HUMBER MAS SANTO

Rekan-rekan Ontelis

sepeda ini saya dapat dari seorang teman yang dengan tiba2 saja dia menawarkan sebuah sepeda kepada saya yang katanya warisan dari orang tuanya yang berprofesi sebagai tukang susu dulunya dan sampai sekarang sudah tidak ada lagi yang mau memakainya. Setelah itu saya berkunjung kerumahnya dan ternyata benar terlihat sebuah sepeda ontel yang sudah lusuh penuh dengan debu, ban yang sudah lengket dan menyatu dengan velgnya, kempes disudut ruangan rumahnya. Lalu saya lihat digarpu depannya ada 2 besi sejajar yang menurut saya itu adalah ciri khas sepeda Humber, tapi saya tidak menemukan emblem merek atau peneng yang ada didepan batangannya, hanya ada sedikit tanda sisa seperti stiker dan juga ada semacam kunci setang yang berupa kantil di batangannya, tapi saya masih merasa senang karna masih ada lampu lengkap dengan kacanya dan dynamo (Miller). yang sekarang masih menjadi pertanyaan saya adalah mengapa dibawah jok sebelah kanan ada huruf BRHI dari atas kebawah, dan dibawah jok sebelah kiri ada seri AF85157 dari bawah keatas. Mohon pendapat dan saran dari para pakar ontel, tahun berapakah sepeda itu dan apa benar itu sepeda Humber? kalau iya humber type apa?

Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih

Salam kenal dari Jakarta


humber Ini sepedanya


kantil Ada kantilnya


kaca-miller Lampu miller


gear Gear


seri-sebelah-kanan-brhi Seri sebelah kanan BRHI


seri-sebelah-kiri-af85157 Nomor seri sebelah kiri AF85157


stengkas Ketengkas


tromol-depan


tromol-perseneleng Tromol persneleng SA

52 thoughts on “HUMBER MAS SANTO

  1. Wuihhh sepedanya maknyus…… BRHI itu mungkin nama sesuatu yang awalnya sepeda ini milik BRHI atau pembagian dari BRHI, tinggal cari tau BRHI itu apa ? hehe..

    Biasanya kalau Tromol Parsenelengnya masih asli bawaan sepeda, disitu terbuat tahun pembuatannya dan kira kira sepeda ini buatan tahun tersebut. Suwun

  2. Buat Mas Santo, salam kenal dari Jogja.
    Saya juga punya Humber, dan saya lihat ada yg unik dari sepedanya. Misalnya : kantil yg barangkali jarang ditemui. Anda cukup beruntung karena aksesoris lampunya (Miller) sangat cantik dgn kacanya yg msh utuh. Juga gear khas Humber, garpu double, tromol SA. Kalau dikayuh pasti berbunyi cik…cik…cik… Suaranya merdu dan pasti nyaman dikayuh… Saran saya segera dipasang transfer merk (peneng) Humber yg masih lawas dan orisinal.
    Selamat mengayuh mas Santo…

  3. jenis humber gondel ini memiliki kenyamanan senyaman sepeda Gazelle….keunikan lain ada pada stangnya…modelnya mirip gazelle, cuma platnya dudukan handle rem jika di pegang tidang menerus dgn pipa stangnya, lebih nonjol dikit ( kalau gazelle dan simplex rata dengn pipa stangnya)…..

    Selamat pak anto….

  4. Mas Hardi,

    Kalau gak salah U pernah kirim saya sepeda Humber (H) seperti ini ya? Waktu itu kebetulan saya sdh punya sepeda Humber (D), jadi sudah sepasang.

    Kayaknya memang nikmat kalau ada sepasang & ternyata manak teruuuus lho. Ha ha ha.

  5. BHRI itu mungkin artinya bahari ato lama…hehehehe
    sama seperti sepeda gazelle yang seri L (pake timah ato perak ya)..seri yang pake katil di bagian sambungan depan sepeda adalah seri humber yang paling bagus…susah mas dapetnya ….selamat…agar dirawat…dijaga….dan yang penting kalo bisa jangan di cat….

  6. Mas Santo, salam kenal dari Jogja.

    Itu Humber Tourist Mas. Varian Humber yang tua. Perbedaannya dari Humber sesudahnya, selain adanya apa yang Mas sebut sebagai ‘kantil’ (berfungsi menjerat stir supaya nggak bisa belok) juga bentuk keni sambungan pipa di bawah sadelnya tanpa ‘cowakan’.

