Epsd : RALEIGH GENT 65

Salam Onthel buat semua…

Om Admin, saya mau sedikit berbagi dengan teman-teman di WIWINAKED tentang sepeda Raleigh 65 saya ini. Ada sedikit cerita mengenai sepeda ini, karena dalam proses  mendapatkan sepedanya tidak sengaja. Pada suatu pagi, hari selasa pas bertepatan tanggal merah saya kok tiba2 terbesit keinginan  utk pergi ke Mall rongsok / tukang loak dekat rumah , niatan  dlm hati sih barangkali nemu barang2 yg aneh…setelah pilah-pilih barang ternyata hanya satu yg menarik perhatian saya adalah 1 mesin mazda 600 cc tp setelah tanya harga terlalu mahal….akhirnya sy pulang.

Dalam perjalanan pulang tiba-tiba mata saya tertuju pada bapak2 yg sedang membersihkan sepedanya…secara kasat mata dari penampakannya sudah mengoda keinginan saya untuk putar balik dan menanyakannya. Setelah melakukan basa basi sedikit.. akhirnya terkuaklah status sepeda tsb. Ternyata sepeda tersebut milik Pak haji pemilik  tempat /tanah si bapak,  karena penasaran saya tanya ” Di jual ga pak sepedanya “? ga tau mas coba tanya ke pak Haji langsung aja. ..tanpa di minta si bpk memberikan no tlp pak haji..Akhirnya sy tlp tanya ttg sepeda tersebut , “apa sepeda itu mau di jual pak haji.? di sebrang tlp pak haji bilang kalau sepeda itu sebenarnya hanya mau di bersihkan saja karena sudah 10 tahun dongkrok di gudang tapi ..( nah ini yg di tunggu ada tapinya)..kalau ada yg mau dan harganya cocok saya jual..”AHA….ada kesempatan pikir saya.

Tanpa ada paksaan mau pun tekanan saya minta ketemu pak haji pada sore harinya.  Begitu sore harinya saya ketemu dengan pak haji dan beliau menceritakan pertama kali sepeda ini di beli oleh pak haji pada tahun 2000 di toko antik china di daerah kota jakarta barat dengan kondisi sepedanya di gantung, sebenarnya pak haji beli sepeda dengan terpaksa karena tujuan utama pak haji  mau beli barang antik si Nkoh2 yg punya toko tp si Nkoh  mau melepas barang itu dengan syarat harus beli sepedanya..yah mau ga mau kata pak haji di beli juga sepedanya walaupun bagi dia ukuran sepedanya terlalu tinggi.

Kembali ke tangtop..setelah ngalor ngidul bercerita sampailah pada bembicaraan harga dari harga yg pak haji tawarkan masih terlalu mahal saya mencoba nego berbagai alasan di gunakan, saya bilang sy baru mau punya sepeda onthel, saya juga bilang daripada ga dirawat saya rawatin, sampai menggnakan alasan karena liat onthel jd inget kakek dulu waktu kecil sering di boncengin…tentunya dengan pasang wajah memelas ( Maaf ya pak haji kalau saya berbohong..habis kasih harganya mahal sih..he..he) tp sialnya semua alasan tersebut ga mempan..waduh..pak haji tau kali ya sy ga bisa boong….akhirnya saya keluarkan jurus pamungkas , Saya bilang kalau harganya ga mau kurang saya mau mogok makan ( yg ini boong..he.he) tp akhirnya saya bilang saya mampu hanya sekian kalau ga mau ya berarti blm jodoh sambil pura2 mau pulang..( dalam hati ayo dong dipanggil ) eh..akhirnya pak haji pun luluh dan dapat discont tp pake embel2 lebihin deh sedikit buat bpknya yg bersihin sepeda..yah…ada buntutya.

Alhamdullillah akhirnya sepeda berpindah tangan…Pak Haji berpesan pada saya tolong jangan di cat sepedanya, tolong di rawat ya dan juga jangan di Jual.

Temen-temen onthelis “Mencari sepeda itu dipengaruhi faktor  jodoh-jodohan dan faktor keberuntungan” ..sekedar info bahwa sebelum saya ternyata sudah ada 5 orang yg menanyakan sepeda ini rata2 mereka suka tp dengan alasan ukurannya terlalu tinggi mereka mengurungkan niatnya.


