CURHATAN ONTELIS

503333925m.jpg

Admin Wiwinaked menerima sebuah email tentang kegelisahan seorang pemerhati dan penikmat ontel, demikian isi emailnya :

Benarkah Komunitas Onthel adalah kasta terbawah dari penikmat bersepeda?

ini cerita kegundahan hati dari seorang ontelist, berawal ketika membuka salah satu web forum : www.sepedaku.com awalnya situs ini menarik karena setiap harinya dikunjungi ribuan penggemar sepeda, bagi komunitas B2W adalah kiblat saling berdiskusi tentang sepeda, namun sayang….. ada hal yang sangat kurang dalam web forum ini.. tidak ditemukan tags “onthel” padahal judul web nya tentang sepeda, BMX, Lowrider, Street, XC,AM, MTB, Dj dsb disediakan… entah kenapa web tersebut menjual T-Shirt yang sangat keren sekali… namun sayang gambar TShirtnya hanya Lowrider, BMX, MTB, Sepeda Balap!! tanpa “Onthel” kenapa..?? bukankah Onthel adalah sejarah nenek moyangnya sepeda? bukankah Onthel masih eksis, dipakai, dan digemari hingga detik ini? bukankah Onthel telah jadi budaya disegenap lapisan masyarakat? sungguh aneh..?

lain lagi cerita tentang diskusi2 di milis, e groups…. kini bersepedah telah jadi olahraha hobi yang paling bermasyarakat, MTB jadi favorit pilihan dalam bersepeda, bahkan teknologi model2 sepeda MTB (ber stang lurus) cukup pesat perkembangannya, dari semua komunitas bersepeda yang saya tahu adalah punya visi dan misi agar “JALUR SEPEDA” bisa terwujud, sama dengan visi misi Komunitas Onthel. namun sangat disayangkan, kini hobi bersepeda telah berkasta, entah benar atau tidak…. banyak kata kata terucap “Onthel mah buat lucu-lucuan aja dengan kostum jadul!!”, atau disetiap kesempatan funbike bersama, komunitas ontel yang paling telat tiba, dan hanya jadi gurauan temen2 MTB! “kalo mau lambat bersepeda jangan naek ontel, naek Onta aja!!”, “sepeda ko kostum2an?”

gundah banget hati ini!! kecintaan saya terhadap onthel sudah maksimal…… tapi kenapa sampai saat ini Onthel masih di diskriminasi? bahkan dengan sesama komunitas bersepeda? www.sepeda.com sungguh tega!
Di tunggu tanggapan dari temen-temen ontelis mengenai curhatan diatas.

Terima kasih

Ontelis yg lagi sedih

gundahgulindang.jpg

lagi gundah…..

copy-of-dsc_2370.jpg

cyber-ontelhis : kok  ngga ada onthel ya ?

nb : model dalam foto ngga ada hubungannya sama isi artikel…

105 thoughts on “CURHATAN ONTELIS

  1. udah mas nikmati aja gurauan itu, mungkin orang” itu belum terkena virus onthel jadi hati nya masih kaku dan bangga dengan mtb nya. maju terus onthelis biarkan saja dia mau ngomong apa.

  2. Ndak papa jadi oposisi atu di bawah bawahin, buktinya yang dijelek jelikin malah pada disukai dan dicintai.
    Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati pahlawannya. Onthelis yang besar adalah onthelis yang menghormati pendahulunya (onthel lawas). Tul ndak……
    Buktinya komunitas kita ada juga yang dari kalangan atas (bos, Direktur, Dokter ,Dosen, Guru besar, Manager dll) memang sih ada juga yang dari kalangan biasa biasa saja (koyo aku ini…). Tetapi kita kompak dan tidak saling menyalahkan atau menghina.
    Kalo kita dianggap lucu lucuan oleh mereka ya ndak papa, toh mereka juga akan dianggap lucu oleh orang yang ndak suka sepeda sama sekali. Diatas langit masih ada langit dab…..
    Dan yang jelas kalo aku harus ikut kebut kebutan (dalam artian bersepeda cepat) wis ndak kuat. Surung nglunthung dhudut katut.
    Apapun anggapan itu hanya ada satu kata. BIARINNN……
    Merdeka

  3. hahahahahaha..ga papa mas..biarin aja
    kita punya dunia sendiri,hehehehe..kita nikmatin aja tanpa orang harus ikut menikmati
    wong dirumah aja cuma sy satu2nya yang bisa nikmatin..
    seluruh isi rumah bingung, ko bisa sy nikmatin barang rongsok!
    lama mas kalo mau jelasin ke semua orang bahwa ini bukan sekedar barang rongsok!
    fakta bahwa para penyuka sepeda modern yang sya temuin yang, pasti yimpen satu atau beberapa ontel, cuma ga perna di pake aja
    ah nikmatiin aja mas…hehehehe

  4. emang beda…
    kalo ngontel penuh perjuangan!
    dari ribut sampe kucing kucingan ma istri gara2 spedah!
    hahahahaha,….di situ indahnya…hehehehe

  5. tiap detik, tiap menit, tiap jam, tiap hari, tiap minggu, tiap bulan, tiap taun, yang ada di otak cuma ontel doang..hahahahahaha parah!

