalau raleigh seri K buatan singapura/malaysia itu buatan tahun berapa yaa??
    mohon pencerahannya yaa…..
    thx.

  309. mas saya masih awan dengan sepeda onthel.saya mau tanya sepeda yang di punyai eyang saya,karena sudah tidak ada emblemnya…mungkin karena dulu eyang saya punya bengkel sepeda jadi sudah banyak yang g ori..
    -untuk stang mereknya speedy deluxe
    -no rangka frame 14268 sebelah kiri dari atas ke bawah
    -slebor ada gambar burung kiwi timbul
    -torpedo f&s germany
    -tromol made in japan
    -lampu national
    -boncengan swallow sparrow
    mohon bantuannya…terimakasih

  310. sekedar info dan pemberitahuan :
    telah muncul bentuk penipuan berbenuk transaksi jual/beli sepeda Onthel…modus berpura-pura membeli sepeda yg kita jual.mengatas namakan Hj.Ratna dan H.Bastian dan meyakinkan dgn sgt pasti membeli..kmdian menawar dengan kepastian harga, dan pura2 mentransfer uang sbesar yang sdh dsepakati, tapi setelah kita transaksi kita akan dibawa masuk ke cara kerja dia yaitu menipu dgn sangat meyakinkan..
    ini sms yang meyakinkan calon yang mau dibeli :

    “Ass Wr,Wb.
    maaf!sya Hj.RATNA brminat dan sudah merasa cocok dngan sepeda anda, jadi untuk msalah harga tlong hub: suami sy H.BASTIAN 081226475558
    tanks.”

    ini no.HP si Penipu : 081226475558 (mengaku H.Bastian) dan 083898501444 (Hj.RATNA)

    mohon diberitahukan semua Onthelis dan yang menjual sepedanya..

  311. salam kenal buat masE ama mbaE , mohon pencerahannya mengenai onthel Humber seri AL 80065 (yang tertulis di bawah sadel) keluaran tahun piro yo , matur nuwun infonya .

  312. Buat para onthelis, salam kenal saya penggemar onthel sejak 15 th lalu, cuma karena ketersendirian (kebetulan saya domisili di kalibening banjarnegara) sepeda klangenan cuma mejeng di rumah aja. O ya sepedaku raleigh seri DC 35965 tromol sturmey archer, lampu bosch, kunci genov 694. Kalo ada yang tahu raleigh DC 35964 keluaran tahun berapa ya. Matur nuwun.

  313. saya produsen assesories sepeda onthel. produk saya berupa tas pistol,sadel,tas,kompol dll. semua terbuat dari kulit sapi asli. jika penggemar sepeda ontel mau berkeanan merias sepeda ontel lebih trendi dan bergaya,bisa menghubungi kami. maturnuwun. salam sehat dari jogja

  314. aku orang medan, mau nanyak ne mas,aku punya dua sepeda tua(ontel), 1 gent dan 1 nya lagi ladies, yang gent mereknya “ralight all steel bioycle” simbolnya burung cangak pake mahkota, yang ladies mereknya” the raleight nothingham england” simbolnya burung cangak. yang buat saya bingung sepeda yang gent, soalnya tulisannya kok beda dengan tulisan raleigh kebanyakan? kenapa demikian? mhon petunjuknya mas. terima kasih.

  315. Selamat Siang…
    Salam sejahtera seluruh rekan Onthelis Indonesia….
    Kebetulan saya adalah anggota comunitas Onthel yang berada di Kuala Tungkal-Jambi…
    Saya mau bertanya nieh..
    Bagaimana caranya untuk mendaftarkan Komunitas Onthel yang saya bentuk bersama rekan-rekan saya di KOSTI…?
    dan apa ada syarat” yang mesti kami penuhi…
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih…
    Salaamm….

  316. onthel saya hercules dames (emblem bukan donat) lady bicycle nomor rangka di bawah sadel 12142 dan ditengah bawah as gir ada angka 350 mohon pencerahan di produksi tahun berapa ? terima kasih salam onthel

  317. …kapan yah ada pawai sepeda jadul di jogjakarta… pasti seru dan akan ikut? biar hemat bbm dan mengembalikan kejayaan sepeda (tanpa polusi.. bukan malah matic) yg di’doktrin’kan ke remaja2 jakes (jaman sekarang) oleh budaya hedonisme…
    bersepeda buat jantung sehat 😀

  318. Saya dikasih Paman Ontel Merk Phoenix Dinas Polri Dibawah Joknya Ada Tulisan POLRI,Semua Original Catnya Juga,Ada yang tau Gak ya Tahun Berapa Keluarnya…..Trims