    Secara keseluruhan, sepeda ini sudah bagus dan utuh. Stirnya juga sudah benar mirip Gazelle. Cuma, kalau masih mau meningkatkan performanya, mungkin perlu dicheck as kayuhannya dan dicarikan kettingkast yang lebih tua. Itu yang terlihat dari foto yang sayangnya kurang besar di mata saya. Btw, selamat mengayuh sepeda keren ini 🙂

  7. maz santo, katanya sepedanya lsdh usuh dan bannya sdh lengket di pelek, kok gambarnya mulus gitu…weleh…weleh, piye to…

    aku juga punya Humber seri FA dan Gzl seri 5, tapi jarang dinaiki, nanti tak ampiri jalan-jalan maz…

    untuk sepeda maz santo, stangnya kok seperti model Gzl atau Batafus atao simplex ya…menurut saya lho, maklum pemula..

    salam

    Bunder-Slemanjogya

  8. Mas Santo. apik tenan….aku punya Humber cowok yang dikwitansi pembeliannya tertanggal 12 mei 1954 seri BV 87084 … tetapi bedanya nggak ada kantilnya dan nggak ada kunci gondoknya..terus tutup katengkasnya warnanya sama dengan ketengkasnya … mohon bantuan pencerahannya terutama rekan2 yng punya pengetahuan tentang Humber terutama ttg perlengkapan yang Asli, yang melekat di induknya …karena aku di Aceh nggak ada yang diajak konsultasi….

  9. saya sangat ingin bergabung dan mengetahui banyak tentang sepeda onthel……
    Salam buat para penggemar onthel di seluruh nusantara.
    Silakan kirim ke email saya jika ada info apapun tentang sepeda lawas itu.

  10. wah,ni dia humber yang topz markotopz

    sepeda yang ayu tenan

    bikin yang liat jadi ngiler. hehehe

    @mas irmanov
    ayo mas dipostingkan humber CD nya…..
    biar yang lain juga bisa menikmati keindahanya…..
    hehehe

  11. Setahu saya, Humber Tourist itu serinya AD dan AF saja. Oleh para sepuh biasa disebut Humber yang spesial. Pakai telor kali ya. Hahaha…

    • terima kasih info nya mas,,,,klo boleh tau seri AF tsbt buatan tahun berapa,,,saya punya humber AF 38044,,garpu ganda,,kayuhan religh industries,,gear asli,,,berhubung sudah karatan,,apa yang sebaik nya saya lakukan,,di cat ulang atau di clear???mohon saran nya dan terima kasih

      • Mas Heldyan Didi, menurut saya sih dicuci saja pakai sabun colek (biar sekalian kaya pakai scrub hehe…), diampelas dalam keadaan basah dengan ampelas 1500-2000. Pelan dan hati-hati, jangan sampai keliatan besi putihnya. Setelah bersih, dibilas, dikeringkan, lalu disemir pakai semir k*w* colek warna coklat. Tipis-tipis, lalu digosok, disemir lagi, gosok lagi berulang-ulang. Pada minggu kesekian silahkan menikmati aura keindahan alaminya… 🙂

  12. Humbre nya kok apik temen to…
    Marai ngiler.Jangan dicat yo Mas,apik gitu kok.
    Kagem Mas “wongeres”, apa benar panjenengan yg dr Kalibayem itu?
    Saya knal bahasa panjenengan, dulu pernah kesana.
    Kalau bener,mau tanya,masih gadah FONGERS wandhu sing ori Mas?

  13. Salam kenal Mas Dimas (loh?). Sama Mas, saya juga pengin punya Humber Tourist yang belum dicat. Apa daya saya pernah dapet sudah cat ulang. Yeach, jadi saya cuma jaga performanya saja biar tetap menarik. Saya memang biasa main ke mana-mana Mas, salah satunya ke Mbah Ngatijo Kalibayem. Jangan2 pernah ketemu ya?