  6. wakakaka…..la po gundah….
    Saya brani bertaruh….orang-orang yang naik ontel untuk keseharian, akan memilih ontel jenis apa?….jawabannya adalah ontel yang memiliki kenyamanan….

    Saya gak punya motor…kemana-mana naik ontel (kebo/unta. Bukan jenis MTB)….
    Dan ketika saya menggunakan ontel, beberapa temen mulai ketularan. Tapi mereka pada beli model MTB(alasan mudah didapat. Tokone akeh, barange gampang), tapi tunggu dulu….ketika kami jalan bersama mampirlah ke warung…kami makan-makan bersama…abis kenyang, temen yang pada naik MTB sakit. Gimana gak sakit abis makan keyang, posisi naik sepeda bikin perut nyepit…lom lagi jalanan basah abis kena ujan….Trus ya baju keceprotan semua. saya seh senyam senyum aja….bagi yang page (pantat gede) terasa nyelilit….(sadele cilik)

    Pada intinya, kan produk itu kita beli sesuai kebutuhan…Mungkin klo jalur kerja kita ini melewati hutan dan gunung, jalan perbukitan…jenis MTB cocok…hehehehe..

    Trus mengontel dan mengontel…..asem aku saiki numpak MTB, terpaksa….banyak temen memaksa pinjem ontel saya, dan saya di suruh gantian ma mereka…nasib-nasib…

  7. hahahahahaha…lucu jg mas hardi, emang bener mas..pantat sy yeri kalo pake mtb..maklum bokong sy termasuk yang aduhai..hahahahaha
    jadi..kita miliki dan menggunakan speda harus sesuai dengan kebutuhan..
    bener ga temen2 hehehehe..

  8. Sepeda Onthel dan MTB adalah sesama pejuang global warming. Yang satu “jadul”, yang satu “millenium”. Banyak orang enggan memakai onthel, karena memang sebetulnya sepeda ini sangat “ribet”: (1) sepedanya rata-rata tinggi, kalau berhenti pasti kaki jinjit-jinjit, (2) berat bobotnya, kalau diangkat susah, (3) penampilannya rata-rata kumuh, cat pudar dan sana sini berkarat, (4) onderdilnya susah dicari dan mahal, (5) terkesan udik karena banyak dipakai orang pedesaan. Nah, sepeda MTB memiliki kelebihan-kelebihan atas kekurangan-kekurangan sepeda onthel.

    Namun, mengapa kita tetap bangga menjadi onthelis, karena sepeda onthel meskipun tua tetapi ternyata tetap “hot” dan sangat “valuable”, karena tidak semua orang punya akibat kelangkaan, harganya tidak akan pernah turun (kecuali waktu beli salah harga), sering membuat orang-orang di jalan tercengang dan tersenyum kagum, menghilangkan stress selain juga menyehatkan badan.

    Sepeda MTB pada hakekatnya adalah saudara muda dari sepeda onthel. Jadi “yang muda menghormati yang tua, yang tua menyayangi yang muda”. Salam.

  9. Betul Pak Sahid…..
    menghilangkan stresssssss….
    Sambil ngelap-ngelap….gosok-gosok…..La piye…nang kamar onone mung ontel….

    Nek wis rabi yo sing di gosok-gosok beda….hehehe

  10. Saya setuju dengan pendapat bahwa yang waras harus mengalah. Bagi sebagian orang, bisa mencibirkan orang lain adalah kebahagiaan bagi hidupnya.

    Saya salut dengan onthelis, masih dapat menatap kerasnya kehidupan dengan selalu tersenyum. Selalu menyebarkan energi positif bagi lingkungannya. Mungkin juga, tanpa disadari, sepeda onthel itulah yang menjadi ‘energi’ bagi kita untuk mencintai kehidupan ini.

    Salut utk semua onthelis.
    GBU all.

  11. Satu alasan sederhana saya menyukai sepeda Onthel …., selain memiliki nilai seni dan sejarah tempo dulu juga dapat dijadikan alat olahraga plus nda semua org punya biarpun ada uang untuk belinya karena apa …..?? karena ditoko sudah nda ada yang jual baru ….. jadi kesimpulannya Onthel yg memiliki nilai lebih dibandingkan MTB ….

  12. heheheh..kalau saya lihat ontel itu apa ya istilahnya..hmm fashionable kalee ya?..percaya nggak..pake baju jenis apapun tetap manteb itu kelebihan onthel. (kalau dimotor ibarat vespa) coba pake sepeda jenis lain pake blankon bawa keris atau dijas pake dasi..bayangin dulu ahhhh..
    bwahahahah..nggak cocok kayaknya. onthel is fashionable.