35 thoughts on “Epsd : RALEIGH GENT 65

  1. Iya nih, kenapa di situs-situs luar, frame sepea paling pendek tuh ukuran 60 ya? Jarang banget nemuin yg ukuran 55.. Saya sempet mikir, apa mungkin pabrikan luar mendesain khusus frame buat orang-orang kita ya? Tapi mungkin juga ngga kali ya? Sekarang agak susah nyari frame-frame yg tinggi.. Padahal menurut saya rangka frame yg tinggi malah enak buat nyepedah..hehehe

  2. Iya nih, kenapa di situs-situs luar, frame sepeda paling pendek tuh ukuran 60 ya? Jarang banget nemuin yg ukuran 55.. Saya sempet mikir, apa mungkin pabrikan luar mendesain khusus frame buat orang-orang kita ya? Tapi mungkin juga ngga kali ya? Sekarang agak susah nyari frame-frame yg tinggi.. Padahal menurut saya rangka frame yg tinggi malah enak buat nyepedah..hehehe

  3. Sepeda Raleigh yg utuh dan semua nampaknya original , asesoris bagus dan original , tampil apa adanya meskipun cat kondisinya sudah terlihat meni nya tapi itu bagian dari sebuah perjalanann panjang diatas 50 tahun. Sepeda Inggeris dengan ukuran tinggi sudah jarang sekali ada barangnya , kalaupun ada kondisinya sangat memprihatikan dan terlalu besar cost yg akan di keluarkan untk mengoriginalkannya serta memakan waktu bahkan tidak jarang jadi proyek gagal , terbengkalai bertahun tahun kemudian karena sulit mencari komplitannya yg ori .

    Sekedar informasi mengenai ukuran antara sepeda Inggris dengan sepeda belanda , walaupun ukuran sama-sama 26 ” misalnya antara sepeda merk Raleigh ini dengan Fongers seri H yg 26 ” juga , ternyata kebanyakan sepeda belanda ketika dinaiki terbukti lebih tinggi 1,5 – 2,5 cm , kenapa hal itu bisa deemikian ? ternyata …..hal ini disebabkan sudut kemiringan pipa dibawah sadel yg punya sepeda belanda terutama fonger lebih tegak dibanding sepeda Inggeris yg agak miring kebelakang jadi meskipun di ukur dari garis tengah ass pedal keatas sampai ujung pipa dibawah sadel ukurannya sama-sama 26 ” / 65 cm tetap saja sudut kemiringan pipa bawah sadel turut menyumbang perbedaan tersebut …..silahkan bandingkan antara sepeda Raleigh , humber , Hercules , Rudge dan Fongers , Gazelle dll mengenai ukuran ini tetap ada perbedaan.

    salam
    YUDI

  4. @ oom yudi (sok akrab dikit..hehe)

    Yg jadi aspek filosofis perbedaan frame inggris sama belanda bisa beda tuh kenapa ya? Padahal itu kompeni-kompeni sama tingginya.. Yg aneh lagi kalo saya liat frame sepeda jerman khususnya swan frame, orang jerman kan tinggi-tinggi macem jelangkung, tapi rata-rata sepeda jerman yg saya temuin kok pendek-pendek.. Mohon maaf jika saya salah ya, ini cuma pendapat saya selama liat rangka-rangka sepeda mereka.. Danke..

  5. NUMPANG LEWAT: ONTHELIS RAWAN PENJAMBRETAN.

    Kejadian terjadi pada dini hari sekitar jam 4 pagi 19-02-11 di ciledug-tangerang. pagi itu saya hendak menjemput boss digambir tp sebelum menjemput saya harus ngambil mobil dulu didaerah inpres. saat itu saya memutuskan naek sepeda dari pada naek motor, kerana saya pikir udara masih seger untuk ngowes sepeda.

    ketika itu saya sedang ngontel berangkat dari rumah (komplek maharta menuju inpres dgn jarang -/+ 5km) pas saya melewati jalan H.mencong tiba-tiba tas selempang saya dijambret oleh 2orang yg berboncengan motor yamaha mio soul. saya berusaha berteriak2 namun apadaya karena kondisi jalan yg masih sepi & ga bisa ngejar pula dengan gowes onthel akhirnya saya pasrah tas yg berisi HP, charger, headset, & dompet ( berisi uang, ktp, sim, stnk, kartu atm, KTM) digondol jambret.

