70 thoughts on “HUMBER SEBAGUS ORI

  1. apik mas keren.salam kenal mas dan juga pada semuanya,saya ingin lebih banyak belajar tentang sepeda ontel,kalo boleh tau,humber yang ini no serinya berapa?sadelnya yang orsinil bawaannya emang kaya beginikah?bagus tenan,apa humber di slebor depannya ada yang pake accecories begitu mas?dan persnelingnya apakah ada?semoga pertanyaan saya dapat mengobati keingin tahuan saya .
    matur nuwun mas

  2. HUT KOBA dilematis banget… nggak dateng kaya orang bego alias jago kandang (baca: jago komen di web doang), kalo dateng yang dirumah kasian (baca: gak bisa kasi kompensasi belanja & ditinggal dll) … kalo dateng dengan duit pas2an juga takut banyak barang/asesso bagus … pokoknya banyak deh pertimbangannya.
    Mudah2an saya bisa dateng.

  3. hedwig,
    kalo minat, saya minta alamat emailnya email nya, nanti saya kirim foto + harganya, (Foto sesuai dengan fisik yang sebenarnya)

  4. jadi inget sepeda ‘unto’ saya dulu, tapi cewek. setia aku tunggangi kemana aku suka, tiap pagi nganter aku ke sekolah waktu smp.

    sekarang lagi jablay dikampung, mungkin nunggu ada sepedah ‘unto’ cowok yang ngelamar :mrgreen:

    cara ndetek ori apa nggak gimana sih mas?

  5. Biasanya tepat duduknya ada di atas spedanya. Kalau terletak di bawa berarti sepeda udah jatuh…Muwahahahahaha! (Maaf ya, mecanda aja)

    Bulap

  6. mas kakang2boy (no.1) no seri rangkanya adalah AT 80564, kira kira di buat tahun berapa ya ? tolong dong ……
    mungkin mbah kuncen, mas andyt, mas bahtiar atau yang lain bisa bantu

  7. wahai sodaraku setanah air……….. mari kita satukan semangat peronthelan jangan jadikan milis ini ajang saling mencaci …………………………………

  8. #27 : belum muncul ya foto koleksinya yg bisa diburu – termasuk kalau ada sadel, pedal, bel yang handsvaat yang semua original gazelle ya mas ( merk gazelle ).

  9. *** CATATAN KECIL
    sekedar usulan ringan…

    perkembangan onthel ini tiap hari kian marak. Dalam seminggu kita bernapas dan menghirup udara pagi, bisa lima orang baru (atau lebih?) pecinta onthel dan penikmat onthel di Indonesia.

    alangkah baiknya bahtiar atau pemilik milis memperhatikan kegunaan milis ini menjadi suatu asset yang berharga. Bukan untuk besok, namun untuk jangka panjang ke depan.
    sayang sekali kalau masa depan milis ini yang bisa dianggap sebagai “harta karun” sebuah usaha, hanya diabaikan secara percuma dan menjadi tempat perdebatan panjang yang tak ada artinya sama sekali.

    Sejak dulu mbah sudah pernah ngomong, penambahan kolom khusus sangat begitu penting. Ada Kolom JUAL-BELI, ada kolom LITERATUR, ada kolom INFORMASI, ada kolom BARANG ORISINIL, ada kolom BRAIN STORMING, ada kolom NOMOR FRAME berbagai merek sepeda, serta kolom lain yang bisa dianggap penting. Untuk mencari sumber. temen2 bisa saling sumbang dan memberikan saran yang lebih baik nantinya.

    Untuk income penghasilan milis ini menjadi badan usaha, bisa diambil dari iklan yang mau download foto atau penjualan barang/onthel dari orang luar. tentu saja tidak mahal. atau bisa juga dari sponsor yang nama usahanya dimasukan ke banner milis ini.

    yang harus diingat adalah milis ini sudah menjadi bagian hidup orang pecinta sepeda. Urusan ras, agama, kaya, miskin, jabatan, hitam, putih, bos, kacung, semuah sudah tidak berlaku lagi. INGAT, pembuka milis ini bukan mata di indonesia saja, melainkan “MATA” dunia. Berapa banyak orang yang masuk dan mengklik milis ini ketika mata kita bangun dari tidur?… jika dilihat yang posting atau berapa banyak orang yang hanya membuka sekedar ingin tahu?… kemungkinan jumlahnya besar sekali.