  13. Cak Hardi, makanya gek ndang rabi……(semangin lama ditunda semangkin nyesal loh…..), maaf…sblmnya, lam kenal
    Menurut petunjuk bapakku dulu….eeee……Naik sepeda bisa menyehatkan badan dan eee….sudah termasuk suatu kebanggaan. Oleh karena itu eee….karena saya tidak eee…..diberi wejangan ee….tuk naek eee…mtb jadi ya….eee…..saya naik onthel saja…..ee….Begitu menurut petunjuk bapakku. Betul apa yang eee….dikatakan sodara sahid eee…..Dan onthel saya rasaken kalo dipake eee… dijalan raya memang lebih nyaman tapi kalo di pake eee….digunung mungkin kurang nyaman. Jadi karena eee….kita lebih sering dijalan yang rata saya rasa mungkin lebih nyaman onthel lawas….

  14. Aku punya ide nich, gimana kalau virus onthel kita sebarkan ke kaum hawa yang ehem… ehem…… Yakin dech pasti onthel nggak dipandang sebelah mata. Bisa2 dipandang 2 mata. he… he…he….

  15. Mad godam n hardi kalo sakit jajal aja sadel nya dilepas mungkin bisa lembih nyaman hahahaah, untuk mas azis kalo virus nya ditularkan ke kaum hawa itu ok juga cuma butuh perjuangan lebih heheeh soal nya pengalaman ku sendiri kalo aku mau ngelus-ngelus onthel kudu ngepel rumah dolo hahahaah

  16. ya mas..nda usah sedih, saya aja kalo di boncengin pake onthel sama si akang…orang – orang pada ngiri…temen2 ku malah comment gini..”deuh…romantis amat..serasa galih dan ratna aja nih…”
    gitu mas. Coba kalo pake sepeda MTB ga ada romantisnya kaleee…
    Buat mas godam, sekali-kali boncengin deh istrinya mesti ntar jatuh hati dia, jadi ga perlu kucing-kucingan lagi..
    ntar kalo `program….` dah beres..Btw salam buat istrinya ya…

  17. Onthel memang tiada duanya.
    saya udah coba dari sekian banyak sepeda
    naik dan memiliki onthel,mempunyai dampak positif
    terhadap prilaku dan mental yg ada pada diri kita.
    kita jadi lebih mencintai budaya,seni,lingkungan dll.
    Yang jelas bagi saya mempunyai ONTHEL memiliki kebanggaan tersendiri.Pokoknya orang mau bilang apa Onthel tetap Glesserr……..

  18. mas kalo sepeda mtb dinaiki dengan cepat dan nggenjotnya yang kuat.
    kalo onthel kebo ato ontah dinaiki dengan santai,ada warung kopi berhenti
    minum.enak toh siiiiiiiiiiiiiippppppppp

  19. hayya…ngapain dilibutin segala telustelang oe kalo minggu pagi selalu jalan bareng ama yang sepeda si gunung, dali 10 olang oe sendiri yang pake ontel tapi seneng-seneng aja tuh, meleka juga seneng-senang kok.

    mungkin di http://www.sepeda.com lumahnya si sepeda gunung ama konco-konconya (LR, BMX, dll) dan kalo di wiwinaked kan lumahnya ontel.

    jadi :
    1. yang pasti sudah beda selela
    2. ontel banyak amalnya kepada olang lain, bayangin olang pasti seneng sama ketawa kalo liat olang naik ontel dengan pakaian yang jadul

    3. hayyaa menulut oe yang dagang… sepeda ontel itu investasi, beda dengan MB makin tua makin mulah, nggak usah jauh2 liat MB merek Federal, dulu ngetop banget, sekalang dihargain 30 ribu aja

    hayyaa…oe dagang dulu yah, ada yang mau beli minyak goleng …

  20. Saya pikir ndak usah gundah dan dijadikan masalah sob.., kita dng mereka masih dalam main frame yg sama, sama sama memilih moda yg non pollutan, cuma berbeda substansinya. Ibarat musik mereka adalah musik pop yg easy listening, mudah dicerna dan dinikmati, sehingga banyak penggemarnya. Sementara kita adalah musik klasik yang dalemmm, perlu kontemplasi untuk menikmatinya, maka biasanya pecinta onthel memiliki kecerdasan seni yg tinggi, dan itu bisa dilihat dari penampilan onthelist yg aneh kalo menurut mereka, karena mmg berbeda frekuensi gelombangnya. Mungkin yg membuat situs bukan pecinta onthel, toh kta dah punya wiwinaked yg otreeeee……

  21. Menurut saya jangan terlalu diambil ati ,dan jangan saling menjudge, namanya juga kita hidup dimasyarakat yang beraneka ragam sifat dan perilaku…kejadian seperti ini bisa menjadi tolak ukur sampai mana sih apresiasi masyarakat terhadap keberadaan onthel itu sendiri.