  319. salam kenal buat selrh rekan ontelis,,saya ingin tanya,,apa maksd sei655mm dan 650mm,,karna saya punya humber setelah saya ukur 65cm,,,trus apa maksudnya seri FA,,AF DW,dll karna saya punya seri FA 38044,,,terimakasih,,dan mohon rekan2 memberi penjelasan,,

  320. salam kenal, kami dari limaplus komunika bekerjasama dengan Radio Cosmo FM mengundang rekan – rekan komunitas se indonesia terutama bandung raya untuk berpartisipasi diacara kami “BANDUNG COMMUNITY FAIR & KONSER SEMARAK ASEEK RADIO COSMO RELAUNCHING” untuk berpartisipasi dalam mengisi stand di kami secara free,dan kami mengharapkan untuk activitas bisa disediakan sendiri

    Bertempat di : Lap. Gasibu – Bandung
    Tanggal : 30 Nov – 2 Des 2012

    Adapun acaranya:
    jum’at tgl 30 Nov 2012
    jam 11.00 – 23.00
    1. WAYANG GOLEK PUJARAN GIRI HARJA III Dalang RISWA Pojok Si Cepot
    2. Penampilan Band Ibu Kota
    3. Tarian Dari daerah Jawa barat persembahaan BKKBN
    4. Acara Lainnya yang GA KALAH SERUUUUUUU…..!!!!!

    Sabtu tgl 1 Des 2012
    jam 11.00 – 23.00
    1. Parade 1000lilin Memperingati Hari AIDS Se-Dunia, yang insya Allah akan dihadiri Oleh GUBERNUR JAWA BARAT
    2. Penampilan Band Ibu Kota
    3. Atraksi atau Penampilan Para Komunitas
    4. Tarian Dari daerah Jawa barat persembahaan BKKBN
    5. Acara Lainnya yang GA KALAH SERUUUUUUU…..!!!!!

    Minggu tgl 2 Des 2012
    jam 7.00 – 18.00
    (*) RADIO COSMO. (Relaunching)(*)
    Mempersembahkan:
    AYU TING TING
    CAKRA KHAN
    BABENDJO
    NICKY TIRTA
    RIKA RAFIKA
    BUDI K & DHANI W (Stand Up Comedy) KALAMOA BAND
    ZUMBA FITNESS, Instruktur By.VICKY BURKI With Mq n Crew. Dress Code ; Merah!!

    “BANDUNG POP ETNIK “. MC ; All Wadyabalad Cosmo

    Band n Talent pengisi acara event Bandung Community Fair 2012:
    • Dynamic Blues (nagaswara)
    • Silvergun Superman (malaysia)
    • Zerosix Park (juara se-asia)
    • Srikandi
    • Della Brasta (soloist)
    • Trio Kwek Kwek (artis anak2)
    • Take Off (label GAS)
    • The Player (GAS)
    • EGGY (musikindo)
    • Shallya (soloist)
    • AEROB (sony music)
    • Nagga (nagaswara)
    • Vegas Plus
    • AiMERs
    • Fe with Band (label)
    • Djuragan Rock (juara indiefest)
    • Roxxane
    • D’Finix
    • Fourmit

    “Its not just RELAUNCH EVENT,its all. about PRIDE”

    Full Supported Sponsor By :
    KOPI KAPAL API
    BKKBN
    BELLE STUDIO
    DAYA ADICIPTA MUSTIKA
    AIR MINERAL AMC. KPA.BPPKB
    NITROS
    PJTV

    Informasi lebih lanjut : Shinta 085777998180

  321. wah… mau banget ikut ini acara… taaapi sayang jauh di negeri orang hiks… yang bisa diucapkan is.. wish all the best yaah.. salam dari bedford, UK

  322. mas-mas dan akang-akang saya pakai hercules dames no serinya 12142 dibawah breket as tengah ada tulisan HET 302 yang ori kayaknya cuma frame yang lainnya campuran, mohon informasi tahun pembuatannya…. thanks

  323. bos-bos sekalian gimana untuk mengetahui tahun pembuatan sepeda produk inggris ( phillips, rudge, eagle, humber, ) berdasarkan nomor rangka nya ?…thanks

  324. Assalamualaikum… sy mau tanya, sepeda onthel saya tdak ada merk dan tidak ada lubang tempat emblem, tapi di arem bagian belakang tertulis MADE IN JAPAN dan nomor rangkanya 0806H. Kira-kira merk apa ya…???? mohon bantuannya sangat

  325. Ping balik: Jual Kaos Hey Say Jump - Kaos Wanita Murah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s