    Kalau sudah begitu (milis ini menjadi badan usaha) urusan pribadi menjadi nomor dua. independen, dan menghilangkan kolom2 pribadi dan keluarga yang tercantum di milis. buka lembaran baru dari tampilan dan desain yang menarik. Contoh: http://www.bekas.com atau http://www.fanofunny.com atau milis2 lain yang tadinya hanya sekedar iseng untuk pribadi dan kelompoknya semakin berkembang menjadi bisnis yang kini mendatangkan omzet.

    Bukan tak mungkin milis ini nantinya tak hanya menciptakan lapangan usaha baru, namun juga menjadikan dunia onthel di indonesia bahkan jalur ke internasional semakin semarak. milis ini bisa menjadi sebuah “TAMBANG HARTA KARUN” sebuah perusahaan jika dibenahi pelan2… insyaallah…

    ***INTINYA
    Selama orang melakukan berdagang, beli barang, download apapun, mencaci maki, marah2, bersenang2, bersedih hati, merajuk, mengumpat, menyumpah, berdoa, menyanyi, cela2an, atau meratap minta amal, serta apapun yang dikirim ke milis ini, menjadi SAH-SAH SAJA apabila milis ini tidak dibenahi secara profesional.

    arti profesional di sini tak hanya membuka bisnis semata, namun juga pendekatan yang lebih membuka cakrawala baru. misalnya pertemuan, seminar, diskusi, atau bahan literatur yang sempurna. asal tahu saja, dari milis ini satu2nya milis onthel yang paling semarak di Indonesia. Tentu saja tak hanya menjadi milis kebanggaan bagi pecinta onthel di Indonesia, bahkan juga dunia.

    salam hangat buat bahtiar serta pecinta onthel di seluruh tanah air dan dunia… mohon maaf dari lubuk hati apabila terjadi salah kata pada diri mbah.

    salam dari mbah,
    Yang saat dini hari sedang menikmati kopi hangat di lereng gunung salak ditemani keluarga.

  10. Terima kasih atas masukan-masukannya.

    Situs ini muncul untuk mengakomodasi perbincangan sepeda lebih lanjut dari http://www.bahtiar.com dan http://www.bahtiar.fotopages.com.

    Di luar dugaan berkembang pesat hingga seperti sekarang ini. Sampai saya kewalahan – puji syukur dibantu teman-teman semuanya.

    Saya persilahkan buat temen2 untuk mengembangkan semua informasi sepeda di dunia nyata ke dunia maya, seperti yang telah dilakukan Bang Ichan dengan situsnya :

    http://www.komunitassepedatuaindonesia.com/

    Untuk https://sepeda.wordpress.com jujur : ini situs gratisan – ada beberapa keterbatasan untuk pengembangan dan demi menjaga idealisme ilmu perontelan di situs ini saya dan temen admin tidak mengijinkan adanya jual-beli.

    Untuk jual-beli silahkan tukar-menukar nomer telpon/hp atau e-mail kemudian silahkan bertransaksi sendiri.

    Begitu tanggapan dari saya.

    Bahtiar

  11. Bener kalo per onthelan mau jadi besar komunitasnya emang harus ada forum JUAL BELI nya dan transfer Informasi yang Benar (bukan Tipu Menipu)

    Supaya siapa yang mau ikutan punya Onthel tidak terjebak oleh pedagang yang tidak bertanggung jawab.

    Untuk Senior senior Onthel “JANGAN BERSIKAP SOMBONG” karena ingat pepatah
    “Diatas langit ada langit”
    jadi yang merasa lebih mengetahui sebaiknya memberikan Ilmu dan masukan pada Calon Pemula..
    Kalau ada Stok yang mau di Jual / di Lepas ya Boleh boleh saja asal harga cocok – khan hasilnya bertambah banyak pemilik Onthel di Indonesia

    Salut untuk
    – Mas Andyt (thanks untuk info melalui Japri yang diberikan)
    – Mas PPS (Jualan nya hampir ke seluruh Indonesia..)

    Mudah mudahan kita semua sadar bahwa komunitas menjadi besar karena KERENDAHAN HATI orang didalamnya

    Kita boleh boleh aja BANGGA atas apa yang kita miliki (Onthel misalnya)
    Tapi Ngga perlu SOMBONG karena hal tsb karena Komunitas ini diharapkan untuk berkembang khan..

    Semoga Onthel menjadi SARANA MENAMBAH PERSAHABATAN

    STOP buat tulisan yang KASAR, MENGEJEK,MENGHUJAT, KAMPUNGAN dsb

    web ini terbuka untuk umum Kasihan Komunitas ini tercoreng oleh orang orang yang buat tulisan yang bersifat tidak Baik/Kasar/Kotor

    Cherrs

  12. Mohon bagi rekan2 sekalian untuk diketahui bahwa milis ini adalah untuk kita sama2 belajar mengenai dunia persepedaan khususnya sepeda tua sekaligus menjadikan sarana mempererat rasa persaudaraan sesama ontelis seluruh Indonesia dan Dunia bukan tempat untuk saling mengejek ataupun mencemooh sesama. Untuk itu saya mohon pengertiannya….