    Thanks

  22. Naek sepeda Onthel atau MTB sama aja coi…….
    dua2nya sama-sama di kayuh kan, toh manfaat bersepeda yang rasaain cuma kita sendiri…!
    Hidup itu pilihan jadi terserah mau naek sepeda Onthel atau MTB
    itu terserah Anda ?
    Thank’s

  23. Menurut hamba sepeda ontel adalah alat yang dapat mempersatukan bangsa ini dari kemapanan hidup manusia didunia. tidak berarti para penikmat ontel adalah manusia-manusia yang anti akan kemapanan.

  24. Ya itu semua sih sah-sah saja tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Sangatlah manusiawi masing2 saling membanggakan dirinya sendiri.

    Namun sebagai salah seorang penggemar sepeda onthel, saya melihat kayaknya komunitas ini tempat berkumpul dari Kopral smp Jenderal atau dari orang biasa smp orang luar biasa. Coba bayangkan … betapa dahsyatnya potensi ini kalau mau (sekali lagi kalau mau) dikembangkan untuk mencapai hal-hal yg lebih positif.

    Satu hal yg perlu diingat bahwa kalaupun kita punya duit dg sangat mudah bisa saja membeli MTB atau BMW sekalipun krn toko/ pabriknya buka terus. Tetapi belum tentu bisa membeli sepeda onthel tahun 30-60an krn memang sudah langka dan kalaupun ada yg punya juga belum tentu mau menjualnya seharga MTB. Tak iya??

    Ha ha EGP (emang gue pikirin). Selamat buat para onthelis, para pengurus BOC, POC, KOBA, Kostum dll serta Komunitas Sepeda Tua Indonesia. Maju terus pantang mundur.

  25. gak usah panas, tenang wae…
    gak usah di rekenlah………….biarin aja!
    yang pasti eksistensi onthel masih tetap ada, dan akan selalu ada!!
    buktinya ada Konggres Onthel Tingkat Nasional, po ra elok kuwi?

  26. Ha ha mas Alex ee Laexs tahu aja nih. Kapan kita nongkrong secara lebih santai?

    Seru juga saya bertemu anggota KOSTUM ditepi pantai Losari. Apalagi waktu berkunjung ke markas-nya KOSTUM di Makassar.

    Saya juga sempat bertandang kerumah Bpk H. Andi Karim Beso Manggabarani. Begitulah cara menambah teman. Kata orang bijak, seorang teman sangatlah kurang, makanya perbanyak silaturahmi perbanyak sahabat Insya Allah manfaat.

    Kapan2 kita harus menyempatkan diri keliling Indonesia lho. Untuk memasyarakatkan sepeda onthel barangkali ya? OK smp besok.

  27. he he aku sangat setuju dengan pendapat mbah roko. emang sih ontel bukan tuk kebut2an tapi tuk santai tuk menghibur diri dikala hati kita lagi gundah dengan berbagai problematika kehidupan. dengan mengontel rasanya problem yang ada, sedikit bisa dilupakan bahkan dengan mengontel pula inspirasi muncul tuk mengatasi masalah yang kita hadapi…. yang penting mah kita tetap sayang dan cinta sama sepeda lawas… hidup para ontelis di seluruh jagat nusantara.

  28. Kang Onchom,

    Kumaha damang? Dimana ayeuna linggihna?

    Bener euy ……. eta wak haji meuni seueur kokeksina. Eta Harley teh saurna bekas dianggo ku Marylin Monroe (?).

    Hayu urang ngagoseh deui. Iraha atuh?

  29. Sabar mas,

    Yang sinis sama ontel biarin aja.. khan sinis artinya Iri.. tanda tak mampu (punya ontel). Kalau MTB sih nabung dikit udah bisa beli ditoko sepeda.. nah kalo ontel… ada duit tapi nggak ada yang mau jual. jadinya ileran deh….
    Salam VOC (Vlaardingen Onthel Club) dari kami di Makassar.

  30. to zaza
    hahhahaha…susah buanget meyakinkan istriku
    berbagai macam cara udah di lakuin, tapi nihil..
    pernah sekali waktu sy pergoki istri lg merhatiin gazelleku,
    mungkin dia bingung ko barang rongsok di piara, itu pun cuma sekali seumur umur..
    tapi ga papa..sy suka berbeda dengan yang lain..hahahahaha

  31. he he he…………………..hallo….teman – teman semuanya…………….lama nich aku nggak buka wira – wiri…………..eh………….ternyata tambah seru buanghettttt…………….salam onthel selalu dari nun jauh di sana……….”PRIA………. PUNYA………. SELERA” khedhierhie city………….he he he…………..