    setelah kejadian saya baru sadar kalau para penjambret memang sdh memantau saya sejak lama, terbukti dengan saya meyalip motor meraka dijalan sampai 3kali, pertemuan ke3 saya sempat menoleh kearah pelaku. cirinya yg membawa motor orangnya agk kecil, rambut ikal, & memakai sweater abu2 (model hoodie) sedangkan yg belakang berbadan sedikit besar memakai kaos hitam, keduanya tdk pakai helm.

    siangnya saya melapor ke polres terdekat, namun tampaknya kurang ada respons yg baik mendengan berita tsb, ahkirnya pun saya pulang hanya dengan membawa surat laporan kehilangan dari polisi tanpa punya harapan bahwa penjambret akan ketangkep..(miris rasanya)

    jadi bagi para onthelis diharapkan lebih berhati-hati bila ngontel di mlm / dini hari. karena kita kejahatan bisa terjadi karena ada kesempatan..waspadalah…waspadalah(hehe mengutip salah satu acara TV )

    wahyu
    salam onthel.gowes teruss..(walaupun sempet lemes pas kejadian kemarin :()

  6. @Soulhood ,

    Bravo…..Ternyata anda jeli dalam pengamatan dan banyak mempelajari tentang sepeda berbagai negara , semoga bisa jadi pakar berikutnya yg kita miliki untuk dunia onthel kita .
    perbedaan itu terjadi meskipun mereka sama-sama orang Eropah lebih banyak di sebabkan budaya dan philosofi selain kondisi alam dan cuaca juga yg mempengaruhi setiap rancangan dan desain . negara belanda dengan kondisi alam yg dan jalan-jalan yg datar hampi disemua tempat , tentunya lebih enak dengan sudut kemiringan tertentu sehingga kaki lebih bisa lurus dalam memedal , sementara jalan yg bergunung dan berliku-liku serta kondisi jalan yg rusak dan becek , cuaca yg banyak hujan dst , serta postur tubuh yg sedikit lebih pendek dari orang belanda , mungkin , sehingga Inggeris memilih sudut kemiringan yg lebih besar dari rancangan sepeda belanda , namun unsur kenyamanan serta pertimbangan aerodinamis tetap di pertimbangakan .

    Sedangkan sepeda german , mereka memang merancang ukuran yg standar 55 atau 60 Cm , dengan sudut kemiringan yg lebih besar sehingga bagi pemakai yg lebih tinggi , solusi pada pipa ass sadel yg bisa dinaikan menyesuaikan tinggi badan pengendara , sedang kan jarak stir dengan sadel akan bertambah dengan sendirinya ketika ass sadel dinaikan , jadi tetap tidak menganggu kenyamanan .

    sedangkan sepeda Amerika tetap terkenal dengan ukuran ban 26 , tinggi sepeda rata -rata 50 cm dan ban selalu berukuran besar , 26 x 200 bahkan lebih , hal ini tidak terlepas dari andil sang pioner keturunan German yaitu Albert Schwinn yg terkenal dengan sepeda nya yg bermerk Schwinn sebagai sepeda low rider atau cruiser dengan baloon tire nya.
    tradisi sepeda dengan crankcase ass gir tengah besar dan ass tengah yg terusan tanpa memakai pen serta pemakaian rem torpedo , rangka tanpa sambungan keni luar ( sambungan dengan keni dalam ) semua tetap membawa ciri tradisi dan philosofi rancangan khas german dimana sang pionir berasal.

    Lalu bagaimana rancangan sepeda Jepang ………?

    Lalu bagaimana rancangan sepeda buatan Indonesia……??? termasuk repro dan modifikasinya …..?

    Silahkan teman teman menyumbang pengalaman dan masukan serta berbagi pengetahuan ……monggo .

    salam
    Yudi

  7. Mencari sepeda itu dipengaruhi faktor jodoh-jodohan dan faktor keberuntungan……. itu dulu om…… kalo sekarang mencari jodoh itu bisa sambil sepeda-sepedaan itu kalo ada keberuntungan.. he he….