    Thanks

  13. walah kok malah dadi padu huhehehe … wis wis, wis wayah e islah 😀 …. Kang alek slebor mu tak jupuk yo …. tak enggo ne ontel ku soal e meh restorasi kie. thk

  14. untuk mas hary ((hari2n@yahoo.com),

    Email saya lagi ngadat jadi nggak bisa direply. Tentang nomer rangka Humber, dengan amat menyesal saya nggak bisa memberikan karena keterbatasan pengetahuan saya tentang jenis Humber yang lama-lama.

    Mungkin mas Hary bisa nanya ke mbah Kuncen yang jagoan sepeda Inggris. Gitu mas, semoga mengerti dan terimakasih atas perhatiannya.

  15. salam kenal dari saya…
    mas… sepeda merknya phillips kok gak pernah dimuat disini sih…??,apakah sepeda phillips juga termasuk sepeda berkualitas???,bagaimana ciri2 khusus sepeda sepda tsb…???,kalo ada gambarnya tolong dimuat.soalnya saya punya sepeda phillips dan asli apa nggak saya belum ngerti.”atas semua balasan saya ucapkan trima kasih”…salam onthel.

  16. salam kenal untuk mas hary,saya juga masih biung….,tapi kata para sesepuh ontelis jika tromolnya masih bawaan disitu tertera sturmey arcer no …. dan (misal belakangnya 57) nah katanya itu termasuk data pembuatan sepedanya juga,untuk kode AT…….,saya juga masih punyeng….,apa betul mas bahtiar dan juga para ontelis mohon petunjuk lainya.

  17. mas Aji,

    setahu saya, Phillips itu termasuk sepeda buatan Inggris, dari strata harga sedikit dibawah Humber dan Raleigh. Padahal kualitasnya juga bagus. Phillips ada dua varian yang satu buatan Madras, India satunya buatan Birmingham Inggris. Bedanya paling mencolok ada di emblem depan, kalau detailnya kurang paham aku. Sepeda Phillips masih banyak betebaran di Sidoarjo,Surabaya, dan sekitarnya dipakai pedagang keliling, tukang bersih sumur dan tandon.

    semoga menambah sedikit wawasan…

  18. Saudara Peminat Sepeda Tua

    Saya dr Malaysia, peminat sepeda/basikal tua seperti semua di ruangan ini. Untuk pengetahuan mas Aji Sepeda phillips amat cantik dan mempunyai aksesori yang tersendiri. Di Malaysia ramai di kalangan peminat berusaha untuk mendapatkan sepeda jenis ini kerana seperti yang saya maklumkan sebelum ini, sepeda-sepeda tua telah banyak dilebur oleh syarikat besi buruk. Justeru itu untuk menyiapkan sebuah sepeda phillips yang sudah usang agak memakan masa yang lama kerana sukar mendapat alat gantinya yang asli. Walaupun terdapat sepeda phillips atau aksesori yang dihasilkan dari negara India kualitinya tidak sebagus buatan Inggeris.

    Saya amat menyokong dengan pendapat saudara pemirsa, pedagang dan pecinta ontel/sepeda sekalian yang menjadikan ruangan ini sebagai tempat untuk berkongsi pendapat dan juga bertukar idea. Setiap pandangan dan juga nasihat boleh dijadikan alat untuk menambah ilmu yang mungkin cetek atau kurang. Dan sekiranya sudah sedia mahir ianya akan menjadi bertambah mantap.

    Memang benar untuk kata pemisar perlu ada ruangan untuk jual beli atau tempat untuk mendapatkan info mencari alat ganti dan seumpamanya sekiranya mahu melestarikan warisan peninggalan terdahulu ini. Kita tidak perlu risau kerana takut peninggalan ini akan lenyap. Ketahuilah bahawa mereka yang benar-benar menghayati dan menilai sesuatu itu akan menjaga sepeda yang diperolehi dengan baik.

    Sekiranya kita mempunyai sepeda/basikal sebanyak mana pun, namun sekiranya tidak terjaga dan terurus akhirnya akan rosak begitu sahaja. Lebih bagus kita menjual atau hadiah kepada teman yang belum mempunyai warisan ini. Lagi ramai yang punya lebih ramai dapat bersama sewaktu aktiviti pertemuan diadakan. Walau kita punya sepeda yang banyak tetapi sewaktu perjumpaan atau semasa aktiviti dijalankan kita hanya boleh menunggang sebuah sahaja sepeda yang selebihnya tinggal dirumah.