  32. (MODE Jogja : ON)

    Kulo nuwun sederek2 ngonthel, tepangaken, nami kulo hermawan/wawan, riyin rikolo kulo taksih SD kulo ditumbaske sepeda federal, nanging sameniko kulo getun sak getun2ipun, lha pripun? sepedakulo sameniko namung pajeng 50 ewu, padahal riyen tahun 96 reginipun ngantos 500 ewu (rikolo jaman semanten yatro semanten taksih ajri mas). Lan sepeda onthel sakniki reginipun koq ngedap-edapi, ngantos tembus level jutaan, wahhh menawi ngertos kahanan badhe mekaten riyin kulo badhe ngerumat sepeda kagungan eyang kakung, lha riyen koq malah disade, sakniki badhe kangen2an reginupun boten kiyat … nyeseeelll …. nyeeseeellll

    Nyuwun sewu mas, ingkang boten saged basa jawi, niki translateipun

    Permisi temen2 pecinta sepeda, nama saya hermawan/wawan, dulu waktu saya masih SD saya dibelikan sepeda FEDERAL, namun sekarang saya menyesal sekali, sepeda saya sekarang hanya dihargai 50 ribu, sedangkan dulu tahun 96 Federal tersebut harganya 500 ribu (saat itu uang 500 ribu termasuk besar) dan sepeda onthel sekarang harganya ngeri, sampai jutaan, kalau tahu bakal seperti ini saya akan merawat sepeda punya kakek, dulu malah dijual, sekarang mau sepedaan lagi ga kuat beli karena mahal, nyesel banget

    Hidup NGONTHEL!!

  33. Salam kenal…
    Masio sampe saiki aku durung duwe onthel dewe, aku tetep seneng karo pit onthel iku. Malah ndisik pas ngapeli pacarku SMA, timbang numpak montor aku luwih seneng nyilih onthele kancaku.
    Saiki aku lagi nggolek info Sepeda onthel ning kene..ning Kaltim Utara.
    Nggo temen-temen kabeh…
    Kita punya tempat sendiri..wong montor wae onok club e dewe-dewe, padahal podo montore.
    Dadi mas…tinggal meng eksiskan ranah kita masing-masing
    suwun
    Wassalam

  34. Ndak terima aku…ndak terima aku….. di katain kaya gtu…, sapa yang bilang kita hanya buat lucu2an disetiap kesempatan, justru kita yang paling ditunggu dengan segala bentuk kreatifitas dan anehtifitas yang selalu membuat hati tertegun dan hampir meneteskan air mata…..( karena yang dipamerkan adalah sepeda2 mahal…gazelle, simplex…uhuk..uhuk..uhuk..kapan bisa punya seperti itu… )

    NDAK TERIMA AKU..NDAK TERIMA AKU…NDAK TERIMAAAAAAAAA…….

  35. mas katemo nang endi rumahnya???kaltim Utaranya endi???
    Tarakan, malinau, Nunukan, Tanjung Selor????
    aku choirul “iyung” tarakan, aku juga punya omthel di tarakan, ada Wijaya Onthel Club Tarakan disana, kalo mau gabung silakan…
    kalo lagi cari sepeda silakan hubungi saya…kebetulan saya lagi di purworejo jateng…., ONDERDIL SEPEDA juga ada…
    salam kenal buat mas Katemo…
    dari Choirul “iyung” Tarakan
    08125407343

  36. hayo sapa yg ngehina onthel, anak2 onthel?????
    one by one
    two by two
    elo ngela one
    gw pke ba two..

    hehehe..
    g usah lah..
    msh brani gw…

  37. sudahlah nggak usah pikirin rumah tetangga……
    yang penting penghuni-penghuni yang dirumah kita tetap selalu kompak dan selalu bersatu, biar rumah kita tambah besar

  38. Uwis ngak usah podo rame, ibarat kereta semua punya rel masing-masing dan masinis masing-masing. kita berkumpul untuk visi dan pendirian kita untuk melestarikan peninggalan dan sejarah jaman dulu agar tidak jatuh ke tukang loak dan jadi besi kiloan biarkan saja nanti juga mereka jatuhnya ke tukang loak juga. betul ? hidup onthel

  39. he…he seru juga…jujur yaaa aku mo curhat nih. kalo ontel tuh ngak kenal kasta… hanya orang2 pilihan dan siapa yang beruntung serta jodoh bakalan dapet sepeda langka dan ciamik + harganya yg muahal, tanpa memandang status sosial, pangkat dan ekonomi (biasanya malah dibeli berapapun ngak akan dilepas)

    Suasana ini nyaris bertolak belakang dengan teman2 di B2W ataupun komonitas sepeda sejenis lainnya. Semakin tinggi status sosialnya otomatis menentukan nilai harga sepedanya, biasanya sih gitu. Ujung2nya esensi bersepedanya malah hilang (maaf yaaa ngak semua lho…ini cuman cerita lingkungan di kantor aja)

    Kalo temen2 B2W dikantor pada ribut ngomongin sparepart rem terbaru yg harganya 2 jt sampai ban baru atau onderdil lainnya yg harganya ngalahin onderl motor, Giliran kita ontelers disini terkagum2 baca blog ada beberapa temen2 di daerah yg sepedanya langka dan bernilai historis tinggi.

    Jadi kalo mo dibilang untuk dapet sepeda MTB gampang punya uang pasti semua bisa dibeli

    tapi kalo di dunia ontel ngak berlaku tuh …. seberapun Anda punya uang belum tentu bisa beli yg model ginian he…..he.

