TIPS BIKIN ACARA ONTHEL YANG BERMAKNA

TIPS BIKIN ACARA ONTEL YANG BERMAKNA
(semua poto hanya analogi)

foto1

1. Pastikan, Acara yang dilaksanakan sudah dipersiapkan dengan baik, minimal 2 bulan sebelumnya.. Panitia sudah siap lahir batin dan begitupula izin keramaian dari pihak kepolisian, izin pemda setempat, serta izin-izin pemakaian tempat dsb. perbanyak konsolidasi dan komunikasi antar semua pihak (Foto1)

foto2

2. Persiapkan Tema, Logo Acara, Agenda Acaranya, Undangan Resmi, waktu & tempat yang pasti serta laporkan kegiatan anda ke KOSTI Pusat untk mengantisipasi tidak berbenturan dengan agenda lain  (Foto 2)

foto-3-a

3. Bila Acara berskala Nasional, pastikan bersiap untuk memfasilitasi para tetamu, akomodasi/penginapan yang layak untuk tidur, mandi dan buang air, misalkan Aula, GOR, asrama dll, agar tamu yang hadir sebelum hari H bisa merasa nyaman (Foto 3)

foto-4

4. Acara yang perlu dilakukan, adakan sesi Sarasehan/tatap muka/seminar dll untuk mempertemukan tetamu yang hadir dgn tuan rumah, penyerahan cinderamata, sosialisasi2 dll di malam hari dgn tempat yang tertutup. (foto 4)

foto-5

5. Persiapkan tempat Klithikan, pameran, kulineran pada tempat tersendiri. ini dilakukan agar tidak mengganggu aktifitas acara utama (Foto 5)

foto-6-a
foto-7
foto-8

6. Parade Onthel, agar terasa nyaman dalam berparade sebaiknya dipersiapkan, Bendera Start untuk pembukaan, Foreidjer (pengawalan polisi) lengkap dengan sirene yang menyala (Foto 6), personil untuk mengatur agar barisan tetap rapih, pertimbangkan pula jumlah peserta dengan ruas jalan, Persiapkan selalu Mobil Ambulan untuk antisipasi kesehatan (Foto 7) persiapkan Mobil sweeper/pengangkut ontel yang rusak saat berparade (Foto 8)

foto-91

7. Utamakan Parade Ontel TIDAK ngontel melulu, pastikan berhenti/mengunjungi tempat2 bersejarah/wisata, monumen kota, taman kota, pusat kerajinan atau tunjukkan tempat2 yang menjadi kebanggan kota tersebut untuk sekedar berhenti dan foto bersama (Foto 9)

foto-11

8. bila diperlukan, saat finish sediakan makanan/kuliner tradisional yang khas daerah setempat, plus minumnnya… lalu panggung hiburannya, doorprize nya.. agar agenda acara bisa ditutup dengan maksimal dan Bermakna.. (Foto 10-11)

9. Yang Utama 4 D : Do’a. Dana, Dukungan Berbagai Pihak, Dorongan Semangat keikhlasan!

10. Ayo beri saran dan kritikmu saat menikmati acara ontel…. agar tidak menjenuhkan…

# TIPS DATANG KE EVENT ONTHEL

Bila anda datang mewakili secara pribadi

1. Cek kepastian penyelenggaraan acara ontel tersebut, Tanggal & Tempat acaranya jelas, cari pula referensi tentang pelaksanaan agenda acaranya.

2. Pastikan kehadiran anda adalah bentuk apresiasi diri pribadi, usahakan luruskan niat dan tujuan anda terhadap kehadiran di acara tersebut.

3. Jaga kondisi Fisik, persiapkan materi finansial yang cukup, pertimbangan waktu tempuh perjalanan dengan hari pelaksanaan.

4. Usahakan apabila anda ingin menikmati ngontel di acara tersebut, bawa serta Ontel anda..

5. Registrasi diri anda pada kepanitiaan setempat

Bila Anda datang secara kolektif mewakili Klub

1. Cek kepastian penyelenggaraan acara ontel tersebut, Tanggal & Tempat acaranya jelas, cari pula referensi tentang pelaksanaan agenda acaranya

2. Pertimbangkan alat transportasi yang akan digunakan rombongan (truk, kereta, bus dll) dengan jarak tempuh..
3. Buat panitia kecil dalam mempersiapkan keberangkatan seperti,
– yang bertugas  mengatur pendaftaran peserta
– Yang bertugas mencari angkutan
– Yang bertugas sebagai seksi repot / mekanik
– Dll
4. Selalu mengedepankan sopan santun, tertib dijalan dan yang paling penting jaga nama baik club / paguyuban.
5. Usahakan apabila anda ingin menikmati ngontel di acara tersebut, bawa serta Ontel anda.
WASSALLAM