    • terima kasih saran kepada mas heldian di atas,,,,,,apakah tahun produksi dapat di tentukan dari nmr rangka,,apakah semua varian humber memakai persneling,,,sebab yang saya lihat semua pakai persneling,,,sedang yang saya punya masih memakai rem karet,,,masih ada dudukan remnya,,,mohon saran & terima kasih

  14. salam kenal………….
    sy py sepeda merk humber, nomor framenya AK80982
    buat rekan 2 pakar humber mungkin bisa beri penjelasan ttg tahun pembuatannya,
    trims

  15. Sekilas tentang HUMBER

    HUMBER adalah merk sepeda dari Inggris dibuat oleh pabrik mobil HUMBER sekitar 1880-an Salah satu jenisnya adalah HUMBER Sport 3-speed, salah satu ciri khasnya adalah desain fork yang tidak biasa yang disebut “Duplex” dimana di kedua sisi rodanya terdapat dua besi berbentuk bulat panjang secara terpisah, dan gaya gear depan yang mempunyai bentuk sosok lima orang. Pada tahun 1896 HUMBER & Co. mengeluarkan sepeda berkerangka berbentuk intan (diamond frame) yang pertama dan kelak menjadi standar bagi sepeda-sepeda mendatang. Sekitar tahun 1932 perusahaan ini dijual ke RALEIGH yang selanjutnya meneruskan produksi masih dengan merk HUMBER sampai tahun 1970.

    Saya kebetulan punya sepeda merk HUMBER juga dengan nomer seri BW 94068 hanya sampai sekarang belum tahu tahun pembuatannya (kalo ada yg tau terima kasih). Setahu saya ada 2 model. Model yang pertama biasa tanpa kunci stang, model yang kedua dengan kunci stang yang menyerupai sepeda merk RALEIGH, untuk ciri-ciri yang lain tidak ada sesuatu yang mencolok. Nah dari situ mungkin bisa di simpulkan HUMBER sebelum dan sesudah di beli oleh RALEIGH.

    Saya mohon maaf bila terdapat kekurangan, penambahan informasi tentang sepeda ini akan sangat diharapkan untuk melengkapi pengetahuan tentang sepeda tua terutama merk HUMBER.

  16. Salam sesepuh,saya juga punya Raliegh Tourist,ditromol blkg tertera th 9.1953 apa angka depannya menandakan bulanya ya………………

  17. shalom,
    brother and sister….
    saya mau tanya karena kekurangtahuan saya. saya mau tanya tentang sepeda yang saya punya merk humber no rangka BK 3513. TAHUN BERAPAKAH PEMBUATANNYA. MATUR NUWUN SANGET. SHALOM…..

  18. SHALOM …..
    BROTHER AND SISTER
    saya punya sepeda merek humber dengan no rangka BK 3513, TYPE DAN TAHUN BERAPAKAH PEMBUATANNYA?
    TERIMA KASIH

  19. Salam Kenal Mas Santo…
    Saya seorang pemula, yg gandrung ama sepeda ontel sejak 2010…
    Saya baru2 ini mendapatkan “oleh2x” dr kampung halaman di Tulungagung sepeda Humber laki2 dgn no Serie FE 29310, dgn stang merk Raliegh, lampu & dinamo merk Bosch, Kunci stang dpn masih berfungsi, ada apa yg dikatakan mas Santo “Kantil, tromol Perseneleng SA 3 Speed ada tulisan angka 53 & 9, peleng Dunlop, Standar samping Koba, Piringan depan ada gambar seperti orang bergandengan tangan, mohon petunjuk dr temen2 ontelis jenis humber apa ini & kira2 pembuatan tahun berapa?

  20. salam kenal semua ontelis di tanah air tercinta…nama saya Aam arek suroboyo..mohon keterangan temen2 semua saya mempunya sepeda buatan amerika mereknya DURCOP DIANA yg di kataloc sepeda tersebut di pakai model aktris merilyn monroe..namun yg orsinil hanya ragangannya aja..barang kali temen2 mempunya kelengkapannya..tolong telp hpku no.081230184888 matur nuwun sanget

  21. ya menurut saya it humber mas…tp kuk garpu ban depan tidak dobel ya….kan humber fanatiknya di garpu nya……kalo masalh th coba dilihat di tromol blkng….kalo msh ori pasti ad th pmbuatanya maz

  22. mas numpang info; saya baru dapat humber laki seri CD 95…..(lupa saya) porok tinggi..tapi kok gak ada kunci gondoknya?knapa ya??

  23. mas saya mau numpang tanya” nech 🙂
    -kalau onthel the humber spesial seri Mxxxx itu buatan tahun berapa yaa??itu buatan england atau buatan singapura/malaysia yaa??
    -terus kalau sepeda humber seri AO itu buatan tahun berapa yaa??
    -kalau raleigh seri K buatan singapura/malaysia itu buatan tahun berapa yaa??
    mohon pencerahannya yaa…..
    thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s