    Contoh lagi pas parkir spede dikantor … kebetulan sebelahan dengan sepeda MTB yg harganya sama dengan motor supra. mau tahu ngak mana yg buat orang tergoda ….he….he. jelas dong.

  40. mereka ngak tahu betapa entengnya kayuhannya si Onthel-onthel kita……..dan betapa tidak berkarat besinya walau sudah melalui terpaan angin dan dingin………..
    saat ini sepeda2x merek masih sangat baru tapi tidak akan mungkin sampai setua sepeda2x kita.onthel2x kita tidak akan mati berkarat…….

  41. Beronthel yang satu yaitu onthel Indonesia
    Berbahasa onthel yang satu yaitu bahasa onthel Indonesia
    Berbangsane onthel yang satu yaitu bangsane onthel Indonesia
    Beronthel kita teguh beryang laen kita runtuh
    Sekali onthel tetep onthel. Merdeka………….

  42. AssWrWb
    Kalo belum pernah naik ontel jgn kasi penilaian
    sekali naik … ketagihan
    Ontelis gak butuh pengakuan ok
    yang penting eksis dan nyata … gak ghoib
    naik ontel ya nyantai aja …
    kalo mau ngebut … naek montor mabur sekalian
    gak usah mikiran … fikiran mereka yg tidak suka ontel
    yg penting kalo mereka butuh bantuan ya harus kita
    (ontelis) tolong …
    … gitu aja kok repot
    hidup ontel … PSB, KOBA, BOC, POJOK dan
    semua yg tidak dapat ditulis satu-persatu

  43. Bener juga kata bang Madi, bang Jana dll.

    Kalau kite punye duit emang gampang aje beli tuh MTB ama BMW lah pabriknye juga masih bukaa. Tetapi coba, belum tentu lo bisa beli sepeda onthel tahun 30an krn emang udah kagak ade yg jualan dan kalaupun ade, yg punye juga kagak mau ngejualnye. Pegimane?

    Udahlah pulang-pulang yuk ngonthel sampe pothel tuh dengkul. Ngonthel terus pantang mundur.

  44. oh ngerti …… pekek MTB biar bisa nyelit2 diantara macet???…, biar ndk terlambat buka pintu kantor ya….
    klo ndak mo terlambat ke kantor nginep dikantor salah satu jalan keluar
    sorry….. mas lagi oon
    salah ya……
    peace…..
    wis…… gencatan pedal aja…….
    makan-makan bersama…. MTB & Onthel, dak kenyang baru keliling kota bareng…….
    PEACE…..PEACE…..

  45. Kalo saya sih lebih ke arah praktis dan fungsionalnya saja…

    Menurut saya untuk kegiatan harian yang paling praktis dan fungsional ya MTB, mangkanya saya pilih MTB…

    Kalo buat weekend atao JJS baru pake sepeda onthel warisan Mbah Kakung…

    Tergantung situasi dan kondisinya saja…

  46. Sampeyan-sampeyan ini kok kurang kerjaan aja!!!

    Baik sepeda lawas maupun mtb sama-sama baik,
    Sama-sama nyaman, sama-sama praktis, sama-sama nghuuuwantheng!!!

    Wis, wis, wis,
    Kabeh, bener,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,gitu aja kok repot.

  47. kalo di tempat saya nga ada yg ngomong geto2 … hobby orang ya beda2 . jadi di bawa santai aja …
    nb : foto nya keren , tulisanya juga keren , kalo pun ada yg ngomong geto saya rasa itu hanya orang yg baru tau arti GAYA HIDUP!

  48. mas…yang lagi sedih,

    yah harus maklum lah, kalo mereka bilang begitu, itu karena mereka belum pernah merasakan kedigdayaan sepeda onthel. Percayalah, begitu mereka tau nikmatnya ngonthel pakai sepeda yang benar-benar onthel, dijamin mereka akan jual semua ‘onthel-onthelan’ miliknya untuk ditukar dengan onthel beneran.

    Tapi, by the way, ya ndak usahlah marah dan gundah, selama mereka masih mau bersepeda, itu berarti ikut mengurangi polusi yang bikin sesak nafas.
    Aku juga punya model mtb, baik polygon ataupun amoeba, tapi ya itu, koq jauh lebih enak naik onthelnya. Belum lagi kalo kita sudah sampai pada taraf apresiasi bisa menikmati betapa ‘sexy’ dan eksotisnya onthel kita (nah…penggemar mtb pasti pada bengong-2….ria)…tapi ya itu just forget it lah!
    Emang frekuensinya beda sih…

    tetap semangat ngonthel.

  49. Kok ngontelnya kayak POCO-POCO?
    maju 1 langkah, mundur 1 langkah
    maju 2 langkah, mundur 2 langkah
    MENDINGAN TURU WAE!