37 thoughts on “TIPS BIKIN ACARA ONTHEL YANG BERMAKNA

  1. dan kudhu eling, waspodho, sadar, sabar lan jembar atine. Karena apapun persiapannya pasti banyak tercecer kekurangannya sehingga penyelenggara harus siap seperti diatas (tiada manusia yang sempurna). Uhuk…3x

  2. tambahan sekedarnya :

    1. Air Minum disetiap titik titik tertentu ….( penting )

    2 . Untuk acara skala nasional …
    Libatkan pihak pemda / pemkot/pemkab ,
    khususnya dinas terkait,
    (pariwisata dan budaya , Pemuda dan olah raga ,
    lingkungan hidup . sospol )
    karena dengan kegiatan bersepeda berarti
    kita telah aktif mengkampanyekan program dinas terkait.

    3 . Dalam pembentukan panitia …
    Gabungkan kekuatan ontelis yang ada disekitarnya dan selalu berkoordinasi untuk mengetahui kekurangan yang ada dan sama sama mencari penyelesaianya demi suksesnya acara.

    4 . harus disadari apapun hal terbaik yang telah panitia lakukan pasti ada peserta yang kecewa ,
    terimalah itu dengan lapang dada, sabar dan bersyukur karena dengan ada yang kecewa berarti kita tau masih ada kekurangan yang harus diperbaiki dikegiatan kegiatan selanjutnya.

    semoga berguna dan bermaanfaat

    terima kasih

  3. Cakep..cakep, mau..mau…mau
    segerakan informasi ini bisa terjangkau dan dijangkau temen-temen semua supaya bisa memahami dengan baik

    Bagi yang belum pernah mengadakan kegiatan, bisa minta info dan pengalaman agar bisa maksimal, khususnya untuk skala lintas daerah / propinsi, hakekatnya semua ingin ikut hadir, masalah ada yang kurang berkenan, itu manusiawi dan menjadi masukan untuk perbaikan

    Salut dan semoga lebih tertib, terorganisasi, terjadual dengan baik, kita sama-sama mendo’akan keberhasilan

    Itu bukti, bahwa tanggung jawab kabid keanggotaan bisa memberikan warna dalam kegiatan KOSTI yang akan datang dan semua patut mensupport dengan upaya perbaikan

    Salam

  4. Ada tambahan Nih:

    Untuk undangan/ tamu dari daerah nun jauh disana yang tidak memungkinkan untuk membawa sepeda kesayangannya, Panitia berkenan menyediakan sepeda yang layak. demikian kang laexs.

    Semoga event-2 yang akan datang lebih meriah & perfect dengan adanya panduan ini, salam

  5. Tambahan juga berdasarkan pengalaman PODJOK dlm even ultah sbb :
    1.Diusahakan even jgn dilakukan pd musim hujan, krn akan bnyk mengganggu kelangsungan acara, khususnya pd saat parade onthel.
    2.Diusahakan bagi peserta utk bawa sepeda sendiri, krn terkadang sepeda yg disewa tdk cocok/sesuai dgn keinginan.
    3.Panitia hrs bisa lebih bijak & arif bilamana ada peserta yg kadang datang terlambat, atau hanya ikut parade saja tanpa harus membayar kontribusi pendaftaran.
    4.Sebaiknya peserta sudah konfirmasi utk mendaftar sblm sampai ke lokasi. Terkadang ada peserta yg datang pd tengah malam dan tanpa konfirmasi sblmnya, shg merepotkan panitia.
    5.Dlm setiap even pasti ada kelebihan dan kekurangan, krn itu semua pihak hrs bisa memaklumi dan saling menjaga kebersamaan.
    6.Tema dan waktu diusahakan sesuai dgn historis tempat/kota, misalnya : 10 November di Surabaya, Bandung lautan api, Pertempuran 5 hari di sekitar Tugu Muda Semarang dsb.
    Terimakasih dan mohon maaf bila ada yg kurang…
    Salam onthel… PODJOK onthelnya Jogja…

  6. Tips selanjutnya :

    Perbanyak foto dokumentasi tampilan face dari depan. Kebanyakan foto para onthelis yang diabadikan saat mengendarai sepeda hanya nampak punggunya saja.