  8. @ Om Laex,
    Baca cerita ama liat Fotonya sepertinya mirip cerita temen KOBA minggu kemarin bertemu seseorang yg sedang bersihin sepeda dan menawarnya. and dah jadi salah satu Koleksinya..hehehe.. Selamat!! kalo ada lagi boleh Inpo tuh Om..hehehe..

    @ Om Yudi,
    Terima kasih atas Inponya.

  9. @ wahyu >> sabar ya sobat.. para bajingan-bajingan bermotor itu emang udah ga punya otak apalagi hati.. ikhlasin aja, karena itu ilmu dari “the law of attraction and the law of karma” universe count every souls.. kalo gue, selalu perhatiin bener-bener ketika para pengendara motor itu mulai ga mau share the road.. kalo emang udah rese dan lebay, gue selalu lempar itu sendal ban..hehehe

    suatu saat mereka akan ngerasain dampaknya kok.. berbahagialah kita yg punya sepeda dan selalu nyempetin diri kita bersepeda dan membina persaudaraan diantara onthelis.. kalo gue ke kantor polisi trus mereka ga gubris apa kerugian gue, gue gebrak satu polsek, gue acak-acak tu polisi punya pangkat…hehehe

    @ oom yudi >> kayaknya kalo jadi pakar mah ga bakalan mungkin oom, ngapalin jenis-jenis fongers aja udah 2 minggu tidur pagi baca rimbon, tetep aja ga mudeng..hahaha

    kalo balloon tire itu sejenis tubeless jaman sekarang ya oom? maap nih rada sotoy..hehe trus kalo ngonthel pake BSA airborne paratroops itu rasanya gimana sih oom? kayaknya sudut kemiringan frame agak beda ya sama frame sepeda inggris lainnya.. oia, yg jadi ciri khas mutlak sebuah Military Bike itu apa aja sih oom? maap nih banyak nanya, mumpung dapet ilmu gratis.. thanx oom

  10. @ rancau > kabar bae den mas rancau… pengen sih, cuma kemaren abis dari kediri kan telat masuk gawe 3 hari, dapet SP 1 bray…hahahaha pengen banget ke jogja lagi, kalo sempet-sempetin palingan naek kereta..hehehe

  11. @ bang marcopolo: mantap bs tau perbedaan speda dunia…. Kpan” bs share neh tntang ontel al’y aye bru ngontel neh n punye ontel..
    Oya bang mnta email / fb’y dong…

    Slam knal
    Yasin

  12. Bang laex…
    Kalo boleh tau no.Frame speda ini ap y?
    Ini tourist bkn y?
    Kok d daerah saya raleigh kbanyakan pake bel ‘krompyang'(tdk ad tuas penarikny) dg merk tiger brand y?…It bel lokal ato emg buatan england?
    Kunci GB kn kpanjanganny Great Britain (Britania raya) tp apa bnar it buatan denmark?

  13. Mak nyos tuh sepeda klo ditunggangin, macam valentino naik motornya 500Cc.

    Ada yang jual Ukuran 28 boleh dh Infoin..02190691748.

    Salam Onthel.

  14. tak ada yang kebetulan
    tak ada yang kebetulan

    semua sudah di atur
    semua sudah diatur

    oleh SANG MAHA PENGATUR

    Dan Onthelis
    hanya perlu bersyukur dan bersyukur tanpa akhir
    sampai ke ujung nya

    Disana, Onthelis
    akan mendengar SALAM:
    SALAM SELAMAT SEJAHTERA DARI TUHAN mu YANG MAHA PENYAYANG.

    SALAM KENAL
    SALAM KANGEN

    hendri iskandar

  15. mohon pencerahan, saya punya raleigh uk 24, tetapi menurut saya ada yang saya kurang mengerti karena tidak sesuai dengan ciri raleigh kebanyakan:
    1. rotel atau gir depan tidak gbr burung tetapi seperti obat nyamuk dengan 2 lingkaran dengan tulisan raleigh industries di lengannya
    2. lubang untuk pelumas/oli gir depan ada disebelah kanan

  16. Mantap mas..saya ada punya satu tp udah ada gigi nya mas…gigi low sama hi…..rawat tru ma..agar cingklong…tp sayang punya saya udah cat ulang…

Tinggalkan Balasan ke yamenk Batalkan balasan