  50. Kalo mtb kita punya duit langsung kita bisa beli, kalo ONTHEL biarpun punya duit kalo belum jodoh/ rejekinya gak akan dapet, terus lagi seninya ngonthel kita kalo mau cari onderdil ke pasar loak pasti tambah temen ato sodara, Mtb LLLLLLLLLEEEEEEEEEEEWWWWWWWWWAAAAAAAT^TTTTT

  51. Kalau di kota Medan sih, onthel mendapat peringkat pertama dan terhormat. Kita disediakan tempat yang baik dan strategis oleh pemerintah kota Medan setiap Minggu pagi di lapangan merdeka. Dan setiap ada even sepeda seperti fan bike, onthel yg paling banyak pesertanya bahkan yg punya sepeda MTB pun jadi malu dan tersisihkan oleh onthel. Banyak yg tadinya naik sepeda MTB, la sekarang jadi naik onthel tu? Yang tadinya naik VESPA, la sekarang naik onthel tu? Yang tadinya naik MOTOR CLASSIC, la sekarang naik onthel tu? Yang tadinya naik MOBIL TUA, la sekarang naik onthel tu? Dan bahkan yg tadinya jalan kaki, la sekarang naik onthel? Kalau di tanya; “bang kenapa ngak naik MTB?” jawabnya; “Sudah ngak zamannya lagi, sekarang sudah balek zamannya Soekarno. Semua harus naik onthel, minyak tanah harus ngantri, bahan2 pokok dijatah.” MTB, MTB… nasibmu seperti pucuk pohon yang mati muda.

  52. Dikategorikan sebagai kasta kelas paling bawah saja banyak sepeda kuno yang mahalnya minta ampun, apalagi bila semua orang tahu kalau tak semua sepeda kuno bisa dipandang sebelah mata. Tentu makin tak terjangkau dan makin langka lagi. Tetanggaku namanya pak Heri pengin punya onthel premium tapi nggak terlaksana (tak tahu harus beli di mana, dan tak ada yang mau menjualnya) akhirnya beli MTB.

    Namun beberapa kali event sepeda kuno, dia malah pinjam Simplexku. Nggak PD katanya! Horotoyooh….

  53. Beberapa minggu lalu, ada seorang kepala satpam perumahan dimana aku tinggal yang tertarik membeli salah satu sepedaku. Lalu diitawarnya 500ribu sebuah. Aku geli banget ketika melihat ekspresi wajahnya saat tahu bahwa tak ada sepedaku yang boleh dibeli apalagi seharga itu.

    Dua hari lalu ketika kami bertemu di warung bakso, dia mengatakan kalau nggak nyangka bahwa harga sepeda lawas (disebutnya onthel seperti itu) lebih mahal dari harga sepeda motor second! Rupanya selama itu, si satpam ini keliling mencari tahu harga di orang lain. “Berarti orang-orang yang punya sepeda lawas itu orang kaya yang tampilannya seperti orang tidak kaya!” serunya.

    Aku tertawa, batinku: “Belum tahu dia..”.

  54. kadang2 ada orang yang sudah tahu kalo sepeda lawas itu mahal, tapi dia pura2 nggak tahu dan pura2 kalo dia penggemar baru sepeda lawas, berharap biar bisa dapat sepeda dengan harga murah, emangnya enak mau ngakalin ketahun……

  55. Ibarat punya golok, pisau, dan silet. Semua kualitas terbaik. Tapi jangan pura-pura nggak tau: masa mau nyukur kumis pake golok?

    Menurut saya sih, semua sepeda ada kegunaan masing-masing supaya kinerjanya bisa optimal. Kalo balapan ya musti pake sepeda balap. Jangan pake onthel. Jalanan berbatu ya jangan pake sepeda balap. Bisa sih bisa, cuma namanya nekaaat!!! 🙂

  56. Betul mas andyt..
    Saya punya cerita dalam sebuah insident tabrakan dengan angkot, maka sekita saudara, teman dan kerabat berkurubut di

  57. maaf salah pencet he he (lama ga pegang komputer)
    Saat kejadian itu seketika banyak orang berkerumun di TKP, tentu sopir angkot jadi bingung karena hanya menabrak sepeda onthel tapi dikerumuni oleh “orang-orangku” he he belakangnya dia terkaget-kaget setelah ada yang nyeletuk bahwa harga sepedanya lebih mahal dari angkot tersebut. (tentu sepedaku lebih mahal dong dari angkot karena ditawar berapapun tidak dilepas). Begitulah hikmah yang saya dapat sekarang yaitu bahwa kami tidak lagi dipandang sebelah mata di jalalan bahkan kecenderungan mereka mengalah kalau rombongan onthel kami lewat. Salam untuk semua onthelis

  58. Mas andyt..pasti makan baksonya diwarung yang waktu itu ngajak saya ya..he..he akhir bulan aku mau kesurabaya nanti maen ketempat sampean ditraktir bakso lagi ya..he..he

    yang dikrubutin sepedanya ya pak naruto..bukan orangnya..ha..ha

  59. Betul nak Andyt dikastakan paling bawah aja harganya selangit, tapi naek sepeda onthel memang hebat dan irit , BBM ndak ada, kesehatan tambah josss, wong ngemis ndak ada yang ngathung…..Padahal kalo diitung-itung harga satu sepeda kita ada yang hampir sama bahkan lebih mahal harga mobil.
    Jadi sepeda kita adalah kesayangan kita…….