    Memang benar setiap warisan atau peninggalan ini tidak sepatutnya di jual ke luar negara. Tetapi sepatutnya lebih penting warisan yang memang sebenarnya dihasilkan/keluaran dalam negara kita sendiri yang perlu dijaga. Kita berbangga kerana mempunyai sesuatu barang peninggalan sesuatu bangsa (negara) yang pernah mentadbir negara kita. Dan sesuatu bangsa (negara) itu gembira kerana melihat banyak keluaran negara mereka diserata tempat. Kita juga sepatutnya perlu rasa berbangga dengan keluaran anak tempatan dan melihat produk atau keluaran tersebut di seluruh negara seperti bangsa(negara) tersebut. Saya faham tidak semua yang bersikap demikian (hanya sesetengah).

    Saya memohon ampun dan maaf sekiranya pandangan atau kenyataan saya ini menyinggung sesetengah pihak. Tetapi pandangan saya ini ikhlas untuk memartabatkan/melestarikan hobi yang semakin hari semakin di minati diseluruh dunia.

    anjang379@yahoo.com

    Nostalgia Warisan Silam

  19. sekedar tambahan… blog ini dibuat karena kecintaan kita pada sepeda tua, mudah2an dengan adanya blog ini dapat menjadi tempat berbagi informasi dan menambah wawasan segala sesuatu yang berhubungan sepeda tua. namun perlu diingat yang menjadi admin disini bukanlah orang yang khusus digaji untuk mengelola blog ini, namun cuma seorang pekerja yang meluangkan (men-curi2) waktunya dengan fasilitas internet dikantornya. jadi apabila ada kekurangan, ada masukan yg belum terealisasi, ada kiriman yang tidak/belum diposting harap dimaklumi… mungkin karena kesibukan dikantornya, karena keterbatasan situs gratisan, atau mungkin internet dikantornya ngadat… mohon maaf bila ada kata2 yang tidak berkenan
    admin juga manusia 😉

    salam hangat & jabat erat

  20. Wahai pedagang mungkin lebih baik anda tidak menawarkan sepeda sepeda kuno itu kepada temen temen di tempat ini silahkan anda membuat Blog sendiri dengan nuansa anda sendiri tanpa menciderai Blog yang lain. Pasti pencinta sepeda kuno akan lebih memilih Blog anda ketika akan mencari sepeda-sepeda impiannya itu.
    Salam Hormat.

  21. mas andyt,

    perbedaan yang kayak apa emblem depan trsb?yang dari india&inggris itu kayak gimana?soalnya phillips kepunyaan saya emblemnya dari logam kunigan.trima kasih… mas andyt&abang 379.

  22. buat mr.t salam kenal kang. akang dari bale endah bandung selatan???? saya dari dago bandung utara, kapan kita bisa ketemu dan kita ngobrol bareng2 tentang perkembangan pencinta sepeda doeloe.. terutama buat anggota PSB. dan salam juga buat semua pencinta ontel di seluruh Indonesia dari A sampai Z.

    mr.t: kantornya di mana kang? heheh..asa kenal ieu mah..

  23. mass2 yang bisa ngedit tulisan, tolong caci maki diatas diatas dihapus ya……..
    aku lg bae tertarik karo pit tua ( kaset kosong), dadi dadi kurang tertarik, soale sengertiku penggemar sepeda antik masih tergolong minim sing kudune saling menjaga hubungan di keluarga kecil ini, kalo ada kalimat yang salah mohon maaf,,,,,,, maturnuwun

  24. salam kenal,saya DEWA halo penggemar ontel di dunia yang pada masih hidup,klo ada yang punya info tentang philips saya tolong dikirimin dong soalnya saya lagi nawar sepeda itu sama tukang balon gas,dia minta 600 ribu kondisinya gir depan udah diganti phoenix spakbor masih ada, sadelnya masih kulit,remnya terpedo,catnya ya udah usang sih ,kira2 gimana? kasih komentar dong ke nur_h1dayat@yahoo.co.id terima kasih ya semua ,maafkan aku daaaaaaaaaa

  25. jangan sedih mas eko…Kota magelang masih banyak loh…
    silakan bur hunting ria….barang kali bisa dapet yg masih ok, syukur murah….tapi klo dapet 2 jangan lupa saya si bagi satu ya…

    salam kenal

Tinggalkan Balasan ke hardi Batalkan balasan