  7. SEMOGA ….
    TETEP TAK BISA BERALIH DARI ONTHEL.

    daan untuk semua KOMUNITAS DAN PAGUYUBAN SE INDONESIA
    membuat suatu acara pastinya di butuh kan skiil dan think thank yang yahuud.pastinnya dukungan dari paguyuban atau pun onthelis,maupun klitiker.
    dengan senang hati kita perbanyak event nasional maupun lokal karena sekecil apapun acara akan kita ambil kurang lebihnya.
    yang kami sarankan “RAME ING GAWE SEPI ING PAMRIH”
    SEMOGA BERGUNA UNTUK SEMUA “ONTHEL”

    TOWIL PODJOK JOGJAKARTA

  8. didata kembali komunitas onthel se Indonesia,publikasikan dengan jelas..sapa tau ada komunitas yang belum terdata oleh KOSTI,jgn sampe ada istilah kolir alias komunitas onthel liar yang bakal lieur

  9. Boeat Om Tedi dan Om Dimas.
    Jadinya yang namanya Kosti Pusat ada geregetnya and Fungsinya kalau seperti gini.Sehingga kalau ngadain acara harus dikoordinasikan dulu and dikondisikan.Untung teman-teman PSB selalu Oke.Jadinya walaupun ada serangan mendadak acaranya juga sukses.

    Salam boet Om Ricky sukses ya.Nuhun and Trima kasih

  10. Apa yg diperbuat Mas alexs ini adalah hal yg sangat baik n bermanfaat bagi kita semua, wabil khusus bagi masyarakat onthel…!!! Nuwun sewu Mas,boleh aku print yo.. Mas…??? He… he… he….

  11. Barangkali satu hal yang juga perlu dihindari adalah sikap optimis berlebihan. Ketika tidak ada dukungan dana sponsor yang kuat, maka semua hal perlu direncanakan ekstra hati-hati. Prediksi pemasukan dana yang konservatif dan pengawasan anggaran biaya operasional yang ketat menjadi hal penting. Jangan sampai sebuah niat mulia untuk mengadakan event besar justru berakhir dengan sebuah penderitaan karena terjerat beban defisit anggaran.

    Memikirkan rencana kontingensi (cadangan) dalam bentuk Plan A, Plan B dan seterusnya akan membuat situasi menjadi lebih terkendali, karena kita memiliki semua skenario untuk semua kemungkinan buruk yang barangkali terjadi.

    Nuwun.

  12. Thank’s tips & komentarnya mudah-mudahan acara2 onthel makin greget, penuh dengan maknan dan manfaat. Buat Bpk. Teddy Nugraha (Kabid Humas dan Promosi) Bpk Surachman (Kabid Pengembangan), Bpk Acep Suganda (Ketua umum Country merangkap Bendahara Kosti) dan ikut Bpk Fajar (Ketua Kosti Pakan Baru) terima kasih atas kunjungan Silturahim dalam rangka Sosialisasi Musda Kosti Jabodetabek dan Karawang di markas konde bersama lihat kondeontel.wordpress.com)

  13. tanggal 30 maret ntar, PAPITOB ultah yag pertama.
    ups.. kalau ada tips gini jadi kepikiran untuk ngecoba neh.
    tapi mungkin regional aja dulu ah… lingkup lokal kali….
    trims.

  14. Slam sjahtra untoek ontelis di slruh Indonesia.
    Aku mau nnya nih,bgmna sih craNya mndaftarkan komunitas onthel kami spya bisa brhbungan dngan kmunitas tman2.
    Dari “KENSTOETH (Komunitas Sepeda Onthel Boetoeth)” di Cilacap

  15. ayoo dtampung smua tips, usulan, dll..
    nah temen2… smua yg dtulis bener banget… berhubung geng geng onthel smakin buanyak.. sudah slayaknya ada yg mngatur… gmana klo tulisan2 tsb dkumpulkan, dsaring lalu d tuangkan dalam bentuk SOP…. (setandar operesyen prosedur…bahasa kerennya tuh…), jd smua geng pada punya panduan… biar ga awut2n..

    itu.. gunanya para jagoan2 kt sept pa teddy, mas fahmi n smua yg terjun, bekerja n mmikirkan eksistensi kosti, yg brusaha mbuat wadah yg sebenarnya…. kt dukung sama2 ya.. agar bekerjanya tambah iklas..
    kt juga ingat ”ta ada gading yg ta retak”.. jd jangan lupa berikan kritik n saran yg mbangun buat mereka.. agar hasilnya sempurna…

    p teddy, mas fahmi n smua yg tkait yg mnyediakan waktu tenaga jg pikirannya.. u kosti, maju terus ya..

    smua hepi, smua teratur..

  16. dan jangan lupa dalam setiap event onthel yang tertanam dalam niat adalah
    bersilahturahmi,,,,
    silahturahmi dan,,
    silahturahmi………

  17. Semoga setiap Ivent sepeda yang diadakan dengan tulus diberikan kesan yang menyenangkan, untuk semua onthelis

    Ini Informasi yang sangat baik untuk kita dapat belajar dari setiap kegiatan

  18. Mas Dian kadospundi kabaripun.Dalemipun Solo wonten pundi mas?Kulo inggih piyantun Solo mas,Sak meniko glidig wonten Bogor ?Sampun 27 tahun .Salam kagem rencang-rencang sedoyo? H.Is – Hp.08128374637

Tinggalkan komentar