  60. Bapak-bapak…mas-mas,
    Numpang urung rembug, saya baru sekali ini masuk dan lihat situs ini..wah kebetulan ada gesekan antara ontelis dan mtbers yah…hehehe…saya sendiri bukan onthelis, karena di rumah saya gak punya sepeda onthel, tapi saya punya sepeda mtb dan sepeda balap…saya pake sepeda untuk olahraga biar sehat, karena pekerjaan saya mengharuskan kondisi badan harus fit…saya suka semua jenis sepeda, klo ada yg komentar ttg onthelis pasti menurut saya itu gak serius, hanya untuk guyon, klo pun serius pasti bukan menggambarkan watak temen2 mtbers lainnya…kita saling menghormati dan berkawan kok, saya juga punya temen yg onthelis, kami saling mengagumi kendaraan masing2 satu dengan yg lain, kadang kami suka bertukar sepeda dan jalan bareng…gitu loh bapak-bapak…maaf klo ada kata-kata yang salah. Terimakasih. Semoga kita bisa ketemu di suatu waktu.
    Salam : Dody Johanjaya.

  61. Dah ga usah bingung atau merasa kecil hati, onthel dibilang apa aja cuek-in aja. Yang pasti biar warnanya dah usang, karatan dan butut harga onthel masih bisa bersaing dengan sepeda2 jenis lain. Dan yang pasti lagi mau sepeda merk apa aja, tetap aja digenjot.

  62. Seharusnya para onthelis malah kudu bangga dengan keberadaan kita, karena kita bisa tampil beda, tanpa ada yang beda hidup ini terasa membosankan. tul nggak ?
    Dan lagi sepeda onthel dan juga yang ngonthel adalah sesuatu yang misterius, karena onthelnya sulit ditebak harganya dan juga onthelisnya juga susah ditebak status sosialnya .
    tetapi kalau mtb atau sejenisnya dilihat dari merk sepedahnya udah jelas semuanya karena ada di toko – toko.
    Suwun …..marilah kita berbangga diri naik onthel…

  63. sebenarnya mereka pengguna mtb hanya iri sama kita,karena mereka klo mau naik sepeda harus menggunakan seragam lengkap(celana ketat,helm,baju balap,dll)gak kaya penunggang onthel mau pake baju dr karung goni atapun baju prada tetap aja cuucok…HIDUP ONTHEL (mohon maaf lahir batin…selamat menjalankan ibadah puasa bagi yg menjalankan)

  64. Ya maaf kawan2 MBT.

    bkan kita para onthelis klah ma tmn mtb, ank MTB ja kaged bkan kepalang liat harga spda kuno.

    klo 2,5 jt. ja bru dpet sadel x doang. lhaa klo lengkap. itung ja cndiri.

    yg penting sehat. pengen MTB….. yaaa monggoooo

    Pengen speda kUNO

    oooooOOOOOOoooooooo…….

    H E B A T…………………!!!!!!!!!!!!!!

  65. Masing-masing jenis sepeda mempunyai peruntukan, tempat dan fungsinya.
    Kalau pada cara fun bike /sepeda santai yg lewatin jalanan on road dalam kota, kalau pake MTB kayaknya nggak pas.
    Begitu juga kalau dipake rute blusukan lewatin jalan tanah yang becek atau berlumpur atau jalan makadam kalau pake sepeda ontel nggak pas juga.
    Atau dipake jarak jauh dgn membawa perbekalan, pasnya pake sepeda touring bukan sepeda MTB atau ontel.
    Apapun sepedanya adalah pilihan yg penting saling menghargai.

  66. Mengenai pola pikir
    Pribadi y menghargai sejarah adalah pribadi hebat, pribadi yang konsisten lebih baik dibanding follower,
    Mengenai lambat dan cepat
    lambat dan cepat bukan kategori utama dlm event2 bersepeda sekarang alangkah baiknya seimbangkan media dan klasifikasinya lalu mari bandingkan… Jika adu cepat semua pun tau sudah ada ajang2 khususnya
    Mengenai lucu dan kostum
    Blm pernah ada aturan baku mengenai bersepeda d jalan kecuali tentang safety riding dan untuk event nasional dan event international…. Lucu itu menyangkut selera humor individu… Silahkan tanya mereka apa tidak ada diantara mereka y menertawakan seragam, kostum dll y dipakai kaum mereka sendiri
    Mengenai kasta atas dan bawah
    Teorinya begini:

    Barang yang d jatuhkan posisinya ada dmn?

    Apakah barang yang sudah ada d bawah akan d jatuhkan???

    Cukup simpan didalam hati jawabannya, tunjukan pada mereka sejarah lama pun dapat kita hargai maka hargailah juga mereka y belum mengenal lebih jauh tentang onthel

Tinggalkan komentar